Pengaruh kebudayaan India menyebabkan perubahan besar
dalam
kebudayaan Indonesia. Dengan adanya tulisan, di Indonesia mulai terdapat catatan
tentang peristiwa-peristiwa penting di sebuah wilayah kerajaan. Dengan demikian, sejak saat
itu bangsa Indonesia memasuki zaman sejarah. Masa pengaruh kebudayaan Hindu itu disebut
masa Indonesia Hindu. Masa Indonesia Hindu berlangsung sejak munculnya catatan tertulis
pertama hingga sekitar tahun 1500 Masehi, saat runtuhnya Kerajaan Majapahit. Masa
Indonesia Hindu disebut juga zaman kuno.
A. Proses Perkembangan Budaya Hindu-Buddha
1. Perkembangan agama dan budaya Hindu
Lahirnya agama Hindu ada hubungannya dengan kedatangan suku bangsa Arya ke
India. Bangsa Arya masuk ke India sejak 1500 SM melalui Celah Kaiber (Afghanistan) dan
mendiami Aryawarta (daerah yang berada di Lembah Indus, Lembah Gangga, dan Lembah
Yamuna di Dataran Tinggi Dekhan). Bangsa Arya kemudian mendesak ras Dravida
(penghuni asli India) dan terjadilah percampuran kedua ras suku bangsa tersebut.
Percampuran budaya antara kedua ras itu disebut peradaban Hindu atau hinduisme.
Agama Hindu adalah sinkretisme antara kebudayaan Arya dan Dravida yang
menyembah banyak dewa. Agama Hindu bersifat politeisme, artinya menyembah banyak
dewa. Setiap dewa merupakan lambang kekuatan alam. Beberapa dewa yang terkenal
adalah Trimurti (Brahma, dewa pencipta ; Wisnu, dewa pemelihara ; Syiwa, dewa
perusak), Pertiwi (dewi bumi), Surya (dewa matahari), Bayu (dewa angin), Baruna (dewa
laut), dan Agni (dewa api).
Kitab suci agama Hindu adalah
Weda, artinya pengetahuan, yang terdiri atas empat
bagian.
a. Rigweda, berisi syair pujian terhadap para dewa.
b. Samaweda, berisi syair dan nyanyian suci dalam upacara.
c. Yajurweda, berisi doa-doa pengantar sesaji dalam upacara.
d. Atharwaweda, berisi mantra untuk menyembuhkan orang sakit dan jampi untuk sihir
serta ilmu gaib mengusir penyakit dan para musuh.
Di India, paham Trimurti dikembangkan berpasangan dengan Trisakti yang meliputi:
a. Saraswati, permaisuri Brahma, melambangkan dewi kebijaksanaan dan pengetahuan;
b. Laksmi, permaisuri Wisnu, melambangkan dewi kecantikan dan kebahagiaan;
c. Parwati, permaisuri Syiwa, melambangkan dewi keberanian dan kegarangan (durga).
Umat Hindu memiliki beberapa kitab selain
kitab Weda yang mengandung ajaran Avatar (inkarnasi
dewa), yakni kitab Brahmana, Upanishad, Mahabharata, Bagawad Gita, dan Ramayana.
1. Kitab Brahmana berisikan interpretasi (penafsiran) ajaran keagamaan yang terkandung dalam Weda.
2. Kitab Upanishad berisikan pembahasan tentang Brahmana, kejadian alam semesta, serta Atman (jiwa)
dan cara kembalinya Atman kepada Brahman Sang Mahakuasa.
3. Kitab Mahabharata, ditulis oleh Begawan Wiyasa, berisikan tentang peperangan antarkeluarga Bharata
(Pandawa dan Kurawa) di Padang Kurusetra.
4. Kitab Bagawad Gita, bagian dari himpunan Mahabharata yang diartikan nyanyian dewa. Kitab ini berisi
nasihat Krisna kepada Arjuna di Kurusetra pada saat terjadi Perang Bharatayuda.
5. Kitab Ramayana ditulis oleh Mpu Walmiki yang berisi
kisah cinta Rama dan Shinta.
Orang Arya menciptakan kasta dengan pembagian sebagai berikut.
1. Brahmana, perlambang mulut, yakni golongan pendeta. Mereka dihormati sebagai penasihat raja.
2. Ksatria, perlambang tangan, yakni golongan ningrat atau bangsawan dan prajurit. Golongan ini
menjalankan pemerintahan.
3. Waisya, perlambang paha, yakni golongan pengusaha, pedagang, dan petani.
4. Sudra, perlambang kaki, terdiri atas orang-orang Dravida dalam masyarakat.
Setiap golongan wajib menempati kastanya masing-masing dan dilarang mengadakan perkawinan
antarkasta. Jika ini terjadi, seseorang akan dikeluarkan dari kastanya dan dimasukkan ke dalam kasta yang
lebih rendah.
Selain kasta-kasta tersebut, masih ada golongan yang dianggap lebih rendah lagi, yaitu paria atau
candala. Golongan ini ditempatkan sebagai hamba sahaya.
Untuk mencapai
nirwana, umat Hindu dapat melakukannya dengan tiga cara.
a. Manusia wajib menjalankan dharma (memenuhi kewajiban sebagai manusia), artha
(menjalankan pekerjaan sebagaimana mestinya), dan karma (tidak berlebihan merasakan
kenikmatan duniawi).
b. Bagi Triwangsa (brahmana, ksatria, waisya) wajib membaca kitab suci Weda.
c. Melakukan upacara keagamaan yang berupa upacara kurban (yajna besar dan yajna
kecil). Yajna besar, misalnya, penobatan raja, menghormati pemetikan buah pertama,
dan upacara menyongsong datangnya musim. Adapun yajna kecil, misalnya, sembahyang
di rumah sehari-hari, kelahiran anak, dan cukur rambut.
Agama Hindu mengenal adanya upacara pengorbanan, yaitu kurban Soma dan kurban
Asra Medha. Kurban Soma adalah upacara kebaktian yang terpandang suci di antara
seluruh kebaktian di dalam Weda. Soma adalah sejenis cairan minuman yang memberi sifat
kedewaan. Kurban Asra Medha adalah kurban kuda.
Upacara-upacara kebaktian Hindu
dilakukan oleh pejabat-pejabat agama, yaitu
a. Brahmana (pendeta) yang menjabat sebagai kepala upacara,
b. Hotri yang melagukan nyanyian keagamaan,
c. Udgatri yang menabuh bunyi-bunyian dengan nada tertentu, dan
d. Adhyarya yang menyiapkan tempat pemujaan dan tempat kurban serta persiapan
lainnya sambil membacakan mantra.
Agama Hindu mengajarkan beberapa hal, yaitu
a. hidup di dunia adalah samsara akibat perbuatan yang kurang baik;
b. adanya karma, yaitu hasil perbuatan yang kurang baik;
c. akibat karma, manusia akan mengalami reinkarnasi, yakni dilahirkan kembali dalam
wujud yang lebih rendah;
d. orang yang sempurna hidupnya akan
moksa, lepas dari samsara.
Untuk menjadi Hindu, seseorang harus
mendapat tali benang kasta (munya) yang diberikan
oleh brahmana (pendeta). Setelah itu, barulah
mereka melakukan caturasrama, yakni brahmacarin
(mencari ilmu kepada brahmana (pendeta),
grhasta (membentuk keluarga), wanaprasta
(meninggalkan rumah untuk bertapa), dan saniasin atau pariwrajaka (hidup mengembara,
meninggalkan kepentingan duniawi untuk menjadi bhiksu).
Tempat-tempat suci bagi orang Hindu India, antara lain, Kota Benares yang dianggap
sebagai kota dewa dan Sungai Gangga sebagai sungai yang suci. Agama Hindu mengalami
kemunduran sekitar abad ke-6 SM karena sebab-sebab berikut.
a. Kaum brahmana yang memonopoli agama dan upacara bertindak sewenang-wenang
dengan menarik kurban yang besar sehingga menimbulkan beban.
b. Lahirnya agama Buddha yang lebih demokratis untuk mencari nirwana sendiri tanpa
pertolongan orang lain yang diajarkan oleh Siddharta Gautama.
c.
Agama Buddha lebih terbuka tanpa membeda-bedakan manusia.
2. Perkembangan dan budaya Buddha
..