Mensurvey cargo

Seorang wanita muncul dari sebuah ruangan direksi. Ia mengenakan baju yang rapat sekali dengan kerudung yang melilit di lehernya.

"Mencari siapa pak?" tanya wanita itu sambil membuka buku sakunya.

"Saya mencari pak Munarman yang mensurvey cargo saya minggu kemarin".

"Baik pak akan saya sampaikan, anda tunggu disini sebentar"

"Baik" kata pria bertubuh bongsor yang memakai kemeja ketat sambil duduk menghadap wanita yang bekerja sebagai sekertaris yang baru saja menyapanya.

"Bapak sedang rapat direksi, apa anda mau menunggu sampai 30 menit?"

"Ya akan saya tunggu"
"Mbak muslimah?" pertanyaan pun berlanjut.
"Iya pak. Ada apa memangnya?"

"Mbak pernah membaca firman Allah tentang menutup aurat?"

"Oh hehehe. Iya pernah pak" jawab sang sekertaris sambil membenarkan jilbabnya, ia longgarkan jilbabnya hingga menutupi setengah bagian dadanya

(Ditulis oleh Ayuna Kusuma)
Disalin dari  sunny mensurvey-cargo-saya-minggu-kemarin/

INSPEKSI JASA - Sunny Marine Cargo

INSPECTION SERVICE - COVER THE FOLLOWING COMMODITIES
Agriculture Commodities, Forestly Product and Sea Product : Black Pepper, Black Tea, Canaga Vera, Cayeput Oil. Citronella Oil, Clove Leaf Oil, Cocoa Beans, Coconut Oil, Coffe, Conventional Rubber, Copra Cake, Crude Palm Fatty Acid, Crude Palm Kernel Fatty Acid, Crude Palm Oil, Crude Palm Olein, Distillated Nutmegs, Dried Cassava, Fish, Frozen Froglegs, Frozen Shrimps, Frozen Tuna, Geranio, Grain, Illipe Nuts, Logs, Mace, Nutmeg, Nutmeg Oil, Oleoresin, Palm Kernel, Palm Kernel Cake, Palm Kernel Oil, Pacthouli Oil, Pepper, Plywood and Sawn Timber, Pretreated Palm Olein, Pretreated Palm Stearin, Rattan & Resin, Refined Bleached Deodorized Palm Kernel Oil, Refined Bleached Deodorized Palm Oil, Rice, Sandalwood Oil, Standard Indonesia Rubber (SIR), Sugar/Molasses, Vanilla, Vertiver Oil.
Animal Feeds : Soya bean meal, rapessed meal, yellow maize, soyameal pallets, meat bone meal, seed meal.
Fertilizer : Nitrogen Fertilizers, Phosphate Fertilizers.
Textiles : Textile Raw Material, Raw Cotton ; Yarns, Fabrics.
Portland Cement.
Iron & Steel Product (quantity inspection) : Semi Product, Shapes, Plate & Sheet, Coated Sheet, Tubes ; Pipes, Wire Product.
Paper and Paper Product.
Coal ; Bauxite.
Foods : Canned Goods, Dried Goods.
Chemical (quantity inspection) : Plastics, Petrochemical Product, Petroleum Product, Paraffin, DOP.
Electrical & Electronic Equipment.
Animal Product : Fat, Tallow, Meat, Bone, Hide, Leather ; Livestock.
Steel Structure (condition inspection) : Steel Construction, Bridge, Tower, Building Structures, Tanks.
Ships : Tug Boat (including lashing inspection), Cargo Vessel, Passenger Ship, Dredger, Barge.

TECHNICAL INSPECTION
Delivery Inspection
Function Test
Manufacturing Control






INSPEKSI JASA - MELIPUTI KOMODITAS BERIKUT

Pertanian Komoditas, Forestly Produk dan Laut: Black Pepper, Teh Hitam, Canaga Vera, Cayeput Oil. Citronella Oil, Cengkeh Daun Minyak, Biji Kakao, Minyak Kelapa, Coffe, Konvensional Karet, Kopra kue, Crude Palm Fatty Acid, Crude Palm Kernel Fatty Acid, Crude Palm Oil, Crude Palm Olein, destilasi Nutmegs, kering Singkong, Ikan, beku Froglegs , Udang Beku, Tuna beku, Geranio, Grain, illipe Kacang, Log, Mace, Pala, Pala Minyak, oleoresin, Palm Kernel, Palm Kernel kue, Palm Kernel Oil, Pacthouli Oil, lada, kayu lapis dan kayu gergajian, pra-perawatan Palm Olein, dengan perlakuan Palm Stearin, Rotan & Resin, Refined Bleached Deodorized Palm Kernel Oil, Refined Bleached Deodorized Palm Oil, Padi, Sandalwood Oil, Standard Indonesia Rubber (SIR), Sugar / Molasses, Vanilla, Vertiver Oil.
Hewan Feed: kacang kedelai makan, rapessed makan, jagung kuning, palet SOYAMEAL, daging tulang makan, makan biji.
Pupuk: Pupuk Nitrogen, Fosfat Pupuk.
Tekstil: Tekstil Bahan Baku, Baku Kapas & Benang, Kain.
Semen Portland.
Besi ; Baja Produk (inspeksi kuantitas): Semi Produk, Bentuk, piring & Lembar, Lembar Coated, Tabung ; Pipa, Wire Produk.
Kertas dan Produk Kertas.
Coal ; Bauksit.
Makanan: Barang kalengan, Barang Kering.
Kimia (kuantitas pemeriksaan): Plastik, Produk Petrokimia, Petroleum Product, Parafin, DOP.
Peralatan Listrik & Elektronik.
Hewan Produk: Fat, Tallow, Daging, tulang, Sembunyikan, Kulit & Ternak.
Struktur baja (kondisi inspeksi): Konstruksi Baja, Bridge, Tower, Struktur Bangunan, Tank.
Kapal: Tug Boat (termasuk memukul inspeksi), Kapal Cargo, Kapal Penumpang, kapal keruk, Barge.

INSPEKSI TEKNIS
Pengiriman Inspeksi
Uji fungsi
Manufaktur Kontrol

Disalin dari  sunny inspection-service-cover-the-following-commodities 

Guglielmo Marconi : tokoh yang berperan menemukan radio

Betapa besar peranan radio dalam perjalanan kemerdekaan bangsa. Tahukah kamu, siapa tokoh yang berperan menemukan radio?

Guglielmo Marconi

Lahir di Bologna, Italia pada 25 April 1874, sejak kecil Marconi menunjukkan minat pada bidang fisika dan elektro. Pada tahun 1895 ia memulai penelitiannya sampai menemukan telegrafi tanpa kabel, yang merupakan cikal bakal radio. Pada tahun 1897 Marconi mempresentasikan hasil temuannya yaitu alat komunikasi dengan menggunakan sinyal tanpa kabel yang mampu menjangkau jarak lebih 12 mil. Itulah radio yang hingga saat ini dirasakan manfaatnya oleh manusia.

Tahun 1901, Marconi berhasil membuktikan bahwa gelombang tanpa kabel temuannya tidak akan terganggu oleh lekukan bumi dengan cara menyebarkan sinyal radio pertama yang mampu menyeberangi Samudera Atlantik hingga 2.100 mil jauhnya. Penelitian Marconi terus berkembang. Selain pemancar radio, perangkat komunikasi lain yang menggunakan gelombang tanpa kabel temuannya antara lain adalah telegram, radio dan teknologi radar. Atas jasanya yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan itu, Marconi menerima banya penghargaan dan gelar kehormatan akademis, antara lain hadiah Nobel di bidang Fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia.

Nikola Tesla : penemu pembangkit listrik tenaga air

Tahukah kamu bahwa listrik yang saat ini kita rasakan banyak sekali manfaatnya ditemukan pertama oleh Nikola Tesla. Siapakah Nikola Tesla? Bagaimana ia menemukan listrik?

Nikola Tesla

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerjasama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Membeku

 
Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastik di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu buka ikatan plastik itu, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian? Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahan wujud dari cair menjadi padat disebut membeku. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?
Membeku
Mencair
Menguap
Mengembun
Menyublim

..

Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi)

 
Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi).
Teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial secara ilmiah.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi:

-  Strukturnya terdiri atas:
a. Pernyataan umum: merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum;
b. Deretan penjelasan (eksplanasi): merupakan inti penjelasan apa
yang disampaikan;
c. Interpretasi: berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat
opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.

-  Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).

Seorang muda adalah orang yang mengatakan inilah aku

Rasulullah bersabda, “Bukanlah orang muda orang yang mengatakan inilah bapakku. Seorang muda adalah orang yang mengatakan inilah aku.” Pesan Rasulullah ini terasa relevan sepanjang waktu, termasuk bagi Anda sebagai generasi muda bangsa saat ini. Pesan itu merupakan tantangan untuk semua generasi muda untuk membuktikan kemampuan dirinya.

Untuk menjadi generasi muda yang berprestasi, Anda perlu memiliki kepribadian yang kuat sekaligus mental yang kuat pula. Kedua hal tersebut dapat Anda miliki melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama dengan baik. Untuk membentuk generasi yang kuat itulah buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas X ini hadir.

Pada jenjang kelas X ini Anda akan diajak membentuk karakter diri dengan beberapa materi sebagai berikut. Pada semester ganjil Anda akan belajar ayat-ayat tentang manusia dan keikhlasan beribadah, sifat Allah dalam asmaul husna, melatih sikap husnuzan, memahami sumber hukum Islam, dan mempelajari sejarah Rasulullah di Mekah. Pada semester genap Anda akan belajar ayat Al-Qur’an tentang demokrasi, iman kepada malaikat, melatih kebiasaan terpuji, menghindari hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi, mempelajari peraturan tentang zakat, haji, dan wakaf, serta dakwah Rasulullah di Madinah.

Untuk mengantarkan Anda belajar hal-hal tersebut di atas, buku ini disusun secara sistematis dengan urutan sebagai berikut.
– Judul Bab, berisi materi pokok yang dipelajari dalam suatu bab.
– Peta Konsep, berisi bagan rangkaian konsep yang diangkat dalam bab.
– Beranda, berisi wacana yang akan mengantarkan Anda memasuki bab.
– Uraian Materi, di sinilah materi diuraikan menyatu dengan informasi tambahan dan kegiatan.
– Hayya Na’mal, berisi kegiatan tempat Anda melatih kemampuan diri.
– I’lam, berisi informasi terkait materi dan perkembangan terbaru sebagai tambahan bagi Anda.
– Amali, ilmu dan kemampuan yang dipelajari tidak akan banyak manfaat apabila tidak digunakan. Oleh karena itulah, Anda diajak membiasakan diri dalam rubrik ini.
– Ikhtisar, bagian ini berisi rangkuman materi yang telah Anda pelajari. Rangkuman mengikat pengetahuan Anda untuk dapat digunakan pada saatnya nanti.
– Muhasabah, apakah yang telah Anda pelajari? Renungkan di bagian ini.
– Imtihan, setelah belajar, ujilah pemahaman dan kemampuan Anda dengan soal-soal di bagian ini.

Contoh Kata Pengantar (disalin dari Buku Agama Islam SMK kelas 10)

Segala puji adalah milik Allah yang hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Rasa syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas berkat hidayah dan inayah-Nya lah buku Pendidikan Agama Islam untuk sekolah menengan atas kelas X ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis juga ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku ini.

Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas X ini adalah buku pelajaran agama untuk sekolah. Buku ini hadir sebagai upaya penulis untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah bentuk tanggung jawab penulis kepada bangsa dan negara kita tercinta. Sebagai generasi muda, Anda pun memiliki tanggung jawab kepada bangsa kita. Tanggung jawab tersebut berupa kewajiban berbakti kepada bangsa sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah Swt. Untuk itulah, Anda harus memiliki pijakan karakter diri yang kuat. Terlebih lagi di usia Anda sekarang ini yang sedang diliputi keceriaan masa remaja.

Memiliki karakter diri sangat penting bagi generasi muda seperti Anda. Salah satu upaya membentuk karakter diri adalah dengan pendidikan agama. Untuk mengisi kebutuhan sarana belajar agama inilah buku yang Anda pegang ini hadir. Dua keunggulan buku akan segera Anda rasakan segera setelah belajar dengan buku ini. Pertama, buku ini disusun dengan alam sekitar Anda sebagai rujukan utama. Artinya, Anda dan lingkungan sekitar Anda dalam hidup sehari-hari akan menjadi sumber inspirasi belajar dengan buku ini. Dengan demikian, pelajaran Agama tidak lagi seperti melihat langit nun jauh, tetapi menyatu dalam kehidupan kita. Kedua, buku ini disusun dengan Anda sebagai pusat pembelajaran. Student Centered Learning. Dengan sistem belajar ini Anda bukan lagi berperan sebagai gelas kosong yang hendak diisi ilmu oleh guru, melainkan pribadi yang dinamis.

Dengan dua keunggulan tersebut Anda diajak memacu diri belajar dan berlatih. Dengan keunggulan tersebut, kunci keberhasilan pembelajaran tidak lagi berada di tangan Bapak atau Ibu Guru. Kunci keberhasilan terletak pada keaktifan diri Anda dalam belajar.

Akhir kata, penulis merasa karya buku ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, tegur sapa dan saran sangat penulis harapkan untuk perbaikan buku ini di masa yang akan datang.


Jakarta, April 2010

Penulis

Menjadi Marketing Wiremesh



Pesan Wire Mesh ukuran M8 dan M6

http://www.jayasteel.com/
Pagi ini aku menjalankan lagi tugasku sebagai constumer service. Sekaligus marketing tersembunyi hahaha. Kalau bosku tahu constumer service nya menjalankan dua pekerjaan sekaligus. Mereka akan marah. Tapi aku sudah berjanji pada diriku sendiri untuk bisa bekerja  seefektif mungkin

Ketika aku menerima telephone yang bernada pesanan aku langsung mengarahkan ke no marketing yang sebelumnya sudah bekerjasama denganku. Tentunya kali ini aku berharap hasil penjualan bisa lebih banyak.

Seperti pagi ini ada yang pesan Wire mesh ukuran M8 dan M6 untuk dikirim ke Bandung. Tapi mereka memesan tidak banyak. ...

Selengkapnya ...

Jual Wiremesh: Menyediakan Wiremesh Standar untuk Konstruksi dari Suplier Wire Mesh Terpercaya

Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kami dengan bangga memperkenalkan layanan unggulan kami dalam jual wiremesh, yang melibatkan penyediaan wiremesh standar berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Jayasteel tidak hanya sekadar menjadi suplier wire mesh terpercaya, tetapi juga berkomitmen untuk memberikan produk yang memenuhi standar keamanan dan keandalan. Wiremesh yang kami sediakan tidak hanya dihasilkan dengan teknologi terkini, tetapi juga melalui proses produksi yang ketat untuk memastikan kualitas yang unggul. 

Kami memahami pentingnya peran wiremesh dalam konstruksi, oleh karena itu, produk-produk kami didesain untuk memberikan kekuatan, ketahanan, dan stabilitas yang dibutuhkan dalam proyek konstruksi. Dengan memilih Jayasteel sebagai mitra suplai wiremesh, pelanggan dapat yakin bahwa mereka mendapatkan produk berkualitas tinggi dari suplier yang dapat diandalkan, mendukung kelancaran dan keberhasilan setiap proyek konstruksi mereka.

Daftar Isi:

Wiremesh Standar

Wiremesh standar adalah salah satu komponen penting dalam konstruksi modern. Wiremesh merupakan jaring besi berbentuk kotak dengan berbagai ukuran dan spesifikasi. Keberadaannya menjadi kunci dalam memperkuat struktur beton, menjadikannya lebih kokoh dan tahan lama.

Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kami berkomitmen untuk memberikan informasi yang mendalam mengenai produk-produk unggulan, termasuk Wiremesh Standar. Wiremesh standar, yang merupakan salah satu produk utama kami, memegang peranan sentral dalam konstruksi modern. Wiremesh ini adalah jaring besi yang dirancang dalam bentuk kotak dengan beragam ukuran dan spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek konstruksi. Kehadirannya tidak hanya bersifat dekoratif, tetapi juga berfungsi krusial dalam memperkuat struktur beton, memberikan daya tahan dan kekokohan yang diperlukan untuk memastikan konstruksi yang aman dan tahan lama.

Wiremesh Standar dari Jayasteel diproduksi dengan tingkat presisi yang tinggi dan menggunakan bahan berkualitas, menjadikannya pilihan yang optimal untuk konstruksi modern yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan. Keunggulan wiremesh ini tidak hanya terletak pada fungsionalitasnya, tetapi juga pada kemudahan penerapannya. Dengan memberikan informasi mendalam mengenai berbagai ukuran dan spesifikasi wiremesh standar, kami ingin memastikan bahwa pelanggan kami dapat membuat keputusan yang cerdas dan sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi mereka. Jayasteel selalu berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dan memberikan pemahaman yang jelas kepada pelanggan mengenai peran penting Wiremesh Standar dalam menciptakan struktur bangunan yang kokoh dan handal.

Pentingnya Wiremesh dalam Konstruksi

Penggunaan wiremesh untuk konstruksi memberikan kekuatan tambahan pada beton, mencegah retak dan memberikan daya tahan yang lebih baik terhadap tekanan dan beban. Dengan standar kualitas yang tinggi, wiremesh menjadi solusi ideal untuk proyek konstruksi berbagai skala.

Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kita tidak dapat meremehkan peran penting wiremesh dalam industri konstruksi. Wiremesh, dengan struktur jaringan berbentuk persegi atau persegi panjang dari baja berkualitas tinggi, memberikan kekuatan tambahan pada struktur beton. Kelebihan utama wiremesh terletak pada kemampuannya untuk mencegah terjadinya retak pada beton, yang dapat disebabkan oleh tekanan atau beban berlebih. Dengan adanya wiremesh, kekuatan tarik dan tekan beton ditingkatkan secara signifikan, memastikan kestabilan struktur konstruksi dalam jangka panjang.

Jayasteel sebagai penyedia wiremesh unggulan memastikan bahwa setiap produk wiremesh yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tertinggi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa wiremesh tidak hanya memberikan kekuatan tambahan pada konstruksi, tetapi juga memberikan daya tahan yang optimal terhadap beban dan tekanan yang mungkin dihadapi struktur. Oleh karena itu, pelanggan dapat yakin bahwa penggunaan wiremesh dari Jayasteel akan memberikan kontribusi signifikan terhadap integritas dan keamanan struktur konstruksi mereka.

Selain itu, perlu dicatat bahwa penggunaan wiremesh tidak hanya terbatas pada proyek konstruksi besar. Wiremesh juga dapat diterapkan pada berbagai proyek skala kecil hingga menengah, memberikan fleksibilitas dalam pilihan material konstruksi. Dengan memilih wiremesh dari Jayasteel, pelanggan tidak hanya mendapatkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga mendukung kelancaran dan keberhasilan proyek konstruksi mereka, terlepas dari skala atau kompleksitasnya.

Manfaat Wiremesh Standar

  • Memberikan kekuatan tambahan pada struktur beton.
  • Mencegah retak pada beton akibat tekanan dan gaya tarik.
  • Memperpanjang umur konstruksi dan mengurangi risiko perbaikan.
Wiremesh standar yang disediakan oleh Jayasteel memberikan sejumlah manfaat yang sangat berarti dalam konteks konstruksi. Salah satu manfaat utama wiremesh standar adalah kemampuannya untuk memberikan kekuatan tambahan pada struktur beton. Dengan memasang wiremesh di dalam beton, struktur tersebut dapat menghadapi beban dan tekanan dengan lebih efektif, meningkatkan daya tahan dan ketahanan struktural secara keseluruhan. Hal ini tidak hanya memberikan keamanan tambahan, tetapi juga meningkatkan kualitas konstruksi secara keseluruhan, menjadi pilihan yang sangat berharga dalam proyek konstruksi.

Selain itu, penggunaan wiremesh standar juga memiliki manfaat signifikan dalam mencegah retak pada beton yang disebabkan oleh tekanan dan gaya tarik. Wiremesh bertindak sebagai penguat yang memperkuat kekuatan beton, mengurangi kemungkinan keretakan yang dapat terjadi karena pembebanan struktural. Dengan demikian, konstruksi yang dilengkapi dengan wiremesh standar cenderung lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang berat dan fluktuasi beban, memastikan integritas struktural yang optimal dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, manfaat lain dari penggunaan wiremesh standar adalah kontribusinya terhadap perpanjangan umur konstruksi dan pengurangan risiko perbaikan. Dengan memasang wiremesh, struktur beton menjadi lebih tahan terhadap faktor-faktor yang dapat merusaknya, seperti korosi dan tekanan eksternal. Oleh karena itu, investasi dalam wiremesh standar tidak hanya melindungi properti dan aset, tetapi juga mengurangi kebutuhan untuk perbaikan yang mahal di masa mendatang, mengoptimalkan efisiensi biaya dalam jangka panjang. Inilah mengapa wiremesh standar dari Jayasteel menjadi pilihan yang bijak untuk memastikan keberlanjutan dan daya tahan konstruksi Anda.

Wiremesh untuk Konstruksi

Penggunaan wiremesh untuk konstruksi sangat bervariasi tergantung pada jenis proyek. Untuk gedung bertingkat, wiremesh dengan ukuran dan ketebalan tertentu seringkali menjadi pilihan utama. Sedangkan untuk konstruksi rumah, ukuran yang lebih kecil dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kami merasa perlu untuk menggali lebih dalam mengenai peran dan variasi penggunaan wiremesh dalam proyek konstruksi. Wiremesh, sebagai komponen utama dalam struktur konstruksi modern, memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan kekuatan dan stabilitas pada berbagai jenis bangunan. Dalam proyek gedung bertingkat, wiremesh dengan ukuran dan ketebalan tertentu dipilih dengan cermat untuk memastikan kekuatan struktural yang memadai. Ini tidak hanya meningkatkan keamanan bangunan, tetapi juga memberikan ketahanan terhadap beban yang diberikan oleh struktur yang lebih kompleks.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa penggunaan wiremesh tidak hanya terbatas pada proyek gedung bertingkat. Wiremesh juga menjadi komponen yang krusial dalam konstruksi rumah. Keberagaman ukuran wiremesh memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan spesifik proyek, sehingga dapat digunakan dengan optimal dalam berbagai jenis konstruksi rumah. Dengan memilih ukuran yang sesuai, penggunaan wiremesh pada proyek rumah tidak hanya meningkatkan kekuatan struktural tetapi juga memberikan keandalan yang diperlukan untuk jangka waktu yang panjang.

Jayasteel sebagai penyedia wiremesh terkemuka di industri ini memahami pentingnya kualitas produk dalam konstruksi. Oleh karena itu, setiap wiremesh yang diproduksi oleh Jayasteel telah melewati serangkaian uji kualitas yang ketat untuk memastikan keunggulan dalam hal daya tahan dan kekuatan struktural. Dengan fokus pada inovasi dan pengembangan produk, Jayasteel tidak hanya menyediakan wiremesh sebagai bahan konstruksi, tetapi juga sebagai solusi yang dapat diandalkan untuk memenuhi standar tinggi dalam industri konstruksi.

Selain itu, dalam upaya mendukung keberlanjutan dan ramah lingkungan, Jayasteel terus berupaya untuk menggunakan material yang dapat didaur ulang dan proses produksi yang efisien. Hal ini tidak hanya mencerminkan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, tetapi juga memberikan pilihan produk ramah lingkungan bagi konsumen yang semakin peduli dengan aspek keberlanjutan dalam proyek konstruksi mereka.

Dengan berbagai macam ukuran dan ketebalan yang tersedia, serta komitmen terhadap kualitas dan keberlanjutan, Jayasteel menegaskan posisinya sebagai mitra terpercaya dalam menyediakan solusi wiremesh yang memenuhi kebutuhan beragam proyek konstruksi, dari rumah tinggal hingga proyek gedung bertingkat.

Tips Pemilihan Wiremesh untuk Proyek Konstruksi

  • Pertimbangkan jenis proyek konstruksi dan beban struktural yang akan ditanggung.
  • Pilih ukuran wiremesh yang sesuai dengan standar kebutuhan konstruksi.
  • Perhatikan sertifikat keamanan dan kualitas dari suplier wire mesh yang terpercaya.
Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kami memiliki komitmen untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan relevan bagi pembaca kami, khususnya yang terkait dengan industri konstruksi. Salah satu aspek penting dalam proyek konstruksi adalah pemilihan wiremesh yang tepat, dan kami ingin memberikan tips yang membantu para pembaca dalam mengambil keputusan yang cerdas. Pertama, kami menekankan pentingnya mempertimbangkan jenis proyek konstruksi dan beban struktural yang akan ditanggung. Ini adalah langkah kritis untuk memastikan bahwa wiremesh yang dipilih mampu menanggung beban yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek tersebut.

Selanjutnya, kami menyoroti pentingnya memilih ukuran wiremesh yang sesuai dengan standar kebutuhan konstruksi. Ukuran yang tepat akan memastikan kekokohan struktur dan kualitas konstruksi yang optimal. Kami menyajikan panduan lengkap mengenai berbagai ukuran wiremesh yang dapat dipilih sesuai dengan jenis proyek dan kebutuhan struktural tertentu. Dengan demikian, pembaca dapat dengan mudah menyesuaikan pilihan mereka berdasarkan persyaratan spesifik proyek yang sedang dijalankan.

Terakhir, kami menekankan perlunya memperhatikan sertifikat keamanan dan kualitas dari suplier wiremesh yang terpercaya. Jayasteel selalu menempatkan keamanan dan kualitas sebagai prioritas utama, dan kami memberikan penekanan pada pentingnya memilih penyedia yang dapat menjamin produk wiremesh yang memenuhi standar keamanan industri. Penjelasan lebih lanjut tentang proses produksi, kontrol kualitas, dan pengujian yang dilakukan oleh Jayasteel dapat diakses melalui website kami, sehingga para pembaca memiliki keyakinan tambahan dalam memilih wiremesh untuk proyek konstruksi mereka.

Suplier Wire Mesh

Memilih suplier wire mesh yang terpercaya adalah langkah penting dalam memastikan kualitas produk yang akan Anda gunakan. Sebagai salah satu pilihan terbaik, Jayasteel menyediakan berbagai jenis wiremesh standar dengan spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek konstruksi Anda.

Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kami dengan bangga menghadirkan solusi terbaik dalam pemilihan suplier wire mesh untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Jayasteel, sebagai suplier terkemuka, menawarkan beragam jenis wire mesh standar dengan spesifikasi yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan proyek Anda. Dengan mengutamakan kualitas produk, Jayasteel berkomitmen untuk memberikan solusi terpercaya yang mampu meningkatkan keandalan dan kekokohan konstruksi Anda.

Jayasteel memiliki reputasi unggul dalam menyediakan wire mesh berkualitas tinggi yang memenuhi standar industri. Keunggulan Jayasteel tidak hanya terletak pada ragam produknya, tetapi juga pada kemampuannya untuk mengakomodasi spesifikasi khusus proyek konstruksi. Tim profesional di Jayasteel siap membantu Anda dalam menentukan jenis wire mesh yang paling sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan proyek Anda. Ketersediaan berbagai pilihan dan fleksibilitas dalam spesifikasi produk menandai komitmen Jayasteel untuk memberikan layanan yang tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui ekspektasi pelanggan.

Selain itu, Jayasteel juga menekankan aspek keberlanjutan dan inovasi dalam penyediaan produk wire mesh. Menghadirkan solusi yang ramah lingkungan dan memanfaatkan teknologi terkini, Jayasteel tidak hanya menjadi suplier, tetapi juga mitra dalam membangun proyek konstruksi yang berkelanjutan. Dengan memilih Jayasteel sebagai suplier wire mesh, Anda tidak hanya mendapatkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga menempatkan keberlanjutan dan inovasi sebagai bagian integral dari proyek konstruksi Anda.

Dalam hal pelayanan pelanggan, Jayasteel berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang luar biasa. Tim dukungan pelanggan yang ramah dan berpengetahuan luas siap membantu Anda mulai dari pemilihan produk hingga proses pengiriman. Kemudahan komunikasi dan kerjasama yang baik menjadi nilai tambah dari Jayasteel sebagai suplier wire mesh yang dipercaya. Dengan berfokus pada kepuasan pelanggan, Jayasteel terus mengukuhkan posisinya sebagai mitra terpercaya dalam mendukung kesuksesan proyek konstruksi Anda.

Keunggulan Jayasteel sebagai Suplier Wire Mesh

  • Menyediakan wiremesh standar dengan sertifikat kualitas.
  • Pilihan ukuran dan spesifikasi yang lengkap untuk berbagai jenis konstruksi.
  • Pengalaman sebagai suplier wire mesh terpercaya di pasar konstruksi.
Sebagai penulis konten di website Jayasteel, kami dengan bangga memaparkan berbagai keunggulan yang membuat Jayasteel menjadi pilihan utama sebagai supplier wire mesh terkemuka. Salah satu keunggulan utama kami adalah menyediakan wire mesh standar dengan sertifikat kualitas yang dapat diandalkan. Keberadaan sertifikat kualitas ini menjadi jaminan bahwa produk yang kami sediakan telah melewati berbagai uji mutu dan standar industri, memberikan kepercayaan ekstra kepada pelanggan terkait keandalan dan kualitas produk Jayasteel.

Tidak hanya itu, Jayasteel juga menonjolkan pilihan ukuran dan spesifikasi wire mesh yang lengkap untuk berbagai jenis konstruksi. Kami memahami bahwa setiap proyek konstruksi memiliki kebutuhan yang unik, oleh karena itu, menyediakan variasi ukuran dan spesifikasi menjadi komitmen kami untuk memenuhi berbagai tuntutan konstruksi yang beragam. Pengalaman kami sebagai supplier wire mesh terpercaya di pasar konstruksi menjadi modal utama dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Dengan sejarah panjang sebagai mitra dalam berbagai proyek konstruksi, Jayasteel telah membangun reputasi sebagai penyedia wire mesh yang dapat diandalkan, dengan pelayanan yang efisien dan produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar industri.

Kesimpulan

Jual wiremesh dari suplier wire mesh terpercaya seperti Jayasteel merupakan langkah cerdas dalam memastikan keberhasilan proyek konstruksi Anda. Dengan berbagai pilihan wiremesh standar untuk konstruksi, Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek Anda. Pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas, sertifikasi, dan keunggulan dari suplier wire mesh yang Anda pilih.

Orang yang rajin bersih-bersih rumah itu punya ciri tersendiri

Tahukah setiap orang yang rajin bersih-bersih rumah itu punya ciri tersendiri yang menunjukkan kalau dia itu orang pembersih. Hehe mau tahu?

Ok

Orang yang suka bersih-bersih itu punya 12 ciri tersendiri yang begitu mencolok. Ciri yang pertama orang itu akan suka mengambil pakaianmu, meskipun pakaianmu masih bersih. Jadi jangan sekali-kali menempatkan pakaianmu di tempat yang sembarangan ya. Kalau enggak orang yang super suka kebersihan akan mencomot bajumu lalu dicuci saat itu juga.

Ciri khas kedua biasanya mereka memiliki benda cadangan untuk semua benda yang dia miliki. Misalkan peralatan dapur mereka akan beli beberapa untuk disimpan sebagai cadangan. Mereka akan menjaga cadangan itu dengan rapi di sebuah tempat yang tersembunyi. Suatu hari nanti kalau barang yang ia miliki rusak, ia akan mengambil cadangannya dan menggantikannya. Lucu kan? Tapi bagus juga untuk di contoh.
Ketiga, orang yang super bersih akan gelisah kalau melihat kertas kertas berserakan di meja, di lemari atau dimanapun. Makanya kalau punya anggota keluarga yang pembersih atau teman pembersih jangan sekali-kali memperlihatkan kertas berserakan di depan mereka. Kalau tidak mereka akan mengambilnya lalu menyimpannya tak peduli itu kertas berisi sesuatu yang penting atau tidak.

Yang keempat, orang yang super bersih biasanya tidak jauh dari prilaku suka mengelap. Selesai cuci piring dia akan mengelap atau menyeka wastafel, meja dan media lain sebagainya. Karena ia tak ingin ada kotoran yang melekat. Ia akan merasa bersalah bahkan geli kalau melihat kotoran di depan matanya. Makanya orang yang sangat ekstrim dengan kebersihan selalu membawa lap kemanapun ia pergi. Bukan berarti orang seperti ini kerjaannya bakal jadi pembantu ya Hahaha. Karena jauh berbeda, pembantu membersihkan untuk mendapatkan gaji, sedangkan orang pembersih, membersihkan segala sesuatunya karena dia merasa itu sebagai kepuasan tersendiri.

Ciri kelima. Dia akan merasa gila kalau melihat ada orang yang mengotori tempat tidurnya. Hati-hati kalau kamu main ke kamar temanmu, jangan pernah membawa makanan yang bisa menimbulkan sampah ke atas tempat tidurnya. Karena dikhawatirkan dia akan marah besar padamu. Meskipun dia tak mengatakannya. Ok cukup disini. Nanti kita sambung lagi ya.



Ditulis oleh Ayuna Kusuma


Merubah suara menjadi teks. Coba aplikasi ListNote



Serbuan tenaga kerja Cina
Menteri Tenaga Kerja Hanif dhakiri membenarkan ada ribuan Tenaga Kerja Asing dari China bekerja di Indonesia
Berdasarkan data izin menggunakan tenaga kerja asing yang diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan per Januari 2014 15 ada sedikitnya 41 ribu buruh asal Cina yang pernah mendapatkan izin kerja. Sampai akhir Juni 2015, menteri Hanif memastikan ada 12 ribu buruh Cina di Indonesia.
Abaya Dominiq Tri - Batik Modern
Oh kitu naon Karadenan mengenai keberadaan tenaga kerja dari China ini berubah setelah sejumlah media memberitakan beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang dikerjakan sepenuhnya oleh guru Cina di beberapa lokasi di Indonesia.

Satu diantaranya adalah pembangunan PLTU bawang, di Buleleng, Bali, yang dikerjakan 4 kontraktor: China huadian power plant, China huadian engineering co LTD, PT CR17, dan mitra lokal PT general energy Bali. China gampang ditemukan di kota itu proyek dimulai 3 tahun lalu. PLTU berkapasitas 3 * 10 megawatt itu bernilai investasi sekitar 9 Triliun Rupiah.

Latihan Soal Ilmu Pengetahuan Sosial SD dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah dan unas

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Berikut ini yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ....
a. padi               c. bouksit
b. kina               d. pinus
persewaan tenda

2. Pakaian petugas pemadam kebakaran yang tahan api terbuat dari ....
a. serat asbes               c. besi
b. kain wol               d. aluminium

3. Tanah di pegunungan yang dibuat berundak-undak disebut ....
a. reboisasi               c. tanah tangga
b. terasering               d. pematang

4. Berikut ini yang bukan merupakan hasil perkebunan adalah ....
a. padi               c. kopi
b. teh               d. karet

5. Yang sering disebut sebagai logam mulia adalah ....
a. emas dan permata               c. besi dan aluminium
b. intan dan berlian               d. emas dan perak

7. Ayam dapat dimanfaatkan ....
a. daging dan telurnya               c. tulang dan bulunya
b. daging dan susunya               d. susu dan telurnya

8. Bahan baku ban mobil adalah ....
a. besi               c. karet
b. aluminium               d. pinus

9. Semua kekayaan alam merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus ....
a. dihabiskan               c. dibiarkan agar tetap utuh
b. dimanfaatkan           d. dijual ke luar negeri

10. Agar tetap dapat bermanfaat perabotan yang sudah tidak terpakai sebaiknya ....
a. dibuang               c. didaur ulang
b. dikubur               d. dibakar

11. Agar-agar berasal dari ....
a. sagu               c. jagung
b. rumput laut               d. beras

12. Berikut ini yang bukan termasuk tanaman pangan adalah ....
a. padi               c. pinus
b. ketela               d. jagung

13. Berikut ini sumber daya alam yang termasuk jenis batuan adalah ....
a. intan               c. perak
b. emas               d. besi

14. Sumber daya alam yang termasuk sumber daya energi adalah ....
a. Batubara               c. tembaga
b. besi               d. belerang

15. Ketika akan menebang pohon di hutan harus memilih yang ....
a. masih kecil               c. letaknya di lereng
b. sudah tua               d. paling subur

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Bahan baku industri kaca dan gelas adalah ....
2. Penanaman kembali hutan yang telah gundul disebut ....
3. Burung, ayam, itik adalah termasuk jenis hewan ....
4. Bagian dari pohon teh yang dapat dimanfaatkan untuk bahan minuman adalah ....
5. Kelapa sawit dapat digunakan untuk membuat ....
6. Tebu dapat digunakan untuk membuat ....
7. Pesawat terbang menggunakan bahan bakar ....
8. Hutan yang berfungsi untuk melindungi hewan dari kepunahan disebut ....
9. PLTA singkatan dari ....
10. Tanaman teh dapat tumbuh subur di daerah ....

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbarui?
2. Sebutkan 5 contoh hasil hutan !
3. Sebutkan 4 bahan baku yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan!
4. Sebutkan 3 perilaku manusia yang dapat merusak kelestarian lingkungan dan sumber daya alam!
5. Apa saja yang dapat dimanfaatkan dari hewan sapi?
6. Sebutkan 5 contoh hasil perikanan darat!
7. Sebutkan hasil-hasil perkebunan di dataran rendah!
8. Sebutkan bahan tambang yang termasuk sumber energi!
9. Bagaimana cara melestarikan sumber daya energi?
10. Mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada?


Kerjakan soal-soal di bawah ini!
1. Apa yang dimaksud dengan suku bangsa?
2. Apa yang dimaksud dengan budaya!
3. Sebutkan 5 contoh bahasa daerah!
4. Apa yang dimaksud dengan bahasa nasional?
5. Sebutkan bentuk-bentuk dari kesenian!

Termometer Alat yang digunakan untuk mengukur suhu


Termometer
Alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dengan angka disebut termometer.
Sebuah termometer biasanya terdiri dari sebuah pipa kaca berongga yang berisi zat cair (alkohol atau air raksa), dan bagian atas cairan adalah ruang hampa udara.

http://www.berkado.com/2012/12/kantong-tidur-berkado-menerima-reseller.htmlTermometer dibuat berdasarkan prinsip bahwa volume zat cair akan berubah apabila dipanaskan atau didinginkan. Volume zat cair akan bertambah apabila dipanaskan, sedangkan apabila didinginkan volume zat cair akan berkurang. Naik atau turunnya zat cair tersebut digunakan sebagai acuan untuk menentukan suhu suatu benda.

Untuk lebih memahami prinsip kerja termometer, lakukan demonstrasi berikut ini! Panaskan air berwarna di dalam tabung sampai mendidih seperti ditunjukkan pada gambar di atas! Amati dengan teliti air berwarna tersebut. Apakah yang terjadi?
Tentu tidak lama kemudian kamu akan melihat bahwa zat cair dalam pipa kaca naik mencapai titik tertentu. Perubahan volume zat cair dalam pipa dapat digunakan untuk mengukur volume.
Seperti kita ketahui bahwa zat cair sebagai bahan pengisi termometer ada dua macam, yaitu air raksa dan alkohol. Nah, ternyata zat cair tersebut memiliki beberapa keuntungan dan kerugian.

a. Termometer air raksa.
Berikut ini beberapa keuntungan air raksa sebagai pengisi termometer, antara lain :
1) Air raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya menjadi teliti.
2) Air raksa mudah dilihat karena mengkilat.
3) Air raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur.
4) Jangkauan suhu air raksa cukup lebar, karena air raksa membeku pada suhu – 40 0C dan mendidih pada suhu 360 0 C.
5) Volume air raksa berubah secara teratur.

Selain beberapa keuntungan, ternyata air raksa juga memiliki beberapa kerugian, antara lain:
1) Air raksa harganya mahal.
2) Air raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah.
3) Air raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.

b. Termometer alkohol
Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer, antara lain :
1) Alkohol harganya murah.
2) Alkohol lebih teliti, sebab untuk kenaikan suhu yang kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar.
3) Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah, sebab titik beku alkohol –1300C.

Kerugian menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer, antara lain :
1) Membasahi dinding kaca.
2) Titik didihnya rendah (78 0C)
3) Alkohol tidak berwarna, sehingga perlu memberi pewarna dahulu agar dapat dilihat.

Mengapa air tidak dipakai untuk mengisi tabung termometer? Alasannya karena air membasahi dinding kaca, jangkauan suhunya terbatas, perubahan volumenya kecil, penghantar panas yang jelek. Termometer air raksa banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengukur panas badanmu digunakan termometer demam. Sedangkan untuk mengukur suhu suatu ruangan digunakan termometer dinding.

Jenis-jenis termometer, antara lain :
a. Termometer zat cair dalam gelas Termometer ini biasanya digunakan untuk mengukur temperatur pada daerah batas pengukuran yang dipengaruhi oleh jenis zat termometrik yang berupa cairan dalam pipa kapiler.

Prinsip yang dipakai adalah zat cair memuai apabila dipanaskan.

b. Termokopel
Termokopel terdiri dari dua jenis logam yang dihubungkan dan membentuk rangkaian tertutup. Besarnya aliran listrik pada kawat berubah sesuai dengan perubahan suhu. Keun-tungan termokopel terletak pada kecepatan mencapai keseimbangan suhu dengan sistem yang akan diukur.

c. Termometer hambatan listrik
Dasar kerja termometer ini adalah hambatan listrik dari logam akan bertambah apabila suhu logam tersebut naik.

d. Termometer gas volume tetap
Termometer ini terdiri dari bola yang berisi gas yang dihubungkan dengan tabung manometer. Prinsip kerjanya adalah perubahan tekanan suatu gas akibat perubahan suhu bila volumenya tetap.

3. Perbandingan Skala Termometer
Supaya suhu suatu benda dapat diukur dengan menggunakan termometer hingga diketahui nilainya, maka dinding kaca termometer diberi skala dengan cara menandai titik-titik tertentu pada kaca. Setelah itu masing-masing titik tersebut diberi angka untuk menunjukkan derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Langkah yang dipakai untuk menentukan skala suhu termometer menurut Celsius, sebagai berikut:
a. Titik tetap bawah skala Celsius (00) menggunakan suhu air yang sedang membeku (es).
b. Titik tetap atas (1000 ) menggunakan suhu air yang sedang mendidih pada tekanan udara normal yaitu 1 atm.
c. Bagi jarak antara kedua titik tetap atas dan titik tetap bawah menjadi bagian yang sama (100 bagian). Hal ini menunjukkan bahwa jarak antara dua garis berurutan sama dengan 10C.
Di bawah ini ditunjukkan perbandingan empat skala suhu, yaitu skala suhu Celsius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.

menggunakan es yang mencair (00R).
• Perbandingan skalanya 80.

3) Termometer Fahrenheit
Dibuat oleh Daniel Gabriel Fahrenheit dari Jerman pada tahun 1986 - 1736
• Titik tetap atas menggunakan air mendidih (2120F).
• Titik tetap bawah menggunakan es mencair (00F).
• Perbandingan skalanya 180.

4) Termometer Kelvin
Dibuat oleh Kelvin dari Inggris pada tahun 1848-1954
• Titik tetap atas menggunakan air mendidih (373 K).
• Titik tetap bawah menggunakan es mencair (273 K).
• Perbandingan skalanya 100.
Hubungan antara Celsius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin sebagai berikut :

C : R : (F – 32) : K
5 : 4 : 9 : 5

Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:
1) Hubungan antara Celsius dan Reamur
t0C = (4/5 x t ) 0R atau t0R = (5/4 x t ) 0C

2) Hubungan antara Celsius dan Fahrenheit
t0C = (9/5 x t ) + 32 0F atau t0F = 5/9 x ( t - 32 ) 0C

3) Hubungan antara Celsius dan Kelvin
t0C = ( t + 273 ) K atau tK = ( t – 273 ) 0C

Coba kamu cari hubungan antara skala termometer

Panen dan Pascapanen Tembakau



Panen

Umur Panen Tembakau

Cara Panen Tembakau


Saat Panen

http://www.berkado.com/2012/12/kantong-tidur-kucing-murah-meriah.htmlSecara umum saat yang baik untuk memetik daun tembakau adalah pagi atau sore hari dalam keadaaan cuaca cerah. Untuk varietas tembakau vorstenland dan deli, saat pemetikan yang baik adalah pada pagi hari antara pukul 06.00 s.d 10.00.
Untuk varietas besuki, saat pemetikan yang baik adalah pada sore hari antara pukul 14.00-17.00. Untuk jenis tembakau turki dan tembakau sigaret, saat pemetikan yang baik adalah pada pagi hari antara pukul 08.00-10.00.
Permasalahan yang terjadi dengan saat panen adalah waktu pemanenan daun tembakau yang perlu disesuaikan dengan varietasnya. Terkadang para pekerja kurang memperhatikan varietas tembakau dan waktu pemanenan yang cocok untuk varietas tembakau tersebut.
Karena itu para pekerja harus memperhatikan varietas tanaman yang di tanam dan waktu pemanenan yang cocok.

Yang perlu diperhatikan pada saat panen
1. Pemanenan daun tembakau harus cukup umur, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
2. Semua daun tembakau harus diperhatikan baik daun bagian bawah maupun bagian atas.
3. Para pekerja harus teliti dalam mengangkut batang tembakau beserta daunnya agar tidak terjadi kerusakan daun tembakau.
4. Para pekerja harus memperhatikan varietas tanaman yang di tanam dan waktu pemanenan yang cocok.

Pemanenan adalah suatu tahapan yang sangat penting diperhatikan dalam mendapatkan kualitas panenan yang tinggi.

Adapun yang harus diperhatikan sebagai berikut :
1. Kematangan daun
2. Keseragaman daun dalam proses pemanenan
3. Penanganan daun hasil panenan

Sebagian besar dari varietas tembakau dipanen berdasarkan tingkat kematangan daunnya dilakukan mulai dari daun bawah sampai daun atas dengan pemetikan 2 sampai 3 daun pada setiap tanaman dengan interval satu minggu hingga daun tanaman habis.

Pascapanen
Tembakau Virginia dijual dalam wujud kering oven atau pengomprongan (Curing). Curing merupakan proses biologis yaitu melepaskan kadar air dari daun tembakau basah yang dipanen dalam keadaan hidup.

Curing pada Pascapanen Tembakau
Tujuan Curing :
Ciri-ciri daun yang sudah masak adalah :
Ada 4 tahapan curing, yaitu :
1. Penguningan,
2. Pengikatan Warna,
3. Pengeringan Lembar Daun,
4. Pengeringan Gagang

Cara Panen Tembakau


Cara memanen daun tembakau dapat dilakukan dengan menebang batang pertanaman beserta daun-daunnya tepat pada pangkal batangnya atau hanya memetik daun-daunnya saja tanpa menebang batangnya.

Penerapan penggunaan kedua cara tersebut tergantung pada:
- Jenis atau varietas
- Kebersamaan
Abaya Griva Pink - Batik IndonesiaPemasakan daun,
Karena ada beberapa jenis tembakau yang memiliki waktu kemasakan daun bersamaan dan beberapa varietas tembakau tidak memiliki waktu yang bersamaan pada proses pemasakan daun

- Perlakuan budidaya.
Pemanenan daun dapat dilakukan dengan cara pungut daun seperti pada tembakau cerutu, sigaret, dan pipa. Pemetikan daun dilakukan per lembar menurut tingkat kemasakan dan letaknya pada batang.

Panen secara pungut daun dilakukan dengan memetiknya lembar demi lembar. Pemetikan dilakukan pada daun-daun yang masak lebih dahulu, sedangkan yang belum masak ditinggalkan untuk dipetik pada waktu berikutnya setelah mencapai tingkat kemasakan tepat masak. Pemetikan daun yaitu dipretel dengan tangan, selanjutnya pemetikan dapat dilakukan selang 3-5 hari.
Biasanya sekali petik hanya 2-4 helai daun tiap tanaman.

Permasalahan yang kadang terjadi yaitu bila pemanenan dilakukan dengan menebang batangnya tepat pada pangkal, terkadang ada daun tembakau yang belum tepat masak, daun tersebut bisa kotor/tergores saat mengangkutnya ke tempat penampungan.

Oleh sebab itu diharapkan para pekerja lebih teliti dalam mengangkut batang tembakau beserta daunnya agar tidak terjadi kerusakan daun tembakau.

Umur Panen Tembakau
Selengkapnya tentang Panen dan Pascapanen Tembakau 

Latihan Soal IPA SD untuk ujian semester

Kerjakanlah di buku tugasmu!
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1. Contoh benda yang dapat ditarik magnet adalah ....
a. paku, peniti, pisau, dan pensil
b. peniti, pensil, pisau, dan obeng
c. paku, pisau, buku, dan besi
d. paku, pisau, jarum, dan peniti
http://www.berkado.com/2013/05/cat-toy-super-catnip.html

2. Alat-alat rumah tangga di bawah ini menggunakan magnet, kecuali ....
a. pintu kulkas
b. bel listrik
c. kompor gas
d. ujung gunting

3. Di bawah ini termasuk pengungkit jenis pertama, kecuali ....
a. tang
b. sekop
c. gunting
d. jungkat-jungkit

4. Cara kerja tikungan jalan atau kelokankelokan jalan di pegunungan menggunakan prinsip ....
a. katrol
b. pengungkit
c. bidang miring
d. roda poros

5. Di bawah ini adalah contoh benda yang dapat ditembus cahaya, kecuali ....
a. mika
b. busa
c. gelas kaca
d. kaca jendela

6. Lampu kendaraan bermotor menggunakan cermin ....
a. datar
b. cembung
c. cekung
d. cekung cembung

7. Pensil yang dimasukkan dalam gelas berisi air akan mengalami ....
a. pemantulan
b. pembiasan
c. peregangan
d. pembasahan

8. Di bawah ini merupakan contoh batuan sedimen, kecuali ....
a. batu breksi
b. batu gamping
c. batu konglomerat
d. batu marmer/ pualam

9. Bentuk permukaan bumi dapat berubah karena kegiatan manusia di bawah ini, kecuali ....
a. membuat bendungan
b. membuat pertanian
c. perkotaan
d. membuat meja, kursi

10. Tumbuhan lumut termasuk tumbuhan perintis, tumbuhan lumut dapat menyebabkan pelapukan secara ....
a. fisika
b. kimia
c. biologi
d. fisiologi

11. Segumpal tanah dimasukkan dalam gelas berisi air, susunan yang benar dari bawah ke atas adalah ....
a. kerikil, pasir, butir tanah liat, humus
b. humus, pasir, kerikil, butir tanah liat
c. pasir, kerikil, humus, butir tanah liat
d. butir tanah liat, humus, pasir, kerikil

12. Besi akan mengalami perkaratan karena bereaksi dengan….
a. oksigen dan uap air
b. oksigen dan nitrogen
c. nitrogen dan karbon dioksida
d. hidrogen dan karbon dioksida

13. Katrol yang dipasang pada tiang bendera termasuk katrol ....
a. bebas
b. tetap
c. ganda
d. blok katrol

14. Alat-alat di bawah ini termasuk pengungkit jenis kedua, kecuali ....
a. pemecah kemiri
b. pembuka kaleng
c. gerobak beroda empat
d. gerobak beroda satu

15. Di bawah ini merupakan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar, kecuali ....
a. sisi tertukar
b. maya, tegak
c. semakin besar
d. jarak benda ke cermin = jarak bayangan ke cermin

16. Ketika cakram warna diputar akan menghasilkan warna ....
a. hijau
b. putih
c. merah
d. hitam

17. Contoh batuan metamorf di bawah ini, kecuali ....
a. batu sabak
b. batu tulis
c. batu apung
d. batu marmer

18. Barang tambang yang berasal dari makhluk hidup adalah ....
a. emas
b. tembaga
c. aluminium
d. minyak bumi

19. Di bawah ini merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui, kecuali ....
a. air
b. hewan
c. cahaya matahari
d. minyak bumi

20. Alat optik yang dipasang pada kapal selam adalah ....
a. episkop
b. teleskop
c. periskop
d. mikroskop


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!
1. Jungkat-jungkit merupakan pengungkit jenis ....
2. Bayangan benda yang tidak dapat ditangkap oleh layar disebut bayangan ....
3. Warna cahaya putih terdiri atas warna-warna ....
4. Cahaya yang dibiaskan dari optik kurang rapat (udara) menuju optik lebih rapat (air) akan dibiaskan ....
5. Peristiwa pembelokan cahaya melalui optik yang berbeda disebut ....
6. Sisa makhluk hidup yang telah membusuk dan bercampur dengan tanah disebut ....
7. Lapisan bumi yang paling luar disebut ....
8. Peristiwa alam yang berupa perubahan wujud air yang terjadi secara terus-menerus dan berulang-ulang
disebut ....
9. Batuan konglomerat, batuan serpih, batuan breksi, batu pasir, batu kapur termasuk jenis batuan ....
10. Batuan yang hancur akibat perubahan cuaca disebut pelapukan ....

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan tiga (3) cara untuk memperkecil gesekan!
2. Sebutkan tiga (3) peristiwa alam yang diakibatkan oleh air!
3. Sebutkan tiga (3) kegiatan manusia yang dapat merusak/ mengubah permukaan bumi!
4. Sebutkan tiga (3) sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
5. Bagaimana cara kerja periskop? Jelaskan!

Pelapukan Batuan Membentuk Tanah

Tanah sangat penting, karena tanah memberikan kehidupan pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Tanah juga merupakan tempat kita berpijak, maka kamu wajib memelihara kesuburan dan kelestariannya. Pernahkah terpikir olehmu dari apakah tanah terbentuk? Tanah terbentuk dari batuan yang telah lapuk dan hancur. Pelapukan batuan disebabkan oleh perubahan suhu dan kegiatan alam lain. Macam-macam pelapukan ada tiga, yaitu: pelapukan fisika, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologi.
http://www.berkado.com/2012/07/cara-order-di-berkah-kado-wwwberkadocom.html

a. Pelapukan Fisika
Pelapukan fisika dapat disebabkan oleh perubahan suhu. Suhu yang turun naik secara berulang-ulang akan mengembangkan dan mengerutkan batuan yang ada. Akibatnya batuan akan terkikis atau pecah berkepingkeping. Pelapukan fisika juga dapat terjadi karena terpaan angin dan hujan, serta tarikan gaya gravitasi. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan muka bumi yang disebabkan adanya erosi.

b. Pelapukan Kimiawi
 Batu kapur akan hancur apabila disiram air, sehingga air yang mengalir melalui batuan mengandung banyak bahan kimia. Bahan kimia inilah yang menyebabkan hancurnya batuan yang dilalui air. Nah, pelapukan yang disebabkan oleh zat kimia dinamakan pelapukan kimia.

c. Pelapukan Biologi 
Di sekitarmu tentu banyak dijumpai batuan yang ditumbuhi lumut. Lumut termasuk tumbuhan perintis karena lumut merupakan jenis tumbuhan yang pertama kali mampu hidup di atas batuan sebelum tumbuhan lain ada. Karena itu lama-kelamaan batuan yang ditumbuhi lumut akan hancur menjadi tanah. Pelapukan batuan yang disebabkan oleh makhluk hidup disebut pelapukan biologi.

Batuan, Tanah, Pelapukan, Daur air, Peristiwa alam, dan Penggunaan sumber daya alam



1. Batuan termasuk jenis mineral bukan logam.
2. Bentuk batuan ada yang bulat, lonjong, dan panjang.
3. Batuan ada yang berwarna hitam, cokelat, abu-abu, putih, merah, biru.
4. Batuan dapat dibedakan keras dan lunaknya.
5. Batuan menurut terbentuknya dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu batuan baku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
6. Beberapa contoh batuan.
Batik Indonesiaku. a. Batuan beku : batu granit, batu basal, batu obsidian, dan batu apung
b. Batuan sedimen (endapan) : batu konglomerat, batu breksi, batu pasir, batu serpih, dan batu kapur (batu gamping).
c. Batuan metamorf (malihan): batu marmer (pualam), batu tulis (batu sabak), batu kuarsa, dan batu genes.
7. Tanah dapat terbentuk akibat batu yang mengalami pelapukan secara fisika, kimia, dan biologi.
a. Pelapukan fisika disebabkan oleh perubahan suhu.
b. Pelapukan kimiawi disebabkan oleh zat kimia.
c. Pelapukan biologi disebabkan oleh makhluk hidup.
8. Tanah terdiri atas kerikil, pasir, debu, butir liat, dan humus.
9. Lapisan bumi terdiri atas lapisan kerak, mantel bumi, dan inti bumi.
10. Lapisan matahari terdiri atas inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona (lapisan paling luar).
11. Daur air adalah rentetan perubahan wujud air yang terjadi secara alami, terusmenerus dan berulang-ulang.
12. Daur air dapat terganggu oleh kegiatan manusia, seperti penebangan hutan, pemukiman tanpa adanya peresapan air, pembuangan sampah di sungai, pembuangan limbah pabrik maupun rumah tangga ke sungai, dan lain-lain.
13. Air sangat berperan bagi kehidupan setiap makhluk hidup, oleh karena itu perlu usaha penghematan air.
14. Usaha penghematan air antara lain melalui cara-cara berikut ini.
a. Tutuplah kran jika tidak diperlukan.
b. Mencuci pakaian setelah jumlahnya cukup banyak.
c. Gunakan air bekas mencuci beras/sayuran untuk menyiram tanaman.
d. Tidak mencuci kendaraan setiap hari.
e. Segera perbaiki instalasi air yang rusak.
15. Peristiwa alam adalah kejadian alam yang terjadi karena alam atau ulah manusia, seperti gunung meletus, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, kekeringan, banjir, dan lain-lain.
16. Dampak peristiwa alam bagi manusia adalah kelaparan, kehilangan harta benda, sakit, dan bahkan kematian.
17. Banjir terjadi akibat luapan air yang tidak dapat tertampung oleh sungai. Agar tidak terjadi banjir, perlu pembuatan selokan yang lancar, pembuatan waduk, penanaman pohon kembali/ penghijauan, pembuangan sampah pada tempatnya, dan lain-lain.
18. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tetap tersedia walaupun terus menerus dipakai. Contoh: tumbuhan, hewan, tanah, udara, air, sinar matahari.
19. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang akan habis jika dipakai terus-menerus karena tidak ada penggantinya.
20. Contoh sumber daya yang tidak dapat diperbarui, antara lain: barang-barangtambang (emas, perak, aluminium, minyak bumi, batu bara, dan lain-lain).
21. Penggunaan sumber daya alam tanpa memerhatikan kelestariannya akan menjadikan sumber daya alam langka dan bahkan habis.

Antara Kolonialisme dan Imperialisme

Berikut pelajaran Antara Kolonialisme dan Imperialisme 
http://www.berkado.com/2013/01/rumah-kucing-kayu.html

A. Melacak Perburuan “Mutiara dari Timur”
1. Memahami Motivasi, Nafsu, dan Kejayaan Barat 
2. Menganalisis Petualangan, Penjelajahan dan Penemuan Dunia Baru 

B. Menganalisis Kemaharajaan VOC 
Menganalisis Keserakahan Kongsi Dagang

C. Mengevaluasi Penjajahan Pemerintah Hindia Belanda 
1. Masa Pemerintahan Republik Bataaf 
2. Perkembangan Kolonialisme Inggris di Indonesia  (1811-1816) 
3. Dominasi Pemerintahan Kolonial Belanda


Belajar mengenai :
1. Melacak proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
2. Menganalisis kemaharajaan VOC
3. Mengevaluasi penjajahan Pemerintahan Hindia Belanda
4. Menyadari bahwa dominasi asing akan merampas kedaulatan dan hak-hak kemanusiaan sebagai bangsa.

Mempelajari sejarah perkembangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia merupakan hal sangat penting, agar kita mendapatkan pelajaran dan sekaligus peringatan. Mengapa kita sampai dijajah, mengapa penjajahan berlangsung sangat lama, apa ada yang salah dengan bangsa kita? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu akan memberikan pelajaran dan inspirasi bagaimana kita mengelola negara dan pemerintahan Indonesia dengan kedaulatan dan kemandirian yang utuh sebagai bangsa yang merdeka.

Secara politik kita sudah merdeka tetapi secara ekonomis masih sering dipermainkan

Antara Kolonialisme dan Imperialisme


Imperialisme zaman sekarang berbuahkan “negeri-negeri mandat” alias “mandatgebieden”, daerah-daerah pengaruh “alias” “involedssferen” dan lain sebagainya, sedang di dalam sifatnya menakhlukkan negeri orang lain, imperialisme itu berbuahkan negeri djajahan-koloniasa-bezit H.A. Notosoetardjo -Bung Karno dihadapan Pengadilan Kolonial (1963)

Kamu sering mendengar kritik bahwa secara politik kita sudah merdeka tetapi secara ekonomis masih sering dipermainkan oleh kekuatan ekonomi global. Bahkan ada yang secara ekstrim mengatakan “kita sudah merdeka secara politik tetapi masih terjajah di bidang ekonomi.” Bahkan beberapa ahli mengatakan tidak hanya terjajah secara ekonomi, di Indonesia juga sedang berkembang imperialisme kebudayaan.

Dapat dirasakan bahwa kemandirian dan kekuatan ekonomi Indonesia masih lemah karena pengaruh kekuatan asing dan hutang luar negeri yang tidak sedikit. Sementara di dalam negeri berbagai penyelewengan di sektor ekonomi, termasuk korupsi masih terus berlangsung. Begitu juga kalau mencermati perkembangan budaya dan gaya hidup sebagian generasi muda kita yang lebih bangga dan menyenangi budaya dari Barat. Contohnya, anakanak dan remaja akan lebih mengenal dan bangga memakan hamburger dari pada jenis makanan di negeri sendiri misalnya singkong.

Mengapa hal itu terjadi? Mengapa kemandirian di bidang ekonomi kita masih lemah? Mengapa jati diri di bidang kebudayaan juga kurang kompetitif? Pertanyaan-pertanyaan itu menarik untuk kita telaah kemudian menemukan jawabnya. Yang jelas kemandirian ekonomi memang harus terus diperjuangkan, mengingat negeri kita negeri yang begitu kaya. Sejarah telah mencatat bahwa kekayaan bumi Nusantara yang diibaratkan sebagai “mutiara dari timur” telah menarik perhatian negara lain untuk menjajah dan menguasai tanah air tercinta. Begitu juga jati diri budaya bangsa kita dapat tergoyahkan. Kalau kita renungkan berbagai masalah tersebut berakar dari berkembangnya kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia sejak abad ke-17. Nah, mulai saat itu kita tidak memiliki kemandirian dan kedaulatan baik secara ekonomi, politik maupun budaya. Mencermati uraian dalam pengantar di atas tentang adanya pandangan bahwa terdapat beberapa aspek kehidupan bangsa Indonesia yang masih berada di bawah bayangbayang pengaruh dominasi asing. Hal ini mengingatkan kepada kehidupan di zaman kolonial ketika negeri kita dikuasai bangsa asing baik secara ekonomi, politik dan budaya. Pemerintah yang pernah menjajah negeri kita juga tidak sedikit yang korup dan menanggung hutang. Pertanyaannya adalah apakah realitas kehidupan ekonomi kita saat ini yang masih terlilit utang, korupsi dan dikatakan masih berada di bawah bayang-bayang kekuatan ekonomi global itu merupakan warisan sejarah masa kolonial?

Tentu tidak sepenuh tepat. Tetapi pertanyaan itu mengingatkan kita pada konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Perubahan merupakan konsep yang sangat penting dalam sejarah. Sebab peristiwa itu terjadi pada hakikatnya karena adanya perubahan. Perubahan merupakan pembeda dari suatu keadaan yang satu dengan keadaan yang lain, dari tempat yang satu dengan tempat yang lain, dari waktu yang satu ke waktu yang lain. Misalnya perubahan dari keadaan bangsa yang terjajah menjadi bangsa yang merdeka setelah terjadi peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945. Sekalipun terjadi peristiwa proklamasi ada aspek-aspek tertentu yang tersisa dan masih berlanjut. Sebagai contoh dari peristiwa proklamasi, status kita berubah dari bangsa terjajah menjadi bangsa merdeka, tetapi dalam bidang hukum seperti UU Hukum Pidana masih banyak melanjutkan UU Hukum Pidana pada zaman Belanda.

Begitu juga dalam mengkaji sejarah perkembangan kolonialisme dan imperialisme tentu ada peristiwa-peristiwa atas realitas yang terkait dengan konsep perubah dan keberlanjutan. Nah, pada uraian berikut ini kita akan belajar tentang perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta perlawanan rakyat Indonesia melalui tema: antara kolonialisme dan imperialisme.

Membangun Jati Diri Keindonesiaan

Pelajarang mengenai Membangun Jati Diri Keindonesiaan ........ adalah sebagai berikut

A. Menganalisis Tumbuhnya Ruh Kebangsaan dan Nasionalisme 
1. Politik Etis 
2. Pers Membawa Kemajuan 
3. Modernisme dan Reformasi Islam 

B. Menganalisis Perjuangan Organisasi Pergerakan Kebangsaan 
1. Organisasi Awal Pergerakan
2. Organisasi Keagamaan 
3. Organisasi Pemuda 
4. Organisasi Wanita ..
5. Partai Komunis Indonesia 
6. Perhimpunan Indonesia: Manifesto Politik 
7. Taman Siswa 
8. Organisasi Buruh

C. Menganalisis Proses Penguatan Jati Diri Bangsa 
1. Menuju Sumpah Pemuda 
2. Bangkitnya Nasionalisme Modern 
3. Perjuangan di Volksraad 
4. Masa Berakhirnya Pemerintahan Kolonial 

Membuka Relung Hati dan Mengkritisi Sekitar Kita

Membuka Relung Hati

1. Berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah disepakati.
2. Menyimak dan mencermati tayangan atau gambar yang ada di Dalam buku teks.
3. Bertanya/memberi komentar terhadap tayangan atau gambar Tersebut.
4. Diberikan penjelasan tentang maksud yang terkandung di dalam Gambar tersebut.
5. Menyimak dan mencermati uraian yang ada pada “membuka Relung hati” di dalam buku teks.
6. Bertanya/memberi komentar terhadap hasil pengamatannya Pada uraian tersebut.
7. Diberikan penjelasan tentang maksud yang terkandung di dalam Uraian tersebut.


Mengkritisi Sekitar Kita

1. Menyimak uraian yang ada pada “Mengkritisi Sekitar Kita” di Dalam buku teks.
2. Memberi komentar terhadap hasil pengamatannya pada uraian Tersebut.
3. Diberikan penjelasan tambahan dan penguatan mengenai hasil Pengamatannya oleh guru/pembimbing.
4. Menjawab pertanyaan yang terdapat pada kolom “Aktivitas Siswa” di lembar kerja atau kertas folio dan guru memberikan penilaian dalam bentuk portofolio.

Menerapkan Perilaku Mulia - Al-Qur’ᾱn sebagai Pedoman Hidup
Memperkaya Khazanah PAI dan Budi Pekerti

Persiapan Proses Pembelajaran

a. Persiapan Proses Pembelajaran
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Test

mencoba post ke blog dari hp atau web format hp

Bagaimana cara lebah bekerja sama

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Lebah selalu bekerja sama untuk mencapai tujuan. Lebah beradaptasi dengan lingkungan dengan cara yang unik. Mereka melakukan kerja sama untuk bertahan hidup.

Jawab pertanyaan berikut!
1. Mengapa lebah hidup berkelompok?
2. Sebutkan pembagian tugas ketika lebah bekerja sama!
3. Apa yang akan terjadi pada kehidupan koloni, jika lebah-lebah tersebut malas dan tidak mengerjakan tugasnya?
4. Bagaimana setiap lebah tersebut mempertahankan diri saat diserang musuh? Apakah setiap lebah memiliki sistem adaptasi yang sama?
5. Berikan contoh jenis hewan lain yang memiliki sistem kerja sama seperti lebah!

Ngungg ...... dengingan ribuan pasang sayap terdengar memecah kelengangan suasana di ladang Pak Umar. Teriknya sinar matahari yang terasa membakar kulit tidak mempengaruhi para betina lebah pekerja. Dengan nalurinya, para lebah itu mampu bekerja sama menjalan kan setiap tugas mereka.

Sebagian betina lebah pekerja mencari cairan nektar dari bunga-bunga yang tersebar di hamparan ladang pak Umar untuk dibawa ke sarang mereka. Sebagian betina lainnya bertugas merawat sarang semua anggota koloni. Lebah juga memiliki sengat di bagian ekornya untuk mempertahankan diri saat diserang oleh musuhnya.

Dalam satu sarang, selalu terdapat hanya satu ratu lebah yang tugasnya hanya bertelur untuk menghasilkan lebah-lebah baru. Ratu lebah yang merupakan induk semua lebah mudah dikenali karena ukuran tubuhnya yang paling besar di antara semua lebah. Anggota berikutnya adalah lebah pekerja, sebagian bertugas membuat sarang dan sebagian lainnya mencari makan. Anggota ketiga adalah lebah jantan yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding lebah pekerja betina. Tugas lebah jantan adalah mengawini si ratu lebah.

Lebah-lebah tersebut melaksanakan tugas masing-masing dengan baik sehingga terciptalah suatu kerja sama untuk mencapai tujuan, yaitu hidup bersama dalam kedamaian dan memiliki sarang yang penuh dengan makanan.

Kita dapat mencontoh kehidupan lebah. Dalam keluarga, kita dapat bekerja sama membantu menyelesaikan pekerja an rumah sehingga rumah kita akan selalu bersih dan nyaman. Dalam kelas, kita dapat bekerja sama berbagi tugas bersama teman untuk menjaga kebersihan kelas, atau bekerja sama dengan guru untuk mem buat suasana belajar menjadi tertib dan nyaman. Dengan bekerja sama, tujuan kita akan lebih mudah tercapai.

Sungguh hebat ciptaan Tuhan yang membuat hewan mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan. Ya, seperti lebah yang bekerja sama membuat sarang. Tahukah kamu bahwa sarang lebah memiliki bentuk khusus yang juga memiliki tujuan tertentu.

Sarang berbentuk segi enam merupakan bentuk yang terbaik karena mampu menyimpan madu dalam jumlah besar. Penggunaan bahan baku lilin untuk membuat sarang sedikit. Mengapa sarang lebah tidak di buat dalam bentuk lain? Karena jika dalam bentuk yang lain akan terbentuk celah kosong di antara satu kantong dengan kantong lainnya dan lebah akan membutuhkan banyak sekali bahan baku lilin dalam pembuatan sarang tersebut.

Sudut refleks adalah sudut yang besarnya lebih dari 180 derajat tetapi kurang dari 360 derajat. Bentuk segi enam pada sarang lebah.

Menulis Laporan berdasarkan hasil Pengamatan

format dan struktur teks laporan


Struktur Teks Laporan

Struktur Teks Laporan terdiri dari dua bentuk, yaitu pernyataan umum atau klasifi kasi (biasanya di awal paragraf) dan sejumlah paragraf yang berisikan aspek yang dilaporkan.

Langkah-langkah Menulis Laporan Hasil Pengamatan 
 
Untuk membuat laporan hasil pengamatan, perlu mengetahui langkahlangkah yang harus dilakukan, sehingga laporan hasil pengamat an yang dibuat dapat menjadi sebuah laporan yang tersusun secara rapi, runtut, dan menarik.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah laporan hasil pengamatan adalah sebagai berikut :

1. Membuat judul laporan yang benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
2. Menyusun kalimat pembukaan.
3. Menyusun isi laporan yang berisi gagasan-gagasan pokok dan saran yang disertai alasan terhadap laporan hasil pengamatan.
4. Menulis kalimat penutup.
 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |