Syamsul Arifin Sentul:
https://youtu.be/l0w7SAQqSXA
Baru tahu, ada berbagai pendapat yang menghalalkan RibaðŸ˜ðŸ˜ðŸ˜
Alhamdulillaah, ahad 26 Feb '17 diberi kesempatan Allaah u/ ikut acara kajian Fiqh Muamalah feat K.H Shiddiq Al Jawi😊 yang diadakan oleh temen2 KTR Malang.
Semua Ulama memang sepakat Riba HARAM. Tapi ada ulama yang membolehkan bunga Bank🙄
Berikut Pendapat yang membolehkan Bunga Bank
⛔Bunga Bank yang sifatnya konsumtif saja yang HARAM. Kalo Produktif TIDAK HARAM
Mereka pakai logika alias dalil Aqli bukan dalil syar'i (Wahyu)
Bantahan:
Dalil tentang Riba pada Al Baqoroh ayat 275 sifatnya umum. Tidak ada pengecualian (takhsis).
⛔Bunga Bank yang kecil Tidak HARAM. Yang berlipat ganda alias Besar yang HARAM
Mereka yang berpendapat pakai Surat Ali Imron ayat 130
Bantahan
Tidak berlaku karena dalam ilmu ushul Fiqh dalil Takhsis harus datang belakangan. Faktanya Ali Imron ayat 130 turun lebih awal daripada dalil keumuman Riba (Al Baqoroh ayat 275)
⛔Bunga Bank u/ Mengimbangi Inflasi tidak HARAM
Mereka beranggapan agar tidak terjadi inflasi boleh pakai bunga bank
Bantahan
1. Hanya berdasar logika bukan wahyu
2. Kebijakan Negara mencetak uang kertas (fiat money) adalah kekeliruan
⛔Bunga Bank di Bank Negara Tidak HARAM. Di Bank Swasta Haram
Mereka menganggap bunga bank yang diberikan o/ Bank Negara sebagai pelayanan terhadap masyarakat
Bantahan
Dalil logika bukan wahyu
⛔Bunga Bank tidak HARAM, karena dulu tidak ada Bank (instansi). Yang Haram antar individu
Mereka memandang yang harom riba yang terjadi antar individu saja. Interaksi riba antar individu dan institusi boleh
Bantahan
Logika juga. Riba dalilnya bersifat umum. Baik terjadi antar individu ataupun dg institusi. Harusnya dg institusi lebih Harom lagi (min babin ulaa) karena institusi dilindungi UU. Dg individu saja haram. Apalagi dg lembaga institusi...
⛔Bunga Bank jika suka sama suka Tidak HARAM
Kalau rela atau tidak ada paksaan, bunga bank sah sah saja
Bantahan
Kerelaan tidak lantas mengubah hukum syara. Yang halal jadi harom. Dalil tentang Riba umum. Tidak ihsanul amal
⛔Jika Bermanfaat tidak HARAM
Bunga bank memberi manfaat bagi bank & nasabah. Jadi boleh
Bantahan
Manfaat bukan dalil syara.
⛔Jika Darurat tidak HARAM
Bantahan
Darurat adalah hal yg mengancam jiwa
Pertanyaannya: apakah seorang muslim yg tidak terlibat Riba terancam jiwanya?
Jelas tidak. Yang ada hanya kesulitan dan hambatan.
Ah, ternyata hukum syara' diterobos juga sama siempunya pendapat yang membolehkan bunga bank.ðŸ˜ðŸ˜
Semoga taat kita pada Allaah SWT adalah taat totalitas, yang tidak menyeret kita menjadi orang yang merugi. Apalgi celaka. Naudzubillah
Ayo #MoveOn🌸
https://youtu.be/l0w7SAQqSXA
Baru tahu, ada berbagai pendapat yang menghalalkan RibaðŸ˜ðŸ˜ðŸ˜
Alhamdulillaah, ahad 26 Feb '17 diberi kesempatan Allaah u/ ikut acara kajian Fiqh Muamalah feat K.H Shiddiq Al Jawi😊 yang diadakan oleh temen2 KTR Malang.
Semua Ulama memang sepakat Riba HARAM. Tapi ada ulama yang membolehkan bunga Bank🙄
Berikut Pendapat yang membolehkan Bunga Bank
⛔Bunga Bank yang sifatnya konsumtif saja yang HARAM. Kalo Produktif TIDAK HARAM
Mereka pakai logika alias dalil Aqli bukan dalil syar'i (Wahyu)
Bantahan:
Dalil tentang Riba pada Al Baqoroh ayat 275 sifatnya umum. Tidak ada pengecualian (takhsis).
⛔Bunga Bank yang kecil Tidak HARAM. Yang berlipat ganda alias Besar yang HARAM
Mereka yang berpendapat pakai Surat Ali Imron ayat 130
Bantahan
Tidak berlaku karena dalam ilmu ushul Fiqh dalil Takhsis harus datang belakangan. Faktanya Ali Imron ayat 130 turun lebih awal daripada dalil keumuman Riba (Al Baqoroh ayat 275)
⛔Bunga Bank u/ Mengimbangi Inflasi tidak HARAM
Mereka beranggapan agar tidak terjadi inflasi boleh pakai bunga bank
Bantahan
1. Hanya berdasar logika bukan wahyu
2. Kebijakan Negara mencetak uang kertas (fiat money) adalah kekeliruan
⛔Bunga Bank di Bank Negara Tidak HARAM. Di Bank Swasta Haram
Mereka menganggap bunga bank yang diberikan o/ Bank Negara sebagai pelayanan terhadap masyarakat
Bantahan
Dalil logika bukan wahyu
⛔Bunga Bank tidak HARAM, karena dulu tidak ada Bank (instansi). Yang Haram antar individu
Mereka memandang yang harom riba yang terjadi antar individu saja. Interaksi riba antar individu dan institusi boleh
Bantahan
Logika juga. Riba dalilnya bersifat umum. Baik terjadi antar individu ataupun dg institusi. Harusnya dg institusi lebih Harom lagi (min babin ulaa) karena institusi dilindungi UU. Dg individu saja haram. Apalagi dg lembaga institusi...
⛔Bunga Bank jika suka sama suka Tidak HARAM
Kalau rela atau tidak ada paksaan, bunga bank sah sah saja
Bantahan
Kerelaan tidak lantas mengubah hukum syara. Yang halal jadi harom. Dalil tentang Riba umum. Tidak ihsanul amal
⛔Jika Bermanfaat tidak HARAM
Bunga bank memberi manfaat bagi bank & nasabah. Jadi boleh
Bantahan
Manfaat bukan dalil syara.
⛔Jika Darurat tidak HARAM
Bantahan
Darurat adalah hal yg mengancam jiwa
Pertanyaannya: apakah seorang muslim yg tidak terlibat Riba terancam jiwanya?
Jelas tidak. Yang ada hanya kesulitan dan hambatan.
Ah, ternyata hukum syara' diterobos juga sama siempunya pendapat yang membolehkan bunga bank.ðŸ˜ðŸ˜
Semoga taat kita pada Allaah SWT adalah taat totalitas, yang tidak menyeret kita menjadi orang yang merugi. Apalgi celaka. Naudzubillah
Ayo #MoveOn🌸