Belajar agama Islam

Belajar agama acap kali berada di pinggir perhatian kita. Ada dua kenyataan yang membuat sangat wajar kalian memberikan porsi perhatian yang tidak terlalu besar pada pelajaran agama. Pertama, kalian sedang berada di masa remaja yang penuh dinamika. Sifat remaja sering kali menggoda untuk mencoba hal-hal baru dan mengabaikan norma baku yang berlaku termasuk nilai agama. Kedua, pada saat yang sama, kalian sedang berada di jenjang akhir sekolah dengan tuntutan lulus Ujian Nasional. Kombinasi dua keadaan ini wajar membuat kalian lebih memperhatikan mata pelajaran yang diujinasionalkan.

Padahal sebenarnya belajar agama justru sangat penting bagi remaja seusia kalian. Pada saat seperti ini, kalian membutuhkan pegangan yang kukuh untuk menentukan sikap. Berkhidmad kepada agama akan memberikan pegangan dan dukungan moral yang kalian butuhkan untuk melalui masa ini.

Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas IX ini menyajikan ilmu yang mencerdaskan dan mencerahkan. Buku ini mengajak kalian menelusuri pembahasan dengan sangat terbuka. Artinya, kalian didorong untuk mencermati, meneliti, mendiskusikan, serta menerapkannya sesuai dengan keadaan kalian. Untuk itulah, buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas IX ini disajikan sistematis.

Sistematika buku ini dirancang sebaik mungkin sehingga kalian dapat menggunakan buku ini baik secara mandiri maupun bersama teman di kelas.

Adapun sistematika buku ini sebagai berikut.
– Judul bab, berisi materi pokok yang dipelajari dalam suatu bab.
– Peta konsep, berisi bagan rangkaian konsep yang diangkat dalam bab.
– Beranda, berisi wacana yang akan mengantarkan kalian memasuki bab.
– Uraian materi. Di sinilah materi diuraikan menyatu dengan informasi tambahan dan kegiatan.
– Hayya Na’mal, berisi kegiatan tempat melatih kemampuan diri.
– I’lam, berisi informasi terkait materi dan perkembangan terbaru sebagai tambahan bagi kalian.
– Amali. Ilmu dan kemampuan yang dipelajari tidak akan banyak manfaat apabila tidak digunakan. Oleh karena itulah, kalian diajak membiasakan diri dalam rubrik ini.
– Ikhtisar. Bagian ini berisi rangkuman materi yang telah kalian pelajari. Rangkuman mengikat

 


Glosarium Pendidikan Agama Islam

 abul anbiya atau bapak para nabi, istilah ini disematkan kepada nabi ibrahim as., yang merupakan nenek moyang nabi dan rasul berikutnya.

alif lam qomariah : artinya huruf lam di awal kata di baca jelas. huruf ini ditandai dengan symbol sukun (huruf mati), misalnya alif lam pada kalimat “fastabiqul khairot”.

alif lam syamsiah, artinya huruf lam di awal kata tidak dibaca. huruf ini ditandai dengan symbol syakkal (tasydid), misalnya alif lam pada kalimat “wa sailin” dan “wa shobirin”.

dakwah secara bahasa berasal dari bahasa arab dan merupakan kata dasar masdar dan kata kerja da’a-yad’u yang artinya memanggil, menyeru atau mengajak

ghunnah yaitu nun atau mim bertasydid, seperti pada kata “inna”.

huruf ikhfa, artinya huruf tanwin atau nun mati menghadapi huruf ikhfa dibaca mendengun (bunyi ‘ng’), misalnya kata “syain” dalam “ala kuli syain qodiir”.

huruf qolqolah, yaitu membaca huruf qolqolah secara tabal. misalnya pada kata huruf “qof mati” dalam kata “muqtashid” dibaca “muqq-tashid”.

ibadah ghoiro mahdhah (ibadah sosial), artinya ibadah yang tidak dijelaskan rinci mengenai syarat dan rukun pelaksanaannya, seperti bekerja, atau olahraga.

ibadah mahdhah (ritual) artinya ibadah yang sudah ditentukan syarat dan rukunnya, seperti ibadah sholat, zakat atau puasa.

idhghom bila gunnah : artinya melafalkan hurut didepan tanwin secara jelas. misalnya kata “walikulliw wijhatun”.

izhar, : artinya huruf tanwin dibaca jelas, khusus ketika menghadapi huruf (ya, ain, wa, ha, ha serta hamzah). misalnya “wijahtun huwa”.

khatamin nabiyin, yaitu penutp para nabi, yakni rasuluihham muhammad saw.

khatib yaitu orang yang membaca khutbah

khutbah” dari kata dasar masdar dan dari kata kerja yang artinya pidato atau ceramah

lam jalalah tafhim, artinya bila ada kata “allah” yang didahului dengan “kasroh” maka dibacanya tipis, misalnya pada kata “biidznillah” bukan “biiznilloh”.
 
mad asli, yaitu fathah bertemu dengan alif, kasrah bertemu dengan huruf “ya” atau dhommah bertemu dengan huruf “wau”. misalnya kata “ka”  dalam “kanu”, kata “ri” dalam “mubadzirina”, dan kata “nu” dalam “kanu”. mad wajib muthashil, yaitu mad asli dalam satu kata dengan panjang 5-6 harokat seperti pada kalimat “ulaika”.

mad iwad, artinya tanwin diakhir kalimat dibaca satu harkat. misalnya kalimat “jami’an” dibaca “jami’a”.

mad liin, yaitu teknik membaca yang memiliki satu harkat dan dibaca sesuai dengan karakter hurufnya sendiri. misalnya, huruf fathah bertemu “wa mati” di baca pendek dengan lafal “tsumma auratna”.

mubaligh/mubalighoh artinya orang yang melaksanakan tabligh.

nubuwwat adalah kedudukan yang diberikan kepada seseorang yang dijadikan nabi, yaitu seseorang yang menerima wahyu, baik wahyu itu disuruh  untuk disampaikan atau tidak. sedangkan risalah adalah ajaran-ajaran

raja artinya pengharapan terhadap rahmat dan kasih sayang Allah.

tabligh berasal dari kata kerja yaitu ballaga yuballigu yang artinya menyampaikan.

takziah adalah salah satu kewajiban seorang muslim terhadap orang yang meninggal.

taubat artinya penyesalan. orang yang bertobat adalah orang yang kembali dari jalan kemaksiatan pada ketaatan atau kembali dari jalan yang jauh ke jalan yang dekat kepada Allah swt.

ulul azmi adalah lima orang nabi yang dikenal memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar baisa di dalam menghadapi berbagai penderitaan dan gangguan untuk melaksanakan tugas risalah, yaitu nabi Muhammad saw, Ibrahim as., Musa as., Isa as., dan Nuh as.

 

 

Daftar Pustaka Pendidikan Agama Islam

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. ESQ : Emotional Spiritual Quotien. Jakarta : Arga.

Asqalani, Ibnu Hajar al-. 1993. Nasehat dan Fatwa Menuju Hidup Bahagia. Terjemahan dari Nashiuhul Ibad, yang diterjemahkan oleh Dja’far Abdul Muchith. Bandung : Diponegoro.

Dewan Penyusun. 1994. Ensiklopedia Islam. Jakarta : PT Ichtiar Baru Van Hoeve. Jilid 1 – 5.

Esposito, Jhon L. (ed.). 2001. Ensiklopedia Oxford Dunia Islam Modern. Bandung : Mizan. Penerjemah Eva, dkk.

Faruqi, Isma’il Raji al-. dan Lois Lamya al-Faruqi. 2003. Atlas Budaya Islam : Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang. Bandung : Mizan. Penerjemah Ilyas Hasan.

Ghazali, Imam. 1984. Ihya’Al-Ghazali. Jilid 2, 3, dan 7. Terjemaham Tgk. Isma’il Yaqub. Jakarta : Faizan.

Kalabadzi, Al. 1995. Ajaran-ajaran Sufi. Bandung : Mizan.

Miskawaih, Ibn. 1998. Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung : Mizan..

Mursi, Abdul Hamid. 1997. SDM Yang Produktif : Pendekatan Al-Qur’an dan Sains. Jakarta : GIP.

Najati, Muhamamd Utsman. 2001. Jiwa Manusia dalam Sorotan Al-Qur’an. Jakarta : Cendekia Sentra Muslim.

Noer, Hasan M. (ed.). 2001. Agama di Tengah Kemelut. Jakarta : Paramadina.

Rachmat, Jalaluddin. 2006. Memaknai Kematian. Depok : Pustaka IIMAN.

Rumi, Jalaluddin. 2001. Kearifan Cinta. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Sudarma, Momon. 2006. Menjadi Speechwriter Profesional : Teori dan Panduan Praktis Menulis Sambutan. Bandung : Nuansa Cendikia.

Syaltut, Mahmud. 1998. Islam : Aqodah dan Syariah. Jilid 1 – 2. Jakarta “ Pustaka Amani.

Syamsuri. 2006. Pendidikan Agama Islam SMA jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Usman, Ali, dan AA Dahlan, MD Dahlan. 2004. Hadits Qudsi : Pola Pembinaan Akhlak Muslim. Bandung : Diponegoro..

 


Bank Soal Agama Islam : Menyantuni Kaum Dhu’afa :

 Uji Kompettenssii

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!

1. Perintah untuk menyantuni orang miskin, tertuang dalam Surah :
a. Al-Baqarah ayat 76                d. Al-Isra ayat 26
b. Al-Baqarah ayat 77                e. Al-Isra ayat 27
c. Al-Baqarah ayat 78

2. Tidak termasuk ciri orang bertaqwa menurut Qs. Al-Baqarah ayat 77 yaitu
a. Berinfaq pada orang miskin
b. Iman kepada kitab-kitab Allah
c. Iman kepada Allah
d. Salat
e. Menjalankan Ibadah haji

3. Sikap dermawan dapat diberikan kepada ‘ibnu sabil”, artinya :
a. orang miskin                d. Berjuang di jalan Allah
b. orang fakir                   e. Orang teraniaya
c. peminta-minta

4. Contoh huruf yang temasuk dalam alif lam syamsiah, yaitu terdapat pada kata
a. Al-Qur’an                  d. A£-£abirin
b. Al-Masyriq                e. Al-Kafirun
c. al-kitab

5. Pernyataan yang menunjukkan ketidakberdayaan seseorang lebih bersifat struktural.
a. Memiliki keterbatasan fisik
b. Malas bekerja
c. Hobinya hanya sekedar bermain
d. Tidak mau kerja keras
e. Hamba sahaya yang dijajah

6. Perilaku yang dianggap sebagai perbuatan syetan menurut surah Al-Isra ayat 27, yaitu :
a. Menghardik orang yatim
b. Tidak menyantuni orang miskin
c. Membuang-buang kekayaan secara sia-sia
d. Mencuri
e. Korupsi

7. Tindakan di bawah ini, relevan dengan perintah dalam menyantuni kaum dhu’afa, yaitu :
a. Melaksanakan bazar di sekolah
b. Menyelenggarakan pameran pendidikan
c. Menyumbangkan pakaian layak pakai ke daerah bencana
d. Belajar dengan giat
e. Bekerja keras

8. Yang tidak termasuk dalam hikmah berderma menurut ajaran Islam. :
a. Amalan yang lebih dahsyat dari api, air, besi dan angin.
b. Merupakan ciri dari orang bertaqwa
c. Mendapatkan kehormatan sebagai pejuang rakyat kecil
d. Menafkah sebagian rijki yang diberikan Allah Swt
e. Membersihkan diri

9. Salah satu bentuk menyantuni kaum dhu’afa dari sisi kultural, yaitu :
a. memberikan sumbangan makanan
b. membebaskan hamba sahaya
c. memberikan perlindungan hukum
d. memberikan beasiswa pendidikan kepada orang miskin
e. melaksanakan bakti sosial di masyarakat desa

10. Sikap boros termasuk ke dalam perilaku syetan, tertuang dalam surah :
a. Al-Baqarah ayat 76
b. Al-Baqarah ayat 77
c. Al-Baqarah ayat 78
d. Al-Isr± ayat 26
e. Al-Isr± ayat 27

Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
11. Tulis ulang Qs. Al-Isra ayat 26-27 tentang pentingnya menyantuni kaum dhu’afa!
12. Tulis ulang ayat 77 dari surah Al-Baqarah!
13. Sebutkan dan tuliskan dua kata yang mengandung huruf mad arid lisukun!
14. Sebutkan dan tuliskan satu kata yang mengandung mad wajib mutashil!
15. Tulis dalam huruf arab, dan sebutkan hukum tajwid yang ada pada kalimat “sesungguhnya pemborosan itu adalah saudaranya setan!
16. Apa arti “Sadaqu”?
17. Apa yang dimaksud dengan mubazir?
18. Apa yang dimaksud kaum dhu’afa?
19. Jelaskan pengertian menyantuni kaum dhu’afa dari sisi kultural?
20. Jelaskan hikmah dari pentingnya menyantuni kaum dhua’afa?

 

Bank Soal Agama Islam : Latihan Ulangan Semester SMP

 A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Bunyi ayat ketiga Surah at-Tin [95] adalah . . . .


2.
Terjemahan yang tepat untuk ayat di atas adalah . . . .
a. demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun
b. demi (masjid) Tin dan (masjid) Zaitun
c. dan demi negeri yang aman ini
d. bukankah Allah hakim yang paling adil?

3. Surah at-Tin [95] ayat kedelapan menjelaskan bahwa Allah adalah . . . .
a. pencipta alam semesta
b. hakim yang paling adil
c. penguasa hari pembalasan
d. Tuhan Yang Maha Esa

4. Hukum menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap . . . .
a. muslim
b. muslim yang telah dewasa
c. para ulama dan aparat pemerintah
d. kepala keluarga

5. Menuntut ilmu akan menjadi amal yang tidak putus pahalanya, jika . . . .
a. dilakukan untuk mendapatkan sanjungan dari orang lain
b. ilmunya tidak dikembangkan, tetapi untuk dirinya sendiri
c. ilmunya dimanfaatkan untuk tujuan bermaksiat kepada Allah
d. ilmu itu tetap dipelajari dan diamalkan oleh orang yang masih hidup

6. Hukum menuntut ilmu dengan tujuan untuk menjauh dari Allah adalah . . . .
a. mubah                         c. sunah
b. haram                         d. makruh

7. Salah satu keistimewaan orang berilmu dibanding orang yang berharta adalah . . . .
a. orang yang berilmu umurnya lebih panjang daripada orang yang berharta
b. orang berilmu akan dihormati dan disegani karena ilmunya, orang berharta akan dimusuhi karena hartanya
c. orang berharta akan sakit-sakitan, sedangkan orang yang berilmu akan selalu sehat
d. orang berilmu akan terkenal, orang berharta tidak

8. Berikut ini hikmah yang akan diraih bagi orang yang menuntut ilmu dengan ikhlas, kecuali . . . .
a. akan dimudahkan jalan menuju surga
b. akan mengalir pahalanya dari ilmu yang disampaikan
c. mendapatkan berbagai karunia dari Allah
d. memperoleh kekayaan harta yang berlimpah

9. Golongan fi- sabi-lilla-h bagi orang yang sedang menuntut ilmu menunjukkan bahwa ia . . . .
a. sedang melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah
b. sedang melakukan sesuatu yang diridai oleh Allah
c. jika pada saat itu mati, termasuk orang kafir
d. pasti mendapatkan kekayaan harta dan kedudukan

10. Ulama membagi kiamat menjadi dua macam, yaitu kiamat . . . .
a. besar dan kubra                       
b. sugra  dan kecil
c. sugra - dan besar
d. yaumul-akhir dan yaumuz-zalzalah

11. Contoh kiamat kubra ditunjukkan oleh pernyataan . . . .
a. hancurnya seluruh alam ini dan seisinya
b. terjadinya bencana alam di wilayah tertentu
c. adanya banjir bandang yang menghancurkan ratusan rumah
d. kematian seseorang

12. Pada hari kiamat seluruh amal perbuatan manusia akan dihitung. Oleh karena itu, hari kiamat disebut juga dengan hari . . . .
a. Yaumud Din
b. Yaumul Akhir
c. Yaumuz Zalzalah
d. Yaumul Khulud

13. Berikut ini tanda-tanda kecil hari kiamat, kecuali . . . .
a. tersebarnya perzinaan
b. minuman keras merajalela
c. fitnah muncul di mana-mana
d. seseorang menikahi anak dari pamannya

14. Amal manusia akan ditimbang pada hari kiamat kelak sehingga hari itu dikenal juga dengan nama . . . .
a. Yaumul Jaza-’                        c. Yaumul Mizan
b. Yaumul Wa - qi‘ah                         d. Yaumus Saiqah

15. Gambaran manusia pada waktu terjadinya hari kiamat kelak ditunjukkan
oleh pernyataan . . . .
a. orang saling bekerja sama untuk dapat keluar dari bencana yang dahsyat
b. manusia merasa gembira karena terjadi peristiwa yang langka
c. setiap orang berusaha menyelamatkan dirinya sendiri, tidak peduli kepada orang lain
d. sebelum terjadi peristiwa kiamat, manusia memilih hidup di dalam gua agar selamat

16. Adanya hari kiamat akan memberi kesadaran kepada kita bahwa . . . .
a. dunia ini tidaklah kekal abadi
b. manusia adalah makhluk yang hebat
c. manusia dituntut berusaha mempelajari ilmu astronomi dan geografi
d. terjadinya kiamat ditentukan oleh amalan manusia

17. Manasik yang termasuk wajib haji adalah . . . .
a. wukuf di Arafah
b. ihram
c. sai
d. melempar jumrah

18. Membayar dam (denda) diwajibkan bagi seseorang yang . . . .
a. rendah ilmu agamanya
b. berusia tua
c. memiliki kekayaan harta dalam jumlah banyak
d. melanggar wajib haji

19. Tahalul merupakan salah satu manasik haji yang ditandai dengan . . . .
a. melempar tonggak batu
b. memotong hewan sebagai kurban
c. memotong minimal tiga helai rambut di kepala
d. memakai pakaian yang tidak berjahit

20. Wukuf di Arafah termasuk . . . haji.
a. sunah                         c. syarat sah
b. rukun                         d. wajib

21. Wukuf di Arafah dimulai sejak . . . .
a. tengah malam hingga subuh
b. waktu magrib sampai isya
c. tergelincirnya matahari tanggal 9 Zulhijah hingga terbit fajar hari nahar
d. menjelang isya sampai pagi

22. Meninggalkan rukun haji dapat menyebabkan haji . . . .
a. batal
b. sah
c. diganti dengan menyembelih seekor kambing
d. berkurang pahalanya

23. Cara menyembelih hewan yang sesuai dengan syariat Islam adalah . . . .
a. menusuk anggota tubuh hewan menggunakan besi panas
b. memotong kakinya
c. memotong bagian paha hewan
d. memotong urat saluran pernapasan dan urat saluran makanan

24. Salah satu alat yang dilarang digunakan menyembelih hewan adalah . . . .
a. besi                          c. kuku
b. kayu                         d. perak

25. Jumlah hewan akikah untuk bayi berjenis kelamin perempuan adalah . . . .
a. satu ekor sapi
b. dua ekor kambing
c. satu ekor kambing
d. dua ekor kambing atau satu ekor sapi

26. Salah satu syarat hewan kurban ditunjukkan oleh pernyataan . . . .
a. baik cara memperolehnya
b. sulit untuk memperolehnya
c. mengutamakan wujud
d. Pembeli harus baik fisiknya

27. Pada saat menyembelih hewan kurban seorang penyembelih diharuskan. . . .
a. berwudu dahulu
b. menyebut nama Allah
c. mengucapkan salawat rasul
d. mengenakan baju yang rapi

28. Dalam syariat Islam penyembelihan akikah disunahkan terangkai dengan kegiatan lain yaitu berupa . . .
a. mengadakan istigasah
b. menyelenggarakan acara hiburan
c. pemotongan rambut
d. membelikan kebutuhan pokok si bayi

29. Sifat qanaah dalam kehidupan dapat ditunjukkan dengan . . . .
a. menyerahkan semua urusan kepada Allah tanpa ada usaha
b. merasa kecewa dengan keadaan yang telah terjadi
c. bersikap ikhlas dan selalu berikhtiar
d. putus asa jika usahanya gagal

30. Hikmah bersifat qanaah dalam diri seseorang adalah . . . .
a. jiwa mudah gelisah
b. tidak percaya pada takdir
c. menganggap kesuksesan yang diraih karena usaha dirinya sendiri
d. merasa tenteram dan mantap dalam setiap tindakan

31. Bersikap toleransi antarsesama dapat mengakibatkan . . . .
a. masalahnya semakin banyak
b. terjadi ketimpangan ekonomi di tengah masyarakat
c. terjalin persatuan dalam mencapai tujuan bersama
d. kekacauan akibat perbedaan yang ada

32. Sifat toleransi dapat diwujudkan dengan . . . .
a. berbuat baik kepada setiap orang
b. merasa bebas untuk melakukan apa pun
c. suka pilih-pilih dalam berteman
d. bangga dengan dirinya sendiri

33. Kecenderungan untuk memisahkan diri dari kehidupan sosial akan mengakibatkan . . . .
a. menumbuhkan kepercayaan diri
b. kehidupan berbangsa semakin nyaman
c. hubungan silaturahmi semakin erat
d. terganggunya hubungan pergaulan antarsesama

34. Manfaat sifat qanaah dalam kehidupan bermasyarakat adalah . . . .
a. merasa diri sendiri sebagai orang yang terhebat
b. menjadi manusia yang pandai bersyukur
c. menimbulkan keresahan dalam menjalani hidup
d. menyebabkan seseorang suka mengungkit-ungkit masa lalu

35. Salah satu cara masuknya Islam ke Nusantara adalah . . . .
a. perbudakan penduduk
b. penjajahan wilayah
c. perluasan kekuasaan
d. perdagangan barang

36. Pernyataan yang menunjukkan pengertian wali yaitu . . . .
a. anak para raja
b. ulama yang memiliki kesaktian tertentu
c. prajurit terpilih untuk mendirikan kerajaan Islam
d. ulama yang menyampaikan dakwah Islam kepada masyarakat

37. Model pendidikan Islam pada masa awal yang masih ada hingga sekarang di tanah air yaitu . . . .
a. pesantren
b. sekolah modern
c. madrasah
d. universitas
38. Salah satu faktor yang menyebabkan Kerajaan Samudera Pasai berkembang menjadi pusat perdagangan internasional adalah . . . .
a. para rajanya adil
b. penduduknya tidak fanatik terhadap ajaran agama tertentu
c. letaknya sangat strategis
d. jumlah penduduknya banyak

39. Dakwah Islam telah masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram. Hal ini dapat dibuktikan dengan gelar salah satu Raja Mataram yang bernama Sutawijaya yaitu . . . .
a. panembahan ing alaga senopati panatagama
b. panatagama panembahan senopati ing alaga
c. alaga panembahan senopati ing panatagama
d. panembahan senopati ing alaga sayidin panatagama

40. Salah satu kelebihan para wali dalam menyiarkan ajaran Islam di tanah air adalah . . . .
a. semua wali turut aktif terlibat dalam perpolitikan kerajaan-kerajaan di Jawa
b. berhasil memadukan ajaran Islam dengan adat yang berlaku dimasyarakat
c. melakukan dakwah dengan menikahi beberapa istri
d. melakukan dakwah dengan kekerasan

B. Jawablah dengan tepat!
1. Jelaskan kandungan Surah at-Ti-n [95], khususnya ayat ketiga!
2. Apakah balasan bagi seseorang yang tidak ikhlas dalam menuntut ilmu?
3. Jelaskan pentingnya memperdalam ilmu agama Islam bagi kita!
4. Apakah pengertian iman kepada hari akhir?
5. Jelaskan perbedaan utama antara kiamat kubr-a dengan kiamat sugr-a!
6. Sebutkan wajib haji!
7. Jelaskan pengertian akikah dan tunjukkan waktu pelaksanaannya!
8. Apa manfaat sifat qanaah?
9. Mengapa sikap toleransi penting dimiliki?
10. Jelaskan fase-fase perkembangan Islam di Indonesia!


Bank Soal Agama Islam : Latihan Ulangan Semester

 Latihan Ulangan Semester 2
A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat

1. Potongan firman Allah Swt dalam surah Ar-Rum ayat 42 yaitu berisi suruhan kepada umat manusia untuk …
a. mempelajari sejarah
b. berbuat baik kepada tetangga
c. bersedekah kepada fakir miskin
d. berbakti kepada orang tua
e. memelihara diri dari berbuat dosa

2. Mad tabi’i pada kata sama menghadapi huruf hamzah dalam satu kata dibaca panjang lima harakat, karena merupakan mad …
a. wajib muttasil                   d. silah tawilah
b. jaiz munfasil                     e. lazim musyabba
c. ‘arid lissukun

3. Berikut ini termasuk sikap perilaku bersyukur kepada Allah atas nikmat yang dikaruniakannya, kecuali …
a. mengerjakan segala keinginan orang yang dicintai
b. menjauhkan diri dari bersikap dan berperilaku tercela
c. membaca hamdfalah takalamemperoleh nikmat
d. menerima dengan ikhlassetiap nikmat yang dikaruniakan Allah
e. menggunakan nikmat yang dikaruniakan Allah untuk hal-hal yang dirdai-Nya                  

4. Bahwa orang yang ketika di dunianya beriman dan beramal shaleh, di alam akhiratnya akan ditempatkan kedalam surga, telah ditegaskan Allah Swt dalam Al-Qur’an surah….
a. Ibrahim: 7
b. Al-Mulk: 2
c. Al-Baqarah: 24
d. Al-Baqarah: 25
e. Ad-Dukhan: 38
 
5. Sebuah kerajaan di Yaman, yang dikisahkan Allah dalam Al–Qur’an Surah ke -34: 15 – 21, telah mendapat azab Allah Swt berupa bencana kekeringan yang akhirnya membawa kepada kebinasaan. Hal itu disebabkan kedurhakaan mereka keada Allah Swt dan rasul-Nya, bernama kerajaan…
a. Yamaniyah
b. Malikiyah
c. Samaniyah
d. Samawiyah
e. Sabaiyah

6. Allah berfirman : “ Peliharalah dirimu dan keluargamu dari neraka (bencana) “. Kalimat tersebut adalah terjemahan dari …
a. Qs. An-Nahl, 16:66
b. Qs. Ibrahim, 66:6
c. Qs. Al-Maidah, 5: 2
d. Qs. Yμnus, 10 : 101
e. Qs. At-Tahrim, 66:6

7. Berikut ini adalah kitab-kitabAllah yang sebelumnya Al-Qur’an yang harus kita imani, kecuali …
a. Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw
b. Taurat yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim as.
c. Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa as.
d. Sahifah-sahifah yang diturunkan kepada Nabi Musa as.
e. Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud as.

8. Berdasarkan isi surah Saba,34:28, Allah Swt mengutus Nabi Muhammad saw untuk …
a. menyampaikan ajaran ketauhidan kepada seluruh umat
b. menjadi suru tauladan bagi manusia
c. menjadi penutup para nabi dan rasul
d. menjadi rahmat seluruh alam
e. membawa kabar gembira dan memberi peringatan kepada seluruh umat manusia

9. Ayat yang berisi suruhan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi adalah …
a. Qs. Ar Rμm, 30 : 21
b. Qs. Al-’Asr, 103 : 1
c. Qs. Al-A’raf, 7: 92
d. Qs. Yμnus, 10 : 101
e. Qs. At-Tahrim, 66: 5

10. Muslim / muslimah yang menjalin hubungan baik dengan dirinya sendiri tentu akan bersikap dan berperilaku seperti berikut, kecuali …
a. senantiasa beriman dan beramal shaleh
b. memenuhi segala yang diinginkannya
c. menghilangkan kebodohan dan kemiskinan diri sendiri
d. tujuan hidupnya ingin mendapai rida Allah,bahagia dunia dan akhirat
e. memelihara kesehatan jasmani dan rohaninya

11. Jika yang berkarya itu seorang muslim/muslimah, maka cara menghargai hasil karyanya antara lain dengan memenuhi haknya sebagai muslim/muslimah seperti berikut, kecuali …
a. memenuhi undangannya
b. menjenguknya bila sakit
c. mengucapkan salam bila bertemu
d. memuaskan segala keinginnannya
e. mengantarkan jenazahnya, jika mati

12. Suruhan bekerja atau berkarya agar memperoleh kebahagiaan dunia – akhirat, tercantum dalam Al-Qur’an surah …
a. Al-Fatir: 33                    d. Ar-Rμm: 41
b. Al-Qa¡a¡: 77                    e. Al-Maidah: 2
c. Ar-Ra’du: 11

13. Berikut ini tujuan filosofis setiap pekerja Muslim/Muslimah dalam melaksanakan kerjanya, kecuali …
a. memuaskan keinginan orang yang dicintainya
b. memenuhi nafkah keluarga
c. memperoleh keridhaan Allah
d. memenuhi kepentingan amal sosial
e. memenuhi kebutuhan hidup

14. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) menjalin hubungan kasih sayang
(2) membuat senang orang yang hasil karyanya dihargai
(3) mencegah dikenainya bencana dunia dan akhirat
(4) mendorong orang yang hasil karyanya dihargai untuk lebih maju
(5) supaya masuk surga tanpa hisab
Dari pernyataan-pernyataan diatas yang termasuk ke dalam tujuan menghargai karya orang lain adalah …
a. 1,2 dan 3
b. 2,3 dan 4
c. 3,4 dan 5
d. 1,3 dan 4
e. 2,4 dan 5

15. Berikut ini yang tidak termasuk kandungan hadi£ Nabi Muhammad saw riwayat Muslim,tentang berkarya atau bekerja adalah …
a. suruhan agama untuk melakukan segala cara untuk memperoleh keberhasilan
b. larangan bersikap lemah dalam melaksanakan segala kegiatan
c. mukmin yang kuat lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah
d. suruhan untuk memohon pertolongan kepada Allah Swt
e. hendaknya berkemauan keras terhadap sesuatu yang bermanfaat

16. Makanan yang haram dimakan berdasarkan Qs. Al-Maidah, 5: 3, antara lain …
a. cacing                    d. anjing
b. bangkai                    e. tikus
c. ular

17. berikut ini dosa besar kepada Allah, kecuali …
a. bunuh diri
b. meningalkan salat fardu
c. kufur
d. nifak
e. syirik

18. Dalil naqli hukum potong tangan bagi pelaku pencurian, adalah …
a. Qs. Al-Maidah, 83                   d. Qs. An-Nisa, 38
b. Qs. Al-Maidah, 38                    e. Qs. At-Taubah, 6
c. Qs. An-Nisa, 83

19. Para perampok tergolong kelompok Hirrabah, karena telah …
a. dianggap melakukan kemurtadan
b. melanggar hak asasi manusia
c. menyatakan perang kepada Allah Swt
d. melakukan dosa besar
e. termasuk perbuatan munafik

20. Rasullullah saw bersabda “Innahu layisa bidawa‘i walakinahu da’u”, kandungan hadis tersebut adalah …
a. arak itu bukan obat tetapi penyakit
b. larangan memperjual belikan khamar
c. yang banyaknya haram, dan sedikitpun haram
d. arak itu bisa menjadi obat
e. segala yang memabukan itu adalah haram

21. Berikut ini adalah adab ziarah kubur, kecuali …
a. duduk-duduk di atas makam bukan keluarganya, sekedar pelepas lelah
b. mendoakan yang diziarahi agar memperoleh ampunan dosa dan rahmat Allah
c. mengucapkan salam kepada penghuni kubur
d. berniat ziarah kubur semata-mata karena allah
e. berpakaian sopan dan menutup aurat

22. Berikut ini termasuk perbuatan-perbuatan sunah pada waktu pemakaman, kecuali …
a. penguburan jenazah sebaiknya jangan disegerakan
b. meninggikan kubur sekadarnya
c. menyiram kubur dengan air
d. menandai kubur dengan batu atau kayu
e. menaruh kerikil diatas kubur

23. Dalam salat jenazah, selawat dibaca setelah takbir ke …
a. kelima                       d. kedua
b. keempat                    e. pertama
c. ketiga

24. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) Seorang muslimah tidak boleh menyalatkan jenazah laki – laki muslim
(2) Bila jenazahnya laki-laki, letak imam salat jenazah, sejajar dengan kepala jenazah
(3) Laki-laki muslim tidak boleh menyalatkan jenazah wanita muslimah
(4) Bila jenazah waniat letak imam salat jenazah sejajar dengan bagian tengah badan jenazah
(5) Salat jenazah gaib, harus menghadap dimana jenazah itu dimakamkan Dari pernyataan-pernyataan tadi diatas yang termasuk ke dalam ketentuan syara tentang salat jenazah adalah …
a. 1 dan 2                    d. 1,3 dan 5
b. 2 dan 4                    e. 3 dan 4
c. 2 dan 3

25. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) Yang salat jenazah harus orang Islam
(2) Merendahkan suara bacaan ketika salat
(3) Salat jenazah dilakukan setelah dimandikan
(4) Membaca surah setelah Al-Fatihah
(5) Letak jenazah di sebelah kiblat dari yang menyalatkan Dari pernyataan-pernyataan tadi diatas yang termasuk ke dalam syarat-syarat sah salat jenazah adalah …
a. 1,2 dan 3
b. 1,2 dan 4
c. 1,3 dan 5
d. 2,3 dan 4
e. 3,4 dan 5

26. Hukum berdakwah adalah …
a. Rukun
b. Syara
c. Wajib
d. Mubah
e. Sunah

27. Paman Nabi Muhammad saw menerima seruan Nabi saw untuk masuk Islam dan meninggal dunia dalam keadaan kafir, tetapi tetap bergaul baik dengan Nabi saw, bernama …
a. Abu Bakar
b. Abu Talib
c. Abu jahal
d. Abu Sufyan
e. Abu Lahab

28. Berikut ini syarat dua khotbah adalah …
a. Khatib hendaknya duduk diantara dua khotbah
b. Khatib hendaknya mengawali khotbah dengan salam
c. Khatib hendaknya berdiri diatas mimbar
d. Khotbah tidak terlalu panjang atau pendek
e. Membaca surah Al-Ikhlas, ketika duduk diantara dua khotbah

29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) Dakwah dimulai dari diri sendiri
(2) Da’i tidak boleh menerima pemberian dari siapapun orang yangmenerima dakwahnya
(3) Pola kebijakan dakwah yakni berdakwah harus sesuai dengan kemampuan akal objek dakwah
(4) Salah satu metode dalam berdakwah adalah metode “Al-hikmah’.
(5) Da’i harus laki-laki tidak boleh perempuan
Dari pernyataan-pernyataan tadi diatas yang termasuk ke dalam ketentuan-ketentuan syara’ tentang dakwah adalah …
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 5

30. Berikut ini manakah yang tidak termasuk ke dalam sunnah khotbah jumat …
a. Khatib mengawali khotbahnya dengan salam
b. Membaca salawat Nabi Muhammad saw
c. Khatib menghadap jamaah dalam khotbahnya
d. Membaca surah Al-F±tihah ketika duduk antara dua sujud
e. Khatib hendaknya berdiri diatas mimbar

B. Jawablah pertanyaan ini dengan tepat dan jelas ?
31. Jelaskan salah satu ayat Al-Qur’an yang menyatakan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan?
32. Sebutkan 3 contoh perbuatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan di muka bumi?
33. Apa hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah Swt ?
34. Sebutkan contoh perilaku yang menggambarkan ciri orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah?
35. Mengapa seorang muslim wajib menghargai karya orang lain?
36. Bagaimana cara menghargai karya orang lain?
37. Jelaskan perbedaan khutbah dan tablig?
38. Jelaskan rukun khutbah Jum’at?
39. Sebutkah salah satu tokoh muslim yang telah berperan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dalam Islam?
40. Jelaskan warisan ilmuwan muslim abad modern bagi bangsa Indonesia?

Bank Soal Agama Islam : Perkembangan Islam pada Abad Modern

 Pilih salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Siapa pendiri organisasi Muhammadiyah?
a. Muhammad Amin Rais
b. KH. Hasyim Asy’ari
c. KH. Ahmad Dahlan
d. HOS. Cokroaminoto
e. A. Hasan

2. Ilmuwan Iran yang dikenal sebagai creator Negara Islam Iran dan sekaligus dikenal sebagai seorang sosiolog, yaitu ...
a. Imam Khomaeni
b. Ahmadineejad
c. Ali Khatamie Rafsanjani
d. Ali Shariati
e. Alamah Thabathaba’i

3. Gerakan Wahabi banyak dianut oleh masyarakat Islam daerah ...
a. Irak
b. Iran
c. Arab Saudi
d. Pakistan
e. Malaysia

4. Tokoh yang terkenal sebagai penggagar pembaharuan Islam dengan menekankan nilai-nilai demokrasi dan rasional di Asia Tenggara, yaitu ...
a. Imam Khomaeni
b. Jamaludin Al-Afghani
c. Muhammad Abdul Wahab
d. Reza Pahlevi
e. Kemal At-Turki
 
5. Penulis buku Hayatu Muhammad yaitu ...
a. Haikal
b. Ali Shariati
c. Muhammad Abdul Wahab
d. Muhammad Abduh
e. Muhammad Ali Jinnah

6. KH. Hasyim Asy’Ari mendirikan organisasi keagamaan di Indonesia, dengan nama ...
a. Kebangkitan Ulama                d. Syarikat Islam
b. Nahdhatul Ulama                    e. Syarikat Dagang Islam
c. Persatuan Islam

7. Salah satu organisasi Islam perintis dan banyak bergerak dalam bidang ekonomi di Indonesia ...
a. Muhammadiyah d. Syarikat Islam
b. Nahdhatul Ulama e. Masyumi
c. Persatuan Islam

8. Musabaqoh Khat Indah Al-Qur’an (MKQ) mulai dilaksanakan pada MTQ Nasional XII tahun 1981, di ...
a. Jakarta                    d. Makasar
b. Bandung                    e. Banda Aceh
c. Surabaya

9. Gerakan pemurnian ajaran Islam yang dilakukan Muhammad bin Abdul
Wahab, oleh pengikutnya disebut gerakan ...
a. Al-Muwahidin                   d. Wahabiah
b. A-Muslimun                   e. Muhammadiyah
c. Al-Mukminun

10. Tokoh Islam abad 19 yang menginginkan kaum wanit mampu berdiri sejajar dan memiliki kemajuan dalam bidang pengetahuan dan berbagai  aspek kehidupan, yaitu ...
a. Al-Tahtowi                                    d. Muhammad Abduh
b. Jamaludin Al-Afghani                    e. Muhammad Iqbal
c. Sultan Mahmud II
 
Jawablah pertanyaan ini dengan singkat dan tepat!
11. Apa yang dimaksud dengan Perkembangan Islam periode modern?
12. Rinci ide-ide pembaharuan yang dikemukakan Jamaludin Al-Afghani?
13. Uraiankan latar belakang berdirinya organisasi Muhammadiyah di Indonesia?
14. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam pada masa modern?
15. Sebutkan perguruan tinggi tertua dan terkenal di negera Mesir?
16. Jelaskan pengaruh perkembangan Islam abad modern terhadap Islam Indonesia?
17. Apa yang dimaksud dengan bid’ah, khurafat dan takhayul?
18. Apa yang dimaksud dengan kaligrafi?
19. Uraian mengenai tokoh Muhammad Abduh?
20. Jelaskan hikmah dari perkembangan Islam abad modern?

Bank Soal Agama Islam : Perkembangan Islam pada Abad Pertengahan

 Ujj Kompetensi 

Pilih salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Kerajaan Ottoman atau Utsmani berdiri pada tahun ...
a. Tahun 1200 M                    d. Tahun 1500 M
b. Tahun 1300 M                    e. Tahun 1600 M
c. Tahun 1400 M

2. Gelar sultan pada zaman Usmani, merupakan symbol kekuasaan pada bidang ...
a. Ekonomi                             d. terkait masalah agama
b. Sosial -budaya                    e. urusan dunia pada umumanya
c. Pengembangan pendidikan rakyat

3. Shadrul ‘Azham pada masa pemerintahan Usmani merupakan jabatan sebagai
a. Presiden                     d. Amir Baitul Mal
b. Raja                           e. Komandan wilayah
c. Perdana menteri

4. Ilmuwan Muslim zaman Usmani yang merupakan ahli dalam bidang astronomi, yaitu ...
a. Mustafa Ali                    d. Arifi
b. Al-Biruni                       e. Imam Bukhari
c. Al-khawarizmi

5. Kerajaan Islam di India yaitu ...
a. Kerajaan Usmani                     d. Bani Umayan
b. Kerajaan Safawi                      e. Kerajaan Persia
c. Kerajaan Mogul

6. Pendiri kerajaan Mogul yaitu ...
a. Ibrahim Lodi                     d. Nadir Syah
b. Syah Jehan                        e. Akbar Khan
c. Zahirudian Muhammad Barbur

7. Ilmuwan muslim yang dikenal sebagai ahli filosof, guru kedua serta banyak melakukan kajian serta kritik terhadap karya-karya filosof Yunani, yaitu ...
a. Al-Farabi                        d. Baha’udin Al-Amili
b. Ibnu Rusyd                     e. Ibnu Sina
c. Mula Syadra

8. Salah satu keajaiban Dunia karya peradaban Islam daria kerajaan moghul yaitu ...
a. Revonasi Ka’bah                     d. Lembaga Pendidikan Tertua
b. Taj Mahal                                e. Sistem Politik Militer AKbar Khan
c. Perpustakaan di Cordoba

9. Mazhab agama yang dikembangkan dalam kerajaan Safawi, yaitu ...
a. Mazhab Hanafi                     d. Mazhab Syi’ah
b. Mazhab Maliki                     e. Mazhab Hanbali
c. Mazhab Syafi’I

10. Pengarang kitab Qonun Tibb, yaitu ...
a. Ibnu Rusyd                    d. Imam Bukhari
b. Ibnu Sina                     e. Bahaudin Al-‘Amili
c. Al-Farabi

Jawablah pertanyaan ini dengan singkat dan tepat?
11. Ceritakan secara singkat awal kebangkitan kerajaan Usmani?
12. Sebutkan penyebab kemunduran kerajaan Ottoman (Usmani)?
13. Sebutkan dua ilmuwan Islam yang terkenal dari masa kerajaan Usmani?
14. Apa yang disebut dengan arsitektur Islam sebagai salah satu bentuk peradaban Islam?
15. Siapa pendiri kerajaan Moghul?
16. Bagaimana kaitan antara Mongol dan Islam di daerah India?
17. Sebutkan 3 tokoh yang terlibat dalam mendirikan Negara Pakistan?
18. Jelaskan pengaruh perkembangan Islam abad pertengahan terhadap Indonesia?
19. Kemukakan wilayah yang dikuasai oleh kerajaan Moghul?
20. Jelaskan sejarah perubahan nama dari kerajaan Safawi menjadi Kerajaan
Republik Iran?

Soal Ujian Agama Islam SMA - SMP : Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

 Uji Kompetensi

 

Pilihlah salah satu jalaban yang merupakan alternatif jawaban yang tepat

1. Ayat yang menjelaskan tentang telah tampaknya kerusakan alam baik di darat maupun dilaut, dikemukakan dalam :
a. Qs. Ar-Rμm ayat 41                      d. Qs. As-Sad ayat 27
b. Qs.Ar-Rμm ayat 42                       e. Qs. Al-A’raf ayat 58
c. Qs. Al-A’raf ayat 57

2. Perintah untuk melakukan observasi ke berbagai daerah di muka bumi, dengan tujuan mendapatkan pengetahuan luas tentang kondisi permukaan bumi, di nyatakan dalam :
a. Qs. Ar-Rμm ayat 41                       d. Qs. As-Sad ayat 27
b. Qs.Ar-Rμm ayat 42                       e. Qs. Al-A’raf ayat 58
c. Qs. Al-A’raf ayat 57

3. Isi kandungan ayat 27 Surat Sad, yaitu mengenai :
a. Allah menciptakan langit dan bumi
b. Setiap makhluk hidup bermula dari air
c. Setiap ciptaan Allah tidak diciptakan dengan sia-sia
d. Setiap manusia wajib memanfaatkan ciptaan Allah
e. Kerusakan telah tampak di darat dan lautan

4. Kata “fasad” mengandung arti :
a. Kebencian                       d. Kehancuran
b. Kerusakan                       e. Kelestarian
c. Kelalaian

5. Huruf nun bertasydid, sperti pada kata merupakan contoh huruf:
a. Mad lin                                  d. Gunnah
b. Mad wajib muthasil              e. Ikhfa
c. Iklab

6. Manakah yang termasuk contoh kata yang mengandung alif lam syamsiah



7. Makna “batilan” dalam surat Sad ayat 27, mengandung makna :
a. Tidak syah                  d. Pelajaran
b. Sia-sia                         e. Ada manfaatnya
c. Pemborosan

8. Yang tidak termasuk dalam agenda pembangunan berkelanjutan
sebagaimana disepakati di Johanesberg, yaitu :
a. Mengurangi tingkat kemiskinan dan kelaparan yang parah
b. Mencapai pendidikan dasar secara menyeluruh
c. Memastikan keberlanjutan lingkungan hidup
d. Mengembangkan kemitraan global dalam pembangunan
e. Mengurangi emisi industri

9. Pertemuan internasional yang membahas masalah pemanasan global, dilaksanakan di daerah :
a. Indonesia                       d. Jepang
b. Inggeris                         e. Australia
c. Amerika Serikat

10. Pada saat membaca Al-Qur’an kemudian menemukan tanda, maka yang harus dilakukan adalah :
a. sebaiknya dilanjutkan                      d. harus berhenti
b. harus dilanjutkan                             e. dilarang berhenti
c. sebaiknya berhenti

Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
11. Apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup?
12. Tuliskan ayat yang mengandung isi bahwa kerusakan telah tampak di darat dan di laut?
13. Tuliskan kalimat “ Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah” dalam bahasa dan hurut arab!
14. Tuliskan dua kata yang mengandung mad liin!
15. Jelaskan 2 (dua) upaya untuk melestarikan lingkungan hidup!
16. Apa penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup di dunia?
17. Bagaimana cara melaksanakan pembangunan yang tidak menyebabkan kerusakan alam?
18. Jelaskan upaya membangun lingkungan hidup yang sehat di sekolah?
19. Apa inti kandungan ayat 27 dalam surah Shad!
20. Jelaskan makna kandungan ayat 56-59 surah al-Araf!


Qanaah dan Tasamuh

qanaah
• tasamuh
• toleransi
• syukur
• nikmat
• ikhtiar
• tawakal

3. Berperilaku Qanaah dalam Kehidupan
a. Senantiasa Bersyukur kepada Allah Swt.
b. Tidak Mudah Putus Asa
c. Menjaga Keimanan dan Ketakwaan

Hayya Na'mal
Amatilah kehidupan seseorang yang memiliki sifat qanaah. Pilihlah salah satu dari
mereka kemudian mintalah waktu untuk wawancara. Tanyakan kepadanya tentang hal-hal
berikut.
1. Apa yang mereka lakukan jika nikmat datang menyapa?
2. Bagaimana pula sikap yang ditunjukkan ketika sesuatu yang menimpa tidak sesuai
keinginan?
Perbincangkan hasil pengamatan dan wawancara kalian dengan ayah, ibu, atau
saudara. Tulis hasil perbincangan kalian dalam buku tugas kalian masing-masing. Serahkan kepada guru untuk dinilai.

 

B. Tasamuh


1. Pengertian dan contoh Perilaku Tasamuh


Perhatikan teman-teman sekelas kalian. Apakah dari kalian dan teman-teman kalian sama persis? Tentu tidak. Meskipun sama-sama duduk di bangku kelas IX, kalian dan teman-teman memiliki perbedaan, misalnya jenis rambut. Ada yang berambut keriting dan ada teman kalian yang berambut lurus. Ada yang berkulit putih dan ada yang berkulit sawo matang. Ada yang bermata sipit dan ada yang bermata belo.

Allah Swt. menciptakan manusia berbangsa-bangsa, bersuku-suku, menggunakan bahasa yang berbeda, dan beberapa perbedaan lainnya.

Bagaimana kita bersikap terhadap perbedaan yang ada? Allah Swt.

memerintahkan agar kita memiliki perilaku tasamuh. Tasamuh disebut juga toleransi. Toleransi yaitu sikap tenggang rasa, menghormati, dan menghargai orang lain dalam kehidupan bermasyarakat.

Perbedaan warna kulit, suku, bahasa, jenis rambut, dan berbagai perbedaan lainnya tidak menjadi penghambat untuk saling tolongmenolong. Jangan hanya karena perbedaan yang ada, kalian tidak mau mengulurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan serta merasa tidak membutuhkan orang lain. Manusia tidak akan mampu hidup sendiri.

Saling menolong dalam kebaikan harus tetap dijalankan meskipun berbeda suku, bahasa, warna kulit, dan berbagai perbedaan lainnya.

Saling menolong dilakukan dalam hal kebaikan. Menyangkut hal-hal yang tidak sejalan dengan syariat kita tidak diperintahkan untuk saling menolong. Perhatikan firman Allah Swt. berikut ini.

Amatilah kehidupan seseorang yang memiliki sifat qanaah. Pilihlah salah satu dari mereka kemudian mintalah waktu untuk wawancara. Tanyakan kepadanya tentang halhal berikut.
1. Apa yang mereka lakukan jika nikmat datang menyapa?
2. Bagaimana pula sikap yang ditunjukkan ketika sesuatu yang menimpa tidak sesuai keinginan?
Perbincangkan hasil pengamatan dan wawancara kalian dengan ayah, ibu, atau saudara. Tulis hasil perbincangan kalian dalam buku tugas kalian masing-masing. Serahkan kepada guru untuk dinilai.

. . . Wa ta‘a - wanu - ‘alal-birri wat-taqwa - wa la - ta‘a - wanu - ‘alal-is . mi wal- ‘udwa - ni wattaqulla - h(a), innalla - ha syadi - dul-‘iqa - b(i)

Artinya: . . . dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat berat siksa-Nya. (Q.S. al-Ma-’idah [5]: 2)

Contoh perilaku tasamuh dapat dilihat dalam uraian berikut ini.
Aminah dan Khalid teman sekelas. Aminah tinggal di perumahan yang terletak di sebelah desa tempat tinggal Khalid. Keluarga Aminah berasal dari Sumatra Utara, sedangkan keluarga Khalid bersuku Jawa. Aminah lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga yang cukup terpandang. Berbeda dengan Khalid yang ayahnya hanya seorang tukang becak dan ibunya seorang tukang cuci.
Aminah dan Khalid memiliki perbedaan. Akan tetapi, perbedaan tersebut dijadikan sebagai sarana untuk mempererat tali persahabatan.

Ketika keluarga Khalid tertimpa musibah, Aminah dan keluarganya membantu dengan ikhlas. Perbedaan yang ada pada Khalid dan Aminah dijadikan sebagai sarana untuk saling melengkapi. Ketika Aminah dan Khalid bertemu dengan seorang nenek yang menggunakan bahasa Jawa, Khalid membantu Aminah dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian, Aminah dapat memahami maksud yang dikatakan sang nenek.

Perilaku yang ditunjukkan Aminah dan Khalid merupakan perilaku tasamuh. Mereka tidak menganggap perbedaan yang ada dan menjadikan perbedaan tersebut sebagai pelengkap. Aminah dan Kalid tidak menjadikan perbedaan yang ada pada mereka sebagai jurang pemisah.

2. Pentingnya Berperilaku Tasamuh dalam Kehidupan


Perbedaan yang ada di antara manusia bukan sarana atau alat untuk dipertentangkan. Akan tetapi, perbedaan yang ada harus dijadikan sebagai sarana untuk saling melengkapi dan memperkuat tali persaudaraan. Perhatikan firman Allah Swt. berikut ini.

Ya - ayyuhan-na - su inna khalaqna - kum min z . akariw wa uns . a - wa ja‘alna - kum syu‘u - baw wa qaba - ’ila lita‘a - rafu - , inna akramakum ‘indalla - hi atqa - kum innalla - ha ‘ali - mun khabi - r(un).

Artinya: Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti. (Q.S. al-H.ujura - t [49]: 13)

Perbedaan yang ada merupakan suatu hal yang wajar.

Allah Swt. telah menjelaskan dalam Al-Qur’an bahwa Dia menciptakan manusia berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Selain itu, Allah juga menjadikan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar manusia saling mengenal satu sama lain.

Dari perbedaan yang ada kita ditantang untuk mengesampingkan perbedaan dan menjadikan perbedaan tersebut sebagai sarana untuk menjalin persaudaraan yang erat.

Allah Swt. melarang hamba-Nya bercerai-berai. Jika direnungkan lebih dalam, pertentangan dan permusuhan yang ada hanya mendatangkan kesengsaraan. Kecurigaan terhadap pihak lain hanya mendatangkan ketidaktenteraman. Hapus dan hilangkanlah rasa curiga yang ada dan gantilah dengan sifat h. usnuz. z. an agar tidak timbul permusuhan.

Permusuhan dan pertentangan akan menyebabkan hidup tidak nyaman serta tidak tenteram.

Perbedaan akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada dua orang yang memiliki sifat yang sama persis. Oleh karena itu, sifat tasamuh harus dimiliki oleh setiap pribadi.

3. Berperilaku Tasamuh dalam Kehidupan


Perbedaan yang ada hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk saling melengkapi. Kemampuan Khalid berbahasa Jawa melengkapi kekurangan yang dimiliki Aminah. Perbedaan pendapat dan pandangan juga harus dijadikan sebagai sarana untuk memperat tali persaudaraan. Jangan jadikan perbedaan yang ada sebagai jurang pemisah.

Perbedaan hendaknya dijadikan sebagai sarana mempererat persaudaraan.

Perilaku tasamuh hendaknya diterapkan dalam kehidupan seharihari agar keharmonisan tercipta. Bagaimana caranya? Berikut ini cara menerapkan perilaku tasamuh dalam keseharian.

a. Perilaku Tasamuh dalam Keluarga


Perilaku tasamuh yang dimiliki oleh anggota keluarga akan menciptakan suasana harmonis antaranggota keluarga tersebut. Ayah dan ibu hendaknya mengajarkan perilaku tasamuh kepada anakanaknya atau anggota keluarga yang lain. Cara berperilaku tasamuh terhadap anggota keluarga maupun masyarakat diajarkan dalam keluarga. Jika perilaku tasamuh telah tertanam dalam hati tiap-tiap anggota keluarga, keharmonisan dan ketenteraman akan dirasakan. Perilaku tasamuh juga diperlukan dalam sebuah keluarga.

Misalnya ada salah satu anggota keluarga yang sakit. Anggota keluarga yang lain harus bersikap tasamuh dengan tidak menimbulkan kegaduhan. Ketenangan harus tetap dijaga agar anggota keluarga yang sakit dapat beristirahat dengan tenang.

b. Perilaku Tasamuh dalam Kehidupan Bermasyarakat


Perilaku tasamuh diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Jika seluruh anggota masyarakat telah memiliki perilaku tasamuh, ketenteraman dan keharmonisan masyarakat akan tercipta.

Terapkan prinsip hormatilah orang lain jika kalian ingin dihormati. Menghormati dan menghargai orang lain merupakan perwujudan perilaku tasamuh dalam kehidupan bermasyarakat.

Menghormati dan menghargai harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jika ada tetangga yang sedang berduka, jangan membuat kegaduhan atau membunyikan tape dengan kencang. Hormati dan hargailah hak orang lain agar kerukunan dan kedamaian tercipta.

c. Perilaku Tasamuh dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Perilaku tasamuh diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu timbul perbedaan, baik itu perbedaan pendapat maupun pandangan. Selain itu, negara Indonesia terdiri atas berbagai suku, bahasa, warna kulit, dan beberapa perbedaan lainnya. Perbedaan tersebut hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk saling melengkapi. Jangan jadikan perbedaan yang ada sebagai jurang pemisah.

Bayangkan jika sebuah negara terdiri atas penduduk yang tidak memiliki perilaku tasamuh. Pertengkaran dan permusuhan akan terjadi tiap jam, bahkan tiap detik. Jika keadaan yang demikian terjadi, ketenteraman akan menjauh dari kehidupan. Keharmonisan menjadi sesuatu yang langka. Oleh karena itu, terapkan perilaku tasamuh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perilaku tasamuh merupakan jawaban atau cara menghadapi perbedaan yang ada. Kita diperintahkan untuk bertoleransi dengan sesama. Akan tetapi, Islam juga memberi rambu-rambu bahwa toleransi tidak berlaku dalam masalah akidah. Jika sudah menyangkut masalah akidah, umat Islam dilarang atau tidak boleh bertoleransi.

Perhatikan firman Allah berikut ini.

Qul ya ayyuhal-ka - firu - n(a). La - a‘budu ma - ta‘budu - n(a). Wa la - antum ‘a - bidu - na ma - a‘bud(u). Wa la - ana ‘a - bidum ma - ‘abadtum. Wa la - antum ‘a - bidu - na ma - a‘bud(u). Lakum di - nukum wa liya di - n(i).

Artinya: Katakanlah (Muhammad), ”Wahai orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.” (Q.S. al-Ka - firu-n [109]: 1–6)

Toleransi dengan pemeluk agama lain dibatasi dalam hal muamalah, yaitu dalam batas hubungan kemanusiaan dan tolong-menolong.

Misalnya gotong royong, menengok orang sakit, membangun jalan, membangun jembatan, dan berbagai hal yang menyangkut bidang muamalah. Jika sudah menyangkut bidang akidah atau ibadah, umat Islam dilarang bertoleransi.

I'lam
Perilaku tasamuh sangat penting diterapkan dalam kehidupan agar tercipta kehidupan yang harmonis. Agar perilaku tasamuh dapat kalian miliki, perhatikan hal-hal berikut.
a. Mengakui hak setiap orang. Sikap ini harus diterapkan dalam setiap pergaulan. Mengakui hak setiap orang dapat menjaga agar pertentangan tidak terjadi. Sikap ini dapat diterapkan dengan cara tidak memaksakan pendapat atau menganggap pendapat sendiri yang paling benar.
b. Saling mengerti. Saling mengerti perbedaan yang ada akan menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai.
c. Menghormati dan menghargai perbedaan. Perbedaan akan selalu ada dan ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perbedaan yang ada harus dihormati dan dihargai agar tidak timbul perpecahan. Jika perbedaan yang ada tidak disikapi dengan perilaku tasamuh, akan terjadi kekacauan dan pertentangan.
d. Kesadaran dan kejujuran. Kesadaran tentang adanya perbedaan dan kejujuran dapat menimbulkan ketenteraman dan ketenangan.

Perilaku tasamuh dan qanaah memiliki banyak manfaat dan sangat berguna jika diterapkan dalam kehidupan. Agar kalian dapat membiasakan perilaku tasamuh dan qanaah dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan membuat catatan. Catatan yang kalian buat dapat berbentuk tabel seperti contoh berikut.

No. Hari/Tanggal Aktivitas Peristiwa Tindakan yang Dilakukan

1. . . . . Qanaah . . . . . . . . 2. . . . . Tasamuh . . . . . . . . 3. . . . . . . . . . . . . . . . . 4. . . . . . . . . . . . . . . . . 5. . . . . . . . . . . . . . . . .

Tabel yang kalian buat akan mengingatkan dan memberi bukti terhadap pembiasaan perilaku tasamuh dan qanaah. Mintalah tanda tangan orang tua kalian sebelum dikumpulkan kepada guru untuk diperiksa.

Amali
Setelah mempelajari perilaku terpuji qanaah dan tasamuh, mari kita biasakan hal-hal berikut.
1. Bersyukur atas nikmat dan karunia Allah Swt.
2. Bertawakal kepada Allah Swt. setelah berusaha dengan sungguh-sungguh.
3. Tidak bersikap pasrah buta terhadap ketentuan Allah Swt.
4. Berh. usnuz. z. an terhadap ketentuan Allah Swt.
5. Tidak mudah putus asa.
6. Menghargai perbedaan yang ada dalam kehidupan.
7. Menjadikan perbedaan sebagai bahan perekat silaturahmi.
8. Bertoleransi dengan pemeluk agama lain dalam bidang muamalah.
9. Tidak bertoleransi dalam bidang akidah dan ibadah.

Ikhtisar Qanaah dan Tasamuh

1. Qanaah dapat diartikan sebagai sikap rida menerima segala nikmat yang telah dikaruniakan Allah Swt.
2. Manfaat qanaah bagi kehidupan pribadi sebagai berikut.
a. Jiwa akan tetap tenteram.
b. Terhindar dari sifat tamak dan dengki.
c. Terhindar dari kekhawatiran dan keresahan.
d. Hidup lebih tenang.
e. Merasa puas atas nikmat yang dikaruniakan Allah Swt.
f. Sabar dalam menerima cobaan yang datang.
3. Manfaat sifat qanaah bagi masyarakat meliputi hal-hal berikut.
a. Terjalin hubungan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat.
b. Terhindar dari sifat suka menyakiti dan memfitnah.
c. Terhindar dari sifat iri dan dengki.
d. Tercipta masyarakat yang senantiasa jujur satu sama lain.
4. Tasamuh disebut juga toleransi. Toleransi yaitu sikap tenggang rasa, menghormati, dan menghargai orang lain dalam kehidupan bermasyarakat.
5. Islam menganjurkan umatnya bertoleransi dengan pemeluk agama lain dalam bidang muamalah, yaitu hal-hal yang menyangkut kemanusiaan dan tolong-menolong.

Muhasabah
Qanaah merupakan perilaku terpuji yang semestinya dimiliki oleh setiap muslim. Rasa syukur atas karunia Allah Swt. dan bersabar serta berusaha mencari jalan keluar merupakan wujud perilaku qanaah dalam kehidupan. Selain qanaah, setiap muslim hendaknya memiliki perilaku tasamuh. Perilaku tasamuh mutlak diperlukan dalam kehidupan yang penuh dengan keragaman dan perbedaan. Perilaku qanaah dan tasamuh menyebabkan hidup terasa indah dan tenteram.


Jawablah dengan tepat!
1. Apa pengertian qanaah?
2. Sebutkan manfaat qanaah bagi diri pribadi!
3. Apakah qanaah berarti sikap pasrah buta?
4. Sebutkan manfaat qanaah bagi masyarakat!
5. Bagaimana cara membiasakan perilaku qanaah dalam kehidupan sehari-hari?
6. Bolehkah bertoleransi dalam bidang akidah? Jelaskan!
7. Jelaskan hal-hal yang dapat dilakukan agar seseorang memiliki perilaku tasamuh!
8. Jelaskan cara bertoleransi antarumat beragama!
9. Apa pentingnya berperilaku tasamuh dalam keseharian?
10. Apa kandungan bertoleransi antarumat beragama?

Sejarah tradisi Islam di Nusantara

A. Seni Budaya Lokal sebagai Bagian dari Tradisi Islam

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang proses masuknya Islam ke Indonesia. Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia bukan sebuah proses yang sekali jadi. Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia memerlukan tahap berliku dan waktu yang lama. Jalan berliku, rumit, dan panjang harus dilalui hingga akhirnya Islam dapat berkembang dengan pesat di Nusantara. Islam di Indonesia dalam proses perkembangaannya dapat berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya, kehidupan ekonomi, ilmu pengetahuan, hukum, dan berbagai aspek lainnya.

Interaksi Islam dengan masyarakat melahirkan kebudayaan dan tradisitradisi yang bernapaskan Islam. Kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia. Kebudayaan memiliki arti yang luas bukan hanya terpaku pada bidang seni, tetapi berbagai aspek kehidupan. Kebudayaan lokal dapat diartikan dengan kebudayaan yang bersifat lokal dan berkembang di berbagai tempat dalam wilayah Nusantara. Oleh karena bersifat lokal, kebudayaan tersebut memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Luasnya wilayah Nusantara menyebabkan budaya lokal yang berkembang di berbagai daerah sangat beragam.

Budaya lokal yang ada di berbagai daerah Nusantara dalam perjalanannya akan bersentuhan dengan unsur-unsur luar. Misalnya kebudayaan animisme, dinamisme, Hindu, Buddha, dan Islam. Unsur dari luar tersebut memberikan warna dan sentuhan-sentuhan pada budaya lokal. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebelum agama Islam masuk, penduduk Nusantara mempercayai animisme dan dinamisme. Mereka menyembah pohon-pohon besar, roh nenek moyang, benda-benda tertentu yang dianggap keramat, dan beberapa benda lain. Kebiasaan tersebut semakin kental dengan masuknya agama Hindu dan Buddha ke tanah air.

Masuknya Islam ke Nusantara menyebabkan kepercayaan animisme dan dinamisme lambat laun memudar. Kebiasaan-kebiasaan tersebut mulai sirna dengan masuknya Islam yang mengajarkan bahwa hanya Allah Swt. yang berhak untuk disembah. Seiring dengan memudarnya kebiasaan-kebiasaan tersebut, Islam yang telah dipeluk oleh penduduk berinteraksi dengan kebudayaan yang menghasilkan kebudayaan Islam. Dengan demikian, kebudayaan Islam merupakan kebudayaan yang bernapaskan atau memuat nilai-nilai ajaran Islam.

Aspek kebudayaan telah banyak terpengaruh oleh masuknya Islam ke Indonesia. Salah satunya adalah bidang seni. Sentuhan budaya lokal dengan Islam telah melahirkan bentuk seni baru yang memiliki kekhasan. Beberapa seni budaya lokal yang telah ada sebelum masuknya Islam mendapat pengaruh Islam. Seni baru tersebut selain berfungsi sebagai ekspresi keagamaan juga sebagai ekspresi budaya.

Ada banyak seni budaya lokal yang mendapatkan banyak pengaruh dari Islam. Salah satu buktinya adalah gamelan di Jawa yang bunyinya berbeda dengan gamelan di Bali. Gamelan Jawa terdengar lebih pelan dan lembut. Hal ini disebabkan oleh pengaruh Islam. Para wali yang menyebarkan Islam di Jawa mengakomodasi budaya lokal dengan sentuhan-sentuhan Islam. Gamelan di Bali dipergunakan sebagai iringan untuk persembahan kepada dewa sehingga irama dan alunannya terdengar lebih cepat. Gamelan Jawa terdengar lebih lembut dan pelan sehingga pendengarnya dapat bertafakur, berzikir, dan merenungi kekuasaan Allah Swt.

Bukti lain budaya lokal yang telah tersentuh oleh Islam adalah seni arsitektur. Bangunan masjid menjadi bukti akulturasi budaya lokal dengan Islam. Arsitektur masjid agung Demak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dengan model bangunan Majapahit. Model tersebut berpadu dengan bentuk rumah tradisional Jawa. Kemiripan arsitektur masjid Demak dengan model bangunan Majapahit dapat dilihat dari bentuk atapnya. Masjid Demak tidak memiliki kubah yang merupakan ciri tempat ibadah umat Islam. Bentuk atapnya mengadopsi bentuk bangunan peribadatan agama Hindu. Hal ini merupakan upaya untuk membumikan masjid sebagai pusat penyebaran agama Islam di tengah masyarakat Hindu. Masjid Sunan Ampel di Jawa Timur berarsitektur Jawa Kuno dengan nuansa Arab yang kental. Masjid agung Banten memiliki atap susun lima mirip dengan pagoda di Cina.

Sentuhan Islam terhadap seni arsitektur juga dapat dilihat pada istana. Istana Pagaruyung, Istana Sultan Deli, Istana Kesultanan Ternate, dan Keraton Yogyakarta merupakan contoh perpaduan budaya lokal dengan Islam. Seni rupa tidak luput dari sentuhan Islam. Contohnya adalah seni ukir. Ukiran yang ada di keraton atau masjid merupakan perpaduan budaya lokal dengan Islam. Ukiran yang ada di keraton atau masjid ada yang menggabungkan budaya lokal dengan seni kaligrafi. Kaligrafi adalah seni menulis indah berbentuk huruf Arab. Ukiran tersebut ada juga yang berbentuk simbol dan mengandung pesan ajaran Islam.

Sentuhan Islam juga dapat dilihat pada seni pertunjukan. Kalian pasti mengetahui pertunjukan wayang, bukan? Pada pertunjukan wayang dapat ditemukan sentuhan Islam di dalamnya. Wayang pada awalnya adalah peninggalan Hindu. Para wali memasukkan unsur-unsur Islam ke dalamnya. Dalam alur cerita dikenalkan dengan jimat ”Kalimasada”. Kalimasada sesungguhnya adalah kalimat syahadat, kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Swt. dan Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Pertunjukan wayang menjadi sarana penyebaran agama Islam.

Seni tradisi Genjring di Banyumas dan sekitarnya merupakan contoh lain kesenian Islam. Kesenian tradisi ini lebih banyak berbasis di masjid. Dalam seni tradisi Islam ini, syiiran salawat dilantunkan dengan diiringi rebana tanpa tarian. Kesenian ini menggunakan dasar kitab al-Barzanji. Pada saat ini Genjring dimanfaatkan untuk mengarak khitanan.

Salawat rodat merupakan contoh lain kesenian Islam yang berasal dari Yogyakarta. Kesenian salawat rodat berkembang seiring dengan peringatan maulid Nabi Muhammad saw.

Kesenian salawat rodat menggunakan syair yang ada dalam kitab al- Barzanji. Ciri khas kesenian ini adalah tarian mengiringi syair yang dilagukan dengan iringan musik rebana dinyanyikan secara bersama-sama.

Tarian inilah yang disebut ”rodat”. Tarian rodat ditarikan sambil duduk. Hampir sama dengan salawat rodat, salawat maulud merupakan tradisi pembacaan salawat pada peringatan maulid Nabi Muhammad saw. Dalam perkembangannya, salawat maulud menjadi kesenian yang dibacakan dalam acara khitanan, akikah, maupun acara rutin yang diadakan oleh masyarakat. Tari Angguk merupakan jenis tarian yang bernafaskan Islam. Tari Angguk dibawa oleh para mubalig penyebar agama Islam yang datang dari wilayah Mataram, Bagelen. Disebut Angguk sebab penarinya sering memainkan gerakan mengangguk-anggukkan kepala. Kesenian Angguk yang bercorak Islam ini mulanya berfungsi sebagai salah satu alat untuk menyiarkan agama Islam. Syair lagu-lagu tari Angguk diambil dari kitab al-Barzanji.

Tari Seudati adalah nama tarian yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Seudati berasal dari kata syahadat, yang berarti bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah. Tarian ini juga termasuk kategori tribal war dance atau tari perang, yang syairnya berusaha membangkitkan semangat pemuda Aceh untuk bangkit dan melawan penjajahan. Oleh karena itu, tarian ini sempat dilarang pada zaman penjajahan Belanda. Akan tetapi, sekarang tarian ini diperbolehkan kembali dan menjadi kesenian nasional Indonesia.



B. Tradisi dan Upacara Adat Kesukuan Nusantara

Upacara adat yang telah dijalankan oleh masyarakat di Nusantara banyak yang terpengaruh oleh kebudayaan lama. Sebelum kedatangan Islam penduduk Nusantara memeluk kepercayaan animisme atau dinamisme. Macam-macam upacara adat yang telah berlangsung lama di tengah masyarakat sangat beragam. Ada upacara daur ulang kehidupan seperti upacara kelahiran, usia dewasa, pernikahan, dan kematian. Ada juga upacara yang dilaksanakan ketika hendak menanam tanaman, membangun rumah, dan berbagai hajatan lainnya. Tujuan melaksanakan upacara tersebut hampir sama, yaitu memohon perlindungan dan keselamatan kepada para dewa. Hal tersebut tentu bertentangan dengan ajaran Islam yang mengajarkan bahwa hanya Allah Swt. Tuhan yang harus kita sembah.

Setelah Islam masuk ke Nusantara dan dianut oleh masyarakat, telah mengubah kepercayaan lama. Akan tetapi, tidak semua upacara lama tersebut ditinggalkan. Ada upacara yang diubah orientasinya, tidak memohon kepada dewa, tetapi memohon kepada Allah Swt. Perubahan orientasi ini ditunjukkan dengan pembacaan doa sesuai dengan agama Islam. Berkaitan dengan peralatan upacara yang dipergunakan, ada yang tetap dipertahankan dan ada pula yang dihilangkan.

Di antara upacara adat yang mendapat pengaruh Islam adalah upacaraupacara yang dilaksanakan untuk memperingati hari besar Islam. Upacara memperingati maulid Nabi Muhammad dilaksanakan secara berbeda-beda di berbagai daerah. Di Yogyakarta dan Surakarta upacara menyambut peringatan maulid Nabi Muhammad saw. disebut sekaten. Sekaten berasal dari kata syahadatain (dua kalimat syahadat). Upacara Sekaten pada masa para wali dijadikan sebagai sarana menyebarkan ajaran Islam. Puncak upacara Sekaten adalah Grebeg Maulud. Upacara Sekaten masih berlangsung hingga sekarang.

Di Bima, Nusa Tenggara Barat terdapat upacara untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Upacara yang disebut dengan Hanta Ua Pua ini dilaksanakan pada tanggal 12 Rabiul Awal. Selain memperingati maulid Nabi Muhammad, upacara ini dimaksudkan untuk memperingati masuknya Islam ke Bima, Nusa Tenggara Barat. Upacara ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat.

Di Cirebon terdapat upacara untuk memperingati maulid Nabi Muhammad yang disebut Panjang Jimat. Tradisi Muludan itu terdapat di Keraton Kasepuhan, Keraton Kesultanan Kanoman, dan Keraton Kacirebonan. Panjang Jimat terdiri atas dua kata, yaitu Panjang dan Jimat. Panjang berarti terus-menerus tanpa terputus. Jimat merupakan akronim dari bahasa Jawa, yaitu siji kang dirumat atau satu yang dipelihara. Jimat yang dimaksud adalah syahadatain. Umat Islam harus berpegang pada syahadatain secara terus-menerus tanpa terputus. Di Klaten, Jawa Tengah, pada bulan Safar diadakan upacara Ya Qawiyu. Upacara ini oleh penduduk setempat disebut dengan Saparan. Upacara Ya Qowiyu ditandai dengan penyebaran kue apem. Kue apem merupakan kue berbentuk bundar yang terbuat dari tepung beras dengan potongan kelapa di tengahnya. Kue apem disebarkan dari menara. Konon apem berasal dari kata afwun yang berarti Allah Swt. Maha Pemaaf. Upacara Ya Qawiyu masih dilaksanakan hingga saat ini

Di Sumatra terdapat upacara Hoyak Tabuik (Tabut). Upacara ini dilaksanakan satu tahun sekali pada setiap tanggal 10 Muharam. Upacara ini berhubungan dengan sejarah kepahlawanan Husain bin Abi Talib, cucu Nabi Muhammad saw. Husain bin Ali bin Abi Talib wafat di Padang Karbala pada tahun 61 H. Di dalam upacara ini terkandung unsur agama, sejarah, dan kesenian.

Upacara Hoyak Tabuik atau mengarak usungan (tabut) yang dilambangkan sebagai keranda jenazah Imam Husain yang gugur di Padang Karbala yang dilaksanakan masyarakat. Di Padang Pariaman, Sumatra Barat dan masyarakat Bengkulu upacara Tabut dimulai dari hari pertama bulan Muharam hingga kesepuluh memiliki kemiripan dengan yang dilakukan masyarakat Syi’ah di berbagai negara. Bahkan, istilah-istilah yang digunakan pun sama, seperti matam dan panja.

Di Minangkabau terdapat upacara Kekah (akikah). Akikah merupakan syariat agama Islam. Upacara Kekah dimaksudkan sebagai upacara syukuran atas titipan Allah Swt. berupa anak kepada kedua orang tuanya. Waktu pelaksanaannya bermacam-macam. Upacara dilaksanakan di rumah ibu si anak atau bakonya. Acara dimulai dengan pembukaan. Selanjutnya, seekor kambing disembelih, dibersihkan, dan dimasak. Acara dilanjutkan dengan doa kemudian makan bersama.

Upacara Tamaik Kaji (khatam Al-Qur’an) terdapat di Minangkabau. Upacara ini dilaksanakan jika seorang anak yang telah mengaji di surau sebelumnya tamat membaca Al-Qur’an. Acara diadakan di rumah ibu si anak, surau, atau masjid tempat anak itu mengaji. Anak yang sudah khatam Al- Qur’an disuruh membaca Al-Qur’an di hadapan seluruh orang yang hadir, dilanjutkan dengan makan bersama. Acara ini biasa pula dilakukan beramairamai. Upacara-upacara yang disebutkan di depan hanya sebagian kecil dari upacara yang ada di Nusantara. Tiap-tiap daerah memiliki upacara dengan ciri khas daerah tersebut. Sebagai generasi penerus, bagaimana kita bersikap terhadap upacara dan budaya lokal? Dalam menyikapinya kita harus berhatihati. Ada upacara yang dianggap tidak sesuai dengan syariat Islam. Akan tetapi, setelah ditelusuri ternyata upacara tersebut pada awalnya dipergunakan oleh pendahulu untuk menyebarkan agama Islam.

Membuka diri dengan budaya lokal dan menerima akulturasi budaya menjadi salah satu penyebab Islam mudah diterima. Seni dan budaya merupakan sarana yang dipergunakan oleh para pendahulu untuk menyebarkan Islam. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk melestarikan seni dan budaya yang pada awalnya dipergunakan untuk menyebarkan Islam. Jika upacara tersebut telah melenceng dari ajaran Islam, kita harus meluruskannya kembali.

I'lam
Salah satu barang yang dijual pada perayaan Sekaten adalah kinang atau kapur sirih. Barang ini mengandung lima unsur yang melambangkan lima rukun Islam, seperti berikut.
1. Daun sirih melambangkan dua kalimat syahadat (syahadatain). Sisi bagian atas dan bawah daun sirih berbeda warnanya, tetapi jika dikunyah memiliki rasa yang sama. Hal ini memiliki makna bahwa mengucapkan kalimat syahadat harus dibaca lengkap, tidak boleh hanya syahadat tauhid atau syahadat rasul.
2. Injet (gamping atau kapur). Barang ini berwarna putih, melambangkan salat fardu untuk mendapatkan kesucian, sebagaimana warna putih yang bersih.
3. Gambir. Barang ini memiliki rasa yang sangat pahit. Sedikit saja sudah cukup, melambangkan zakat yang oleh sebagian orang (terutama yang bersifat kikir/pelit) dirasa ’pahit’ sebab harus mengeluarkan sebagian harta untuk orang lain.
4. Susur (tembakau). Barang ini tidak boleh dimakan. Tembakau melambangkan ibadah puasa (tidak boleh makan dan minum).
5. Jambe (buah pinang). Untuk mendapatkan buah pinang ini sangat sulit sebab harus memanjat pohon pinang yang terkenal licin. Hal ini melambangkan ibadah haji yang memerlukan perjuangan yang keras dan sulit.

Amali
Setelah kalian mempelajari sejarah tradisi Islam di Nusantara, perlu membiasakan hal-hal sebagai berikut.
1. Mempelajari secara mendalam tentang sejarah Islam di Indonesia.
2. Mempelajari ajaran agama dan mengamalkannya setiap hari.
3. Menyampaikan dakwah Islam kepada orang lain secara lemah lembut.
4. Memberi penjelasan kepada umat lain bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi perdamaian.
5. Meluruskan kepada masyarakat terhadap kegiatan keagamaan yang melanggar dari syariat.
6. Melestarikan kegiatan keagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai syariat Islam.
7. Menghargai pendapat dari golongan atau mazhab sesama muslim.
8. Menjadikan agama Islam sebagai pemersatu dan pendukung kemajuan bangsa.

Ikhtisar Sejarah tradisi Islam di Nusantara

1. Islam di Indonesia dapat berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya, kehidupan ekonomi, ilmu pengetahuan, dan hukum. Interaksi Islam dengan masyarakat melahirkan kebudayaan dan tradisi-tradisi yang bernapaskan Islam.
2. Masuknya Islam ke Nusantara menyebabkan kepercayaan sebelumnya, yaitu animisme dan dinamisme mulai memudar.
3. Kebudayaan masyarakat banyak yang terpengaruh oleh masuknya Islam ke Indonesia, misalnya bidang seni. Sentuhan budaya lokal dengan Islam telah melahirkan bentuk seni baru yang memiliki kekhasan.
4. Upacara adat yang telah dijalankan oleh masyarakat di Nusantara banyak yang terpengaruh oleh kebudayaan lama.
5. Di antara upacara adat yang mendapat pengaruh Islam adalah upacara-upacara yang dilaksanakan untuk memperingati hari besar Islam.


Muhasabah
Islam sejak masuk di Indonesia dapat berinteraksi dengan kebudayaan yang telah dianut oleh penduduk asli. Kehadiran Islam tidak menyebabkan gejolak di tengah masyarakat karena harus meninggalakan kebudayaan yang telah ada. Islam pun semakin mudah diterima masyarakat. Misalnya dalam bidang seni, banyak kesenian yang telah ada sebelumnya kemudian dipadukan dengan nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini yang menyebabkan lahirnya kesenian baru yang memiliki corak islami atau dikenal dengan kesenian Islam. Selain bidang seni, Islam yang berkembang di Indonesia juga dapat berinteraksi dengan bidang-bidang lainnya.


Bank Soal Agama Islam : Menghargai Hasil Karya Orang Lain

 Uji Kompetensi

 

Pilih salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Suruhan bekerja atau berkarya agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akherat, tercantum dalam Al-Qur’an Surah ...
a. Al-Qa¡a¡ : 77                            d. Al-Hujurat : 11
b. Ar-Ra’du : 11                           e. Al-Jumu’ah : 9-10
c. Al-Hujurat : 9

2. Allah Swt memerintahkan kaum muslim untuk segera melakukan aktivitas yang produktif selepas melaksanakan ibadah wajib. Hal ini ditemukan dalam Al-Qur’an surah ...
a. Al-Qa¡a¡ : 77                          d. Al-Hujur±t : 11
b. Ar-Radu : 11                         e. Al-Jumu’ah : 9-10
c. Al-Hujurat : 9

3. Seorang muslim di larang memperolok-olok orang lain, tercantum dalam Surah ...
a. Al-Qa¡a¡ : 77                         d. Al-Hujurat : 11
b. Ar-Radu : 11                         e. Al-Jumu’ah : 9-10
c. Al-Hujurat : 9

4. Pada Al-Qur’an surah Al-Hujμr±t ayat 11, tercantum pesan tentang ...
a. Pentingnya menyeimbangkan kegiatan duniawi dan kaherat
b. Setelah melaksanakan ibadah harus segera untuk mencari nafkah
c. Menghargai karya orang lain
d. Memanfaatkan waktu untuk ibadah
e. Meningkatkan kualitas karya

5. Berikut ini merupakan salah satu tujuan utama seorang muslim dalam melaksanakan sebuah tugas atau pekerjaan, kecuali ...
a. memperoleh keridoan Allah
b. memenuhi kebutuhan hidup
c. memenuhi nafkah keluarga
d. memenuhi kepentingan amal sosial
e. memuaskan keinginan orang yang dicintai
 
6. Jika yang berkarya itu seorang muslim/muslimat, cara menghargai hasil karyanya antara lain dengan memenuhi haknya sebagai muslim/muslimat seperti berikut ini, kecuali ...
a. mengucapkan salam bila bertemu
b. menjenguknya ketika sakit
c. memuaskan segala keinginannya
d. mengantarkan jenazahnya jika mati
e. memenuhi undangannya.

7. Tindakan dibawah ini, yang tidak termasuk menghargai karya orang lain, yaitu ...
a. memberikan apresiasi seni
b. membayar harga karya sesuai dengan kesepakatan
c. membajak kaset atau VCD
d. mengadakan konser tunggal
e. membukukan dan mempublikasikannya kepada masyarakat

8. Di bawah ini termasuk dalam tujuan menghargai karya orang lain, kecuali ...
a. menjalin hubungan tali kasih sayang
b. mendorong orang untuk lebih maju
c. membuat orang senang
d. menghindarkan diri dari bencana alam
e. menghindari permusuhan

9. Pernyataan bahwa “hasil karya orang berilmu dan orang yang tidak berilmu adalah berbeda”, diungkapkan dalam ...
a. firman Allah                          d. atsar sahabat
b. hadist nabi                             e. ijma para imam
c. ungkapan ulama

10. Al-Qur’an surah An-Naba’ secara tidak langsung memberikan pelajaran tentang ...
a. manajemen waktu                         d. manajemen hati
b. jadwal kerja                                   e. mengelola konflik
c. cara merintis cita-cita
 
Jawablah pertanyaan ini dengan singkat dan tepat!
11. Apa yang dimaksud dengan “karya”?
12. Mengapa karya dapat dikategorikan sebagai ibadah?
13. Jelaskan makna dari tugas seorang muslim adalah melaksanakan kewajiban secara seimbang antara kepentingan dunia dan akherat?
14. Tuliskan ayat yang mengatur tentang pentingnya manajemen waktu?
15. Mengapa seorang muslim wajib menghargai karya orang lain?
16. Bagaimana cara menghargai karya orang lain?
17. Sebutkan 2 contoh karya ulama atau ilmuwan Islam?
18. Jelaskan melalui contoh bahwa karya yang dilandasi ilmu akan berbeda hasil dengan karya yang dibuat tanpa dilandasi ilmu pengetahuan?
19. Apa kebaikan yang dapat diraih seorang muslim dengan menunjukkan sikap menghargai karya orang lain?
20. Bagaimana etika kerja menurut Islam?

 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |