[iklan]

PROSES AKOMODASI BARU DAN KESINAMBUNGAN MASYARAKAT DI TENGAH ARUS PERUBAHAN SOSIAL

Akomodasi

Pengertian Akomodasi

PROSES NGOMONGIN MASALAH GAYA YUK DI ERA SOSMED

Pada jaman sekarang yang penuh dengan perubahan sosial yang kenceng, ada satu istilah yang bisa bikin kita tetep hidup berdampingan dengan damai. Nah, istilah itu namanya "akomodasi". Kamu pada pasti banyak yang nggak asing sama kata ini. Jadi, akomodasi itu ada dua makna, yakni sebagai keadaan dan proses. Kalo sebagai keadaan, artinya ada keseimbangan hubungan antar individu atau kelompok dalam interaksi mereka sesuai sama norma-norma sosial dan budaya yang ada. Kalo sebagai proses, artinya usaha manusia buat ngedamperin atau ngindarin konflik biar bisa dapet stabilitas.

Nah, akomodasi ini penting banget buat ngeresepin konflik dan nyetel jalannya masyarakat. Tujuannya apa aja sih secara sosiologis?

Pertama, buat ngecilin konflik antar individu atau kelompok yang disebabkan beda pandangan. Jadi, akomodasi di sini bertujuan nyari solusi tengah biar dapet pola baru yang jalan buat semua orang.

Kedua, buat ngecegah konflik meledak sampe makin parah. Kalo konfliknya gak diatasi, bisa-bisa jadi rusuh banget.

Ketiga, buat kerja sama antar kelompok sosial yang beda-beda. Meskipun beda, tapi bisa saling nguat-in dan bantu satu sama lain.

Keempat, buat ngedeketin kelompok sosial yang tadinya terpisah-pisah. Misalnya, dengan pernikahan campuran atau asimilasi.

Jadi, kalo kamu mau ngeresepin konflik dengan efektif, harus ada tiga syarat yang harus dipenuhi. Pertama, kedua pihak yang konflik harus sadar kalo ada situasi konflik dan juga harus adil ke semua pihak. Kedua, harus ada organisasi yang jelas buat kelompok yang lagi berkonflik. Kalo gak teroganisir, susah banget deh ngaturnya. Ketiga, harus ada aturan main yang disepakati dan ditaati bareng-bareng. Kalo ada ketiga hal itu, proses akomodasi bakal jalan mulus dan gampang.

Di masyarakat, ada dua jenis konflik menurut ahli sosial. Pertama, konflik horizontal. Itu konflik antar individu atau kelompok yang disebabkan perbedaan suku, agama, ras, daerah, kelompok, profesi, atau tempat tinggal. Kedua, konflik vertikal. Itu konflik antar individu atau kelompok yang beda kaya (kekayaan) atau antara rakyat dan penguasa (kekuasaan).

Ada juga bentuk-bentuk akomodasi buat menyelesaikan masalah. Misalnya, ada yang namanya penyelesaian menang-kalah. Itu berarti satu kelompok diuntungin dan yang lain dirugikan. Biasanya terjadi kalo kedua kelompok gak mau ngurangin tuntutan, tapi kekuatannya beda jauh.

Ada juga penyelesaian menang-menang. Nah, ini yang bagus karena semua pihak diuntungin. Buat bisa kayak gitu, semua kelompok yang berkonflik harus rela ngurangin tuntutan dan duduk bareng buat cari solusi yang adil.

Selain itu, ada juga bentuk-bentuk akomodasi lainnya. Ada yang pake paksaan, ada yang kompromi, ada yang minta bantuan pihak ketiga, ada yang mediasi, ada yang mendamaikan, ada juga yang toleransi. Intinya, ada banyak cara yang bisa dipilih buat ngatasi konflik dalam masyarakat yang beragam kayak di Indonesia. Yang penting, jangan sampe konflik itu bikin negara kita pecah belah, ya!

0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE