Panggilan Habib (akar katanya Hub: cinta, kasih) adalah panggilan kebaikan

HABIB HABIBIE oleh: Basuki RahmadHadi

Panggilan Habib (akar katanya Hub: cinta, kasih) adalah panggilan kebaikan, semacam Kekasih, atau Yang dicintai. Seorang Habib, dipercaya punya nasab atau garis leluhur sampai Nabi Muhammad Saw. Ringkasnya, Habib=keturunan Nabi Saw.
        Habib pasti orang baik. Orang tidak baik, sungguhpun garis nasabnya sampai Nabi, tidak akan "pasang" Habib di depan namanya. Orang pun tidak merasa patut menyebut "Habib" kepada orang jahat. Maka nilai kebaikan-lah yang lebih utama sebagai ukuran ke-habib-an seseorang, bukan semata nasab biologisnya.  

Bukankah Qabil, orang yang pertama membunuh manusia adalah anak Nabi Adam? Bukankah Kan'an, anak Nabi Nuh,  ditenggelamkanNya dalam banjir yang melalap bukit tempatnya berdiri karena tak patuhi Nabi?

Saya sendiri merasa mantab saja memanggil Presiden ketiga RI: Habib Habibie, setidaknya saya turut saksikan amal bakti beliau yang luar biasa membanggakan bagi masyarakat n bangsa ini, adalah karena beliau ikuti teladan Nabi Saw. Wallaahu a'lam

Banyak yang banggakan keturunan orang besar, lalu gagal paham, nggak nyambung dengan misi perjuangan leluhurnya. Umpama hari ini, sang bapak seorang penganjur tauhid, anaknya malah dengan perkasa menyatakan tak kenal tauhid, apalagi akhirat! Nastaghfirullaahal 'azhiim

Habib Habibie takkan saya kultuskan. Tidak akan. Di samping melenceng dari tauhid, buat apa? Mengultuskan umpamanya dengan menyebut diri atau kelompok atau bendera "Habibie-an" berlanjut dengan membenarkan apapun pilihan n tindakan serta ucapannya, na'udzu bil-laahi min dzaalika. Kepada rasul Saw saja, saya perlu hati2, karna kecintaan n patuhi teladan beliau, JANGAN SAMPAI saya perlakukan beliau setara Allah. Ikhtiyar saya, hadist, sunnah, kisah yang terkait dengan beliau harus sesuai dengan ayat Al Qur-an. Umpamanya ada hadist yang umumkan hadirnya Isa AS sebelum kiamat, alhamdulillah tidak termasuk rukun iman yang wajib diimani. Oleh karena pernyataan Allah sudah jelas: "Muhammad adalah Utusan Allah n Penutup para nabi." (QS 33:40) tidak ada lagi nabi/rasul yang turun setelah beliau. Wallaahu a'lam

Goeroe Ordonnantie Pasca Reformasi HARI INI · PUBLIK

Goeroe Ordonnantie Pasca Reformasi

HARI INI · PUBLIK

Di masa pemerintahan kolonial, para haji dan ustadz harus mengantongi izin. Kini Menteri Agama pun berencana mensertifikasi khatib dan mubaligh. Opo tumon?

Di antara berbagai kebijakan pemerintah kolonial Hindia-Belanda yang sangat menekan ummat Islam di masa lampau adalah munculnya Goeroe Ordonnantie atau Peraturan Pemerintah tentang Guru. Goeroe Ordonnantie pertama dikeluarkan tahun 1905. Dengan Ordonansi ini, Pemerintah Hindia Belanda mewajibkan setiap guru agama Islam meminta dan memperoleh izin terlebih dahulu sebelum mulai bertugas sebagai seorang guru agama. Goeroe Ordonnantie ke dua dikeluarkan tahun 1925. Berbeda dengan Goeroe Ordonnantie pertama, Goeroe Ordonnantie ke dua hanya mewajibkan guru agama melaporkan diri. Namun kedua ordonansi ini sama fungsi: menjadi media pengontrol bagi pemerintah kolonial untuk mengawasi sepak terjang para pengajar dan penganjur agama Islam di negeri ini.[1]

Goeroe Ordonnantie digagas pemerintah kolonial Hindia-Belanda pasca pemberontakan petani Cilegon, Banten, 1888. Saat itu, –tahun 1890— Karel Frederik Holle, Penasehat Kehormatan untuk Urusan Pribumi di Departemen Layanan Sipil (Adviseur Honorair voor Inlandsche Zaken bij het departement van Binnenlandsch Bestuur) menyarankan agar pendidikan agama Islam diawasi. Sebab, kata Holle, pemberontakan petani Banten dimotori para haji dan guru-guru agama. Maka sejak itu terjadilah pengejaran dan perburuan para guru agama alias ustadz dan kiai di Pulau Jawa.

Demi penyeragaman pengawasan guru-guru agama Islam, Holle menyarankan agar Bupati melaporkan daftar guru di daerahnya setiap tahun. Lalu, pada tahun 1904, Snouck Hurgronje –pengganti Holle— mengusulkan agar pengawasan terhadap guru-guru agama meliputi adanya izin khusus dari Bupati, daftar guru dan muridnya, sementara pengawasan oleh Bupati harus dilakukan suatu panitia. Setahun kemudian, lahirlah peraturan tentang pendidikan agama Islam yang terkenal dengan sebutan Goeroe Ordonnantie. Ordonansi dinyatakan berlaku di Jawa-Madura kecuali di Yogyakarta dan Solo, dan diundangkan dalam Staatsblaad 1905 nomor 550.[2]

Salah satu isi Goeroe Ordonnantie yang dimuat dalam Staatsblaad 1905 nomor 550 ini antara lain adalah: Seorang guru agama Islam baru dibenarkan mengajar bila sudah memperoleh izin dari Bupati. Izin itu baru diberikan apabila guru agama itu jelas-jelas bisa dinilai sebagai “orang baik”, dan pelajaran yang diberikannya tidak bertentangan dengan keamanan ketertiban umum. Guru agama Islam itu harus mengisi daftar murid, di samping harus menjelaskan mata pelajaran yang diajarkannya. Bupati atau instansi yang berwewenang boleh memeriksa daftar itu sewaktu-waktu. Guru agama Islam bisa dihukum kurungan maksimum delapan hari atau denda maksimum dua puluh lima rupiah, bila ternyata mengajar tanpa izin, atau lalai mengisi atau mengirimkan daftar itu; atau enggan memperlihatkan daftar itu kepada yang berwewenang, berkeberatan memberikan keterangan, atau enggan diperiksa oleh yang berwewenang. [3]

Dua dasa warsa berselang, Goeroe Ordonnantie 1905 yang mewajibkan guru-guru agama Islam meminta “izin praktek”, dinilai kurang efisien. Sebab, laporan tentang guru agama dan aktivitasnya –yang secara periodik dilaporkan Bupati— dinilai kurang meyakinkan. Di samping itu, situasi politik pada masa itu dinilai sudah tak lagi memerlukan “pemburuan” guru agama. Maka, pada tahun 1925 dikeluarkanlah Goeroe Ordonnantie yang baru. Ordonansi baru ini hanya akan mewajibkan guru agama memberitahukan kegiatan mereka, bukan lagi untuk meminta izin. Namun, beleid baru ini tak hanya berlaku di Jawa-Madura saja. Sejak Januari 1927, Goeroe Ordonnantie kedua juga diberlakukan di wilayah Aceh, Sumatera Timur, Riau, Palembang, Tapanuli, Manado, dan Lombok. Pada tahun tiga puluhan Goeroe Ordonnantie kedua berlaku pula di Bengkulu.[4]

Dalam prakteknya, seperti Goeroe Ordonnantie pertama, Goeroe Ordonnantie kedua juga bisa digunakan untuk menghambat pengajaran agama Islam. Padahal, itu bukan tujuan yang tercantum dalam ketentuan ordonansi baru ini. Karena itu, beberapa pimpinan organisasi Islam mengeluh. Ketua Umum Muhammadiyah H. Fachruddin mengatakan, sejak diumumkannya ordonansi itu, berbagai rintangan ditimbulkan untuk menghalangi kemajuan dan penyebaran Islam di Indonesia. Kongres Al-Islam di Bogor pada 1 – 5 Desember 1926, juga menolak cara pengawasan terhadap pendidikan agama dengan Ordonansi baru ini. Bahkan, dalam Kongres XVII, 12 – 20 Februari 1928, Muhammadiyah dengan sangat keras menuntut agar Goeroe Ordonnantie ditarik kembali.

Kaum muslimin di Sumatera Barat juga menentang, ketika pemerintah kolonial bermaksud hendak menerapkan Goeroe Ordonnantie kedua di daerah itu. Pada tahun 1935, Snouck Hurgronje masih berpendapat bahwa Goeroe Ordonnantie masih perlu dipertahankan, meski dengan beberapa usul perubahan. Namun ternyata, situasi kolonial telah berubah, dan nasehat Snouck Hurgronje, sang arsitek Goeroe Ordonnantie 1905, sudah tidak ampuh lagi. Goeroe Ordonnantie akhirnya kehilangan urgensinya dan akhirnya menghilang dari peredaran.[5]

Pembatasan lain yang dibuat pemerintah kolonial Hindia-Belanda adalah Ordonansi Pengawasan tahun 1923. Berdasarkan peraturan pemerintah kolonial itu, setiap orang yang mendirikan lembaga pendidikan, harus memberitahukan maksudnya secara tertulis kepada kepala daerah setempat, dengan menyebutkan cara pengajaran dan tempat mengajarnya. Ordonansi Pengawasan ini lahir ketika pemerintah kolonial mengadakan penghematan akibat merosotnya ekonomi dunia, sehingga terpaksa memperendah aktivitasnya, termasuk di dalam bidang pendidikan.

Namun, kebijakan pemerintah kolonial ini membawa akibat sangat majunya pendidikan Kristen di Hindia-Belanda. Sementara, keinginan orang-orang pribumi untuk memperoleh pendidikan Barat juga makin berkembang. Ketidakmampuan pemerintah kolonial dalam mengatasi arus yang justru sejalan dengan apa yang mereka galakkan selama ini mengakibatkan munculnya sekolah-sekolah swasta pribumi, yang kemudian dikenal sebagai “wilde schoolen” atau sekolah liar. Tapi karena pengelola dan kurikulum sekolah itu dinilai tak memenuhi syarat pemerintah, ijazah sekolah-sekolah itu akhirnya tidak diakui di kantor-kantor resmi. Sekolah-sekolah liar ini didirikan oleh kaum pergerakan pribumi dan dimasuki oleh anak-anak pribumi.[6]

Keluarnya Ordonansi Pengawasan tak lepas dari keinginan pemerintah kolonial Hindia-Belanda untuk mengontrol dan mengendalikan perkembangan yang terjadi pada tahun 1923. Sebab, saat itu banyak organisasi pribumi yang cenderung mengambil sikap non-kooperatif dan menolak keras imperialisme. Situasi ini mencemaskan pemerintah kolonial, apalagi kesadaran nasional rakyat Indonesia sering dinilai identik dengan komunisme. Awalnya pengawasan melalui Ordonansi 1923 hanya bersifat wajib lapor bagi penyelenggara lembaga pendidikan. Namun, para pejabat kolonial menghendaki pengawasan yang lebih ketat lagi, bahkan jika perlu penindakan terhadap sekolah-sekolah liar ini. Maka, pada 17 September 1932, keluarlah Toezicht-ordonantie Particulier Onderwijs, atau lebih dikenal dengan Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar yang mulai berlaku pada 1 Oktober 1932.[7]

Namun, reaksi keras langsung bermunculan. Reaksi tak hanya datang dari organisasi-organisasi Islam. Kalangan organisasi nasional pun bersikap keras terhadap ordonansi baru. Taman Siswa, yang seluruh sekolahnya terkena ketentuan Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar, bertekad melawan peraturan baru itu secara pasif. Sarekat Islam --yang sejak 1932 menjelma menjadi Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII)— juga mengumumkan manifesto untuk menentang pemberlakuan Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar. Konferensi Dewan Pendidikan Persatuan Muslimin Indonesia (Permi) di Sumatera Barat pada 26 – 27 Desember 1932, juga memutuskan bahwa Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar telah melanggar dasar-dasar Islam dan dasar-dasar umum, di samping akan mengurangi kebebasan bangsa Indonesia mengatur dan membangun pendidikannya sendiri.[8]

Para ulama Minangkabau bahkan beranggapan bahwa pemberlakuan Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar adalah upaya percobaan untuk membunuh sekolah-sekolah Islam. Mereka pun menuduh pemerintah kolonial telah menguntungkan kalangan Kristen. Karena itu, mereka memutuskan untuk berjuang hidup atau mati untuk Islam, dan membentuk panitia aksi yang diketuai Haji Rasul. Sedangkan Muhammadiyah yang pada mulanya masih menunjukkan sikap ragu –mungkin karena sebagian kecil sekolahnya telah memperoleh subsidi dari pemerintah Hindia-Belanda— akhirnya juga menolak pemberlakuan Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar berdasarkan Konferensi Darurat 18 – 19 November 1932 di Yogyakarta.[9]

Tak hanya kelompok-kelompok dan lembaga pendidikan Islam yang memprotes, partai-partai nasionalis juga menentang Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar. Di antara partai-partai yang menentang ordonansi itu adalah Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Indonesia (Partindo), dan Isteri Sedar. Bahkan, organisasi yang dianggap paling loyal kepada pemerintah kolonial seperti Budi Utomo, menentang keras pemberlakuan ordonansi ini. Budi Utomo bahkan bertekad akan menarik anggota-anggotanya dari berbagai lembaga perwakilan, jika pada 21 Maret 1933 Ordonansi Pengawasan Sekolah Liar belum ditarik kembali. Budi Utomo juga akan menutup sekolah-sekolah mereka dan memberikan bantuan keuangan kepada para korban perlawanan pasif. Kondisi ini akhirnya memaksa pemerintah Hindia-Belanda untuk mengikuti kemauan mereka. Maka, pada pertengahan Februari 1933 Ordonansi Sekolah Liar akhirnya dinyatakan ditarik kembali.[10]

Maka sungguh janggal rasanya, ketika kini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tentang perlunya sertifikasi dan standarisasi khatib Jum’at. Alasannya, “Agar tidak sembarang orang bisa menjadi khatib,” ujarnya. Tentu saja rencana ini dipertanyakan. Bahkan sebagian orang menduga sertifikasi ini hanya untuk membungkam para muballigh dan ustadz bersuara keras yang kerap mengritik pemerintah.

Namun menurut Lukman, rencana itu bukan merupakan bentuk represif dari pemerintah atau membatasi seseorang menyebarluaskan ajaran agama. Sebab sertifikasi itu tidak bersifat wajib. “Tapi setidaknya publik mengetahui, tidak semua da’i dan mubaligh bersertifikat. Biarlah publik yang menilai itu semua. Saya lebih senang, khatib yang bersertifikat. Walaupun ada yang tidak sertifikat,” ujarnya di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Selasa (24/01/2017).

Tapi bukankah kita tahu bahwa di lapangan becek di tanah air kita, beleid yang indah pun bisa gampang diselewengkan? Lalu untuk apa pula pemerintah mengulang langkah pemerintah kolonial Hindia Belanda, sementara tentangan keras pasti akan terjadi? Semoga ummat Islam di Indonesia tak sedang hendak dibenturkan dengan bangsa dan negaranya sendiri.

[1] Aqib Suminto. Politik Islam Hindia-Belanda. LP3ES. Jakarta. 1985. hlm 51 – 52.

[2] Aqib Suminto. ibid. hlm 52.

[3] Aqib Suminto. ibid. hlm 52.

[4] Aqib Suminto. ibid. hlm 53 – 54.

[5] Aqib Suminto. ibid. hlm 54 – 58.

[6] Aqib Suminto. ibid. hlm 54 – 58.

[7] Aqib Suminto. ibid. hlm 60 – 61.

[8] Aqib Suminto. ibid. hlm 62.

[9] Aqib Suminto. ibid. hlm 62 – 63.

[10] Aqib Suminto. ibid. hlm 63

SUNAN KALIJAGA PELINDUNG JAWA Oleh HANIF KRISTIANTO

SERI PUISI PARA WALI

SUNAN KALIJAGA PELINDUNG JAWA

Oleh HANIF KRISTIANTO
26/01/2017 Vol.76

Raden Sahid terkenal dengan Sunan Kalijaga
Terkenal juga dengan sebutan lainnya
Ada Lokajaya, Pangeran Tuban, Syaikh Melaya, hingga Ki Dalang Sida Brangti

Darah biru mengalir dalam tubuhnya
Putra keturunan Tumenggung Wilatikta Bupati Tuban
Kakeknya bernama Aria Teja
Bernasab silsilah hingga Abbas bin Abdul Muthalib
Beliaulah paman kanjeng Nabi Muhammad

Oh.. Sunan Kalijaga
Sungguh mulia nasabnya
Hingga engkau mau mengemban dakwah
Seperti jejak sang baginda

===000===

Masa muda Kalijaga diliputi kenakalan remaja
Berjudi, minum minuman keras, hingga mencuri
Orang tua kian malu lalu diusirlah Kalijaga
Berharap mau taubat dan berhenti

Harapan tiada harapan
Kalijaga kian brutal dan makin berandal
Perampok di hutan Jatisari
Siapa pun yang melalui takut dan kalut

Berandal Lokajaya kian terkenal kejayaannya
Membunuh pun tak segan dilakukan
Merinding, miris, dan biadab

Sunan Bonang berkelana dakwah
Bertemu Kalijaga di hutan ketika hendak merampoknya
Tak gentar dan tak takut
Karena Allah bersama hamba-Nya yang berdakwah

Karomah dan kelebihan diberikan kepada Sunan Bonang
Buah aren kolang-kaling dirubah dijadikan emas
Kalijaga kegirangan dan takjub
Pintu hidayah dan taubat akhirnya tertambat

Kalijaga mencoba kembali ke jalan hidayah
Islam mengantarkannya menjadi manusia agung nan mulia
Berkat dakwah semua bisa berubah
Si jahat menjadi orang taat

===000===

Sunan Kalijaga adalah replika
Sehitam-hitamnya manusia masih ada setitik hidayah
Asalkan manusia mau berfikir dan berubah
Bahwa hidup ini punya tugas mulia

Beribadah dan berdakwah pilihan manusia mulia
Wahai manusia yang masih dalam kegelapan kemaksiatan
Kembalilah... kembalilah.. pada Islam yang mulia
Tumpahkan air madharat pemuja setan
Tutup segala pintu dan tempat maksiat
Terapkan syariah agar manusia terlindungi dari marabahaya

Mendekatlah sedekat-dekatnya pada Pencipta
Allah belum menutup pintu taubat
Selama hayat masih di kandung badan
Dan matahari di Timur belum tenggelam

~~~~~~~~~~~~

SUNAN BONANG KONDANG (2) Oleh HANIF KRISTIANTO

SERI PUISI PARA WALI

SUNAN BONANG KONDANG (2)

Oleh HANIF KRISTIANTO
24/01/2017 Vol.72

Karomah diberikan Allah pada kekasih Nya
Bukti nyata Allah menolong hamba yang berdakwah
Tatkala sebagian manusia enggan menerima dakwah
Sunan Bonang mengubah aliran sungai Brantas
Ada yang kekurangan air bahkan sebagian banjir

Buto Locaya yang mengecam dakwah
Dibuat Sang Sunan tak berdaya
Nyi Pluncing pewaris ilmu hitam Calon Arang
Tak kuasa menghadapi kesaktian yang diberikan Allah pada Sang Sunan

Kiranya orang zaman sekarang
Mengerahkan segala daya dan kekuatan demi Islam
Jauh dari rasa sombong kekuatan
Karena Allah lah sumber daya kekuatan

Bisa dipastikan Islam kian cemerlang
Mampu memimpin peradaban
Karena diemban oleh hamba-hamba yang menjadi kekasih-Nya
Gusti Allah mboten sare

===000====

Sunan Bonang kondang jadi dalang
Piawai mengubah tembang-tembang
Dijadikan uslub dalam dakwah
Menjadikan manusia paham jika Islam datang

Ilmu tasawuf Sunan Bonang luas dan mendalam
Primbon Bonang memuat ajaran esoteris inti tasawuf yang dalam
Ihya Ulumuddin al-Ghazali jadi rujukan
Ada juga Tamhid daei Abu Syakur as-Salimi

Disebut pula tokoh sufi lainnya
Dari Abu Yazid al-Busthami, Muhyiddin Ibnu Arabi, hingga Syaikh Abdul Qadir al-Jailani

Masih tentang kedalaman dan kerahasiaan tasawuf
Sunan Bonang menyusun Suluk Wujil
Pembahasan tentang hakikat Ketuhanan
Diungkapkan dalam pupuh berlanggam dhandhanggula

===000===

Ingin kubacakan isi Suluk Wujil:

Pon nyata ananing Hyang anisih/ hening kasucianing Pangeran/ ana ngaku kang weruh mangke/ laksanane tan atut/ raga sastra tan den gugoni/ anglalisi subrata/ kang sampun yekti wruh/ anangkerti punang raga/ paningale den wong-wong rahina wengi/ tan pasung agulinga//

Kesaktian dan kedigdayaan Sang Sunan bukan karena menguasai ilmu tertentu
Hanya karena karomah kewaliannya
Sungguh Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya
Tatkala hamba menolong agama-Nya

Dakwah, Dakwah, dan Dakwah
Dunia kian terang dengan cahaya hidayah
Inilah tugas mulia
Bagi siapa pun yang mau mengambilnya

~~~~~~~~~~~~~~

#DakwahIslam
#YukNgaji
#YukDakwah
#IslamWillRaiseAgain
#KhilafahArt
#IslamRahmatanLilamin
#PuisiIndonesia
#SastraNusantara

SUNAN AMPEL TERTUA - Jawa tanah legenda

SERI PUISI PARA WALI

SUNAN AMPEL TERTUA

Oleh HANIF KRISTIANTO
20/01/2017 Vol.66

Jawa tanah legenda
Bumi persemaian dakwah Islam sejak dahulu kala
Bermekaran indah merona
Hidayah menjadi hikayat yang merakyat

Sunan Ampel pemimpin tertua
Putra Syaikh Ibrahim As-Samarkandi
Besar jasanya berdakwah di Jawa dan Nusantara

Ampeldenta tempat gula wentah
Lahir kader penggerak dakwah
Sunan Giri, Raden Patah murid kepercayaannya
Raden Kusen, Sunan Bonang, dan Sunan Drajat
Murid kesayangan yang melahirkan generasi cemerlang

===000===

Surabaya punya cerita
Dakwah Islam tumbuh subur bak tanda
Islam menyatu dalam hidup dan jiwa warganya
Ampeldenta mampu menarik jutaan manusia
Dari situ dakwah meluas menembus cakrawala Nusantara

Sampaikan walau satu ayat
Sabda nabi yang jadi pegangan Raden Rahmat
Dakwah maw'izhatul hasanah terasa lembut di dada
Mujâdalah billati hiya ahsan terasa memuaskan akal pikiran

Sungguh elok rupawan dakwah yang menyejukan
Menembus hati rakyat jelata
Hingga patih dan raja
Kait-berkait bak bintang di langit

===000===

Tahukah kau kawan
Raden Rahmat itu Bupati Pertama Surabaya
Sungguh mulia dibangun berdasarkan aqidah Islamiyah
Syariah Islam menjadi pegangan hidup warga Surabaya

Bagaimanakah kabarnya Surabaya di masa ini?
Sungguh sedih
Nilai-nilai Islam tak lagi terpatri
Dihempaskan manusia lemah yang lupa agama

O Surabaya...
Tanah legenda nan bersejarah
Di situ Islam berjaya
Maka penghuni Surabaya harus mampu mewujudkannya
Ya, mulai saat ini
Kapan lagi?
Ya, saat ini tanpa nanti

~~~~~~~~~~~~~~

#IslamWillRaiseAgain
#YukNgaji
#YukHijrah
#PuisiIndonesia
#DakwahIslam

DUNIA ITU PENJARA Oleh HANIF KRISTIANTO

DUNIA ITU PENJARA

Oleh HANIF KRISTIANTO
19/01/2017 Vol.65

Kisah nabi-nabi menarik hati
Dari Adam hingga Muhammad
Selalu ada yang baru nan syahdu
Selalu ada duka nan luka

Kupilih kisah Ibrahim dan Musa
Dua insan kekasih Allah
Hidup pada zaman angkara murka
Bersama raja si penguasa yang membuat penjara

===000===

Penguasa dzalim si Namrud
Tak rela Ibrahim menghancurkan berhala-berhala dunia yang disembah
Merasa berkuasa dan punya segala
Berhak menghukum siapa saja
Siksa dan penjara sudah siap sedia

Ibrahim harus rela dilalap api
Namun Allah kuasa menolong hamba-Nya
Karena api pun ciptaan-Nya
Dimintanya untuk dingin tak membakar

Musa tak kalah serunya
Fir'aun memuja dirinya
Hingga ditahbiskan sebagai tuhan manusia
Kalap kuasa dan percaya pada pembisik dukun jahil
Dia bertitah membunuh si anak kecil laki-laki yang lahir

Musa selamat
Fir'aun bertambah kalap
Bersama umat menyebrang lautan
Musa dan umatnya diselamatkan
Fir'aun tergagap dan tenggelam
Barulah ia sadar bahwa Musa datang membawa kebenaran

===000===

Namrud dan Fir'aun
Dua manusia contoh bagi penguasa dunia
Penjara yang dicipta hanya rekayasa
Siksa yang dipaksakan hanya fantasi kebahagiaan

Dunia itu penjara
Bagi muslim yang berhati salim
Penjara yang dibuat penguasa sekadar rekayasa
Menakuti jiwa-jiwa yang kalut
Menghantui pikiran-pikiran yang carut marut

Dunia itu penjara
Bagi mukmin yang berfikir mustanir
Penjara dunia hanya jeruji besi
Yang tak mampu menghapus perjuangan suci

Dunia itu surga
Bagi orang kafir yang mencintainya
Layaknya Namrud dan Firaun
Yang takut singgasananya hancur

Dunia itu surga
Bagi penguasa yang lupa
Yang takut hilang kuasa
Karena nikmat duduk di kursi sana

Penjara Dunia bukanlah akhir bagi sang Pengembara
Penjara dunia itu madrasah mengasah jiwa

Sebaliknya ingatlah penjara akhirat
Siapapun tak dapat memeperalat
Karena Allah menyediakan bagi manusia yang kufur nikmat

Sadarilah!
Sebelum.terlambat

~~~~~~~~~~~~~~

mengisi bak mandi dgn air sampai penuh, lalu kami suruh mereka mengosongkan bak mandi

KISAH NYATA MENGHARUKAN... patut kita renungkan....
              
Beberapa hari yang lalu, Susi berkunjung untuk menjenguk kerabat di RS-Jiwa.

Seorang dokter  menghampiri Susi untuk mengajak dia ngobrol-ngobrol tentang segala hal, mulai dari bagaimana penanganan pasien sampai ke masalah-masalah umum dalam hidup.

Sampai tiba saatnya ketika Susi bertanya kepada dokter itu,..

“Dok, gimana sih caranya dokter ngetest pasien-pasien dokter itu masih gila atau sudah waras ?”
“Oh mudah saja, kami mengisi bak mandi dgn air sampai penuh, lalu kami suruh mereka mengosongkan bak mandi dgn memberikan ke orang itu :
- Sendok Teh
- Gelas
- Gayung

Pilih yang mana ?
Lalu kita minta dia untuk mengosongkan bak mandi itu”,  jawab si Dokter.
“Ooooh… kalo gitu saya pasti pilih gayung, soalnya itu paling gede & cepat", kata Susi...

Terjadi keheningan sejenak . .

.........................................
Lalu sang Dokter berkata, “Tidak, kalo orang itu sudah normal, dia akan cabut aja penyumbat bak mandi nya…"

Sejak itulah Susi dirawat . . .

Bagaimana dgn Anda…???

JUJUR YAH…

BARUSAN PILIH GAYUNG JUGA KAN???

Semoga lekas sembuh.....

Klo anda tertawa Silahkan dibagikan...., Biar banyak yg sembuh....wkwkwk..

Sabaaar....ojo nesu-nesu......  

Jepang pernah menjajah Indonesia Hingga Hiroshima dan Nagasaki di bom atom Amerika

YOUKOSO IRASSHAIMASE
[ようこそ いらっしゃいませ]

Oleh HANIF KRISTIANTO
17/01/2017 Vol.64

Jepang-Indonesia
Dua negara terikat perjanjian bersama
Jepang pernah menjajah Indonesia
Hingga Hiroshima dan Nagasaki di bom atom Amerika

Jepang-Indonesia
Dua negara dalam spektrum asia timur jauh
Sama-sama berpulau
Berjajar gunung dalam ring fire

===000===

Youkoso Irasshaimase
Selamat datang!
Kini Jepang sudah bergandeng tangan
Shinkansen tak lagi jadi impian
Kerjasama maritim melanggengkan kedua ikatan

Blok Masela dilirik begitu rupa
Indonesia diajak dalam perang tanding di Laut Cina Selatan
Sampai-sampai nama pulau Indonesia akan diberi nama Jepang!

Sugoi desune!
Amazing!

===000===

Negeriku bukanlah pasar rakyat
Yang siapapun berhak membuka lapak
Negeriku bukanlah pasar malam
Yang siapapun berhak menyewakan wahana permaianan
Negeriku bukanlah pegadaian
Yang siapapun berhak menggadaikan barang dan kedaulatan

Negeriku tetap negeriku
Tak ingin kubiarkan siapa pun menyerbu
Apakah berwajah Neo Liberalisme?
Apakah berwajah Neo Imprealisme?
Apakah berwajah Neo Komunisme?

Karena aku yakini janji ilahi
"Sekali-kali Allah tidak akan menjadikan jalan bagi orang-orang kafir menguasai orang mukmin"

===000===

dalam surah An-Naas Hamba-hamba diminta berlindung dari bisikan setan durjana

SEDIH MELIHAT ANAK MANUSIA

Oleh HANIF KRISTIANTO
15/01/2017 Vol.63

Sudah termaktub dalam surah An-Naas
Hamba-hamba diminta berlindung dari bisikan setan durjana
Yang senantiasa membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia
Dari dua golongan yang berbeda: jin dan manusia

Aku tak rela melihat pertikaian dua anak manusia
Mempertahankan egonya
Demi menyiksa saudaranya
Mempertahankan kedudukannya
Demi memukul saudaranya

Adakah manusia yang masih waras jiwa akalnya?

===000===

Aku sedih melihat anak manusia
Bertengkar karena diadu-domba
Bergulat karena dicerai berai
Berpukul-pukul karena diseru ujaran kebencian

Aku sedih melihat anak manusia
Baik dan buruk tak lagi dijadikan nilai
Halal dan haram tak lagi dijadikan pegangan
Semua diembat dan semua disikat

Aku sedih melihat anak manusia
Senggol dikit bacok
Loe jual gua beli
Seolah kekerasan jadi solusi

Aku sedih melihat anak manusia
Terlilit hutang
Ekonomi meradang
Rakyat gali lubang

Aku sedih melihat anak manusia
Jauh dari dzikrullah
Kehidupan menjadi kesengsaraan
Manusia jatuh pada kemelaratan dan kehinaan

Aku sedih melihat anak manusia
Tatkala tontonan jadi tuntunan
Tatkala tuntunan jadi tontonan
Tatkala kebaikan dianggap keburukan
Tatkala keburukan dianggap kebaikan

===000===

Ya Rabbi Allah
Kehidupan kini berkebalikan
Seperti sabda nabi-Mu

"Islam datang dengan asing, dan kelak kembali asing. Maka beruntuglah orang terasing"

Orang terasing jumlahnya sedikit
Orang terasing memperbaiki umat
Di tengah kaum dan sistem jahat
Orang terasing berpegang pada syariah
Di kala syariah diabaikan dan diperalat

Orang terasing itu
Apakah aku?
Apakah kamu?
Apakah kita?

~~~~~~~~

teori ekonomi manakah yang mampu menjelaskan perilaku dagang penjual cenil yang agung ini?

*Pernah makan cenil...*?

Itu makanan terbuat dari tepung kanji yang dimasak menjadi camilan kenyal seukuran ibu jari, dicomoti, dan tersaji warna-warni. Taburannya adalah kelapa parut yang dikukus bersama pandan wangi. Seperti lupis ketan yang memang sering ditawarkan bersamanya, kuah gula kental juga diguyurkan lengket-lengket di atasnya.

Nah, ini cerita tahun 2000-an ketika serombongan dosen dalam perjalanan riset di suatu pedesaan Yogyakarta.

Mereka berjumpa dengan seorang ibu tua penjual cenil keliling. Merasa agak sesat di jalan, salah satu anggota rombongan turun dan bertanya tentang arah. Dengan ramah si ibu menjawab arah yang diminta rombongan dosen. Kala melihat dagangannya, tertariklah sang dosen bertanya, "Bu, jualan cenil begini sehari bisa dapat berapa?"

"Alhamdulillah Nak, kalau habis ya rata-rata bisa bawa pulang 50 ribu." Di zaman itu, nilai ini kecil juga, tapi lumayan.

"Kami beli semua ya Bu. Ini uangnya 100 ribu."

"Eh, ya jangan semua to Nak. Ini saya masih keliling. Kasihan langganan lain yang siapa tahu menunggu-nunggu berharap saya lewat. Nanti kecewa, hehe... Nah sudah, dihitung saja, rombongannya ada berapa?"

"Ada 6 Bu. Tapi boleh ya kami beli banyak?"

"Lha rak tenan cuma enam. Lha kok mau beli banyak itu terus siapa nanti yang makan? Mubadzir malah dosa lho."

"Kami kuat makan banyak kok Bu. Kayaknya cenilnya enak sekali."

"E, ya ndak boleh berlebihan. Nanti kalau malah sakit perut bahkan diare bagaimana? Repot semua to? Sudah, ini saya bungkuskan 6 saja."

"Ini uangnya njih Bu", kata si dosen sambil tetap mengulurkan seratus ribuan.

"Lho, kalau 6 bungkus itu ya cuma 6 ribu. Saya ndak punya kembalian."

"Lho Bu, ini kami ikhlas. Tolong seratus ribunya diterima."

"Ya ndak bisa to Mas. Lha wong cenil kok seratus ribu hehe. Sudah kalau ndak punya uang kecil, dibawa saja cenilnya. Hadiah dari saya untuk Mas Guru-Mas Guru yang pinter-pinter, biar makin semangat mencerdaskan bangsa, seperti di tipi-tipi itu, hehe..."

"Kalau begitu, ibu ikut naik mobil kami ya, kami antar ke tempat jualannya."

"Saya itu kalau naik mobil itu pusing dan mual je, hehe... Sudah monggo dilanjutkan perjalannya. Yang penting dunga-dinunga, saling mendoakan. Sugeng tindak."

_*Duhai para sarjana*_... maka teori ekonomi manakah yang mampu menjelaskan perilaku dagang penjual cenil yang agung ini?

Dituturkan oleh Achmad Muhib Zaenuri, Dosen Pokiteknik Negeri Malang

ini lirik lagu “Iman” Ahmad Dhani:

Nurul Noerizh

Ada yang berbeda dari Ahmad Dhani. Jika sebelumnya ia dikenal dengan lagu-lagu cinta, kini ia merilis lagu perjuangan berjudul “iman”. Tidak sedikit netizen muslim yang mengaku salut dengan perubahan Ahmad Dhani. Terlebih, lirik lagu itu dinilai "berani”.

Berikut ini lirik lagu “Iman” Ahmad Dhani:

Bila kebatilan merajalela
Bila kebenaran sulit ditegakkan
Kita hanya melihat
Dan terus membiarkan
Pasti sampai saatnya
Balasan akan tiba

Dan kitalah khalifah
Khalifah kebangkitan
Dan harus punya nyali
Menjunjung kebenaran
Hukum tumpul ke atas
Hanya tajam ke bawah
Bismillahi tawakkal
Sampai saatnya mati

Tak ada satu kekuatan selain kekuatan dari Allah
Dan tak ada daya upaya selain pertolongan Allah

Kita harus berani
Berani karena benar
Dan harus punya nyali
Nyali untuk mati
Matinya orang-orang yang selalu berjalan
Di atas jalan Allah
Kekal selamanya

Tak ada satu kekuatan selain kekuatan dari Allah
Dan tak ada daya upaya selain pertolongan Allah

Firaun dan Raja Namrud akhirnya pun mampus
Goliat sang raksasa akhirnya pun binasa
Tanamkan dalam jiwa
Allah bersama kita
Dan ucapkanlah takbir… Allahu akbar

Tak ada satu kekuatan selain kekuatan dari Allah
Dan tak ada daya upaya selain pertolongan Allah

Nb : Ada yang punya video klipnya kah?

MISI DI SEBUAH PLANET

MISI DI SEBUAH PLANET

Oleh HANIF KRISTIANTO
13/01/2017 Vol.61

Katakan! Aku bukan anak biasa
Katakan! Aku bukan anak tak punya cita
Katakan! Aku anak punya prestasi
Katakan! Aku anak punya misi hidup

Ada tiga tanya yang perlu dijawab semua:

1) Dari mana asal manusia?

2) Untuk apa manusia hidup di dunia?

3) Setelah itu mau ke mana?

Tiga tanya mudah, namun berat menjawabnya
Tiga tanya mudah, namun bukti lebih penting nan berharga

Di mana ku mencari jawaban itu ya?
Aku bertanya pada Ayah dan Bunda

Nak, manusia itu tidak ada dengan tiba-tiba
Ada Allah Sang Pencipta
Manusia itu berasal dari air hina
Karenanya senantiasalah kau tersungkur dan bersyukur kepada-Nya
Kini lega pun jiwa

Hidup di sebuah planet
Buatlah tujuan agar kian terang
Allah sudah menjelaskan bahwa hidup itu beribadah kepada-Nya
Menguatkan Aqidah dan mentaati syariah-Nya
Memperbanyak amal soleh
Berharap kebaikan di akhirat kelak

Manusia tidak akan tinggal di bumi selamanya
Ada rangkaian kematian yang dilaluinya
Lalu dibangkitkan jiwa dan badanya

Di hari penghitungan kelak manusia ditimbang
Baik beroleh surga
Buruk beroleh neraka
Itulah sebaik-baik balasan bagi manusia

Pesanku satu nak kepadamu
Buatlah tujuan hidup agar tak menyesal di lain masa

Saatnya kita bersama
Mencukupkan diri
Kepada Allah Yang Satu
Mari anakku!

PUISI PEMUDA PULAU G(ARAM) #2

PUISI PEMUDA PULAU G(ARAM) #2

*THE REAL MUSLIM STYLE*
Karya Agus Zhubairi

Kami pemuda yang bertaqwa
Kami pemuda yang islami
Kami pemuda yang membawa perubahan
Demi bangsa dan negara yang tercinta
Kami pemuda siap melawan narkoba dan pergaulan bebas
Kami pemuda adalah pemimpin masa depan

Saatnya telah tiba untuk melawan narkoba dan pergaulan bebas
Sudah waktunya tiba pemuda bangsa ini
Berubah kearah yang lebih baik
Kamilah pemuda islam
Yang akan membawa negeri ini
Keluar dari masalah narkoba dan pergaulan bebas

Marilah berjuang bersama dan saling berpegang erat
Terus berjuang! Wahai pemuda
Jangan menyerah! Wahai pemuda
Bangkitlah ! wahai pemuda
Bagi negeri tercinta  ini

✨✨

PUISI PEMUDA PULAU G(ARAM) #3

PUISI PEMUDA PULAU G(ARAM) #3

*PERAN PEMUDA*
Karya Agus Zhubairi

Wahai para pemuda penerus bangsa....
Hari kita masih panjang
Perjuangan kita masih diambang pintu harapan
Langkah kita yang sekarang ini dipenuhi oleh
Rintangan yang berliku, berbatu, terjal, dan penuh halangan

Banyak yang kita kerjakan untuk meraih masa depan
Janganlah kau sia-siakan waktu yang berharga

Pemuda Generasi Bangsa ....
Janganlah kau lengah hanya karena obat-obatan terlarang dan pergaulan bebas
Narkoba, Narkotika, Heroin serta pergaulan bebas
Bukanlah jalan yang kau inginkan

Apakah sisa hidupmu ini hanya kau abadikan di kaki setan
Sehingga kau merangkak untuk sebuah kesesatan
Yang terpenjara jarum suntik dan kematian
Serta HIV/AIDS yang menggerogoti jiwa pemuda

✨✨✨✨✨

DOR PRICE UNTUK RAKYAT DI AWAL 2017

DOR PRICE UNTUK RAKYAT DI AWAL 2017

Oleh HANIF KRISTIANTO
04/01/2017 Vol.55

Apa kabar rakyat?
Masihkah kau gembira di awal tahun ini?
Bukankah kau telah berpesta?
Hiruk pikuk menghilangkan sengsara sementara
Lalu meniup terompet tanda menerima doorprize di awalnya

Sejenak kita bertatap mata
Memikirkan hidup layaknya di hutan belantara
Tak tahu apakah masih ada masa depan
Jangan-jangan masa depan itu kian suram
Entahlah?

===000====

Dor..! Rakyat ditembak
Price..!! Harga-harga pun berubah
Apa ini memang agenda?
Atau pemaksaan selamanya?

Selamat bagi rakyat
Hidup kita tampaknya kian berat
Pajak STNK dan BPKB dinaikan tiga kali lipat
Pat gulipat cari siasat memalak rakyat
Entahlah, apa masih ada masa depan?

Terus terang listrik terang terus
Niscaya disilaukan dengan kenaikan periodik
Listrik kian menyengat
Rakyat pun siap-siap disikat
Entahlah, apa masih ada masa depan?

Hallo si melon mungil
Kabarmu akan digantikan dengan si merah muda 5 kg non subsidi
Masih teringat tertulis "Hanya Untuk Masyarakat Miskin"
Di tubuh bulatmu yang berwarna hijau
Aku merindukanmu si melon hijau 3 kg

Pajak masih menjadi primadona
Target 2017 sebesar Rp 1498 T
Wow.. eng ing eng
Itu uang atau kertas?
Entahlah, apakah rakyat selalu jadi sapi perah?

Oya, apa aku sedang amnesia jika punya Sumber Daya Alam?
Kemana kiranya itu semua hasilnya?
Bumi,tanah, air, dan isi yang terkandung di dalamnya milik rakyat
Hallo.. ke mana itu semua?
Aku menuntut "RAKYAT MINTA SAHAM DAN HASIL ITU SEMUA"

===000===

2017 rakyat kerja, kerja, dan kerja
2017 rakyat sudah tiada lagi percaya pada sistem yang ada
2017 rakyat berharap pada Islam saja
2017 rakyat siap berjuang menuntut kedaulatannya
2017 tahun panjang dalam suatu perjuangan
2017 mailstone menuju tangga kedaulatan Islam
2017 redup dan kelam demokrasi hitam
2017 kapitalisme masuk ke jurang dalam

2017 munajat cinta pada Allah Sang Pencipta
2017 hidup dalam ketiadapastian
Namun tak lekang dalam menjemput pertolongan

Kapan pertolongan itu datang?
Sabarlah!
Karena pertolongan Allah begitu dekat
Sedekat pipi menempel 0 cm

2017 rakyat mendapat DOORPRIZE berupa DOR PRICE!
~~~~~~~~~~~~~~~

NEGERIKU SERIBU LUBANG DI JALAN DARATAN

*NEGERIKU SERIBU LUBANG DI JALAN DARATAN*

Oleh HANIF KRISTIANTO
05/01/2017 Vol.56

»»»»»»»»»»»»»»»»»»»
_Teruntuk Mereka yang Luka dan Tuan yang Alpa_
«««««««««««««««««««

Dari Anyer hingga Panarukan
Kenangan jalan masa pejajahan
Tuan Dandles membangun dengan kerja rodi
Rakyat dipaksa takluk pada penjajah

Dari Anyer hingga Panarukan
Jalanan lancar demi langgengnya penjajahan
Maksud hati memberi roti
Rakyat cuma incip-incip jalan mulus nan halus

Kawan, pernahkah kau keliling Negeriku
Ada jalan lingkar namanya
Hingga jalan pantai sebutan terkenalnya
Jalan-jalanlah biar kau tahu jalan-jalan

===000===

Negeri ku penuh jalan berliku
Negeri ku penuh jalan berlubang
Negeri ku penuh jalan bebatuan
Negeri ku penuh jalan tambal sulam

Apakah kau merasakannya?
Berkendara layaknya berpacu kuda
Ada seni untuk menghindari jebakan ranjau

Tuan, jalan negeri ku bukanlah SHIROTOL MUSTAQIM
Tuan, jalan negeri ku bukan jalan ke surga
Tuan, negeri ku kini menawarkan destinasi baru
"NEGERI DENGAN SERIBU LUBANG"

===000===

Lapor, Tuan!
Ini musim penghujan
Jalanan rusak dan berlubang
Aspal mengelupas seperti luka yang menganga
Adakah kau LUPA?

Tidak kasihan kah Tuan?
Melihat pengendara motor tergelempang
As roda mobil dan truk patah
Jatuh korban pun tiada terkira
Hingga jalan lubang ditanam pohon pisang
Diberi tanda sebagai bentuk protes warga

Lapor, Tuan!
Cukupkan diri untuk sibuk beralasan
Ditambah lagi tender dalam urusan perbaikan
Ingat! Ini urusan keselamatan dan kemanusiaan
Bukan urusan citra bagi Tuan yang sedang berkuasa

Lapor, Tuan!
Berhentilah melempar tanggung yang kau tak sanggup jawab
Ini jalan tak perlu dilempar-lempar:
Jalan wewenang Pusat lah
Jalan wewenang provinsi lah
Jalan wewenang kabupaten lah
Jalan wewenang kecamatan lah
Jalan wewenang desa lah

Ini jalan milik umum
Tuan lah yang berkewajiban untuk menjaga dan merawatnya
Tuan lah yang harus mengurus itu semua

Kami capek
Kami boring
Kami bete
Kami memble
Kami bukan kaum alay

===000===

Aha.... Teringatku pada suatu pesan berharga
Umar Sang Khalifah pernah berkata:
" Demi Allah, seandainya seekor keledai di irak terperosok jatuh lantaran jalan yang dilaluinya rusak, aku takut akan diminta pertanggungan jawabnya oleh Allah di hari kiamat."

O...Umar bin Khattab
Di mana sosok seperti mu kini berada
Kami merindu Umar-Umar baru
Di zaman yang sudah kelabu
O... Umar bin Khattab
Namamu senantiasa kami panggil dalam pergantian salat tarawih
Bukti rindu pelayan dan pemimpin sepertimu

Tidak kah Tuan mengambil suatu pelajaran?
Penguasa itu bukan Pengusaha
Pemerintah itu bukan saja merintah
Penguasa itu melayani kebutuhan rakyatnya
Melayani seperti PENGGEMBALA pada binatang PIARAANYA

Lapor, Tuan!
Lanjutkan!

~~~~~~~~~~~~

persembahan sebuah Antologi AMUNISI KATA

[ Assalamualaikum]

Pagi cerah menyambut sinar mentari dunia
Karunia Allah di atas segalanya
Kami mencoba berbagi ilmu, inspirasi, dan pesan konstruktif melalui persembahan sebuah Antologi AMUNISI KATA.

Menulis melalui Whatsapp pun tiada masalah
Asal niatan MAU dan MAMPU semua bisa.

Kumpulan
1. AMUNISI KATA MELALUI AL MAIDAH YANG MENDUNIA

2. AMUNISI KATA PROPAGANDA 212 DAN KALEIDOSKOP 2016

Selamat menikmati, khususnya bagi yang belum mengikuti sejak awal

Wassalamu'alaikum.wr.wb

Remaja Prestasi, Remaja yang Bervisi

*Remaja Prestasi, Remaja yang Bervisi*

Oleh Abu Yafi’ Romadhon ( Guru dan Pemerhati Remaja)

Ketika sebuah pertanyaan dilontarkan di depan kelas: “Apa harapan Anda di tahun baru?” tidak ada jawaban satu kata patah pun. Yang terjadi malah saling pandang satu sama lainnya. Karena memang tidak terpikir sama sekali tentang harapan bagi remaja sekarang akan masa depan. Inilah kondisi generasi sekarang yang miskin visi ke depan.

Bagi mayoritas pemuda, hiduo mereka mengalir, mengikuti apa yang ada. Seolah hidup ini tiada berujung. Fenomena ‘OM TELOLET OM’ menjadi tanda bahwa masih banyak yang latah. Remaja pun bergerombol mempraktikannya. Faktanya di tepi-tepi jalan bergerombol sambil membentang tulisan ‘OM TELOLET OM’. Klakson dibunyikan, hati mereka riang tak kepalang. Sungguh memprihatinkan jika energi muda meraka digunakan untuk hal yang tiada bermanfaat.

Visi atau harapan adalah sangat penting dimiliki pemuda dan remaja. Jangan ngaku hidup jika tak bercisi dan berprestasi. Dengan visi dan harapan remaja akan memiliki tujuan hidup. Mereka akan mampu menjawab: Dari mana aku berasal? Untuk apa aku hidup? Dan akan ke mana setelah hidup? Remaja seperti itu tidak mudah terpengaruh dan dijauhkan dari visi hidup yang sahih. Jika remaja mampu memiliki visi hidup sesuai Islam. Maka pada akhirnya akan terwujud generasi berkualitas plus prestasi. Generasi kuat aqidah dan taat syariah-Nya.

Demi mendukung terwujudnya generasi berkualitas dan bervisi. Maka dibutuhkan habitat yang bagus untuk menumbuh-suburkan mereka berprestasi. Lingkungan yang baik akan menghasilkan generasi yang baik. Nah, ini tugas kita semua untuk mewujudkan lingkungan itu. Hal ini dilakukan dengan turut serta memberikan pencerahan kepada mereka dengan cahaya Islam. Mengajak mereka mengikuti pembinaan Islam. Kemudian dilatih dengan dakwah Islam. Sehingga habis gelap terbitlah terang!

"Budaya atau kebudayaan" Soal Latihan Ilmu Pengetahuan Sosial SD dari bank soal

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Budaya atau kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan atau kreasi dari ….
a. Tuhan               c. binatang
b. manusia               d. malaikat

2. Bhineka Tunggal Ika artinya ….
a. berbeda tetapi sama
b. perbedaan dalam persamaan
c. berbeda-beda tetapi tetap satu
d. sama namun berbeda-beda

3. Keragaman suku dan budaya yang kita miliki merupakan satu kesatuan untuk ….
a. berselisih               c. beradu
b. bertengkar               d. bersatu
4. Serimpi, Kecak, Saman, Piring adalah nama ….
a. lagu daerah               c. tarian daerah
b. bahasa daerah               d. alat musik

5. Angklung, Tifa, Gamelan, Kolintang adalah nama ….
a. lagu daerah               c. tarian adat
b. senjata tradisional               d. alat musik tradisional

6. Yang merupakan judul lagu daerah adalah ….
a. Kethoprak               c. Bungong Jeumpa
b. Cakalele               d. Rencong

7. Cara menghargai keragaman agama yang ada adalah dengan cara ….
a. pura-pura tidak tahu
b. mengikuti ibadah agama orang lain
c. mengotori tempat ibadah agama orang lain
d. tidak gaduh jika ada orang lain yang beribadah

8. Bahasa yang disepakati oleh suatu negara menjadi bahasa resmi kenegaraan disebut ….
a. bahasa daerah               c. bahasa internasional
c. bahasa nasional               d. bahasa pergaulan

9. Sekumpulan masyarakat yang memiliki tradisi dan adat-istiadat yang sama disebut ....
a. paguyuban               c. patembayan
b. suku bangsa               d. budaya

10. Rencong, Mandau, dan Clurit adalah nama ....
a. lagu daerah               c. pakaian adat
b. tarian daerah               d. senjata tradisional

11. Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah ....
a. menghapuskan semua perbedaan
b. memandang rendah suku dan budaya lain
c. menganggap suku dan budaya sendiri sebagai yang paling baik
d. menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa

12. Budaya bangsa atau nasional bersumber dari budaya ....
a. Jawa               c. daerah
b. Melayu               d. Cina

13. Bersatu kita teguh bercerai kita ....
a. jatuh               c. bersama
b. runtuh               d. rugi

14. Lambang negara Indonesia adalah ....
a. Garuda Pancasila               c. Pancasila
b. Bhinneka Tunggal Ika               d. UUD 1945

15. Salah satu cara memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dapat ditempuh melalui ....
a. kerja sama intern umat beragama
b. hubungan baik antara pemuka agama
c. dialog antaragama yang berbeda
d. kerja sama antarumat beragama

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Nasi liwet merupakan makanan khas dari daerah ….
2. Dengan orang yang beragama lain kita harus saling ….
3. Kalimat Bhineka Tunggal Ika diambil dari kitab ….
4. Semboyan negara Indonesia adalah …
6. Situmorang, Butet, Siahaan adalah nama khas suku ….
7. Bahasa yang digunakan oleh suatu suku atau masyarakat tertentu disebut ….
8. NKRI singkatan dari ….
9. Rumah adat di daerahmu adalah ….
10. Lagu yang berasal dari daerahmu adalah ….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan 5 bentuk keragaman budaya Indonesia!
2. Bagaimana sikap kita dalam menghadapi keragaman suku dan budaya yang ada?
3. Apa yang terjadi bila antar suku bangsa tidak saling menghargai dan saling mengutamakan kepentingan daerah masing-masing?
4. Pakaian adat biasanya dipakai pada acara apa saja?
5. Pada acara apa tarian daerah biasanya ditampilkan?

"sumber daya alam" Soal Latihan Ilmu Pengetahuan Sosial SD dari bank soal

A. Ayo menjawab pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?
2. Mengapa air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui?
3. Sebutkan sumber daya alam yang termasuk sumber daya energi!
4. Sebutkan manfaat dari tanaman hutan!
5. Sebutkan hasil-hasil pengolahan minyak bumi!

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Laut yang menjorok ke daratan disebut ….
2. Antara pulau Jawa dan Bali dihubungkan dengan selat ….
3. Gempa yang pusatnya di dasar laut dapat menyebabkan gelombang pasang atau ….
4. Batu kerikil yang keluar dari gunung disebut ….
5. Erosi pada tanah miring dapat dicegah dengan membuat …
6. Menebang hutan secara liar dapat menyebabkan …….
7. Alat untuk mengukur kekuatan gempa disebut ….
8. Manfaat dari gunung meletus adalah …
9. Cairan panas yang keluar dari gunung meletus disebut ....
10. Air campuran antara air tawar dan air asin disebut ….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan contoh kenampakan alam wilayah daratan!
2. Sebutkan perbuatan manusia yang dapat merusak lingkungan!
3. Sebutkan akibat dari gunung meletus!
4. Apa yang dimaksud dengan tsunami?
5. Sebutkan 3 bentuk kehidupan sosial budaya yang dipengaruhi kenampakan alam!

Belajar Globalisasi di Rumah

ayo kita mulai belajar kita
 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |