[iklan]

Kombinasi Lentur dan Gaya Aksial (Penggunaan Konstruksi Baja)

Penggunaan Konstruksi Baja : Dasar Perencanaan Struktur Baja

Batang Tarik

Batang Tekan

Batang Lentur

Kombinasi Lentur dan Gaya Aksial 

Batang pada struktur umumnya mengalami momen lentur dan beban aksial, baik tarik maupun tekan. Jika salah satu pengaruhnya relatif kecil, seringkali diabaikan, dan batang direncanakan sebagai balok, kolom dengan beban aksial, atau batang tarik. Namun, dalam banyak kasus, kedua pengaruh tersebut harus diperhitungkan, terutama dalam perencanaan batang yang memikul tekanan aksial dan momen lentur, yang disebut balok-kolom.


Ketika lentur terjadi, faktor-faktor seperti lentur, geser, dan torsi (puntiran) berlaku, terutama yang berkaitan dengan stabilitas, seperti tekuk puntir lateral dan tekuk setempat pada elemen tekan. Gabungan lentur dan tekanan aksial menghasilkan berbagai mode kegagalan, termasuk kegagalan akibat leleh pada tarikan aksial, ketidakstabilan pada bidang lentur tanpa puntir (contoh: balok-kolom dengan beban transversal yang stabil terhadap tekuk puntir lateral), atau ketidakstabilan pada bidang lentur karena tekuk puntir lateral (contoh: profil W). Ada juga kegagalan yang disebabkan oleh gabungan puntir dan lentur pada penampang terbuka berdinding tipis.

Karena beragamnya mode kegagalan, prosedur perencanaan yang sederhana seringkali tidak mencakup semua kelakuan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, terdapat beberapa pendekatan perencanaan yang dapat digunakan, termasuk pembatasan tegangan gabungan, rumus interaksi semi-empiris berdasarkan metode tegangan kerja (working stress), dan prosedur interaksi semi-empiris berdasarkan kekuatan batas. Persamaan interaksi, seperti yang terdapat dalam spesifikasi AISC untuk balok-kolom, mendekati perilaku yang sebenarnya karena mempertimbangkan kondisi stabilitas yang sering dijumpai.

Gelagar Plat

Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan



0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE