Pemanfaatan Potensi Daerah dalam Kegiatan Ekonomi

Bro, kamu tahu nggak kalau daerah kita itu punya banyak potensi buat dijadiin sumber penghasilan ekonomi? Nah, buat yang belum tau, gue mau jelasin nih tentang Pemanfaatan Potensi Daerah dalam Kegiatan Ekonomi.

Jadi, ada beberapa sektor yang bisa dimanfaatin, mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, perdagangan, perindustrian, pertambangan, dan pariwisata.

Di sektor pertanian, ada dua jenis lahan yang bisa dimanfaatin yaitu lahan basah dan lahan kering. Di lahan basah bisa ditanamin berbagai macem tanaman padi.

Pemanfaatan Potensi Daerah dalam Kegiatan Ekonomi merupakan upaya untuk mengoptimalkan sumber daya yang tersedia di suatu daerah sebagai sumber penghasilan ekonomi. Berbagai sektor ekonomi dapat dimanfaatkan, antara lain pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, perdagangan, perindustrian, pertambangan, dan pariwisata.

Di sektor pertanian, terdapat dua jenis lahan yaitu lahan basah dan lahan kering. Lahan basah dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti padi dan sayuran yang membutuhkan air yang cukup banyak. Sedangkan lahan kering dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang tahan kekeringan seperti jagung, kedelai, dan kelapa sawit.

Sektor perkebunan dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti kopi, teh, coklat, dan karet. Sedangkan sektor peternakan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan peternakan sapi, kambing, ayam, dan ikan lele.

Sektor perikanan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha budidaya ikan di perairan tawar atau laut. Sedangkan sektor perdagangan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha ritel, grosir, dan jasa keuangan.

Sektor perindustrian dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan industri kecil dan menengah seperti pengolahan makanan, kerajinan, dan industri tekstil. Sedangkan sektor pertambangan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha tambang batu bara, minyak, dan gas bumi.

Sektor pariwisata dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan wisata alam, budaya, dan sejarah suatu daerah. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian daerah dengan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang.

Kegiatan pertanian memanfaatkan tanah yang subur di dataran rendah. Kegiatan ekonomi di bidang pertanian dibagi menjadi dua:

a. Pertanian pada lahan basah
Pertanian pada lahan basah senantiasa membutuhkan air yang banyak. Lahan pertanian ini disebut dengan sawah. Tanah yang terdapat di wilayah Indonesia banyak yang cocok untuk persawahan. Tanaman yang biasa di tanam di sawah adalah padi. Padi yang sudah dipanen menghasilkan beras dan setelah dimasak menjadi nasi. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat di Indonesia. Indonesia merupakan penghasil padi yang cukup besar, meski demikian seringkali negara mengimpor beras dari luar negeri.
b. Pertanian pada lahan kering
Lahan yang kering ternyata dapat dimanfaatkan untuk usaha pertanian. Usaha pertanian pada lahan kering tidak membutuhkan air yang banyak. Ladang dan tegal merupakan contoh pertanian pada lahan kering. Contoh tanaman yang cocok di lahan yang kering adalah jagung, kacang-kacangan, ketela, tebu serta berbagai jenis palawija.

2. Bidang Perkebunan
Usaha perkebunan dapat dilakukan di dataran tinggi dan di dataran rendah. Wilayah Indonesia sangat potensial untuk dijadikan usaha di bidang perkebunan karena tanahnya subur. Tanaman yang cocok untuk perkebunan di dataran tinggi antara lain teh, kopi, cengkih, strowbery dan sayur-sayuran. Sedangkan tanaman yang cocok untuk perkebunan di dataran rendah antara lain kelapa, tembakau dan pepaya.

3. Bidang Peternakan
Pernahkan kalian melihat orang yang sedang menggembalakan kambing atau bebek? Menggembalakan artinya mencarikan tempat untuk merumput atau makan binatang ternak. Untuk usaha peternakan tentunya  harus disesuaikan lokasinya. Daerah yang banyak terdapat padang rumput sangat cocok dan potensial untuk ternak sapi atau kambing. Usaha bidang  peternakan dibagi menjadi:
a. Ternak hewan besar, contohnya: ternak sapi dan kerbau
b. Ternak hewan kecil, contohnya: ternak kambing dan kelinci
c. Ternak unggas, contohnya: ternak itik, angsa, dan burung

4. Bidang Perikanan
Usaha perikanan merupakan usaha menangkap ikan baik dari laut maupun dari sungai dan danau. Jenis ikan laut misalnya bandeng, pari, serta teri. Sedangkan ikan air tawar contohnya tawas, lele, nila, dan mas. Potensi perikanan di Indonesia cukup besar. Mengingat wilayah Indonesia sebagianbesar adalah perairan. Ikan selain untuk dikonsumsi juga dimanfaatkan sebagai hiasan. Contohnya ikan arwana, mas koki dan dorang. Ikan juga dapat dibudidayakan atau dipelihara di kolam, empang atau tambak.

5. Bidang Perdagangan
Perdagangan sangat bermanfaat dalam kegiatan distribusi atau penyaluran barang dari produ-sen ke konsumen. Barang-barang yang tidak terdapat di kota didatangkan oleh peda-gang dari desa. Demikian pula sebaliknya, barang-barang kebutuhan yang tidak ada di desa didatangkan oleh pedagang dari kota. Kegiatan perdagangan dapat dilakukan di pasar, dengan berkeliling, membuka toko atau swalayan.

6. Bidang Perindustrian
Perindustrian merupakan kegiatan ekonomi yang mengha-silkan barang. Kegiatan industri membutuhkan bahan baku dan tenaga manusia. Untuk bahan baku industri memanfaatkan sumber daya alam yang ada. 
Lokasi industri biasanya dekat dengan bahan baku. Namun ada pula industri yang mendatangkan bahan baku dari tempat lain yang jauh. Perindustrian juga memanfaatkan sumber daya manusia. Tenaga manusia dibutuhkan dalam proses mengolah barang, mengoperasikan mesin, mengatur perusahaan dan memasarkan barang. Untuk itu dibutuhkan tenaga manusia yang cakap, terampil dan terlatih.
Contoh industri adalah industri tekstil, industri baja, makanan, sepatu dan industri obat. Industri juga dapat dilakukan di rumah yang disebut sebagai industri rumah tangga (home industry). Contoh hasil industri rumah tangga adalah kain batik, meja-kursi, tas, boneka, telur asin dan lain-lain.

7. Pertambangan
Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil tambang seperti pasir kuarsa, bijih besi, minyak bumi, emas, tembaga dan gas alam.  Kegiatan pertambangan dapat dilakukan di daratan maupun di lautan.

Pertambangan yang dilakukan di laut disebut pertambangan lepas pantai. Adakah usaha pertambangan di daerahmu?

8. Pariwisata
Kegiatan pariwisata banyak memanfaatkan potensi alam, sosial dan budaya. Alam yang indah sangat potensial untuk kegiatan wisata. Keanekaragaman seni dan budaya di suatu daerah juga sangat potensial untuk kegiatan pariwisata. Berbagai tarian adat, rumah adat, seni musik dan makanan khas merupakan contoh budaya yang potensial untuk kegiatan wisata. Berbagai bangunan bersejarah dan bernilai seni seperti candi dan benteng juga banyak dimanfaatkan untuk kegiatan wisata Indonesia saat ini sedang menggalakkan kegiatan pariwisata dengan membuka obyek-obyek wisata baru. Dengan adanya obyek wisata akan  banyak mendatangkan wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan banyaknya kunjungan berarti akan meningkatkan pendapatan daerah. Selain itu dibukanya obyek wisata juga membuka banyak peluang usaha di tempat wisata. Seperti berdagang souvenir, sewa tikar, jasa transportasi, tukang foto dan lain-lain.

Jenis Bahan dan Sifatnya (Penyusun Benda)

Coba bayangkan kamu lagi ngeliat benda-benda kayak tali, benang, kain, dan kertas gitu, kan? Nah, ternyata benda-benda itu punya jenis bahan yang berbeda-beda, loh. Kayaknya kamu pernah denger istilah serat atau kertas dupleks, kan? Nah, itu adalah jenis bahan dari tali, benang, kain, dan kertas.

Terus, bahan-bahan itu juga punya sifat-sifat yang beda-beda, loh. Misalnya, kain bisa lembut dan lentur, tapi tali bisa keras dan kuat. Kertas juga bisa berbeda-beda, ada yang tebal dan keras, ada juga yang tipis dan lembut.

Jadi, intinya adalah benda-benda itu punya jenis bahan dan sifat-sifat yang beda-beda, tergantung dari bahan yang digunain. Nah, yuk kita pelajari.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pernah melihat benda-benda, seperti tali, benang, kain, dan kertas.
Di mana sajakah kita melihatnya? Pakaian seragam yang kita pakai ke sekolah terbuat dari kain. Kain itu dijahit menggunakan benang. Ketika belajar di sekolah, kita menulis di buku tulis. Buku tulismu  menggunakan kertas. Buku ini pun menggunakan kertas.
Tahukah kamu sifat-sifat dari bahan-bahan tersebut? Untuk lebih mengetahui, pelajari pembahasan berikut ini.


1. Serat
Serat ialah jaringan serupa benang atau pita panjang berasal dari hewan atau tumbuhan. Serat digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan tali. Sifat serat, yaitu tidak kaku dan mudah terbakar.
a. Serat yang Berasal dari Hewan
Contoh serat yang berasal dari hewan adalah wol. Wol dibuat dari bulu domba. Serat lain yang banyak dibuat kain adalah sutra. Sutra dihasilkan oleh ulat ngengat.

b. Serat yang Berasal dari Tumbuhan Contoh serat yang berasal dari tumbuhan, misalnya dari batang pisang dan kulit kayu. Adapun benang rayon terbuat dari serat selulosa. Nilon dan polyester adalah serat yang terbuat dari minyak.

Serat ada juga yang merupakan hasil olahan manusia. Serat ini disebut juga serat sintetis. Contohnya, serat optik. Dapatkah kamu menyebutkan contoh serat yang berasal dari mineral? Coba kamu tanyakan kepada gurumu.

2. Kertas
Kita  tentunya sudah sering menggunakan kertas, baik di sekolah maupun di rumah. Tahukah kamu terbuat dari apakah kertas itu? Kertas terbuat dari serat tumbuhan yang digabungkan menjadi lembaran-lembaran.
Ratusan tahun yang lalu, kertas terbuat dari kapas. Saat ini kertas dapat dibuat dari kulit kayu. Sifat kertas, di antaranya permukaannya halus dan mudah terbakar.

3. Benang
Benang adalah gabungan dari berbagai serat. Contohnya benang yang digunakan untuk menjahit, benang kasur, dan benang plastik. Sifat benang di antaranya adalah lentur dan tidak mudah putus.

4. Kain
Kain dapat dibuat dari benang. Benang tersebut dapat berasal dari sumber yang berbeda. Ada yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Contohnya, wol, sutra, dan katun, yang merupakan serat alami. Wol memiliki sifat tidak kaku, tahan panas, dan lembut. Namun, ada juga kain yang terbuat dari serat sintetis, seperti tetoron.

5. Tali
Pernahkah kamu memerhatikan tali sepatumu? Terbuat dari apakah tali tersebut? Tali sepatumu terbuat dari benang yang dipilin. Benang-benang dicampur dengan perekat sehingga membentuk helaian-helaian panjang.
Helaian panjang tersebut, kemudian dipilin menjadi tali. Bagaimana dengan tali senar plastik? Pernahkah kamu menggunakan tali tersebut? Sifat tali senar plastik adalah tidak kaku dan tidak mudah putus.

Masalah Sosial di Lingkungan Setempat kebodohan, kemiskinan, pengangguran, kejahatan, kenakalan remaja


Masalah Sosial di Lingkungan Setempat
kebodohan, kemiskinan, pengangguran, kejahatan, kenakalan remaja

Anak-anak jalanan biasa kita temui di kota-kota besar. Mengapa mereka harus bekerja di jalanan? Untuk apa? Anak-anak ini bekerja di jalanan karena banyak faktor, antara lain adalah karena orang tuanya miskin. Mereka terpaksa harus bekerja mencari uang di jalanan untuk makan atau biaya sekolah.

Keberadaan anak-anak jalanan merupakan salah satu permasalahan sosial yang kita jumpai di masyarakat. Selain itu ada juga permasalahan lain, seperti pengangguran, kejahatan, pertikaian serta kenakalan remaja. Pada bab ini kita akan mempelajari bentuk-bentuk masalah sosial yang ada di sekitar kita, dan bagaimana upaya mengatasi masalah sosial tersebut serta hambatannya.

A. Bentuk-Bentuk Masalah Sosial
Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang permasalahan sosial kita harus memahami telebih dahulu maksud dari masalah sosial. Masalah sosial merupakan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Masalah sosial merupakan suatu keadaan di masyarakat yang tidak normal atau tidak semestinya.
Masalah sosial dapat terjadi pada masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan. Keadaan masyarakat di pedesaan dan di perkotaan tentu  berbeda. Pada umumnya masyarakat pedesaan masih memegang eratnilai-nilai kerukunan, kebersamaan dan kepedulian. Sehingga tidak heran sering kita jumpai adanya kerja bakti, saling memberi dan menolong.
Sedangkan masyarakat di kota hidup dalam suasana egois, individu (sendiri-sendiri), kurang akrab serta kurang rukun. Kehidupan semacam ini sebenarnya merupakan salah satu masalah sosial di wilayah tersebut.

Saat ini di negara kita masih banyak kita jumpai permasalahan sosial, antara lain sebagai berikut:
1. Kebodohan

2. Pengangguran

3. Kemiskinan

4. Kejahatan

5. Pertikaian

6. Kenakalan remaja

B. Upaya Mengatasi Masalah Sosial


UNICEF
UNICEF atau United Nations International Children’s Emergency Fund merupakan suatu badan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) yang khusus menangani masalah anak. UNICEF telah banyak membantu menyelesaikan permasalahan anak di negara-negara di dunia termasuk Indonesia. UNICEF membantu agar anak-anak di seluruh dunia memperoleh hak-haknya. Menurut UNICEF tiap anak  memiliki empat hak dasar yakni: 
1) Hak untuk hidup,
2) Hak untuk tumbuh dan berkembang,
3) Hak mendapat perlindungan dan
4) Hak untuk berpartisipasi atau didengar suaranya.

C. Hambatan Dalam Mengatasi Masalah Sosial

Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah

Eits, kamu pasti pernah dengar kan bahwa setiap daerah itu punya potensi-potensi yang bisa dimanfaatin untuk bikin kegiatan ekonomi. Nah, potensi-potensi itu bisa dateng dari sumber daya alam atau kenampakan alam, atau juga dari aspek sosial budaya di daerah tersebut.

Misalnya, di suatu daerah ada banyak hutan pinus dan juga pemandangan alam yang indah banget. Nah, potensi alam itu bisa dimanfaatin buat bikin kegiatan ekonomi, misalnya dengan bikin tempat wisata alam, jualan hasil hutan, atau bikin kerajinan tangan dari bahan-bahan alami.

Selain potensi alam, ada juga potensi sosial budaya yang bisa dimanfaatin buat bikin kegiatan ekonomi. Misalnya, di daerah tertentu banyak orang yang punya keahlian dalam membuat kerajinan tangan atau menjahit. Nah, potensi sosial budaya itu bisa dimanfaatin buat bikin industri kerajinan tangan atau pakaian di daerah tersebut.

Intinya, kegiatan ekonomi di daerah itu tergantung banget sama potensi yang ada di daerah tersebut. Jadi, kalo kita bisa liat potensi-potensi yang ada dan kreatif dalam memanfaatkannya, maka kegiatan ekonomi di daerah kita bisa berkembang pesat dan menguntungkan banyak orang.

...
Sumber daya alam dan kenampakan alam merupakan potensi daerah yang dapat digunakan untuk kegiatan ekonomi yakni untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Jenis Kebutuhan Hidup

Makan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Jika tidak makan terus-menerus tentu manusia akan mati. Apakah manusia untuk hidup hanya butuh makan? Tentu saja tidak. Selain makan manusia juga butuh pakaian dan tempat tinggal. Selain itu manusia juga butuh kesehatan, sekolah dan sarana-sarana penunjang hidup lainnya.
Pada dasarnya kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua. Yakni kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan. Kebutuhan pokok merupakan  kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Jika kebutuhan pokok tidak dipenuhi maka manusia akan mati. Kebutuhan pokok harus selalu ada setiap hari.
Kebutuhan pokok disebut juga kebutuhan primer. Kebutuhan yang termasuk kebutuhan pokok antara lain pangan, sandang (pakaian), papan (tempat tinggal) dan kesehatan. Pakaian berfungsi terutama untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin. Sedangkan rumah atau tempat tinggal berfungsi untuk melindungi manusia dari cuaca buruk, binatang buas, untuk istirahat atau tidur. Dapatkah kamu menyebutkan fungsi lain dari pakaian dan rumah? Kebutuhan tambahan merupakan kebutuhan yang untuk pemenuhannya dapat ditunda. Jika tidak dapat memenuhi kebutuhan tambahan, manusia tidak terancam mati. Kebutuhan tambahan disebut juga kebutuhan sekunder.
Kebutuhan yang termasuk kebutuhan tambahan misalnya kendaraan, handphone, perhiasan dan rekreasi.

Kegiatan Ekonomi
Potensi Daerah
1. Potensi Alam
2. Potensi Sosial Budaya

Usaha Pelestarian Hutan (Cara lain untuk melestarikan hutan)


Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Hutan juga merupakan penyeimbang alam dan paru-paru dunia. Saat ini jumlah hutan di dunia semakin berkurang. Manusia terus mengambil sumber daya yang ada dalam hutan. Bila hal ini dibiarkan terus maka hutan di dunai akan habis. Apa yang akan terjadi bila hutan habis? Bumi akan semakin panas dan tidak akan seimbang lagi.
Manusia pun juga tidak bisa mendapatkan kayu dan lainnya lagi untuk kebutuhannya. Untuk itu menjaga hutan agar tetap lestari harus dilakukan.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian hutan. Beberapa kawasan hutan ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung, cagar alam dan suaka margasatwa. Jika hutan sudah ditetapkan menjadi hutan lindung, pohonnya tidak boleh ditebang. Cara lain untuk melestarikan hutan adalah sebagai berikut:

a. Tebang pilih
Tebang pilih dilakukan dengan memilih tanaman yang akan ditebang. Dipilih yang sudah tua. Penebangannya juga harus diberi jarak. Tidak satu lokasi ditebang semua.

b. Tebang tanam
Tebang tanam artinya setelah dilakukan penebangan pohon di hutan selalu diiringi dengan penanaman pohon baru. Dengan demikian kelestarian hutan tetap terjaga.

c. Mencegah penebangan liar
Penebangan liar sering dikenal dengan istilah illegal logging. Saat ini kasus penebangan liar semakin parah. Hutan-hutan di negara kita semakin menyempit. Untuk itu pengawasan harus dilakukan secara ketat. Pelaku penebangan liar juga harus dihukum karena telah merugikan negara.

d. Melakukan penghijauan
Penghijauan atau reboisasi merupakan upaya penanaman kembali hutan yang sudah gundul. Reboisasi sangat penting untuk mencegah kerusakan hutan dan bencana banjir dan tanah longsor.



Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

Pernahkah kita mendengar nama Pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dhien, Kapitan Pattimura dan Teuku Umar  adalah para pahlawan bangsa. Mereka adalah orang-orang yang mempelopori perjuangan rakyat membela bangsa dan mengusir penjajah.
Mereka disebut pahlawan karena telah berjasa kepada bangsa. Bangsa kita terkenal sebagai bangsa pejuang. Dahulu nenek moyang kita berjuang dengan segenap kemampuan mengusir penjajah. Meskipun dengan senjata seadanya seperti pedang, golok, keris, panah dan bambu runcing, mereka tidak takut. Mungkin tanpa jasa mereka bangsa kita sampai sekarang masih dijajah.
Pada bab ini kita akan mempelajari tentang ciri-ciri sikap kepahlawanan dan patriotisme. Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kita dapat memiliki sikap positif terhadap pahlawan, yakni:
1. Meneladani sikap kepahlawanan dan patriotisme para pahlawan dan tokoh-tokoh di lingkungan kita.
2. Menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan dan tokoh-tokoh di lingkungan kita.

Sikap Kepahlawanan
1. Ciri-Ciri Sikap Kepahlawanan
Apakah yang dimaksud dengan sikap kepahlawanan? Kepahlawanan berasal dari kata pahlawan. Pahlawan merupakan orang yang memiliki keberanian dan pengorbanan yang besar dalam berjuang mencapai suatu cita-cita. Berani dan rela berkorban merupakan sikap utama yang dimiliki oleh seorang pahlawan. Dari pengertian pahlawan ini dapat kita simpulkan bahwa sikap kepahlawanan merupakan sikap yang menunjukkan keberanian dan pengorbanan yang tinggi dalam berjuang mencapai suatu hal. Selain berani dan rela berkorban ada ciri-ciri lain dari sikap kepahlawanan. Apa saja ciri-ciri lain tersebut? Marilah kita simak salah satu riwayat perjuangan tokoh pahlawan berikut. Dari riwayat ini kita akan menemukan beberapa ciri-ciri dari sikap kepahlawanan.

Kapitan Pattimura

Setelah menyimak kisah perjuangan Kapitan Pattimura di atas kita dapat menemukan beberapa ciri-ciri dari sikap kepahlawanan yang telah dicontohkan oleh Kapitan Pattimura, yakni:

a. Berani
Dalam riwayat di atas tergambar jelas keberanian dari Kapitan Pattimura melawan penjajah Belanda. Dalam setiap usaha dan perjuangan kita harus berani menghadapi segala tantangan dan rintangan. Seorang pejuang bukanlah seorang yang penakut. Karena kita memperjuangkan kebenaran dan kebaikan, kita tidak boleh takut.

b. Tangguh
Tangguh artinya berjuang tanpa henti, tidak mudah goyah atau tidak mudah terpengaruh. Seorang pejuang akan terus berjuang sebelum cita-citanya tercapai. Agar memiliki ketangguhan kita harus memiliki rasa percaya diri, sabar dan teguh pendirian. Kapitan Pattimura merupakan seorang yang tangguh. Ini terlihat dari sikap Kapitan  Pattimura yang tidak mau dibujuk untuk bekerja sama dengan Belanda.

c. Bersemangat untuk maju
Setiap orang mempunyai keinginan untuk hidup lebih baik. Keinginan tersebut harus diikuti dengan semangat dan usaha yang sungguh-sungguh.  Tanpa semangat dan kesungguhan, maka apa yang diinginkan tidak akan tercapai.

d. Ikhlas
Seorang pahlawan sejati akan berjuang dengan ikhlas tanpa pamrih. Ikhlas artinya tidak mengharapkan imbalan. Suatu kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas maka akan mendatangkan hasil yang baik pula. Namun sebaliknya suatu kebaikan yang dilandasi dengan pamrih tertentu, justru bisa mendatangkan suatu keburukan.

e. Rela berkorban
Dalam setiap perjuangan selalu membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan ini bisa berupa pikiran, waktu, tenaga, harta, bahkan nyawa. Sikap rela berkorban telah ditunjukkan oleh Kapitan Pattimura. Ia rela dihukum gantung oleh Belanda demi memperjuangkan cita-cita rakyat Maluku.

2. Sikap Kepahlawanan dalam Kehidupan Sehari-hari

Sikap Patriotisme

Mode Fashion OkRek .  .

Perkembangan Teknologi Transportasi

Nah, sekarang kita mau bahas tentang perkembangan teknologi transportasi, nih! Jadi, alat transportasi itu bisa dikelompokin jadi tiga jenis: darat, air, dan udara.

Transportasi darat, kayak mobil, motor, bus, atau kereta api, udah lama banget kita kenal. Tapi seiring perkembangan teknologi, sekarang udah banyak banget jenis kendaraan baru yang lebih canggih dan efisien, misalnya mobil listrik atau kereta cepat.

Selain itu, transportasi air juga ikutan berkembang. Mulai dari kapal kayu, kapal laut, sampai kapal selam sekarang udah banyak yang udah dirancang dengan teknologi yang lebih modern, sehingga bisa lebih aman dan efisien.

Trus, transportasi udara juga ngalamin perkembangan yang pesat. Pesawat terbang yang dulu cuma bisa bawa sedikit penumpang, sekarang udah jadi jumbo jet yang bisa bawa banyak banget orang. Selain itu, sekarang juga udah banyak pesawat terbang yang udah dirancang dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Jadi, intinya adalah perkembangan teknologi transportasi itu berlangsung terus-menerus, dan kita bisa liat banyak banget inovasi baru yang terus muncul setiap harinya. Siapa tahu aja nanti kita bakal punya alat transportasi baru yang lebih canggih dan keren lagi, kan?


Istilah transportasi mungkin agak asing bagimu. Sebenarnya transportasi sama dengan pengangkutan. Mengangkut adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk menganggut penumpang atau barang. Sejak kapan manusia mengenal alat transportasi? Sejak dahulu orang sudah mengenal alat angkutan walaupun sangat sederhana.
Mereka menggunakan tenaga hewan bahkan tenaga manusia sebagai alat transportasi. Dengan berkembanganya ilmu pengetahuan teknologi transportasi sekarang telah mengalami perubahan yang sangat pesat.

a. Teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
Secara garis besar alat transportasi dapat kita kelompokkan menjadi tiga yaitu transportasi darat, air dan udara.

1) Transportasi darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.

Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.

2) Transportasi air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.

3) Transportasi udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.

Mengelola Koperasi

Koperasi itu penting banget di masyarakat, karena bisa jadi tiang utama perekonomian di Indonesia. Tapi, biar koperasinya bisa berjalan lancar, harus ada tiga hal yang harus dilengkapi: rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Dan yang paling penting, rapat anggota lah yang punya kedudukan tertinggi dalam koperasi.

Tapi, di Indonesia masih banyak koperasi yang punya kelemahan, nih. Salah satu masalahnya adalah modal yang terbatas, jadi sulit banget buat koperasi berkembang. Selain itu, kadang juga pengurusnya kurang cakap dalam mengelola koperasi, jadi nggak efektif dan nggak maksimal dalam memanfaatkan potensi yang ada.

Jadi, kalo kita jadi pengurus koperasi, harus bisa bener-bener ngelola koperasi dengan baik. Kita harus punya kemampuan yang cukup dalam hal mengatur keuangan, mengembangkan produk atau jasa, dan mengelola anggota koperasi. Dan yang paling penting, kita harus bisa ngasih manfaat yang sebesar-besarnya buat anggota koperasi, sehingga koperasi bisa berkembang dan memberi dampak positif buat masyarakat.


1. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi. Badan hukum koperasi artinya koperasi yang telah diakui oleh pemerintah sebagai lembaga hukum. Koperasi berasaskan kekeluargaan dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

2. Manfaat koperasi bagi anggota antara lain:
1) memenuhi kebutuhan anggota,
2) pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU),
3) setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong,
4) setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab.

3. Menurut Undang-Undang Perkoperasian modal koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman. Modal sendiri dapat berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, dana cadangan dan dana hibah. Sedangkan modal pinjaman bisa berasal dari anggota, koperasi lain, bank dan sumber lain yang sah.

4. Koperasi memiliki tiga kelengkapan yaitu, rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Rapat anggota memiliki kedudukan tertinggi dalam koperasi.

5. Berdasarkan jenis usahanya koperasi dapat kita bedakan menjadi koperasi produksi, koperasi konsumsi, koperasi simpan pinjam, dan koperasi serba usaha. Berdasarkan keanggotaannya koperasi antara lain dibedakan menjadi Koperasi Sekolah, Koperasi Pegawai Negeri, Koperasi Unit Desa dan Koperasi Pasar. Berdasarkan tingkatannya koperasi dapat dibedakan menjadi koperasi primer dan koperasi sekunder.

6. Koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.

7. Koperasi di Indonesia masih banyak kelemahannya, antara lain sulit berkembang karena modal terbatas dan pengurus yang kurang cakap dalam mengelola koperasi.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi

Kita telah mengetahui berbagai jenis teknologi baik di masa lalu maupun di masa kini. Setelah mengetahuinya kamu tentu dapat membandingkan teknologi masa lalu dengan teknologi masa kini. Teknologi masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pada penjelasan di atas yang banyak nampak adalah kelemahan teknologi masa lalu dan kelebihan teknologi masa kini. Misalnya teknologi masa lalu lebih lambat sedangkan teknologi masa kini lebih cepat. Namun sebenarnya teknologi masa lalu juga memiliki kelebihan. Sebaliknya teknologi masa kini juga memiliki kelemahan.
Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan, angin ataupun manusia. Selain itu prosesnya juga lama atau lambat. Namun di sisi lain teknologi masa lalu memiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi. Baik polusi udara, polusi suara maupun polusi lainnya. Sedangkan teknologi masa kini memiliki kelebihan prosesnya cepat. Namun di sisi lain memiliki kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara. Polusi udara menyebabkan napas menjadi sesak.
Teknologi masa kini khususnya teknologi transportasi juga rawan menimbulkan kecelakaan. Di negara kita ratusan orang meninggal tiap tahun karena kecelakaan lalu lintas. Baik di darat, laut maupun udara. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor manusia yang lalai dan ceroboh.


Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama

Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama

Kita hidup di masa di mana teknologi semakin maju dan canggih. Tapi, sayangnya, teknologi juga punya kelemahan yang cukup signifikan. Banyak masalah yang muncul karena dampak negatif dari teknologi, contohnya seperti pencemaran air, tanah, udara, dan suara. Jangan sampai kita lupa, ya, bahwa lingkungan sekitar juga punya hak yang harus kita jaga.

Kita yang tinggal di kota besar pasti sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas. Semua ini tentu aja nggak enak buat kesehatan kita dan bisa mempengaruhi kualitas hidup kita. Karena itu, sekarang banyak himbauan buat kita agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Selain itu, kita juga bisa berusaha buat mengurangi dampak negatif teknologi, misalnya dengan menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Kita semua punya peran penting buat menjaga lingkungan sekitar dan memperbaiki kelemahan teknologi. Kalo semua orang sadar dan berusaha bersama, kita pasti bisa membuat dunia yang lebih baik dan lebih sehat.


Sekarang kita menghadapi masalah justru karena kecanggihan teknologi.
Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Untuk kita yang tinggal di kota besar tentu sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas.
Untuk itu saat ini masyarakat banyak dihimbau agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Bahkan di Jakarta dilarang menggunakan mobil yang isinya kurang dari 3 orang. Hal ini selain menghindari kemacetan juga mengurangi polusi udara dan suara. Marilah kita pilih teknologi yang ramah lingkungan!

1. Teknologi merupakan ilmu yang menggali berbagai ilmu terapan. Teknologi juga sering dipakai untuk menyebut berbagai jenis peralatan yang mempermudah hidup manusia
2. Jenis teknologi antara lain adalah teknologi alat rumah tangga, teknologi produksi, teknologi komunikasi dan teknologi transportasi.
3. Teknologi produksi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Teknologi produksi dibedakan menjadi teknologi produksi makanan dan obat-obatan, teknologi produksi pakaian dan teknologi produksi bahan bangunan.
4. Contoh teknologi produksi masa lalu antara lain cangkul, bajak, kapak, alat tenun tangan. Contoh teknologi produksi masa kini antara lain traktor, mesin tenun, dan gergaji mesin.
5. Teknologi komunikasi dibedakan menjadi teknologi komunikasi lisan, tertulis dan komunikasi dengan isyarat.
6. Contoh teknologi komunikasi masa lalu antara lain kentongan, asap, surat yang diantar kurir. Contoh teknologi komunikasi masa kini antara lain media cetak, televisi, radio, HP dan internet.
7. Teknologi transportasi dibedakan menjadi teknologi transportasi darat, laut dan udara.
8. Contoh teknologi transportasi masa lalu antara lain kuda, andong,
delman, perahu layar. Contoh teknologi transportasi masa kini antara lain bus, kereta api listrik, pesawat terbang.
9. Teknologi masa lalu dan masa kini masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Teknologi masa lalu cenderung lambat dan hasilnya sedikit namun bebas polusi. Sedangkan teknologi masa kini lebih cepat dan hasilnya banyak namun cenderung menimbulkan polusi.
10. Pengalaman menggunakan teknologi memotivasi kita untuk giat belajar agar dapat menciptakan berbagai teknologi yang mempermudah pekerjaan manusia namun juga ramah lingkungan.

Kebutuhan Pokok dan Kebutuhan Tambahan

Setiap manusia pasti punya kebutuhan hidup, ya kan? Nah, kebutuhan hidup itu bisa dibedakan jadi dua, yaitu kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan.

Kebutuhan pokok tuh yang paling mendasar buat kita bertahan hidup, misalnya seperti makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan juga pendidikan dan kesehatan. Tanpa kebutuhan pokok ini, kita nggak akan bisa bertahan hidup.

Kebutuhan tambahan tuh adalah kebutuhan yang nggak harus dipenuhi buat bertahan hidup, tapi tetep aja penting buat kenyamanan hidup kita, misalnya seperti gadget, hiburan, atau kegiatan sosial. Kebutuhan tambahan ini kadang-kadang bisa jadi penting, tapi kadang-kadang juga bisa bikin kita jadi kebablasan ngeluarin uang.

Intinya, kita harus bisa membedakan mana kebutuhan pokok dan mana kebutuhan tambahan buat mengatur keuangan kita. Kalo kebutuhan pokok aja belum terpenuhi, jangan sampai kita tergoda buat memenuhi kebutuhan tambahan dulu ya.

1. Kebutuhan hidup manusia dapat dibedakan menjadi dua, yakni kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan.
2. Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi setiap hari. Yang termasuk kebutuhan pokok antara lain pangan, sandang, papan, dan kesehatan.
3. Kebutuhan tambahan merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda. Contoh kebutuhan tambahan antara lain kendaraan, telepon, dan rekreasi.
4. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
5. Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, konsumsi, dan distribusi.
6. Setiap daerah memiliki potensi daerah yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi.
7. Potensi daerah dapat dibedakan menjadi tiga, yakni potensi alam, potensi sosial budaya, dan potensi sumber daya manusia.
8. Potensi-potensi yang ada di suatu daerah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Kegiatan pemanfaatan potensi daerah ini mencakup banyak bidang. Antara lain bidang pertanian, perkebunan, peternakan, industri, perdagangan, pertambangan, dan pariwisata.
9. Dalam setiap pemanfaatan potensi daerah untuk kegiatan ekonomi membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, terampil dan terlatih.

Sumber daya alam

Kita pasti sering denger istilah sumber daya alam, ya kan? Nah, sumber daya alam itu sebenernya kekayaan alam yang bisa dimanfaatin buat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Jadi, tanpa sumber daya alam, hidup kita pasti susah banget.

Sumber daya alam tuh bisa dibagi jadi dua, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang nggak bisa diperbarui. Sumber daya alam yang bisa diperbarui, misalnya seperti hutan, ikan, atau tanah pertanian. Kita bisa pake sumber daya alam ini terus-terusan, tapi kita juga harus jaga agar sumber daya alam ini nggak habis ya.

Sedangkan sumber daya alam yang nggak bisa diperbarui, misalnya seperti minyak bumi atau batu bara, itu cuma ada di tempat tertentu dan nggak bisa diproduksi lagi. Jadi, kita harus pintar-pintar pake sumber daya alam yang nggak bisa diperbarui ini supaya nggak cepet abis.

Intinya, sumber daya alam tuh penting banget buat hidup kita, jadi kita harus jaga dan pake dengan bijak ya!

1. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
2. Sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
3. Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali (dilestarikan) setelah kita menggunakannya. Contohnya adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam yang selalu tersedia setiap saat di alam juga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Contohnya adalah air, tanah dan udara.
4. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang tidak bisa kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat dibedakan menjadi tiga, yakni sumber daya alam mineral logam, sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan), dan sumber daya energi.
5. Peta persebaran sumber daya alam di suatu tempat berguna untuk mengetahui dengan cepat daerah mana yang menghasilkan suatu sumber daya alam. Sehingga kita dapat memanfaatkannya dengan lebih optimal.
6. Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam antara lain pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kerajinan, perdagangan, perindustrian, jasa, dan pertambangan.
7. Bentuk alam beserta sumber daya alam yang terdapat di dalamnya bepengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat terutama dalam hal pekerjaan.
8. Sumber daya alam merupakan karunia Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Usaha pelestarian sumber daya alam antara lain dengan berhemat, banyak menanam pohon, mendaur ulang, dan tidak merusak lingkungan .

Soal Latihan (Bali - Peta dan Skala) Ilmu Pengetahuan Sosial SD dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah dan unas

Soal latihan adalah kumpulan pertanyaan atau masalah yang digunakan untuk menguji pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam suatu bidang tertentu. Misalnya, jika kamu sedang belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah, maka soal latihan Ilmu Pengetahuan Sosial akan berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik tersebut. Soal latihan sangat penting dalam proses belajar, karena dengan sering berlatih menjawab soal, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan kepercayaan dirimu untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Jadi, jangan takut untuk berlatih dengan soal-soal latihan!

Berikut Contoh Soal Latihan Ilmu Pengetahuan Sosial SD dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional juga try out di kelas, semoga bisa membantu.

A. Kerjakan soal berikut!
1. Apa nama ibukota propinsi Bali?
2. Apa nama bandara di propinsi Bali?
3. Sebutkan dua gunung yang ada di propinsi Bali!
4. Ada berapa danau di propinsi Bali? Sebutkan!
5. Tunjukkan letak pantai Sanur, Kuta, dan Tanah Lot!
6. Sebutkan empat kota yang ada di pesisir/pantai utara pulau Bali?
7. Sebutkan tiga pulau yang ada di propinsi Bali!
8. Sebutkan tiga nama selat yang ada di sekitar propinsi Bali!
9. Adakah sungai di Propinsi Bali? Jika ada sebutkan!
10. Berapa skala peta yang tertera pada peta propinsi Bali yang kalian amati?

B. Marilah kita hitung jarak sebenarnya pada tiap soal berikut !
1. Pada peta dengan skala 1 : 500.000, jarak antara kota A dan B adalah 10 cm. Berapa jarak antara kota A dan B sebenarnya?
2. Pada peta dengan skala 1 : 1.000.000 panjang sebuah sungai adalah 7 cm. Berapa panjang sungai tersebut sebenarnya?
3. Pada peta dengan skala 1 : 700.000 jarak antara gunung K dan gunung L adalah 11 cm. Berapa jarak antara kedua gunung tersebut sebenarnya?

1. Sebuah peta dengan skala 1 : 80.000 akan diperkecil 3 kali. Berapa skala pada peta baru setelah diperkecil?
2. Sebuah peta dengan skala 1 : 2.000.000 akan diperbesar 5 kali. Berapa skala pada peta baru setelah diperbesar?
3. Sebuah peta dengan skala 1 : 4.800.000 akan diperbesar 4 kali. Berapa skala pada peta baru setelah diperbesar?
4. Sebuah peta dengan skala 1 : 700.000 akan diperkecil 3 kali. Berapa skala pada peta baru setelah diperkecil?
5. Sebuah peta dengan skala 1 : 200.000 akan diperkecil 10 kali. Berapa skala pada peta baru setelah diperkecil?

D. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi dinamakan ….
a. peta                 c. legenda
b. skala                  d. rasio

3. Warna biru pada peta biasanya meggambarkan ….
a. gunung                  c. perairan
b. pegunungan                  d. dataran rendah

4. Peta bahan tambang di Indonesia merupakan contoh peta ….
a. umum                  c. topografi
b. tematik                  d. geografi

6. Skala peta pada umumnya menggunakan satuan ....
a. meter (m)                  c. sentimeter (cm)
b. desimeter (dm)                  d. milimeter (mm)

7. Keterangan simbol gambar yang terdapat dalam peta disebut ….
c. legenda                  c. indeks
d. catatan kaki                  d. simbol

8. Pada peta dengan skala 1 : 500.000 jarak antara kota X ke kota Y adalah 4 cm. Jarak antara kota X dan Y sebenarnya adalah ….
a. 12,5 km                  c. 20 km
b. 125 km                  d. 10 km

9. Gambar peta situasi yang ingin diperjelas atau karena letaknya di luar garis batas peta disebut ….
a. inset                  c. skala
b. indeks                  d. simbol

10. Pada peta dengan skala 1 : 800.000 akan diperbesar 4 kali. Maka skala pada peta baru setelah diperbesar adalah ….
a. 1 : 3.200.000                  c. 1 : 200.000
b. 1 : 804.000                  d. 1 : 2.000.000

11. Pedoman atau petunjuk arah pada peta disebut ….
a. kompas                  c. skala
b. mata angin                  d. legenda

12. Untuk mengetahui berapa lama suatu peta dibuat, dapat dilihat dari ….
a. legenda                  c. tahun pembuatan
b. indeks                  d. inset

13. Peta yang menggambarkan hal-hal umum dari suatu wilayah disebut ….
a. peta wilayah                  c. peta topografi
b. peta tematik                  d. peta daerah

15. Simbol pada peta berfungsi sebagai ….
a. pelengkap data
b. penjelas arti pada peta
c. memperindah peta
d. pengganti kenampakan di muka bumi

Peta Persebaran Sumber Daya Alam

Untuk memudahkan kita dalam mengetahui lokasi dan jenis sumber daya alam di setiap daerah, kita dapat menggunakan peta persebaran sumber daya alam. Peta tersebut menunjukkan daerah mana yang memiliki sumber daya alam tertentu, seperti tambang emas, batu bara, minyak bumi, dan sebagainya. Dengan mengetahui persebaran sumber daya alam tersebut, kita dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam untuk kepentingan masyarakat dan negara secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menggunakan peta persebaran sumber daya alam sebagai salah satu alat untuk mengelola sumber daya alam di Indonesia.

Negara kita merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam.
Hampir semua sumber daya alam terdapat di negara kita. Sumber daya alam tersebut tersebar di seluruh nusantara. Masing-masing daerah memiliki berbagai sumber daya alam yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lain. Hal ini sesuai dengan kondisi alam di daerah tersebut.

Amatilah salah satu peta persebaran sumber daya alam di Indonesia di atas.
Peta di atas merupakan peta persebaran sumber daya alam hayati (hidup) di negara kita. Dengan melihat peta tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui berbagai jenis tanaman yang bermanfaat di negara kita. Selain itu kita juga dapat mengetahui dengan cepat daerah mana yang menghasilkan. Sehingga kita dapat memanfaatkanny dengan lebih  optimal. Kamu pun dapat membuat peta persebaran sumber daya alam yang ada di daerahmu.

Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat

Setiap daerah memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda-beda. Beberapa daerah memiliki kekayaan alam seperti tambang emas, batu bara, atau minyak bumi. Daerah lain memiliki kekayaan alam seperti sawah, hutan, dan laut. Potensi sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi setempat. Misalnya, daerah yang kaya akan hasil pertanian dapat memanfaatkan sumber daya alam tersebut untuk menjalankan kegiatan ekonomi di bidang pertanian. Begitu juga dengan daerah yang kaya akan hasil perikanan, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi di bidang perikanan. Namun perlu diingat, pengelolaan sumber daya alam harus dilakukan secara bijak agar dapat berkelanjutan dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Hai! Jadi, alam semesta dan isinya memang bener-bener indah dan mempesona, ya kan? Banyak pemandangan alam yang bikin kita terkagum-kagum dengan keindahannya. Nah, itu semua adalah pemberian dari Tuhan untuk kita, manusia. Kita harus bersyukur karena kita punya tempat tinggal yang asri dan kaya akan sumber daya alam. Tapi, kita juga harus hati-hati dalam memanfaatkan dan menjaga kelestarian alam semesta ini ya, supaya bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya.

..
Alam semesta beserta seluruh isinya ini adalah karunia dari Tuhan. Semuanya disediakan oleh Tuhan untuk manusia. Kita patut bersyukur negara kita adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Banyak negara lain yang iri dengan kekayaan alam di negara kita. Kekayaan alam di Indonesia banyak yang sudah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun masih banyak pula yang belum dimanfaatkan secara optimal. Bahkah beberapa diantaranya terancam rusak dan habis.


Jenis Sumber Daya Alam

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
a. Air
b. Tanah
c. Udara
d. Tumbuhan
1) Tanaman pertanian
2) Tanaman perkebunan
3) Tanaman hutan
4) Tanaman air
e. Hewan
1) Hewan liar
2) Hewan piaraan
3) Hewan ternak

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
a. Sumber daya alam mineral logam
b. Sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan)
c. Sumber daya energi

Pasir Kuarsa

Kamu tahu nggak, kalau bahan pembuat gelas kaca ternyata dari pasir kuarsa loh. Pasir kuarsa ini sendiri adalah galian yang terdiri dari kristal-kristal silika yang cantik banget. Karena namanya pasir putih, jadi pasir kuarsa juga disebut dengan nama tersebut. Banyak manfaatnya, selain buat bikin gelas kaca, pasir kuarsa juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri kimia, bahan konstruksi, hingga bahan abrasive untuk pemolesan logam. Wah, serba guna ya!

Tahukah kamu apa bahan pembuat gelas kaca? Bahan pembuat gelas kaca ialah pasir kuarsa. Pasir kuarsa adalah bahan galian yang terdiri atas kristal-kristal silika. 
Pasir kuarsa juga dikenal dengan nama pasir putih.
Dalam kegiatan industri, pasir kuarsa digunakan sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Sebagai bahan baku utama, digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik dan ampelas. Sedangkan sebagai bahan ikutan, digunakan dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api, dan lain sebagainya.

Usaha (Cara) Pelestarian Sumber Daya Alam

Pelestarian sumber daya alam adalah suatu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Kita harus memikirkan bagaimana agar sumber daya alam yang kita miliki bisa digunakan secara berkelanjutan, artinya bisa dimanfaatkan oleh kita saat ini, tapi juga masih bisa dipakai oleh generasi mendatang.

Salah satu usaha untuk pelestarian sumber daya air adalah dengan menghemat penggunaan air. Kita bisa menggunakan air secukupnya saja dan tidak membuang air sembarangan. Selain itu, kita juga bisa melakukan reboisasi atau menanam kembali pohon di daerah-daerah yang gundul agar air tidak cepat mengalir dan tanah tidak mudah longsor.

Untuk menjaga keberlangsungan sumber daya tanah, kita bisa melakukan pengolahan tanah yang baik dan benar. Jangan melakukan penggundulan hutan secara sembarangan, karena hal tersebut dapat menyebabkan erosi dan tanah menjadi tidak subur.

Hutan juga perlu dilestarikan agar tidak terus menerus ditebang. Kita bisa menanam kembali pohon-pohon yang telah ditebang dan menjaga agar hutan tidak rusak karena aktivitas manusia seperti illegal logging.

Pelestarian mineral logam dapat dilakukan dengan cara daur ulang atau pengolahan kembali limbah hasil dari pengolahan mineral tersebut. Hal ini dapat mengurangi pengambilan mineral logam dari alam yang semakin berkurang.

Terakhir, kita juga perlu melakukan usaha pelestarian sumber daya energi dengan cara menghemat penggunaan energi listrik dan bahan bakar fosil. Kita bisa menggunakan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan agar kita tidak terlalu bergantung pada sumber daya energi yang terbatas.

..
Sumber daya alam merupakan karunia Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut tidak boleh dengan seenaknya. Jika saat ini kita dengan seenaknya menggunakan, maka suatu saat kita akan menemui masalah.
Manusia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam yang dapat diperbarui pun, jika pemanfaatannya dengan seenaknya, lama kelamaan juga akan punah. Untuk itu usaha pelestarian sumber daya alam harus senantiasa dilakukan. Cara pelestarian sumber daya alam antara lain sebagai berikut:

1. Usaha Pelestarian Sumber Daya Air
Sumber daya air merupakan kebutuhan mutlak setiap manusia. Setiap manusia membutuhkan air yang bersih. Air yang bersih dan bebas polusi juga dibutuhkan oleh hewan dan tumbuhan. Pelestarian sumber daya air dapat dilakukan antara lain dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat, menanam banyak pohon dan hemat air. Dapatkah kamu menyebutkan contoh-contoh cara menghemat air?

2. Usaha Pelestarian Sumber Daya Tanah
Tanah yang subur bermanfaat bagi makhluk hidup. Manusia makan berbagai jenis hewan. Hewan memakan tumbuhan. Tumbuhan bisa tumbuh dengan baik pada tanah yang subur. Berarti secara langsung maupun tidak semua makhluk membutuhkan tanah yang subur. Tanah yang subur memiliki lapisan yang disebut humus. Humus terletak pada lapisan tanah yang paling atas. Humus akan hilang bila terkikis oleh air. Penanaman pohon-pohon dapat mencegah terkikisnya humus. Tanah juga bisa menjadi tidak subur jika terkena polusi. Penyebab polusi tanah adalah bahan-bahan beracun seperti sabun dan limbah pabrik.

3. Usaha Pelestarian Hutan (Cara lain untuk melestarikan hutan adalah sebagai berikut:)


4. Usaha Pelestarian Mineral Logam
Mineral logam banyak dimanfaatkan untuk membuat perhiasan, kabel, kaleng, alat-alat otomotif, sepeda dan lain sebagainya. Logam merupakan bahan yang sulit diuraikan tanah. Sehingga barang-barang yang berasal dari logam jika dibuang dapat menjadi polusi tanah dan air. Mineral logam juga merupakan bahan yang tidak dapat diperbarui. Sehingga pelestarian logam dapat dilakukan dengan cara mendaur ulang barang-barang bekas.
Mendaur ulang barang bekas bisa dengan meleburnya kembali. Atau membuat kreasi baru dari barang bekas menjadi barang lain yang bermanfaat. Dapatkah kamu membuat barang-barang kreasi dari barang bekas?

5. Usaha Pelestarian Sumber Daya Energi
Sumber daya energi merupakan sumber daya yang menghasilkan tenaga. Sumber daya energi seperti minyak bumi, gas alam dan batubara merupakan sumber daya penting bagi kita. Sumber daya energi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan listrik. Sumber daya energi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Artinya suatu saat bisa habis. Pelestarian sumber daya energi dapat dilakukan dengan cara berhemat. Dapatkah kamu menyebutkan contoh cara menghemat bahan bakar dan listrik? Usaha lain yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan sumber daya energi alternatif seperti energi air, matahari  dan nuklir.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang jumlahnya terbatas. Artinya, jika sudah habis, maka tidak dapat dihasilkan kembali. Kita harus hati-hati dalam memanfaatkan sumber daya alam ini agar tidak cepat habis. Beberapa contohnya yaitu mineral logam seperti emas, perak, dan besi. Selain itu ada juga mineral bukan logam seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Terakhir, ada sumber daya energi seperti energi fosil dan nuklir. Karena sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui memiliki jumlah terbatas, kita harus menggunakannya secara bijak dan memikirkan alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti sumber daya alam tersebut.

..
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang tidak dapat kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ada yang dapat dihasilkan kembali namun membutuhkan waktu yang sangat lama. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat dibedakan menjadi tiga, yakni sebagai berikut:

a. Sumber daya alam mineral logam 
Sumber daya alam yang termasuk mineral logam antara lain emas, perak, platina, besi, timah, nikel, tembaga, aluminium, dan mangaan. Untuk mengambil sumber daya alam ini dilakukan dengan cara menambang. Oleh karena itu sumber daya alam ini juga disebut barang tambang. Negara kita merupakan negara yang kaya akan barang tambang tersebut. Berbagai barang tambang tersebut dimanfaatkan antara lain untuk perhiasan, membuat kabel dan berbagai perabot rumah tangga.

b. Sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan)
Selain kaya akan barang tambang, Indonesia juga kaya akan batu-batuan penunjang industri. Misalnya, pasir kuarsa, batu kapur, marmer, kaolin, intan, mika, asbes, batu granit, bentonit atau abu bumi, belerang, tras dan fosfat. Batu-batuan ini dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, kain, korek api, batu baterai dan pupuk.

c. Sumber daya energi
Sumber daya energi merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil tenaga atau bahan bakar. Sumber daya energi di Indonesia meliputi minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi dan tenaga surya. Indonesia merupakan negara pengekspor sumber daya  energi terutama minyak bumi dan gas alam. Untuk mendapatkan minyak bumi, gas alam dan batu bara dilakukan pengeboran dan pertambangan.
Minyak bumi yang sudah diolah akan menghasilkan bensin (premium), solar, minyak tanah (kerosin), avtur (bahan bakar pesawat terbang), pelumas mesin atau oli, plastik, lilin dan aspal. Sedangkan gas alam setelah diolah akan menghasilkan LNG (Liquefied Natural Gas/gas alam cair) dan LPG (Liquefied Petroleum Gas/gas alam yang dimampatkan). LNG sering digunakan sebagai bahan pembuat pupuk. Sedangkan LPG atau elpiji sering digunakan sebagai bahan bakar kompor. Untuk batu bara dapat dimanfaatkan pula sebagai bahan bakar baik rumah tangga maupun untuk industri/pabrik.


Jenis teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Berikut ini akan dibahas mengenai jenis teknologi produksi berdasarkan jenis kebutuhan pokok manusia. Marilah kita simak perbandingannya di masa lalu dan di masa kini.
1) Teknologi produksi makanan dan obat-obatan
Bagi kamu yang makanan pokoknya nasi tentu tiap hari makan nasi.
Pernahkah kamu berpikir dari mana nasi yang kamu makan tiap hari itu berasal? Untuk dapat menikmati sepiring nasi ternyata prosesnya cukup panjang. Nasi berasal dari beras, beras berasal dari tanaman padi. Pernahkan kamu melihat orang menanam padi di sawah?
Sebelum ditanami biasanya lahan digemburkan dulu. Pada masa lalu penggemburan tanah dilakukan dengan dicangkul atau dibajak.
Mencangkul benar-benar menggunakan tenaga manusia sedangkan membajak sudah dibantu tenaga sapi atau kerbau. Para petani di masa kini, untuk menggemburkan tanah sudah dapat menggunakan alat bermesin. Alat ini disebut traktor. Dengan traktor kegiatan menggemburkan tanah dapat lebih ringan, mudah dan cepat. Meskipun demikian saat ini masih ada petani yang menggemburkan sawah dengan cangkul dan bajak.

Ketika padi sudah dipanen, butir padi harus dipisahkan dari batangnya. 
Kulit padi juga harus dipisahkan dengan isinya (beras). Untuk melakukan kedua proses ini orang sekarang juga sudah menggunakan mesin. Berbeda dengan zaman dahulu yang masih menggunakan tenaga manual. Untuk memisahkan padi dari batangnya, padi dipukulpukulkan pada sebatang kayu. Sedangkan untuk memisahkan kulit padi dengan isinya (beras) menggunakan lesung dan alu. Padi ditumbuk hingga mengelupas kulitnya. Seringkali berasnya juga ikut hancur menjadi kecil-kecil, Menumbuk padi dengan lesung banyak dilakukan oleh kaum perempuan.

Untuk memproduksi obat-obatan pun teknologinya juga mengalami perkembangan yang pesat. Dahulu manusia hanya meramu dan menumbuk obat-obatan dari bahan alami. Saat ini meskipun bahannya ada yang dari bahan alami tetapi pengolahannya sudah dengan menggunakan mesin. Dengan mesin proses pembuatan obat lebih cepat dan higienis.

2) Teknologi produksi pakaian
Untuk memenuhi kebutuhan sandang, masyarakat masa lalu menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu dengan rakitan yang sangat sederhana. Untuk bahan pewarnanya biasanya digunakan bahan-bahan dari kulit pohon atau daun tanaman. Mereka meraciknya secara sederhana. Tentu saja pekerjaan ini memerlukan tenaga yang cukup besar dan waktu yang lama. Produk yang dihasilkannya pun tidak banyak.
Masyarakat masa kini sudah dapat memenuhi kebutuhan sandangnya dengan mudah. Alat-alat yang berteknologi modern sudah banyak ditemukan. Pabrik tekstil dengan mesin-mesin modern dapat menghasilkan kain dalam jumlah besar dan kualitas yang tinggi. Bahan baku pembuatan kain pun juga lebih bervariasi, misalnya kapas, bulu biri-biri serta bahan sintetis (buatan). Meskipun demikian, saat ini masih banyak orang yang menggunakan cara dan bahan tradisional. Biasanya harganya justru lebih mahal.

3). Teknologi produksi bahan bangunan
Selain bahan pangan dan bahan sandang, manusia juga memerlukan rumah sebagai tempat tinggal. Segala perlengkapan rumah tangga seperti kursi, tempat tidur, lemari merupakan kebutuhan hidup lainnya yang diperlukan.

Masyarakat masa lalu memotong kayu menggunakan kapak dan peralatan sederhana. Waktu yang diperlukan cukup lama untuk mengerjakannya.
Sedangkan sekarang orang memotong kayu dapat menggunakan gergaji  mesin. Selain lebih cepat hasil yang didapat pun sangat banyak. Selain itu potongan juga lebih rapi. Menyerut pun juga sekarang sudah menggunakan  serutan mesin. Tidak seperti dulu yang menggunakan serutan biasa dan menggunakan tenaga manusia lebih besar.

Hambatan Dalam Mengatasi Masalah Sosial

Mengatasi masalah sosial memang tidak mudah, karena ada banyak hambatan yang bisa muncul dalam prosesnya. Salah satu hambatan yang sering terjadi adalah ketidaktepatan dalam penyaluran bantuan. Kadang-kadang orang yang tidak membutuhkan justru yang mendapat bantuan, sedangkan yang benar-benar membutuhkan tidak mendapat bantuan sama sekali. Selain itu, program yang dilakukan oleh pemerintah seringkali tidak merata ke seluruh daerah. Akibatnya, daerah yang membutuhkan bantuan sering terlupakan. Selain itu, kurang disiplinnya petugas dalam menyalurkan bantuan juga menjadi salah satu hambatan dalam mengatasi masalah sosial. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang serius dan komitmen yang tinggi dari semua pihak untuk mengatasi masalah sosial agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan tidak ada yang terabaikan. Selain itu perlu juga memperhatikan solusi tuntas untuk mengatasi masalah ini, yakni solusi yang diajarkan oleh Rasulullah, karena beliau mendapat petunjuk dari Yang Menciptakan Manusia. Tinggal apakah kita mau masalah kita selesai secara tuntas atau tidak. Itu.


Dalam mengatasi masalah sosial ternyata terdapat banyak hambatan.
Beberapa contoh hambatan dalam upaya mengatasi masalah sosial, antara lain:

1. Berbagai bantuan dari pemerintah kadang-kadang tidak tepat sasaran.
Contohnya orang yang mampu mendapat bantuan sedangkan yang miskin tidak mendapat bantuan.
2. Program yang dilakukan tidak merata ke seluruh daerah.
3. Kurang disiplinnya petugas dalam menyalurkan bantuan pemerintah.
4. Terdapat pihak-pihak yang menyalahgunakan bantuan dari pemerintah maupun luar negeri.
5. Kurang kerja sama dari masyarakat yang mengalami masalah sosial terhadap pemerintah.
6. Penyuluhan maupun pelatihan keterampilan yang diberikan kepada masyarakat kadang-kadang tidak ditanggapi sebagaimana mestinya.
7. Ada pihak-pihak yang kurang peduli dalam masalah-masalah bantuan sosial.

Masalah sosial merupakan masalah bersama. Sehingga dibutuhkan kerja sama yang erat antara semua pihak. Tidak mungkin pemerintah dalam menyelesaikan semua masalah sosial tanpa dukungan dari masyarakat.
Demikian pula sebaliknya, masyarakat juga tidak dapat melakukan upaya penyelesaian sendiri tanpa ada dukungan pemerintah.

1. Masalah sosial merupakan masalah yang terjadi di masyarakat.
Masalah sosial merupakan kondisi masyarakat yang tidak normal atau tidak semestinya.
2. Masalah sosial terjadi karena faktor ekonomi, kepribadian, lingkungan masyarakat dan negara.
3. Bentuk-bentuk masalah sosial antara lain kebodohan, pengangguran, kemiskinan, kejahatan, pertikaian dan kenakalan remaja.
4. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah sosial, antara lain : pemberian kartu Askes, raskin, dana BOS, BTL, sekolah terbuka, pendidikan luar sekolah, pemberian bantuan modal usaha.
5. Upaya mengetasi masalah sekolah perlu melibatkan berbagai pihak baik individu, kelompok masyarakat, pengusaha, organisasi sosial baik di dalam dan luar negeri.
6. Upaya mengatasi masalah seringkali menemui hambatan seperti tidak tepat sasaran, petugas yang menyalahgunkan serta kurangnya kerjasama dengan masyarakat.

 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |