[iklan]

Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama

Kita hidup di masa di mana teknologi semakin maju dan canggih. Tapi, sayangnya, teknologi juga punya kelemahan yang cukup signifikan. Banyak masalah yang muncul karena dampak negatif dari teknologi, contohnya seperti pencemaran air, tanah, udara, dan suara. Jangan sampai kita lupa, ya, bahwa lingkungan sekitar juga punya hak yang harus kita jaga.

Kita yang tinggal di kota besar pasti sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas. Semua ini tentu aja nggak enak buat kesehatan kita dan bisa mempengaruhi kualitas hidup kita. Karena itu, sekarang banyak himbauan buat kita agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Selain itu, kita juga bisa berusaha buat mengurangi dampak negatif teknologi, misalnya dengan menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Kita semua punya peran penting buat menjaga lingkungan sekitar dan memperbaiki kelemahan teknologi. Kalo semua orang sadar dan berusaha bersama, kita pasti bisa membuat dunia yang lebih baik dan lebih sehat.


Sekarang kita menghadapi masalah justru karena kecanggihan teknologi.
Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Untuk kita yang tinggal di kota besar tentu sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas.
Untuk itu saat ini masyarakat banyak dihimbau agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Bahkan di Jakarta dilarang menggunakan mobil yang isinya kurang dari 3 orang. Hal ini selain menghindari kemacetan juga mengurangi polusi udara dan suara. Marilah kita pilih teknologi yang ramah lingkungan!

1. Teknologi merupakan ilmu yang menggali berbagai ilmu terapan. Teknologi juga sering dipakai untuk menyebut berbagai jenis peralatan yang mempermudah hidup manusia
2. Jenis teknologi antara lain adalah teknologi alat rumah tangga, teknologi produksi, teknologi komunikasi dan teknologi transportasi.
3. Teknologi produksi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Teknologi produksi dibedakan menjadi teknologi produksi makanan dan obat-obatan, teknologi produksi pakaian dan teknologi produksi bahan bangunan.
4. Contoh teknologi produksi masa lalu antara lain cangkul, bajak, kapak, alat tenun tangan. Contoh teknologi produksi masa kini antara lain traktor, mesin tenun, dan gergaji mesin.
5. Teknologi komunikasi dibedakan menjadi teknologi komunikasi lisan, tertulis dan komunikasi dengan isyarat.
6. Contoh teknologi komunikasi masa lalu antara lain kentongan, asap, surat yang diantar kurir. Contoh teknologi komunikasi masa kini antara lain media cetak, televisi, radio, HP dan internet.
7. Teknologi transportasi dibedakan menjadi teknologi transportasi darat, laut dan udara.
8. Contoh teknologi transportasi masa lalu antara lain kuda, andong,
delman, perahu layar. Contoh teknologi transportasi masa kini antara lain bus, kereta api listrik, pesawat terbang.
9. Teknologi masa lalu dan masa kini masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Teknologi masa lalu cenderung lambat dan hasilnya sedikit namun bebas polusi. Sedangkan teknologi masa kini lebih cepat dan hasilnya banyak namun cenderung menimbulkan polusi.
10. Pengalaman menggunakan teknologi memotivasi kita untuk giat belajar agar dapat menciptakan berbagai teknologi yang mempermudah pekerjaan manusia namun juga ramah lingkungan.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE