Antara Kolonialisme dan Imperialisme
Imperialisme zaman sekarang berbuahkan “negeri-negeri mandat” alias “mandatgebieden”, daerah-daerah pengaruh “alias” “involedssferen” dan lain sebagainya, sedang di dalam sifatnya menakhlukkan negeri orang lain, imperialisme itu berbuahkan negeri djajahan-koloniasa-bezit H.A. Notosoetardjo -Bung Karno dihadapan Pengadilan Kolonial (1963)
Kamu sering mendengar kritik bahwa secara politik kita sudah merdeka tetapi secara ekonomis masih sering dipermainkan oleh kekuatan ekonomi global. Bahkan ada yang secara ekstrim mengatakan “kita sudah merdeka secara politik tetapi masih terjajah di bidang ekonomi.” Bahkan beberapa ahli mengatakan tidak hanya terjajah secara ekonomi, di Indonesia juga sedang berkembang imperialisme kebudayaan.
Dapat dirasakan bahwa kemandirian dan kekuatan ekonomi Indonesia masih lemah karena pengaruh kekuatan asing dan hutang luar negeri yang tidak sedikit. Sementara di dalam negeri berbagai penyelewengan di sektor ekonomi, termasuk korupsi masih terus berlangsung. Begitu juga kalau mencermati perkembangan budaya dan gaya hidup sebagian generasi muda kita yang lebih bangga dan menyenangi budaya dari Barat. Contohnya, anakanak dan remaja akan lebih mengenal dan bangga memakan hamburger dari pada jenis makanan di negeri sendiri misalnya singkong.
Mengapa hal itu terjadi? Mengapa kemandirian di bidang ekonomi
kita masih lemah? Mengapa jati diri di bidang kebudayaan juga kurang
kompetitif? Pertanyaan-pertanyaan itu menarik untuk kita telaah kemudian
menemukan jawabnya. Yang jelas kemandirian ekonomi memang harus
terus diperjuangkan, mengingat negeri kita negeri yang begitu kaya. Sejarah telah mencatat bahwa kekayaan bumi Nusantara yang diibaratkan sebagai
“mutiara dari timur” telah menarik perhatian negara lain untuk menjajah dan
menguasai tanah air tercinta. Begitu juga jati diri budaya bangsa kita dapat
tergoyahkan. Kalau kita renungkan berbagai masalah tersebut berakar dari
berkembangnya kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia sejak abad
ke-17. Nah, mulai saat itu kita tidak memiliki kemandirian dan kedaulatan
baik secara ekonomi, politik maupun budaya. Mencermati uraian dalam
pengantar di atas tentang adanya pandangan bahwa terdapat beberapa
aspek kehidupan bangsa Indonesia yang masih berada di bawah bayangbayang
pengaruh dominasi asing. Hal ini mengingatkan kepada kehidupan di
zaman kolonial ketika negeri kita dikuasai bangsa asing baik secara ekonomi,
politik dan budaya. Pemerintah yang pernah menjajah negeri kita juga tidak
sedikit yang korup dan menanggung hutang. Pertanyaannya adalah apakah
realitas kehidupan ekonomi kita saat ini yang masih terlilit utang, korupsi dan
dikatakan masih berada di bawah bayang-bayang kekuatan ekonomi global
itu merupakan warisan sejarah masa kolonial?
Tentu tidak sepenuh tepat. Tetapi pertanyaan itu mengingatkan kita pada
konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Perubahan merupakan
konsep yang sangat penting dalam sejarah. Sebab peristiwa itu terjadi pada
hakikatnya karena adanya perubahan. Perubahan merupakan pembeda
dari suatu keadaan yang satu dengan keadaan yang lain, dari tempat yang
satu dengan tempat yang lain, dari waktu yang satu ke waktu yang lain.
Misalnya perubahan dari keadaan bangsa yang terjajah menjadi bangsa yang
merdeka setelah terjadi peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945. Sekalipun
terjadi peristiwa proklamasi ada aspek-aspek tertentu yang tersisa dan masih
berlanjut. Sebagai contoh dari peristiwa proklamasi, status kita berubah
dari bangsa terjajah menjadi bangsa merdeka, tetapi dalam bidang hukum
seperti UU Hukum Pidana masih banyak melanjutkan UU Hukum Pidana
pada zaman Belanda.
Begitu juga dalam mengkaji sejarah perkembangan kolonialisme dan imperialisme tentu ada peristiwa-peristiwa atas realitas yang terkait dengan konsep perubah dan keberlanjutan. Nah, pada uraian berikut ini kita akan belajar tentang perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta perlawanan rakyat Indonesia melalui tema: antara kolonialisme dan imperialisme.