[iklan]

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 3

1.    Aisyah selalu besar hati dalam segala hai, meskipun daiam keadaan susah, banyak masalah, dia senantiasa berharap kepada Allah SWT untuk mendapatkan pertolongan dan ridha-Nya. Melalui pernyataan itu, dapat disimpulkan bahwa Aisyah termasuk orang yang selalu ... kepada Allah SWT.
A.    raja'                                                                                                    
B.    sabar                                                                                                              
C.    tawakal                                                                                                    
D.    taubat                                                                                                          
E.    iman

C. Tawakal adalah sikap percaya dan bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam segala urusan. Tawakal merupakan salah satu dari empat pilar iman yang terdapat dalam hadis Jibril.
D. Taubat adalah bertaubat atau kembali kepada Allah dengan sungguh-sungguh setelah melakukan dosa atau kesalahan. Taubat merupakan salah satu bentuk pengakuan dosa dan penyesalan yang diiringi dengan tekad untuk memperbaiki diri di masa yang akan datang.
E. Iman adalah keyakinan yang kuat terhadap keesaan Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat dan qadha' dan qadar Allah SWT. Iman merupakan salah satu dari enam rukun iman yang wajib dipercayai oleh umat Islam.


2.    Perhatikan pernyataan di bawah ini yang kandungan isinya bermakna taubat dan raja'
1) Mengharap ridha Allah SWT
2)  Tafakur kepada alam semesta
3) Berjanji untuk tidak mengulangi dosa
4)  Berusaha secara sungguh-sungguh
5)  Selalu berserah din kepada Allah SWT
Pernyataan yang termasuk sikap raja'adalah nomor... .
A.    1 dan 2
B.    1 dan 3
C.    1 dan 4
D.    1 dan 5
E.    2 dan 5

3.    Amin siswa kelas X SMK, dia termasuk anak yang faham dan mengamalkan ajaran agama dengan baik. Contohnya, apabila dia berwudu menggunakan air seperlunya, menggunakan uang jajan seperlunya bahkan dia dapat menabung di koperasi sekolah. Sikap yang dilakukan oleh Amin menunjukkan tidak berlebih-iebihan. Sikap berlebihan dalam ilmu akhlak dikenai dengan ....
A.    raja'
B.    sabar
C.    tamyiz
D.    syirik
E.    israf

A. Raja' adalah doa yang diucapkan oleh seseorang kepada Allah SWT dengan memohon sesuatu yang diinginkan, namun tetap berada dalam kerangka ketaatan dan ketundukan kepada Allah.
B. Sabar adalah sikap menahan diri dan tetap tenang dalam menghadapi cobaan atau kesulitan, serta tetap berusaha untuk menjalankan kewajiban dan meningkatkan kualitas diri.
C. Tamyiz adalah kemampuan untuk membedakan antara yang benar dan salah, baik dan buruk, halal dan haram, serta mampu memilih yang terbaik untuk diambil atau dilakukan.
D. Syirik adalah dosa besar dalam agama Islam yang berarti mempersekutukan Allah dengan sesuatu atau seseorang, seperti menyembah berhala atau manusia.
E. Israf adalah perbuatan memboroskan harta atau sumber daya yang dimiliki tanpa kepentingan yang jelas atau melebihi batas yang seharusnya. Israf termasuk salah satu perbuatan tercela dalam agama Islam.

4.    Abdullah merupakan siswa yang seialu membeli HP keluaran terbaru, walau HP yang lama masih bagus untukdipakai. Pola hidup Abdullah menunjukkan sikap ...
A.    riya                                                                                                                
B.    hasud                                                                                                            
C.    tabzir                                                                                                      
D.    inanah                                                                                                          
E.    muflish

A. Riya adalah perbuatan menampakkan ibadah atau amal kepada orang lain semata-mata untuk mendapatkan pujian atau penghargaan, bukan karena ingin mendekatkan diri kepada Allah.
B. Hasud atau dengki adalah perasaan iri terhadap orang lain karena memiliki sesuatu yang diinginkan sendiri atau merasa lebih baik daripada orang lain.
C. Tabzir adalah perbuatan membuang-buang harta dan sumber daya yang dimiliki tanpa tujuan yang jelas atau tidak bermanfaat.
D. Inanah adalah kepercayaan yang salah atau tidak benar terhadap sesuatu yang diyakini, baik itu terhadap keyakinan agama maupun hal-hal lainnya.
E. Muflis adalah seseorang yang kekurangan harta sehingga tidak mampu untuk membayar hutang atau membayar zakat wajib yang seharusnya ia keluarkan.

5.    Berlari-lari kecil antara bukit shofa dan marwa disebut...
A.    ihram
B.    Tawaf
C.    wukuf
D.    Tahalul
E.    Sa’i 

A. Ihram adalah suatu kondisi suci yang harus dipenuhi oleh jamaah haji atau umrah sebelum melakukan rangkaian ibadah tertentu. Kondisi ihram dicapai dengan mengucapkan niat dan melakukan beberapa tindakan seperti mengenakan pakaian ihram dan melakukan beberapa pembatasan tertentu.

B. Tawaf adalah salah satu ritual ibadah dalam Islam yang dilakukan dengan mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram sebanyak tujuh kali. Tawaf merupakan bagian penting dalam ibadah haji dan umrah.

C. Wukuf adalah berhenti atau tinggal di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah bagi jamaah haji. Wukuf merupakan salah satu rukun dalam ibadah haji yang harus dilaksanakan oleh jamaah haji pada saat itu.

D. Tahalul adalah melepas ihram yang dilakukan oleh jamaah haji setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji, termasuk melontar jumrah akhir dan menggundulkan rambut kepala. Setelah melakukan tahalul, jamaah haji diperbolehkan melakukan beberapa hal yang sebelumnya dibatasi saat dalam kondisi ihram.

E. Sa'i adalah ritual ibadah dalam Islam yang dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa'i dilakukan setelah tawaf dan merupakan bagian dari rangkaian ibadah umrah dan haji.

6.    Pernyataan berikut yang termasuk fungsi Hadits terhadap AI-Qur'an adalah ...
A.    Menetapkan hukum-hukum yang baru                                  
B.    Menjelaskan ayat-ayat yang bersifat umum                              
C.    Mengurangi jangkauan suatu ayat hukum                              
D.    Meluruskan ayat yang mengandung kekurangan                  
E.    Menambahkan ketentuan dari suatu ayat

7.    Dalam kehidupan sehari-hari masih banyak masalah yang belum ada hukumnya. Untuk itu, para ulama berupaya menetapkan hukum dengan tetap mengacu kepada Al Qur'an dan As Sunnah. Ketetapan hukum yang dihasilkan para ulama tersebut dinamakan ....
A.    qiyas                                                                                                                
B.    istishlah                                                                                                          
C.    tafsir                                                                                                          
D.    ihtihsan                                                                                                              
E.    ijtihad
Jawaban: E. Ijtihad.

A. Qiyas
Qiyas merupakan istilah dalam fikih Islam yang berarti menetapkan hukum suatu perkara yang belum ada ketentuannya dalam Al-Qur'an maupun Hadis, dengan membandingkan perkara tersebut dengan perkara yang sudah ada ketentuannya dalam sumber-sumber hukum Islam tersebut.

B. Istishlah
Istishlah adalah istilah fikih Islam yang berarti menetapkan hukum yang dianggap maslahat atau manfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu yang panjang, meskipun tidak terdapat dalil yang secara jelas mengatur masalah tersebut dalam Al-Qur'an maupun Hadis.

C. Tafsir
Tafsir adalah istilah dalam ilmu Al-Qur'an yang berarti penjelasan atau interpretasi terhadap makna ayat-ayat Al-Qur'an. Tafsir dilakukan dengan menggunakan dalil-dalil yang berasal dari Al-Qur'an itu sendiri, Hadis, sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, serta ilmu-ilmu terkait lainnya.

D. Ihtiyat
Ihtiyat adalah istilah fikih Islam yang berarti mengambil tindakan pencegahan terhadap segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian, meskipun belum ada ketentuan hukum yang secara tegas mengatur masalah tersebut.

E. Ijtihad
Ijtihad adalah istilah dalam fikih Islam yang berarti upaya memahami dan menetapkan hukum Islam dengan menggunakan akal dan usaha keras dalam mengkaji sumber-sumber hukum Islam seperti Al-Qur'an, Hadis, dan prinsip-prinsip fikih Islam lainnya. Ijtihad biasanya dilakukan oleh para ulama dan ahli fikih Islam.

8.    Jual beli harus dilakukan sesuai dengan ketentuan di antaranya rukun jual-beli. Hal yang termasuk rukun jual beii adalah…
A.    penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan, ijab kabul antara penjual dan pembeli                      
B.    penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan, alat penukar, dan ijab kabul penjual              
C.    penjual, barang yang diperjualbelikan, alat penukar dan ijab kabul penjual dan pembeli                
D.    pembeli, barang yang diperjualbelikan, aiat penukar dan ijab kabul penjual dan pembeli            
E.    penjual dan pembeli, alat penukar dan ijab kabui antara penjual dan pembeli

9.    Islam   sangat   memuji   orang   yang   berusaha   keras   mencari   rezeki,   akan   tetapi   Islam mengharamkan praktek riba, sebab riba menimbulkan ....
A.    perkembangan perekonomian dan perputaran uang menjadi cepat.
B.    banyak orang yang dirugikan serta kesengsaraan yang berkepanjangan
C.    orang kesulitan merasa senang karena cepat mendapat uang pinjaman.
D.    sistem perbankan syariah tidak menguntungkan dan lumpuh
E.    kekeluargaan antara peminjam dengan orang yang meminjamkan
Jawaban: B. Banyak orang yang dirugikan serta kesengsaraan yang berkepanjangan.

10.    Keberhasilan usaha ditentukan oleh sumber daya manusia. Meskipun tidak menafikan pentingnya modal usaha. Berikut ini yang termasuk makna dari Syirkah /nan, yaitu ....
A.  Usaha bersama melalui penyertaan modal; keuntungan dibagi sesuai kesepakatan
 B.  Paroan kebun antara penggarap kebun dengan pemilik kebun sesuai kadar perjanjian                  
C.  Paroan sawah; bibit dari penggarap dan keuntungan dibagi menurut pemiiik sawah                          D.  Paroan sawah; bibit dari pemilik sawah dan keuntungan dibagi menurut aturan normal                       E.  Usaha bersama dalam mengerjakan jasa tertentu; hasilnya dibagi berdasarkan aturan
Jawaban: A. Usaha bersama melalui penyertaan modal; keuntungan dibagi sesuai kesepakatan.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE