[iklan]

Kerajaan Aceh (Kesultanan Islam di Indonesia : Nusantara)

Kerajaan Aceh berdiri pada tahun 1514 Masehi. Sultan Ibrahim atau Ali Mugayat Syah tercatat sebagai raja pertama kerajaan ini yang memimpin antara tahun 1514–1528 Masehi. Kerajaan Aceh menjadi kerajaan yang sangat penting bagi para pedagang saat itu. Setelah bandar Malaka jatuh ke tangan Portugis, praktis para pedagang banyak yang beralih ke wilayah Aceh.



Kerajaan Aceh juga telah menjalin hubungan dengan para pemimpin Islam di kawasan Arab. Oleh karena itu, Aceh juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekah. Puncak hubungan ini terjadi pada masa kekhalifahan Usmaniyah. Tidak sekadar pada hubungan dagang dan keagamaan, tetapi kerja sama politik dan militer telah dibangun saat itu. Hubungan ini pula yang menyebabkan pasukan perang Usmani membantu Kerajaan Aceh untuk mengusir Portugis dari Pasai yang telah dikuasai sejak tahun 1512 Masehi.

Kerajaan Aceh mencapaipuncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Pada saat itu wilayah kekuasaan Aceh sangat luas mulai dari Aru di seberang Malaka arah utara hingga Bengkulu di sebelah barat. Kepulauan Nias dengan wilayah Johor, Pahang, Kedah, dan Perak juga tunduk di bawah kekuasaan Aceh.

Pada tahun 1600 Masehi seluruh wilayah kekuasaan Aceh telah memeluk agama Islam. Hal ini tidak lepas dari dukungan penuh dari para sultan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan gerak dakwah yang menyebabkan istana kerajaan dikelilingi oleh para ulama dan kaum terpelajar. Beberapa nama ulama besar saat itu adalah Syekh Syamsuddin, Hamzah Fansuri, dan Abdur Rauf dari Singkal.

Para ulama Aceh menyebarkan Islam melampaui batas kerajaannya. Salah satunya ke Kerajaan Minangkabau. Penyebaran Islam di Minangkabau pada awalnya tidak berjalan dengan lancar akibat pertentangan dengan tradisi yang telah ada. Baru pada tahun 1583 Masehi, tiga orang tokoh Minangkabau kembali dari tanah suci Mekah. Ketiga tokoh tersebut membawa paham Wahabi. Gerakan Wahabi akhirnya sangat mewarnai perkembangan Islam di Minangkabau dengan nama Gerakan Paderi.

 

Selengkapnya : Kerajaan Islam di Indonesia : Nusantara 

 

Masuknya Islam di Nusantara 

 

..

 

0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE