[iklan]

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 2 + Jawaban


1.    Hari kiamat pasti akan datang, namun hanya Allah-lah yang tahu kapan kiamat akan terjadi, kewajiban manusia adalah mengimaninya, Berikut ini merupakan tanda-tanda berirnan kepada hari akhir, kecuali...
A.    mengabaikan ibadah karena mengganggu konsentrasi
B.    tetap beramal meski kondisi terasa semakin sulit
C.    sangat berhati-hati dalam menjalani kehidupan
D.    terus berinfak baik diminta maupun tidak
E.    shalat dikerjakan walaupun letih/sakit

2.    Di bawah ini merupakan perilaku orang yang beriman kepada hari akhir....
A.    memiliki rasa khouf terhadap ancaman siska dari Allah SWT
B.    selalu berbuat baik supaya nanti mendapatkan kebaikan pula
C.    selalu taat dan patuh kepada semua orang
D.    bergaul dengan orang tertentu saja
E.    tak mau bergaul dengan orang kafir

3.    Setiap muslim wajib meyakini akan terjadinya hari akhir, dan hai ini dapat dilihat dari sikapnya yang menunjukkan iman kepada hari akhir, yaitu ....
A.    selalu santai dalam melakukan setiap kegiatan
B.    tergesa-gesa daiam menyelesaikan tugas pribadi
C.    percaya diri sehingga tidak mau mendengar masukan
D.    berhati-hati dan selalu menjaga diri dari perbuatan maksiat
E.    percaya diri dan selalu optimis sehingga tidak perlu bantuan orang lain

4.    Kelompok orang-orang yang berhak menerima zakat disebut...
A.    muzaki  
B.    Mualaf
C.    musafir  
D.    Zakat
E.    Mustahik

A. Muzaki: Orang yang memberikan zakat, yaitu harta yang dikeluarkan untuk dibagikan kepada golongan yang berhak menerima (mustahik) dalam rangka membantu meringankan beban kehidupan mereka.

B. Mualaf: Orang yang memeluk agama Islam setelah sebelumnya beragama lain.

C. Musafir: Orang yang melakukan perjalanan jauh minimal 80 km atau lebih, dengan maksud tertentu misalnya untuk berdagang, bekerja, atau berwisata.

D. Zakat: Salah satu rukun Islam yang mewajibkan umat Muslim untuk mengeluarkan sebagian harta yang dimilikinya untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima (mustahik).

E. Mustahik: Golongan yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin, orang yang terlilit hutang, anak yatim, janda, dan lain sebagainya.

5.    Setiap manusia harus menerima segala ketentuan Allah dan menerapkannya dalam kehidupan   sehari-hari. Berikut ini yang tidak termasuk hikmah beriman kepada qadha dan qadar, adalah..
A.    senantiasa berikhtiar dan berdo'a
B.    menumbuhkan sikap optimis dalam hidup                                                                          
C.    meningkatkan sikap hidup yang produktif                                                                          
D.    meningkatkan sikap hidup yang qana'ah                                                                      
E.    meningkatkan iman kepada hari akhir
Menurut saya yang tidak termasuk hikmah beriman kepada qadha dan qadar adalah E) meningkatkan iman kepada hari akhir. Hikmah beriman kepada qadha dan qadar adalah kita dapat menghadapi segala cobaan dan musibah dengan sikap sabar dan ridha, serta tetap berusaha dan berdoa.

6.    Qadha ialah kehendak Allah SWT mengenai segala keadaan, kebaikan dan keburukan sesuai dengan yang diciptakan dan tidak akan berubah sampai terwujudnya kehendak tersebut. Sedangkan qadar adalah perwujudan kehendak Allah SWT terhadap semua makhluk-Nya dalam bentuk-bentuk dan batasan tertentu baik mengenai zat maupun sifatnya. Berikut ini yang termasuk takdir muallaq adalah ....
A.    jenis kelamin
B.    keimanan
C.    wafat
D.    orang tua
E.    kelahiran
Takdir muallaq adalah takdir yang bisa berubah, dan dipengaruhi oleh perbuatan manusia. Berdasarkan pilihan jawaban, yang termasuk takdir muallaq adalah B) keimanan.

7.    Ibu Aminah tukang cuci pakaian di beberapa rumah tetangga yang membutuhkan tenaganya, dia termasuk masyarakat miskin, tetapi ia selalu rajin bekerja dan berdoa mengharapkan anugerah Allah SWT., karena dia yakin Allah SWT akan memberikan kemudahan dan mengabulkan doanya. Perilaku dia seperti itu termasuk ... kepada Allah SWT.
A.    sabar                                                                                                        
B.    tawakal                                                                                                      
C.    husnuzhan                                                                                                            
D.    ikhlas                                                                                          
E.    taqwa
Perilaku Ibu Aminah termasuk tawakal kepada Allah SWT. Tawakal adalah sikap berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dan mengharapkan segala kebutuhan dan perlindungan hanya dari-Nya, namun tetap berusaha dan berikhtiar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

A. Sabar: adalah sikap menahan diri dan tidak cepat putus asa dalam menghadapi kesulitan, rintangan, atau cobaan dalam kehidupan. Sabar merupakan salah satu karakter positif yang sangat dihargai dalam Islam.

B. Tawakal: adalah sikap pasrah dan percaya sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi segala sesuatu. Tawakal mencakup usaha, doa, dan keyakinan bahwa hasil akhir adalah kehendak Allah.

C. Husnuzhan: adalah sikap berprasangka baik kepada sesama manusia dan merasa optimis bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Husnuzhan menumbuhkan rasa saling percaya dan harmoni dalam masyarakat.

D. Ikhlas: adalah sikap tulus dan ikhlas dalam melakukan segala sesuatu hanya untuk Allah semata. Ikhlas merupakan prinsip penting dalam Islam karena segala amal ibadah hanya akan diterima oleh Allah jika dilakukan dengan ikhlas.

E. Taqwa: adalah sikap bertakwa atau taat kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Taqwa merupakan dasar dari keimanan dan merupakan kunci kesuksesan di dunia dan akhirat.

8.    Salah satu contoh akhlak karimah adalah memiliki sikap baik sangka terhadap teman-temannya. Dalam istilah akhlak sikap tersebut dikenal dengan...
A.    ihsan                                                                                                        
B.    khusnuzhon                                                                                                            
C.    adil                                                                                                        
D.    amanah                                                                                                                      
E.    roja 

A. Ihsan adalah konsep dalam Islam yang mengajarkan manusia untuk beribadah dengan kesadaran bahwa Allah senantiasa mengawasi dan mengetahui setiap perbuatan dan pikiran mereka. Ihsan berarti melakukan ibadah dengan sepenuh hati dan kesadaran, serta dengan keyakinan bahwa Allah selalu hadir dalam setiap aspek kehidupan manusia.

B. Khusnuzhon adalah sikap positif dan optimis terhadap orang lain. Dalam Islam, khusnuzhon dianjurkan sebagai prinsip dasar dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Sikap khusnuzhon mengajarkan manusia untuk menganggap orang lain baik dan berakhlak baik, kecuali jika ada bukti yang menunjukkan sebaliknya.

C. Adil berarti berlaku adil dan merata dalam berbagai hal, baik dalam memenuhi hak-hak manusia maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam Islam, adil merupakan prinsip yang sangat penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik.

D. Amanah berarti bertanggung jawab dan jujur dalam menjalankan tugas atau amanah yang diberikan. Dalam Islam, amanah dianjurkan sebagai prinsip dasar dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam hal pekerjaan, bisnis, maupun dalam hubungan sosial.

9.    Berikut ini merupakan sikap orang yang telah bertaubat…
A.    senantiasa bersenandung istigfar
B.    kata-katanya mengandung penyesalan                                                                            
C.    meninggalkan teman-teman pergaulannya                                  
D.    meningkatkan amal ibadah di sisi Allah                                        
E.    terlihat lebih alim dalam pakaian
Jawaban yang benar adalah D, yaitu meningkatkan amal ibadah di sisi Allah. Orang yang telah bertaubat akan berusaha meningkatkan amal ibadahnya dan menjauhi perbuatan dosa serta selalu beristighfar dan berdoa memohon pengampunan dari Allah SWT.

10.    Ahmad merupakan anak yang suka minta maaf jika berbuat bersalah. Terkadang dia meneteskan air matanya, karena takut kepada azab Allah SWT. Dia sering bangun malam untuk shalaf tahajud untuk menambah ibadahnya. Kisah ini menggambarkan bahwa Ahmad sedang membiasakan…
A.    bersyukur
B.    bersabar
C.    bertawakal
D.    bertaubat
E.    beriman
Jawaban yang benar adalah D, yaitu bertaubat. Ahmad sedang memperbaiki dirinya dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadahnya, bangun malam untuk shalat tahajud, serta menangisi dosa-dosanya. Hal ini merupakan bentuk bertaubat dan memperbaiki diri untuk lebih dekat dengan Allah SWT.
2 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE