Mengenal Kayu sebagai Bahan Furnitur : RANGKUMAN

 Rangkuman Pengertian Kayu:

Dalam kehidupan sehari-hari, kayu adalah bahan yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Kayu memiliki beberapa sifat umum, di antaranya:

1. Pengaturan vertikal dan simetri radial pada batang pohon.

2. Kayu tersusun dari sel-sel dengan tipe yang beragam, mengandung selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

3. Bersifat anisotropik, artinya sifat kayu berbeda dalam pengujian dari tiga sudut: radial, tangensial, dan axial.

4. Kayu bersifat higroskopik, dapat menyerap atau melepaskan kelembaban akibat perubahan suhu dan kelembaban udara di sekitarnya.

5. Rentan terhadap serangan mahluk hidup perusak kayu dan mudah terbakar jika dalam keadaan kering.



Sifat Fisik Kayu:

Sifat fisik kayu mencakup berat jenis, kelas kuat, kelas awet, dan penyusutan. Berat jenis mengacu pada berat kayu per satuan volume. Kelas kuat menunjukkan daya tahan kayu terhadap beban atau tekanan. Kelas awet menandakan tingkat ketahanan kayu terhadap pengaruh lingkungan. Sedangkan penyusutan mengacu pada perubahan dimensi kayu karena perubahan kelembaban. Semua sifat fisik ini memengaruhi kualitas dan kegunaan kayu dalam berbagai proyek dan pembuatan barang.


Sifat Mekanik Kayu:

Sifat mekanik kayu adalah kemampuannya untuk menahan beban atau tekanan dari luar. Contohnya adalah kemampuan kayu menahan gaya-gaya yang bisa mengubah bentuk dan ukurannya. Beberapa sifat mekanik kayu meliputi:

1. Keteguhan tarik, kemampuan kayu menahan gaya tarik.

2. Keteguhan tekan/kompresi, kemampuan kayu menahan gaya tekan.

3. Keteguhan geser, kemampuan kayu menahan gesekan.

4. Keteguhan lengkung (lentur), kemampuan kayu menahan lenturan atau bengkok.

5. Kekakuan, kemampuan kayu untuk tidak mudah mengalami perubahan bentuk.

6. Keuletan, kemampuan kayu untuk tidak mudah patah atau retak.

7. Kekuatan, kemampuan kayu untuk menahan beban tanpa mengalami kerusakan.

8. Keteguhan belah, kemampuan kayu untuk menahan gaya belah atau belah diri.


Sifat Kimia Kayu:

Sifat kimia kayu terkait dengan kandungan air dan kelabilannya terhadap suhu dan cuaca. Kayu mengandung air dalam jumlah bervariasi, dan kadar air kayu dinyatakan sebagai persentase berat kayu kering udara dibandingkan berat kayu dalam kondisi segar. Kandungan air dalam kayu membuatnya mengalami penyusutan ketika terjadi perubahan suhu dan cuaca. Penyusutan ini terjadi dengan pola berbeda-beda tergantung arah pembelahan kayu. Beberapa jenis penyusutan kayu meliputi:

1. Penyusutan arah Tangensial, penyusutan searah dengan arah lingkaran tahun kayu, berkisar antara 4,3% - 14%.

2. Penyusutan arah Radial, penyusutan searah dengan jari-jari kayu atau memotong tegak lurus lingkaran tahun, berkisar antara 2,1% - 8,5%.

3. Penyusutan arah Axial, penyusutan searah dengan panjang kayu, berkisar antara 0,1% - 0,3%.

Kedua sifat ini memengaruhi kekuatan dan penggunaan kayu dalam berbagai proyek dan keperluan.


Jenis kayu

Berikut adalah beberapa jenis kayu yang umum ditemukan di perdagangan untuk digunakan sebagai bahan konstruksi dan mebel:

1. Kayu Jati

2. Kayu Makhoni

3. Kayu Sonokeling

4. Kayu Suren

5. Kayu Sungkai

6. Kayu Bangkirai

7. Kayu Keruing

8. Kayu Bayur

9. Kayu Bintangur

10. Kayu Durian

11. Kayu Pulai

12. Kayu Ramin

Jenis-jenis kayu ini memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda-beda, sehingga sering digunakan dalam berbagai proyek pembangunan atau pembuatan mebel.


Tugas 

Tugas kalian adalah mengumpulkan jenis-jenis kayu yang kalian temukan. Amati sifat-sifat yang terlihat pada kayu-kayu tersebut, baik sifat fisiknya, sifat mekaniknya, maupun sifat kimianya. Jangan lupa tandai dengan nama kayu yang kalian kenali. Jika ada hal yang kurang jelas, tanyakan pada nara sumber yang kalian anggap bisa memberikan informasi yang akurat. Selamat mengerjakan tugasnya!


Tes Formatif

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sifat fisik kayu.

2. Apa yang terjadi jika kayu yang digunakan untuk membuat mebel memiliki sifat mekanik fisik yang tidak mendukung, misalnya sifat higroskopis yang tinggi?

3. Amati tekstur yang ada pada kayu jati dan kayu keruing.


Selengkapnya tentang : Mengenal Kayu sebagai Bahan Furnitur



Jasa Konstruksi Konsultasi Klasifikasi Analisa Teknis (AT) : Klasifikasi Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Klasifikasi Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi Konsultasi Klasifikasi Analisa Teknis (AT)

Klasifikasi Pengujian dan Analisa Teknis (AT)

KODE SUBKLASIFIKASI: AT001

KODE KBLI: 71102

JUDUL KBLI:

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Geologi, Geofisika, dan Geokimia

RUANG LINGKUP:



Kelompok ini mencakup kegiatan pengujian dan analisis teknis dalam bidang geologi, geofisika, dan geokimia yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi dan kandungan mineral, minyak, gas, serta air bawah tanah. Layanan ini melibatkan studi parameter terhadap bumi, formasi batu, dan struktur geologi dengan tujuan memahami kondisi geologi yang berkaitan dengan proyek konstruksi dan eksplorasi sumber daya alam. Beberapa layanan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain:

1. Geologi: Meliputi pengujian dan analisis teknis untuk memahami karakteristik geologi suatu wilayah. Hal ini mencakup studi formasi batuan, struktur geologi, potensi sumber daya mineral, dan interpretasi geologi untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan proyek konstruksi.

2. Geofisika: Meliputi pengujian dan analisis teknis menggunakan metode geofisika untuk memetakan sifat fisik bumi dan struktur geologi di dalamnya. Hal ini mencakup penggunaan metode seismik, elektromagnetik, gravitasi, magnetik, dan lainnya untuk mengumpulkan data geofisika yang relevan dengan proyek konstruksi.

3. Geokimia: Meliputi pengujian dan analisis teknis untuk memahami sifat kimia dan komposisi mineral di dalam formasi batuan. Hal ini mencakup analisis kandungan mineral, kualitas air, komposisi gas, dan penilaian kualitas lingkungan terkait dengan proyek konstruksi.

4. Seismic: Meliputi pelaksanaan seismic di darat atau di lepas pantai untuk memetakan struktur geologi di bawah permukaan. Hal ini mencakup pengolahan data seismic dan interpretasi hasilnya untuk mendapatkan informasi tentang potensi sumber daya alam dan kondisi geologi yang relevan dengan proyek konstruksi.

5. Pengujian sumur (well testing): Meliputi pengujian dan analisis teknis untuk memahami kondisi sumur dan potensi produksi minyak, gas, atau air bawah tanah. Hal ini mencakup pengujian tekanan, aliran fluida, dan karakteristik sumur untuk mendukung kegiatan eksplorasi dan produksi sumber daya alam.

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Geologi, Geofisika, dan Geokimia bertujuan untuk memberikan informasi teknis yang diperlukan dalam pemahaman kondisi geologi dan karakteristik sumber daya alam yang terkait dengan proyek konstruksi. Layanan ini membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat dan efektif dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek konstruksi serta eksplorasi sumber daya alam.


KODE SUBKLASIFIKASI: AT002

KODE KBLI: 71102

JUDUL KBLI:

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Komposisi dan Tingkat Kemurnian

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup kegiatan pengujian dan analisis teknis terkait dengan komposisi dan tingkat kemurnian parameter kimia dan biologi yang terdapat dalam udara, air, dan limbah (baik limbah rumah tangga maupun industri). Layanan ini melibatkan pengujian dan analisis untuk memahami komposisi bahan kimia dan tingkat kemurnian dalam berbagai medium lingkungan.

Beberapa layanan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain:

1. Pengujian Udara: Meliputi pengambilan sampel udara dan analisis untuk mendeteksi dan mengukur konsentrasi berbagai zat kimia atau biologi yang ada di udara. Hal ini mencakup pengujian kualitas udara dalam ruangan (indoor air quality) dan udara luar (outdoor air quality) untuk mengidentifikasi adanya polutan, seperti gas beracun, partikel debu, mikroorganisme, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

2. Pengujian Air: Meliputi pengambilan sampel air dan analisis untuk menentukan komposisi kimia dan tingkat kemurnian air. Hal ini mencakup pengujian kualitas air minum, air permukaan, air laut, air limbah, dan air tanah untuk mengukur parameter seperti pH, kandungan logam berat, bahan organik, mikroorganisme, dan zat pencemar lainnya.

3. Pengujian Limbah: Meliputi pengambilan sampel limbah (baik limbah rumah tangga maupun industri) dan analisis untuk mengevaluasi komposisi kimia dan tingkat kemurnian limbah. Hal ini mencakup pengujian limbah cair, limbah padat, dan limbah berbahaya (hazardous waste) untuk memastikan kepatuhan terhadap standar lingkungan yang ditetapkan.

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Komposisi dan Tingkat Kemurnian bertujuan untuk memahami kualitas lingkungan dan kepatuhan terhadap standar yang berlaku. Layanan ini memberikan informasi tentang komposisi bahan kimia dan tingkat kemurnian dalam udara, air, dan limbah, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan terkait pengendalian pencemaran, perlindungan lingkungan, dan kebijakan pengelolaan sumber daya alam.


KODE SUBKLASIFIKASI: AT003

KODE KBLI: 71202

JUDUL KBLI:

Jasa Pengujian Hasil Kerja Konstruksi dan Fasilitas Laboratorium

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha pengujian dan analisis teknis terkait dengan hasil kerja konstruksi dan fasilitas laboratorium untuk bangunan gedung dan bangunan sipil. Layanan ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas, kekuatan, performa, dan kesesuaian hasil kerja konstruksi dengan spesifikasi dan standar yang berlaku.

Beberapa layanan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain:

1. Pengujian Bahan Konstruksi: Meliputi pengujian fisik dan mekanis bahan konstruksi seperti beton, baja, kayu, batu, dan bahan lainnya. Hal ini mencakup pengujian kekuatan tekan, kekuatan tarik, kekerasan, kepadatan, kelenturan, dan sifat-sifat lain dari bahan konstruksi.

2. Pengujian Struktur: Meliputi pengujian struktur bangunan, termasuk pengujian beban struktural, pengujian kekuatan struktur, pengujian kekakuan struktur, dan pengujian non-destruktif untuk mendeteksi cacat atau kerusakan pada struktur bangunan.

3. Pengujian Kualitas Air dan Tanah: Meliputi pengujian kualitas air, termasuk pengujian pH, kandungan logam berat, bahan organik, dan mikroorganisme dalam air. Juga meliputi pengujian kualitas tanah, termasuk pengujian pH tanah, kandungan nutrisi, dan keberadaan kontaminan.

4. Pengujian Laboratorium: Meliputi pengujian dan analisis yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kualitas dan kesesuaian hasil kerja konstruksi. Hal ini mencakup pengujian material, pengujian kimia, pengujian kebisingan, pengujian radiasi, dan pengujian lainnya yang relevan dengan bidang konstruksi.

Jasa Pengujian Hasil Kerja Konstruksi dan Fasilitas Laboratorium penting untuk memastikan bahwa hasil kerja konstruksi memenuhi standar yang ditetapkan dan aman digunakan. Layanan ini membantu mengidentifikasi kekurangan atau masalah dalam hasil kerja konstruksi sehingga dapat dilakukan perbaikan atau tindakan korektif yang diperlukan.


KODE SUBKLASIFIKASI: AT004

KODE KBLI: 71102

JUDUL KBLI:

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Parameter Fisikal

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha pengujian dan analisis teknis terkait dengan parameter fisikal untuk keperluan pekerjaan konstruksi. Layanan ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis karakteristik fisikal dari berbagai material yang digunakan dalam konstruksi.

Beberapa parameter fisikal yang dapat diuji dan dianalisis dalam kelompok ini antara lain:

1. Kekuatan: Meliputi pengujian kekuatan material seperti kekuatan tarik, kekuatan tekan, dan kekuatan lentur. Hal ini membantu dalam menentukan apakah material tersebut memiliki kekuatan yang memadai untuk digunakan dalam konstruksi.

2. Keringkihan: Meliputi pengujian kemampuan material untuk menyerap dan melepaskan air atau kelembaban. Hal ini penting dalam menentukan ketahanan material terhadap kelembaban, pengaruh cuaca, dan kondisi lingkungan.

3. Konduktivitas Elektrisitas: Meliputi pengujian konduktivitas listrik dari material seperti logam, plastik, dan bahan isolator lainnya. Pengujian ini membantu dalam menentukan kemampuan material untuk menghantarkan arus listrik atau sebagai isolator.

4. Konduktivitas Radioaktivitas: Meliputi pengujian kemampuan material untuk menghantarkan radiasi radioaktif. Hal ini penting dalam aplikasi yang melibatkan bahan-bahan radioaktif atau perlindungan terhadap radiasi.

5. Daya Tarik: Meliputi pengujian daya tarik atau daya lekat material, seperti kekuatan perekat pada bahan perekat atau kemampuan material untuk menahan gaya tarik.

6. Kekerasan: Meliputi pengujian tingkat kekerasan material menggunakan metode seperti skala kekerasan Brinell, Vickers, atau Rockwell. Hal ini membantu dalam menentukan resistensi material terhadap deformasi atau kerusakan.

7. Ketahanan Fatigue: Meliputi pengujian ketahanan material terhadap kelelahan atau kerusakan akibat beban dinamis berulang. Pengujian ini penting dalam memastikan keandalan dan umur pakai material.

8. Efek Temperatur Tinggi: Meliputi pengujian material dalam kondisi suhu tinggi untuk memahami perilaku dan kinerja material pada suhu ekstrem.

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Parameter Fisikal memberikan informasi penting tentang karakteristik fisikal material konstruksi. Hasil pengujian dan analisis ini membantu dalam pemilihan material yang sesuai dan memastikan kualitas dan keandalan konstruksi yang dibangun.


KODE SUBKLASIFIKASI: AT005

KODE KBLI: 71102

JUDUL KBLI:

Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Hidrolika, Hidrologi, dan Oceanography

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha pengujian dan analisis teknis terkait dengan hidrolika, hidrologi, dan oceanography dalam konteks pekerjaan rekayasa sipil sumber daya air. Layanan ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis fenomena terkait air, aliran, dan kondisi oseanografi untuk keperluan perencanaan dan pelaksanaan konstruksi.

Beberapa jenis pengujian dan analisis yang dilakukan dalam kelompok ini antara lain:

1. Hidrolika: Meliputi pengujian dan analisis aliran air di sungai, saluran irigasi, jaringan pipa, dan struktur hidraulis lainnya. Hal ini melibatkan pengukuran debit air, kecepatan aliran, tekanan hidrolik, distribusi aliran, dan karakteristik hidrolik lainnya.

2. Hidrologi: Meliputi pengujian dan analisis terkait siklus air, perubahan tata air, dan kondisi hidrologi suatu daerah. Hal ini termasuk pengukuran curah hujan, evapotranspirasi, aliran permukaan, infiltrasi, penguapan, dan karakteristik hidrologi lainnya.

3. Oceanography: Meliputi pengujian dan analisis fenomena dan kondisi laut seperti gelombang, pasang-surut, arus laut, suhu air, salinitas, keasaman, dan kualitas air laut. Pengujian ini penting dalam perencanaan dan pengelolaan proyek yang berhubungan dengan lingkungan laut.

Layanan Jasa Pengujian dan Analisis Teknis Hidrolika, Hidrologi, dan Oceanography memberikan informasi penting tentang kondisi air, aliran, dan oseanografi yang relevan dalam konteks pekerjaan rekayasa sipil sumber daya air. Hasil pengujian dan analisis ini digunakan untuk merancang solusi yang efektif, memastikan keberlanjutan proyek, dan mengelola risiko terkait air dan lingkungan secara lebih baik.


KODE SUBKLASIFIKASI: AT006

KODE KBLI: 71202

JUDUL KBLI:

Jasa Pengujian dan Analisis Akustik dan Vibrasi Gedung Hunian dan Non-Hunian

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha pengujian dan analisis teknis terkait akustik dan vibrasi pada bangunan gedung hunian dan non-hunian. Layanan ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis karakteristik akustik dan vibrasi dalam bangunan guna memastikan kenyamanan akustik dan mengendalikan getaran yang dapat mempengaruhi kualitas lingkungan di dalam bangunan.

Beberapa jenis pengujian dan analisis yang dilakukan dalam kelompok ini antara lain:

1. Pengujian Akustik: Meliputi pengukuran tingkat kebisingan (noise level) di dalam bangunan, pengukuran isolasi suara antara ruangan, evaluasi waktu kedatangan suara (reverberation time), dan analisis akustik lainnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tingkat kebisingan di dalam bangunan sesuai dengan standar yang berlaku dan menciptakan lingkungan akustik yang nyaman.

2. Pengujian Vibrasi: Meliputi pengukuran getaran pada struktur bangunan yang disebabkan oleh aktivitas di dalam atau di sekitar bangunan seperti peralatan mekanis, lalu lintas, atau faktor eksternal lainnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tingkat vibrasi tidak melebihi batas yang ditetapkan dan tidak mengganggu kenyamanan penghuni atau kerja bangunan.

Layanan Jasa Pengujian dan Analisis Akustik dan Vibrasi Gedung Hunian dan Non-Hunian memberikan informasi penting tentang karakteristik akustik dan vibrasi dalam bangunan. Hasil pengujian dan analisis ini digunakan untuk merancang solusi yang sesuai, mengidentifikasi sumber gangguan akustik atau vibrasi, serta mengambil langkah-langkah mitigasi yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan optimal di dalam bangunan.


KODE SUBKLASIFIKASI: AT007

KODE KBLI: 71206

JUDUL KBLI:

Jasa Commissioning Proses Individual

RUANG LINGKUP:

Mencakup kegiatan pengujian dan analisis teknis komponen atau bagian tertentu dari bangunan konstruksi gedung atau bangunan sipil untuk memastikan semua komponen atau bagian tertentu sesuai dengan standar, spesifikasi dan output dari bangunan konstruksi sesuai dokumen kontrak dantermasuk jasa commissioning proses industrial dan produksi pada fasilitas produksi minyak, gas, petrokimia, dan panas bumi.

Kelompok ini mencakup layanan usaha pengujian dan analisis teknis terkait komponen atau bagian tertentu dari bangunan konstruksi gedung atau bangunan sipil. Tujuan dari layanan ini adalah untuk memastikan bahwa semua komponen atau bagian tersebut sesuai dengan standar, spesifikasi, dan output yang diharapkan sesuai dengan dokumen kontrak.

Beberapa jenis pengujian dan analisis yang dilakukan dalam kelompok ini antara lain:

1. Pengujian Komponen: Meliputi pengujian teknis pada komponen-komponen tertentu dari bangunan, seperti sistem mekanikal, sistem listrik, sistem pengendalian, sistem keamanan, dan lain-lain. Pengujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa komponen tersebut berfungsi dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

2. Analisis Teknis: Meliputi analisis mendalam terhadap komponen atau bagian tertentu yang melibatkan penggunaan teknik dan metode khusus untuk memastikan keandalan, efisiensi, dan kinerja optimal. Analisis ini dapat meliputi pemodelan simulasi, pengujian beban, analisis struktural, analisis termal, dan sebagainya.

Layanan Jasa Commissioning Proses Individual penting dalam memastikan bahwa komponen atau bagian tertentu dari bangunan konstruksi gedung atau bangunan sipil berfungsi dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Melalui pengujian dan analisis teknis yang cermat, dapat diidentifikasi dan diperbaiki potensi masalah sebelum bangunan digunakan secara penuh. Hal ini memastikan bahwa bangunan konstruksi beroperasi dengan efisien, aman, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.



Jasa Konstruksi Konsultasi Klasifikasi Rekayasa Terpadu (RT) : Klasifikasi Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Klasifikasi Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi Konsultasi Klasifikasi Rekayasa Terpadu (RT)

Klasifikasi Rekayasa Terpadu (RT)

KODE SUBKLASIFIKASI : RT001

KODE KBLI: 70209



JUDUL KBLI:

Jasa Pelayanan Studi Investasi Infrastruktur

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha terkait dengan studi investasi infrastruktur yang mencakup beberapa jenis layanan, antara lain:

1. Kajian awal prastudi kelayakan: Meliputi pelayanan dalam melakukan kajian awal untuk mengevaluasi kelayakan investasi infrastruktur. Hal ini mencakup analisis awal terhadap aspek teknis, finansial, sosial, lingkungan, dan hukum yang terkait dengan proyek infrastruktur.

2. Kajian akhir prastudi kelayakan: Meliputi pelayanan dalam melakukan kajian akhir untuk menguji dan memvalidasi kelayakan investasi infrastruktur. Pada tahap ini, dilakukan analisis yang lebih mendalam terhadap aspek-aspek yang terkait dengan proyek infrastruktur untuk memastikan keberlanjutan dan potensi keberhasilan proyek.

3. Perencanaan proyek investasi infrastruktur: Meliputi pelayanan dalam merencanakan proyek investasi infrastruktur, termasuk pengembangan rencana strategis, perencanaan teknis, perencanaan finansial, serta perencanaan jadwal dan pengadaan sumber daya yang diperlukan.

4. Perancangan proyek investasi infrastruktur: Meliputi pelayanan dalam merancang proyek investasi infrastruktur, termasuk merancang desain teknis, desain arsitektur, desain struktur, dan desain sistem lainnya yang sesuai dengan tujuan dan persyaratan proyek.

5. Pengawasan pelaksanaan proyek investasi infrastruktur: Meliputi pelayanan dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek investasi infrastruktur, termasuk mengawasi kemajuan proyek, memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar, serta menangani permasalahan yang muncul selama pelaksanaan proyek.

6. Manajemen penyelenggaraan konstruksi pelaksanaan perjanjian investasi: Meliputi pelayanan dalam melakukan manajemen penyelenggaraan konstruksi untuk pelaksanaan perjanjian investasi infrastruktur. Hal ini mencakup pengelolaan kontrak, pengadaan, pengendalian biaya, serta manajemen risiko proyek.

7. Pemantauan pelaksanaan proyek pra-konstruksi, konstruksi, operasi komersial, dan berakhirnya proyek investasi: Meliputi pelayanan dalam melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan proyek infrastruktur dari tahap pra-konstruksi hingga berakhirnya proyek. Hal ini melibatkan pemantauan kualitas, keselamatan, keuangan, dan keberlanjutan proyek.

8. Penilaian pengalihan aset: Meliputi pelayanan dalam melakukan penilaian terhadap pengalihan aset infrastruktur yang terkait dengan proyek investasi. Hal ini melibatkan penilaian nilai aset, pemindahtanganan kepemilikan, dan aspek hukum terkait dengan transfer aset.

Jasa Pelayanan Studi Investasi Infrastruktur mencakup berbagai layanan terkait dengan evaluasi, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen proyek investasi infrastruktur. Layanan ini bertujuan untuk memastikan keberhasilan dan keberlanjutan proyek infrastruktur serta memaksimalkan nilai investasi yang dilakukan.


KODE SUBKLASIFIKASI : RT002

KODE KBLI: 71102

JUDUL KBLI:

Jasa Rekayasa Konstruksi Pembangkit, Jaringan Transmisi, Gardu Induk, dan Distribusi Tenaga Listrik

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha terkait dengan kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen penyelenggaraan konstruksi yang terkait dengan rekayasa konstruksi pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, dan distribusi tenaga listrik. Berikut adalah ruang lingkup layanan yang termasuk dalam kelompok ini:

1. Kajian: Meliputi pelayanan dalam melakukan kajian awal dan analisis terhadap kebutuhan pembangkitan dan distribusi tenaga listrik. Hal ini mencakup evaluasi kapasitas, keandalan, efisiensi, dan keberlanjutan sistem tenaga listrik.

2. Perencanaan: Meliputi pelayanan dalam merencanakan sistem pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, dan distribusi tenaga listrik. Hal ini mencakup perencanaan kapasitas, konfigurasi jaringan, lokasi gardu induk, dan perencanaan strategis lainnya untuk memastikan kelancaran pasokan tenaga listrik.

3. Perancangan: Meliputi pelayanan dalam merancang sistem pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, dan distribusi tenaga listrik. Hal ini mencakup perancangan teknis, perancangan struktur, perancangan sistem kelistrikan, dan perancangan lainnya yang sesuai dengan persyaratan dan standar yang berlaku.

4. Pengawasan: Meliputi pelayanan dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan konstruksi sistem pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, dan distribusi tenaga listrik. Hal ini mencakup pemantauan kemajuan proyek, kualitas pekerjaan, kepatuhan terhadap standar dan peraturan, serta penanganan permasalahan yang muncul selama konstruksi.

5. Manajemen: Meliputi pelayanan dalam melakukan manajemen penyelenggaraan konstruksi untuk proyek pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, dan distribusi tenaga listrik. Hal ini mencakup manajemen proyek, manajemen risiko, pengendalian biaya, pengadaan sumber daya, dan manajemen lainnya yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan proyek.

Jasa Rekayasa Konstruksi Pembangkit, Jaringan Transmisi, Gardu Induk, dan Distribusi Tenaga Listrik bertujuan untuk menyediakan layanan konsultasi dan dukungan teknis dalam mengembangkan dan melaksanakan proyek konstruksi yang terkait dengan infrastruktur tenaga listrik. Layanan ini mencakup aspek kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen yang diperlukan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek konstruksi di sektor energi listrik.


KODE SUBKLASIFIKASI : RT003

KODE KBLI: 71102

JUDUL KBLI:

Jasa Rekayasa Proses Industri, Produksi, dan Fasilitas Produksi

RUANG LINGKUP:

Kelompok ini mencakup layanan usaha terkait kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen penyelenggaraan konstruksi yang terkait dengan rekayasa untuk proses produksi, prosedural, dan fasilitas industri, manufaktur, dan produksi. Berikut adalah ruang lingkup layanan yang termasuk dalam kelompok ini:

1. Kajian: Meliputi pelayanan dalam melakukan kajian awal dan analisis terhadap proses produksi, prosedur, dan fasilitas industri. Hal ini mencakup evaluasi efisiensi, keandalan, keamanan, dan kelayakan teknis dari sistem produksi dan fasilitas yang terkait.

2. Perencanaan: Meliputi pelayanan dalam merencanakan sistem produksi, prosedur, dan fasilitas industri. Hal ini mencakup perencanaan kapasitas, aliran produksi, pemilihan peralatan dan mesin, layout lokasi, dan perencanaan strategis lainnya untuk memastikan efisiensi dan keselamatan dalam operasi produksi.

3. Perancangan: Meliputi pelayanan dalam merancang sistem produksi, prosedur, dan fasilitas industri. Hal ini mencakup perancangan teknis, perancangan peralatan dan mesin, perancangan sistem otomasi, dan perancangan lainnya yang sesuai dengan persyaratan dan standar yang berlaku.

4. Pengawasan: Meliputi pelayanan dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan konstruksi sistem produksi, prosedur, dan fasilitas industri. Hal ini mencakup pemantauan kemajuan proyek, kualitas pekerjaan, kepatuhan terhadap standar dan peraturan, serta penanganan permasalahan yang muncul selama konstruksi.

5. Manajemen: Meliputi pelayanan dalam melakukan manajemen penyelenggaraan konstruksi untuk proyek produksi, prosedur, dan fasilitas industri. Hal ini mencakup manajemen proyek, manajemen risiko, pengendalian biaya, pengadaan sumber daya, dan manajemen lainnya yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan proyek.

Jasa Rekayasa Proses Industri, Produksi, dan Fasilitas Produksi bertujuan untuk menyediakan layanan konsultasi dan dukungan teknis dalam mengembangkan dan melaksanakan proyek konstruksi yang terkait dengan proses produksi, prosedur, dan fasilitas industri. Layanan ini mencakup aspek kajian, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen yang diperlukan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek konstruksi di sektor industri dan produksi.



Latihan soal & Jawaban IPS kelas 9 – (Berdirinya organisasi PBB…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Pilih jawaban yang paling benar : Berdirinya organisasi PBB…

1. Berdirinya organisasi PBB berawal dari pertemuan dua tokoh besar yaitu … .

a. Winston Churchill dan Franklin Delano Roosevelt

b. Joseph Stalin dan Woodrow Wilson

c. Franklin Delano Roosevelt dan Woodrow Wilson

d. Winston Churchill dan Joseph Stalin

2. Berikut ini tujuan yang ingin ditempuh dengan berdirinya PBB, kecuali … .

a. mengadakan kerja sama internasional

b. mengembangkan hubungan persaudaraan antarbangsa

c. mempertemukan Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk mengakhiri ketegangan dunia

d. sebagai pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara

yang membahayakan perdamaian dunia

3. Dewan keamanan sebagai badan PBB mempunyai tugas … .

a. mengurus masalah kebudayaan dan HAM

b. menyelesaikan konflik di daerah-daerah yang bersengketa

c. mengawasi masa transisi daerah yang belum mempunyai pemerintah sendiri

d. memberi keputusan atas dasar hukum internasional



4. Peran yang ditunjukkan PBB dalam membantu Indonesia menyelesaikan masalah Irian Barat yaitu … .

a. menekan Belanda untuk menarik pasukannya

b. mendesak Amerika Serikat untuk menekan Belanda

c. mendirikan pemerintah sementara melalui UNTEA

d. mengirimkan pasukan internasional untuk membantu Indonesia

5. Alasan yang mendorong Indonesia mengundurkan diri dari keanggotaan PBB adalah … .

a. sedang konflik dengan organisasi PBB

b. secara politik tidak menguntungkan diplomasi kemerdekaan

c. secara ekonomi tidak mampu membayar iuran

d. Malaysia diangkat menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB

6. Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut, kecuali … .

a. persamaan nasib bangsa-bangsa di Asia dan Afrika

b. persamaan menghadapi masalah dalam negeri sebagai negara berkembang

c. berakhirnya Perang Korea tahun 1950

d. berakhirnya Perang Dingin antara blok Barat dan blok Timur

7. Wakil dari India dalam Konferensi Kolombo di Sri Lanka adalah … .

a. Jawaharlal Nehru                    c. Sir John Kotelawala

b. Indhira Gandhi                         d. Rajendra Tagore

8. Kaitan antara Konferensi Afrika dengan Gerakan Nonblok dapat dilihat pada … .

a. negara sponsornya hampir sama

b. tujuan yang akan dicapai ada kaitannya

c. hasil KAA mengilhami munculnya GNB

d. keduanya beranggotakan negara berkembang

9. Dasasila Bandung menjadi sangat penting bagi dunia karena beberapa hal berikut, kecuali … .

a. menjiwai lahirnya Deklarasi tentang Dekolonisasi

b. meredakan ketegangan dunia akibat Perang Dingin

c. mampu menjaga perdamaian dunia

d. menunjukkan keaktifan peran Indonesia dalam KAA

10. Bagi Indonesia, Konferensi Asia Afrika mempunyai makna penting sebab … .

a. akan dilaksanakan KAA kedua

b. Indonesia mendapat dukungan atas masalah Irian Barat

c. menghasilkan Dasasila Bandung

d. perlawanan antikolonialisme mengalami peningkatan

11. Lahirnya Gerakan Nonblok dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari … .

a. Organisasi Konferensi Islam c. Masyarakat Ekonomi Eropa

b. Perserikatan Bangsa-Bangsa                     d. Konferensi Asia Afrika

12. Alasan utama yang mendorong lahirnya Gerakan Nonblok adalah … .

a. negara-negara netral ingin membentuk pakta pertahanan bersama

b. ingin meningkatkan kerja sama antarnegara Selatan

c. memperjuangkan perdamaian Palestina – Israel

d. persamaan letak geografis negara-negara anggota

13. Tujuan Gerakan Nonblok yang berkaitan dengan hak asasi manusia adalah … .

a. menyelesaikan persengketaan dengan damai

b. menentang kolonialisme dan rasionalisme

c. mengusahakan hubungan antarbangsa secara demokrasi

d. mewujudkan kerja sama negara berkembang dan maju

14. Permasalahan utama yang dibahas dalam KTT GNB VIII antara lain … .

a. usaha mengakhiri konflik Irak – Iran

b. memperjuangkan kerja sama antarnegara Selatan

c. memperjuangkan perdamaian Palestina – Israel

d. usaha meredakan Perang Teluk III

15. Peranan yang ditunjukkan Indonesia dalam KTT GNB X tahun 1992 yaitu … .

a. bertindak sebagai ketua sekaligus tuan rumah

b. sebagai negara peserta yang pasif

c. mengusulkan rencana revitalisasi GNB

d. memelopori negara anggota untuk menentang Amerika Serikat

16. Pernyataan berikut yang benar mengenai pendiri ASEAN adalah … .

a. Narsisco Ramos dari Singapura c. S. Rajaratman dari Thailand

b. Tun Abdul Razak dari Filipina d. Thanat Koman dari Thailand

17. Berdirinya organisasi ASEAN dilatarbelakangi oleh … .

a. terjadinya Perang Dingin setelah Perang Dunia

b. adanya intervensi asing terhadap perkembangan negara-negara di Asia Tenggara

c. persamaan letak geografis di kawasan Asia Tenggara

d. kemiskinan dan kemelaratan yang dialami oleh masing-masing negara

18. Tujuan yang ingin dicapai dalam ASEAN yaitu … .

a. meningkatkan perdamaian dan stabilitasi regional

b. meningkatkan ketahanan militer untuk mencegah intervensi asing

c. meredakan Perang Dingin

d. mempersatukan ideologi negara-negara ASEAN

19. Salah satu bentuk kerja sama ASEAN adalah ZOPFAN yaitu kesepakatan mengenai … .

a. ASEAN adalah wilayah yang damai dan netral

b. kawasan Asia Tenggara adalah kawasan bebas nuklir

c. perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara

d. Pakta militer dan pertahanan bersama

20. Berikut ini beberapa peran Indonesia dalam ASEAN, kecuali … .

a. sebagai salah satu pelopor berdirinya ASEAN

b. sebagai tempat penyelenggaraan KTT ASEAN

c. berperan penting dalam penyelesaian masalah Kamboja melalui JIM

d. aktif mengirimkan pasukan perdamaian Kontingen Garuda

dari buku sekolah….

Jawaban soal di atas 

1. Berdirinya organisasi PBB berawal dari pertemuan dua tokoh besar yaitu Joseph Stalin dan Woodrow Wilson.

2. Berikut ini tujuan yang ingin ditempuh dengan berdirinya PBB, kecuali mempertemukan Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk mengakhiri ketegangan dunia.

3. Dewan keamanan sebagai badan PBB mempunyai tugas memberi keputusan atas dasar hukum internasional.

4. Peran yang ditunjukkan PBB dalam membantu Indonesia menyelesaikan masalah Irian Barat yaitu mendirikan pemerintah sementara melalui UNTEA.

5. Alasan yang mendorong Indonesia mengundurkan diri dari keanggotaan PBB adalah Malaysia diangkat menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

6. Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut, kecuali berakhirnya Perang Dingin antara blok Barat dan blok Timur.

7. Wakil dari India dalam Konferensi Kolombo di Sri Lanka adalah Jawaharlal Nehru.

8. Kaitan antara Konferensi Afrika dengan Gerakan Nonblok dapat dilihat pada hasil KAA mengilhami munculnya GNB.

9. Dasasila Bandung menjadi sangat penting bagi dunia karena beberapa hal berikut, kecuali mampu menjaga perdamaian dunia.

10. Bagi Indonesia, Konferensi Asia Afrika mempunyai makna penting sebab menghasilkan Dasasila Bandung.

11. Lahirnya Gerakan Nonblok dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari Konferensi Asia Afrika.

12. Alasan utama yang mendorong lahirnya Gerakan Nonblok adalah ingin meningkatkan kerja sama antarnegara Selatan.

13. Tujuan Gerakan Nonblok yang berkaitan dengan hak asasi manusia adalah mengusahakan hubungan antarbangsa secara demokrasi.

14. Permasalahan utama yang dibahas dalam KTT GNB VIII antara lain memperjuangkan kerja sama antarnegara Selatan.

15. Peranan yang ditunjukkan Indonesia dalam KTT GNB X tahun 1992 yaitu bertindak sebagai ketua sekaligus tuan rumah.

16. Pernyataan berikut yang benar mengenai pendiri ASEAN adalah Tun Abdul Razak dari Filipina.

17. Berdirinya organisasi ASEAN dilatarbelakangi oleh adanya intervensi asing terhadap perkembangan negara-negara di Asia Tenggara.

18. Tujuan yang ingin dicapai dalam ASEAN yaitu meningkatkan perdamaian dan stabilitasi regional.

19. Salah satu bentuk kerja sama ASEAN adalah ZOPFAN yaitu kesepakatan mengenai ASEAN adalah wilayah yang damai dan netral.

20. Berikut ini beberapa peran Indonesia dalam ASEAN, kecuali aktif mengirimkan pasukan perdamaian Kontingen Garuda.


Latihan soal IPS kelas 9 – (latar belakang Amir Syarifuddin membentuk Front Demokrasi Rakyat…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Pilih jawaban yang paling benar : 

1. Berikut ini merupakan latar belakang Amir Syarifuddin membentuk Front Demokrasi Rakyat, kecuali … .

a. kekecewaan karena diturunkan dari jabatannya sebagai perdana menteri

b. ingin merebut kembali posisinya sebagai perdana menteri

c. melakukan rongrongan terhadap Kabinet Hatta

d. gagalnya Amir Syarifuddin dalam Perundingan Linggarjati

2. Berikut ini beberapa tindakan PKI untuk menghancurkan negara RI, kecuali … .

a. menghasut kaum buruh dan petani

b. menetapkan daerah Surakarta sebagai daerah kacau

c. memproklamasikan berdirinya pemerintahan Soviet Indonesia

d. membunuh Presiden Soekarno untuk melicinkan Kudeta

3. Latar belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat adalah … .

a. kekecewaan terhadap hasil Perundingan Renville

b. tidak harmonisnya hubungan pusat dan daerah

c. ingin menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno

d. ambisi Kahar Muzakar menduduki kepemimpinan dalam APRIS

4. Pemberontakan DI/TII yang berhasil diselesaikan melalui kombinasi antara operasi militer dengan musyawarah terjadi di … .

a. Aceh                                                  c. Sulawesi Selatan

b. Kalimantan Selatan                      d. Jawa Tengah

5. Gerakan DI/TII di Kebumen yang semula lemah menjadi kuat karena … .

a. mendapat bantuan dari Belanda

b. mendapat gabungan dari batalyon 426 yang memberontak

c. kekuatan TNI telah tercerai berai

d. dibantu oleh DI/TII Kalimantan Selatan dan Aceh

6. Munculnya gerakan DI/TII di Sulawesi Selatan dilatarbelakangi oleh … .

a. kekecewaan terhadap isi Perundingan Renville

b. permasalahan otonomi daerah

c. penolakan pemerintah terhadap keinginan Kahar Muzakar mengenai anggota KGSS

d. menolak masuknya pasukan TNI ke Sulawesi Selatan

7. Dalam menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, pasukan-pasukan TNI mengalami kesulitan, sebab … .

a. keterbatasan persenjataan

b. tidak didukung oleh masyarakat setempat

c. medan pertempuran yang cukup berat

d. kurangnya komunikasi dengan pemerintah pusat

8. Pemberontakan APRA di Jawa Barat pada tahun 1950 mempunyai tujuan … .

a. membentuk Negara Pasundan

b. mempertahankan berdirinya Negara Pasundan

c. menolak pembentukan negara serikat

d. mendirikan pemerintahan yang bebas korupsi

9. Berikut ini beberapa latar belakang gerakan APRA, kecuali … .

a. menolak kembali ke bentuk negara kesatuan

b. menolak dibubarkannya tentara Pasundan

c. mengamankan kepentingan ekonomi Belanda di Indonesia

d. mempertahankan berdirinya Negara Indonesia Timur

10. Negara federal yang ingin dipertahankan oleh Andi Azis dalam pemberontakannya adalah … .

a. Negara Pasundan                                         c. Republik Maluku Selatan

b. Negara Madura                                            d. Negara Indonesia Timur

11. Pada awalnya, dalam mengatasi pemberontakan Andi Azis pemerintah menggunakan cara damai. Namun akhirnya mengadakan operasi militer juga sebab … .

a. Andi Azis tidak segera melapor sehingga dianggap secara nyata membangkang terhadap NKRI

b. gerakan yang dilakukan Andi Azis mendapat dukungan dari masyarakat

c. mendapat bantuan dana dan persenjataan dari Amerika

d. kekuatan militer yang disusun Andi Azis sangat besar

12. Tujuan gerakan Republik Maluku Selatan adalah … .

a. mempertahankan berdirinya NIT

b. mendirikan RMS yang terpisah dari NIT dan RIS

c. membela kepentingan politik rakyat Maluku

d. mencari keadilan bagi masyarakat Maluku

13. Salah satu bukti pemerintah mengatasi RMS dengan cara damai adalah … .

a. memberi batas waktu 5 x 24 jam kepada Soumokil untuk melapor

b. tidak menahan Soumokil meskipun telah berbuat makar

c. mengirim dr. Leimena untuk mengadakan perundingan

d. mengirim nota politik kepada Soumokil dan tentaranya

14. Pernyataan berikut yang bukan merupakan tujuan digelarnya Operasi Tegas adalah … .

a. menghancurkan gerakan PRRI di Riau

b. mencegah campur tangan asing

c. mengamankan instalasi minyak asing

d. menghancurkan gerakan Permesta di Sulawesi

15. Latar belakang terjadinya pemberontakan PRRI adalah … .

a. lemahnya sistem pemerintahan pusat

b. kurangnya rasa persatuan di kalangan pejabat

c. ketimpangan ekonomi dan perimbangan keuangan pusat – daerah

d. gagalnya pemerintah mewujudkan pembangunan ekonomi

16. Awal berdirinya Gerakan Permesta dimulai saat … .

a. diproklamasikannya Perjuangan Rakyat Semesta

b. Somba memutuskan hubungan dengan pemerintah pusat

c. terbentuknya dewan-dewan militer di daerah

d. tuntutan Ahmad Husein ditolak oleh pemerintah

17. Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab … .

a. mendapat bantuan dari Amerika Serikat

b. memiliki pengikut yang sangat banyak

c. medan pertempuran sangat sulit

d. Permesta memiliki pengaruh yang sangat kuat di daerah lain

18. Prinsip Nasakom yang dikembangkan oleh Presiden Soekarno sangat menguntungkan PKI sebab … .

a. PKI dapat melaksanakan kudeta dengan lancar

b. menempatkan PKI sebagai unsur yang sah dalam pemerintahan

c. PKI dianggap tidak berbahaya

d. TNI AD tidak dapat mengendalikan PKI

19. Aksi kekejaman PKI di Yogyakarta menelan korban … .

a. Letjen Ahmad Yani dan Mayjen S. Parman

b. Letkol Sugiyono dan Brigjen Sutoyo S.

c. Brigjen D.I. Panjaitan dan Lettu Pierre A. Tendean

d. Kolonel Katamso dan Letkol Sugiyono

20. Berikut ini dampak sosial politik G 30 S/PKI, kecuali … .

a. peta politik beralih ke tangan Angkatan Darat

b. hubungan luar negeri Indonesia dengan Cina mengalami ketegangan

c. PKI sebagai kekuatan politik telah hancur

d. pamor politik Presiden Soekarno memudar


Jawaban soal di atas 

1. D (gagalnya Amir Syarifuddin dalam Perundingan Linggarjati)

2. D (membunuh Presiden Soekarno untuk melicinkan Kudeta)

3. B (tidak harmonisnya hubungan pusat dan daerah)

4. D (Jawa Tengah)

5. B (mendapat gabungan dari batalyon 426 yang memberontak)

6. C (penolakan pemerintah terhadap keinginan Kahar Muzakar mengenai anggota KGSS)

7. A (keterbatasan persenjataan)

8. B (mempertahankan berdirinya Negara Pasundan)

9. D (mempertahankan berdirinya Negara Indonesia Timur)

10. C (Republik Maluku Selatan)

11. A (Andi Azis tidak segera melapor sehingga dianggap secara nyata membangkang terhadap NKRI)

12. B (mendirikan RMS yang terpisah dari NIT dan RIS)

13. C (mengirim dr. Leimena untuk mengadakan perundingan)

14. C (mengamankan instalasi minyak asing)

15. C (ketimpangan ekonomi dan perimbangan keuangan pusat – daerah)

16. B (Somba memutuskan hubungan dengan pemerintah pusat)

17. A (mendapat bantuan dari Amerika Serikat)

18. B (menempatkan PKI sebagai unsur yang sah dalam pemerintahan)

19. C (Brigjen D.I. Panjaitan dan Lettu Pierre A. Tendean)

20. B (hubungan luar negeri Indonesia dengan Cina mengalami ketegangan)


Latihan soal IPS kelas 9 – (perjuangan pembebasan Irian Barat…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Pilih jawaban yang paling benar : 

1. Pembatalan hasil KMB secara sepihak merupakan salah satu bentuk perjuangan pembebasan Irian Barat melalui … .

a. konfrontasi ekonomi                                 c. diplomasi

b. konfrontasi militer                                    d. konfrontasi politik

2. Perjuangan diplomasi Indonesia dalam forum PBB selalu mengalami kegagalan karena … .

a. Belanda tidak pernah hadir dalam sidang umum PBB

b. masalah Irian Barat adalah masalah internal bangsa Indonesia

c. tidak memperoleh dukungan yang kuat dari anggota PBB

d. Indonesia tidak pernah membawa masalah Irian Barat ke dalam forum

3. Alasan pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah no 23 tahun 1958 adalah … .

a. untuk menjaga ketertiban dalam nasionalisasi

b. untuk mengesahkan pembatalan KMB

c. untuk mendorong mobilisasi rakyat dalam menindaklanjuti Trikora

d. untuk memperkuat pembentukan provinsi Irian Barat

4. Berikut ini bentuk-bentuk konfrontasi ekonomi dalam upaya pembebasan Irian Barat, kecuali … .

a. pemogokan kaum buruh secara total

b. melarang beredarnya terbitan berbahasa Belanda

c. melarang maskapai penerbangan Belanda mendarat di Indonesia

d. melarang penggunaan mata uang Belanda

5. Alasan pemerintah menasionalisasi De Javasche Bank adalah … .

a. kesulitan dalam mengatur sirkulasi keuangan jika masih dipimpin Belanda

b. membekukan aset modal milik Belanda

c. sebagai modal dalam menghadapi Belanda di Irian Barat

d. mengatasi kesulitan moneter akibat inflasi

6. Pembentukan Partai Cenderawasih di Irian Barat mempunyai tujuan … .

a. mempercepat pembentukan pemerintahan sendiri

b. mempercepat penggabungan wilayah Irian Barat ke dalam NKRI

c. menggalang kekuatan untuk mengusir Belanda

d. membangun SDM di provinsi Irian Barat

7. Kota Soa Siu memiliki peranan penting dalam pembebasan Irian Barat karena … .

a. menjadi markas komando Mandala

b. penduduknya ikut serta aktif dalam pembebasan Irian Barat

c. menjadi ibukota Provinsi Irian Barat saat awal pembentukan

d. menjadi tempat dikumandangkannya Tri Komando Rakyat

8. Munculnya masalah Irian Barat berpangkal dari perjanjian … .

a. KMB                               c. Renville

b. Linggarjati                  d. Roem-Royen

9. Peristiwa yang menjadi titik puncak dari ketegangan hubungan Indonesia – Belanda yaitu … .

a. nasionalisasi perusahaan-perusahaan milik Belanda

b. operasi militer secara besar-besaran ke Irian Barat

c. pemutusan hubungan diplomatik Indonesia – Belanda

d. pelaksanaan Pepera di Irian Barat

10. Salah satu sebab Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Belanda adalah … .

a. kerja sama dengan Belanda dirasa kurang menguntungkan

b. adanya perbedaan ideologi antara Indonesia dan Belanda

c. Belanda terlalu lama menjajah Indonesia

d. Belanda tidak mempunyai iktikad baik untuk menyelesaikan masalah Irian Barat

11. Beberapa tindakan yang diambil pemerintah dalam rangka konfrontasi militer, kecuali … .

a. mencari bantuan senjata ke negara-negara Barat

b. mencari dukungan ke negara-negara komunis

c. mengerahkan rakyat Indonesia untuk mobilisasi umum

d. mengirimkan kapak induk ke perairan Irian

12. Pernyataan berikut yang bukan merupakan isi Trikora adalah …

a. gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda

b. gagalkan pembentukan negara boneka Indonesia Timur

c. kibarkan sang Merah Putih di Irian Barat

d. bersiaplah untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdekaan tanah air dan bangsa

13. Urutan yang benar dari strategi militer pembebasan Irian Barat adalah … .

a. eksploitasi, infiltrasi, konsolidasi

b. infiltrasi, konsolidasi, eksploitasi

c. infiltrasi, eksploitasi, konsolidasi

d. konsolidasi, infiltrasi, eksploitasi

14. Latar belakang perjuangan pembebasan Irian Barat melalui jalur konfrontasi militer adalah … .

a. kegagalan pemerintah RI dalam perjuangan melalui jalur diplomasi

b. kegagalan PBB dalam perjuangan membantu Indonesia

c. semakin banyaknya pasukan Belanda di Irian Barat

d. rakyat Irian Barat menghendaki menjadi wilayah RI

15. Taktik yang digunakan dalam operasi Jaya Wijaya adalah … .

a. menyusupkan pasukan ke daerah pertahanan Belanda

b. mendudukkan kekuasaan RI secara mutlak

c. mengadakan gerilya di pedalaman Irian

d. mengadakan serangan terbuka ke pos pertahanan Belanda

16. Seorang diplomat Amerika Serikat yang diutus Sekjen PBB untuk menyelesaikan masalah Irian Barat bernama … .

a. Ellsworth Bunker         c. Merle Cochran

b. Ortis Sanz                        d. Chritcley

17. Sikap Belanda terhadap usul Bunker pada awalnya … .

a. menerima dengan beberapa syarat

b. menerimanya karena desakan Amerika Serikat

c. tetap keras kepala menolak usuk tersebut

d. tidak menunjukkan reaksi yang jelas

18. Berikut ini merupakan isi dari Rencana Bunker, kecuali … .

a. rakyat Irian Barat diberi kesempatan menentukan pendapatnya sendiri

b. diadakan masa peralihan di bawah pengawasan PBB

c. pelaksanaan penyelesaian Irian Barat selesai dalam dua tahun

d. Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia secara langsung

19. Persetujuan New York memuat hal-hal berikut, kecuali … .

a. pada tahun 1969 diadakan penentuan pendapat rakyat

b. Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia paling lambat tanggal 1 Oktober 1962

c. pasukan Indonesia tetap berada di wilayah Irian Barat

d. UNTEA menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia paling lambat tanggal 1 Mei 1963

20. Operasi militer yang terakhir kali dilaksanakan di Irian Barat adalah Operasi Wisnumurti yaitu saat … .

a. pasukan RI berhasil menyusup ke Irian

b. penyerahan Irian Barat dari UNTEA kepada RI

c. Belanda menyerahkan Irian Barat kepada UNTEA

d. Belanda meninggalkan Irian Barat

Jawaban soal di atas 

1. c. diplomasi

2. c. tidak memperoleh dukungan yang kuat dari anggota PBB

3. b. untuk mengesahkan pembatalan KMB

4. a. pemogokan kaum buruh secara total

5. a. kesulitan dalam mengatur sirkulasi keuangan jika masih dipimpin Belanda

6. b. mempercepat penggabungan wilayah Irian Barat ke dalam NKRI

7. a. menjadi markas komando Mandala

8. a. KMB

9. c. pemutusan hubungan diplomatik Indonesia – Belanda

10. d. Belanda tidak mempunyai iktikad baik untuk menyelesaikan masalah Irian Barat

11. d. mengirimkan kapak induk ke perairan Irian

12. b. gagalkan pembentukan negara boneka Indonesia Timur

13. c. infiltrasi, eksploitasi, konsolidasi

14. a. kegagalan pemerintah RI dalam perjuangan melalui jalur diplomasi

15. c. mengadakan gerilya di pedalaman Irian

16. a. Ellsworth Bunker

17. c. tetap keras kepala menolak usul tersebut

18. d. Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia secara langsung

19. a. pada tahun 1969 diadakan penentuan pendapat rakyat

20. b. penyerahan Irian Barat dari UNTEA kepada RI


Latihan soal IPS kelas 9 – (ciri khas benua…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Pilih jawaban yang paling benar : 

1. Berikut ini merupakan ciri khas benua, kecuali … .

a. wilayah daratan luas

b. di bagian tengah memiliki tipe iklim tersendiri

c. terdiri atas banyak negara

d. pengaruh iklim laut tidak mendominasi

2. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan kondisi sosial di Benua Asia adalah … .

a. keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras

b. memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia

c. mayoritas penduduknya memeluk agama nasrani

d. mata pencaharian mayoritas penduduk masih mengandakan sektor pertanian

3. Bentuk wilayah Benua Amerika bersifat meridian yang seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan, kondisi demikian menyebabkan … .

a. Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari

b. Benua Amerika memiliki iklim dingin

c. sebagian besar wilayahnya tertutup salju

d. Benua Amerika memiliki iklim subtropis

4. Berdasarkan kondisi fisik dan variasi iklimnya, maka kemungkinan jenis flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara adalah … .

a. hutan hujan tropis

b. hutan kanifer

c. stepa dan kaktus

d. lumut dan sejenis tumbuhan tundra lainnya

6. Secara geografis, daratan Eropa merupakan perpanjangan sebuah Semenanjung di Benua Asia di bagian Barat. Namun demikian, Eropa juga dianggap sebagai benua tersendiri, karena … .

a. Benua Eropa terdiri atas negara-negara maju

b. Benua Eropa mayoritas penduduknya berkulit putih

c. Benua Eropa memiliki perbedaan yang mencolok pada peradaan maupun peranannya dalam sejarah kuno maupun modern

d. daratan Benua Asia sangat luas sehingga wilayahnya perlu dipecah jadi dua bagian

7. Meskipun wilayah Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah … .

a. keadaan alam dan iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk

b. karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata

c. pemerintah Australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing yang masuk ke Australia

d. mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan

9. Berikut ini adalah negara-negara terkecil di Benua Eropa, kecuali … .

a. Andora                                     c. Vatikan

b. Angola                                     d. San Marino

10. Terusan Suez menghubungkan antara … .

a. Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik

b. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania

c. Teluk Persia dengan Laut Mediterania

d. Laut Merah dengan Laut Tengah

11. Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak.

Hal ini dikarenakan … .

a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan

b. Kutub Utara berupa cekungan perairan

c. daratan Kutub Selatan lebih luas

d. Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi

12. Benua Asia dan Eropa pada dasarnya menyatu, bentang alam pemisah kedua benua tersebut adalah … .

a. Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus

b. Pegunungan Kaukasus dan Danau Kaspia

c. Pegunungan Ural dan Danau Kaspia

d. Pegunungan Ural dan Laut Mediterania

13. Benua yang mempunyai batas wilayah Utara dan Selatan hingga menyentuh lingkar kutub adalah … .

a. Benua Asia c. Benua Afrika

b. Benua Australia d. Benua Amerika

16. Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi. Kondisi tersebut mengakibatkan … .

a. sebagian besar negara kawasan Asia Tenggara beriklim kontinental

b. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme

c. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana badai siklon

d. negara-negara di kawasan Asia Tenggara kaya bahan mineral

17. Kawasan negara-negara Oceania berada terpisah dari benua karena berada di kawasan samudra yaitu tepatnya Samudra … .

a. Pasifik                           c. Hindia

b. Atlantik                         d. Arktik

18. Wilayah Amerika Selatan di dominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat,

bahkan terlebat di dunia. Hal tersebut dikarenakan wilayah Amerika Selatan

memiliki karakteristik berikut ini, kecuali … .

a. didukung oleh iklim tropis yang lembap

b. memiliki curah hujan yang tinggi

c. tanah yang subur khususnya di lembah-lembah sungai besar

d. memiliki daerah pegunungan yang luas

19. Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang. Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan … .

a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur

b. Lembah Sungai Nil kaya barang tambang

c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis

d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah


Jawaban soal di atas 

1. d. pengaruh iklim laut tidak mendominasi

2. c. mayoritas penduduknya memeluk agama nasrani

3. b. Benua Amerika memiliki iklim dingin

4. c. stepa dan kaktus

6. c. Benua Eropa memiliki perbedaan yang mencolok pada peradaan maupun peranannya dalam sejarah kuno maupun modern

7. a. keadaan alam dan iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk

9. b. Angola

10. b. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania

11. b. Kutub Utara berupa cekungan perairan

12. a. Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus

13. b. Benua Australia

16. b. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme

17. a. Pasifik

18. d. memiliki daerah pegunungan yang luas

19. a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur

Latihan soal IPS kelas 9 – (negara melakukan perdagangan…) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

Pilih jawaban yang paling benar : 

1. Dua negara melakukan perdagangan karena ….

a. ingin menguasai industri negara lain

b. kedua negara ingin memajukan industri dalam negeri

c. ingin bersahabat dengan negara lainnya

d. terdapat keunggulan mutlak atau keunggulan komparatif

2. Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu, perdagangan internasional terutama ekspor dapat ….

a. memperluas kesempatan kerja                       c. menstabilkan harga

b. meningkatkan pendapatan d. menghemat biaya produksi

3. Jika eksportir belum mengenal importir, maka biasanya pembayaran internasional dilakukan dengan ….

a. tunai                          c. letter of credit (L/C)

b. emas                         d. barang

4. Apabila Alex mempunyai dolar Amerika Serikat dan akan ditukarkan ke bank, maka dasar penghitungannya menggunakan ….

a. kurs beli                         c. kurs beli dan kurs jual

b. kurs jual                         d. kurs tetap

5. Untuk menunjang kualitas produksi barang-barang yang diperdagangkan, setiap negara berusaha … .

a. meningkatkan hubungan persahabatan antarnegara

b. mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

c. mendorong peningkatan kegiatan produksi barang

d. mengadakan spesialisasi produksi

6. Adanya subsidi dari pemerintah mengakibatkan, harga barang dalam negeri menjadi … .

a. murah c. sangat mahal

b. mahal                         d. tinggi

7. Contoh komoditi ekspor nonmigas Indonesia adalah … .

a. karet, kopi, minyak                     c. kayu lapis, pakaian jadi, kopi

b. kopra, teh, elpiji                          d. pesawat terbang, semen, rokok

8. Penukaran uang antarnegara selalu dihitung dengan kurs. Hal ini disebabkan oleh … .

a. uang rupiah tidak laku di luar negeri

b. nilai intrinsik uang luar negeri lebih tinggi

c. uang luar negeri bernilai tetap

d. nilai uang tiap negara berbeda

9. Apabila suatu barang impor dikenakan tarif, maka … .

a. harga jual barang impor menjadi murah

b. barang impor mudah masuk ke dalam negeri

c. persaingan barang asing semakin tinggi

d. harga barang dalam negeri menjadi murah

10. Jika besarnya barang ekspor lebih kecil dibandingkan barang impor maka neraca perdagangannya mengalami … .

a. surplus                      c. defisit

b. balance                     d. nol

11. Apabila suatu barang impor dikenakan tarif maka harga jual barang tersebut menjadi mahal. Hal ini menyebabkan masyarakat ….

a. enggan untuk membeli barang tersebut

b. menjadi lebih konsumtif

c. kehilangan usaha produksinya

d. menjadi tergantung dengan negara pengimpor

12. Hendra ingin menukarkan uang dollarnya sebesar US$ 5.000 menjadi uang rupiah. Kurs jual yang berlaku sebesar Rp9.100,00 dan kurs belinya Rp9.025,00. Besarnya uang rupiah yang diperoleh Hendra adalah … .

a. Rp40.500.000,00                     c. Rp45.500.000,00

b. Rp45.125.000,00                     d. Rp85.127.500,00

15. Berikut ini yang termasuk kelompok sumber devisa adalah … .

a. ekspor jasa, impor barang, pinjaman luar negeri

b. ekspor barang, ekspor jasa, pungutan bea masuk

c. impor barang, ekspor barang, bantuan luar negeri

d. ekspor barang, impor jasa, hibah dari luar negeri

16. Perhatikan pernyataan berikut!

1) mengurangi pinjaman luar negeri

2) mendatangkan barang dari luar negeri

3) mengirim barang ke luar negeri

4) menambah subsidi untuk pengusaha

Hal yang perlu dilakukan suatu negara bila membutuhkan barang yang tidak dihasilkan sendiri ditunjukkan nomor ….

a. 1                             c. 3

b. 2                            d. 4

17. Negara A menjual produk otomotif ke negara B seharga Rp10.000.000,00. Sedangkan di dalam negeri sendiri seharga Rp18.000.000,00. Kebijakan yang dilakukan oleh negara A adalah ….

a. kuota                                              c. dumping

b. diskriminasi harga                         d. tarif bea masuk

18. Negara X mengeluarkan izin kepada beberapa importir dagang sapi. Namun, jumlah importir dan jumlah daging yang diimpor dibatasi. Kebijakan yang diambil negara X merupakan kebijakan ….

a. kuota impor                          c. larangan impor

b. kuota ekspor                         d. larangan ekspor

Jawaban soal di atas 

1. d. terdapat keunggulan mutlak atau keunggulan komparatif

2. a. memperluas kesempatan kerja

3. c. letter of credit (L/C)

4. b. kurs jual

5. b. mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

6. a. murah

7. a. karet, kopi, minyak

8. d. nilai uang tiap negara berbeda

9. c. persaingan barang asing semakin tinggi

10. c. defisit

11. a. enggan untuk membeli barang tersebut

12. b. Rp45.125.000,00

15. b. ekspor barang, ekspor jasa, pungutan bea masuk

16. c. 3

17. b. diskriminasi harga

18. a. kuota impor


Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (7) (syarat timbulnya revolusi…)

Pilih jawaban yang paling benar : 

1. Berikut merupakan syarat timbulnya revolusi, kecuali … .

a. ada keinginan umum untuk mengadakan suatu perubahan

b. adanya seorang pemimpin atau sekelompok orang yang mampu memimpin masyarakat tersebut

c. harus dapat memanfaatkan momentum

d. adanya keinginan individu yang inovatif

2. Pelaksanaan Proklamasi 17 Agustus 1945 termasuk dalam kategori … .

a. evolusi

b. rotasi

c. revolusi

d. reformasi

3. Perubahan mode pakaian dikategorikan sebagai perubahan yang pengaruhnya kecil dengan ruang lingkup yang tidak luas, karena … .

a. hanya berhubungan dengan kebutuhan sekunder

b. hanya diikuti oleh golongan tertentu

c. tidak ada hubungannya dengan bidang kebudayaan

d. tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat

4. Berikut ini merupakan sebab-sebab intern terjadinya perubahan sosial budaya, kecuali … .

a. adanya peperangan

b. adanya penemuan-penemuan baru yang berkembang di masyarakat

c. terjadinya pemberontakan atau revolusi

d. adanya dinamika penduduk

5. Bentuk faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya yang tidak lagi memerhatikan perbedaan status sosial disebut … .

a. sistem sama rata/sosialis

b. sistem terbuka masyarakat

c. sistem kasta dalam masyarakat

d. sistem kekuatan dari rakyat

6. Adanya bencana alam dapat mendorong terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat karena … .

a. bencana alam terkadang memaksa seseorang untuk mengungsi dan beradaptasi dengan tempat baru dipengungsian

b. adanya bencana alam akan mengurangi jumlah penduduk

c. bencana alam mendorong orang lain untuk bersimpati

d. bencana alam berpotensi menimbulkan konflik dalam masyarakat

7. Komputerisasi di bidang ekonomi perbankan yang berdampak pada pengangguran karyawan dimaksudkan untuk mempertinggi efisiensi kerja. Pada dasarnya modernisasi dengan komputerisasi tersebut bertujuan … .

a. memanfaatkan teknologi maju

b. memanfaatkan manajemen modern

c. meningkatkan produktivitas kerja

d. meningkatkan keterampilan karyawan

8. Berikut ini bentuk kemajuan akibat perubahan sosial budaya, kecuali … .

a. memunculkan ide-ide baru

b. membentuk pola pikir masyarakat lebih logis/ilmiah

c. tergesernya bentuk-bentuk budaya nasional

d. munculnya tatanan kehidupan masyarakat baru yang lebih modern

9. Proses bertemunya dua kebudayaan atau lebih yang saling bercampur menjadi satu disebut … .

a. asimilasi budaya

b. akulturasi budaya

c. difusi budaya

d. disintegrasi budaya

10. Berikut ini yang merupakan contoh perubahan yang berbentuk progres adalah … .

a. listrik masuk desa mengakibatkan kenakalan remaja

b. siaran televisi menyebabkan siswa malas belajar

c. banyak wanita berpakaian sangat minim

d. penemuan komputer yang dapat memperlancar sistem informasi

11. Contoh dari kecenderungan masyarakat mempertahankan unsur lama karena diperoleh melalui proses sosialisasi sejak kecil adalah … .

a. makanan pokok

b. upacara adat perkawinan

c. tata cara beribadah

d. solidaritas kelompok

12. Perubahan sosial mengakibatkan masalah sosial yang dimulai dengan … .

a. terciptanya integrasi sosial

b. lahirnya golongan menengah

c. lahirnya disintegrasi sosial

d. berkembangnya kriminalitas

13. Alasan terjadinya perubahan sosial dalam bidang ekonomi yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat adalah … .

a. rasa tidak puas dengan kondisi yang sedang berlangsung

b. ingin meningkatkan pendapatan perkapita

c. kurangnya sumber daya manusia dalam bidang ekonomi

d. kurangnya tenaga ahli dalam pelaksanaan pembangunan

14. Pada saat pemerintah berencana menaikkan tarif listrik, masyarakat mengadakan protes, ini menandakan bahwa … .

a. masyarakat menolak perubahan

b. masyarakat menghendaki penundaan

c. masyarakat setuju perubahan

d. masyarakat tidak peduli

15. Perubahan pada lembaga kemasyarakatan akan memengaruhi sistem sosialnya yang meliputi … .

a. norma, nilai dan seluruh kondisi alam lingkungan

b. kebutuhan hidup, pola perilaku dan asal-usul

c. nilai, sikap dan pola perilaku masyarakatnya

d. keyakinan, suku bangsa dan adat istiadat

16. Pemaksaan suatu ideologi budaya biasanya terjadi karena adanya … .

a. pengaruh bencana alam

b. pengaruh urbanisasi

c. pengaruh industrialisasi

d. pengaruh perang

17. Adanya gerak sosial vertikal atau horizontal yang lebih luas di masyarakat merupakan pengaruh dari adanya … .

a. sistem pendidikan yang maju

b. heterogenitas penduduk

c. sistem terbuka masyarakat

d. sikap ingin meniru budaya asing

18. Munculnya bentuk-bentuk penyimpangan sosial baru yang lebih kompleks merupakan dampak negatif dari … .

a. pertambahan penduduk

b. migrasi penduduk

c. kemajuan di bidang pendidikan

d. perubahan sosial budaya

19. Sebagai pelajar sebaiknya kita menyikapi segala bentuk perubahan sosial dan budaya dengan sikap … .

a. apriori terhadap segala bentuk pengaruh perubahan

b. menerima setiap perubahan tanpa terkecuali

c. masa bodoh terhadap setiap pengaruh perubahan

d. kritis dan terbuka dengan memfilter segala bentuk perubahan

20. Masyarakat yang pernah dijajah bangsa lain akan memiliki sikap … .

a. rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integritas kebudayaan

b. sikap pesimistis

c. sikap tertutup

d. haus akan hal-hal baru yang dibawa pihak penguasa

Jawaban soal di atas 

1. d. adanya keinginan individu yang inovatif

2. c. revolusi

3. a. hanya berhubungan dengan kebutuhan sekunder

4. d. adanya dinamika penduduk

5. b. sistem terbuka masyarakat

6. a. bencana alam terkadang memaksa seseorang untuk mengungsi dan beradaptasi dengan tempat baru dipengungsian

7. c. meningkatkan produktivitas kerja

8. c. tergesernya bentuk-bentuk budaya nasional

9. b. akulturasi budaya

10. d. penemuan komputer yang dapat memperlancar sistem informasi

11. c. tata cara beribadah

12. c. lahirnya disintegrasi sosial

13. a. rasa tidak puas dengan kondisi yang sedang berlangsung

14. a. masyarakat menolak perubahan

15. c. nilai, sikap dan pola perilaku masyarakatnya

16. d. pengaruh perang

17. b. heterogenitas penduduk

18. d. perubahan sosial budaya

19. d. kritis dan terbuka dengan memfilter segala bentuk perubahan

20. d. haus akan hal-hal baru yang dibawa pihak penguasa


Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (6) (Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme…)

Pilih jawaban yang paling benar : 

1. Salah satu tindakan Hittler dalam mengembangkan fasisme adalah membunuh dan mengusir orang-orang Yahudi. Alasan tindakan Hittler adalah … .

    a. orang Yahudi menguasai perekonomian Jerman

    b. Adolf Hittler sangat membenci orang Yahudi

    c. orang Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I

    d. orang Yahudi tidak mau tunduk pada kebijaksanaan Hittler

2. Negara-negara fasis pada umumnya menganut paham chauvinisme, yaitu … .

    a. menganggap dirinya unggul dari ras lainnya

    b. negara di atas segala kepentingan rakyat

    c. menganggap semua bangsa itu sama

    d. memimpikan persatuan seluruh negara di bumi

3. Secara khusus, Perang Dunia II di kawasan Eropa disebabkan oleh … .

    a. terbunuhnya putra mahkota Austria

    b. serangan Jepang terhadap pangkalan Sekutu di Hawai

    c. serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia

    d. politik mencari kawan di antara negara-negara Eropa

4. Perjanjian San Fransisco berisi antara lain … .

    a. daerah Italia dipersempit

    b. Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia

    c. Jerman dibagi menjadi dua daerah pendudukan

    d. Jerman harus mengganti kerugian perang

5. Alasan perlawanan rakyat terhadap Jepang adalah kewajiban melakukan seikerei, yaitu … .

    a. wajib menjadi tenaga romusha

    b. mengikuti latihan militer ala Jepang

    c. melakukan penghormatan terhadap Kaisar Jepang

    d. menyerahkan tanaman padi kepada Jepang

6. Berikut ini yang merupakan alasan munculnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, kecuali … .

    a. adanya penderitaan rakyat akibat kekejaman Jepang

    b. kewajiban melakukan seikerei

    c. kesewenang-wenangan tindakan Jepang

    d. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

7. Pada masa pemerintahannya di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber kekayaan alam Indonesia sebab … .

    a. Indonesia sudah menjadi jajahan Jepang

    b. Jepang khawatir kekayaan alam Indonesia dihabiskan oleh Belanda

    c. Jepang membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang

    d. kebutuhan yang dicari Jepang hanya ada di Indonesia

8. Peristiwa penting yang menandai dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia yaitu … .

a. dibomnya pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour

b. Belanda menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati

c. Jepang masuk ke Indonesia lewat Tarakan

d. dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki

9. Beberapa propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia, kecuali … .

a. mengizinkan menyanyikan lagu Indonesia Raya

b. melarang penggunaan Bahasa Belanda

c. mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia

d. memberikan kemerdekaan secara bertahap

10. Heiho dan PETA yang dibentuk pemerintah Jepang mempunyai tugas utama …

a. mempertahankan Indonesia dari serangan musuh

b. membantu Jepang di front pertempuran Asia Pasifik

c. menjaga ketertiban umum

d. memperkuat pasukan Jepang di Indonesia

11. Tujuan yang sebenarnya dari Jepang membentuk organisasi semi militer adalah … .

a. membantu pertahanan bangsa Indonesia menghadapi Belanda

b. mempersiapkan tenaga prajurit untuk membantu Jepang

c. mendidik bangsa Indonesia agar siap jika merdeka kelak

d. menambah kekuatan angkatan perang di negeri Jepang

12. Tugas badan Cuo Sangi In hampir sama dengan badan DPA yaitu … .

a. memeriksa kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang

b. mengadili setiap anggota PETA yang melakukan pemberontakan

c. mengajukan usul dan pertimbangan kepada pemerintah Jepang

d. menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia kepada pemerintah Jepang

13. Jepang akhirnya membubarkan Gerakan Tiga A sebab … .

a. Gerakan Tiga A murni bentukan Jepang

b. Gerakan Tiga A tidak bermanfaat bagi bangsa Indonesia

c. Gerakan Tiga A didominasi orang-orang Jepang

d. Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia

14. Bagi bangsa Indonesia, Putera bertujuan untuk … .

a. mengerahkan rakyat untuk mengumpulkan padi

b. mempersatukan kekuatan untuk melawan Jepang

c. membangun kembali segala yang telah dirobohkan oleh Belanda

d. menyelidiki kekuatan Jepang dalam Perang Pasifik

15. Alasan Syahrir melakukan perlawanan terhadap Jepang adalah … .

a. Jepang adalah negara fasis

b. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

c. menolak modernisasi yang dilakukan oleh Jepang

d. penderitaan rakyat yang sangat berat

16. Pernyataan berikut yang benar mengenai stratifikasi sosial masyarakat Jepang, kecuali … .

a. golongan pribumi menempati lapisan paling bawah

b. lapisan paling atas ditempati oleh golongan Jepang

c. Lapisan kedua diduduki oleh golongan pribumi

d. golongan Timur Asing menempati lapisan paling bawah

17. Dampak Perang Dunia II bagi Indonesia antara lain … .

a. pergerakan nasional semakin radikal

b. Indonesia mulai dijajah Jepang

c. Belanda memberikan kemerdekaan kepada jajahannya

d. negara-negara imperialis memberi kemerdekaan kepada jajahannya

18. Untuk menghadapi invasi Jepang di Asia Tenggara, maka pihak Sekutu … .

a. segera memerdekakan tanah jajahannya

b. mengadakan kerja sama dengan sayap kiri Jepang

c. meminta bantuan Amerika Serikat dan Rusia

d. membentuk komando gabungan ABDACOM

19. Pemberontakan PETA di Blitar dapat dikatakan mengalami kegagalan sebab … .

a. persenjataan Jepang lebih modern

b. rencana pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang

c. tidak mendapat dukungan dari rakyat

d. persiapan yang kurang matang

20. Aspek mentalitas yang ditimbulkan dari adanya romusha adalah … .

a. desa kehilangan para pemuda dan kaum laki-laki

b. masyarakat pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif

c. terjadi kelaparan dan wabah penyakit

d. ekonomi rakyat mengalami kerusakan

Jawaban soal di atas 

1. c. orang Yahudi dianggap sebagai biang kekalahan Jerman dalam PD I

2. a. menganggap dirinya unggul dari ras lainnya

3. c. serangan Jerman terhadap kota Danzig di Polandia

4. b. Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia

5. a. wajib menjadi tenaga romusha

6. d. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

7. c. Jepang membutuhkan sumber kekayaan alam Indonesia untuk membantu perang Jepang

8. b. Belanda menyerahkan kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati

9. d. memberikan kemerdekaan secara bertahap

10. b. membantu Jepang di front pertempuran Asia Pasifik

11. b. mempersiapkan tenaga prajurit untuk membantu Jepang

12. a. memeriksa kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah Jepang

13. d. Gerakan Tiga A tidak mendapat sambutan dari rakyat Indonesia

14. b. mempersatukan kekuatan untuk melawan Jepang

15. b. Jepang tidak segera memerdekakan Indonesia

16. a. golongan pribumi menempati lapisan paling bawah

17. b. Indonesia mulai dijajah Jepang

18. d. membentuk komando gabungan ABDACOM

19. b. rencana pemberontakan sudah diketahui oleh Jepang

20. b. masyarakat pedesaan dihantui oleh ketakutan kolektif

Latihan Soal (untuk menghadapi ujian sekolah / nasional)

 1. Pada pembagian rangka manusia secara garis besar, bagian yang tidak termasuk adalah:

    a. tulang-tulang rangka kepala

    b. tulang-tulang rangka badan

    c. tulang-tulang rangka bahu

    d. tulang-tulang rangka anggota gerak

2. Fungsi tulang rangka yang melindungi jantung dan paru-paru adalah ….

    a. tulang tengkorak

    b. tulang rusuk dan dada

    c. tulang panggul

    d. tulang tungkai



3. Tulang leher terdiri atas ….

    a. 7 ruas                                     c. 5 ruas

    b. 8 ruas                                     d. 6 ruas

4. Tulang-tulang berikut ini termasuk dalam tulang-tulang anggota gerak adalah ….

    a. tulang punggung

    b. tulang rusuk

    c. tulang sanggurdi

    d. tulang pengumpil

5. Fungsi utama tulang tidak termasuk yang berikut ini ….

    a. memberikan bentuk pada tulang

    b. tempat menempelnya otot-otot

    c. melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak

    d. menjaga tubuh agar tetap tegak

6. Tulang yang termasuk dalam anggota tulang tungkai adalah ….

    a. tulang kering

    b. tulang pengumpil

    c. tulang tengkorak

    d. tulang rusuk

7. Tulang yang termasuk dalam anggota tulang pipih adalah ….

    a. tibia

    b. fibula

    c. tulang tengkorak

    d. tulang punggung

8. Skoliosis adalah kelainan tulang karena ….

    a. tulang belakang bengkok ke depan

    b. tulang belakang bengkok ke belakang

    c. tulang belakang bengkok ke samping

    d. tulang belakang lurus dan kaku

9. Menurutmu, manakah anggota tubuh yang tidak tergolong alat untuk mengindra?

    a. mulut                             c. kulit

    b. lidah                             d. mata

11. Bagian telinga yang berfungsi menangkap dan mengumpulkan suara adalah ….

    a. daun telinga

    b. gendang telinga

    c. tulang-tulang telinga

    d. rumah siput

12. Hal yang tidak boleh dilakukan agar indra pendengaran kita tidak terganggu adalah ….

    a. membersihkannya setiap minggu

    b. mendengar suara-suara yang keras

    c. membersihkannya dengan bahan yang lembut

    d. tidak terlalu dalam pada saat membersihkan telinga

13. Bagian hidung yang berfungsi sebagai penyaring adalah ….

    a. lubang hidung

    b. rambut-rambut hidung

    c. syaraf pendeteksi bau

    d. lapisan pembau

15. Kulit berfungsi sebagai ….

    a. indra penglihat

    b. indra pendengar

    c. indra perasa

    d. indra peraba


1. Berikut ini, bagian yang berfungsi sebagai penyerap air dan mineral ialah ….

    a. batang                         c. akar

    b. daun                           d. buah

2. Pada pohon bakau, akar dapat berfungsi sebagai ….

    a. penyerap oksigen di udara

    b. cadangan makanan

    c. tempat fotosintesis

    d. calon tumbuhan baru

3. Tumbuhan yang memiliki akar serabut ialah ….

    a. kacang-kacangan

    b. pohon kelapa

    c. pohon mangga

    d. pohon jeruk

4. Daun merupakan tempat melakukan fotosintesis karena ….

    a. memiliki tulang daun

    b. memiliki serbuk sari

    c. memiliki cadangan makanan

    d. memiliki klorofil

5. Bagian bunga yang dapat menarik perhatian serangga adalah ….

    a. tangkai bunga                         c. putik

    b. mahkota                                 d. kelopak

6. Bagian bunga yang memiliki fungsi sebagai alat kelamin jantan adalah ….

    a. putik                             c. kelopak

    b. benang sari                 d. mahkota

8. Serangga dapat membantu penyerbukan karena ….

    a. benang sari yang menempel pada serangga dapat menempel ke putik bunga lain

    b. putik yang menempel pada serangga terbawa dan menempel ke bunga lain

    c. serbuk sari yang terbawa serang ga menempel ke kepala putik

    d. kepala putik yang terbawa serangga menempel ke bunga lain

9. Bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil penyerbukan dan pembuahan adalah ….

    a. bunga                                 c. daun

    b. buah dan biji                     d. akar

10. Berikut ini, yang termasuk ke dalam biji berkeping satu adalah ….

    a. biji mangga

    b. biji kacang hijau

    c. biji jagung

    d. biji kacang merah

 Jawaban dan Uraian dari soal-soal di atas :

1. Berikut ini adalah pembagian rangka manusia secara garis besar, dengan mencari bagian yang tidak termasuk dalam pembagian tersebut:

   a. Tulang-tulang rangka kepala: Termasuk dalam pembagian rangka manusia.

   b. Tulang-tulang rangka badan: Termasuk dalam pembagian rangka manusia.

   c. Tulang-tulang rangka bahu: Termasuk dalam pembagian rangka manusia.

   d. Tulang-tulang rangka anggota gerak: Termasuk dalam pembagian rangka manusia.

Dengan demikian, tidak ada bagian rangka yang tidak termasuk dalam pembagian tersebut. Jawaban yang tepat adalah "Semua pilihan termasuk dalam pembagian rangka manusia secara garis besar."

2. Tulang rangka yang berfungsi melindungi jantung dan paru-paru adalah tulang rusuk dan dada (jawaban b).

3. Tulang leher terdiri atas 7 ruas (jawaban a).

4. Tulang yang termasuk dalam tulang-tulang anggota gerak adalah tulang punggung (jawaban a) dan tulang panggul (jawaban c).

5. Fungsi utama tulang adalah:

   a. Memberikan bentuk pada tubuh: Termasuk dalam fungsi utama tulang.

   b. Tempat menempelnya otot-otot: Termasuk dalam fungsi utama tulang.

   c. Melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak: Termasuk dalam fungsi utama tulang.

   d. Menjaga tubuh agar tetap tegak: Tidak termasuk dalam fungsi utama tulang. Jawaban yang tepat adalah "Menjaga tubuh agar tetap tegak (jawaban d)."

6. Tulang kering termasuk dalam anggota tulang tungkai, sedangkan tulang pengumpil tidak termasuk.

7. Tulang tengkorak termasuk dalam anggota tulang pipih, sedangkan tibia dan fibula tidak termasuk.

8. Skoliosis adalah kelainan tulang karena tulang belakang bengkok ke samping, bukan ke depan, ke belakang, atau lurus dan kaku.

9. Anggota tubuh yang tidak tergolong sebagai alat untuk mengindra adalah mulut.

11. Bagian telinga yang berfungsi menangkap dan mengumpulkan suara adalah daun telinga, bukan gendang telinga, tulang-tulang telinga, atau rumah siput.

12. Jawaban yang paling benar adalah: d. tidak terlalu dalam pada saat membersihkan telinga.

13. Jawaban yang paling benar adalah: b. rambut-rambut hidung.

15. Jawaban yang paling benar adalah: d. indra peraba.

______________________

1. Bagian yang berfungsi sebagai penyerap air dan mineral adalah akar.

2. Pada pohon bakau, akar dapat berfungsi sebagai penyerap oksigen di udara.

3. Tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah pohon kelapa.

4. Daun merupakan tempat melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil.

5. Bagian bunga yang dapat menarik perhatian serangga adalah mahkota.

6. Bagian bunga yang memiliki fungsi sebagai alat kelamin jantan adalah benang sari.

8. Serangga dapat membantu penyerbukan karena benang sari yang menempel pada serangga dapat menempel ke putik bunga lain.

9. Bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil penyerbukan dan pembuahan adalah buah dan biji.

10. Biji berkeping satu adalah biji jagung. Biji mangga, biji kacang hijau, dan biji kacang merah termasuk biji berkeping dua.

 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |