[iklan]

Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat

Setiap daerah memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda-beda. Beberapa daerah memiliki kekayaan alam seperti tambang emas, batu bara, atau minyak bumi. Daerah lain memiliki kekayaan alam seperti sawah, hutan, dan laut. Potensi sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi setempat. Misalnya, daerah yang kaya akan hasil pertanian dapat memanfaatkan sumber daya alam tersebut untuk menjalankan kegiatan ekonomi di bidang pertanian. Begitu juga dengan daerah yang kaya akan hasil perikanan, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi di bidang perikanan. Namun perlu diingat, pengelolaan sumber daya alam harus dilakukan secara bijak agar dapat berkelanjutan dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Hai! Jadi, alam semesta dan isinya memang bener-bener indah dan mempesona, ya kan? Banyak pemandangan alam yang bikin kita terkagum-kagum dengan keindahannya. Nah, itu semua adalah pemberian dari Tuhan untuk kita, manusia. Kita harus bersyukur karena kita punya tempat tinggal yang asri dan kaya akan sumber daya alam. Tapi, kita juga harus hati-hati dalam memanfaatkan dan menjaga kelestarian alam semesta ini ya, supaya bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya.

..
Alam semesta beserta seluruh isinya ini adalah karunia dari Tuhan. Semuanya disediakan oleh Tuhan untuk manusia. Kita patut bersyukur negara kita adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Banyak negara lain yang iri dengan kekayaan alam di negara kita. Kekayaan alam di Indonesia banyak yang sudah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun masih banyak pula yang belum dimanfaatkan secara optimal. Bahkah beberapa diantaranya terancam rusak dan habis.


Jenis Sumber Daya Alam

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
a. Air
b. Tanah
c. Udara
d. Tumbuhan
1) Tanaman pertanian
2) Tanaman perkebunan
3) Tanaman hutan
4) Tanaman air
e. Hewan
1) Hewan liar
2) Hewan piaraan
3) Hewan ternak

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
a. Sumber daya alam mineral logam
b. Sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan)
c. Sumber daya energi
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE