. Disponsori oleh Al Anwar Farm -
-
[iklan]

Aturan Dasar Umum Pada Pematrian

Pematrian

3) Proses terjadinya ikatan patri

 a). Bidang patrian harus bersifat logam murni (mengkilap). Di atas bidang patrian yang mengkilap, patri merambat dengan baik (gambar 5a). Setiap lokasi terkecil yang tidak bersih pada bidang patrian, seperti cat warna, karat, gemuk, kotoran, keringat tangan dan lapisan oksid akan tampak akibatnya pada penggelembungan patri yang cair dan menghalangi ikatan dengan bahan dasar (gambar 5b). Lapisan oksid yang terbentuk oleh zat asam udara, segera setelah pengilapan bidang patrian, dapat dihancurkan dengan bahan kimia (bahan pelumer) atau dengan alat pembantu mekanis atau pembentukannya dicegah dengan melakukan penyoldenan di bawah gas pelindung.

Gambar Perambatan Patri


b). Bahan pelumer dan kekuatan sambungan patri. Bahan pelumer disalurkan sebelum dan selama proses Pematrian. Ia melarutkan selaput oksid yang selalu ada pada permukaan bahan dasar dan patri secara kimiawi, mengubahnya menjadi terak cair dan mencegah pembentukan oksid baru selama Pematrian.

Perhatikan: Bahan pelumer jangan terlalu dihemati Jumlah yang sadikit akan cepat jenuh oleh lapisan terak dan oksid yang telah larut dan tidak berfungsi lagi. Bahan palumer hanya bekerja pada sebuah bidang yang benar-benar mengkilap; namun ia tidak dapat menyingkirkan kotoran, karat, jejak gilingan dan gemuk. Oleh karena itu bidang Pematrian harus dibuat mengkilap sebelumnya dan Pematrian dilakukan secepat mungkin, karena akan selalu muncul lap/san terak baru yang harus dilarutkan pula. Bahan pelumer mendesak udara dari celah Pematrian keluar dan menggiring wider yang mengalir (tanpa pembentukan pori-pori) ke dalam bidang yang secara kimia telah bersih. Ia mengurangi pula tegangan permukaan patri calm, sehingga mudah merambat.

Beberapa jenis bahan pelumer: Menurut bentuknya terdapat bahan pelumer cair, butiran, pasta, dan berbentuk gas. Yang disebut terakhir dihisap oleh pembakar patri dan sebuah wadah. Bahan pelumer dapat juga dicampur dengan patri atau terbungkus di dalam patri yang berbentuk pipa sehingga tidak diperlukan lagi penyaluran bahan pelumer pada Pematrian. Pula waktu Pematrian dapat dipersingkat. Pada Pematrian di bawah gas pelindung atau di dalam ruang hampa, biasanya tidak diperlukan bahan pelumer. Menurut susunan kimianya, tersedia banyak macam bahan pelumer yang cocok untuk bahan dasar atau metode Pematrian. Bahan pelumer ini harus dipilih sesuai dengan standar atau petunjuk dan pabrik (lihat bab: Pematrian halus, Pematrian keras).

 

Selengkapnya : PROSEDUR PENGELASAN, PEMATRIAN, PEMOTONGAN DENGAN PANAS DAN PEMANASAN

 

0 komentar

<i>tekt miring</i> | <b>TEKS TEBAL</b>

[img]link Image Anda[/img]

[youtube]link video youtube[/youtube]




. . .
 
© 2011 - 2021 | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Amanah JayaSteel, | Bisa Mulia | Versi MOBILE