-

Simbol (Matematika) dan Cara Membaca

Simbol Cara Membaca
Simbol Cara Membaca
=   Sama dengan
⊃  Superset dari
≠   Tidak sama dengan
∪  Union, gabungan
<   Lebih kecil dari
∩   Intersect, irisan
>   Lebih besar dari
∞   Tak hingga
≤   Lebih kecil atau sama dengan
∫   Integral
≥   Lebih besar atau sama dengan
⊥  Tegak lurus, siku-siku
+   Ditambah, plus (posistif)
λ   lamda
−   Dikurang, min (minus)
ρ   rho
×   Kali
µ   mu (myu)
÷   Dibagi / per
±   plus-minus
/   Dibagi / per
ʊ   upsilon
√   Akar (akar kuadrat)
π   phi
%   Persen
Φ   phi
||  Nilai mutlak
Ψ   psi
!   Faktorial
Ω   omega
⇒  Maka (jika - maka)
α   alpha
→   Maka (jika - maka)
β   beta
⇔  Jika dan hanya jika
γ   gamma
↔   Jika dan hanya jika
δ   delta
¬   Not, negasi
ε   epsilon
˜  Not, negasi
ζ   zeta
~   Not, negasi
η   eta
{,} Himpunan
θ   teta
{}  Himpinan kosong
κ   kappa
∅   Himpunan kosong
ν   nu
∈  Elemen dari
ξ   xi
∉   Bukan elemen dari
∑   Sigma
⊆  Subset dari
σ   sigma
⊂  Subset dari
τ   tau
⊇  Superset dari
.
 Blus Vinko - Batik Indonesia Modern

Pondasi telapak (Footing Foundation)

Pondasi ini umumnya diterapkan di atas tanah asli relatif keras dan atau tanah urugan yang telah dipadatkan dengan tingkat kepadatan tertentu yang disyaratkan. Prinsip utama dari pondasi telapak ini adalah mengandalkan luasan telapak untuk memindahkan beban dinding atau kolom. Bahkan jika ternyata tanah cukup keras, dinding menerus dapat difungsikan sebagai pondasi.
Gambar (a) Pondasi dinding, (b) Telapak kolom dan (c) Telapak dinding

Pondasi telapak dapat berupa bahan pasangan batu, bahan beton tak bertulang maupun beton bertulang. Macam bentuk pondasi ini dapat dilihat pada Gambar.

Untuk maksud ketahanan terhadap adanya pengaruh kemiringan tanah dan gempa, pondasi ini memerlukan struktur pengikat baik berupa balok pengikat miring (grade beam) maupun balok pengikat (tie beam). Ilustrasi bentuk pondasi pada tanah miring ditunjukkan pada Gambar.
Gambar Bentuk pondasi untuk tanah miring: Pondasi telapak bertingkat
(steped footing) dan pondasi dengan balok pengikat (tie beam)

Pondasi Dalam: Pondasi Tiang dan Sumuran

Selengkapnya tentang PONDASI

Pembebanan pada Struktur

Dalam melakukan analisis desain suatu struktur, perlu ada gambaran yang jelas mengenai perilaku dan besar beban yang bekerja pada struktur. Menunjukan diagram beban-beban yang harus diperhatikan dan cara untuk menentukan karakteristiknya. Perencanaan pembebanan di Indonesia diatur melalui SNI 03-1727-1989-F, Tata cara perencanaan pembebanan untuk rumah dan gedung.


Hal penting yang mendasar adalah pemisahan antara beban-beban yang bersifat statis dan dinamis.

− Gaya statis adalah gaya yang bekerja secara terus-menerus pada struktur. Deformasi ini akan mencapai puncaknya apabila gaya statis maksimum.

− Gaya dinamis adalah gaya yang bekerja secara tiba-tiba dan/atau kadang-kadang pada struktur. Pada umumya mempunyai karakterisitik besar dan lokasinya berubah dengan cepat. Deformasi pada struktur akibat beban ini juga berubah-ubah secara cepat. Gaya dinamis dapat menyebabkan terjadinya osilasi pada struktur hingga deformasi puncak tidak terjadi bersamaan dengan terjadinya gaya terbesar

a) Gaya-gaya Statis
Gaya-gaya statis pada umumnya dapat dibagi lagi menjadi beban mati, beban hidup, dan beban akibat penurunan atau efek termal. Beban Mati adalah beban-beban yang bekerja vertikal ke bawah pada struktur dan mempunyai karakteristik bangunan, seperti misalnya penutup lantai, alat mekanis, partisi yang dapat dipindahkan, adalah beban mati. Berat eksak elemen-elemen ini pada umumnya diketahui atau dapat dengan mudah ditentukan dengan derajat ketelitian cukup tinggi. Semua metode untuk menghitung beban mati suatu elemen adalah didasarkan atas peninjauan berat satuan material yang terlihat dan berdasarkan volume elemen tersebut. Berat satuan (unit weight) material secara empiris telah ditentukan dan telah banyak dicantumkan tabelnya pada sejumlah sumber untuk memudahkan perhitungan beban mati.

Beban hidup adalah beban-beban yang bisa ada atau tidak ada pada struktur untuk suatu waktu yang diberikan. Meskipun dapat berpindahpindah, beban hidup masih dapat dikatakan bekerja secara perlahan-lahan pada struktur. Beban penggunaan (occupancy loads) adalah beban hidup. Yang termasuk ke dalam beban penggunaan adalah berat manusia, perabot, barang yang disimpan, dan sebagainya.

Dalam peraturan pembebanan Indonesia, beban hidup meliputi:
− Beban hidup pada lantai gedung

o Beban sudah termasuk perlengkapan ruang sesuai dengan kegunaan ruang yang bersangkutan, serta dinding pemisah ringan dengan berat tidak lebih 100 kg/m2. Beban untuk perlengkapan ruang yang berat harus ditentukan tersendiri.

o Beban tidak perlu dikalikan koefisien kejut

o Beban lantai untuk bangunan multi guna harus menggunakan beban terberat yang mungkin terjadi

− Beban hidup pada atap bangunan

o Untuk bagian atap yang dapat dicapai orang harus digunakan minimum sebesar 100 kg/m2 bidang datar

o Untuk beban akibat air hujan sebesar (40 – 0.8 α) kg/m2, dengan α adalah sudut kemiringan atap bila kurang dari 50°.

o Beban terpusat untuk pekerja dan peralatan pemadam kebakaran sebesar minimum 100 kg.

o Bagian tepi atap yang terkantilever sebesar minimum 200 kg. o Pada bangunan tinggi yang menggunakan landasan helikopter diambil sebesar 200 kg/m2 .

b) Beban Angin
Struktur yang berada pada lintasan angin akan menyebabkan angin berbelok atau dapat berhenti. Sebagai akibatnya, energi kinetik angin akan ber-ubah bentuk menjadi energi potensial yang berupa tekanan atau isapan pada struktur. Besar tekanan atau isapan yang diakibatkan oleh angin pada suatu titik akan bergantung pada kecepatan angin, rapat massa udara, lokasi yang ditinjau pada struktur, perilaku permukaan struktur, bentuk geometris, dimensi dan orientasi struktur.

Apabila suatu fluida seperti udara mengalir di sekitar suatu benda, akan terladi pola arus kompleks di sekitar benda tersebut. Perilaku dan kerumitan pola aliran itu bergantung pada bentuk benda. Aliran dapat berupa aliran laminer, dapat pula turbulen. Gaya yang bekerja pada benda sebagai hasil dari gangguan pada aliran tersebut dapat berupa tekanan atau isapan. Semakin langsing suatu benda, akan semakin kecil gaya reaksi yang diberikannya dalam arah berlawanan dengan arah angin bergerak.

Beban angin ditentukan dengan menganggap adanya tekanan positif dan tekanan negatif atau hisapan yang bekerja tegak lurus pada bidang-bidang.

− Tekanan tiup

o Pada kondisi umum diambil rata-rata 25 kg/m2
o Di laut dan tepi laut sampai sejauh 5 km minimum 40 kg/m2
o Pada daerah dengan kecepatan angin besar digunakan perhitungan tekanan sebesar: V2 / 16 (kg/m2), dengan v adalah kecepatan yang ditentukan oleh instansi yang berwenang
o Pada bentuk cerobong ditentukan: (42,5 + 0,6 h) kg/m2, dengan h adalah tinggi cerobong
o Apabila bangunan terlindung dari angin dapat dikalikan dengan koefisien reduksi sebesar 0,5.
− Koefisien angin, berdasarkan posisi dan kondisi bangunan.

c) Beban Gempa
Gempa bumi adalah fenomena getaran yang dikaitkan dengan kejutan pada kerak bumi. Kejutan yang berkaitan dengan benturan tersebut akan menjalar dalam bentuk gelombang. Gelombang ini menyebabkan permukaan bumi dan bangunan di atasnya bergetar.

Pada saat bangunan bergetar, timbul gaya-gaya pada struktur bangunan karena adanya kecenderungan massa bangunan untuk mempertahankan dirinya dari gerakan. Gaya yang timbul ini disebut gaya inersia. Besar gaya-gaya tersebut bergantung pada banyak faktor. Massa bangunan merupakan faktor yang paling utama karena gaya tersebut melibatkan inersia. Faktor lain adalah cara massa tersebut terdistribusi, kekakuan struktur, kekakuan tanah, jenis pondasi, adanya mekanisme redaman pada bangunan, dan tentu saja perilaku dan besar getaran itu sendiri. Perilaku dan besar getaran merupakan aspek yang sulit ditentukan secara tepat karena sifatnya yang acak (random), sekalipun kadang kala dapat ditentukan juga. Gerakan yang diakibatkan tersebut berperilaku tiga dimensi. Gerakan tanah horisontal biasanya merupakan yang terpenting dalam tinjauan desain struktural.

Massa dan kekakuan struktur, yang juga periode alami dari getaran yang berkaitan, merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi respons keseluruhan struktur terhadap gerakan dan besar serta perilaku gaya-gaya yang timbul sebagai akibat dari gerakan tersebut. Salah satu cara untuk memahami fenomena respons yang terlihat dapat diperhatikan terlebih dahulu bagaimana suatu struktur kaku memberikan respons terhadap getaran sederhana gedung. Strukturnya cukup fleksibel, seperti yang umumnya terdapat pada semua struktur gedung.

MODEL STATIK.
 
d) Kombinasi Pembebanan

Selengkapnya tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur


Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

 

Elemen-elemen Utama Struktur

Elemen-elemen struktur utama, dikelompokan menjadi tiga kelompok utama, yaitu:
• Elemen kaku yang umum digunakan: balok, kolom, pelengkung, pelat datar, pelat berkelengkungan tunggal dan cangkang.
• Elemen tidak kaku atau fleksibel: kabel, membran atau bidang berpelengkung tunggal maupun ganda.
• Elemen-elemen yang merupakan rangkaian dari elemen-elemen tunggal: rangka, rangka batang, kubah, dan jaring.


a) Balok dan Kolom
Struktur yang dibentuk dengan cara meletakkan elemen kaku horisontal di atas elemen kaku vertikal. Elemen horisontal (balok) memikul beban yang bekerja secara transversal dari panjangnya dan menyalurkan beban tersebut ke elemen vertikal (kolom) yang menumpunya. Kolom dibebani secara aksial oleh balok, dan akan menyalurkan beban tersebut ke tanah. Balok akan melentur sebagai akibat dari beban yang bekerja secara transversal, sehingga balok sering disebut memikul beban secara melentur. Kolom tidak melentur ataupun melendut karena pada umumnya mengalami gaya aksial saja. Pada suatu bangunan struktur balok dapat merupakan balok tunggal di atas tumpuan sederhana ataupun balok menerus. Pada umumnya balok menerus merupakan struktur yang lebih menguntungkan dibanding balok bentangan tunggal di atas dua tumpuan sederhana.

b) Rangka
Struktur rangka secara sederhana sama dengan jenis balok-tiang (post-and-beam), tetapi dengan aksi struktural yang berbeda karena adanya titik hubung kaku antar elemen vertikal dan elemen horisontalnya. Kekakuan titik hubung ini memberi kestabilan terhadap gaya lateral. Pada sistem rangka ini, balok maupun kolom akan melentur sebagai akibat adanya aksi beban pada struktur. Pada struktur rangka panjang setiap elemen terbatas, sehingga biasanya akan dibuat dengan pola berulang.

c) Rangka Batang
Rangka batang (trusses) adalah struktur yang dibuat dengan menyusun elemen linier berbentuk batang-batang yang relatif pendek dan lurus menjadi pola-pola segitiga. Rangka batang yang terdiri atas elemenelemen diskrit akan melendut secara keseluruhan apabila mengalami pembebanan seperti halnya balok yang terbebani transversal. Setiap elemen batangnya tidak melentur tetapi hanya akan mengalami gaya tarik atau tekan saja.

d) Pelengkung
Pelengkung adalah struktur yang dibentuk oleh elemen garis yang melengkung dan membentang antara dua titik. Struktur ini umumnya terdiri atas potongan-potongan kecil yang mempertahankan posisinya akibat adanya pembebanan. Bentuk lengkung dan perilaku beban merupakan hal pokon yang menentukan apakah struktur tersebut stabil atau tidak. Kekuatan struktur tergantung dari bahan penyusunnya serta beban yang akan bekerja padanya. Contoh struktur pelengkung adalah pelengkung yang dibentuk dari susunan bata. Bentuk struktur pelengkung yang banyak digunakan pada bangunan modern adalah pelengkung kaku (rigid arch). Struktur ini hampir sama dengan pelengkung bata tetapi terbuat dari material kaku. Struktur pelengkung kaku dapat menahan beban aksial lebih baik tanpa terjadi lendutan atau bengkokan pada elemen strukturnya, jika dibandingkan dengan pelengkung bata.

e) Dinding dan Plat
Pelat datar dan dinding adalah struktur kaku pembentuk permukaan. Suatu dinding pemikul beban dapat memikul beban baik beban yang bekerja dalam arah vertikal maupun beban lateral seperti beban angin maupun gempa. Jika struktur dinding terbuat dari susunan material kecil seperti bata, maka kekuatan terhadap beban dalam arah tegak lurus menjadi sangat terbatas.
Struktur pelat datar digunakan secara horisontal dan memikul beban sebagai lentur dan meneruskannya ke tumpuan. Struktur pelat dapat terbuat dari beton bertulang ataupun baja. Pelat horisontal dapat dibuat dengan pola susunan elemen garis yang kaku dan pendek, dan bentuk segitiga tiga dimensi digunakan untuk memperoleh kekakuan yang lebih baik. Struktur pelat dapat berupa pelat lipat (folded plate) yang merupakan pelat kaku, sempit, panjang, yang digabungkan di sepanjang sisi panjangnya dan digunakan dengan bentang horisontal.

f) Cangkang silindrikal dan terowongan
Cangkang silindrikal dan terowongan merupakan jenis struktur pelatsatu- kelengkungan. Struktur cangkang memiliki bentang longitudinal dan kelengkungannya tegak lurus terhadap diameter bentang. Struktur cangkang yang cukup panjang akan berperilaku sebagai balok dengan penampang melintang adalah kelengkungannya. Bentuk struktur cangkang ini harus terbuat dari material kaku seperti beton bertulang atau baja.
Terowongan adalah struktur berpelengkung tunggal yang membentang pada arah transversal. Terowongan dapat dipandang sebagai pelengkung menerus.

g) Kubah dan Cangkang Bola
Kubah dan cangkang bola merupakan bentuk struktur berkelengkungan ganda. Bentuk kubah dan cangkang dapat dipandang sebagai bentuk lengkungan yang diputar. Umumnya dibentuk dari material kaku seperti beton bertulang, tetapi dapat pula dibuat dari tumpukan bata. Kubah dan cangkang bola adalah struktur yang sangat efisien yang digunakan pada bentang besar, dengan penggunaan material yang relatif sedikit. Struktur bantuk kubah dapat juga dibuat dari elemen-elemen garis, kaku, pendek dengan pola yang berulang, contohnya adalah kubah geodesik.

h) Kabel
Kabel adalah elemen struktur fleksibel. Bentuk struktur kabel tergantung dari basar dan perilaku beban yang bekerja padanya. Struktur kabel yang ditarik pada kedua ujungnya, berbentuk lurus saja disebut tierod. Jika pada bentangan kabel terdapat beban titik eksternal maka bentuk kabel akan berupa segmen-segmen garis. Jika beban yang dipikul adalah beban terbagi merata, maka kabel akan berbentuk lengkungan, sedangkan berat sendiri struktur kabel akan menyebabkan bentuk lengkung yang disebut catenary-curve.

i) Membran, Tenda dan Jaring
Membran adalah lembaran tipis dan fleksibel. Tenda biasanya dibentuk dari permukaan membran. Bentuk strukturnya dapat berbentuk sederhana maupun kompleks dengan menggunakan membran-membran. Untuk permukaan dengan kelengkungan ganda seperti permukaan bola, permukaan aktual harus tersusun dari segmen-segmen yang jauh lebih kecil karena umumnya membran hanya tersedia dalam bentuk lembaranlembaran datar. Membran fleksibel yang dipakai pada permukaan dengan menggantungkan pada sisi cembung berarah ke bawah, atau jika berarah keatas harus ditambahkan mekanisme tertentu agar bentuknya dapat tetap. Mekanisme lain adalah dengan menarik membran agar mempunyai bentuk tertentu. Jaring adalah permukaan tiga dimensi yang terbuat dari sekumpulan kabel lengkung yang melintang.

Satuan Struktur Utama dan Penggabungannya

Selengkapnya tentang : Elemen-elemen Sistem Struktur Bangunan

Sejarah Perkembangan Sistem Struktur

Klasifikasi Struktur

 


Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

 

Romantis (judul asli: its all about romantic…..)


Blus Guliguli - Batik Etnik Indonesia

hal paling romantis selama dengan dia?

Romantis (judul asli: its all about romantic…..)

Berikut tulisan dari Mbak Lif yang di posting di Note Beliau di Facebook
(Tulisan-tulisan menarik lainnya dari Mbak Lif bisa dilihat di account facebook beliau)

apa itu romantis ya?
hahay…aku ga tau jawaban yang tepat dari pertanyaan itu,tapi menurutku romantis adalah suatu perasaan syahdu ,nyaman,damai tenang juga penuh cinta kasih, ^_^
oke….let see apa yang paling romantis dalam hidupku,
berpikir sejenak….dan bagiku tiap saat adalah romantis bersamanya,tepatnya semenjak bersama ikhwanku (ungkapan untuk my hubby,bahasaku sendiri aja deh).
ketika pertama kali bertemu dan melihatnya aku rasa beda dihati ini (ehm) beda yang tak bisa diterjemahkan,karena firasatku (ha?firasat…hee) dia akan menjadi satu kisah dalam hidupku.Meski pada awal tatap mata aku tak suka,karena sikapnya itu lhoo…ngotot dan sok tau,tapi toh setelah beberapa bulan dekat kuterima dia jadi pacarku,dan ketika dia mengungkapkan perasaannya itu adalah romantis pertama yang kukenal darinya…mengenal cinta pertama,ciuman pertama dan semua yang pertama..ow ow…indah yang mengharu biru karena perjalanan cinta kami memang tak mudah dan luar biasa penuh gjolak dan halangan yang menerpa.Dari pihak keluarga yang saling tak suka dengan hubungan kami,cinta kita terus berjalan bak sinetron.Adalah juga romantis ketika dia begitu sangat berjuang dan berkorban untukku hingga akhirnya bisa juga menyandingnya dengan ijab qobul yang juga mengharu biru.Bersyukur Tuhan tak melepas tali jodoh ini.Hal paling romantis saat menyaksikan ia mengucap sumpah didepan Robbnya untuk senantiasa menjaga dan bertanggungjawab pada titipanNya ini,subhanallah.
Hidup sesungguhnya dimulai…ketika bahtera ini berjalan tak banyak persiapan kami,hanya niat suci dan ibadah hal terkuat dihati,Bismillah…dan begitulah hari demi hari kami lalui dengan segala macam pernak dan pernik masalah kehidupan.
Melihat ikhwanku bekerja untuk memberi nafkah hidup adalah romantis buatku,ketika tertidur dengan wajah lelahnya juga romantis terlihat mataku.Adakala dia menangis didepan sajadahnya itupun hal romantis buatku.
ingat ini…………….
“lif,sangat kuinginkan kau menjadi sebuah berlian yang indah,berlian yang tersimpan dalam sebuah kotak terkunci.kotak itu tersimpan dalam sebuah laci yang terkunci,dan laci itu juga tersimpan dalam sebuah lemari terkunci.lemari yang kokoh masih juga tersimpan pada kamar yang terkunci,kamar yang juga tersimpan dalam sebuah rumah yang terkunci akhirnya rumah itupun terlindungi pada pagar yamg terkunci.Hanya orang yang berhak-lah bisa menikmati keindahanmu,orang yang memiliki kunci untuk membuka kotak itu…”   ini adalah petuah bijak paling romantis darinya untukku.
Ada lagu indah sepanjang masa…lagu romantis yang dinyanyikannya dengan gitar dan tatapan sejuta cintanya buatku,
hahay..buatku bergetar hati dan jiwaku,
(I do swear that I’ll always be there. I’d give anything
and everything and I will always care. Through weakness
and strength, happiness and sorrow, for better, for worse,
I will love you with every beat of my heart.) yapz….shania twain dengan “from this moment on”   dan aku suka moment seperti itu  ^_^
satu waktu dia kesal dan hampir tak sabar membimbingku kulihat caranya juga romantis menegurku,hal yang kusuka adalah belaian tangannya dikepalaku sebagai ungkapan sayangnya juga romantis buatku…
Ketika masalah berat datang,aku  menangis dimasjid besar menghadap Robbku,sementara ikhwanku dirumah dengan buah hati kami.Dan saat khusuk dengan untaian doa ikhwanku menghampiri,merangkul dan menciumku penuh kasih disertai linangan airmata seraya berucap “maafkan aku yang belum bisa bahagiakanmu,tadi aku bermimpi kamu kecelakaan dan pergi tinggalkan aku juga anak anak kita,ughh..aku tak sanggup berpisah denganmu,tolong jangan tinggalkan aku…” itu adalah sikap romantis yang juga terlihat oleh mata hatiku.
Biduk cinta kami penuh romantika,dilema juga airmata…
Namun itulah yang menguatkan hati kami untuk terus berjalan dan terus berjalan dengan berpegangan erat pada tangan juga hati.
Hal yang indah adalah saat berkumpul dengan kelurga kecil kami,bersenda gurau penuh canda tawa.Romantis lagi kurasa saat ikhwanku tak malu bermanja dipangkuanku dengan disaksikan anak anak tercinta,lalu saat dia juga ikut mengolah masakan kesukaanku dan anak anak, juga romantis rasa masakannya…(???)
suatu saat aku sakit ikhwanku dengan penuh cinta merawat dan menjaga, itu juga romantis dihati ini.saat dia marah padaku tak kurasa romantis dong…hehehe
tak ada banjir hadiah tiap ultahku, namun bagaimana ikhwanku memperlakukanku bagai ratu adalah hal paling romantis yang juga kurasakan,tatapan cintanya yang besar seakan mengucap “maafkan aku,tak dapat berikanmu kemewahan” itu adalah tatapan romantis yang tiada duanya bagiku.
sesungguhnya ikhwanku adalah pemberian paling romantis dari Robbku.
Dan tak ada yang menyaingi harta selain cinta dan kesetiaan,karena itu aku bertahan dan selalu bertahan hingga Robbku memisahkan kami dengan maut.
Segalanya adalah romantis,jika kau pandang dengan ikhlas hati….
Tengkyu maylord,tengkyu ikhwanku…..hal teromantis tiada tandingan dibanding rumah mewah dan bulan madu kemana saja adalah…aku telah mengerti banyak arti tentang hidup dan kehidupan,juga mati dan hidup lagi setelah kehidupan.
Dan satu hal yang tak kalah romantis adalah…bagaimana ikhwanku mengenalkan diriku sejati,sebagai sosok wanita,istri dan ibu untuk anak anak lucu itu…..

Menggunakan LRQA persetujuan Tanda Sistem Manajemen Mutu


 Kain Modern Batik Indonesia

Menggunakan LRQA persetujuan Tanda Sistem Manajemen Mutu dengan Inggris Akreditasi Nasional Mark

Judul Asli:
CKS01  Cincin Kristal Swarovski CLIENT INFORMATION NOTE Using your LRQA Quality Management System approvalmark with the UK National Accreditation Mark
Congratulations on your LRQA approval. To helpyou to make the most of your achievement wewould like to give you guidelines on how and whenyou can use your approval mark.
This mark shows that we have approved yourcompany’s Quality Management System under theterms set out under United Kingdom AccreditationService (UKAS) accreditation.

Using the mark
You can use this mark on your advertising, publicityliterature and stationery.
The minimum height of the outer rectangle is25mm, and of the inner rectangle is 20mm, for allmaterials. For A4 materials the maximum height ofthe outer rectangle shall be 37mm, and of the innerrectangle 30mm (which may be increasedproportionally for larger paper sizes.).
In exceptional circumstances, the size may bereduced, for example, for reasons of spacelimitations or cost, but the marks shall remainlegible, with no infilling.
You can only reproduce this mark in one colour,this should be the predominant ink colour of thedocument or letterhead.
It can only be used in a setconfiguration as shown below.

Misuse of the mark
The mark can’t be used on company buildings,flags, vehicles or on any other product, even thosedesigned for promotional purposes. The markrelates to the approval of your quality managementsystem. So it can’t be used on any document orpackaging that may imply that LRQA has approvedthe product or service, including certificates.
The mark must only be used in relation to thoseaspects of your company’s product or servicescovered by the scope of your approval, and inrelation to the locations referenced on yourcertificate. You can’t use the UKAS markindependently of the LRQA mark.Correct use of the mark is a contractual obligation.
Therefore, careless or knowing misuse of the mark, or if no action is taken by a customer after attentionis drawn to innocent misuse, can be grounds forwithdrawal of the LRQA certificate. LRQA monitorsthe use of the mark during surveillance andcertificate renewal visits.
If your company’s approval is withdrawn, you muststop using the mark and withdraw any materialcarrying it. Continued use of the mark in suchcircumstances will result in legal action being takenby LRQA.

If the mark changes
If the mark is changed, LRQA will advise you on theaction to be taken.

Further help
If you would like any further guidance pleasecontact your local office. Alternatively, phone ourTechnical Helpdesk on: +44 (0)24 7688 2359 or0800 900012 (within the UK).

Terjemahan oleh Google Translate:
Selamat atas persetujuan LRQA Anda. Untuk membantu Anda untuk membuat sebagian besar dari prestasi Anda, kami ingin memberikan panduan tentang bagaimana dan kapan Anda dapat menggunakan tanda persetujuan Anda.
Tanda ini menunjukkan bahwa kita telah menyetujui Anda perusahaan, AOS Sistem Manajemen Mutu di bawah jangka waktu yang ditetapkan di bawah Inggris Akreditasi Service (UKAS) akreditasi.
.
Menggunakan tanda
Anda dapat menggunakan tanda ini pada iklan, publisitas literatur dan alat tulis.
Tinggi minimum dari persegi panjang luar 25mm, dan persegi panjang dalam adalah 20mm, untuk semua bahan. Untuk A4 bahan ketinggian maksimum persegi panjang bagian luar harus 37mm, dan dari batin persegi panjang 30mm (yang dapat ditingkatkan proporsional untuk ukuran kertas yang lebih besar.).
Dalam keadaan luar biasa, ukuran mungkin dikurangi, misalnya, untuk alasan ruang keterbatasan atau biaya, tetapi tanda akan tetap terbaca, dengan infilling no.
Anda hanya dapat mereproduksi tandai ini dalam satu warna, ini harus menjadi warna tinta dominan terhadap dokumen atau kop surat. Hal ini hanya dapat digunakan dalam menetapkan konfigurasi seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
.
Penyalahgunaan Tanda
tanda ini dapat, AOT digunakan pada bangunan perusahaan, bendera, kendaraan atau pada produk lain, bahkan mereka dirancang untuk tujuan promosi. Tanda berkaitan dengan persetujuan manajemen mutu Anda sistem. Jadi dapat, AOT digunakan pada dokumen atau kemasan yang mungkin berarti bahwa LRQA telah menyetujui produk atau layanan, termasuk sertifikat.
Tanda ini hanya harus digunakan dalam kaitannya dengan mereka aspek perusahaan Anda, produk atau jasa AOS tercakup dalam ruang lingkup persetujuan Anda, dan dalam
Sehubungan dengan lokasi yang dirujuk pada Anda sertifikat. Anda dapat, AOT menggunakan merek UKAS terlepas dari tanda LRQA.
Benar penggunaan tanda adalah kewajiban kontraktual.
Oleh karena itu, ceroboh atau mengetahui penyalahgunaan menandai, atau jika tidak ada tindakan yang diambil oleh pelanggan setelah perhatian diambil untuk penyalahgunaan yang tidak bersalah, dapat menjadi dasar untuk penarikan sertifikat LRQA. LRQA monitor penggunaan merek selama pengawasan dan sertifikat perpanjangan kunjungan.
Jika perusahaan Anda, AOS persetujuan ditarik, Anda harus berhenti menggunakan merek dan menarik bahan membawanya. Lanjutan penggunaan tanda sedemikian keadaan akan menghasilkan tindakan hukum yang diambil oleh LRQA.
.
Jika ada perubahan tanda
Jika tanda berubah, LRQA akan memberitahu Anda pada tindakan yang harus diambil.

Bantuan lebih lanjut
Jika Anda ingin setiap panduan lebih lanjut silahkan menghubungi kantor setempat. Atau, telepon kami

Menggunakan Tanda sertifikasi LRQA


Gelang Jam MadhiraAbaya Yana 03

Menggunakan Tanda sertifikasi LRQA

Judul Asli: CLIENT INFORMATION NOTE Using your LRQA approval mark
Congratulations on your LRQA approval. To helpyou to make the most of your achievement wewould like to give you guidelines on how and whenyou can use your approval mark.
The approval mark shows that your company hasbeen approved by LRQA in accordance with theappropriate standard.

Using the mark
You can use the relevant LRQA approval mark onyour stationery, publicity material, companybuildings, flags, vehicles, and so on. It can bereproduced in any single colour.

If the mark changes
If the LRQA mark is changed, the updated markmust be used when your materials are reprinted.
However, your company can continue to use asuperseded LRQA mark for a reasonable time.

Misuse of the mark
Please note that you must not use the mark toimply LRQA has approved a product or service. So,it can’t be used on the product itself, nor on theprimary packaging. It relates to your managementsystem and may only be used in this context.
You cannot use the relevant LRQA approval markon test or calibration reports, or certificates, nor oncertificates of conformityThe mark must not be used to imply thatcertification exists other than as defined in theLRQA scope and location which is printed on yourcertificate.
Correct use of the LRQA mark is a contractualobligation. LRQA monitors the use of the markduring surveillance and certificate renewal visits.
The LRQA certificate can be withdrawn if acompany misuses the mark and continues to do thisafter attention has been drawn to the misuse.If your company’s LRQA approval is withdrawn, youmust stop using the mark and, where necessary,withdraw any material carrying the mark.
Continued use of the mark in such circumstanceswill result in legal action being taken by LRQA.

Further help
If you would like any further guidance pleasecontact your local business centre. Alternatively,phone our Technical Helpdesk on: +44 (0)24 76882359 or 0800 900012 (within the UK).
_______________________________
Terjemahan oleh Google Translate:
Selamat atas persetujuan LRQA Anda. Untuk membantu
Anda untuk membuat sebagian besar dari prestasi Anda, kami
ingin memberikan panduan tentang bagaimana dan kapan
Anda dapat menggunakan tanda persetujuan Anda.
Tanda persetujuan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki
telah disetujui oleh LRQA sesuai dengan
sesuai standar.
.
Menggunakan tanda
Anda dapat menggunakan merek LRQA persetujuan yang relevan pada
Anda tulis, bahan publikasi, perusahaan
bangunan, bendera, kendaraan, dan sebagainya. Hal ini dapat
direproduksi dalam warna tunggal.
Jika perubahan tanda
Jika tanda LRQA berubah, yang diperbarui tanda
harus digunakan bila bahan Anda dicetak ulang.
Namun, perusahaan Anda dapat terus menggunakan
menggantikan tanda LRQA untuk waktu yang wajar.
.
Penyalahgunaan Tanda
Harap dicatat bahwa Anda tidak harus menggunakan merek untuk
LRQA berarti telah menyetujui produk atau jasa. Jadi,
tidak dapat digunakan pada produk itu sendiri, maupun di
utama kemasan. Hal ini terkait dengan manajemen Anda
sistem dan hanya dapat digunakan dalam konteks ini.
Anda tidak dapat menggunakan tanda persetujuan yang relevan LRQA
pada laporan pengujian atau kalibrasi, atau sertifikat, atau di
sertifikat kesesuaian
Tanda tidak boleh digunakan untuk menyiratkan bahwa
sertifikasi ada selain sebagaimana dimaksud dalam
LRQA cakupan dan lokasi yang tercetak pada Anda
sertifikat.
Benar penggunaan tanda LRQA adalah kontrak
kewajiban. LRQA memonitor penggunaan merek
selama kunjungan pengawasan dan sertifikat pembaruan.
Sertifikat LRQA dapat ditarik jika
perusahaan menyalahgunakan menandai dan terus melakukan hal ini
setelah perhatian telah ditarik untuk penyalahgunaan.
Jika perusahaan Anda LRQA persetujuan ditarik, Anda
harus berhenti menggunakan merek dan, jika diperlukan,
menarik materi membawa sasaran.
Lanjutan penggunaan tanda dalam situasi seperti ini
akan menghasilkan tindakan hukum yang diambil oleh LRQA.
.
Bantuan lebih lanjut
Jika Anda ingin setiap panduan lebih lanjut silahkan
menghubungi pusat bisnis lokal Anda. Atau,
telepon kami

Between The Beautiful and The Devil (end of story)

Between The Beautiful and The Devil (end of story)

Sepulang dari menunggu Supergirl selama setahun, The Devil berjalan tanpa arah, akankah ia menjadi sosok yang dulu kala? Dengan kehidupan yang ia rusak?, atau ia mencari kehidupan lain yang bisa membuatnya bahagia?.
Ditengah perjalanan tanpa arah itu… sosok cantik menarik hati the devil, lalu…
“Perlu bantuan… ?” sapa The Devil kepada wanita yang terkapar didepannya
“ah… tidak… aku masih bisa berjalan sendiri” the beautiful
“pakaianmu lusuh, rambutmu tak rapi, bau alkohol dibadanmu sungguh menyengat sekali, lihatlah kakimu, penuh dengan lumpur… tapi wajahmu masih tetap cantik.. aku salut padamu”
“bicara apa kau ini…memujaku atau menyinggungku?” the beautiful sambil membenarkan bajunya
“tidak wanita cantik… aku menyanjungmu… maukah kau kubawa ke tempatku?” the devil
“untuk apa? Aku bukan wanita yang semurah itu ya… aku bukan seorang pemabuk” the beautiful sibuk membersihkan kotoran dibajunya
“ooouu… sayang sekali…” the devil
“Alkohol ini gara-gara pria pemabuk itu… ia memuntahkannya dibajuku” the beautiful sambil menunjuk pria yang tertidur bersandar di tembok
“jadi kau wanita penghibur?” the devil
“BUKAN!!! Jangan ganggu aku… aku ingin membersihkan semua ini PERGI!!” the beautiful
“lalu kalau kau bukan wanita penghibur, mengapa bisa sedekat itu hingga pria memuntahkan isi perutnya dibajumu”the devil
“DIA AYAHKU!!! Aku tak mau berdebat dengan orang asing lagi..” the beautiful
“Nona… aku sudah tidak ingin diusir, beberapa kali aku diusir… kau tau bagaimana perasaanku ? sakit
rasanya”  the devil
“orang asing… sudah cukup kau mencampuri urusanku dan…” the beautiful menatap garang The Devil
“hmmm… ada apa?… ada apa dengan wajahku nona?…” the devil
“…”the beautiful
“bicaralah… agar aku tau ada apa dengan wajahku”  the devil
“tidak ada yang salah… kau.. maaf tuan aku sudah bicara kasar tadi..”  the beautiful
“mengapa kata-katamu berbeda ketika sudah melihat wajahku nona? Apa karena wajahku tampan, mengesankan? Sehingga tak pantas diperlakukan seperti tadi? Atau apa karna jantungmu berdetak kencang karena melihat ketampananku? Ataukah kau langsung mencintaiku dari pandangan pertama? Hehehe bagaimana nona?” the devil
“…”the beautiful
“hei.. nona.. kau cantik… aku juga cinta pada pandangan pertama denganmu”   the devil
“orang asing… aku anggap kau ini orang asing yang sangat… sangat… banyak bicara… pergilah…” the beautiful
The beautiful pergi entah kemana, meninggalkan The Devil yang sempat mengaggumi kecantikannya, tak lama, the beautiful kembali kehadapannya.
“Hai… kau kembali padaku nona…” the devil
“Tidak seperti yang kau fikirkan… cepat minggir..” the beautiful
The Devil dengan cepat merenggut tangan wanita itu dan mencengkramnya, dipeluknya tubuh the beautiful yang ringan seperti kapas
“HAIII!!!” the beautiful
“Kau… Cantik… lihatlah mataku… “the devil
“Tidak mau!… hei.. tanganku sakit… apa yang kau inginkan orang asing!!!” the beautiful
“Lihatlah mataku sebentar saja nona… itu yang kumaui” the devil
“Sudah kulihat…” the beautiful
“Bukan… kau tidak menatap mataku, tapi rambutku..” the devil
“Sudah kulihat… tolong lepaskan.. aku tak ada urusan denganmu..” the beautiful
“lihatlah… matamu sepertinya malu menatap mataku… itu berarti kau malu untuk mengatakan aku tampan… iya kan? Hahaha” the devil
“oouww… sakit sekali…”  the beautiful
“Sudah kulepaskan tanganmu… aku hanya ingin kau menatap mataku dengan matamu yang indah itu nona, tidak yang lain…” the devil
“…” the beautiful
“Dimatamu aku tau… kau mencintaiku dipandangan pertama? Iya kan?” the devil
“esst… sakit sekali… orang asing… asal kau tau saja… cinta tak bisa secepat itu dirasakan, apalagi orang sepertimu tak pantas mendapat cinta… pemaksa…!” the beautiful
“tapi… kau tidak bisa mengatakan, cinta tak bisa secepat itu dirasakan… karna kau sudah melewati proses itu.. Nona… kau sudah mencintaiku semenjak kau menatap wajahku tadi. Akui saja… aku orang yang sangat berpengalaman dengan masalah seperti ini. Dan matamu itu… tatapannya sangat sama dengan wanitaku dulu.. sama…” the devil
“…”the beautiful
“tapi kini aku tak memiliki mata itu lagi… yang menatapku penuh kekaguman. Harapan… cinta yang tulus.. kepolosan… dan kesetiaan..  aku tak memilikinya…” the devil
“kau benar… aku sama seperti apa yang kau katakan tadi… kau puas? Bisakah kau pergi dari sini?” the beautiful
“hahahaha… jangan secepat itu menyerah pada orang sepertiku nona…” the devil
“aku sudah mengakuinya… mengapa kau tidak pergi?” the beautiful
“Aku akan pergi bila kau juga ikut denganku” the devil
“tidak mau… siapa kau ini, beraninya memaksaku, mengancamku, dan sekarang mengajakku pergi” the beautiful
“aku… adalah aku… bukan siapa-siapa” “aku melihat kehidupanmu yang penuh keterpaksaan, aku melihat keinginanmu untuk bebas dari kehidupanmu sekarang, aku melihat kau jenuh dengan orang itu, yang sering kau sebut ayah, kau ingin bebas darinya kan? Nona… aku melihat semuanya dari tatapan matamu… “the devil
“kau benar… tapi aku tak mau pergi dengan orang yang sepertimu!” the beautiful
“Aku adalah orang yang menyia-nyiakan waktu nona, dulu aku memiliki segalanya, cinta, kehidupan, harta dan keindahan, tapi… setelah aku kehilangan cinta yang tulus dari wanitaku itu… aku mulai kehilangan segalanya. Semua karena keserakahanku… bukan karna kesalahan wanitaku dulu. Aku melihatmu sangat kesepian, akupun juga begitu, sangat kesepian, bukankah kita akan menjadi pasangan yang serasi? Bila bisa bersama? Apalagi kau memiliki tatapan  mata dan isi hati yang sama dengan wanitaku dulu” the devil
“Orang asing… kalau wanitamu dulu sangat setia dan tulus padamu, mengapa kau balas dengan penghianatan… aku juga melihat ditatapan matamu dan tingkahmu, kau penuh dengan penghianatan, dan mudah sekali merayu seorang wanita, bahkan mengajak seorang wanita pergi bersamamu hanya dalam waktu 1 jam. Lalu kalau aku pergi denganmu, aku akan kau perlakukan seperti wanitamu dulu?. Tentu saja aku tak mau kau melakukan hal yang sama kepadaku.” the beautiful
“…” the devil
“kau ingin membawaku pergi? Kau sudah tahu kalau kita bersama, kita bisa saling melengkapi, tapi aku ingin menguji kesetiaanmu, hiduplah didekatku, tapi jangan pernah menyentuhku, bicara padaku, bahkan mengajakku pergi lagi. Kau hanya bisa memandangku saja, hiduplah didekatku hingga waktu yang kutentukan, bila kau mendekati wanita lain dan mengajak wanita lain pergi di kehidupanmu, maka kau bukan orang yang pantas untuk diberi kesetiaan” the beautiful
“BAIK… akan kubuktikan, kalau aku berhasil, apa yang bisa kudapatkan nona?” the devil
“kau akan mendapatkanku, kehidupanku, cintaku, kesetiaanku dan ketulusanku” the beautiful
“baik…” the devil
Selama 7 tahun The Devil hidup didekat The Beautiful, tanpa menyentuhnya, tanpa  berbicara dengannya, hanya memandanginya dan melindungi hidup The Beautiful selama ini. Satu hari dimana The Beautiful merasa pembuktian Orang asing –nya itu sudah cukup…
“Orang asing… sudah cukup pembuktian kesetiaan dan rasa cintamu bagiku, bawalah aku pergi dari sini, dan kita menjalin cinta yang indah” the beautiful
“Nona… kita sudah menjalin hubungan itu dari 7 tahun yang lalu, dalam kesunyian, keheningan, kesetiaan, dan cinta yang tersembunyi…” the devil
“…”the beautiful
“tak perlu… kita tak perlu pergi kemana saja… biarlah kita disini saja, melanjutkan hubungan kita yang sudah terungkap jelas” the devil
“orang asing… aku mencintaimu dulu… saat ini… besok… dan seterusnya…” the beautiful
“tak perlu kau jelaskan rasamu padaku, karna aku sudah memahaminya, sekarang hanya kau wanitaku saat ini dan kehidupanku yang baru…” the devil
Karya Ayuna Kusuma Januari 2011
Tags: Cerber, super girl and the devil

Cerita Terkait

  • Black Love (Jung and Kim) VI (January 23rd, 2011)
  • Black Love (Jung and Kim) V (January 23rd, 2011)
  • Black Love (Jung and Kim) IV (January 22nd, 2011)
  • Black Love (Jung and Kim) III (January 22nd, 2011)
  • Crazy Love Elegy Part IV (January 22nd, 2011)

Black Love (Jung and Kim) XII


Abaya D Choco


Black Love (Jung and Kim) XII


Pukul 8 Jung masih tertidur pulas dikamar Seoyun, ia kelelahan karena hari ini pekerjaan mulai menumpuk dikantornya, dan selama beberapa jam ia melakukan obrolan dengan Seoyun yang tak pernah ada akhirnya.
“Jung… hei Jung…”
“aaaa?”
“Jung… hei.. bangun.. sekarang sudah pukul delapan.. kau tidak pulang?”
“hmmm..” Jung terlihat masih tertidur pulas dikasur yang empuk
“JUNG!!!” bentak Seoyun, mungkin hanya dengan cara ini Jung akan bangun dan segera berkemas untuk pulang
“Seoo… ada apa… aku masih tidur…”
“Ini sudah pukul delapan… Handphone mu berbunyi terus dari tadi… kau tidak mendengar?”
“ya…”
“HEI JUNG!!! SUDAH PUKUL DELAPAN!!! KIM MELEPONMU!!!”
“APA!!!” akhirnya Jung terbangun juga
“huuufftt… susah sekali membangunkanmu Jung…”
“Kim? Mana?”
“Ayo cepat mandi… lalu pulang.. Kim sudah mencarimu.. dia menelponmu berkali-kali.. aku tak berani menerima teleponnya” kata Seoyun sambil menuntun Jung yang setengah tidur ke kamar mandi.
“hmm terima kasih Seoyun…”
Beberapa saat setelah Jung mandi.. Seoyun terlihat di dapur menyiapkan makan malam.
“Seoyun terima kasih… tapi kenapa baru tadi kau bangunkan aku…?”
“tidurmu pulas sekali.. aku tidak tega membangunkanmu…”
“ooh.. aku pulang dulu ya…”
“Jung.. makanlah sebentar saja…”
“tidak bisa… Kim pasti menungguku..”
“oh iya ya.. ya sudah hati-hati” kata Seoyun sambil mengantarkan Jung sampai ke halaman depan rumahnya
“Brrr… dingin sekali.. aku pulang Seoyun.. terima kasih ya tumpangannya hehehe”
“Aku yang harus banyak berterima kasih padamu”
“hmm.. sampai jumpa lain waktu”
“Bye.. Seo… hati-hati dirumah ya”
Jung melangkah dalam gelapnya malam, Dia berhenti dihalte bis, dibacanya papan jadwal kedatangan bis, rupanya bis terakhir datang jam 12 malam, ia masih punya kesempatan pulang ke apartemen sebelum jam 11 malam.
***
Sesampainya di depan apartemen. Ternyata Kim sudah menunggu ditengah salju yang turun begitu derasnya.
“Kim…” sapa Jung ringan namun begitu hangat.. dilihatnya Kim sudah tertidur di kursi taman depan Apartemen. Dipegangnya tangan Kim yang mulai memanas karena demam
“Kim… hei… Kim.. bangun lah.. ini Jung…” panggil Jung lembut yang penuh kekhawatiran
“Jung…”
“Iya Kim.. ini aku… Ayo.. kita kedalam…”
“Hmm… kenapa lama sekali Jung…” bisik Kim lirih
“Apa?”
“Kenapa lama sekali…”
“maaf Kim.. aku tertidur di rumah Seoyun tadi, kami lama sekali membicarakan ini itu sampai lupa waktu”
“Kau bisa menuntunku kedalam… aku pusing sekali…”
“Ayo Kim.. letakkan tanganmu dipunggungku… kita kedalam sekarang.. up!.ss”
Dengan bantuan Jung, akhirnya Kim bisa masuk ke ruang apartemennya. Badannya semakin panas karena terlalu lama menunggu diluar. Jung ingin mengambilkan kompres agar panasnya semakin turun..
“Jung..”kata Kim tangannya mengenggam tangan Jung dengan kuat
“Kuambilkan kompres ya.. kau sepertinya demam Kim”
“tidak… aku hanya ingin kau disini…” bisik Kim lirih
“…”
“kau… tahu.. aku menunggumu disana… aku tidak bisa kesepian Jung…  aku.. tak bisa terlalu lama jauh darimu..“
“Kim.. kau kan biasa sendiri di Apartementmu yang sebelumnya”
“Tapi,,, entah mengapa sekarang.. aku tidak bisa terlalu lama sendiri…”
“Maaf Kim.. tadi Seoyun tak berani membangunkanku jadi ia membiarkanku tidur sampai malam.. aku ingin cepat-cepat pulang… karena kau pasti menungguku..”
“tidak apa… aku tak menyalahkan siapa-siapa… kalau saja aku tahu rumah Seoyun dimana… aku pasti kesana…”
“Kim.. kau panasmu semakin tinggi.. aku ambilkan kompres ya… sebentar… saja..”
“Jangan.. tetap disini saja…”
“…”
“jangan… tetaplah disini saja”
“tapi badanmu semakin panas… demammu semakin parah”
“Biarkan aku tidur sambil menggenggam tanganmu..”
“Kim… kau manja sekali sih”
“ya…”
“Jangan pernah menungguku diluar lagi ya…”
“hmmm…”
“Jangan pernah sakit karena aku”
“…”
“Tidurlah sayangku… aku akan berjaga didekatmu”
“Jung…”
Digenggamnya tangan Jung yang mungil itu.. lalu Kim.. tertidur disampingnya. Lama setelah itu Kim.. semakin terlelap dalam tidurnya. Sedangkan Jung.. masih menikmati hangatnya tangan Kim.. dan memandang wajahnya.. yang semakin membuatnya semakin mencintainya
Apakah yang akan terjadi selanjutnya?
Karya Ayuna Kusuma ^_^

Cerita Terkait

  • Black Love (Jung and Kim) XI
  • Black Love (Jung and Kim) X
  • Black Love (Jung and Kim) IX
  • Black Love (Jung and Kim) VIII
  • Black Love (Jung and Kim) VI
  • Black Love (Jung and Kim) V
  • Black Love (Jung and Kim) IV
  • Black Love (Jung and Kim) III
  • Black Love (Jung and Kim) II
  • Black Love (Jung and Kim) I

Jepang atau Nippon juga mendapat sebutan negeri Matahari Terbit atau negeri Sakura

-

Jepang atau Nippon juga mendapat sebutan negeri Matahari Terbit atau negeri Sakura

Jepang adalah negara kepulauan. Jepang atau Nippon juga mendapat sebutan negeri Matahari Terbit atau negeri Sakura.
1) Ibu kota:Tokyo
2) Letak :30°LU–47°LU dan 128°BT–146°BT
3) Luas : 377.643 km2

4) Batas-batas
a) Sebelah utara :Pulau Sakhalin
b) Sebelah timur :Samudra Pasifik
c) Sebelah selatan:Samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan
d) Sebelah barat :Selat Korea dan Laut Jepang

5) Bentang Alam
Wilayah kepulauan Jepang bergunung-gunung. Gunung-gunung api di Jepang termasuk bagian dari jalur pegunungan di wilayah Pasifik.
Gunung Fujiyama (3.779 m) adalah gunung tertinggi di Jepang.
Dataran rendah yang sempit terdapat di sepanjang pantai. Dataran rendah yang luas, yaitu Dataran Kwanto, Kimiki, dan Nobi terdapat di Pulau Honshu. Sungai di Jepang pendek-pendek dan mengalir deras.
Di wilayah Jepang sering terjadi gempa bumi dan tsunami.
Pulau-pulau besar di Jepang, yaitu Pulau Honshu, Hokkaido, Shikoku, dan Kiusyu.

6) Iklim
Wilayah Jepang beriklim sedang. Di Jepang terdapat empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi.

7) Kota-Kota Penting:
a) Tokyo menjadi ibu kota negara dan pusat perdagangan.
b) Ginza menjadi pusat perdagangan dan hiburan.
c) Kyoto menjadi pusat kebudayaan dan bekas ibu kota Jepang.
d) Osaka menjadi pusat industri tekstil.
e) Nagoya menjadi pusat industri mesin dan pesawat terbang.
f) Kobe menjadi pusat industri galangan kapal.

8) Penduduk
Penduduk Jepang termasuk dalam ras Mongoloid. Penduduk asli Jepang adalah suku bangsa Ainu.

9) Perekonomian
Perekonomian Jepang tumbuh dari kegiatan industri, pertanian, dan perikanan. Jepang adalah negara industri yang maju.

Apresiasi sastra merupakan salah satu bentuk reaksi kinetik dan reaksi verbal

Apresiasi sastra merupakan salah satu bentuk reaksi kinetik dan reaksi verbal

Mengapresiasi Sastra

Apresiasi sastra merupakan salah satu bentuk reaksi kinetik dan reaksi verbal seorang pembaca terhadap karya sastra yang didengar atau dibacanya.
Kata apresiasi diserap dari kata bahasa Inggris appreciation yang berarti penghargaan. Apresiasi sastra berarti penghargaan terhadap karya sastra. Apresiasi sastra berusaha menerima karya sastra sebagai sesuatu yang layak diterima dan mengakui nilai-nilai sastra sebagai sesuatu yang benar. Penghargaan terhadap karya sastra ini dilakukan melalui proses bertahap.

1. Tahap mengenal dan menikmati
Pada tahap ini, kita berhadapan dengan suatu karya. Kemudian kita mengambil suatu tindakan berupa membaca, melihat atau menonton, dan mendengarkan suatu karya sastra.

2. Tahap menghargai
Pada tahap ini kita merasakan manfaat atau nilai karya sastra yang telah dinikmati. Manfaat di sini berkaitan dengan kegunaan karya sastra tersebut. Misalnya memberi kesenangan, hiburan, kepuasan, serta memperluas wawasan dan pandangan hidup.

3. Tahap pemahaman
Pada tahap ini kita melakukan tindakan meneliti serta menganalisis unsur-unsur yang membangun karya sastra, baik unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsiknya. Akhirnya kita menyimpulkan karya sastra tersebut. Apakah karya sastra tersebut termasuk baik atau tidak, bermanfaat atau tidak bagi masyarakat sastra?

4. Tahap penghayatan
Pada tahap ini kita membuat analisis lebih lanjut dari tahap sebelumnya, kemudian membuat interpretasi atau penafsiran terhadap karya sastra serta menyusun argumen berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya.

5. Tahap aplikasi atau penerapan
Segala nilai, ide, wawasan yang diserap pada tahap-tahap terdahulu diinternalisasi dengan baik, sehingga masyarakat penikmat sastra dapat mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari.
Dengan demikian, kegiatan apresiasi sastra diartikan sebagai suatu proses mengenal, menikmati, memahami, dan menghargai suatu karya sastra secara sengaja, sadar, dan kritis sehingga tumbuh pengertian dan penghargaan terhadap sastra.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sastra adalah:
1) bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari).
2) karya tulis yang jika dibandingkan dengan tulisan lain memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya.

Sastra dalam pengertian umum adalah karya tulis yang merupakan ungkapan pengalaman manusia melalui bahasa yang mengesankan. Dalam sastra terkandung ide, pikiran, perasaan, dan pengalaman yang khas manusiawi, serta diungkapkan dengan bahasa yang indah. Jakob Sumardjo mengatakan bahwa sastra memiliki badan dan jiwa. Jiwa sastra berupa pikiran, perasaan, dan pengalaman manusia. Badannya berupa ungkapan bahasa yang indah. Karya sastra mempunyai tiga ciri yang melekat padanya.

1) Sastra itu memberikan hiburan.
Dalam lubuk hati manusia terpatri kecintaan akan keindahan. Manusia adalah makhluk yang suka keindahan. Karya sastra adalah ekspresi dari keindahan itu. Karena itu, karya sastra yang baik selalu menyenangkan untuk dibaca.

2) Sastra menunjukkan kebenaran hidup manusia.
Dalam karya sastra terungkap berbagai pengalaman hidup manusia: baik-buruk, benar-salah, menyenangkan-menyedihkan, dan sebagainya. Karena itu, manusia lain dapat memetik pelajaran dari karya sastra tersebut.

3) Sastra melampaui batas bangsa dan zaman.
Nilai-nilai kebenaran, ide atau gagasan dalam karya sastra yang baik bersifat universal sehingga dapat dinikmati oleh bangsa mana pun. Karya sastra yang baik juga dapat menerobos batas-batas waktu. Artinya, karya sastra tersebut tetap relevan sepanjang zaman.

GLOSARIUM – Istilah-istilah yang perlu kita ketahui

GLOSARIUM – Istilah-istilah yang perlu kita ketahui

https://tenda.suwur.com
amatir
: kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan dan bukan untuk
memperoleh nafkah, misalnya orang yang bermain musik, melukis, menari,
bermain tinju, sebagai kesenangan.
ambang
: tingkat
berita
: cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat;
kabar
biografi
: riwayat hidup seseorang yang
ditulis oleh orang lain
bordes
: tangga untuk naik ke pintu kereta api
cerita
: karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan
orang; kejadian dan sebagainya baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun
yang hanya rekaan belaka
degradasi
: kemunduran, kemerosotan, penurunan
devisa
: alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukar dengan uang luar negeri
diagram
: gambaran (buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu
dialog
: percakapan
domisili
: tempat tinggal resmi
dongeng
: cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian
zaman dulu yang aneh-aneh)
frustasi
: rasa kecewa akibat kegagalan di dalam mengerjakan sesuatu atau akibat
tidak berhasil dalam mencapai suatu cita-cita
gaplek
: ubi kayu yang telah dikupas dan dikeringkan
hipnotis
: membuat orang berada dalam keadaan seperti tidur karena sugesti
indikator
: sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan
inovasi
: penemuan baru yang berbeda
dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan,
metode, atau alat)
kalimat
: satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola
intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa
kamus
: buku yang memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut
abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya
kawah
: bagian puncak gunung berapi yang dilewati bahan letusan berbentuk
lekukan
besar
kinesik
: ilmu tentang pemakaian gerak tubuh, tangan, muka, dan sebagainya
sebagai
bagian dari proses komunikasi
kolumnis
: orang yang secara tetap
menulis artikel di koran atau majalah
komentar
: ulasan atau tanggapan atas berita, pidato (untuk menerangkan atau
menjelaskan)
kompetisi
: persaingan
komunikasi
: pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau
lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; perhubungan
konfigurasi
: bentuk; wujud
konkret
: benar-benar ada
kontribusi
: sumbangan
misi
: tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya
demi agama,
ideologi, patriotisme, dan sebagainya
motivasi
: dorongan yang timbul dari diri seseorang secara sadar atau tidak
sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu
natural
: alamiah
objek
: hal, perkara, atau orang yang menjadi pokok pembicaraan
panorama
: pemandangan alam yang bebas dan luas
pantun
: bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait biasanya terdiri atas 4
baris yang bersajak a-b-a-b, tiap larik biasanya terdiri atas 4 kata,
baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan sajak dan baris
ketiga dan keempat merupakan isi
paragraf
: bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok
dan penulisannya dimulai dengan garis baru); alinea
pendapat
: kesimpulan sesudah mempertimbangkan, menyelidiki, dan lain sebagainya
peraga
: alat media pembelajaran untuk memperagakan sajian pembelajaran
pesan
: amanat
prioritas
: yang didahulukan dan diutamakan dari pada yang lain
profesi
: bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian
profil
: ikhtisar yang memberikan fakta tentang hal-hal khusus
register
: buku catatan atau daftar yang disusun secara bersistem dan menurut
abjad
ronde
: babak pada pertandingan tinju
spontan
: serta-merta
stalagtit
: batangan kapur yang terdapat pada langit-langit gua dengan ujung
meruncing ke bawah
sutradara
: orang yang memberi pengarahan
dan bertanggung jawab terhadap atas masalah artistik dan teknis dalam
pementasan drama, pembuatan film
target
: sasaran yang telah ditetapkan untuk dicapai
teoretis
: menurut teori
tiwul
: penganan yang dibuat dari tepung gaplek, diberi gula sedikit,
kemudian dikukus, dapat dimakan bersama kelapa parut yang telah diberi
garam sedikit
transisi
: peralihan dari keadaan
turnamen
: pertandingan yang diikuti oleh
beberapa regu
ultimatum
: peringatan atau tuntutan yang terakhir dengan diberi batas waktu
untuk menjawabnya

Sumber: Buku Sekolah
Terima Kasih:  - Suwur |  - |  Produk Suwur |  Martapura|  Batik Tulis |  Millo Shop

Karakteristik Perusahaan, Jenis-jenis Perusahaan, dan Jenis-jenis Organisasi Perusahaan

Karakteristik Perusahaan, Jenis-jenis Perusahaan, dan Jenis-jenis Organisasi Perusahaan

http://www.jayasteel.com/2015/04/harga-wire-mesh-m8-dan-m10.html

Karakteristik Perusahaan
Secara umum perusahaan adalah suatu organisasi yang memiliki sumber daya (input) seperti bahan baku dan tenaga kerja diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) yang akan dijual kepada pelanggan.
Pelanggan perusahaan dapat berupa individu atau perusahaan lain yang membeli barang atau jasa yang ditukar dengan uang atau barang lain yang berharga.

Tujuan perusahaan umumnya adalah untuk mendapatkan laba tetapi ada juga perusahaan yang mempunyai tujuan untuk kemaslahatan bagi masyarakat. Perusahaan yang mempunyai tujuan bukan untuk mendapatkan laba disebut perusahaan nirlaba.
.
1. Jenis-jenis Perusahaan
Berdasarkan karakteristik jenis usahanya, perusahaan diklasifikasikan menjadi tiga yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur.

a. Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan jasa dan jenis jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.b. Perusahaan Dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan dagang dan jenis produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan c. Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan manufaktur dan jenis produk yang ditawarkannya.

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual kepada pelanggan  badan hukumnya, yaitu perusahaan perseorangan, perusahaan persekutuan dan perusahaan perseroan.
.
2. Jenis-jenis Organisasi Perusahaan
Selain terdapat beberapa jenis usaha pada suatu perusahaan, dalam praktik sering kita jumpai klasifikasi perusahaan berdasarkan bentuk badan hukumnya. Terdapat tiga bentuk perusahaan berdasarkan badan hukumnya, yaitu perusahaan perseorangan, perusahaan persekutuan dan perusahaan perseroan.

a. Perusahaan perorangan adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh satu orang pemilik. Pemilik umumnya merangkap juga sebagai manajer.
Contoh perusahaan perorangan adalah usaha kecil atau UKM (Usaha Kecil Menengah) seperti bengkel, binatu (laundry), salon kecantikan, rumah makan, persewaan komputer dan internet.

b. Perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk menyelenggarakan usaha dengan nama bersama. Perusahaan persekutuan yang banyak dijumpai dalam dunia bisnis di Indonesia adalah Firma dan CV.

c. Perusahaan perseroan (korporasi) adalah perusahaan yang modalnya terdiri atas saham-saham. Setiap pemegang saham adalah pemilik perusahaan.
Pemegang saham dapat perorangan atau perusahaan lain.
Perseroan dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah sebagai suatu badan hukum yang terpisah dari pemiliknya. Pemegang saham bertanggung jawab terbatas sebesar saham yang dimilikinya.
Perusahaan perseroan dibedakan menjadi dua yaitu perseroan tertutup  (PT) dan perseroan terbuka (PTbk). Perbedaaan kedua perseroan adalah dapat tidaknya saham perusahaan tersebut diperjual-belikan secara umum melalui pasar sekuritas (Bursa Efek)
________________________
Pengertian Akuntansi dan Pengguna Akuntansi
_____________________________________
Sumber: Buku Sekolah
Terima Kasih: - | Produk Suwur | Martapura| Batik Tulis | Millo Shop | Dutapulsa

Sifat Kayu sebagai Material Konstruksi – TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI KAYU

http://www.jayasteel.com/2015/04/cara-menghitung-berat-wiremesh.html

Sifat Kayu sebagai Material Konstruksi – TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI KAYU

Kayu merupakan bahan produk alam, hutan. Kayu merupakan bahan bangunan yang banyak disukai orang atas pertimbangan tampilan maupun kekuatan. Dari aspek kekuatan, kayu cukup kuat dan kaku walaupun bahan kayu tidak sepadat bahan baja atau beton. Kayu mudah dikerjakan – disambung dengan alat relatif sederhana. Bahan kayu merupakan bahan yang dapat didaur ulang. Karena dari bahan alami, kayu merupakan bahan bangunan ramah lingkungan.

Karena berasal dari alam kita tak dapat mengontrol kualitas bahan kayu. Sering kita jumpai cacat produk kayu gergajian baik yang disebabkan proses tumbuh maupun kesalahan akibat olah dari produk kayu. Dibanding dengan bahan beton dan baja, kayu memiliki kekurangan terkait dengan ketahanan-keawetan. Kayu dapat membusuk karena jamur dan kandungan air yang berlebihan, lapuk karena serangan hama dan kayu lebih mudah terbakar jika tersulut api.
Kayu merupakan bahan yang dapat menyerap air disekitarnya (hygroscopic), dan dapat mengembang dan menyusut sesuai kandungan air tersebut. Karenanya, kadar air kayu merupakan salah satu syarat kualitas produk kayu gergajian.

Jika dimaksudkan menerima beban, kayu memiliki karakter kekuatan yang berbeda dari bahan baja maupun beton terkait dengan arah beban dan pengaruh kimiawi. Karena struktur serat kayu memiliki nilai kekuatan yang berbeda saat menerima beban. Kayu memiliki kekuatan lebih besar saat menerima gaya sejajar dengan serat kayu dan lemah saat menerima beban tegak lurus arah serat kayu.

Penebangan, Penggergajian dan Pengawetan

Produksi kayu gergajian (lumber), batang kayu segi empat panjang (balok) yang dipakai untuk konstruksi dimulai dari penebangan pohon di hutan alam dan hutan tanaman industri. Kayu gelondongan (log) hasil tebang diangkut ke pabrik penggergajian. Untuk menghasilkan produk kayu gergajian yang baik dan efisien terdapat teknologi penggergajian yang harus diketahui dalam kaitannya dengan penyusutan kayu saat pengeringan.

Terdapat 3 metoda penggergajian, lurus (plain sawing), perempat bagian(quarter sawing) dan penggergajian tipikal (typical sawing).
Sesuai proses pertumbuhan kayu, kayu bagian dalam merupakan kayu yang lebih dulu terbentuk dari kayu bagian luar. Karenanya kayu bagian dalam mengalami susut lebih kecil dari kayu luar. Tanpa memperhitungkan susut tersebut, hasil gergajian akan menghasilkan bentuk kurang berkualitas.
  Home |   - |   Testimoni |   FAQ |   Produk Suwur |   Martapura |   Batik Unik |   Gamis Modern |   Batik Tulis |    Perhiasan Martapura |   Millo Shop

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Jenis-jenis Laporan Keuangan

http://www.jayasteel.com/2015/04/harga-wiremesh-per-kg.html

Sesuai dengan definisi akuntansi sebagai suatu kegiatan yang meliputi proses pencatatan sampai dengan penganalisaan data-data keuangan perusahaan, produk (out put) yang dihasilkan kegiatan tersebut berupa pelaporan keuangan. Pelaporan keuangan ini terdiri dari pelaporan keuangan yang khusus digunakan untuk kepentingan internal perusahaan saja dan juga pelaporan keuangan yang ditujukan untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan.
Jenis pelaporan keuangan berikut ini dapat dikategorikan sebagai pelaporan keuangan yang terutama ditujukan untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan. Meskipun demikian pihak internal juga memerlukannya. Pelaporan keuangan ini lazim disebut dengan laporan keuangan, yang meliputi:
1. Laporan Laba Rugi yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang hasil kegiatan operasi perusahaan (laba atau rugi) selama satu kurun waktu (periode) tertentu.
2. Laporan Ekuitas yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang perubahan ekuitas pemilik atau modal selama kurun waktu (periode) tertentu.
3. Neraca yaitu laporan keuangan yang memberkan informasi tentang aset, kewajiban dan ekuitas perusahaan pada saat (tanggal) tertentu.
4. Laporan Arus Kas yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama kurun waktu (periode) tertentu.
5. Catatan atas Laporan Keuangan yaitu berupa informasi baik yang bersifat keuangan maupun non keuangan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang kebijakan kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan, rincian pos pos laporan keuangan, penjelasan kontrak-kontrak utang perusahaan dan lain-lain.

Cahaya dan Sifat-sifatnya

gelang-rantai-giok.html

Dapatkah kamu melihat di tempat yang gelap? Cahaya sangat penting bagi kehidupan di muka bumi. Tanpa cahaya, kamu tidak dapat melihat benda yang beraneka warna, bunga-bunga yang berwarna-warni, dan pemandangan alam yang sangat mempesona. Dari manakah cahaya berasal? Semua cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya antara lain matahari, bintang, api, lampu, dan kilat.
Sifat-Sifat Cahaya
Cahaya mempunyai sifat-sifat, antara lain sebagai berikut.
1. Cahaya dapat dipantulkan.
2. Cahaya dapat merambat lurus.
3. Cahaya dapat mengalami pembiasan/dibelokkan.
4. Cahaya dapat menembus benda bening.
5. Cahaya dapat diuraikan/mengalami dispersi.

Jika cahaya mengenai sebuah benda, maka ada dua kemungkinan, yaitu:
1. cahaya akan dipantulkan oleh benda,
2. cahaya akan diserap oleh benda tersebut.

Dalam hal penyerapan cahaya oleh benda, warna benda menentukan besar kecilnya cahaya yang diserap. Warna gelap akan menyerap cahaya, sedangkan warna terang akan memantulkan cahaya. Nah, pernahkah terpikir olehmu mengapa pakaian seragam sekolah berwarna putih?

1. Cahaya Dapat Dipantulkan
Pernahkah kamu merasa silau karena melihat cermin di bawah cahaya matahari? Cermin bukanlah sumber cahaya, tetapi mengapa ia seolaholah dapat memancarkan cahaya? Hal itu terjadi karena cahaya matahari dipantulkan oleh cermin. Ketika cahaya pantul itu sampai di mata, kamu melihat seolah-olah cahaya datang dari cermin. Cermin merupakan benda yang mempunyai permukaan mengkilap. Benda yang mengkilap memantulkan cahaya yang datang kepadanya. Bayangan pada cermin sesungguhnya juga merupakan pantulan cahaya.

Pernahkah kamu memerhatikan cahaya yang dipantulkan? Untuk lebih memahami pemantulan cahaya serta ciri-ciri pemantulan oleh cermin yang permukaannya datar, permukaannya cekung, dan permukaannya cembung, perhatikan uraian berikut ini!

a. Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar
Sifat-sifat cermin datar adalah sebagai berikut. 1) Membentuk bayangan semu atau maya. Bayangan maya adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap oleh layar, tetapi dapat dilihat dalam cermin. 2) Jarak bayangan ke permukaan cermin sama dengan jarak benda ke permukaan cermin. 3) Besar atau tinggi bayangan sama dengan besar atau tinggi benda aslinya. 4) Sisi tertukar, benda di sebelah kiri tampak di sebelah kanan pada cermin, begitu pula sebaliknya. 5) Posisi bayangan tegak.
Cermin datar adalah cermin yang permukaannya berupa bidang datar. Cermin datar membentuk bayangan maya, tegak, sama besar, sisi tertukar. Pemantulan cahaya yang terjadi pada benda yang permukaannya rata disebut pemantulan searah/beraturan. Pemantulan cahaya yang terjadi pada benda yang permukaannya tidak rata disebut pemantulan baur/difus.
b. Pemantulan Cahaya pada Cermin Cekung 
Cermin cekung adalah cermin yang memiliki bagian pemantulan cahaya berupa cekungan. Cermin cekung biasa digunakan sebagai reflektor (benda yang memantulkan cahaya). Cermin cekung biasa digunakan pada lampu senter, lampu sepeda, lampu mobil, lampu sepeda motor, alat kerja dokter.

c. Pemantulan Cahaya pada Cermin Cembung
Cermin cembung merupakan cermin yang memiliki bagian pemantulan cahaya yang berbentuk cembung. Cermin cembung biasa dipakai untuk kaca spion mobil yang berfungsi untuk melihat kendaraan lain yang ada di belakang mobil tanpa menoleh ke belakang. Cermin cembung menghasilkan bayangan maya, tegak, dan diperkecil.

Sifat-sifat cermin cembung adalah sebagai berikut.
1) Menyebarkan berkas cahaya.
2) Sifat bayangan yang dihasilkan selalu maya, tegak, diperkecil.

Pemantulan cahaya selalu mengikuti hukum pemantulan cahaya.
Bunyi hukum pemantulan cahaya, yaitu:
- Sudut datang sama dengan sudut pantul.
- Cahaya datang, garis normal, dan cahaya pantul terletak pada satu bidang datar.
2. Cahaya Dapat Merambat Lurus 
Pernahkah kamu memerhatikan cahaya matahari yang memasuki ruanganmu yang gelap melalui celah-celah jendela atau genting rumahmu yang bocor?
Cahaya yang masuk ke ruanganmu yang gelap akan tampak seperti garis putih yang lurus.

Berkas cahaya merambat lurus. Apabila berkas cahaya terhalang oleh benda gelap (benda yang tidak tembus cahaya), maka berkas cahaya tidak dapat kita lihat. Dalam kehidupan sehari-hari berkas cahaya yang merambat lurus dapat kamu lihat pada cahaya senter, lampu mobil di malam hari, cahaya saat menonton bioskop.

3. Cahaya Dapat Mengalami Pembiasan 
Pernahkah kamu berdiri di pinggir kolam mengamati dasar kolam yang airnya jernih? Kamu mungkin tertipu. Mungkin kamu mengira bahwa kolam tersebut dangkal, tetapi ternyata kolam lebih dalam dari yang kamu duga. Ikan hias di dalam akuarium/stoples yang bulat juga tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena pembiasan cahaya oleh air yang jernih.

Kamu dapat melihat pensil karena cahaya yang mengenai pensil dipantulkan ke mata kita. Cahaya tersebut merambat melalui medium udara ke medium air. Medium udara memiliki kerapatan yang lebih kecil dibandingkan medium air. Cahaya yang merambat pada medium yang berbeda akan mengalami pembiasan cahaya/ pembelokan cahaya. Pembiasan cahaya mendekati normal karena dari medium renggang ke medium lebih rapat.

4. Cahaya Dapat Menembus Benda Bening
Bagaimana sifat-sifat cahaya pada benda bening?

Benda-benda yang dapat ditembus oleh cahaya disebut benda bening. Benda-benda di sekitarmu yang termasuk benda bening di antaranya kaca jendela, plastik bening, mika bening, air yang jernih, dan lain-lain. Benda-benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya disebut benda gelap. Benda-benda di sekitarmu yang termasuk benda gelap, di antaranya batu, tripleks, air keruh, kaleng, dan lain-lain.

Dispersi Cahaya

Manfaat Cahaya
Pernahkah kamu membayangkan manfaat dari cahaya matahari? Cahaya matahari merupakan sumber energi yang terbesar, baik di darat maupun di dalam air. Tanpa cahaya matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Akibatnya tumbuhan tidak dapat menyediakan makanan bagi makhluk hidup lain. Mungkin tidak ada lagi makhluk hidup yang dapat bertahan hidup jika tidak ada matahari.
Benda-benda dapat dilihat karena benda-benda tersebut memantulkan cahaya dan cahaya pantul itu masuk ke mata kita.
Dapatkah kamu melihat benda jika tidak ada cahaya? Tentu saja kamu tidak dapat melihat suatu benda dalam keadaan gelap gulita. Oleh karena itu, kamu membutuhkan cahaya lampu pada malam hari. Pada siang hari kamu membutuhkan cahaya matahari. Dalam kehidupan sehari-hari, sifat-sifat cahaya banyak diterapkan oleh manusia untuk berbagai keperluan, misalnya untuk membuat alat-alat optik seperti periskop, kaca pembesar/lup/suryakanta, kamera, mikroskop, teropong, overhead projector (OHP), dan lain-lain.

Membuat Karya atau Model

1. Membuat Periskop
Apakah dasar pembuatan periskop? Bagaimana cara membuat periskop? Pembuatan periskop menggunakan dasar sifat-sifat cahaya. Pernahkah kamu melihat kapal selam? Untuk mengamati keadaan permukaan laut dari kapal selam, seorang pengamat menggunakan periskop. Periskop adalah suatu alat untuk melihat benda yang berada di balik suatu penghalang, misalnya dinding atau pagar yang lebih tinggi dari kamu. Pada periskop terjadi pemantulan cahaya dan bayangan dari cermin atas ke cermin bawah sehingga kamu dapat melihat benda di balik dinding atau pagar.

2. Membuat Kaca Pembesar / Lup / Suryakanta Sifat-sifat cahaya dapat dijadikan dasar dalam pembuatan lup.

Kaca pembesar atau lup terbuat dari lensa cembung. Kaca pembesar digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Kaca pembesar banyak digunakan oleh tukang arloji untuk melihat bagian-bagian arloji yang kecil dan rumit. Ahli purbakala menggunakannya untuk mengamati benda-benda purba.

1. Sumber cahaya adalah benda-benda yang dapat menghasilkan cahaya sendiri. Contoh: api, sinar matahari, bintang, sinar lampu kendaraan, sinar lampu listrik, dan lain-lain.
2. Matahari merupakan sumber energi yang utama.
3. Sifat-sifat cahaya antara lain:
- cahaya dapat dipantulkan,
- cahaya dapat merambat lurus,
- cahaya dapat mengalami pembiasan,
- cahaya dapat menembus benda bening,
- cahaya dapat diuraikan / dispersi.
4. Benda yang berwarna gelap bersifat menyerap cahaya, sedangkan yang berwarna cerah bersifat memantulkan cahaya.
5. Sifat-sifat bayangan pada cermin datar, yaitu:
- maya,
- tegak,
- sama besar,
- jarak benda sama dengan jarak bayangan,
- sisi tertukar.
6. Sifat-sifat bayangan pada cermin cekung, yaitu:
- maya,
- terbalik,
- ukuran tergantung letak bendanya.
Contoh pemanfaatan cermin cekung: lampu senter, lampu mobil, lampu sepeda, lampu sepeda motor, dan alat pada dokter gigi.
7. Sifat-sifat bayangan pada cermin cembung selalu:
- maya,
- tegak,
- diperkecil,
Contoh pemanfaatan cermin cembung: spion, bagian belakang sendok.
8. Cahaya akan dibiaskan jika melalui medium yang berbeda.
9. Spektrum cahaya adalah deretan warna-warna pada cahaya matahari (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu).
10. Dispersi/ penguraian warna cahaya adalah peristiwa penguraian warna cahaya menjadi warna-warna penyusunnya. Pertama kali ditemukan oleh Isaac Newton.
11. Cahaya polikromatik adalah cahaya yang terdiri atas beberapa warna.
12. Cahaya monokromatik atau warna tunggal, contoh: merah, hijau, dan biru, sedangkan warna lain merupakan gabungan dari warna tersebut.
13. Kamu dapat melihat benda di sekitarmu karena ada cahaya yang mengenai benda dan kemudian memantul ke mata.
14. Pelangi terjadi karena cahaya matahari dibiaskan oleh butir-butir air hujan sehingga terurai menjadi beberapa warna.
15. Pelangi dapat dilihat jika kamu berdiri membelakangi matahari saat turun hujan.
16. Cahaya merupakan salah bentuk energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
17. Sifat-sifat cahaya dapat diterapkan dalam pembuatan periskop, kaca pembesar, kamera, mikroskop, teropong, overhead projector, LCD, dan kacamata.
18. Periskop digunakan untuk melihat benda-benda yang berada di balik suatu penghalang atau di atas pandangan mata.
19. Kaca pembesar/ lup/ suryakanta digunakan untuk melihat benda-benda yang kecil agar tampak lebih besar dan jelas.
20. Mikroskop merupakan alat optik yang berguna untuk mengamati benda-benda renik, misalnya bakteri.

Bumi dan Alam Semesta

Bumi yang kamu tempati ini selalu berubah, tetapi proses perubahannya tidak dapat dirasakan. Pernahkah kamu membayangkan peristiwa alam yang ditimbulkan akibat proses perubahan bumi? Apa saja kegiatan manusia yang dapat memengaruhi bumi? Apa sajakah lapisan-lapisan penyusun bumi? Bagaimanakah proses pembentukan daur air di bumi berlangsung? Untuk dapat memahami semua proses tersebut, marilah simak uraian berikut ini, agar kelak pemahaman itu berguna untuk menjaga sumber daya alam dengan lebih bijaksana!

A. Proses Pembentukan Tanah

Pernahkah kamu melihat batu? Bagaimana warna, bentuk, dan kepadatannya? Batu ada yang berwarna abu-abu, putih, hitam, cokelat, merah, dan lain-lain. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang berbentuk bulat, panjang, atau lonjong, dan ada pula yang tidak beraturan. Sedangkan untuk kepadatannya ada yang lunak, keras, dan ada yang keras sekali. Sebenarnya apakah batuan itu? Agar kamu memahaminya, pelajari uraian berikut ini!

1. Batuan
Menurut proses pembentukannya, batuan dapat digolongkan atas tiga golongan, yaitu: batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf.
a. Batuan Beku Batuan beku terbentuk dari magma yang membeku. Batuan yang sudah ada di alam ini dapat berubah akibat pengaruh perubahan suhu dan pelapukan. Yang termasuk batuan beku, antara lain batu granit, batu basal, batu obsidian, dan batu apung.

b. Batuan Sedimen atau Batuan Endapan
Batuan endapan atau batuan sedimen merupakan batuan yang terjadi karena pelapukan dari batuan yang sudah ada. Yang termasuk batuan sedimen (endapan), antara lain batuan konglomerat, batuan breksi, batu pasir, batu serpih, dan batu kapur atau batu gamping.

c. Batuan Metamorf atau Batuan Malihan
Di lingkunganmu sehari-hari, pernahkah kamu melihat meja, patung, lantai atau hiasan lain yang terbuat dari marmer? Apakah pernah terpikir olehmu bahwa marmer juga termasuk batuan? Batu marmer berasal dari batu kapur yang mengalami perubahan bentuk. Perubahan bentuk batu marmer disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain karena suhu dan tekanan yang sangat tinggi, pengaruh air, dan perubahan kimia yang terjadi di dalam kerak bumi. Batuan yang mengalami perubahan bentuk disebut batuan metamorf. Yang termasuk batuan metamorf antara lain batu marmer (pualam), batu tulis, batu sabak, batu kuarsa, dan batu genes.

2. Pelapukan Batuan Membentuk Tanah
a. Pelapukan Fisika
b. Pelapukan Kimiawi
c. Pelapukan Biologi 

Jenis-Jenis Tanah
1. Tanah Berpasir
2. Tanah Berhumus
3. Tanah Liat
4. Tanah Berkapur


Struktur Bumi
1. Lapisan-Lapisan Bumi
a. Kerak Bumib. Mantel Bumi
c. Inti Bumi


Daur Air dan Pengaruhnya bagi Manusia 

Dalam kehidupan sehari-hari air sangat dibutuhkan oleh manusia. Bagaimanakah proses daur air terjadi? Apakah kegiatan manusia memengaruhinya? Mari kita pelajari daur air dan pengaruhnya bagi manusia! 1. Daur Air dan Pengaruhnya bagi Manusia Air merupakan salah satu unsur yang penting bagi manusia. Sebagian besar air terdapat di permukaan bumi. Air juga berada di dalam tanah yang disebut air tanah. Air tanah dapat diambil dengan membuat sumur bor atau artesis. Air yang berada di permukaan bumi dapat diperoleh dari berbagai sumber. Sumber air itu dapat berupa sumber alami, seperti mata air, sungai, danau dan laut, serta sumber buatan seperti air PDAM, artesis, sumur pompa, dan waduk. Air dapat menjadi barang langka apabila terjadi musim kemarau atau ketika kita berada di padang pasir. Air juga dapat menjadi malapetaka bila berlebihan, karena mendatangkan banjir. Keberadaan air perlu dijaga agar daur air tetap berlangsung normal. Apakah manfaat air bagi manusia?

Dari manakah datangnya air? Mengapa air tidak kunjung habis, meskipun kita gunakan setiap hari? Air selalu ada di bumi, karena air mengalami daur (siklus). Daur air di alam merupakan rentetan perubahan wujud air yang terjadi terus-menerus dan berulang-ulang.

Air yang terkena sinar matahari akan menguap. Uap air tersebut akan naik ke angkasa, karena suhu di angkasa itu sangat dingin, maka suhu itu mengembunkan uap air menjadi titik-titik air. Kumpulan titik-titik air ini tampak sebagai awan. Tiupan angin yang membawa titik-titik air dari tempat lain membuat titik-titik air menjadi sangat banyak, sehingga awan tampak semakin menebal. Suhu yang semakin dingin membuat titik-titik air semakin besar dan berat hingga akhirnya jatuh ke bumi sebagai hujan. Air hujan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Air hujan ada yang meresap ke dalam tanah dan menjadi sumber mata air, ada pula yang di rawa-rawa, waduk, danau, dan laut.

2. Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Daur Air
Tahukah kamu penyebab terhambatnya siklus air? Tahukah pula apa dampak dari siklus air yang terganggu? Air hujan dapat membersihkan udara secara alami. Perhatikanlah, sehabis hujan biasanya udara terasa lebih bersih dan segar. Akan tetapi, air hujan ternyata juga dapat mengakibatkan kerusakan, apabila air hujan sudah sangat asam, yaitu yang disebut dengan hujan asam. Hujan asam dapat mengakibatkan kerusakan pada bangunan, tumbuhan, dan hewan yang dikenainya.

Hujan asam terjadi karena uap air dan gas-gas lain di udara bercampur dengan gas-gas beracun membentuk asam. Gas-gas beracun itu dikeluarkan sebagai gas buangan dari bahan bakar kendaraan bermotor dan mesin pabrik.

Manusia sering tidak mempedulikan dampak kegiatannya terhadap lingkungan. Penebangan liar misalnya, akan menyebabkan hutan menjadi gundul sehingga tidak mampu menampung air. Pembuangan air limbah pabrik langsung ke sungai. Akibatnya, air menjadi tercemar, keseimbangan alam terganggu. Air yang tercemar dapat membunuh tumbuhan dan hewan air. Apabila daur air terganggu oleh perilaku manusia, maka akan timbul bencana alam yang merugikan manusia seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Penghematan Air

Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia

Ada berbagai peristiwa alam yang terjadi di Indonesia. Peristiwa alam yang dapat disebut sebagai bencana itu, antara lain kebakaran hutan, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi, angin topan, tsunami, banjir, dan semburan lumpur panas. Kejadian itu disebabkan oleh peristiwa alam. Peristiwa alam yang dapat kamu cegah antara lain banjir dan tanah longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain. Bencana alam sangat merugikan kehidupan makhluk hidup dan lingkungan. Oleh karena itu, perlu dicari berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya bencana tersebut.

Banyak sekali peristiwa alam yang mendatangkan kepedihan. Uluran tangan dari semua pihak tentu sangat dibutuhkan guna meringankan beban penderitaan para korban bencana.

Pemerintah Indonesia telah membentuk Badan Meteorologi dan Geofisika, untuk dapat mengetahui peristiwa alam yang terjadi. Kemudian informasi itu diumumkan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengantisipasi apabila terjadi bencana alam.

Bencana alam yang terjadi hampir setiap tahun adalah banjir. Ada daerah tertentu yang sudah menjadi langganan banjir. Dampak yang ditimbulkannya tidak kecil. Banyak orang kehilangan harta benda, bahkan tidak jarang ada korban jiwa. Melihat dampak yang ditimbulkannya, maka perlu dicari cara mencegah banjir. Usaha yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir dan tanah longsor di antaranya sebagai berikut.

1. Selalu membuang sampah di tempat sampah. Jangan membuang sampah di sungai, selokan, atau saluran air lainnya.
2. Tidak mendirikan bangunan di sepanjang sungai. Hal ini dapat mempersempit sungai. 3. Melakukan penanaman pohon, khususnya di lereng bukit atau lahan miring lainnya. Dapat pula dibuat sengkedan (teras) agar tanah tidak longsor diterjang air hujan.
4. Pembuatan bendungan. Air yang dialirkan melalui bendungan dapat digunakan untuk irigasi, perikanan darat, pembangkit listrik, dan lainlain. Selain itu, lokasi di sekitar bendungan dapat dijadikan tempat rekreasi.

Kegiatan Manusia yang Dapat Mengubah Permukaan Bumi
Pernahkah kamu mendaki gunung? Setelah sampai ke puncak gunung, patutlah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan alam yang sangat indah dan sumber daya alam yang ada. Indonesia kaya akan sumber daya alam, antara lain mineral, air, tumbuhan, hewan, dan sinar matahari.

Mineral adalah barang tambang yang tidak berasal dari makhluk hidup. Mineral dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu
1. mineral yang mengandung logam, dan
2. mineral yang tidak mengandung logam.

Mineral yang mengandung logam, antara lain aluminium, besi, emas, nikel, timah, dan tembaga. Mineral yang tidak mengandung logam, antara lain kapur, pasir, dan tanah liat.
1. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
a. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui artinya sumber daya alam yang akan habis jika digunakan terus-menerus, karena tidak ada penggantinya. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui antara lain barang tambang seperti minyak bumi (dapat disuling menghasilkan bensin, kerosin, vaselin, parafin, solar, oli, aspal, minyak tanah), batu bara, dan berbagai jenis logam (aluminium, besi, emas, perak, tembaga, nikel, dan lain-lain).

b. Sumber Daya Alam yang Dapat diperbarui Sumber daya alam yang dapat diperbarui artinya sumber daya yang dapat dibudidayakan dan tetap tersedia meskipun dipakai terus-menerus. Semua makhluk hidup termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Hewan dan tumbuhan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui karena hasil perkembangbiakan akan menggantikan hewan dan tumbuhan yang telah ada. Air dan udara juga tidak akan habis karena mempunyai daur (siklus). Matahari merupakan sumber daya alam yang sangat besar dan tidak akan habis.

2. Cara Makhluk Hidup Menggunakan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam ada yang langsung dapat digunakan, ada pula yang tidak dapat langsung digunakan, tetapi harus diolah terlebih dahulu. Sumber daya alam yang dapat langsung digunakan seperti bahan asalnya seperti air, udara, dan sinar matahari. Air untuk mandi, udara langsung kita hirup, sinar matahari untuk menjemur pakaian.
Tumbuhan, hewan, bahan tambang, dan sinar matahari perlu kita usahakan atau kelola agar dapat kita gunakan. Tumbuhan dan hewan dipelihara dan dikembangbiakkan dalam bentuk pertanian/ perkebunan dan peternakan/ perikanan. Untuk memperoleh bahan tambang, manusia membuat penambangan.

Untuk mencukupi kebutuhan listrik, manusia membangun stasiun pembangkit tenaga listrik. Ada yang memanfaatkan air hingga berdirilah PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), ada juga yang memanfaatkan uap yang panas dari dalam bumi hingga berdirilah PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Saat ini manusia juga membuat sel surya yang dapat mengubah energi sinar matahari menjadi listrik.

3. Kegiatan-Kegiatan Manusia yang Dapat Mengubah Permukaan Bumi
Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan yang akan menimbulkan perubahan permukaan bumi. Perubahan yang ditimbulkan itu bisa berdampak baik dan bisa pula berdampak buruk bagi permukan bumi.

Perubahan yang dilakukan oleh manusia antara lain berbentuk pertanian, perkotaan, bahan bangunan, bendungan, dan pembuatan jalan. Apakah kamu dapat menyebutkan berbagai kegiatan lain yang mengubah bentuk permukaan bumi?
Pencemaran air dapat berasal dari limbah industri atau limbah rumah tangga. Gempa bumi adalah gerakan kulit bumi akibat adanya tenaga atau kekuatan di dalam bumi.



 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - 2021 | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Facebook | Twitter |