-

Bank Syariah

Sekarang ini banyak berkembang bank syariah.
Bank syariah muncul di Indonesia pada awal tahun 1990-an. Pemrakarsa pendirian bank syariah di Indonesia dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 18 – 20 Agustus 1990.
Bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, maksudnya adalah bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalah secara Islam.
Falsafah dasar beroperasinya bank syariah yang menjiwai seluruh hubungan transaksinya adalah efesiensi, keadilan, dan kebersamaan.Efisiensi mengacu pada prinsip saling membantu secara sinergis untuk memperoleh keuntungan sebesar mungkin.
Keadilan mengacu pada hubungan yang tidak dicurangi, ikhlas, dengan persetujuan yang matang atas proporsi masukan dan keluarannya.Kebersamaan mengacu pada prinsip saling menawarkan bantuan dan nasihat untuk saling meningkatkan produktivitas.
Kegiatan bank syariah dalam hal penentuan harga produknya sangat berbeda dengan bank konvensional.
Penentuan harga bagi bank syariah didasarkan pada kesepakatan antara bank dengan nasabah penyimpan dana sesuai dengan jenis simpanan dan jangka waktunya, yang akan menentukan besar kecilnya porsi bagi hasil yang akan diterima penyimpan. Berikut ini prinsip-prinsip yang berlaku pada bank syariah.
a) Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah).
b) Pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah).
c) Prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah).
d) Pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah).
e) Pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina).
Dalam rangka menjalankan kegiatannya, bank syariah harus berlandaskan pada Alquran dan hadis.Bank syariah mengharamkan penggunaan harga produknya dengan bunga tertentu.Bagi bank syariah, bunga bank adalah riba.
Dalam perkembangannya kehadiran bank syariah ternyata tidak hanya dilakukan oleh masyarakat muslim, akan tetapi juga masyarakat nonmuslim. Saat ini bank syariah sudah tersebar di berbagai negara-negara muslim dan nonmuslim, baik di Benua Amerika, Australia, dan Eropa. Bahkan banyak perusahaan dunia yang telah membuka cabang berdasarkan prinsip syariah.Contoh Bank Syariah di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri.


Perbankan syariah atau perbankan Islam (Arab: المصرفية الإسلامية al-Mashrafiyah al-Islamiyah) adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah). Pembentukan sistem ini berdasarkan adanya larangan dalam agama Islam untuk meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (riba), serta larangan untuk berinvestasipada usaha-usaha berkategori terlarang (haram). Sistem perbankan konvensional tidak dapat menjamin absennya hal-hal tersebut dalam investasinya, misalnya dalam usaha yang berkaitan dengan produksi makanan atau minuman haram, usaha media atau hiburan yang tidak Islami, dan lain-lain.
Meskipun prinsip-prinsip tersebut mungkin saja telah diterapkan dalam sejarah perekonomian Islam, namun baru pada akhir abad ke-20 mulai berdiri bank-bank Islam yang menerapkannya bagi lembaga-lembaga komersial swasta atau semi-swasta dalam komunitas muslim di dunia.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank yang Lain

Atribut Tak Berwujud - perbandingan merek

Atribut-Atribut Tak Berwujud


Perusahaan suka memuat perbandingan-perbandingan merek. Seakan-akan merek-merek terlibat dalam adu tembak, berusaha untuk meyakinkan orang banyak melalui keunggulan merek mereka berkenaan dengan satu atau dua dimensi kunci. Ada beberapa problem yang muncul bila menempuh cara membanding-bandingkan seperti itu. Pertama, suatu posisi yang dilandaskan pada sebuah spesifikasi akan rentan terhadap inovasi. Selalu terdapat pesaing yang tiba-tiba muncul dengan kapasitas bit memori yang lebih besar atau mempunyai lebih banyak makanan berserat atau kalori yang lebih rendah lagi, dan sebagainya. Keduanya, jika perusahaan-perusahaan memulai suatu spesifikasi dalam ‘adu tembak’ ini, mereka semuanya pada akhirnya akan kehilangan kredibilitas. Setelah beberapa lama, orang-orang tidak akan percaya pada sebuah perusahaan aspirin yang mengklaim sebagai obat yang paling efektif atau bereaksi paling cepat. Terdapat begitu banyak klaim yang saling bertentangan yang ada akhirnya semuanya menjadi “lemah”.

Ketiga, khalayak tidak selalu membuat keputusan pembelian berdasarkan pada spesifikasi khusus. Mereka barangkali beranggapan bahwa perbedaan kecil pada beberapa atribut tidaklah penting. Atau mungkin mereka sekedar kurang motivasi atau kesanggupan untuk berusaha memproses informasi pada tingkatan yang lebih mendetail.

Berbeda dengan atribut yang lebih kongkret, suatu “atribut tak berwujud” seperti teknologi, kesehatan, atau gizi lebih sukar untuk di tangkal. Nama perusahaan seperti GE, SONY, HP, IBM, atau Ford digunakan untuk berbagai produk, dengan demikian merek-merek tersebut tidak bisa mendapatkan asosiasi produk yang spesifik. Namun, mereka masih bisa mengembangkan asosiasi-asosiasi tak berwujud seperti inovasi atau kesan kualitas yang bisa membantu produk-produk (bahkan merek-merek) yang dimilikinya. Pengembangan asosiasi-asosiasi semacam itu bisa berbahaya dan memungkinkan mendapat suatu tingkat asosiasi produk yang berada di luar kontrol perusahaan bersangkutan.


Selengkapnya tentang Merek  - Makalah- TINJAUAN PUSTAKA


  

Peninjauan Kembali ( Tinjau ulang ) Kegiatan (PENGAWASAN PROYEK)

Pelaksanaan proyek selalu harus ditinjau kembali setiap waktu (secara periodik) maupun berdasar hal/topik tertentu agar supaya diketahui tanda-tanda kemungkinan pelaksanaan menyimpang dari rencana semula. Ingin dilihat bagaimana status proyek sekarang baik dalam hal pemenuhan jadwal, biaya, alokasi sumber daya manusia, maupun dalam hal pemenuhan kuantitas sesuai pesanan serta kualitas hasil.

Peninjauan kembali pun harus direncanakan secara seksama : kapan dilakukan kegiatan, siapa yang melakukan, dimana dilakukan, dan yang penting ialah menanyakan mengapa pelaksanaannya demikian. Pertanyaan yang tak langsung biasanya akan membantu mengenali persoalan yang tersembunyi baik itu mengenai biaya maupun jadwal. Dapat dihitung adanya varians dan sekaligus sebab-sebabnya. Mungkin karena volume pekerjaan salah diestimasikan, harga meningkat, produktivitas karyawan rendah, dan lain-lain.

Peninjauan kembali proyek secara periodik dapat dilakukan secara harian, bulanan, kwartalan dan sebagainya. Dengan cara ini ingin dihindari terjadinya malapetaka yang tak dapat diperbaiki lagi. Terutama dari segi biaya : perlu dilihat berapa biaya yang telah diakumulasikan sampai saat tinjau-ulang tersebut sehingga dapat ditentukan seberapa banyak biaya lagi yang diperlukan untuk penyelesaian proyek. Kalau terjadi penyimpangan pada satu atau dua tugas mungkin dapat ditenggang asal tidak terlalu besar. Kegiatan diatas mengikuti dalam hal-hal tertentu mungkin diperlukan karena orang telah terlanjur terikat untuk menyelesaikan proyek tersebut sesuai dengan perjanjian.

Selengkapnya tentang Organisasi Proyek


  

BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA

1. Sebab-sebab penyalahgunaan narkoba
Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pecandu atau penyalah guna narkoba antara lain :
a. Akibat rasa ingin tahu atau malah sebagai akibat ketidak tahuan dimana anak atau orang tersebut menjadi mudah dijebak atau terjebak kedalam penyalahgunaan narkoba
b. Seseorang yang suka mengambil resiko
c. Untuk menghilangkan kejenuhan atau kebosanan
d. Melarikan diri dari kejenuhan atau kekecewaan
e. Ingin merasa relaks
f. Ingin merasa senang-senang
g. Untuk mendapatkan rasa tenang di keramaian
h. Menjadi anak gaul, ikut teman atau agar mendapatkan teman atau diakui kelompoknya

2. Ciri-ciri remaja beresiko tinggi
Beberapa ciri remaja yang beresiko tinggi untuk menjadi pengguna Narkoba adalah dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a. Orang yang mudah kecewa
b. Orang yang tidak sabaran
c. Orang yang suka menentang aturan
d. Orang yang suka mengambil resiko yang berlebihan
e. Orang yang cepat bosan
f. Orang yang sudah menunjukkan perilaku anti sosial sejak usia dini
g. Orang yang mempunyai perilaku menyimpang sejak usia dini misalnya dalam hal seksual dan lain-lain
h. Orang yang mempunyai keterbelakangan mental taraf perbatasan

3. Pengaruh Terhadap Keluarga Korban Narkoba
Beberapa pengaruh terhadap keluarga apabila salah satu anggota keluarganya terjerat oleh Narkoba antara lain sebagai berikut:
a. Mencemarkan nama baik keluarga
b. Kurang menjaga sopan santun bahkan melawan kepada orang tua
c. Tidak segan-segan mencuri uang bahkan menjual barang-barang berharga yang ada di rumah
d. Kurang menghargai harta milik orang lain.

4. Dasar hukum tindak pidana narkoba
Dasar hukum tindak pidana narkoba antara lain
a. Undang-Undang Nomor: 22 Th. 1997 tentang Narkotika
b. Undang-Undang Nomor: 5 Th. 1997 tentang Psikotropika
c. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 8/Menkes/Pen/IV/1997 tentang minuman keras, dan
d. Undang-Undang Nomor: 8/1997 tentang KUHAP


Lebih lengkap mengenai Narkoba


  

Kehihidupan anak kost

1. Latar Belakang

Kehidupan anak kost yang berasal dari daerah lain atau kota lain yang biasa dikatakan dengan anak pendatang, sangat berbeda dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini contohnya bisa kita lihat dari segi sosial, budaya mereka dari asal mereka sendiri dan ekonomi mereka sangatlah jauh berbeda dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini. Sehingga mau tak mau mereka yang berasal dari daerah lain atau kota lain harus bisa menyesuaikan dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini. Tentu saja dengan tidak melupakan sistim sosial dan budaya mereka masing – masing. Karena jika mereka melupakan budaya mereka sendiri, berarti mereka tidak menyenangi budaya daerah mereka sendiri.

Masalahnya yang kita tahu, sampai sekarang ini, makin lama seseorang yang tinggal di daerah lain atau kota lain yang mereka tinggali saat ini. Mereka justru akan melupakan budaya dan sistim sosial mereka sendiri. Contohnya bisa kita lihat dari segi bahasa. Misalnya saja antara bahasa di jawa tengah, dengan bahasa di jawa timur sangatlah jauh berbeda, Karena bahasa orang jawa tengah di kenal dengan gaya bahasa yang halus. Sedangkan bahasa orang jawa timur dikenal dengan gaya bahasa yang agak – agak kasar. Sehingga apabila ada seorang mahasiswa yang kebetulan berasal dari jawa tengah yang sudah terbiasa dengan bahasa yang halus, ketika ia mendengar pembicaraan antara orang jawa timur dengan orang jawa timur ia akan menganggap bahwa orang itu sedang bertengkar atau dengan anggapan yang lain. Sedangkan anggapan bagi orang jawa timur dia akan mengganggap pembicaraan itu biasa – biasa saja.

Hal seperti itulah yang kiranya dapat dapat mempengaruhi kehidupan anak kost, mereka akan berfikir jika mereka tidak menyesuaikan cara ataupun sistim sosial dan budaya daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini khususnya daerah jawa timur ( Surabaya ) mereka akan merasa kurang percaya diri. Hal yang dapat menyebabkan kurangnya raya percaya diri yaitu kebanyakan dari orang akan mengganggap, orang manakah itu kok logat bahasanya bukan logat jawa timur. Dengan adanya anggapan seperti itu akan memacu keinginan mereka untuk menguasai logat bahasa jawa timur.

Dengan lamanya seseorang yang tinggal di daerah lain yang bukan merupakan daerahnya sendiri mereka akan cenderung lupa dengan budaya mereka sendiri. Karena jika mereka tinggal lama di daerah lain mereka akan terbiasa dengan sistim sosial dan kebudayaan daerah, yang mereka tinggali untuk sekarang ini.

Membuat Proposal

  

Gerak Air Laut Di Samudera Pasifik

1) Di sebelah utara khatulistiwa
(a)
Arus Khatulistiwa Utara, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa dan ditimbulkan serta didorong oleh angin pasat timur laut.
(b)
Arus Kuroshio, merupakan lanjutan arus khatulistiwa utara karena setelah sampai di dekat Kepulauan Filipina, arahnya menuju ke utara. Arus ini merupakan arus panas yang mengalir dari utara Kepulauan Filipina, menyusur sebelah timur Kepulauan Jepang dan terus ke pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini didorong oleh angin barat.
(c)
Arus Kalifornia, mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara ke arah selatan menuju ke khatulistiwa. Arus ini merupakan lanjutan arus kuroshio, termasuk arus menyimpang (pengaruh daratan) dan arus dingin.
(d)
Arus Oyashio, merupakan arus dingin yang didorong oleh angin timur dan mengalir dari selat Bering menuju ke selatan dan berakhir di sebelah timur Kepulauan Jepang karena ditempat ini arus tersebut bertemu dengan arus Kuroshio (terhambat oleh kuroshio). Di tempat pertemuaan arus dingin Oyashio dengan arus panas Kuroshio terdapat daerah perikanan yang kaya, sebab plankton-plankton yang terbawa oleh arus Oyashio berhenti pada daerah pertemuaan arus panas Kuroshio yang hangat dan tumbuh subur.

2) Gerak Air Laut Di sebelah selatan khatulistiwa
(a)
Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat tenggara.
(b)
Arus Humboldt atau Arus Peru, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir di sepanjang barat Amerika Selatan menyusur ke arah utara. Arus ini merupakan arus menyimpang serta didorong oleh angin pasat tenggara dan termasuk arus dingin.
(c)
Arus Australia Timur, merupakan lanjutan arus khatulistiwa selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur dari arah utara ke selatan (sebelah timur Great Barrier Reef).
(d)
Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian arus Australia timur yang mengalir menuju ke timur (pada lintang 30 ° - 40 °LS) dan sejajar dengan garis ekuator. Arus ini didorong oleh angin barat.


Selengkapnya tentang LAUT DAN PESISIR


  

Zona Pesisir dan Zona Laut

Tahukah Anda yang dimaksud zone. Zone itu dapat diartikan daerah atau wilayah.
1.
Zona Pesisir Berdasarkan kedalamannya zona pesisir dapat dibedakan menjadi 4 wilayah (zona) yaitu :
a.
Zona “Lithoral”, adalah wilayah pantai atau pesisir atau “shore”. Di wilayah ini pada saat air pasang tergenang air dan pada saat air laut surut berubah menjadi daratan. Oleh karena itu wilayah ini sering disebut juga wilayah pasang surut.
b.
Zona “Neritic” (wilayah laut dangkal), yaitu dari batas wilayah pasang surut hingga kedalaman 150 m. Pada zona ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari sehingga wilayah ini paling banyak terdapat berbagai jenis kehidupan baik hewan maupun tumbuhan-tumbuhan, contoh Jaut Jawa, Laut Natuna, Selat Malaka dan laut-laut disekitar kepulauan Riau.
c.
Zona Bathyal (wilayah laut dalam), adalah wilayah laut yang memiliki kedalaman antara 150 hingga 1800 meter. Wilayah ini tidak dapat ditembus sinar matahari, oleh karena itu kehidupan organismenya tidak sebanyak yang terdapat di zona meritic.
d.
Zona Abysal (wilayah laut sangat dalam), yaitu wilayah laut yang memiliki kedalaman lebih dari 1800 m. Di wilayah ini suhunya sangat dingin dan tidak ada tumbuh-tumbuhan, jenis hewan yang hidup di wilayah ini sangat terbatas.
Untuk lebih memahami penjelasan di atas perhatikan gambar berikut ini.
Klasifikasi wilayah laut menurut kedalamannya


Selengkapnya tentang LAUT DAN PESISIR

  

(3) Latihan Soal IPA SD kelas 5, untuk menghadapi ujian nasional dari bank soal

A, B, C, D, E

F. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Apa yang dimaksud dengan gaya?
2. Apa saja pengaruh yang ditimbulkan oleh gaya?
3. Apa yag dimaksud dengan pesawat sederhana?
4. Jelaskan sifat-sifat cahaya yang kamu ketahui.
5. Apa yang kamu ketahui tentang periskop?
6. Bagaimana proses terjadinya pembentukan tanah?
7. Apa yang dimaksud dengan benua? sebutkan nama-nama benua yang kamu ketahui.
8. Coba jelaskan terjadinya daur air.
9. Apa saja kegiatan-kegiatan manusia yang memengaruhi daur air?
10. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghemat air?

G. Pilihlah jawaban yang benar.
2. Organ pernapasan yang berfungsi sebagai penghubung antara hidung dan paru-paru ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1                 c. 3           
b. 2                 d. 4

3. Hewan yang bernapas dengan paruparu dan pundi-pundi udara adalah ....
a. ikan                   c. katak
b. cacing               d. burung

4. Organ pencernaan yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan adalah ....
a. rongga mulut                 c. usus halus
b. lambung                       d. usus besar

5. Proses pencernaan di lambung dibantu oleh enzim ....
a. pepsin                  c. amilase
b. tripsin                 d. lipase

6. Kekurangan yodium pada makanan dapat menyebabkan penyakit ....
a. kwashiorkor
b. gondok
c. busung lapar
d. diare

7. Jantung terdiri atas ... ruang.
a. satu                 c. tiga
b. dua                 d. empat

8. Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan karena tumbuhan memiliki ....
a. plastida
b. epidermis
c. zat hijau daun
d. akar

9. Zat hijau daun disebut juga ....
a. kloroplas                 c. stomata
b. klorofil                    d. xilem

10. Tumbuhan bawang menyimpan cadangan makanan pada ....
a. batang                 c. daun
b. akar                   d. buah

11. Bunglon akan sulit diamati jika berada di pohon karena ....
a. ukurannya sama dengan pohon
b. bentuknya sama dengan pohon
c. ekornya seperti batang pohon
d. warna tubuhnya sama dengan pohon

12. Tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara ....
a. warna bunga menarik
b. menghasilkan kelenjar madu
c. bunganya harum
d. batangnya tebal berongga

13. Kemampuan beradaptasi pada bunglon adalah ....
a. memutuskan ekornya
b. berubah warna tubuh sesuai lingkungan
c. mengeluarkan tinta hitam
d. memiliki duri

14. Kain yang bahannya terbuat dari bulu domba adalah ....
a. kain wol
b. kain katun
c. kain sutra
d. kain famatex

15. Jarum kompas selalu mengarah ke utara dan ke selatan karena ....
a. jarum kompas adalah magnet
b. terbuat dari baja
c. terdapat pegas di dalam kompas
d. dipengaruhi gaya gravitasi

16. Pesawat sederhana berikut merupakan contoh pengungkit adalah ....
a. kapak                  c. eskalator
b. sekrup                 d. sekop

17. Untuk mempermudah mengambil air dari sumur, sebaiknya menggunakan pesawat sederhana jenis ....
a. pengungkit                     c. roda
b. bidang miring                 d. katrol

18. Dasar kolam kelihatan dangkal. Ini menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ....
a. merambat lurus
b. menembus benda bening
c. dapat dipantulkan
d. dapat dibiaskan

19. Sifat bayangan pada kamera adalah ....
a. tegak diperkecil
b. tegak diperbesar
c. terbalik diperbesar
d. terbalik diperkecil

20. Tanah terbentuk dari batuan yang mengalami proses ....
a. sedimentasi
b. pelapukan
c. pembakaran
d. penggemburan

21. Tanah yang digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah adalah ....
a. tanah humus
b. tanah liat
c. tanah berpasir
d. tanah vulkanik

22. Berdasarkan hasil pemotretan pesawat Apollo pada tanggal 17 Desember 1972, bumi berbentuk ....
a. bulat seperti bola
b. bulat lonjong
c. datar
d. bulat dan pepat di kutubnya

23. Bencana yang terjadi karena daur air terganggu adalah ....
a. kekeringan
b. kebakaran hutan
c. gempa Bumi
d. serangan hama tumbuhan

24. Kegiatan berikut yang bertujuan mencegah banjir adalah ....
a. membuat tanggul
b. membuang sampah di selokan
c. membakar sampah
d. menanam padi

25. Faktor yang memengaruhi gaya gravitasi adalah ....
a. bentuk benda                 c. berat benda
b. warna benda                  d. jenis benda

26. Jendela umumnya menggunakan kaca karena kaca merupakan benda yang ....
a. dapat ditembus cahaya
b. memberikan keindahan
c. mudah didapat dan murah harganya
d. mudah dipakai dan tahan lama

27. Baju yang dipakai berwarna merah karena ....
a. benda tersebut menyerap warna merah saja
b. benda tersebut memantulkan semua cahaya
c. semua warna cahaya diserap oleh benda itu
d. benda tersebut hanya memantulkan cahaya merah saja

28. Tanah kebun banyak mengandung ....
a. humus
b. pasir
c. lempung
d. sisa-sisa tumbuhan

29. Alat pengukur gempa adalah ....
a. motor listrik
b. dinamo meter
c. seismograf
d. termometer

30. Kegiatan manusia yang bertujuan untuk mencegah tanah longsor adalah ....
a. membuat tanggul
b. membuang sampah di selokan
c. membakar sampah
d. menanam pohon

H. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Sebelum masuk ke lambung, makanan harus melalui saluran pencernaan, yaitu ....
2. Zat mineral yang dapat membantu pembentukkan tulang adalah ....
3. Kentang merupakan makanan yang banyak mengandung ....
4. Jika pembuluh darah mengalami penyempitan akan mengakibatkan ....
5. Zat yang dihasilkan dari proses fotosintesis adalah ....
6. Burung pipit merupakan hewan pemakan ....
7. Ketika menebang bambu, harus berhati-hati karena dapat menyebabkan gatal yang diakibatkan oleh ....
8. Padi menyimpan cadangan makanan dalam ....
9. Kayu yang dibakar akan berubah bentuk menjadi ... yang berwarna ....
10. Sesuatu yang menyebabkan benda bergerak disebut ....
11. Alat pengukur gaya disebut ....
12. Gunting termasuk pesawat sederhana jenis ....
13. Alat optik yang digunakan oleh kapal selam untuk mengamati daerah di permukaan laut adalah ....
14. Warna cokelat pada peta menunjukkan ....
15. Air tidak akan habis karena mengalami ....

Soal lainnya ....

 

Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas 11 orang. Cara memainkannya dengan tangan (digiring dan dilempar), kemudian berusaha memasukkan bola ke gawang lawan untuk mendapatkan nilai. Permainan bola tangan merupakan perpaduan dari permainan sepak bola (jumlah pemain dan lapangan) dan permainan bola basket (dipantul-pantulkan dan dilempar).

Permainan bola tangan menggunakan lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut.
1. Panjang lapangan : 90 – 110 meter (disebut garis samping).
2. Lebar lapangan : 55 – 65 meter (garis belakang).
3. Lebar gawang : 7,32 meter.
4. Tinggi gawang : 2,44 meter.

Bola yang digunakan dalam permainan bola tangan berbentuk bulat dengan lapisan luar dari kulit yang lentur. Lapisan dalam terbuat dari karet ataupun sejenisnya. Ukuran berat bola adalah 425 – 475 gram (putra), dan 325 – 400 gram (putri). Keliling bola adalah 34 – 56 cm (putri), dan 58 – 60 cm (putra).

Untuk melakukan permainan bola tangan ini harus menguasai teknik permainan yang ada. Berikut ini akan dijelaskan teknik permainan bola tangan.
1. Teknik Dasar Lempar Tangkap Bola (Passing) Teknik dasar lempar tangkap bola ada dua macam sebagai berikut.
a. Passing dengan dua tangan terdiri atas
1) operan setinggi dada (the two hand chest pass);
2) operan atas kepala (the overhead pass);
3) operan pantulan (the bounce pass);
4) operan ayunan bawah (the underhand pass);
5) operan bergulir di tanah (the underhand pass).

b. Passing dengan satu tangan terdiri atas
1) operan samping (the side arm pass);
2) operan belakang (reverse pass);
3) operan lompat (the jump hand pass).

Ada dua macam permainan umum bola tangan yang umum dimainkan, yaitu bola tangan dengan 11 orang pemain dan bola tangan dengan 7 orang pemain. Di Inggris terdapat bentuk yang ketiga, yaitu bola tangan dengan 5 orang pemain.

2. Teknik Dasar Menggiring
Menggiring atau mendribel bola adalah upaya membawa bola dengan cara memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu atau dua tangan. Pada permainan bola tangan seorang pemain diperkenankan melangkah sebanyak 3 langkah sambil memegang bola setelah memantulkan bola pada saat berlari. Namun, diperbolehkan juga menggiring seperti pada permainan bola basket. Kegunaan menggiring adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.

3. Teknik Dasar Menembak (Shooting)
Menembak (shooting) adalah upaya seorang pemain untuk memasukkan bola ke gawang. Ditinjau dari posisi badannya terhadap papan maka shooting dibedakan sebagai berikut.
a. Menembak dengan sikap berdiri (standing shoot).
b. Menembak dengan sikap melayang (flying shoot).
c. Menembak sambil menjatuhkan badan ke depan (dive shoot).
d. Menembak sambil membalik (reverse shoot).

4. Bermain dengan Menerapkan Peraturan
a. Cara memainkan bola adalah sebagai berikut.
1) Pemain boleh menghentikan, menangkap, melempar, dan menyentuh bola dengan tangan, kepala, badan, paha, dan lutut.
2) Membawa bola paling banyak tiga langkah dan bola harus dipantulkan.
3) Menahan bola paling lama 3 detik.
b. Aturan bermain di daerah gawang adalah sebagai berikut.
1) Penjaga gawang bebas bergerak di daerah gawang.
2) Pemain yang menyerang memasuki daerah gawang hukumannya lemparan bebas.
3) Pemain bertahan memasuki daerah gawang hukumannya lemparan 14 m.
4) Bola di daerah gawang hak penjaga gawang.
5) Mengembalikan bola ke daerah gawang:
a) boleh melempar bola memasuki gawang;
b) tidak boleh menahan bola lebih dari 3 detik;
c) boleh membawa bola dengan berjalan di daerah gawang;
d) lemparan sudut kalau bola keluar.
c. Aturan untuk penjaga gawang adalah sebagai berikut.
1) Boleh melempar bola dengan segala cara.
2) Tidak boleh menahan bola lebih dari 3 detik.
3) Boleh membawa bola dengan berjalan di daerah gawang.
4) Tidak boleh membawa bola keluar dari gawang.

d. Terjadinya gol adalah sebagai berikut.
1) Gol terjadi apabila seluruh proyeksi bola melewati garis gawang.
2) Apabila terjadi gol permainan dimulai dari tempat lemparan permulaan.
e. Offside sebagai berikut.
1) Untuk regu bertahan, apabila di daerah offside terdapat lebih dari 7 pemain termasuk penjaga gawang, sedangkan bola dalam penguasaan regu yang bertahan.
2) Untuk regu penyerang, apabila di daerah offside terdapat lebih dari 6 pemain, sedangkan bola dalam penguasaan regu penyerang.
f. Lama permainan sebagai berikut.
1) Waktu permainan untuk putra adalah 2 × 30 menit dengan istirahat 10 menit atau 2 × 20 menit tanpa istirahat.
2) Waktu permainan untuk putri adalah 2 × 20 menit dengan istirahat 10 menit atau 2 × 15 tanpa istirahat.


Bermain dangan Menerapkan Peraturan

Setelah kita dapat melakukan teknik dasar permainan sepak bola maka dilanjutkan bermain dengan menerapkan peraturan. Dibagi menjadi dua regu, setiap regu terdiri atas 11orang pemain dan selebihnya sebagai pemain cadangan. Salah seorang menjadi wasit dan dua orang lain menjadi penjaga garis.

a. Apabila seorang pemain melakukan salah satu pelanggaran, hukumannya tendangan bebas (tendangan yang bebas dari gangguan lawan sekurang-kurangnya sejauh 9,15 meter), tetapi apabila pelanggaran tersebut dilakukan di daerah gawang pemain bertahan dan dilakukan oleh pemain bertahan itu sendiri maka hukumannya tendangan penalti. Pelanggaran tersebut adalah
1) menyepak lawan;
2) menjatuhkan lawan;
3) melompat pada lawan;
4) menerjang lawan secara kasar;
5) menerjang lawan dari belakang;
6) mencoba memukul lawan;
7) memegang lawan;
8) mendorong lawan.

b. Apabila salah satu aturan berikut dilanggar oleh pemain maka akan dihukum dengan tendangan bebas tidak langsung, antara lain sebagai berikut.
1) Bermain secara berbahaya, menendang dalam penguasaan penjaga gawang.
2) Menghalang-halangi lawan tanpa ada bola.
3) Menerjang penjaga gawang.
4) Penjaga gawang memegang bola di daerah gawang hasil operan dari kawannya.

c. Pemain harus diberi peringatan apabila
1) ia masuk ke dalam lapangan permainan untuk ikut bermain tanpa meminta izin dulu dari wasit;
2) jika ia berkali-kali melanggar peraturan permainan;
3) tidak setuju dengan keputusan wasit dengan mengeluarkan kata-kata kotor/kasar;
4) melakukan tindakan yang tidak sopan.
d. Pemain dapat dikeluarkan dari lapangan apabila
1) menghina wasit dengan kata-kata kotor;
2) memukul pemain lawan dengan sengaja;
3) secara sengaja berusaha mencederai pemain lawan;
4) mendapat dua kali kartu kuning dalam satu pertandingan.

Obat Perangsang (Stimulan)

Obat perangsang atau stimulan adalah obat-obatan yang dapat menimbulkan rangsang tertentu pada pemakainya. Obat ini bekerja dengan memberikan rangsangan terhadap otak dan saraf. Obat rangsang dapat berupa amphetamine atau turunannya. Stimulan yang sering beredar di pasaran adalah ekstasi dan shabu-shabu.
Pemakaian amphetamine sebagian besar dimanfaatkan untuk menekan nafsu makan berlebih, mengobati penderita hiperaktif, dan penderita narcolepsy, yaitu serangan rasa mengantuk berat yang tiba-tiba dan tidak terkontrol. Akan tetapi, stimulan juga banyak disalahgunakan dalam bentuk konsumsi di luar batas takaran yang dianjurkan.
Pada tahap awal pemakaian, akan timbul perasaan senang berlebihan, rasa percaya diri yang besar, dan semangat yang terlalu tinggi. Pada pemakaian dalam dosis berlebih akan menunjukkan gejala-gejala seperti kejang-kejang, panik, muntah-muntah, diare, bola mata membesar, halusinasi yang menakutkan, tidak dapat mengendalikan emosi, dan koma, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

a. Ekstasi
Ekstasi atau methylenedioxy amphetamine (MDMA) merupakan zat kimia turunan amphetamine yang memiliki reaksi yang lebih kuat dibandingkan dengan amphetamine. Ekstasi mempunyai rumus kimia C11H15NO2. Ekstasi juga disebut pil setan, karena pengaruhnya seperti setan yang merusak sistem saraf pusat dan sel-sel otak. Selain itu, pil ini juga dapat menyebabkan ketergantungan.

Ekstasi yang banyak diperdagangkan biasanya berupa kapsul berwarna kuning dan merah muda atau berupa tablet berwarna coklat dan putih. Ekstasi dapat dikategorikan sebagai kelompok obat yang mudah dimodifikasi struktur kimianya untuk memperoleh bahan aktif yang lebih ampuh khasiatnya.
Jika ekstasi diminum maka akan segera timbul gejala-gejala berikut.
1) Perasaan menjadi sangat gembira, tersanjung, bersemangat, dan puas diri serta menjadi lebih terbuka kepada orang lain.
2) Tubuh gemetar, gigi gemeletuk, keluar keringat dingin, dan detak jantung tidak normal.
3) Nafsu makan hilang, pandangan kabur, dan keluar air mata terusmenerus.
4) Badan panas luar biasa (hipertermia), yang apabila diikuti dengan minum terlalu banyak air akan menimbulkan ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh yang disebut dengan hipnotermia. Jika terjadi komplikasi dapat menimbulkan kematian.

b. Shabu-shabu
Salah satu turunan amphetamine yang lain adalah metamphetamine yang memiliki rumus kimia C10H15N. Zat ini juga dikenal sebagai shabu-shabu. Bentuknya yang berupa kristal tidak berwarna dan tak berbau sangat mudah larut dalam air. Shabu-shabu memiliki efek yang sangat keras pada susunan saraf. Efek yang dapat ditimbulkan cenderung lebih cepat dan lebih hebat daripada ekstasi. Secara psikis shabu-shabu dapat menimbulkan efek-efek berikut.
1) Timbulnya perasaan sehat, percaya diri, bersemangat, dan rasa gembira yang berlebihan.
2) Muncul perasaan berkuasa disertai peningkatan konsentrasi semu.
3) Nafsu makan menurun, sulit tidur, dan biasanya muncul halusinasi.
Mirip seperti jika mengonsumsi alkohol, pemakai ekstasi dapat dalam jangka lama dapat mengalami penurunan berat badan terus-menerus, kerusakan organ dalam, stroke, bahkan kematian. Jika orang sudah kecanduan, ia akan terus-menerus gelisah, ketakutan, sensitif, bingung, dan putus asa.

Zat Adiktif golongan Psikotropika

Narkotika + senyawa yang dapat memproduksi insensibilitas (perasaan tidak peduli) 

Zat adiktif dan Narkotika

Mendaur Ulang Kertas (Praktek)

Sedikitnya 250.000 pohon di bumi ini tiap hari ditebang untuk membuat kertas koran, belum terhitung yang lainnya untuk membuat buku, rumah, tusuk gigi, dan batang korek api. Padahal untuk tumbuh besar, setiap pohon memerlukan waktu sekitar 10 tahun.
Untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran, sebaiknya kita tidak menghamburkan kertas dan kayu supaya hutan yang ditebang pun berkurang, lalu kertas-kertas bekas yang ada kita olah dan didaur ulang menjadi kertas lagi.

A. Tujuan:
Pemanfaatan limbah kertas, menambah keterampilan

B. Alat dan Bahan:
1. kertas bekas (koran, majalah) kira-kira 50 gram,
2. blender/alat penghancur lainnya,
3. ayakan/kassa berbentuk segi empat,
4. kerangka kayu segi empat, besarnya sama persis dengan ayakan dan sesuai dengan kertas yang hendak kita buat.
5. wadah plastik segi empat,
6. papan triplek untuk alas,
7. kain/serbet untuk mengeringkan,
8. spon atau karet busa,dan
9. 3 liter air.

C. Proses Pembuatan:
1. Kertas bekas disobek kecil-kecil, kemudian direndam selama 4 – 12 jam. Lebih lama lebih baik supaya mudah hancur dan lebih lembut.
2. Sobekan kertas yang sudah direndam kemudian dimasukkan ke dalam blender sambil dituangkan air sebanyak satu liter sampai menjadi bubur kertas.
3. Bubur kertas tersebut dituangkan ke dalam ember yang berisi dua liter air, lalu diaduk sampai rata hingga tampak seperti adoan untuk membuat kue, sehingga bubur kertas menjadi encer.
4. Siapkan kerangka kayu yang telah ditumpuk dengan ayakan/kassa, masukkan kerangka kayu dan kassa ke dalam adonan bubur kertas.
Celupkan sampai seluruh kassa ayakan terendam.
5. Bila sudah rata, diangkat perlahan dengan posisi harus tetap datar sehingga permukaannya rata.
6. Disimpan di tempat yang datar, lalu kerangka kayu diangkat dan ditiriskan sampai air yang menetes habis.
7. Di atas kertas yang tercetak, kita simpan serbet/kain untuk mengeringkan. Kemudian di atasnya ditumpuk dengan papan/triplek untuk alas.
8. Dengan hati-hati papan triplek dibalik, sehingga posisi papan di bawah dan ayakan di atas.
9. Ambil spon/karet busa kemudian permukaan ayakan tadi ditekan-tekan sampai rata. Hal itu dilakukan untuk menyerap sisa air pada kertas daur ulang.
10. Angkat ayakan lalu serbet pelan-pelan kemudian jemur di tempat yang tidak terlalu terik.

Soal Latihan Geografi SMA

A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) pada huruf jawaban yang dianggap benar!

1. Manusia sebagai komponen dari suatu lingkungan akan selalu berinteraksi dengan komponen lingkungan yang lainnya, sehingga akan membentuk suatu sistem ekologi, yang dinamakan?
A. bioma                        D. kaidah alam
B. ekosistem                  E. rantai kehidupan
C. lingkungan

2. Manusia dan tanah merupakan jenis lingkungan yang bersifat?
A. biotik-biotik                       D. biotik-nonbiotik
B. biotik-nonfisik                    E. fisik-nonfisik
C. nonfisik-nonbiotik

3. Berikut ini termasuk komponen lingkungan yang bersifat nonfisik (biotik) adalah …
A. batu, tanah, air
B. manusia, air, dan tanah
C. manusia, hewan, dan tumbuhan
D. hewan, air, dan tumbuhan
E. suhu, air dan batu

4. Salah satu penyebab terjadinya pemanasan global, ialah…
A. meningkatnya kebakaran hutan
B. penggunaan AC dan kulkas yang berlebih
C. meningkatnya kadar CO2 di udara
D. banyaknya yang menggunakan kendaraan bermotor
E. banyaknya sektor industri

5. Hujan asam (H2SO4) disebabkan oleh zat pencemar sebagai berikut:
A. oksida belerang dan oksida nitrogen
B. CO2 dan karbon
C. oksida belerang dan CO2
D. oksida nitrogen dan CO2
E. CO2 dan O

6. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam aspek ekowisata ialah
A. lingkungan
B. masyarakat
C. pendidikan dan pengalaman
D. berkelanjutan
E. sosial ekonomi

7. Berikut adalah termasuk bencana lingkungan yang diakibatkan oleh ulah manusia, kecuali....
A. banjir
B. longsor
C. gempa bumi
D. penumpukan sampah
E. hujan asam

8. Peristiwa hilang atau terkikisnya tanah atau bagian tanah dari suatu tempat yang terangkut dari suatu tempat ke tempat lain, disebut....
A. banjir
B. erosi
C. sedimentasi
D. longsor
E. degradasi

9. Sesak napas, batuk, kering, racun bagi fungsi-fungsi darah dan lain-lain. Adalah bentuk penyakit yang dihasilkan oleh pencemaran
A. pencemaran air
B. pencemaran suara
C. pencemaran tanah
D. pencemaran udara
E. pencemaran tanah dan air

10. Segala sesuatu yang dilepaskan ke alam dan berakibat menurunnya kualitas lingkungan disebut....
A. polusi
B. bioma
C. ekosistem
D. erosi
E. berawan


B. Esai
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1. Jelaskan yang dimaksud dengan lingkungan dan jenisjenisnya!
2. Jelaskan bahwa hubungan antara manusia dan lingkungan sebagai suatu kesatuan!
3. Jelaskan pemanfaatan lingkungan yang berkelanjutan beserta contohnya!
4. Bagaimanakah persyaratan atau prinsip utama dalam ekowisata yang dikemukakan oleh Low Choy dan Heiborn (1996)?
5. Jelaskan yang dimaksud dengan sedimentasi dan erosi!
6. Jelaskan proses terjadinya pemanasan global!
7. Menurut Anda bagaimana seharusnya pemerintah dalam menangani permasalahan lingkungan yang kerap terjadi sampai saat ini?
8. Bagaimanakah agar pembangunan industri selaras dengan lingkungan?
9. Berikan komentar Anda mengenai kerusakan lingkungan yang sering terjadi saat ini?
10. Apa yang dimaksud dengan konsep penanganan DAS terpadu?


Istilah-istilah dalam bidang Geografi

Lahar : Aliran lumpur atau pasir, hasil dari campuran lava dengan air hujan.
Lakolit : Batuan yang bentuknya menyerupai lensa cembung.
Lapili : Material padat yang berukuran kelereng.
Lava : Aliran magma di permukaan bumi.
Lembah : Daerah rendah yang terletak diantara dua pegunungan atau dua gunung.
Lithosfer : Kulit bumi.
Litosfer : lapisan ini bersifat granitis terhadap lapisan sial (bagian atas) dan sima (bagian bawah).
Meteorologi : Ilmu yang mempelajari tentang ciri-ciri fisik dan kimia atmosfer.
Morfologi : Bentukan muka bumi
Oseanografi : Ilmu yang mempelajari masalah kelautan.
Over pupulation : Kelebihan penduduk
Pegunungan : Bagian bentuk bumi yang tinggi dan memanjang/deretan gunung.
Plato : Daerah dataran tinggi yang lapisan batuannya berbentuk horizontal dengan bagian atasnya rata.
Plutonik : Batuan beku dalam.
Pulau : Daratan yang dikelilingi oleh air/laut, dan dipengaruihi oleh angin laut.
Pulau endapan : Terbentuk dari hasil endapan.
Pulau Oceanis : Pula yang letaknya di tengah-tengah lautan dan tidak ada hubungannya dengan benua.
Shelf : Paparan
Shelf : Dasar samudera yang dangkal terletak sepanjang pantai yang perbatasannya rata-rata 200m.
Sills : Magma yang membeku bentuknya tipis dan lebar.
Sinklinal : Bagian litosfera yang terlipat ke bawah.
Sinklinal : Lembah yang berada di daerah pegunungan lipatan.
Slenk/graben : Bagian litosfera yang posisinya lebih rendah.
Tektonisme : Tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan berubahnya susunan atau letak lapisan kulit bumi secara mendatar dan vertikal.
Trog : Lembah yang dalam dan terdapat di dasar laut, bentuknya memanjang.
Vulkanisme : Aktifitas magma dari lapisan litosfera bagian dalam bergerak naik ke yang lebih atas.
Weashering : Pelapukan

Selengkapnya istilah dalam bidang Geografi A-K

SABET WAYANG

Yang dimaksud sabet yaitu gerak gerik wayang dalam garapan pakeliran. Di dalam prakteknya sabet menampilkan banyak vokabuler gerak, misalnya vokabuler gerak untuk berjalan, untuk perang, dan dibedakan menurut jenis manusia, raksasa, wanara, sarbosato, perampogan/barisan, dan sebagainya. Adapun jenis gerak dalam sabet di bagi menjadi dua: yaitu gerak murni dan gerak maknawi. Gerak murni adalah gerak di dalam sabet dari hasil pengolahan gerak wantah yang dalam pengungkapannya tidak mempertimbangkan suatu pengertian gerak dalam sabet tersebut, dan yang dipentingkan adalah faktor nilai keindahan dan kemantapan sabetnya.

Contoh:
Pakeliran gaya Surakarta:
sabet wayang kulit purwa adegan perang bambangan melawan cakil, bambangan dengan gerak gendiran.
Pakeliran gaya Jawatimuran:
adegan perang alusan atau perang kupu tarung, bambangan dengan gerakan menghindar serta kewalannya (tendangnya menyamping).

Gerak maknawi adalah gerak wantah yang sudah digarap dalam sabet, yang pengungkapannya mengandung suatu pengertian atau maksud di samping nilai keindahannya. Contoh pada saat adegan budhalan atau kapalan yaitu gerak para prajurit berkuda dengan menarik-narik tali kuda, di dalam adegan wayang perang yaitu pada gerakan membuang, membanting, menghantam, menggertak, menendang dan sabagainya. Adapun sabet sendiri dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu: tanceban, bedholan, solah.

Tanceban
Cepengan 
Pedoman Cepengan
Cepengan Nyempurit
Cepengan Sedeng
Cepengan Ngepok 
Cepengen Njagal
Bedholan dan Solah Wayang


Pedalangan merupakan salah satu rumpun Seni Pertunjukan yang “Multi Kompleks”

Pedalangan merupakan salah satu rumpun Seni Pertunjukan yang “Multi Kompleks”, karena dalam Pedalangan memuat berbagai persoalan yang terkait dengan berbagai macam aspek cabang seni lain seperti: seni tari, sastra, tatah sungging, seni rupa, seni suara, seni karawitan, seni tata panggung dan filsafat.
Persoalan Pedalangan juga terkait dengan aspek-aspek pemahaman pengertian dalang, sifat dalang, modal menjadi seorang dalang, klasifikasi dalang, fungsi dan gaya dalam pedalangan.

Adapun aspek yang terkait dengan Pewayangan meliputi: sejarah wayang, jenis wayang, wanda wayang, busana wayang, dan bentuk wayang.
Persoalan yang terkait dengan sastra pedalangan seperti sastra suluk, sastra lakon, sastra bentuk kakawin, sastra gending dan sastra anta wacana.

Selanjutnya Silsilah Wayang seperti: Silsilah Mahabarata didalamnya memuat silsilah Wiratha, Pandawa, Kurawa, dan Abiyasa. Silsilah Ramayana memuat silsilah Lokapala, Ayodya, Ngalengkadiraja. Silsilah Maespati, silsilah Shinta, dan Resa Seputra untuk pedalangan Jawatimur.

Sumber Cerita seperti Mahabarata, Ramayana, Lakon Wayang, Sumber Cerita Menak, Tipe Lakon dan Lakon Ruwatan.
Aspek yang terkait dengan masalah Cepengan Wayang, Teknik Menggerakkan Wayang, Tancepan Wayang dan Cara menyimping wayang, yakni masalah “Sabet” .
Unsur-unsur pedalangan yang terkait persoalan Tata Panggung seperti : Kelir, Blencong, Gedebog, Gawang, Kotak tempat menyimpan wayang, Keprak dan Eblek.

Tata Iringan Pedalangan yang didalamnya berbicara masalah persolan gending, penyajian gending, garap gending, dan intrumen gamelan yang digunakan untuk mengiringi Pedalangan.

Nanti kita akan belajar juga mengenai persoalan yang berkaitan dengan penulisan Naskah Pedalangan yang meliputi Naskah Pakeliran Padat dan Naskah Pakeliran Semalam Suntuk.


Istilah-itilah mengenai pedalangan

Abdi dalem : Pegawai kraton
Ada-ada : Vokal dalang yang menggambarkan suasana marah, semangat, tegang.
Adi luhung : Bernilai tinggi
Andupara : Aneh
Antawacana : Dialog dalam wayang kulit
Ayak : Salah satu bentuk gending Jawatimuran dan Jawatengahan
Babon : induk
Bendhengan : Vokal dalang yang menggambarkan suasana tegang, semangat dan marah.
Blarak : Daun kelapa
Blencong : Lampu penerang wayang kulit
Budalan : Adegan yang menggambarkan persiapan prajurit yang akan berangkat ke medan laga
Budri : Tatahan bentuk bulu seperti yang terdapat pada kumis, dada, tangan dan kaki
Buka : Bagian pembukaan gending
Brubuh : Adegan perang yang terletak di akhir cerita
Cerita Carangan : Cerita yang dikarang sendiri berdasarkan cerita baku
Cempala : Alat pemukul kotak wayang
Cempurit : Tangkai wayang yang terbuat dari tanduk kerbau
Deformasi : Perubahan bentuk
Dhodhogan : Sasmita dalang yang diawali dengan
Diprada : Dilapisi kertas emas
Di labuh : Dihanyutkan di laut
Disimping : Dijajarkan pada layar sebelah kanan dan kiri pukulan cempala ke kotak
Drojogan : Gawang untuk membentangkan kelir bagian atas
Emas-emasan : Jenis tatahan yang menyerupai bentuk emas
Gabahan : Bentuk mata seperti buah padi
Gadhingan : Salah bentuk gending Jawatimuran untuk mengiringi adegan pocapan
Gagahan : Gending yang disajikan sebelum pertunjukan di mulai
Gagrag : Gaya
Gamelan : Musik tradisional Jawa
Gapit : Tangkai pada wayang,
Gapuran : Adegan keputren setelah bedholan
Geger : Huru-hara, kerusuhan, kacau
Gelung cupit urang : Bentuk rambut pada wayang
Gemblung : Edan atau gila.
Gending : Deretan nada-nada yang sudah tersusun alur melodi musikalnya.
Gubahan : Jenis tatahan yang menyerupai bentuk hajat
Hoyan Jelaga : Kerak dari asap lampu/dian yang menggumpal dan menempel pada
Inggah : Bagian gending yang memunyai suasana sigrak, pernes dan lincah
Jagadan : Layar tempat memainkan wayang
Jagong : Menghadiri perhelatan/orang punya hajatan
Jamang : Ikat kepala
Jangkahan : Bentuk kaki lebar seperti sedang melangkah
Jangkang : Kulit bagian luar buah kepuh
Jek Dong : Nama lain wayang Jawatimuran
Katongan : Raja-raja
Kempyang : Bagian sisi kendang yang ukurannya lebih kecil
Keprakaan : Suara lempengan logam yang digantungkan pada kotak wayang
Ketawang : Salah satu bentuk gending yang satu gongan ada 18 sabetan balungan
Kombangan : Vokal singkat yang membaur dalam gending.
Kontemplatif : Mengalir
Krucilan : Salah satu bentuk gending Jawatimuran
Ladrang : Salah satu bentuk gending Jawatengahan yang satu gongan terdiri 32 sabetan balungan.
Lakon : Cerita yang dimainkan dalam wayang kulit
Lelana : Mengembara
Langse : Tirai yang terbelah di tengah sebagai pintu
Lanyap : Posisi dan bentuk wajah yang mendongak ke atas
Laras : Susunan nada dalam satu oktaf yang sudah terstentu tinggi rendah nadanya dan tata intervalnya.
Londho : Air yang telah disaring dari percampuran dengan abu hasil pembakaran jangkan
Luruh : Posisi dan bentuk wajah menunduk
Manggaran : Bagian pangkal sarung keris yang berbentuk melengkung pada satu sisi sedangkan sisi lain berbentuk lancip
Mbok-mbokan / Merong : Bagian gending yang mempunyai suasana agung
Mocopatan : Membaca buku babad yang berbentuk tembang
Mungkur : Berbalik menghadap ke belakang
Nggoleki : Mencari
Niyaga : Penabuh gamelan
Nyantrik : Berguru kepada seorang ahli
Ompak : Bagian gending yang digunakan untuk jembatan dari merong ke inggah
Pakem : Patokan
Panakawan : Tokoh pembantu, rakyat kecil, yang selalu mengikuti tokoh Ksatria
Pathet : Batas atau garis diperuntukan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan dibunyikannya gending.
Pelungan : Vokal dalang yang dilagukan dan membarung dalam gending Ganda Kusuma dalam Pedalangan Jawatimuran.
.Pathetan : Vokal dalang yang menggambarkan suasana tenang, agung, damai.
Pendhapa : Rumah besar tanpa pintu
Pocapan : Pengucapan cerita oleh ki dalang
Pringgitan : Ruang khusus untuk pementasan wayang
Ringgit : Wayang
Ruwatan : Salah satu ceritera dalam pedalangan yang berisi ritual pembebasan sukerta seseorang
Sajen : Salah satu perlengkapan yang berisi beras ketan, kelapa, pisang, benang lawe yang ditaruh didepan dalang
Samar : Kabur, remang, tidak jelas
Senthong : Ruang
Sendhon : Vokal dalang yang menggambarkan suasana sendu, sedih, melankolis.
Senggakan : Vokal oleh wirasuara dalam suasana riang.
Sesek : Salah satu bentuk penyajian irama dalam garap gending
Singgasana : Tempat duduk/kursi raja
Sisikan : Menghaluskan tatahan pada bagian pinggir/tepi
Slanggan : Gedebok untuk wayang klithik, terbuat dari bambu atau kayu yang diberi lubang sebesar tangkai wayang tersebut.
Sronen : Instrumen tiup / terompet. Sronen juga berarti sutu perangkat gamelan untuk kerapan sapi.
Sumping : Hiasan yang terletak di atas daun telinga
Suwuk : Bagian akhir gending
Tembang : nyanyi
Uncal kencana : Kelengkapan pakaian berupa tali yang pada bagian ujung diberi semacam pemberat terbuat dari logam
Uncal wastra : Kain selendang/sampur
Untu Walang : Jenis tatahan yang menyerupai gigi belalang, berderet berbentuk kotak kecil-kecil
Wanda : Penggambaran karakter
Wayang padhat : Salah satu bentuk kemasan pedalangan yamg meringkas pedalangan semalam menjadi kurang lebih satu jam

Arsip Blog

Berikut adalah arsip isi blog dari pertama dibuat sampai yang terakhir dan akan otomatis ditambahkan jika ada posting baru. Bisa dipilih berdasarkan label (atau kategori). Bisa diurutkan berdasarkan tanggal posting dari yang paling lama atau juga yang paling baru. Jika ada pertanyaan atau permintaan artikel silakan tinggalkan pesan. Kami juga bekerja sama dengan beberapa penulis untuk memberikan jasa penulis naskah drama, skenario, teater. Harga murah cocok untuk pelajar, juga cocok untuk profesional.



Loading....

Permainan sepak bola, bola tangan, bola basket, dan bola voli

Permainan Bola Besar

Permainan sepak bola, bola tangan, bola basket, dan bola voli hendaknya diajarkan mulai usia dini di mana fungsi otot anak baru dalam proses perkembangan. Di samping untuk membantu menyiapkan fisik anak, juga untuk menanamkan disiplin dalam diri mereka atas dasar rasa hormat dan patuh terhadap peraturan permainan. Menghormati lawan dan diri mereka sendiri juga merupakan salah satu perasaan yang dapat dibina melalui olahraga ini.

Setelah mempelajari materi permainan sepak bola, bola tangan, bola basket, dan bola voli, siswa diharapkan dapat
• melakukan gerakan menyundul bola pada permainan sepak bola;
• melakukan permainan bola tangan dengan peraturan sederhana;
• mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket;
• mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainanbola voli.

Permainan sepak bola, bola tangan, bola basket, dan bola voli merupakan permainan beregu yang penuh dengan kegembiraan karena di sana terdapat unsur kerja sama kelompok dan kompetisi.

• Heading
• Passing
• Dribble
• Shooting
• Taktik

A. Permainan Sepak Bola
1. Teknik Menyundul Bola (Heading)
Menyundul bola merupakan salah satu teknik dalam sepak bola. Faktor penting dalam menyundul bola adalah kekuatan otot leher.

Teknik menyundul bola dengan mengoper bola kepada teman pada jarak dekat yang berada di depan kita harus dilakukan dengan cepat menggunakan kepala bagian depan.

Dalam melakukan teknikmenyundul bola maka kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Pandangan mata tidak ke arah bola atau mata dipejamkan.
2. Otot-otot leher tidak dikuatkan, dagu tidak ditarik ke arah dada.
3. Perkenaan bola tidak tepat pada dahi, mengenai kepala di atas dahi.
4. Bola tidak tepat mengenai, tetapi mengenai kepala bagian samping.

2. Bermain dangan Menerapkan Peraturan

B. Permainan Bola Tangan
C. Permainan Bola Basket
D. Permainan Bola Voli



 

Kerajaan Kutai

Kehidupan Politik
Kerajaan Kutai di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur merupakan kerajaan Hindu pertama di Nusantara. Sumber utama Kerajaan Kutai ialah 7 buah batu tulis yang disebut Yupa. Prasasti ditulis dengan huruf Pallawa, bahasa Sanskerta, diperkirakan pada tahun 400 M (abad ke-5 M). Isi prasasti dapat diketahui bahwa raja yang memerintah ialah Mulawarman, anak Aswawarman dan cucu Kudungga. Disebutkan pula dalam prasasti bahwa raja Mulawarman memberikan hadiah 1.000 ekor lembu kepada kaum brahmana. Selain itu, juga disebutkan bahwa Aswawarman adalah wangsakarta (pendiri dinasti).

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa kerajaan Kutai telah mendapat pengaruh Hindu, tetapi Kudungga belum masuk Hindu karena nama Kudungga adalah nama asli Indonesia, sehingga ia tidak disebut Wangsakarta. Raja Mulawarman adalah raja terbesar dan telah memeluk agama Hindu.

Kehidupan Sosial-Ekonomi
Melihat bahwa letak Kerajaan Kutai pada jalur perdagangan dan pelayaran antara Barat dan Timur, maka aktivitas perdagangan menjadi mata pencaharian yang utama. Rakyat Kutai sudah aktif terlibat dalam perdagangan internasional, dan tentu saja mereka berdagang pula sampai ke perairan Laut Jawa dan Indonesia Timur untuk mencari barang-barang dagangan yang laku di pasaran Internasional.

Dengan demikian Kutai telah termasuk daerah persinggahan perdagangan Internasional Selat Malaka-Laut Jawa-Selat Makasar-Kutai-Cina atau sebaliknya.

Kehidupan Kebudayaan
Kehidupan kebudayaan masyarakat Kutai erat kaitannya dengan kepercayaan/agama yang dianut. Prasasti Yupa merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Kutai, yaitu tugu batu yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman Megalitikum, yakni bentuk Menhir. Salah satu prasasti Yupa menyebutkan suatu tempat suci dengan nama "Wapakeswara" (tempat pemujaan Dewa Siwa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masyarakat Kutai memeluk agama Siwa.


Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia dan peninggalan sejarahnya
Kerajaan Besar yang telah ada di Indonesia


Latihan soal IPS kelas 4 - dari bank soal - untuk menghadapi ujian sekolah

1. Salah satu kelemahan teknologi produksi masa lalu adalah ….
a. prosesnya lama                                      c. menimbulkan polusi
b. menggunakan tenaga mesin                     d. hasilnya jelek

2. Bahan baku pembuatan kertas adalah ….
a. karet                    c. kapas
b. kayu                    d. bambu

3. Teknologi pertanian masa kini dalam mengolah tanah menggunakan ….
a. bajak                     c. traktor
b. ani-ani                     d. kerbau

4. Industri tekstil adalah industri yang menghasilkan ….
a. kain                   c. mobil
b. ban                    d. kertas

5. Gerabah atau tembikar adalah barang-barang yang terbuat dari …
a. bambu                    c. tanah liat
b. kayu                    d. batu

6. Di bawah ini yang merupakan teknologi komunikasi masa lalu adalah ….
a. telepon                   c. kentongan
b. HP                     d. televisi

7. Jangkauan komunikasi masa lalu ternyata lebih …. dari jangkauan komunikasi masa kini.
a. dekat                    c. cepat
b. jauh                     d. mahal

8. Kain yang direntangkan berisi slogan, iklan atau berita yang perlu diketahui masyarakat umum disebut ….
a. spanduk                   c. tabloid
b. poster                     d. pamflet

9. Penemu telepon adalah seorang ilmuwan Skotlandia yang bernama ….
a. John Logie Baird                               c. M Glugielmo Marconi
b. Alexander Graham Bell                     d. Johannes Gutenberg

10. Berikut ini yang termasuk teknologi komunikasi dengan isyarat adalah ….
a. faximile                                             c. E-Mail
b. rambu-rambu lalu lintas                     d. Short Message Service (SMS)

11. Segala sesuatu yang digunakan sebagai alat angkutan disebut sarana ….
a. komunikasi                    c. transportasi
b. produksi                     d. konsumsi

12. Berikut ini yang tidak termasuk alat transportasi masa lalu adalah ….
a. andong                     c. gerobak
b. bendi                     d. mobil

13. Salah satu kelemahan alat transportasi masa lalu adalah ….
a. lambat                                         c. mahal
b. menimbulkan polusi                     d. rawan kecelakaan

14. Kapal yang dapat berjalan di bawah maupun di permukaan laut adalah ….
a. hoverkraf                    c. kapal selam
b. kapal feri                    d. kapal tanker


15. Perusahaan jasa penerbangan milik pemerintah adalah ….
a. Garuda Indonesia Airlines                     c. Lion Air
b. Mandala Airlines                                 d. Bouroq Airlines

1. Salah satu ciri masyarakat di pedesaan adalah ....
a. egois                               c. kurang peduli
b. indivudualis                     d. gemar bergotong royong

2. Pengangguran terjadi karena tidak tersedianya ....
a. modal                              c. lowongan pekerjaan
b. tenaga kerja                    d. tenaga ahli


3. Pengangguran dapat mengakibatkan hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. stress                           c. kemiskinan
b. kepuasan                     d. tindak kejahatan

4. Orang yang termasuk miskin atau di bawah garis kemiskinan yaitu orang yang tidak dapat memenuhi ….
a. kebutuhan pendidikannya                    c. kebutuhan pokoknya
b. kebutuhan tambahannya                     d. kewajibannya

5. Pengangguran akan terjadi jika ....
a. jumlah lulusan sama dengan jumlah lapangan kerja
b. jumlah lulusan lebih besar dari lapangan kerja
c. jumlah lulusan lebih sedikit daripada jumlah lapangan kerja
d. jumlah lapangan kerja lebih besar daripada jumlah lulusan

6. Pemberian Bantuan Tunai Langsung (BLT) merupakan akibat dari kompensasi kenaikan harga ….
a. sembako                    c. tarif dasar listrik
b. pulsa telpon                     d. bahan bakar minyak

7. Pemberian kartu Askes bagi masyarakat miskin bertujuan untuk
mengatasi masalah di bidang ....
a. pangan                          c. pendidikan
b. tenaga kerja                   d. kesehatan


8. Permasalahan yang terjadi di masyarakat baik pedesaan maupun perkotaan disebut ....
a. masalah sosial                     c. masalah umum
b. masalah politik                     d. masalah ekonomi

9. Orang dewasa yang tidak bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan disebut ....
a. kemiskinan                              c. pengangguran
b. setengah bekerja                     d. setengah pengangguran

10. Di bawah ini hal-hal yang dapat menimbulkan masalah akibat adanya pengangguran adalah ....
a. kaya                        c. gizi terpenuhi
b. sukses                     d. kemiskinan

11. Di bawah ini yang bukan menjadi penyebab pertikaian adalah ....
a. salah paham                     c. beda prinsip
b. emosi                               d. kerjasama

12. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial adalah ....
a. pemberian kartu askes
b. pemberian beras untuk raskin
c. pemberian bantuan modal usaha
d. pemberian penghargaan upakarti

13. Pemberian kartu askes berguna untuk ....
a. keluarga kaya                                        c. berobat untuk keluarga miskin
b. berobat gratis bagi semua                      d. untuk biaya umum

14. Dalam masyarakat kegiatan bersih desa sering disebut ....
a. bersih-bersih                     c. bersih desa
b. gotong royong                     d. bersih kampung

15. Dana kompensasi pengganti kenaikan BBM adalah ....
a. BOS                     c. Askes
b. BTL                     d. raskin

Terima kasih: Duta Pulsa - Persewaan Alat Pesta - Koleksi Abaya-Busana Muslim - Kerudung Murah

1. Bahasa yang digunakan oleh suatu masyarakat tertentu saja sebagai bahasa pergaulan disebut ….
a. bahasa nasional                    c. bahasa pergaulan

b. bahasa daerah                    d. bahasa internasional


2. Gempa bumi yang disebabkan oleh adanya pergeseran lapisan bumi disebut ….
a. gempa bumi vulkanik                    c. gempa bumi tektonik
b. gempa bumi runtuhan                     d. gempa bumi terban

3. Alat untuk mengukur kekuatan gempa disebut ….
a. pantograf                     c. geograf
b. biosgraf                     d. seismograf

4. Cairan panas yang ada di dalam perut bumi disebut ….
a. magma                     c. lahar
b. lava                     d. larva

5. Buku yang berisi kumpulan peta disebut ….
a. map                     c. denah
b. globe                     d. atlas

6. Tempat bertemunya air laut dan air sungai disebut ….
a. rawa                     c. delta
b. muara                     d. teluk

7. Sikap yang perlu dikembangkan untuk menunjukkan persatuan dalam keragaman budaya adalah ….
a. memandang rendah suku dan budaya lain
b. menganggap budaya sendiri sebagai budaya yang paling tinggi
c. mengutamakan kepentingan daerah di atas kepentingan negara
d. menerima keragaman suku bangsa dan budaya

8. Kalimat Bhineka Tungal Ika diambil dari kitab ….
a. Ramayana                     c. Mahabarata
b. Sutasoma                     d. Arjuna wiwaha

9. Candi Borobudur merupakan candi agama ….
a. Hindu                     c. Hindu Syiwa
b. Budha                     d. Hindu-Budha

10. Laut yang menjorok ke daratan disebut ….
a. semenanjung                    c. delta
b. teluk                     d. selat

11. Tanaman teh dan cengkih sangat cocok bila ditanam di ….
a. dataran rendah                    c. dataran tinggi
b. tepi pantai                    d. rawa-rawa

12. Berikut ini yang merupakan kerajaan Islam adalah kerajaan ….
a. Sriwijaya                     c. Samudra pasai
b. Majapahit                     d. Singasari

13. Tanah di pegunungan yang miring agar tidak mudah longsor dan banjir, dapat dibuat berundak-undak yang disebut ….
a. terasering                     c. tanah berundak
b. pematang                     d. reboisasi

14. Skala yang sering digunakan dalam mengukur kekuatan gempa adalah skala ….
a. Fahrenheit                    c. Seismograf
b. Richter                     d. Derajad

15. Relief adalah ….
a. batu bertulis
b. ukiran pada dinding candi
c. sisa makhluk hidup yang sudah membatu
d. peralatan yang digunakan manusia sejak jaman dulu

16. Tanaman yang cocok di daerah pantai adalah ….
a. tebu                           c. kopi
b. cengkeh                     d. kelapa

17. Warna coklat pada peta biasanya menunjukkan ….
a. gunung                              c. perairan
b. dataran tinggi                    d. dataran rendah

18. Bencana tanah longsor yang terjadi di berbagai wilayah indonesia disebabkan oleh ….
a. gunung meletus                            c. kemiringan tanah
b. hujan terus menerus                     d. hutan yang gundul

19. Tanjung adalah ….
a. daratan yang menjorok ke laut
b. laut yang menjorok ke daratan
c. laut sempit antara dua pulau
d. pertemuan antara air sungai dan air laut

20. Lambang Negara Indonesia adalah ….
a. Bhineka Tunggal Ika
b. Pancasila
c. Burung Garuda
d. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

21. Berikut ini adalah yang termasuk ternak hewan kecil adalah ….
a. ayam                    c. kambing
b. udang                     d. sapi

22. Pada peta berskala 1 : 250.000 jarak antara kota A dan kota B adalah 3 cm. Jarak sebenarnya antara kota A dan kota B adalah ….
a. 2,5 km                     c. 25 km
b. 6,5 km                    d. 7,5 km

23. Peta yang menampilkan data tertentu di suatu wilayah disebut peta ….
a. topografi                    c. numerik
b. umum                     d. tematik

24. Para pahlawan berjuang membela ....
a. penguasa                                     c. kebenaran dan keadilan
b. kepentingan pribadi                     d. kepentingan golongan

25. Tugas pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah ....
a. membangun fasilitas pendidikan
b. membenci negara yang pernah menjajah
c. belajar dengan tekun
d. menyerang negara yang pernah menjajah

26. Sikap berani mengakui kesalahan merupakan sikap terpuji dan ....
a. bertanggung jawab                    c. tercela
b. terindah                                    d. terkucilkan

27. Orang yang berjiwa besar jika mendapat kritik dan saran ....
a. akan marah kepada pengkritik                    c. tidak akan marah
b. menuntut pengkritik                                    d. akan acuh tak acuh

28. Berikut ini perbuatan yang harus dihindari jika terlanjur melakukan kesalahan adalah ....
a. selalu marah-marah
b. memperbaiki kesalahan
c. tidak marah jika dinasihati
d. tidak mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahan

29. Pada peta daerah, dataran rendah biasanya ditunjukkan oleh warna ....
a. biru                     c. coklat
b. hijau                     d. hitam

30. Tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah disebut ....
a. planetarium                     c. museum
b. glosarium                     d. laboratorium

31. Kebiasaan yang dilakukan manusia secara turun temurun disebut ....
a. agama                     c. budaya
b. perilaku                     d. adat istiadat

32. Berikut ini yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui
adalah ....
a. air                     c. minyak bumi
b. emas                     d. aluminium

33. Berikut ini yang merupakan sumber daya energi adalah ....
a. magan                    c. batubara
b. besi                    d. nikel

34. Sebuah peta dengan skala 1 : 500.000 akan diperbesar 2 kali lipat, maka skala baru setelah peta diperbesar adalah ....
a. 1 : 200.000                     c. 1 : 1.000.000
b. 1 : 250.000                     d. 1 : 1.500.000
35. Sumber daya alam yang tidak dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik adalah ....
a. air                             c. uap
b. gas alam                    d. tanah

36. Pemanfaatan dan pelestarian hutan dilakukan dengan cara ....
a. tebang habis                    c. tebang pilih
b. tebang terus                     d. tidak ditebang

37. Perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya disebut .…
a. skala                    c. peta
b. logika                     d. rasio

38. Perilaku manusia yang dapat merusak hutan adalah ….
a. tebang pilih                     c. mengolah limbah
b. tebang tanam                     d. ladang berpindah

40. Selat adalah ….
a. laut yang menjorok ke daratan
b. daratan yang menjorok ke laut
c. permukaan bumi yang menjorok ke atas
d. laut sempit antara dua pulau

41. Keuntungan dari gunung meletus adalah ….
a. air sungai makin jernih                    c. hewan-hewan banyak yang mati
b. menyuburkan tanah                    d. rumah penduduk terkena lahar

42. Pada peta berskala 1 : 500.000, panjang sungai Z adalah 7 cm. Panjang sungai Z sebenarnya adalah ….
a. 5 km                    c. 3,5 km
b. 35 km                     d. 7 km

43. Indonesia adalah lahan yang sangat subur karena letaknya dilalui oleh garis 0 derajat atau garis ....
a. bujur                     c. subur
b. khatulistiwa                     d. lintang

44. Berikut ini merupakan peninggalan sejarah bercorak Islam adalah ….
a. candi                    c. tugu
b. patung                     d. makam

45. Menghargai pahlawan yang paling penting adalah dengan cara ....
a. menjadikan namanya sebagai nama jalan
b. menabur bunga di makamnya
c. memuat gambarnya pada uang kertas
d. meneruskan cita-cita perjuangannya

1. Sumber daya alam merupakan anugerah Tuhan YME kepada manusia untuk ....
a. dihabiskan                                                c. disimpan agar awet
b. dimanfatkan sebaik-baiknya                     d. dibiarkan begitu saja

2. Bidang kegiatan ekonomi yang mengambil kekayaan alam dari dalam bumi disebut ....
a. pertanian                    c. perkebunan
b. perdagangan                   d. pertambangan

3. Berikut ini yang merupakan hasil hutan adalah ....
a. ikan                     c. pinus
b. udang                     d. teh

4. Usaha tambak udang dan bandeng biasanya terdapat di ....
a. pegunungan                    c. danau
b. pantai                             d. sungai

5. Agar-agar terbuat dari ....
a. garam                             c. mutiara
b. rumput laut                     d. kerang

6. Pabrik kertas menggunakan bahan baku ....
a. kapas                     c. bambu
b. kayu                     d. daun

7. Menurut pasal 33 UUD 1945, cabang-cabang produksi yang penting dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh ....
a. rakyat                    c. swasta
b. negara                     d. presiden

8. Simpanan yang dibayarkan anggota koperasi tiap bulan disebut ....
a. simpanan pokok                    c. simpanan sukarela
b. simpanan wajib                    d. simpanan rutin

9. Keadilan dalam lambang koperasi digambarkan oleh ....
a. roda                                     c. rantai
b. pohon beringin                     d. timbangan

10. Koperasi yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari para anggotanya dan masyarakat sekelilingnya disebut koperasi ....
a. produksi                    c. kredit
b. konsumsi                     d. serba usaha

11. Koperasi yang anggotanya beberapa koperasi primer disebut ....
a. pusat koperasi                    c. induk koperasi
b. gabungan koperasi                     d. kumpulan koperasi

12. Pembagian keuntungan koperasi berdasarkan ....
a. besar modalnya                    c. usia keanggotaannya
b. jasanya                               d. jabatannya

13. Kegiatan mengirim dan menerima pesan disebut ....
a. komunikasi                     c. transportasi
b. produksi                   d. informasi

14. Berikut ini yang merupakan contoh teknologi produksi adalah ....
a. tekstil                     c. traktor
b. pesawat                     d. mobil

15. Kelebihan teknologi masa lalu adalah ....
a. cepat                                         c. murah
b. bebas polusi udara                     d. tenaga mesin

16. Kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan produksi ukiran kayu adalah kota ....
a. Surakarta                    c. Jepara
b. Rembang                     d. Semarang

17. Pesawat udara dengan baling-baling besar di atas yang berputar secara mendatar disebut ....
a. Boeing                     c. Dakota
b. Airbus                     d. Helikopter

18. Bahan baku pembuatan ban adalah ....
a. karet                     c. kapas
b. kayu                    d. bambu

19. Proses mengolah benang menjadi kain disebut ....
a. menjahit                     c. memintal
b. mengobras                     d. menenun

20. Tahu, tempe, kecap dan kecambah terbuat dari ....
a. kacang hijau                     c. kacang panjang
b. kacang tanah                     d. kacang kedelai

21. Yang bukan merupakan masalah sosial yang ada di sekitar adalah ....
a. kemiskinan                     c. pengangguran
b. perbedaan suku                     d. kejahatan

22. Keluarga yang tidak harmonis, anak yang tidak terurus oleh orang tuanya,
merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya ....
a. kemiskinan                     c. kenakalan remaja
b. pengangguran                     d. kriminalitas

23. Banyaknya masalah sosial di sekitar kita menjadi tanggung jawab ....
a. orang tua                    c. pemerintah
b. guru                   d. pemerintah dan masyarakat

24. Yang bukan merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah sosial di masyarakat adalah ....
a. raskin                     c. Askeskin
b. BOS                    d. penghijauan

25. Kegiatan yang biasanya dilakukan untuk membantu masyarakat miskin seperti sembako murah, pengobatan gratis dan khitanan massal sering dinamakan kegiatan ....
a. PPL                     c. Bakti Sosial
b. KKN                     d. Bakti Masyarakat

26. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut ....
a. kegiatan ekonomi                    c. kegiatan distribusi

b. kegiatan produksi                    d. kegiatan konsumsi


27. Sebagian besar penduduk di daerah pantai bekerja sebagai ....
a. petani                    c. nelayan
b. pedagang                     d. buruh pabrik


28. Berikut ini yang merupakan contoh ternak hewan kecil adalah ....
a. ayam                     c. kerbau
b. kambing                     d. sapi

29. Tanaman tebu cocok ditanam di daerah ....
a. dataran tinggi                     c. tepi pantai
b. dataran rendah                    d. berhawa dingin

30. Berikut ini merupakan hasil usaha pertambangan, kecuali ....
a. besi                    c. minyak bumi
b. pasir kuarsa                     d. minyak kayu putih

31. Wilayah daratan yang memiliki ketinggian 0 - 200 meter di atas permukaan air laut disebut ....
a. dataran rendah                    c. perbukitan
b. dataran tinggi                    d. pegunungan

32. Badan usaha yang paling sesuai dengan kepribadian Indonesia adalah ....
a. pabrik                    c. pasar
b. toko                   d. koperasi

33. Koperasi yang memiliki badan hukum berhak melakukan tindakan ....
a. sosial                    c. hukum
b. politik                     d. ekonomi

34. Tokoh Indonesia yang bergelar Bapak Koperasi adalah ....
a. Ir. Soekarno                                      c. Soeharto
b. Drs. Mohammad Hatta                     d. Ki Hajar Dewantara

35. Gambar timbangan pada lambang koperasi memiliki arti ....
a. persahabatan yang kokoh                     c. keadilan sosial
b. usaha yang terus menerus                     d. kemakmuran rakyat

36. Keuntungan koperasi yang dibagikan kepada anggota pada akhir tahun disebut ....
a. deviden                    c. SHU
b. saham                     d. laba

37. Undang-undang yang mengatur tentang perkoperasian di Indonesia adalah ....
a. UU No. 12 tahun 1982                     c. UU No. 25 tahun 1992
b. UU No. 20 tahun 1992                    d. UU No. 25 tahun 1990

38. Tujuan didirikannya koperasi adalah ....
a. mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
b. mensejahterakan anggotanya
c. mensejahterakan pengurusnya
d. memajukan pembangunan masyarakat

39. Kekuasaan tertinggi koperasi berada pada ....
a. rapat anggota                     c. pengawas
b. pengurus                    d. penasihat

40. Proses mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi disebut ....
a. komunikasi                    c. produksi
b. transportasi                    d. teknologi

41. Salah satu kelemahan teknologi produksi masa lalu adalah ....
a. prosesnya lama                                     c. menimbulkan polusi
b. menggunakan tenaga mesin                   d. hasilnya jelek

42. Di bawah ini yang merupakan teknologi komunikasi masa lalu adalah ....
a. telepon                    c. kentongan
b. HP                     d. televisi

43. Berikut ini yang termasuk teknologi komunikasi dengan isyarat adalah ….
a. faximile                                             c. E-Mail
b. rambu-rambu lalu lintas                     d. Short Message Service (SMS)

44. Orang yang termasuk miskin atau di bawah garis kemiskinan yaitu orang yang tidak dapat memenuhi ....
a. kebutuhan pendidikannya                    c. kebutuhan pokoknya
b. kebutuhan tambahannya                    d. kewajibannya

45. Harga barang-barang kebutuhan yang terus naik dapat menyebabkan kemiskinan semakin ….
a. berkurang                    c. turun
b. bertambah                    d. stabil

Soal yang lain klik disini.
 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - 2021 | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Amanah JayaSteel, | Bisa Mulia |