[iklan]

Perkembangan Teknologi Transportasi

Nah, sekarang kita mau bahas tentang perkembangan teknologi transportasi, nih! Jadi, alat transportasi itu bisa dikelompokin jadi tiga jenis: darat, air, dan udara.

Transportasi darat, kayak mobil, motor, bus, atau kereta api, udah lama banget kita kenal. Tapi seiring perkembangan teknologi, sekarang udah banyak banget jenis kendaraan baru yang lebih canggih dan efisien, misalnya mobil listrik atau kereta cepat.

Selain itu, transportasi air juga ikutan berkembang. Mulai dari kapal kayu, kapal laut, sampai kapal selam sekarang udah banyak yang udah dirancang dengan teknologi yang lebih modern, sehingga bisa lebih aman dan efisien.

Trus, transportasi udara juga ngalamin perkembangan yang pesat. Pesawat terbang yang dulu cuma bisa bawa sedikit penumpang, sekarang udah jadi jumbo jet yang bisa bawa banyak banget orang. Selain itu, sekarang juga udah banyak pesawat terbang yang udah dirancang dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Jadi, intinya adalah perkembangan teknologi transportasi itu berlangsung terus-menerus, dan kita bisa liat banyak banget inovasi baru yang terus muncul setiap harinya. Siapa tahu aja nanti kita bakal punya alat transportasi baru yang lebih canggih dan keren lagi, kan?


Istilah transportasi mungkin agak asing bagimu. Sebenarnya transportasi sama dengan pengangkutan. Mengangkut adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk menganggut penumpang atau barang. Sejak kapan manusia mengenal alat transportasi? Sejak dahulu orang sudah mengenal alat angkutan walaupun sangat sederhana.
Mereka menggunakan tenaga hewan bahkan tenaga manusia sebagai alat transportasi. Dengan berkembanganya ilmu pengetahuan teknologi transportasi sekarang telah mengalami perubahan yang sangat pesat.

a. Teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
Secara garis besar alat transportasi dapat kita kelompokkan menjadi tiga yaitu transportasi darat, air dan udara.

1) Transportasi darat
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja.

Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.

2) Transportasi air
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.

3) Transportasi udara
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.

0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE