[iklan]

Protein, Fungsi Zat Gizi Dan Sumbernya Dalam Bahan Makanan

2. Protein
a. Susunan Kimiawi Protein
b. Mutu Protein Makanan

Kandungan asam amino esensial pada protein dapat membedakan penggolongan protein.
1) Protein sempurna, merupakan protein yang mengandungan semua asam amino esensial. Protein sempurna dapat diperoleh dari bahan makanan hewani, telur dan susu.

2) Protein tidak sempurna, merupkan protein yang tidak mengandung semua asam amiono esensial. Sumbernya berasal dari bahan pangan nabati contohnya kacang-kacangan.
Protein yang terdapat dalam bahan makanan hewani, seperti telur, daging , ikan, ayam, udang dan sebagainya, mengandung semua jenis asam amino, sehingga bahan makanan tersebut termasuk dalam golongan protein sempurna. Protein sempurna juga terdapat pada bahan pangan nabati. Namun hanya
dari kelompok kacang-kacangan saja yang mengandung protein sempurna, sementara dari golongan pangan nabati lainnya tergolong protein tidak sempurna.

Protein tidak sempurna dari dua bahan nabati apabila digabungkan, maka kedua jenis protein itu akan saling mengisi sehingga dapat membentuk protein yang sempurna.
Untuk memperoleh asam amino yang berbeda sehingga dapat saling mendukung pembentukan protein tubuh, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi dua bahan makanan nabati yang sejenis. Seperti, beras dan jagung. Tetapi harus mengkonsumsi dua jenis bahan makanan yang berbeda, seperti jagung dengan kacang hijau dan sebagainya. Sehingga tanpa harus mengkonsumsi bahan pangan hewani, kita sudah dapat memenuhi kebutuhan akan asam amino esensial jika variasi bahan makanan yang dikonsumsi cukup.
Disamping kandungan asam amino esensial , faktor lain yang menentukan mutu protein adalah nilai cerna. Nilai cerna menunjukkan persentase protein dari bahan makanan yang dapat diserap oleh dinding usus untuk membentuk protein tubuh.
Sebagai contoh, nilai cerna telur adalah 100, ini berarti 100 % protein telur dapat diserap untuk protein tubuh. Nilai cerna beras adalah 96, jadi hanya 96 % dari protein beras yang dapat diserap oleh tubuh.

c. Fungsi Protein Bagi Tubuh
 

d. Bahan makanan sumber protein
 
e. Kebutuhan protein
Kebutuhan protein bagi manusia dapat ditentukan dengan cara menghitung protein yang diganti dalam tubuh. Ini bisa dilakukan dengan menghitung jumlah jumlah unsur nitrogen ( zat lemas ) yang ada dalam dalam protein makanan dan menghitung pula jumlah unsur nitrogen yang dikeluakan tubuh melalui air seni dan tinja.
Jumlah unsur nitrogen yang dikeluarkan dari tubuh seorang laki-laki dewasa yang berat badannya 70 kg kira-kira sebanyak 3 gram sehari. Tiga gram nitrogen ini ekivalen dengan 3 X 6.25 gram protein 18.75 gram protein ( 1 gram zat putih telur mengandung 0.16 gram unsur nitrogen.

Ini berarti secara teori seorang laki-laki dewasa yang berat badannya 70 kg hanya akan memerlukan 18.75 gram protein. Tetapi jika kita lihat bahwa penggunaan protein dalam tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga dalam prakteknya jumlah protein itu belum dapat memenuhi keperluan tubuh. Sebabnya antara lain ialah sebagai berikut:
- Kadar protein 18.75 gram tubuh akan menyebabkan beberapa reaksi kimia yang tidak bisa berlansung dengan baik.
- Kecernaan protein itu sediri, Tidak semua bahan makanan yang banyak mengandung serat-serat, proteinnya bisa diambil dari tubuh. Karena adanya serat-serat ini , enzimenzim tidak bisa masuk untuk memecah protein.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka ditetapkan bahwa kebutuhan protein bagi seorang dewasa adalah 1 gram untuk setiap 1 kilogram berat badannya setiap hari. Untuk anak-anak yang sedang tumbuh , diperlukan protein dalam jumlah yang lebih banyak, yaitu 3 gram untuk setip kilogram berat badan. Perbedaan ini disebabkan karena pada anak-anak, protein lebih banyak dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, sedangkan pada orang dewasa fungsi protein hanya untuk mempertahankan jaringan tubuh dan mengganti sel-sel yang telah rusak.

f. Akibat Kekurangan Protein

ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH

Selengkapnya tentang Belajar TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN .. 

 

 

12 soal tentang Fungsi Zat Gizi Dan Sumbernya Dalam Bahan Makanan dan jawabannya


1. Apa yang dimaksud dengan zat gizi?
A. Zat gizi adalah komponen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh, berkembang, dan berfungsi dengan baik. Zat gizi termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air.

2. Apa yang dimaksud dengan karbohidrat?
A. Karbohidrat adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat terdiri dari senyawa gula yang berfungsi sebagai sumber energi utama untuk tubuh.

3. Apa yang dimaksud dengan protein?
A. Protein adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membantu pembentukan enzim dan hormon, dan mengatur metabolisme.

4. Apa yang dimaksud dengan lemak?
A. Lemak adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak berfungsi untuk menyimpan energi, membantu pengaturan suhu tubuh, dan menyediakan nutrisi penting untuk tubuh.

5. Apa yang dimaksud dengan vitamin?
A. Vitamin adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin berfungsi untuk menjaga kesehatan, meningkatkan sistem kekebalan, dan membantu dalam proses metabolisme.

6. Apa yang dimaksud dengan mineral?
A. Mineral adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral berfungsi untuk membantu dalam proses metabolisme, membantu dalam pembentukan jaringan tubuh, dan menjaga kesehatan.

7. Apa yang dimaksud dengan air?
A. Air adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Air berfungsi untuk membantu dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan membantu dalam proses pembuangan sisa metabolisme.

8. Dari mana tubuh kita mendapatkan zat gizi?
A. Tubuh kita mendapatkan zat gizi dari makanan yang kita makan. Makanan yang kita makan mengandung berbagai jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh, berkembang, dan berfungsi dengan baik.

9. Apa yang dimaksud dengan sumber makanan?
A. Sumber makanan adalah sumber yang menyediakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumber makanan dapat berupa makanan hewani atau nabati, seperti daging, telur, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

10. Apa yang dimaksud dengan bahan makanan?
A. Bahan makanan adalah bahan yang digunakan untuk membuat makanan. Bahan makanan dapat berupa bahan mentah atau bahan olahan. Bahan mentah adalah bahan yang belum diproses sedangkan bahan olahan adalah bahan yang telah diproses sebelumnya.

11. Bagaimana zat gizi dapat ditemukan dalam bahan makanan?
A. Zat gizi dapat ditemukan dalam bahan makanan melalui proses pencernaan. Zat gizi dalam bahan makanan akan dipecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil sehingga dapat diserap oleh tubuh.

12. Apa yang dimaksud dengan asupan nutrisi?
A. Asupan nutrisi adalah jumlah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Asupan nutrisi dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

 

0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE