[iklan]

Usaha (Cara) Pelestarian Sumber Daya Alam

Pelestarian sumber daya alam adalah suatu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Kita harus memikirkan bagaimana agar sumber daya alam yang kita miliki bisa digunakan secara berkelanjutan, artinya bisa dimanfaatkan oleh kita saat ini, tapi juga masih bisa dipakai oleh generasi mendatang.

Salah satu usaha untuk pelestarian sumber daya air adalah dengan menghemat penggunaan air. Kita bisa menggunakan air secukupnya saja dan tidak membuang air sembarangan. Selain itu, kita juga bisa melakukan reboisasi atau menanam kembali pohon di daerah-daerah yang gundul agar air tidak cepat mengalir dan tanah tidak mudah longsor.

Untuk menjaga keberlangsungan sumber daya tanah, kita bisa melakukan pengolahan tanah yang baik dan benar. Jangan melakukan penggundulan hutan secara sembarangan, karena hal tersebut dapat menyebabkan erosi dan tanah menjadi tidak subur.

Hutan juga perlu dilestarikan agar tidak terus menerus ditebang. Kita bisa menanam kembali pohon-pohon yang telah ditebang dan menjaga agar hutan tidak rusak karena aktivitas manusia seperti illegal logging.

Pelestarian mineral logam dapat dilakukan dengan cara daur ulang atau pengolahan kembali limbah hasil dari pengolahan mineral tersebut. Hal ini dapat mengurangi pengambilan mineral logam dari alam yang semakin berkurang.

Terakhir, kita juga perlu melakukan usaha pelestarian sumber daya energi dengan cara menghemat penggunaan energi listrik dan bahan bakar fosil. Kita bisa menggunakan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan agar kita tidak terlalu bergantung pada sumber daya energi yang terbatas.

..
Sumber daya alam merupakan karunia Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut tidak boleh dengan seenaknya. Jika saat ini kita dengan seenaknya menggunakan, maka suatu saat kita akan menemui masalah.
Manusia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam yang dapat diperbarui pun, jika pemanfaatannya dengan seenaknya, lama kelamaan juga akan punah. Untuk itu usaha pelestarian sumber daya alam harus senantiasa dilakukan. Cara pelestarian sumber daya alam antara lain sebagai berikut:

1. Usaha Pelestarian Sumber Daya Air
Sumber daya air merupakan kebutuhan mutlak setiap manusia. Setiap manusia membutuhkan air yang bersih. Air yang bersih dan bebas polusi juga dibutuhkan oleh hewan dan tumbuhan. Pelestarian sumber daya air dapat dilakukan antara lain dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat, menanam banyak pohon dan hemat air. Dapatkah kamu menyebutkan contoh-contoh cara menghemat air?

2. Usaha Pelestarian Sumber Daya Tanah
Tanah yang subur bermanfaat bagi makhluk hidup. Manusia makan berbagai jenis hewan. Hewan memakan tumbuhan. Tumbuhan bisa tumbuh dengan baik pada tanah yang subur. Berarti secara langsung maupun tidak semua makhluk membutuhkan tanah yang subur. Tanah yang subur memiliki lapisan yang disebut humus. Humus terletak pada lapisan tanah yang paling atas. Humus akan hilang bila terkikis oleh air. Penanaman pohon-pohon dapat mencegah terkikisnya humus. Tanah juga bisa menjadi tidak subur jika terkena polusi. Penyebab polusi tanah adalah bahan-bahan beracun seperti sabun dan limbah pabrik.

3. Usaha Pelestarian Hutan (Cara lain untuk melestarikan hutan adalah sebagai berikut:)


4. Usaha Pelestarian Mineral Logam
Mineral logam banyak dimanfaatkan untuk membuat perhiasan, kabel, kaleng, alat-alat otomotif, sepeda dan lain sebagainya. Logam merupakan bahan yang sulit diuraikan tanah. Sehingga barang-barang yang berasal dari logam jika dibuang dapat menjadi polusi tanah dan air. Mineral logam juga merupakan bahan yang tidak dapat diperbarui. Sehingga pelestarian logam dapat dilakukan dengan cara mendaur ulang barang-barang bekas.
Mendaur ulang barang bekas bisa dengan meleburnya kembali. Atau membuat kreasi baru dari barang bekas menjadi barang lain yang bermanfaat. Dapatkah kamu membuat barang-barang kreasi dari barang bekas?

5. Usaha Pelestarian Sumber Daya Energi
Sumber daya energi merupakan sumber daya yang menghasilkan tenaga. Sumber daya energi seperti minyak bumi, gas alam dan batubara merupakan sumber daya penting bagi kita. Sumber daya energi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan listrik. Sumber daya energi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Artinya suatu saat bisa habis. Pelestarian sumber daya energi dapat dilakukan dengan cara berhemat. Dapatkah kamu menyebutkan contoh cara menghemat bahan bakar dan listrik? Usaha lain yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan sumber daya energi alternatif seperti energi air, matahari  dan nuklir.
2 komentar
  1. artikel yang menarik, saya setuju engan kita harus menhemat energy, teruatama sumber energy yang tidak bisa di perbarui

    BalasHapus


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE