[iklan]

Kerajaan Besar yang telah ada di Indonesia

PERKEMBANGAN NEGARA TRADISIONAL DI INDONESIA

Ayo kita belajar tentang kerajaan-kerajaan besar yang telah ada di Indonesia. Kebesaran kerajaan-kerajaan tersebut tampak pada berbagai karya peninggalan yang telah ditemukan.

Agama dan kebudayaan Hindu-Buddha lahir dan berkembang di India, yang kemudian menyebar ke kawasan dunia lain. Dalam perkembangannya, agama dan kebudayaan Hindu-Buddha masuk melalui hubungan dagang ke Indonesia. Dengan masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha akhirnya berpengaruh terhadap berbagai kehidupan masyarakat Indonesia dan muncullah kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di Indonesia.

Demikian juga agama dan kebudayaan Islam, yang lahir dan berkembang di Mekah dan Madinah di kawasan Timur Tengah, kemudian juga menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia. Agama Islam yang dibawa oleh kaum pedagang Arab, Persia, dan Gujarat akhirnya masuk juga ke Indonesia dan memengaruhi berbagai segi kehidupan masyakarat. Kemudian muncullah kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia.

Bagaimanakah berbagai segi kehidupan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu Buddha dan Islam di Indonesia?

A. Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
1. Kerajaan Kutai
2. Kerajaan Tarumanegara
3. Kerajaan Sriwijaya
4. Kerajaan Mataram Kuno
5. Dinasti Isana di Jawa Timur
6. Kerajaan Kediri
7. Kerajaan Singasari
8. Kerajaan Majapahit
9. Kerajaan Sunda
10. Kerajaan Bali

B. Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
1. Kerajaan Samodera Pasai
2. Kerajaan Aceh
3. Kerajaan Demak
4. Kerajaan Banten
5. Kerajaan Mataram
6. Kerajaan Makasar
7. Kerajaan Ternate dan Tidore


1. Agama dan kebudayaan Hindu Buddha lahir dan berkembang di India. Melalui hubungan dagang, agama dan kebudayaan Hindu Buddha akhirnya masuk ke Indonesia.
2. Masuknya agama dan kebudayaan Hindu Buddha memunculkan beberapa hipotesis, yakni hipotesis Waisya, Ksatria, Brahmana, dan Nasional.
3. Masuknya agama dan kebudayaan Hindu Buddha memengaruhi kehidupan masyarakat dalam berbagai segi kehidupan termasuk dalam bidang pemerintahan, yakni dengan munculnya kerajaan-kerajaan yang
bercorak Hindu Buddha.
4. Kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu antara lain Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Mataram Kuno Hindu, Kahuripan, Singasari, dan Majapahit. Sedangkan, kerajaan-kerajaan yang bercorak Buddha antara
lain Kerajaan Sriwijaya dan Mataram Kuno Buddha.
5. Masa perkembangan Islam ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia. Diawali munculnya kerajaan Samodera Pasai sampai dengan kerajaan Ternate dan Tidore.



0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE