[iklan]

Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Setiap orang dewasa dapat menjadi anggota sebuah koperasi.
Keanggotaan koperasi bersifat terbuka dan sukarela. Terbuka artinya anggota koperasi terbuka bagi siapa saja sesuai dengan jenis koperasinya.
Keanggotaan koperasi tidak membedakan suku, derajat maupun agama.

Sukarela artinya keanggotaan koperasi tidak atas paksaan. Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
Sesuai dengan pengertian koperasi bahwa koperasi merupakan kegiatan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan. Maka tujuan utama koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan adanya koperasi anggota yang membutuhkan kebutuhan pokok dapat membeli di koperasi dengan harga yang lebih murah. Anggota yang membutuhkan pinjaman modal usaha dapat meminjam di koperasi. Dengan demikian para anggota dapat terbebas dari rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga yang sangat tinggi. Bagi anggota yang memiliki hasil produk tertentu juga dapat menjualnya di koperasi. Demikian pula para petani di desa juga dapat terhindar dari tengkulak yang membeli hasil panen dengan harga seenaknya.
Dapatkah koperasi mendapatkan untung? Tentu saja dapat.
Keuntungan koperasi bisa diperoleh antara lain dari laba penjualan dan jasa peminjaman. Meskipun koperasi tidak mengambil laba penjualan atau jasa peminjaman yang besar. Namun apabila koperasi berjalan dengan lancar keuntungan koperasi pun bisa menjadi besar pula. Untuk siapa keuntungan yang diperoleh koperasi? Keuntungan koperasi akan dikembalikan kembali kepada anggota sebagai SHU (Sisa Hasil Usaha).
Tentu saja setelah dikurangi biaya-biaya operasional. Pembagian keuntungan atau sisa hasil usaha ini dibagi secara adil sehingga tidak ada yang dirugikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. Jika banyak orang yang dapat mengambil kemanfaatan koperasi maka ekonomi masyarakat pun akan kuat. Oleh karena itu tak heran jika koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.
Meski demikian koperasi di Indonesia masih banyak kelemahannya.
Meskipun juga telah memiliki beberapa kelebihan. Kita perlu tahu kelebihan dan kelemahan koperasi di Indonesia. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat belajar bagaimana memanfaatkan kelebihannya, dan bagaimana mengatasi kelemahannya. Hal ini bertujuan agar koperasi benar-benar menjadi badan usaha yang melindungi dan mengayomi masyarakat.



Mengelolah Koperasi


Perkembangan Teknologi
Televisi, telepon atau HP dan pesawat terbang merupakan sebagian alat canggih yang ada di zaman sekarang. Zaman dulu orang tidak dapat membayangkan untuk dapat melihat gambar yang bergerak, dapat berbicara dengan orang lain yang letaknya sangat jauh, atau terbang di udara. Barangkali hanya sebatas mimpi. Sekarang semua itu telah menjadi kenyataan. Perkembangan teknologi telah mewujudkan impian itu.
Manusia memang dikarunia akal oleh Tuhan. Dengan akalnya itu ia dapat berpikir dan menciptakan sesuatu yang dapat mempermudah aktivitas dan pekerjaannya. Sekarang telah tercipta begitu banyak peralatan canggih. Banyak kegiatan dilakukan hanya dengan pencet dan putar. Butuh air tinggal memutar kran, butuh lampu tinggal pencet saklar, ingin nonton tivi tinggal pencet tombol.
Zaman dulu orang pergi ke luar negeri membutuhkan waktu berbulan-bulan dengan kapal layar. Sekarang dengan naik pesawat terbang hanya butuh waktu beberapa jam saja. Bahkan dengan pesawat jet kita dapat mengitari bumi hanya dalam hitungan jam.
Nah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi? Bagaimana perkembangan teknologi dari zaman dulu hingga sekarang? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini marilah kita ikuti terus pembahasan berikut.

A. Pengertian Teknologi
Istilah teknologi tentu tidak asing bagi kita. Teknologi merupakan ilmu yang menggali berbagai ilmu terapan. Teknologi juga sering dipakai untuk menyebut berbagai jenis peralatan yang mempermudah hidup kita. Jadi teknologi dapat beruwujud ilmu dapat pula berupa peralatan.
Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Dengan teknologi pekerjaan yang dulunya membutuhkan tenaga yang besar, sekarang bisa dilakukan dengan tenaga kecil. Dengan teknologi pula pekerjaan yang dulunya membutuhkan waktu lama, sekarang hanya butuh waktu yang sangat singkat.

Teknologi banyak sekali jenisnya. Di antaranya sebagai berikut :
1. Teknologi peralatan rumah tangga
Contoh teknologi peralatan rumah tangga adalah lampu, jam dinding, mesin cuci, mesin penghisap debu, kompor gas, kipas angin, pemotong rumput dan lain sebagainya.
2. Teknologi produksi
Contoh teknologi produksi adalah mesin traktor, mesin pemintal benang, mesin penggiling padi, mesin pemotong kayu dan lain sebagainya.
3. Teknologi transportasi
Contoh teknologi transportasi adalah sepeda motor, kereta api, mobil, kapal laut dan pesawat terbang.
4. Teknologi komunikasi
Contoh teknologi komunikasi adalah radio, televisi, telepon dan internet.


Pengorbanan Ilmuwan
Teknologi diciptakan manusia, ada yang secara sengaja, ada pula yang tidak sengaja ditemukan. Dalam menciptakan suatu temuan, tidak jarang para ilmuwan harus berkorban. Baik waktu, harta, bahkan jiwa. Kadang ada yang harus melewati percobaan berpuluh-puluh kali. Ada pula yang temuannya dianggap aneh sehingga ia dikucilkan dan diusir masyarakat.
Ada beberapa ilmuwan yang meninggal pada saat melakukan percobaan. Contohnya adalah Merry Curry yang meninggal akibat zat kimia beracun di laboratorium rumahnya. Merry Curry adalah penemu zat mercury yang sangat bermanfaat untuk lampu penerangan di jalan raya. Contoh lain adalah Otto Lilienthal yang meninggal ketika melakukan percobaan penerbangan. Dialah orang yang mempelopori penemuan pesawat terbang modern, dengan menciptakan pesawat sederhana. Sumber: Ensiklopedi Bocah Muslim


B. Perkembangan Teknologi
Teknologi bukanlah hasil simsalabim atau hasil sulap yang sekejap mata bisa muncul. Teknologi merupakan hasil ciptaan yang membutuhkan proses yang panjang. Tahukah kamu, dari ditemukannya roda sampai diciptakannya pesawat manusia perlu waktu 8000 tahun! Lama sekali bukan! Perkembangan teknologi yang begitu cepat baru terjadi pada abad 20-21.

Bagaimana perkembangan teknologi dari masa lalu hingga sekarang? Bagaimana pula perbedaan teknologi masa lalu dengan masa kini? Marilah kita ikuti terus pembahasan berikut. Di kelas empat ini kita cukup mempelajari perkembangan teknologi produksi, transportasi dan komunikasi.

1. Perkembangan Teknologi Produksi
Teknologi produksi merupakan alat dan cara yang digunakan manusia untuk menghasilkan barang atau jasa. Masyarakat pada masa lalu sudah dapat memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, teknologi yang digunakannya masih sangat sederhana. Dengan menggunakan alat sederhana, memerlukan tenaga besar dan hasilnya pun terbatas.
Ketika ilmu pengetahuan berkembang maka berkembang pula teknologi. Alat-alat yang memudahkan pekerjaan manusia banyak ditemukan. Alat-alat tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia. Dengan alat yang lebih modern pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, ringan, dan hasilnya pun lebih banyak.
a. Jenis teknologi produksi masa lalu dan masa kini

b. Membuat diagram alur proses produksi
Untuk menjadi suatu barang yang siap pakai membutuhkan suatu proses. Proses tersebut ada yang pendek ada yang sangat panjang dan melewati banyak tahapan. Misalnya untuk mendapatkan sepiring nasi siap santap membutuhkan proses yang panjang.

c. Satu bahan menghasilkan beragam produk
Pernahkah kamu makan tempe? Dari mana tempe berasal? Tempe berasal dari kedelai yang diolah. Tahukah kamu makanan lain yang bahan utamanya kedelai juga? Selain tempe, kedelai juga dapat diolah menjadi makanan lain seperti tahu, kecap, susu, dan keripik.
Dalam proses produksi satu bahan dapat diolah menjadi beberapa barang produksi. Selain kedelai, contoh lain adalah kayu. Kayu dapat dibuat menjadi perabot rumah tangga seperti meja, kursi, almari, tempat tidur.
Selain itu kayu juga dapat dibuat menjadi kertas, kerangka pensil dan mainan.

Dengan kreativitas yang dimilikinya, manusia berusaha membuat beragam produk dari suatu bahan. Dengan demikian kemanfaatan suatu bahan juga semakin banyak.


2. Perkembangan Teknologi Komunikasi

3. Perkembangan Teknologi Transportasi 

C. Kelebihan dan Kekurangan Teknologi
Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama. 




59 komentar
  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? atau butuh pinjaman untuk memulai bisnis, dan jika demikian, silahkan hubungi kami di: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

    nama:
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    negara:
    negara:

    BalasHapus
  2. Kami adalah sekelompok individu yang memberikan pinjaman serius dan cepat
    tingkat tahunan sebesar 2% bunga sesuai dengan jumlah yang Anda
    ingin * Keuangan
    * Real Estat Pinjaman * Kredit Investasi Pinjaman * Auto * Utang
    Margin Pinjaman * Konsolidasi * Kedua Mortgage * Pembelian Kembali kredit
    * Personal Loan *, Anda dapat mengirimkan permintaan Anda untuk pinjaman ke
    email: judithfranklinloanfirm@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus

  3. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada dalam utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan perusahaan pinjaman, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir sampai ke akhir tahun dan kami di MARK ZION, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua kredit masing-masing dan masuk ke tahun baru dengan senyum di wajah mereka. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {}markzionloanfirm@gmail.com
    Peminjam INFORMASI:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Hubungan Seks: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    MARK ZION
    Konsultan umum

    BalasHapus

  4. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada dalam utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan perusahaan pinjaman, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir sampai ke akhir tahun dan kami di MARK ZION, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua kredit masing-masing dan masuk ke tahun baru dengan senyum di wajah mereka. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {}markzionloanfirm@gmail.com
    Peminjam INFORMASI:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Hubungan Seks: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    MARK ZION
    Konsultan umum

    BalasHapus
  5. Halo, saya Mrs.Caroline, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: carolineloan@gmail.com

    BalasHapus
  6. ZAP Finance adalah Lender Pinjaman Independen yang kompeten, profesional yang berpengalaman dan bersertifikat yang fokus pada keberhasilan Anda. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik di bidang jasa pinjaman untuk klien kami. Kami memberikan Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tarif, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika tertarik, hubungi kami melalui email di: zapfinancecompany@gmail.com

    BalasHapus
  7. halo juga

    Mengajukan pinjaman adalah cara cepat dan mudah untuk membayar tagihan dan memulai pembiayaan proyek baru dengan suku bunga yang lebih dari 3% tidak, hubungi kami hari ini di: klayfirm11@blumail.org. Ini membutuhkan pinjaman menawarkan pinjaman minimum kami adalah $ 1,000.00 seleksi meminjam uang Saya seorang pemberi pinjaman bersertifikat Legit dan pendaftaran, silahkan hubungi kami hari ini, jika Anda memiliki. tertarik untuk memperoleh pinjaman, hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang proses kredit, proses seperti kondisi kredit dan kondisi dan bagaimana pinjaman akan ditransfer ke Anda. Aku membutuhkan respon mendesak Anda jika Anda tertarik.

    BalasHapus
  8. Mencari pinjaman akses mudah dari perusahaan yang sah pinjaman, Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tingkat, pastikan Anda mengunjungi Racheal Hernandez Perusahaan Pinjaman karena perusahaan pinjaman yang tepat, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email di: rachealhernandezloanfirm@gmail.com
    Dengan Tulus,
    Mrs. Racheal

    BalasHapus
  9. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2% .HURRAY, Hal ini hampir akhir tahun ini, dan kami JoyceRolandLoanCompany, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan pada tahun baru ini dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui e-mail joycerolandloancompany@gmail.com


    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Pinjaman Tujuan: _____________
    Nomor Cell Phone: ________
    Mengerti bahasa Inggris: ________

    JoyceRolandLoanCompany

    BalasHapus
  10. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika YA hubungi kami melalui email: cooperativefinancialhome@gmail.com


    Mengajukan pinjaman. Aku ingin kau tahu bahwa kami menawarkan segala macam pinjaman dengan rendah tertarik 3%. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran minimal 1000 dengan maksimal 10.000.000,00. Pinjaman kami juga diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. Hubungi kami melalui Email: cooperativefinancialhome@gmail.com

    * Apakah Anda secara finansial diperas? * Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan utang * Apakah Anda mencari dana untuk mendirikan bisnis Anda sendiri? * Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai tujuan? * Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek-proyek besar * Apakah Anda mencari dana untuk berbagai proses lainnya?

    Nama saya adalah Mr William. Kami memberikan pinjaman kepada mereka yang membutuhkan pinjaman dan yang bank telah membantah mereka dari memiliki pinjaman, dan kami secara hukum didukung pemerintah. Aku harus membiarkan Anda tahu bahwa di perusahaan ini kami memberikan kepuasan maksimal yang pernah desire.Contact kami melalui email: cooperativefinancialhome@gmail.com

    Nama: William
    Nama Perusahaan: rumah keuangan Koperasi.
    EMAIL: cooperativefinancialhome@gmail.com

    BERLAKU UNTUK PINJAMAN DIJAMIN

    BalasHapus
  11. Sayang Seeker Pinjaman.

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai sebuah
    bisnis? Perusahaan pinjaman ini didirikan oleh organisasi hak asasi manusia
    seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan
    kesulitan keuangan hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membersihkan utang Anda
    atau apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri atau mungkin Anda sudah memiliki
    bisnis dan Anda membutuhkan ekspansi. Kami menawarkan pinjaman dari
    semua jenis pada tingkat bunga yang terjangkau dari 3% dengan cepat bergegas sekarang
    dan menghubungi kami melalui Email: rahpmoore@gmail.com


    Kirim Balas Anda ke: rahpmoore@gmail.com

    Terima kasih atas kerja sama Anda

    Salam.

    Dr. Rahpmoore

    BalasHapus
  12. ZAP Finance adalah Lender Pinjaman Independen yang kompeten, profesional yang berpengalaman dan bersertifikat yang fokus pada keberhasilan Anda. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik di bidang jasa pinjaman untuk klien kami. Kami memberikan Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tarif, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika tertarik, hubungi kami melalui email di: zapfinancecompany@gmail.com

    BalasHapus
  13. Kami adalah sekelompok individu yang memberikan pinjaman serius dan cepat
    tingkat tahunan sebesar 2% bunga sesuai dengan jumlah yang Anda
    ingin * Keuangan
    * Real Estat Pinjaman * Kredit Investasi Pinjaman * Auto * Utang
    Margin Pinjaman * Konsolidasi * Kedua Mortgage * Pembelian Kembali kredit
    * Personal Loan *, Anda dapat mengirimkan permintaan Anda untuk pinjaman ke
    email: judithfranklinloanfirm@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  14. Saya Ibu Augustina Nassurudin Wibawa, dan karena situasi keras di Indonesia, hal menjadi sangat sulit bahwa saya tidak punya uang untuk bahkan memiliki tiga kali makan. Saya diarahkan ke beberapa online Lender Pinjaman yang mengklaim mereka adalah pemberi pinjaman pinjaman sah dan bahkan bersumpah dengan kehidupan mereka dan keluarga tapi setelah semua ini, saya masih tidak menerima pinjaman saya. Saya ditipu dari 22.000 USD sampai seorang pendeta dari Amerika Serikat bernama pastor iblazer mengarahkan saya kepada Ibu Sarah, CEO Sarah Wong Pinjaman Home, pada awalnya saya fely enggan dan bersumpah aku tidak akan pernah menjadi korban lagi tapi mengejutkan terbesar saya , saya menerima pinjaman saya setelah 28 jam dan satu-satunya Fee saya dikenakan adalah biaya transfer Pinjaman saya. Anda dapat menulis ke Sarah Wong Pinjaman Rumah Melalui sarahmantiwonhloanhome@gmail.com. Teman-teman saya, itu begitu nyata bahkan di antara orang-orang jahat, Tuhan masih dikirim Mrs. Sarah sebagai pembantu saya Semua berkat nya ann Mei. Untuk mahkota itu semua, saya mendapat semua uang saya saya telah defraude dari karena mereka membantu saya melacak pencuri melalui thier departemen waspada penipuan.
    Tuhan memberkati kaya dan keluarganya.

    BalasHapus
  15. Halo semua, nama saya adalah Mikaela Fredrika am berusia 42 tahun ... Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan tentang kebaikan Tuhan untuk akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman kredit nyata dan asli yang disebut MRS DIANA, direktur Diana perusahaan pinjaman Robert setelah scammed oleh pemberi pinjaman palsu lainnya, saya sudah putus asa dan tidak tahu siapa yang harus dipercaya ketika ia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya terkejut terbesar saya. Ada di antara kalian yang juga merupakan korban dari penipuan, Anda harus repot-repot lagi cos aku akan membawa Anda punya kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya, hanya menghubungi mereka sekarang melalui email: dianarobertloanfirm@accountant.com untuk info lebih lanjut bagaimana mendapatkan pinjaman Anda. Dan terima kasih lagi Mrs Diana perlu memberikan pinjaman juta 254,000.00

    BalasHapus
  16. Saya Ratu Untung, adalah di sini untuk mohon dan rakyat Indonesia nasihat dan lain-lain, berhati-hati dengan orang-orang yang memanggil pemberi pinjaman pinjaman diri mereka. Oleh kerana kemiskinan dan kesusahan, i telah scammed dua kali oleh beberapa pemberi pinjaman yang dikenali sebagai pinjaman, tidak sehingga i terserempak pinjaman Clara, yang mengubah hidup saya untuk lebih baik. Sekarang saya boleh makan dengan baik dan anak-anak saya boleh berhenti menangis untuk makanan dan kini boleh pergi ke sekolah.
    Jika anda berminat untuk mendapatkan pinjaman cepat tanpa colletaral, i nasihatkan anda hubungi Puan Clara pada: Claraloans@financier.com atau Claraaldermanloans@gmail.com lebih nasihat dan arahan anda juga boleh menghubungi saya melalui: Ratuuntung2@gmail.com dan i akan berada di sini untuk membantu anda mendapatkan pinjaman anda yang anda dikehendaki.

    BalasHapus
  17. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email
    financialfutureloanfirm@gmail.com


    terima kasih,
    mrs Stacy

    BalasHapus
  18. zap CEO perusahaan pinjaman keuangan, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang terdaftar, saya menyediakan jasa keuangan (KREDIT), dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2% menjadi kecacatan keuangan. individu, perusahaan, individu, perusahaan, dan orang-orang di masyarakat. Dan juga mensponsori Anda untuk melepaskan bakat Anda dan mencapai tujuan Anda, kami menyediakan pinjaman mulai dari $ 2.000 USD dan di atas. Hubungi kami di Email: zapfinanceloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  19. Aku joyce meyer. pemberi pinjaman pinjaman pribadi, yang meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena nilai kredit yang rendah, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, kredit perusahaan dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau sebelum Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, pinjaman kelompok perusahaan asuransi berlian yang handal, yang menyediakan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com
    Banyak cinta,
    Ibu Joyce...

    BalasHapus
  20. Halo orang tercinta, saya Mrs Lopez Nuel, saya hanya ingin memberitahu Anda semua tahu bahwa saya seorang pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman ini sebesar 3% bunga rendah jadi jika Anda berada di luar sana membutuhkan pinjaman dari alasan keuangan sama sekali , maka Anda harus menghubungi kami di Via (lopeznuel@outlook.com) untuk info lebih lanjut tentang transaksi dana pinjaman ini

    Salam Hormat
    Mrs Lopez Nuel

    BalasHapus
  21. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com
      "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor Handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi RebeccaWilliamsLoanFirm hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  22. Saya Ibu Chloe, pemberi pinjaman pinjaman dana "Managing Direktur
    Solusi pinjaman, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan tingkat bunga
    2%, Kami menawarkan pinjaman kepada badan-badan komersial dan swasta mulai dari
    $ 6000 untuk maksimum $ 10.000.000 dengan jangka waktu 1 sampai 25
    tahun, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan tanpa pemeriksaan kredit, kami
    menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura,
    pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah atau "pinjaman untuk
    Alasannya! Namun, metode kami, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan jumlah
    pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, Kami sangat
    bersertifikat dan terdaftar, pinjaman kami baik diasuransikan maksimum
    keamanan yang prioritas besar kita,

    Kami melakukan menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman ke berbagai klien kami
    dan itu akan mengambil jangka waktu maksimum 12 JAM bekerja dan Anda
    terjaminnya mendapatkan didanai, Jika Anda tertarik, silakan mengisi
    out Aplikasi Pinjaman Peminjam dan mengirimkannya kembali kepada kami untuk lebih lanjut
    Proses.

    Peminjam Informasi (bidang Informasi yang diperlukan muncul dalam huruf tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Umur:
    Alamat Jalan:
    negara:
    Hubungi Nomor:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Tujuan pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.
    salam dan hormat kami
    Chloemorrisloanfirm

    Hubungi kami melalui email kami: chloemorrisloan@gmail.com

    BalasHapus
  23. Moshi Moshi

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membersihkan utang atau tagihan, atau untuk alasan keuangan sama sekali, jika ya maka email kami di Via (clara_morgan@outlook.com) lebih Info tentang transaksi dana pinjaman ini

    Salam Hormat
    Mrs Clara Morgan

    BalasHapus
  24. Perusahaan pembiayaan Welcome Hadiah Morrison perusahaan pinjaman, yang menawarkan layanan pinjaman hari umumnya
    handal, aman, disaring oleh Credit Agency International dan juga Diuji dan Terpercaya.
    Kami memberikan pinjaman untuk setiap tujuan

    Kami memberikan pinjaman dari kisaran $ 1.000 sampai $ 90 juta USD, sebesar 2,0%
    Suku bunga kredit kami diasuransikan dengan baik dan keamanan maksimum adalah kami
    prioritas,

    * Apakah Anda secara finansial diperas?
    * Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan utang
    * Apakah Anda mencari dana untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
    * Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai tujuan?
    * Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek-proyek besar
    * Apakah Anda mencari dana untuk berbagai proses lainnya?

    Catatan: Kami menawarkan pinjaman berikut untuk individu-

    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman Pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Kredit Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Kredit Usaha Dan banyak orang lain:
    dan masih banyak lagi dengan bunga 1,2%;
    =

    Jika Anda membutuhkan jenis-jenis pinjaman, Anda harus mengisi
    di bagian bawah formulir, itu akan memungkinkan kita untuk memproses pinjaman Anda dan mendapatkan disetujui
    dan ditransfer segera setelah Anda inginkan it.You harus memahami bahwa Anda
    Informasi yang dibutuhkan di bawah ini.
    1) NAMA ANDA ...................
    2) NEGARA ANDA ................
    3) PEKERJAAN ANDA .............
    4) status perkawinan Anda .........
    5) NOMOR TELEPON ................
    6) PENGHASILAN BULANAN ..............
    7) ALAMAT .....................
    8) TUJUAN KREDIT .............
    9) PINJAMAN REQUEST ................
    10) TELEPON ..................
    11) SYARAT DAN WAKTU KREDIT .... kami kotak kontak perusahaan adalah
    -via [gitfloanfirm@gmail.com]

    PEMBAYARAN PILIHAN:
    Pembayaran dengan bank untuk transfer bank (48 jam)
    Bank pembayaran cek bersertifikat (9 hari)

    Bank pilihan pertama untuk transfer bank, pinjaman
    Dana yang ditransfer langsung ke rekening Anda dengan bantuan kami
    Bank,
    dalam pilihan ini, pemohon harus menurunkan Bank penuh
    informasi untuk memungkinkan kita untuk mentransfer dan dibutuhkan maksimal 48
    jam untuk dana yang akan ditransfer ke rekening Anda.

    Opsi terakhir, cek bersertifikat yang dibuat oleh bank kami sebagai
    desain, yang dapat dicairkan oleh klien setiap tempat di dunia, dibutuhkan
    4 hari kerja untuk datang ke pemohon dan 5 hari untuk memeriksa
    dibersihkan.

    Setelah Anda setuju dengan ketentuan kami dan ikuti petunjuk di dalamnya, Anda
    berdiri untuk mendapatkan pinjaman Anda dengan 24-48hours. Itu tergantung pada Anda
    keseriusan dan urgensi dalam mendapatkan pinjaman.
    Selanjutnya diinformasikan bahwa Anda juga perlu bentuk
    Identifikasi yang dapat berupa Driver License atau pekerjaan Anda
    Kartu identitas.
    Dalam pengakuan surat ini, kita bisa memulai proses pinjaman Anda.

    REGARDS
    EMAIL ADDRESS - [gitfloanfirm@gmail.com]
    KEPALA KANTOR - WICKER LANE, Hale Barns, WA15 0HF CHESHIRE UNITED KINGDOM

    BalasHapus
  25. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    BalasHapus
  26. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    BalasHapus
  27. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    BalasHapus
  28. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank? Di mana Anda menolak pinjaman dari setiap perusahaan pinjaman untuk beberapa alasan? Kami adalah Pemberi Pinjaman Kredit tepat di internet saat ini! Obi Esther Kantor Pinjaman memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% tanpa colerteral hanya dalam satu hari.
    Silahkan hubungi kami di email kami hari ini jika Anda perlu urget pinjaman. email: obi.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus

  29. Am Mr. John Cardelli are a legitimate loan lender good reputation. We are a dynamic company with that we provide funds for financial assistance to individuals who are in need of financial assistance, that have a bad credit or need money to pay bills, to invest in assets .John Cardelli use this medium to inform you that we provide reliable beneficiary assistance. will be pleased to offer a loan please contact us via e-mail: cardellijohn@outlook.com

    BalasHapus
  30. Halo, nama saya nofia, korban penipuan dari tangan lender penipuan Aku punya semua yang banyak 56 juta, karena saya butuh modal besar dari 350 juta, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi November 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke seorang ibu yang baik Mrs Diana yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, seorang ibu yang baik, saya ingin menggunakan ini kesempatan untuk bersyukur kepada Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Diana, melalui email. dianarobertloanfirm@accountant.com dan dianarobertloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; nofiayani@gmail.com com untuk mendapatkan informasi know.please dia satu-satunya tempat yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar ..

    BalasHapus
  31. Halo, nama saya nofia, korban penipuan dari tangan lender penipuan Aku punya semua yang banyak 56 juta, karena saya butuh modal besar dari 350 juta, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi November 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke seorang ibu yang baik Mrs Diana yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, seorang ibu yang baik, saya ingin menggunakan ini kesempatan untuk bersyukur kepada Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Diana, melalui email. dianarobertloanfirm@accountant.com dan dianarobertloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; nofiayani@gmail.com com untuk mendapatkan informasi know.please dia satu-satunya tempat yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar ..

    BalasHapus
  32. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank? Di mana Anda menolak pinjaman dari setiap perusahaan pinjaman untuk beberapa alasan? Kami adalah Pemberi Pinjaman Kredit tepat di internet saat ini! Obi Esther Kantor Pinjaman memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% tanpa colerteral hanya dalam satu hari.
    Silahkan hubungi kami di email kami hari ini jika Anda perlu urget pinjaman. email: obi.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  33. APAKAH ANDA PERLU PINJAMAN?
    Patricia Donald Kantor Kredit adalah Lender Pinjaman Handal dan Asli. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga yang sangat wajar dari 2%, kami menyediakan semua jenis pinjaman untuk membantu bangsa dari tekanan keuangan. Banyak orang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis mereka, banyak yang menganggur dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak yang membutuhkan bantuan keuangan untuk membersihkan tagihan dan utang mereka. Kami akan memberikan pinjaman Anda dalam jumlah yang Anda inginkan hanya dalam 1 hari. Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan dan individu tanpa agunan yang terlibat. Jika Anda membutuhkan pinjaman hari ini lebih baik hubungi kami sekarang di email kami di patdonald.loanfirm@gmail.com atau patdonald.loanfirm@muslim.com, Tuhan memberkati Anda semua

    BalasHapus
  34. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita dan Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda ?? Apakah Anda membutuhkan modal untuk memulai bisnis? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, di sini datang membantu Anda karena kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga rendah dan terjangkau.
    Hubungi kami hari ini di (carrenbenfirm@outlook.com atau carrenbenfirm@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    BalasHapus
  35. APAKAH ANDA PERLU PINJAMAN?
    Patricia Donald Kantor Kredit adalah Lender Pinjaman Handal dan Asli. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga yang sangat wajar dari 2%, kami menyediakan semua jenis pinjaman untuk membantu bangsa dari tekanan keuangan. Banyak orang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis mereka, banyak yang menganggur dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak yang membutuhkan bantuan keuangan untuk membersihkan tagihan dan utang mereka. Kami akan memberikan pinjaman Anda dalam jumlah yang Anda inginkan hanya dalam 1 hari. Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan dan individu tanpa agunan yang terlibat. Jika Anda membutuhkan pinjaman hari ini lebih baik hubungi kami sekarang di email kami di patdonald.loanfirm@gmail.com atau patdonald.loanfirm@muslim.com, Tuhan memberkati Anda semua

    BalasHapus
  36. Nama saya Kasih Bambang, saya dari Indonesia, saya di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya selama 2% dari Ibu Cahya Kirana, dan begitu banyak percaya pada pepatah bilang, apa yang Tuhan telah merancang kita untuk berada di Rencana induk menentukan ilahi iman dan kepercayaan dalam kehidupan. Tidak ada yang terjadi untuk apa-apa, tidak ada yang terjadi secara kebetulan, ada tangan tak terlihat di affiars dari setiap hubungan dan bahwa tangan tak terlihat mendorong takdir ilahi kita, membawa kita ke tujuan. bahwa kita, dan bagaimana saya diarahkan untuk jenis hati manusia dari Tuhan. dia memang Tuhan yang dikirim kepada saya dan kehidupan keluarga saya, setelah foold dan ditipu oleh leanders pinjaman palsu di sini di internet, Allah mengarahkan saya untuk dia, tapi semua berkat Tuhan hari ini saya dan keluarga saya telah mampu untuk membersihkan utang kami dan kami memiliki sekali lagi ditemukan hapiness dalam hidup kita, sehingga saudara-saudara saya harap berhati-hati, tapi saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman hari menghubunginya dan saya asure Anda hapiness itu dan tersenyum pada wajah Anda akan menjadi porsi Anda semua hidup Anda Jika Anda melewati situasi keuangan, menghubunginya melalui email di cahya.creditfirm@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi saya di Email ini ,,, kasihbambang2012@gmail.com

    BalasHapus
  37. Nama saya Kasih Bambang, saya dari Indonesia, saya di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya selama 2% dari Ibu Cahya Kirana, dan begitu banyak percaya pada pepatah bilang, apa yang Tuhan telah merancang kita untuk berada di Rencana induk menentukan ilahi iman dan kepercayaan dalam kehidupan. Tidak ada yang terjadi untuk apa-apa, tidak ada yang terjadi secara kebetulan, ada tangan tak terlihat di affiars dari setiap hubungan dan bahwa tangan tak terlihat mendorong takdir ilahi kita, membawa kita ke tujuan. bahwa kita, dan bagaimana saya diarahkan untuk jenis hati manusia dari Tuhan. dia memang Tuhan yang dikirim kepada saya dan kehidupan keluarga saya, setelah foold dan ditipu oleh leanders pinjaman palsu di sini di internet, Allah mengarahkan saya untuk dia, tapi semua berkat Tuhan hari ini saya dan keluarga saya telah mampu untuk membersihkan utang kami dan kami memiliki sekali lagi ditemukan hapiness dalam hidup kita, sehingga saudara-saudara saya harap berhati-hati, tapi saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman hari menghubunginya dan saya asure Anda hapiness itu dan tersenyum pada wajah Anda akan menjadi porsi Anda semua hidup Anda Jika Anda melewati situasi keuangan, menghubunginya melalui email di cahya.creditfirm@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi saya di Email ini ,,, kasihbambang2012@gmail.com

    BalasHapus
  38. Halo Setiap Satu, nama saya Bak Ahmad Dari Indonesia, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan semua Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin geser kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan begitu banyak uang dengan membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed sejumlah pelukan uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit legit secara online yang tidak akan menambah rasa sakit saya , maka saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita bahas tentang masalah dan kesimpulan kami dia mengatakan kepada saya tentang Wanita yang disebut Mrs Jeanne Roland yang merupakan CEO dari Jeanne Roland Perusahaan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp750,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat mengenai transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman adalah disetorkan ke bank saya. Jadi saya ingin saran salah satu membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia sekarang emailnya di jeanne.loanfirm@gmail.com atau jeanne.loanfirm@financier.com. Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini saya berdoa agar Tuhan akan memberkatinya untuk hal yang baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di baktionoahmad@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
  39. Halo saya ingin membiarkan masyarakat umum tahu bahwa saya dari Indonesia tapi tinggal di Rusia di mana perusahaan saya terlalu saya di sini untuk membantu semua orang yang membutuhkan negara saya pinjaman, karena mereka telah ditipu terlalu banyak waktu sehingga saya siap untuk memberikan semua jenis pinjaman kepada umat-Ku Indonesia dan semua muslim dan kristen dan setiap orang lain di seluruh dunia. silahkan perusahaan pinjaman saya akan menawarkan setiap jumlah pinjaman hanya untuk hanya biaya $ 55 untuk tugas-nilai tambah. jadi jika anda berminat silahkan hubungi kami di: ngridiidrisinstantloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  40. Halo saya ingin membiarkan masyarakat umum tahu bahwa saya dari Indonesia tapi tinggal di Rusia di mana perusahaan saya terlalu saya di sini untuk membantu semua orang yang membutuhkan negara saya pinjaman, karena mereka telah ditipu terlalu banyak waktu sehingga saya siap untuk memberikan semua jenis pinjaman kepada umat-Ku Indonesia dan semua muslim dan kristen dan setiap orang lain di seluruh dunia. silahkan perusahaan pinjaman saya akan menawarkan setiap jumlah pinjaman hanya untuk hanya biaya $ 55 untuk tugas-nilai tambah. jadi jika anda berminat silahkan hubungi kami di: ngridiidrisinstantloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  41. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp29,000,000 karena saya butuh modal besar Rp50.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri again..all hal ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik Mrs Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  42. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp29,000,000 karena saya butuh modal besar Rp50.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri again..all hal ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik Mrs Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank? Di mana Anda menolak pinjaman dari setiap perusahaan pinjaman untuk beberapa alasan? Kami adalah Pemberi Pinjaman Kredit tepat di internet saat ini! Obi Esther Kantor Pinjaman memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% tanpa colerteral hanya dalam satu hari.
    Silahkan hubungi kami di email kami hari ini jika Anda perlu urget pinjaman. email: obi.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  44. Moshi Moshi!

    Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan ?? Kami, Libertyfund Investment Company menawarkan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman hutang konsolidasi, Venture Capital, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Home Loan, dengan alasan apapun dan Pinjaman dan kebutuhan mendesak!. dengan durasi maksimal 30 tahun.

             Apakah Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu set-up bisnis? Khawatir tidak lebih karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND Terapkan sekarang untuk semua jenis pinjaman dan mendapatkan uang segera!

    * Tingkat bunga sebesar 2%
    * Pilih Antara 1 dan 30 tahun pembayaran.
    * Pilih Antara Bulanan dan rencana pembayaran tahunan.
    * Syarat dan ketentuan fleksibilitas pinjaman.

    Semua dalam rencana asli dan lebih lanjut, silahkan hubungi kami. @ Libertyfund28@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  45. Moshi Moshi!

    Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan ?? Kami, Libertyfund Investment Company menawarkan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman hutang konsolidasi, Venture Capital, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Home Loan, dengan alasan apapun dan Pinjaman dan kebutuhan mendesak!. dengan durasi maksimal 30 tahun.

             Apakah Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu set-up bisnis? Khawatir tidak lebih karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND Terapkan sekarang untuk semua jenis pinjaman dan mendapatkan uang segera!

    * Tingkat bunga sebesar 2%
    * Pilih Antara 1 dan 30 tahun pembayaran.
    * Pilih Antara Bulanan dan rencana pembayaran tahunan.
    * Syarat dan ketentuan fleksibilitas pinjaman.

    Semua dalam rencana asli dan lebih lanjut, silahkan hubungi kami. @ Libertyfund28@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  46. APAKAH ANDA PERLU PINJAMAN?
    Patricia Donald Kantor Kredit adalah Lender Pinjaman Handal dan Asli. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga yang sangat wajar dari 2%, kami menyediakan semua jenis pinjaman untuk membantu bangsa dari tekanan keuangan. Banyak orang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis mereka, banyak yang menganggur dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak yang membutuhkan bantuan keuangan untuk membersihkan tagihan dan utang mereka. Kami akan memberikan pinjaman Anda dalam jumlah yang Anda inginkan hanya dalam 1 hari. Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan dan individu tanpa agunan yang terlibat. Jika Anda membutuhkan pinjaman hari ini lebih baik hubungi kami sekarang di email kami di patdonald.loanfirm@gmail.com atau patdonald.loanfirm@muslim.com, Tuhan memberkati Anda semua

    BalasHapus
  47. Halo, saya Mr perry, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang
    memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    cari lagi karena kami di sini untuk membuat semua hal masalah keuangan Anda
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan loan.So hubungi kami hari ini via email:
    perryclementloan@gmail.com data peminjam
     1) Nama Lengkap: ..... ........................................ ..........
     2) Negara: .............................................. .............
     3) Alamat: ................................. ............. ............
     4) Negara: ..................... ......................... ................
     5) Seks: ..... ......................................... ......... .........
     6) Status Pernikahan: .................................... ......... ....
     7) Pekerjaan: ................................. ............. .......
     8) Nomor Telepon: ......................... .................... ...
     9) Posisi Saat ini di tempat kerja: .................. ...
     10) Pendapatan Bulanan: .......................................... ...
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
     12) Pinjaman Jangka waktu: ............................................. ...
     13) Tujuan Pinjaman: ............................................
     14) Agama: .............................................. . .........
     15) Apakah Anda menerapkan sebelum .................................
     Terima kasih, mr. perry

    BalasHapus
  48. Anda tidak perlu pinjaman mendesak untuk mengatasi kebutuhan keuangan Anda. Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00. Max, kita dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan 100% dijamin pinjaman dari luar negeri selama seluruh periode sini. Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam euro, pound dan nilai tukar dolar dari semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik kembali kepada kami. fredrickrichardloans@gmail.com dengan informasi berikut: Nama Anda: Negara: Kota: Alamat: Nomor disyaratkan: Waktu: Umur: Jenis Kelamin: Pekerjaan: Telepon tidak: thanks Mr.Richard

    BalasHapus
  49. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com
     "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor Handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi RebeccaWilliamsLoanFirm hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  50. Halo, saya ibu Claudia, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? mencari lebih banyak karena kami di sini untuk membuat masalah keuangan Anda semua hal dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami menyediakan bantuan yang dapat diandalkan dan Penerima dan akan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Claudiawhyteloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  51. semoga damai Tuhan bersama Anda.
    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
    tekanan keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai
    bisnis Anda sendiri?
    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) memulai bisnis dan pendidikan.
    c) Hutang konsolidasi.
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Alamat: ..........................................
    Status Perkawinan: .......................................
    Hubungan Seks: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Personal Nomer HP: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    Terima kasih Dan Memberkati Tuhan
    email: marycoleloanscompany@gmail.com

    BalasHapus
  52. halo teman-teman, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia. Aku baru saja pinjaman dari organisasi internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian salah satu dari Ibu mimosa Wijayanti dari Indonesia pada forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang (silvawalter.loanfirm@gmail.com) Jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya. Mereka meminta saya untuk mendapatkan ikatan asuransi PPI karena saya meminta untuk tidak ada pinjaman tanpa jaminan agunan. Jadi saya mengikuti saran dari mimosa Wijayanti dan tertanggung pinjaman saya. Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk scam sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelah, pinjaman dari $ 85.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. Tidak ada biaya tersembunyi. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau mendanai proyek ini adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda juga akan mengejutkan cara saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan juga mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik ini sehingga orang lain juga dapat manfaat. Terima kasih.

    BalasHapus
  53. Halo, Aku Mr Simon Nixon, pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan saya hanya memiliki satu pertanyaan untuk Anda "Anda membutuhkan pinjaman?". Jika u lakukan, apakah mendesak? Mengapa Anda perlu pinjaman? Apakah untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah ini pertama kalinya Anda atau Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apa sebenarnya yang Anda butuhkan? Apakah pinjaman konsolidasi atau hipotek? Akhirnya, tugas kita adalah untuk memastikan kami memberikan yang terbaik saat mengamankan pinjaman dari perusahaan kami / perusahaan. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, mereka yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Asal tahu saja, kami memberikan bantuan yang handal dan saya mendorong Anda untuk memberi kami mencoba karena kami bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: simonnixonloancompany178@gmail.com

    BalasHapus
  54. Moshi Moshi,
    Apakah Anda mencari pinjaman non-jaminan dan tulus dalam tingkat bunga yang terjangkau dari 2%? JIKA TERTARIK hubungi kami melalui (rinehartginaloanfirm@gmail.com) dengan informasi berikut
    Salam.

    BalasHapus
  55. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman penipuan Aku punya semua yang banyak 27million, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, ada makanan untuk memberi makan anak-anak saya, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke seorang ibu yang baik Mrs Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman dalam perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Alexandra, melalui email. alexandraestherloanltd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com com untuk mendapatkan informasi atau menyarankan Anda perlu tahu. silahkan Dia adalah satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya yang saya tahu. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.

    BalasHapus
  56. MIKE LARRY KREDIT FIRM WORLD WIDE INC.
    Ich bin Mr. Mike Larry, eine seriöse, rechtmäßig und akkreditierte Geld Kreditgeber Unternehmen. Ich Darlehen Geld aus, um Menschen, die haben eine finanzielle Unterstützung bei Nenn 3%. Haben Sie schlechte Kredit haben, oder Sie brauchen Geld, um Rechnungen zu bezahlen haben? Ich möchte ESTA Medium nutzen, um Ihnen mitzuteilen, dass ich zuverlässige Empfänger Hilfe, wie ich bin froh, Ihnen ein Darlehen anbieten zu können. Keine Bonitätsprüfung, 100% garantiert. Email: (mikelarryloanfirmworldwide@yahoo.com)

    Hinweis: Wir begrüßen nur ernste Gesinnten. Wenn Sie nicht um echtes antworten Sie nicht uns, weil wir legitime Darlehen und bereit, für den tatsächlichen und ernsthaften Menschen zu finanzieren.

    Holen Sie sich bei uns mit der folgenden, wenn Sie interessiert sind:
    Vollständiger Name:
    Land:
    Telefonnummer:
    Betrag als Darlehen benötigt:
    Dauer der Ausleihe:
    Geschlecht:
    Beruf:

    Sobald wir Ihre E-Mail: Sollen wir senden Ihnen unsere Kreditkonditionen für die Verfahren. auf unsere Mailing-Box (mikelarryloanfirmworldwide@yahoo.com)

    Mr. Mike Larry
    Geschäftsführer

    BalasHapus
  57. Halo, nama saya PUSPITA Damanik. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs Belinda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 700.000.000 (700 JUTA Rp) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: belindalamarloanltd@gmail.com atau aid.financial@financier.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya puspitadamanik21@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  58. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan perusahaan pinjaman, dan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} gloryloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Ponsel: ________

    Ibu Glory

    BalasHapus
  59. telah Anda pernah mencari tawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman besar, atau pinjaman murah dan cepat di 2% per tahun untuk membayar tagihan darurat dan utang? hubungi kami sekarang, (financialassuranceloans@gmail.com, financialassuranceloans@accountant.com)

    BalasHapus


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE