Belajar agama Islam

Belajar agama acap kali berada di pinggir perhatian kita. Ada dua kenyataan yang membuat sangat wajar kalian memberikan porsi perhatian yang tidak terlalu besar pada pelajaran agama. Pertama, kalian sedang berada di masa remaja yang penuh dinamika. Sifat remaja sering kali menggoda untuk mencoba hal-hal baru dan mengabaikan norma baku yang berlaku termasuk nilai agama. Kedua, pada saat yang sama, kalian sedang berada di jenjang akhir sekolah dengan tuntutan lulus Ujian Nasional. Kombinasi dua keadaan ini wajar membuat kalian lebih memperhatikan mata pelajaran yang diujinasionalkan.

Padahal sebenarnya belajar agama justru sangat penting bagi remaja seusia kalian. Pada saat seperti ini, kalian membutuhkan pegangan yang kukuh untuk menentukan sikap. Berkhidmad kepada agama akan memberikan pegangan dan dukungan moral yang kalian butuhkan untuk melalui masa ini.

Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas IX ini menyajikan ilmu yang mencerdaskan dan mencerahkan. Buku ini mengajak kalian menelusuri pembahasan dengan sangat terbuka. Artinya, kalian didorong untuk mencermati, meneliti, mendiskusikan, serta menerapkannya sesuai dengan keadaan kalian. Untuk itulah, buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas IX ini disajikan sistematis.

Sistematika buku ini dirancang sebaik mungkin sehingga kalian dapat menggunakan buku ini baik secara mandiri maupun bersama teman di kelas.

Adapun sistematika buku ini sebagai berikut.
– Judul bab, berisi materi pokok yang dipelajari dalam suatu bab.
– Peta konsep, berisi bagan rangkaian konsep yang diangkat dalam bab.
– Beranda, berisi wacana yang akan mengantarkan kalian memasuki bab.
– Uraian materi. Di sinilah materi diuraikan menyatu dengan informasi tambahan dan kegiatan.
– Hayya Na’mal, berisi kegiatan tempat melatih kemampuan diri.
– I’lam, berisi informasi terkait materi dan perkembangan terbaru sebagai tambahan bagi kalian.
– Amali. Ilmu dan kemampuan yang dipelajari tidak akan banyak manfaat apabila tidak digunakan. Oleh karena itulah, kalian diajak membiasakan diri dalam rubrik ini.
– Ikhtisar. Bagian ini berisi rangkuman materi yang telah kalian pelajari. Rangkuman mengikat

 


Terkait

Posting Komentar

 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |