Petualangan Doraemon dan Nobita Part 1


 Di masa depan hiduplah sebuah robot kucing yang bisa berbicara dan mempunyai kantong ajaib yang mempunyai alat – alat yang canggih. Namanya adalah Doraemon, Dia kembali ke masa lalu karena di utus untuk menjaga seorang anak bernama Nobita. Nobita adalah anak yang nakal dan bertingkah semaunya sendiri. Tetapi kadang - kadang Nobita juga melakukan perbuatan yang baik.

 Pada suatu hari Nobita dan Doraemon melihat sebuah acara televisi, di situ ternyata berita tentang Naruto yang lagi berjuang mengalahkan musuh - musuhnya. Akhirnya Nobita dan Doraemon berniat untuk membantu naruto mengalahkan musuh - musuhnya. Sebelum Nobita dan Doraemon pergi ke kampung Konoha, Doraemon mengeluarkan HP BlackBerry dari kantong ajaibnya untuk BBM’an sama Naruto.

"Naruto kamu lagi ada dimana coy" Kata Doraemon.
"Gue lagi kencan sama Sakura coy, soalnya gue mau perang lagi coy... biasa perpisahan" Kata Naruto.
"Gaya loe coy, Loe parlu bantuan nggak..?" Kata Doraemo.
"Iya coy... Tapi Loe harus pergi minta bantuan sama Upin dan Ipin serta Si Unyil" Kata Naruto.
"Dimana itu" Kata Doraemon.
"Kalau Si Unyil di Indonesia, kalau Upin dan Ipin di Malaysia" Kata Naruto.
"Okey coy..." Kata Doraemon.

 Akhirnya Doraemon dan Nobita pergi ke Malaysia mencari Upin – Ipin yang ternyata mempunyai kekuatan Magic . Mereka ke Malaysia menggunakan baling – baling bambu. Di tengah perjalanan Doraemon hamper jatuh karena melihat sesosok kucing wanita di atas lantai 13. Pada saat Doraemon mendekati kucing tersebut ternya kucing itu adalah jelmaan dari siluman kucing. Ternyata Doraemon malah mengajak siluman kucing itu berkenalan.

Hai Siluman yang cantik, boleh kenalan nggak… “ Kata Doraemon “

Boleh.. Nama saya Sutiyem.. “ Kata Siluman Kucing “
Kalau saya Raden Mas Ganteng Doraemon… “ Kata Doraemon “

Woi Doraemon sudah jangan Genit, kita kan lagi ada misi mencari Someone… “ Kata Nobita “
Okey Brow… Tapi jangan ngomong bahasa Inggris brow, soalnya gue nggak ngerti karena gue biasanya makannya tahu tempe… hehehe… “ Kata Doraemon “
Bye Sutiyem.. Nanti BBM aku ya… “ Kata Doraemon lagi “

Setelah itu mereka melanjutkan perjalanannya...


 Beberapa jam kemudian akhirnya mereka sampai ke Malaysia. Mereka sedang mencari, mencari, dan mencari Upin dan Ipin. Setelah mereka berjalan ke sebuah desa durian runtuh, mereka melihat dua anak kecil yang sedang mengejar ayamnya si kakek. Setelah itu Doraemon ikut membantu Upin dan Ipin menangkap ayam itu dengan mengeluarkan alat berupa tangan yang super panjang. Setelah berusaha menangkap, ternyata yang tertangkap adalah si Upin dan Ipin. Upin dan Ipin pun marah kepada Doraemon karena telah salah menangkap dan ayamnya kabur dengan meledek si Upin dan Ipin.

"Woi Doraemon kenapa loe menangkap gue" Kata Upin dan Ipin.
"Maav coy Gue nggak sengaja, loe mau bantuin gue nggak jadi teman kami untuk membantu Naruto" Kata Doraemon.
"Siap, karena gue sudah mempunyai sundulan super kepala botak. Kata Upin dan Ipin.
"Mari kita berangkat ke Indonesia untuk menyusul orang kelima yaitu si unyil" Kata Nobita.

 Akhirnya mereka pergi ke Indonesia untuk ketemu sama Si Unyil.

Okey ceritanya bersambung dulu ya sobat...
Sampai jumpa dengan episode berikutnya...

Created By : Orang Kurang Normal.

Hapus Iklan di Dahlanforum sebagai pengingat

Posting ini adalah sebagai pengingat Hapus Iklan di -



Nilai-Nilai dan Etika



1. Definisi Nilai-Nilai
 Nilai-nilai ialah gagasan-gagasan yang tersirat dan tersurat tentang apa yang kita pandang sebagai ideal atau diinginkan. Akibatnya, nilai-nilai menentukan tujuan-tujuan dan tindakan-tindakan mana yang kita evaluasi sebagai “baik” Nilai-nilai kita membentuk keyakinan-keyakinan dan sikap-sikap kita, dan sebaliknya, keyakinan-keyakinan dan sikap-sikap kita membentuk nilai-nilai kita. Nilai-nilai merupakan norma atau panduan dalam berperilaku. Nilai-nilai juga sarat dengan emosi. Nilai-nilai mempengaruhi evaluasi kita tentang situasi-situasi dan memotivasi tindakan-tindakan yang kita lakukan.

 Sistem nilai ialah jejaring nilai-nilai yang kompleks yang dikembangkan oleh manusia baik secara individual maupun secara kolektif. Idealnya, nilai-nilai yang ada di dalam sistem nilai itu ialah sesuai, atau konsisten secara internal. Akan tetapi, beberapa konflik terdapat di dalam sistem nilai ini. Sebagai contoh, ketika manusia yakin bahwa “semua manusia adalah setara” dan secara bersamaan yakin bahwa “hanya manusia yang bekerja secara produktif yang dihargai,” nilai-nilai yang dianut itu tidak konsisten. Bagaimana menerjemahkan nilai-nilai ke dalam tindakan-tindakan?
Orientasi manusia terhadap nilai-nilai memberikan motivasi dan arah bagi perilakunya. Di dalam suatu sistem nilai, nilai-nilai individu cenderung ditata secara berjenjang. Bergantung kepada situasi, suatu nilai cenderung terjadi sebelum nilai lain ada.

 Pada satu level, manusia menyatakan nilai-nilainya dalam istilah yang agak abstrak. Akan tetapi ada level lain, manusia mentransformasikan nilai-nilai ke dalam tindakan-tindakan yang konkret. Pada umumnya manusia cenderung berspakat tentang nilai-nilai abstrak dean tidak besepakat tentang implikasi nilai-nilai itu dalam tindakan-tindakan yang konkret. Sebagai contoh, hampir setiap orang bersepakat tentang sucinya kehidupan. Akan tetapi, nilai-nilai yang mempertahankan sucinya kehidupan diterjemahkan ke dalam tindakan-tindakan yang berbeda yang berkaitan dengan aborsi : Orang-orang yang pro dan yang kontra terhadap aborsi yang sah yakin tindakan-tindakan mereka mendukung nilai-nilai mereka atas kehidupan. Pada contoh ini, orang-orang memegang suatu nilai bersama tetapi nilai-nilai itu diterjemahkan ke dalam arah tindakan yang berlawanan.

2. Definisi Etika
 Sementara nilai-nilai ialah keyakinan-keyakinan yang tersirat atau tersurat tentang apa yang manusia pandang sebagai baik, etika berkaitan dengan apa yang manusia pandang sebagai tepat atau benar. Etika merupakan standard yang mengarahkan perilaku seseorang. Berkaitan dengan etika dan nilai-nilai profesional, etika merupakan “nilai-nilai dalam tindakan”. Secara khusus, “etika pekerjaan sosial merupakan harapan-harapan atau keinginan-keinginan perilaku yang dikaitkan dengan tanggung jawab pekerjaan sosial”

A. Etika Mikro dan Etika Makro
 Mikro etika berkaitan dengan standard-standard dan prinsip-prnsip yang mengarahkan praktek. Etika makro atau etika sosial, “berkaitan dengan aturan-aturan dan nilai-nilai organisasi serta prinsip-prinsip etis yang mendasari dan membimbing kebijakan-kebijakan sosial”.
 Etika mikro memandu pekerjaan Tarcisia Mariana dengan Irma Damayanti. Pertanyaan yang dimunculkan oleh perspektif mikro tentang etika meliputi: Apakah selfdetermination mewujud terlebih dulu sebelum isu keselamatan muncul? Apakah penyampaian informasi tentang Ibu Irma Damayanti kepada seluruh anggota tim medis merupakan suatu pelanggaran kerahasiaan? Seandainya Ibu Irma Damayanti memiliki anggota keluarga, apakah mereka harus dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan? Pada sisi lain, etika makro berkaitan dengan konteks organisasional rumah sakit yang mempekerjakan Tarcisia Mariana dan kebiajkan-kebiajkan sosial tentang perawatan kesehatan. Isu-isu yang dimunculkan oleh etika makro meliputi bagaimana mendistribusikan secara merata sumber-sumber perawatan kesehatan yang terbatas, bagaimana memperluas cakupan perawatan kesehatan kepada semua warga negara, dan bagaimana serta kapan menghormati instruksi-instruksi tentang arah lebih lanjut dan keinginan hidup?

B. Perilaku Etis
 Perilaku etis merupakan tindakan-tindakan yang mempertahankan kewajiban-kewajiban moral dan ketaatan terhadap standard-standard praktek sebagaimana dinyatakan oleh kode etik. Kode etik berasal dari landasan nilai-nilai profesi. Dalam mendiskusikan tanggung jawab etis Max Weber, Levy mengatakan bahwa pekerja profesi harus akuntabel atas semua hasil dari tindakan-tindakan yang dapat diketahui sebelumnya. Praktek pekerjaan sosial yang beretika tidak diukur dari hasil praktek, tetapi praktek “melampaui syarat-syarat kompetensi.” Perilaku etis didasarkan atas suatu interpretasi terhadap penerapan nilai-nilai. Karena manusia menginterpretasikan hal-hal penting yang abstrak secara berbeda, mereka sering tidak bersepakat atas apa yang merupakan perilaku etis atau “tindakan-tindakan yang tepat.”

Keanekaragaman Hayati



Keanekaragaman Gen
 Variasi susunan gen pada satu spesies makhluk hidup.
Keanekaragaman Jenis
 Perbedaan-perbedaan pada berbagai spesies makhluk hidup di suatu tempat.
Keanekaragaman Ekosistem
 Hubungan timbal balik antara lingkungan biotik dan lingkungan abiotik.

Penyebaran Fauna Di Indonesia
1. Daris Wallace
 Membagi Fauna indonesia menjadi bagian oriental dan australia.
  • Daerah Oriental meliputi wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Contoh :
  1. Hewan Mamalia berukuran besar.
  2. Hewan Endemik (Di Daerah Tertentu)
  •  Daerah Australia meliputi wilayah Maluku dan Papua. Contoh :
  1. Fauna tipe Australia yang terdiri atas Burung Cendrawasih, Burung Kasuari, Kakaktua Raja, Burung Nuri, dan Kanguru Wallaby.
  2. Hewan Endemik pada daerah ini adalah Komodo di pulau komodo, dan Burung Cendrawasih di Papua.
2. Weber
 Ada daerah peralihan antara oriental dan australia.
  • Daerah Peralihan meliputi wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara. Contoh :
  1. Fauna tipe Peralihan yaitu : Babi Rusa, Kuda, Anoa, Kuskus, Komodo.

Virus (Virion)

Ciri-ciri Virus
 Salah satu ciri virus mirip dengan organisme parasit obligat, yaitu hanya dapat berkembangbiak dalam sel hidup. Akan tetapi,, berbeda dengan organisme parasit. Virus hanya memerlukan asam nukleat untuk berproduksi dan tidak melakukan aktivitas metabulisme di dalam tubuhnya.
Ciri- ciri virus lainnya :
  • Virus tidak bergerak
  • Tidak membelah diri
  • Tidak dapat diendapkan
  • Dapat di kristalkan
Struktur Virus :
  • Virus bersifat Aseluler (Tidak mempunyai sel)
  • Virus berukuran jauh lebih kecil
  • Virus hanya memiliki salah satu macam asam nukleat
Perkembangan Virus
 Untuk berkembangbiak, virus memerlukan lingkungan sel yang hidup. Ada 2 macam cara virus menginfeksi bakteri yaitu : Siklus Litik dan Siklus Lisogenik.

Manfaat Virus
  1. Membuat Hormon Insulin
  2. Melemahkan Bakteri
  3. Memproduksi Vaksin
Penyakit-Penyakit yang disebabkan oleh Virus
  • Penyakit Pada Manusia
  1. Influenza
  2. Flu Burung
  3. Campak
  4. Cacar Air
  5. Hepatitis 
  6. Aids
  • Penyakit Pada Hewan
  1. Poiyoma
  2. Adenovirus
  3. Ahabdovirus
  4. Retrovirus
  • Penyakit Pada Tumbuhan
  1. Mosaik
  2. Penyakit Kuning
  3. Daun Menggulung

IPA dan Cara Kerja Ilmuwan

Peristiwa alam memiliki pola dan keteraturan yang dapat diamati oleh manusia, sehingga manusia dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang alam. Dengan melakukan pencatatan dan pengamatan yang sistematis, manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan alam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bidang pertanian, perikanan, meteorologi, geologi, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan pentingnya pengamatan dan pencatatan terhadap peristiwa alam untuk meningkatkan pengetahuan dan kemajuan manusia.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) lahir dari olah karya budi manusia, yakni setelah manusia memanfaatkan kemampuan indera dan akalpikirannya. Olah karya budi merupakan aktivitas berpikir, bersikap dan pengembangan keterampilan. Aktivitas berpikir bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang benar. Lewat keterampilan menggunakan alat ukur, baik peralatan ukur yang canggih maupun tidak; manusia dapat memanfaatkan alat inderanya untuk mengoptimalkan kesadaran berpikir dalam mengamati, mengalami, menyelidiki gejala benda dan gejala kejadian. Seterusnya dengan menggunakan kemampuan olah pikir yang dimilikinya yakni dengan melakukan penggabungan antara hasil pengamatan indera dan penalarannya akan didapat pengetahuan yang mantap.

🥬 Dalam sejarah perkembangan ilmu, IPA berkembang semenjak manusia mengenal alam sekitar lewat berbagai kemampuan indera di atas, dan memperoleh bentuk yang meyakinkan setelah para ahli mengembangkan peralatan untuk melakukan pengamatan secara cermat. Mulai abad 16, para ahli telah dapat menghasilkan peralatan yang dapat digunakan untuk mengamati berbagai gejala alam dan sampai saat ini terus diperbaiki sehingga semakin hari semakin baik dan cermat.

🍧 Peristiwa alam merupakan peristiwa yang berulang setiap waktu, sehingga dengan memperhatikan keteraturan yang ada, manusia memulai memperhatikan gejala alam, melakukan pencatatan secara sistematis tentang apa yang telah terjadi, mengumpulkan catatan-catatan tentang gejala kebendaan dan gejala kejadian, mengelompokkan berbagai catatan tersebut ke dalam gejala yang sejenis, membedakan dan menghubungkan berbagai catatan peristiwa dan kejadian. Hasilnya antara lain pengetahuan manusia semakin hari menjadi semakin pesat perkembangannya.

🌼 Meskipun secara mikroskopis catatan kejadian yang dialami setiap hari berbeda, namun bila dikaji secara makroskopis dapat dapat dilihat bentuk keteraturan tersebut. Dari bentuk-bentuk keteraturan ini manusia dapat melakukan kajian yang mendalam tentang peristiwa yang telah terjadi, menghasilkan ide/gagasan dan merumuskan pengetahuan dalam bentuk verbal yakni dengan ungkapan kata maupun visual yakni dengan gambar. Rumusan pengetahuan yang telah dilakukan tersebut lalu dikaitkan dengan peristiwa lain yang sejenis dan akhirnya dapat berguna sebagai sarana untuk memahami peristiwa yang lebih luas dan kompleks. Tahap berikutnya manusia dapat melakukan ramalan terhadap peristiwa alam yang akan terjadi diwaktu mendatang.

💧 Dalam melihat keteraturan ini manusia menggunakan kemampuan berpikir, baik berpikir induktif, deduktif dan verifikatif. Berpikir induktif adalah berpikir yang diawali dari gejala-gejala khusus menuju pada usaha untuk memperoleh pengetahuan umum. Langkah berpikir ini dapat juga dijelaskan bermula dari fakta sampai diperoleh teori. Sebaliknya berpikir deduktif lawan dari berpikir induktif yakni merupakan bentuk kemampuan berpikir yang diawali dari gejala umum menuju pada gejala yang lebih spesifik/khusus atau berpikir bermula dari teori menuju ke ramalan. Verifikatif merupakan pola atau bentuk berpikir yang berusaha untuk melakukan pencocokan atas peristiwa yang sudah terjadi dengan peristiwa yang akan terjadi, yakni dari ramalan menuju fakta yang dapat dikumpulkan. Sebagai gambaran misalnya pada kelompok manusia yang peradabannya masih primitif gejala erupsi gunung, gerhana matahari, gerhana bulan mulanya merupakan gejala alam yang manakjubkan dan cenderung dianggap keanehan bahkan mengarah pada kepercayaan takhayul. Apabila terjadi gerhana maka aktivitas keseharian perlu dihentikan untuk melakukan aktivitas ritual tertentu. Namun demikian setelah dilakukan pencatatan tentang kejadian tersebut secara teratur gejala gerhana tersebut merupakan peristiwa yang biasa dan dapat terjadi berulang setiap tahun. Bahkan dengan telah ditemukan alat optis yang berupa teropong gejala tersebut dapat dilakukan prediksi dengan tepat kapan akan terjadi lagi dan daerah mana saja yang akan mengalami peristiwa tersebut. Hal yang sama juga dapat terjadi, misalnya kapan terjadinya peredaran komet Halley para ahli astronomi telah dapat menduga dan melaporkan kejadiannya. Lewat perekaman gambar dan pencatatan kejadian tersebut, lalu dapat dilakukan peramalan terhadap gejala alam.
🌺 Berpikir ilmiah memerlukan cara kerja dan alur berpikir yang khusus untuk mengembangkan proses dan kemampuan penalaran. Ada dua cara pengembangan berpikir dalam IPA yang seringkali juga disebut logika, yakni berpikir induktif dan deduktif.

🦢 Berpikir Induktif, merupakan berpikir dari hal yang khusus ke hal yang umum. Pengamatan menempati kedudukan yang penting dalam pengumpulan fakta. Penalaran lewat fakta empiris memiliki posisi yang menentukan dalam perolehan pengetahuan tentang IPA, oleh sebab itu fakta-fakta tersebut perlu didasari bukti. Di sinilah perlunya pencatatan terhadap gejala alam yang teramati. Dengan berpikir induktif manusia akan memiliki catatan-catatan yang teratur dan sistematis tentang gerhana bulan, gerhana matahari, gempa bumi, banjir dan sebagainya. Dari keteraturan gejala, dan tidak-ragu-ragu lagi tentang catatan fakta tersebut maka dihasilkan suatu teori tentang kejadian alam tersebut. Jadi berpikir induktif adalah proses berpikir yang bertolak dari fakta-fakta berulang dan dihasilkan generalisasi, yang berupa teori yang mantap.

👌 Persoalan baru dapat dipecahkan lewat teori yang telah dirumuskan secara umum tersebut. Penerapan teori yang berlaku umum pada situasi baru inilah yang disebut berpikir deduktif. Dengan kata lain berpikir deduktif adalah proses menerapkan teori hasil generalisasi pada persoalan baru untuk mendapatkan kebenaran ilmiah. Oleh sebab itu, hasil generalisasi dari fakta harus tidak diragukan lagi kebenarannya.

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 1 + Jawabannya

KUMPULAN SOSL-SOAL AGAMA ISLAM

1.    Manusia sebagai khalifah di muka bumi diberi potensi agar dapat memelihara, memanfaatkan dan memakmurkan dunia ini untuk kepentingan manusia itu sendiri. Berikut ini merupakan perilaku sebagai khalifah adalah ....
A.    menjadikan lingkungan sekolah menjadi asri dan nyaman
B.    memiliki keterampilan yang memadai untuk dipatenkan
C.    membuat kegiatan yang bersifat hedonis
D.    berkepribadian yang memukau teman
E.    banyak membantu pihak tertentu

2.       Perhatikanlah pernyataan berikut ini!
1)    Sebagai makhluk sosial, manusia saling berhubungan.
2)    Berbagi peran dan tanggung jawab dalam bermasyarakat.
3)    Bergaul harus dilandasi saling sayang menyayangi.
4)    Saling memberi manfaat dan saling melindungi.
5)    Peduli terhadap sesama dalam kehidupan.
Pernyataan yang merupakan contoh perilaku yang sesuai dengan Asma al husna   Ar Rahīm (الرحيم  terdapat pada nomor  ... .
A.    1, 2  dan 3
B.    1, 3  dan 4
C.    1, 4  dan 5
D.    2, 4  dan 5
E.    3, 4  dan 5
Pernyataan yang merupakan contoh perilaku yang sesuai dengan Asma al husna Ar Rahīm adalah nomor C, yaitu pernyataan 1, 4, dan 5. Perilaku saling berhubungan, saling memberi manfaat, dan peduli terhadap sesama sesuai dengan sifat Ar Rahīm yang berarti Maha Pengasih dan Penyayang.

3.    Ajaran Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berperilaku demokratis sebagaimana terkandung dalam QS. asy-Syura (42): 38. Berikut ini contoh perilaku demokrasi yang sesuai dengan ayat tersebut di atas adalah…
A.    saling mempertahankan adat istiadat
B.    menghargai orang tua
C.    berdakwah dengan cara yang benar
D.    saling menghormati antar pemeluk agama
E.    saling menghormati dan menghargai pendapat orang lain

4.    Ajaran Islam mendorong umatnya supaya menguasai Iptek setinggi mungkin sesuai dengan kebutuhan hidup manusia, hai ini dijelaskan di dalam kitab suci al-Quran.
Berikut ini tugas Anda dalam pengembangan iptek, yaitu ....
A.    beribadah dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan
B.    bersosialisasi dengan kehidupan di sekitar masyarakat
C.    meiahirkan kreativitas, produktifitas, dan inovasi daiam iptek
D.    dapat menggunakan jaringan internet untuk pelajaran di sekolah
E.    memiliki berbagai macam keterampilan yang dibutuhkan

5.    Beriman kepada Allah SWT adalah rukun iman yang pertama. Setiap mukmin harus mengenal dan memahami sifat-sifat Allah SWT dalam Al Asmaul Husna. Salah satu sifat dalam Al Asmaui Husna adalah sifat AI-Quddus yang artinya adalah…
A.    Maha Esa                                                                                
B.    Maha Suci                                                                                    
C.    Maha Kuasa                                                                                                            
D.    Maha Bijaksana                                                                                                    
E.    Maha Pengampun

6.    Berikut ini pernyataan yang termasuk hikmah beriman kepada malaikat, kecuali
A.    Menambah keyakinan akan kebahagiaan akhirat    
B.    mengingat akan adanya balasan Allah -SWT  
C.    menghindari keinginan untuk berbuat dosa
D.    manusia tidak akan lepas dari pengawasan malaikat
E.    menghindari sikap sombong dan keras kepala

7.    Al Qur'an berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, di dalamnya memuat berbagai ajaran yang terangkum dalam beberapa ajaran pokok. Berikut ini yang bukan merupakan isi pokok Al Qur'an adalah…
A.    aqidah                                                                                                        
B.    jinayat                                                                                                      
C.    syari'ah                                                                                                          
D.    akhlak                                                                                                    
E.    jihad
A. Aqidah adalah keyakinan yang menjadi dasar bagi seorang muslim dalam menjalankan ibadah dan bersikap terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya.
B. Jinayat adalah hukum pidana Islam yang mengatur tindak kejahatan dan sanksi yang diberikan terhadap pelaku kejahatan tersebut.
C. Syari'ah adalah aturan atau hukum yang diambil dari sumber-sumber hukum Islam yang mengatur tata cara beribadah, kehidupan sosial, hukum pidana, dan lain-lain.
D. Akhlak adalah tata cara berperilaku atau etika yang baik dan benar yang harus dimiliki oleh seorang muslim dalam berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan sekitarnya.
E. Jihad adalah upaya untuk berjuang atau bersungguh-sungguh dalam rangka mempertahankan agama Islam dan membela kebenaran. Jihad bisa dilakukan dengan cara fisik maupun non-fisik, seperti berjuang dalam medan perang, berdakwah, dan memberikan bantuan kemanusiaan.

8.    Kitab suci yang dibawa para rasul memberi bukti bahwa Allah SWT dengan ajaran-ajaran-Nya menyayangi umat manusia. Berikut ini hikmah beriman kepada kitab Allah SWT, yaitu ...
A.    sebagai tambahan motivasi
B.    agar manusia mudah beradaptasi
C.    jalan menuju kebahagiaan dalam kehidupan
D.    agar mampu mengembangkan diri dalam meniti karier
E.    dinamisator kehidupan bermasyarakat
Hikmah beriman kepada kitab Allah SWT adalah sebagai jalan menuju kebahagiaan dalam kehidupan, karena kitab Allah SWT merupakan sumber pedoman hidup yang menyediakan berbagai petunjuk untuk mengarungi kehidupan dunia dengan baik dan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki.

9.    Kita tidak boleh membeda-bedakan rasul Allah karena...
A.    para rasul diciptakan pada zaman yang berbeda
B.    para rasul mengajarkan hal yang baru
C.    para rasul mengajarkan agama tauhid
D.    wajar ada perbedaan ajaran yang dibawa para rasul
E.    para rasul-rasul itu hanya 25 orang
Kita tidak boleh membeda-bedakan rasul Allah karena mereka semua adalah utusan Allah SWT yang diutus untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada manusia. Meskipun ada perbedaan dalam tugas-tugas mereka dan waktu di mana mereka diutus, namun semua rasul Allah memiliki misi yang sama, yaitu menyampaikan ajaran tauhid dan menunjukkan jalan yang benar kepada manusia. Oleh karena itu, kita harus menghormati dan menghargai semua rasul Allah tanpa membedakan mereka.

10.    Seorang rasul adalah nabi yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu Allah SWT kepada umat-Nya. Dari pernyataan tersebut, yang tidak termasuk sikap beriman kepada Rasul Allah, adalah ...
A.    meyakini adanya rasul Allah                                                                                          
B.    mematuhi risalah atau ajarannya                                                                                  
C.    melaksanakan seruan atau ajakannya                                                                            
D.    giat bekerja mencari rezeki yang halal                                                                            
E.    mencontoh keteladanan sikap para rasul
Jawabannya D. giat bekerja mencari rezeki yang halal tidak termasuk sikap beriman kepada Rasul Allah. Meskipun bekerja mencari rezeki yang halal sangat dianjurkan dalam Islam, hal ini tidak berhubungan langsung dengan sikap beriman kepada Rasul Allah.

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 2 + Jawaban


1.    Hari kiamat pasti akan datang, namun hanya Allah-lah yang tahu kapan kiamat akan terjadi, kewajiban manusia adalah mengimaninya, Berikut ini merupakan tanda-tanda berirnan kepada hari akhir, kecuali...
A.    mengabaikan ibadah karena mengganggu konsentrasi
B.    tetap beramal meski kondisi terasa semakin sulit
C.    sangat berhati-hati dalam menjalani kehidupan
D.    terus berinfak baik diminta maupun tidak
E.    shalat dikerjakan walaupun letih/sakit

2.    Di bawah ini merupakan perilaku orang yang beriman kepada hari akhir....
A.    memiliki rasa khouf terhadap ancaman siska dari Allah SWT
B.    selalu berbuat baik supaya nanti mendapatkan kebaikan pula
C.    selalu taat dan patuh kepada semua orang
D.    bergaul dengan orang tertentu saja
E.    tak mau bergaul dengan orang kafir

3.    Setiap muslim wajib meyakini akan terjadinya hari akhir, dan hai ini dapat dilihat dari sikapnya yang menunjukkan iman kepada hari akhir, yaitu ....
A.    selalu santai dalam melakukan setiap kegiatan
B.    tergesa-gesa daiam menyelesaikan tugas pribadi
C.    percaya diri sehingga tidak mau mendengar masukan
D.    berhati-hati dan selalu menjaga diri dari perbuatan maksiat
E.    percaya diri dan selalu optimis sehingga tidak perlu bantuan orang lain

4.    Kelompok orang-orang yang berhak menerima zakat disebut...
A.    muzaki  
B.    Mualaf
C.    musafir  
D.    Zakat
E.    Mustahik

A. Muzaki: Orang yang memberikan zakat, yaitu harta yang dikeluarkan untuk dibagikan kepada golongan yang berhak menerima (mustahik) dalam rangka membantu meringankan beban kehidupan mereka.

B. Mualaf: Orang yang memeluk agama Islam setelah sebelumnya beragama lain.

C. Musafir: Orang yang melakukan perjalanan jauh minimal 80 km atau lebih, dengan maksud tertentu misalnya untuk berdagang, bekerja, atau berwisata.

D. Zakat: Salah satu rukun Islam yang mewajibkan umat Muslim untuk mengeluarkan sebagian harta yang dimilikinya untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima (mustahik).

E. Mustahik: Golongan yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin, orang yang terlilit hutang, anak yatim, janda, dan lain sebagainya.

5.    Setiap manusia harus menerima segala ketentuan Allah dan menerapkannya dalam kehidupan   sehari-hari. Berikut ini yang tidak termasuk hikmah beriman kepada qadha dan qadar, adalah..
A.    senantiasa berikhtiar dan berdo'a
B.    menumbuhkan sikap optimis dalam hidup                                                                          
C.    meningkatkan sikap hidup yang produktif                                                                          
D.    meningkatkan sikap hidup yang qana'ah                                                                      
E.    meningkatkan iman kepada hari akhir
Menurut saya yang tidak termasuk hikmah beriman kepada qadha dan qadar adalah E) meningkatkan iman kepada hari akhir. Hikmah beriman kepada qadha dan qadar adalah kita dapat menghadapi segala cobaan dan musibah dengan sikap sabar dan ridha, serta tetap berusaha dan berdoa.

6.    Qadha ialah kehendak Allah SWT mengenai segala keadaan, kebaikan dan keburukan sesuai dengan yang diciptakan dan tidak akan berubah sampai terwujudnya kehendak tersebut. Sedangkan qadar adalah perwujudan kehendak Allah SWT terhadap semua makhluk-Nya dalam bentuk-bentuk dan batasan tertentu baik mengenai zat maupun sifatnya. Berikut ini yang termasuk takdir muallaq adalah ....
A.    jenis kelamin
B.    keimanan
C.    wafat
D.    orang tua
E.    kelahiran
Takdir muallaq adalah takdir yang bisa berubah, dan dipengaruhi oleh perbuatan manusia. Berdasarkan pilihan jawaban, yang termasuk takdir muallaq adalah B) keimanan.

7.    Ibu Aminah tukang cuci pakaian di beberapa rumah tetangga yang membutuhkan tenaganya, dia termasuk masyarakat miskin, tetapi ia selalu rajin bekerja dan berdoa mengharapkan anugerah Allah SWT., karena dia yakin Allah SWT akan memberikan kemudahan dan mengabulkan doanya. Perilaku dia seperti itu termasuk ... kepada Allah SWT.
A.    sabar                                                                                                        
B.    tawakal                                                                                                      
C.    husnuzhan                                                                                                            
D.    ikhlas                                                                                          
E.    taqwa
Perilaku Ibu Aminah termasuk tawakal kepada Allah SWT. Tawakal adalah sikap berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dan mengharapkan segala kebutuhan dan perlindungan hanya dari-Nya, namun tetap berusaha dan berikhtiar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

A. Sabar: adalah sikap menahan diri dan tidak cepat putus asa dalam menghadapi kesulitan, rintangan, atau cobaan dalam kehidupan. Sabar merupakan salah satu karakter positif yang sangat dihargai dalam Islam.

B. Tawakal: adalah sikap pasrah dan percaya sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi segala sesuatu. Tawakal mencakup usaha, doa, dan keyakinan bahwa hasil akhir adalah kehendak Allah.

C. Husnuzhan: adalah sikap berprasangka baik kepada sesama manusia dan merasa optimis bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Husnuzhan menumbuhkan rasa saling percaya dan harmoni dalam masyarakat.

D. Ikhlas: adalah sikap tulus dan ikhlas dalam melakukan segala sesuatu hanya untuk Allah semata. Ikhlas merupakan prinsip penting dalam Islam karena segala amal ibadah hanya akan diterima oleh Allah jika dilakukan dengan ikhlas.

E. Taqwa: adalah sikap bertakwa atau taat kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Taqwa merupakan dasar dari keimanan dan merupakan kunci kesuksesan di dunia dan akhirat.

8.    Salah satu contoh akhlak karimah adalah memiliki sikap baik sangka terhadap teman-temannya. Dalam istilah akhlak sikap tersebut dikenal dengan...
A.    ihsan                                                                                                        
B.    khusnuzhon                                                                                                            
C.    adil                                                                                                        
D.    amanah                                                                                                                      
E.    roja 

A. Ihsan adalah konsep dalam Islam yang mengajarkan manusia untuk beribadah dengan kesadaran bahwa Allah senantiasa mengawasi dan mengetahui setiap perbuatan dan pikiran mereka. Ihsan berarti melakukan ibadah dengan sepenuh hati dan kesadaran, serta dengan keyakinan bahwa Allah selalu hadir dalam setiap aspek kehidupan manusia.

B. Khusnuzhon adalah sikap positif dan optimis terhadap orang lain. Dalam Islam, khusnuzhon dianjurkan sebagai prinsip dasar dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Sikap khusnuzhon mengajarkan manusia untuk menganggap orang lain baik dan berakhlak baik, kecuali jika ada bukti yang menunjukkan sebaliknya.

C. Adil berarti berlaku adil dan merata dalam berbagai hal, baik dalam memenuhi hak-hak manusia maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam Islam, adil merupakan prinsip yang sangat penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik.

D. Amanah berarti bertanggung jawab dan jujur dalam menjalankan tugas atau amanah yang diberikan. Dalam Islam, amanah dianjurkan sebagai prinsip dasar dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam hal pekerjaan, bisnis, maupun dalam hubungan sosial.

9.    Berikut ini merupakan sikap orang yang telah bertaubat…
A.    senantiasa bersenandung istigfar
B.    kata-katanya mengandung penyesalan                                                                            
C.    meninggalkan teman-teman pergaulannya                                  
D.    meningkatkan amal ibadah di sisi Allah                                        
E.    terlihat lebih alim dalam pakaian
Jawaban yang benar adalah D, yaitu meningkatkan amal ibadah di sisi Allah. Orang yang telah bertaubat akan berusaha meningkatkan amal ibadahnya dan menjauhi perbuatan dosa serta selalu beristighfar dan berdoa memohon pengampunan dari Allah SWT.

10.    Ahmad merupakan anak yang suka minta maaf jika berbuat bersalah. Terkadang dia meneteskan air matanya, karena takut kepada azab Allah SWT. Dia sering bangun malam untuk shalaf tahajud untuk menambah ibadahnya. Kisah ini menggambarkan bahwa Ahmad sedang membiasakan…
A.    bersyukur
B.    bersabar
C.    bertawakal
D.    bertaubat
E.    beriman
Jawaban yang benar adalah D, yaitu bertaubat. Ahmad sedang memperbaiki dirinya dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadahnya, bangun malam untuk shalat tahajud, serta menangisi dosa-dosanya. Hal ini merupakan bentuk bertaubat dan memperbaiki diri untuk lebih dekat dengan Allah SWT.

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 3

1.    Aisyah selalu besar hati dalam segala hai, meskipun daiam keadaan susah, banyak masalah, dia senantiasa berharap kepada Allah SWT untuk mendapatkan pertolongan dan ridha-Nya. Melalui pernyataan itu, dapat disimpulkan bahwa Aisyah termasuk orang yang selalu ... kepada Allah SWT.
A.    raja'                                                                                                    
B.    sabar                                                                                                              
C.    tawakal                                                                                                    
D.    taubat                                                                                                          
E.    iman

C. Tawakal adalah sikap percaya dan bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam segala urusan. Tawakal merupakan salah satu dari empat pilar iman yang terdapat dalam hadis Jibril.
D. Taubat adalah bertaubat atau kembali kepada Allah dengan sungguh-sungguh setelah melakukan dosa atau kesalahan. Taubat merupakan salah satu bentuk pengakuan dosa dan penyesalan yang diiringi dengan tekad untuk memperbaiki diri di masa yang akan datang.
E. Iman adalah keyakinan yang kuat terhadap keesaan Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat dan qadha' dan qadar Allah SWT. Iman merupakan salah satu dari enam rukun iman yang wajib dipercayai oleh umat Islam.


2.    Perhatikan pernyataan di bawah ini yang kandungan isinya bermakna taubat dan raja'
1) Mengharap ridha Allah SWT
2)  Tafakur kepada alam semesta
3) Berjanji untuk tidak mengulangi dosa
4)  Berusaha secara sungguh-sungguh
5)  Selalu berserah din kepada Allah SWT
Pernyataan yang termasuk sikap raja'adalah nomor... .
A.    1 dan 2
B.    1 dan 3
C.    1 dan 4
D.    1 dan 5
E.    2 dan 5

3.    Amin siswa kelas X SMK, dia termasuk anak yang faham dan mengamalkan ajaran agama dengan baik. Contohnya, apabila dia berwudu menggunakan air seperlunya, menggunakan uang jajan seperlunya bahkan dia dapat menabung di koperasi sekolah. Sikap yang dilakukan oleh Amin menunjukkan tidak berlebih-iebihan. Sikap berlebihan dalam ilmu akhlak dikenai dengan ....
A.    raja'
B.    sabar
C.    tamyiz
D.    syirik
E.    israf

A. Raja' adalah doa yang diucapkan oleh seseorang kepada Allah SWT dengan memohon sesuatu yang diinginkan, namun tetap berada dalam kerangka ketaatan dan ketundukan kepada Allah.
B. Sabar adalah sikap menahan diri dan tetap tenang dalam menghadapi cobaan atau kesulitan, serta tetap berusaha untuk menjalankan kewajiban dan meningkatkan kualitas diri.
C. Tamyiz adalah kemampuan untuk membedakan antara yang benar dan salah, baik dan buruk, halal dan haram, serta mampu memilih yang terbaik untuk diambil atau dilakukan.
D. Syirik adalah dosa besar dalam agama Islam yang berarti mempersekutukan Allah dengan sesuatu atau seseorang, seperti menyembah berhala atau manusia.
E. Israf adalah perbuatan memboroskan harta atau sumber daya yang dimiliki tanpa kepentingan yang jelas atau melebihi batas yang seharusnya. Israf termasuk salah satu perbuatan tercela dalam agama Islam.

4.    Abdullah merupakan siswa yang seialu membeli HP keluaran terbaru, walau HP yang lama masih bagus untukdipakai. Pola hidup Abdullah menunjukkan sikap ...
A.    riya                                                                                                                
B.    hasud                                                                                                            
C.    tabzir                                                                                                      
D.    inanah                                                                                                          
E.    muflish

A. Riya adalah perbuatan menampakkan ibadah atau amal kepada orang lain semata-mata untuk mendapatkan pujian atau penghargaan, bukan karena ingin mendekatkan diri kepada Allah.
B. Hasud atau dengki adalah perasaan iri terhadap orang lain karena memiliki sesuatu yang diinginkan sendiri atau merasa lebih baik daripada orang lain.
C. Tabzir adalah perbuatan membuang-buang harta dan sumber daya yang dimiliki tanpa tujuan yang jelas atau tidak bermanfaat.
D. Inanah adalah kepercayaan yang salah atau tidak benar terhadap sesuatu yang diyakini, baik itu terhadap keyakinan agama maupun hal-hal lainnya.
E. Muflis adalah seseorang yang kekurangan harta sehingga tidak mampu untuk membayar hutang atau membayar zakat wajib yang seharusnya ia keluarkan.

5.    Berlari-lari kecil antara bukit shofa dan marwa disebut...
A.    ihram
B.    Tawaf
C.    wukuf
D.    Tahalul
E.    Sa’i 

A. Ihram adalah suatu kondisi suci yang harus dipenuhi oleh jamaah haji atau umrah sebelum melakukan rangkaian ibadah tertentu. Kondisi ihram dicapai dengan mengucapkan niat dan melakukan beberapa tindakan seperti mengenakan pakaian ihram dan melakukan beberapa pembatasan tertentu.

B. Tawaf adalah salah satu ritual ibadah dalam Islam yang dilakukan dengan mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram sebanyak tujuh kali. Tawaf merupakan bagian penting dalam ibadah haji dan umrah.

C. Wukuf adalah berhenti atau tinggal di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah bagi jamaah haji. Wukuf merupakan salah satu rukun dalam ibadah haji yang harus dilaksanakan oleh jamaah haji pada saat itu.

D. Tahalul adalah melepas ihram yang dilakukan oleh jamaah haji setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji, termasuk melontar jumrah akhir dan menggundulkan rambut kepala. Setelah melakukan tahalul, jamaah haji diperbolehkan melakukan beberapa hal yang sebelumnya dibatasi saat dalam kondisi ihram.

E. Sa'i adalah ritual ibadah dalam Islam yang dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa'i dilakukan setelah tawaf dan merupakan bagian dari rangkaian ibadah umrah dan haji.

6.    Pernyataan berikut yang termasuk fungsi Hadits terhadap AI-Qur'an adalah ...
A.    Menetapkan hukum-hukum yang baru                                  
B.    Menjelaskan ayat-ayat yang bersifat umum                              
C.    Mengurangi jangkauan suatu ayat hukum                              
D.    Meluruskan ayat yang mengandung kekurangan                  
E.    Menambahkan ketentuan dari suatu ayat

7.    Dalam kehidupan sehari-hari masih banyak masalah yang belum ada hukumnya. Untuk itu, para ulama berupaya menetapkan hukum dengan tetap mengacu kepada Al Qur'an dan As Sunnah. Ketetapan hukum yang dihasilkan para ulama tersebut dinamakan ....
A.    qiyas                                                                                                                
B.    istishlah                                                                                                          
C.    tafsir                                                                                                          
D.    ihtihsan                                                                                                              
E.    ijtihad
Jawaban: E. Ijtihad.

A. Qiyas
Qiyas merupakan istilah dalam fikih Islam yang berarti menetapkan hukum suatu perkara yang belum ada ketentuannya dalam Al-Qur'an maupun Hadis, dengan membandingkan perkara tersebut dengan perkara yang sudah ada ketentuannya dalam sumber-sumber hukum Islam tersebut.

B. Istishlah
Istishlah adalah istilah fikih Islam yang berarti menetapkan hukum yang dianggap maslahat atau manfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu yang panjang, meskipun tidak terdapat dalil yang secara jelas mengatur masalah tersebut dalam Al-Qur'an maupun Hadis.

C. Tafsir
Tafsir adalah istilah dalam ilmu Al-Qur'an yang berarti penjelasan atau interpretasi terhadap makna ayat-ayat Al-Qur'an. Tafsir dilakukan dengan menggunakan dalil-dalil yang berasal dari Al-Qur'an itu sendiri, Hadis, sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, serta ilmu-ilmu terkait lainnya.

D. Ihtiyat
Ihtiyat adalah istilah fikih Islam yang berarti mengambil tindakan pencegahan terhadap segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian, meskipun belum ada ketentuan hukum yang secara tegas mengatur masalah tersebut.

E. Ijtihad
Ijtihad adalah istilah dalam fikih Islam yang berarti upaya memahami dan menetapkan hukum Islam dengan menggunakan akal dan usaha keras dalam mengkaji sumber-sumber hukum Islam seperti Al-Qur'an, Hadis, dan prinsip-prinsip fikih Islam lainnya. Ijtihad biasanya dilakukan oleh para ulama dan ahli fikih Islam.

8.    Jual beli harus dilakukan sesuai dengan ketentuan di antaranya rukun jual-beli. Hal yang termasuk rukun jual beii adalah…
A.    penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan, ijab kabul antara penjual dan pembeli                      
B.    penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan, alat penukar, dan ijab kabul penjual              
C.    penjual, barang yang diperjualbelikan, alat penukar dan ijab kabul penjual dan pembeli                
D.    pembeli, barang yang diperjualbelikan, aiat penukar dan ijab kabul penjual dan pembeli            
E.    penjual dan pembeli, alat penukar dan ijab kabui antara penjual dan pembeli

9.    Islam   sangat   memuji   orang   yang   berusaha   keras   mencari   rezeki,   akan   tetapi   Islam mengharamkan praktek riba, sebab riba menimbulkan ....
A.    perkembangan perekonomian dan perputaran uang menjadi cepat.
B.    banyak orang yang dirugikan serta kesengsaraan yang berkepanjangan
C.    orang kesulitan merasa senang karena cepat mendapat uang pinjaman.
D.    sistem perbankan syariah tidak menguntungkan dan lumpuh
E.    kekeluargaan antara peminjam dengan orang yang meminjamkan
Jawaban: B. Banyak orang yang dirugikan serta kesengsaraan yang berkepanjangan.

10.    Keberhasilan usaha ditentukan oleh sumber daya manusia. Meskipun tidak menafikan pentingnya modal usaha. Berikut ini yang termasuk makna dari Syirkah /nan, yaitu ....
A.  Usaha bersama melalui penyertaan modal; keuntungan dibagi sesuai kesepakatan
 B.  Paroan kebun antara penggarap kebun dengan pemilik kebun sesuai kadar perjanjian                  
C.  Paroan sawah; bibit dari penggarap dan keuntungan dibagi menurut pemiiik sawah                          D.  Paroan sawah; bibit dari pemilik sawah dan keuntungan dibagi menurut aturan normal                       E.  Usaha bersama dalam mengerjakan jasa tertentu; hasilnya dibagi berdasarkan aturan
Jawaban: A. Usaha bersama melalui penyertaan modal; keuntungan dibagi sesuai kesepakatan.

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 4

1.    Keberkahan hidup dan rezeki yang halal menjadi tujuan dalam transaksi ekonomi Islam, untuk itu transaksi ekonomi haruslah berdasarkan....
A.    teori ekonomi Adam Smith dan pro barat
B.    azas keuntungan tak terbatas dengan segala cara
C.    azas saling menguntungkan dan suka sarna suka
D.    mekanisme standar bank konvensional
E.    peraturan negara di mana transaksi berlangsung

2.    Perhatikan kalimat berikut ini!
"Saya terima nikahnya siti Aminah binti Ahmad dengan mas kawin sepuluh gram emas dibayar tunai."
Ucapan tersebut adalah bahasa akad yang merupakan bagian dari rukun nikah. Kaiimat tersebut diucapkan oleh....
A.    wali pengantin perempuan
B.    pengantin Perempuan
C.    pengantin laki-Iaki
D.    penghuiu/petugas KUA
E.    wali pengantin laki laki

3.    Hidup menikah menjadi fitrah dan dambaan setiap insan. Nikah juga merupakan ikatan suci, maka syarat dan rukun nikah harus dipenuhi dalam proses! pernikahan, Berikut ini adalah yang bukan termasuk rukun nikah yaitu ....
A.    calon suami/calon isteri
B.    wali nikah
C.    dua orang saksi
D.    ijab qabul
E.    maskawin

4.    Talak adalah sesuatu yang halal tapi dibenci oleh Allah SWT. Itulah sebabnya, cara tersebut sekuat mungkin harus dihindari. Talak yang dijatuhkan oleh suami kepada isterinya datam hitungan kesatu atau kedua disebut....
A.    talak bai'n sughra
B.    talak bai'n kubra
C.    taiakraj'i
D.    talak tebus
E.    talak haram

5.    Bagi wanita yang ditinggalkan mati suaminya dalam keadaan tidak mengandung masa iddahnya adalah...
A.    4 bulan 10 hari  
B.    3 bulan 10 hari
C.    tiga kali sucian  
D.    4 bulan
E.    3 bulan

6.    Aturan agama memberi motivasi kepada orang tua, agar tidak meninggalkan keturunan yang lemah di bidang ekonomi. Bahkan anak yang masih di dalam kandungan, mendapat bagian warisan. Hal-hal berikut ini yang harus ditunaikan sebelum harta waris dibagi, yaitu ....
A.    membayar hutang dan wasiat
B.    wajib memben sebagian harta kepada sanak kerabat
C.    hibah, infaq, sedekah, dan biaya-biaya perawatan saat dirawat
D.    zakatnya, jika jumlah warisannya sudah mencapai haul/setahun
E.    nazar dan infaq wajib, saat almarhum bemiat infaq saat masih sekarat

7.    Setiap anak berhak mendapatkan harta warisan dari ayahnya, namun dalam keadaan tertentu seorang anak tidak berhak atas harta warisan tersebut. Berikut ini adalah sebab-sebab seseorang terhalang memperoleh harta warisan, kecuali....
A.    kedudukannya sebagai hamba sahaya                    
B.    membunuh yang memberi waris                        
C.    ahli waris gemar berbuat maksiat                
D.    ahli waris berlainan agama/iman                          
E.    ahli waris murtad

8.    Salah satu hikrnah mawaris adalah terpelihara kelanjutan harta benda orang yang meninggal   dunia serta tidak diperebutkan orang. Maksud dari hikmah tersebut adalah ....
A.    pembagian waris secara syariah dapat menunjukkan ketaatan muslim kepada Allah SWT
B.    memelihara harta peninggalan dengan baik, sehingga menjadi amal jariah almarhum
C.    mewujudkan keadilan kepada semua yang berhak menerima waris
D.    sangat berguna bag! ahli waris untuk melanjutkan hidup
E.    membawa keteraturan dalam soa! harta benda, juga memelihara kelanjutan harta

9.    Para sahabat yang pertama kali masuk Islam disebut Assabiqunal Awwaluun, Mereka mendapat ajaran Agama Islam langsung dari Rasulullah SAW sendiri yang dilakukan di rumah sahabat Arqam bin Abil Arqam. Dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw pada masa awal penyebaran Islam melalui cara …
A.    sembunyi-sembunyi
B.    negoisasi
C.    paksaan
D.    terang-terangan
E.    intimidasi

10.    Sebagai muslim harus banyak bersyukur, karena penyebaran Islam di Indonesia melalui jalan damai, tidak dengan peperangan dan kekerasan, Di antara hikmah perkembangan Islam di Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali....
A.    mengajarkan ajaran tentang persamaan derajat antar manusia
B.    memperkuat rasa nasionalisme Indonesia
C.    menciptakan rasa persaudaraan di Indonesia
D.    mendorong rakyat Indonesia bersikap rasional
E.    menciptakan persaingan antar suku


  1. Siapakah nabi yang memperoleh wahyu pertama kali dari Allah SWT? a. Nabi Isa AS b. Nabi Musa AS c. Nabi Muhammad SAW d. Nabi Adam AS Jawaban: d. Nabi Adam AS

  2. Berapa jumlah rakaat dalam shalat Jumat? a. 2 rakaat b. 4 rakaat c. 6 rakaat d. 8 rakaat Jawaban: a. 2 rakaat

  3. Apa yang dimaksud dengan zakat fitrah? a. Zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadan b. Zakat yang dikeluarkan pada bulan Syawal c. Zakat yang dikeluarkan pada bulan Dzulhijjah d. Zakat yang dikeluarkan pada bulan Muharram Jawaban: b. Zakat yang dikeluarkan pada bulan Syawal

  4. Siapakah sahabat Nabi yang pertama kali masuk Islam? a. Abu Bakar b. Umar bin Khattab c. Ali bin Abi Thalib d. Usman bin Affan Jawaban: a. Abu Bakar

  5. Apa yang dimaksud dengan shalat tahajud? a. Shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari b. Shalat wajib yang dilakukan pada pagi hari c. Shalat sunnah yang dilakukan pada siang hari d. Shalat wajib yang dilakukan pada malam hari Jawaban: a. Shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari

  6. Apa yang dimaksud dengan jihad? a. Peperangan untuk membela agama b. Ibadah yang dilakukan pada malam hari c. Zakat yang dikeluarkan untuk kepentingan jihad d. Pergumulan batin dalam menghadapi godaan syetan Jawaban: a. Peperangan untuk membela agama

  7. Apa yang dimaksud dengan shahadah? a. Berpuasa pada bulan Ramadan b. Membaca Al-Quran dengan baik dan benar c. Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah d. Memberikan sedekah pada orang yang membutuhkan Jawaban: c. Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah

  8. Siapakah yang pertama kali menulis kitab hadis? a. Imam Bukhari b. Imam Muslim c. Imam Malik d. Imam Abu Hanifah Jawaban: c. Imam Malik

  9. Apa yang dimaksud dengan istilam dalam ibadah haji? a. Menyentuh atau mencium Hajar Aswad b. Melakukan thawaf sebanyak 7 kali mengelilingi Ka'bah c. Berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah d. Melakukan pelemparan jumrah di Mina Jawaban: d. Melakukan pelemparan jumrah di Mina

  10. Apa yang dimaksud dengan tawakkal? a. Menyerahkan segala sesuatu kepada Allah SWT b. Berusaha semaksimal mungkin tanpa meminta pertolongan kepada Allah SWT c. Meminta pertolongan kepada Allah SWT tanpa berusaha d. Merasa tidak perlu meminta bantuan kepada orang lain karena cukup mengandalkan diri sendiri Jawaban: a. Menyerahkan segala sesuatu kepada Allah SWT.

...

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 5


1.    Islam kini menjadi agama yang paling cepat perkembangan jumlah penduduknya, dibanding agama lain. Berikut ini merupakan negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim adalah…
A.    Pakistan. Bangladesh, Maroko, dan Afghanistan                    
B.    India, Miyanmar, Thailand dan Laos                                
C.    China, Korea Selatan, Iran dan Kamboja                          
D.    Singapura, Korea Utara, Filipina, dan Jepang                    
E.    Taiwan, Samoa, Fiji dan Papua New Guena

2.    Salah satu bentuk penghargaan Islam terhadap niiai nilai kemanusiaan adalah memandang manusia bukan dari warna kulit, bahasa, maupun suku bangsa, kecuali ketakwaan kepada Allah SWT. Iniiah salah satu sebab, sehingga Islam mudah diterima dan dipeluk oleh berbagai bangsa di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa hikmah perkembangan Islam di dunia adalah ....
A.    memperkenalkan ilmu modern kepada dunia barat
B.    menyebarkan kebebasan berfikir, berinovasi dan berekspresi
C.    menghargai manusia dari kadar kepribadian, keturunan, dan peran
D.    memperkenalkan pentingnya persamaan derajat bagi manusia
E.    menaklukkan negara-negara lain yang tidak sejalan dengan Islam

50.    Allah telah memuliakan manusia,  salah satunya dengan menjadikan manusia sebagai kholifah di bumi. Oleh karena itu gambaran seorang kholifah bagi pelajar  harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu antara lain ….
A.    memiliki jiwa ismah
B.    memiliki akhlakul karimah
C.    memiliki kekayaan yang banyak
D.    memiliki kewibawaan yang kuat
E.    memiliki berbagai ilmu pengetahuan

51.     Sebelum kedatangan Islam, rakyat Jawa sudah menggemari wayang  yang ceritanya diambil dari kitab Mahabarata. Untuk keperluan dakwah, Sunan Kalijaga memodifikasi wayang tersebut dengan cara … .
A.    cerita dalam pewayangan tetap menggunakan kitab Mahabarata
B.    cerita dalam pewayangan diganti dengan cerita-cerita Islam
C.    mengganti peralatan wayang dengan alat musik yang Islami
D.    musik yang digunakan diganti dengan musik Arab.
E.    wayang diganti dengan bentuk yang Islami

52.    Musyawarah yang dibenarkan dalam Islam adalah musyawarah yang sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya, bukan yang mengandung maksiat dan dosa. Hal ini karena tidak selamanya musyawarah yang dilakukan manusia itu benar, apalagi bila dilandasi oleh hawa nafsu. Perilaku di bawah ini yang mencerminkan perilaku demokrasi sesuai QS Ali Imran (3): 159 adalah … .
A.    Bergotong-royong membersihkan internal rumah masing-masing
B.    melakukan tugas siskamling meskipun tidak secara bergantian
C.    melakukan pemilihan pengurus RT/RW secara demokratis
D.    membantu tetangga yang terkena berbagai macam musibah
E.    menyelenggarakan hari-hari besar keagamaan di masyarakat

53.    Perhatikan dengan sungguh-sungguh terjemahan ayat berikut ini!
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS Al Baqarah (2):164)

Berikut ini yang merupakan kandungan yang paling tepat dari QS Al Baqarah (2): 164 adalah … .
A.    bukti tanda-tanda kekuasaan Allah SWT terhampar luas di alam semesta
B.    Allah SWT telah menciptakan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi
C.    terjadinya siang dan malam merupakan hukum alam semesta yang nyata
D.    manusia bertugas mengadakan eksplorasi sumber daya alam berupa tambang
E.    Allah SWT telah menjamin keselamatan semua manusia di alam semesta ini

54.    Berdasarkan Q.S. Yunus: 101 seluruh ummat Islam termasuk pelajar , didorong untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi .
Di bawah ini adalah, peran-peran yang harus ditampilkan oleh pelajar muslim dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ….
1)    Pelajar muslim harus mau mempelajari dan meniliti kejadian-kejadian alam sehingga menghasilkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk ummat manusia .
2)    Pelajar muslim harus memanfaatkan seluruh masa mudanya untuk mencari/menunutut ilmu pengetahuan agama saja  untuk mengejar kebahagian dunia dan akhirat
3)    Pelajar muslim harus mau kerja keras dalam menunut ilmu pengetahuan dan kerja keras dalam beramal sholeh, sehingga berkembangnnya generasi muslim yang cerdas
4)    Pelajar muslim harus memanfaatkan seluruh masa mudanya untuk mencari ilmu pengetahuan dan teknologi saja  untuk mengejar kebahagian dunia dan akhirat
5)    Pelajar muslim harus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perannya yaitu dengan cara mau belajar dengan sungguh-sungguh dengan niat ibadah

Dari pernyataan-pernyataan di atas, yang sesuai adalah ….
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 2 dan 4
C.    1, 3 dan 4
D.    1, 3 dan 5
E.    1, 2 dan 5

62.    Salah satu unsur demokrasi adalah keseimbangan antara hak dan kewajiban, meski gejala sekarang ini, seringkali banyak orang atau kelompok lebih mengendepankan salah satu unsurnya. Pernyataan di bawah ini yang merupakan bagian demokrasi yang sejalan dengan ajaran Islam adalah …
A.    menyatunya hak dan kewajiban.
B.    mendahulukan kewajiban dibanding hak.
C.    menuntut hak yang sebanding dengan kinerja yang sepadan.
D.    melaksanakan kewajiban sebagai bagian dari unsur musyawarah.
E.    keseimbangan dalam menuntut dan berbagi hak pribadi dan masyarakat.

63.    Seringkali Allah SWT mengajak kepada orang-orang beriman, agar tidak terlalu mementingkan keuntungan duniawi dalam menjalani seluruh aktivitas kehidupannya, misalnya mengabaikan ibadah kepada-Nya, saat adzan sudah berkumandang pada Shalat Jum’at (QS. Al Jumu’ah {62}: 9-10). Hal ini menuntun kita agar … .
A.    selalu menghubungkan aktivitas dengan keberkahan hidup .
B.    mengedepankan laba dan keuntungan dengan pola konsumen.
C.    memperhatikan betul etika bertransaksi dan memilih barang dagangan.
D.    memanfaatkan setiap peluang, karena jumlah pelanggan sedang meminta.
E.    mencintai konsumen yang loyal dan sering memanfaatkan dana yang tersedia.

64.    Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang begitu cepat. Sebagai umat    Islam, perlu mengambil langkah positif agar tidak tertinggal dan mampu mengendalikan perkembangannya ke arah yang benar. Hal ini sejalan dengan QS. Al Baqarah [2]: 164. Pernyataan di bawah ini, merupakan upaya yang dapat dilakukan umat Islam dalam menyikapi perkembangan IPTEK tersebut, kecuali … .
A.    meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif.
B.    mengadakan observasi dan penelitian ilmu pengetahuan.
C.    mengikuti perkembangan zaman dengan sikap kritis.
D.    mengadakan studi wisata ke masyarakat  primitive.
E.    mengadakan kajian ilmiah di berbagai forum.

65.    Beriman kepada Allah SWT termasuk rukun iman yang pertama. Hal ini menunjukkan bahwa beriman kepada Allah SWT merupakan suatu hal yang paling pokok dan mendasar bagi keimanan dari seluruh ajaran Islam. Oleh karena itu setiap muslim harus senantiasa meningkatkan keimanannya, antara lain dengan mengenal dan memahami asma dan sifat-sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna. Sifat Al-Quddus  artinya adalah ...
A.    Maha Esa
B.    Maha Suci
C.    Maha Kuasa
D.    Maha Bijaksana
E.    Maha Pengampun

KUMPULAN SOAL AGAMA ISLAM PAKET 6


62.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Membaca dua kalimat syahadat merupakan syarat utama sebagai muslim.
2)    Keberadaan Allah SWT dapat dibuktikan dengan akal.
3)    Saya percaya terhadap hal-hal yang ghaib.
4)    Setiap muslim menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.
5)    Setiap muslim pasti dijamin masuk surga.
Sikap dan perilaku beriman kepada Allah SWT yang benar ditunjukkan pada nomor... .
A.    1, 2, 4 dan 5
B.    1, 2, 3 dan 4
C.    1, 3, 4 dan 5
D.    1, 2, 3 dan 5
E.    2, 3, 4 dan 5

63.    Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan dari nur (cahaya) yang senantiasa mengabdi, taat dan patuh terhadap Allah SWT. Dilandasi dengan ketaatannya malaikat bahkan bersujud kepada manusia. Pernyataan yang tidak termasuk hikmah beriman kepada malaikat adalah ... .
A.    memperkuat keimanan kepada Allah SWT.
B.    mengingat akan adanya balasan Allah SWT.
C.    menghindari suatu keinginan untuk berbuat dosa.
D.    manusia tidak akan lepas dari pengawasan para malaikat.
E.    menghindari sikap sombong karena para malaikat tidak sombong.

64.    Abu Bakar adalah sahabat yang selalu membenarkan apa yang diucapkan oleh  Rasulullah SAW, sehingga beliau diberi gelar Ash Shiddiq. Dari siroh sahabat Nabi tersebut yang tidak termasuk sikap beriman kepada Rasul Allah, adalah  ... .
A.    meyakini adanya rasul Allah.
B.    mematuhi risalah atau ajaran-Nya.
C.    melaksanakan seruan atau ajakan-Nya.
D.    rajin dan giat bekerja mencari rezeki yang halal.
E.    mengingat Rasul ketika hanya mendapat musibah.

65.    Tindakan anarkis seperti tawuran pelajar dapat mengakibatkan kerugian bagi lingkungan maupun pelaku. Sebagai insan beriman, sikap yang harus dilakukan adalah ... .
A.    menyadari bahwa antara Iman dan Islam erat kaitannya.
B.    selalu berusaha mencontoh sikap dan perilaku Rasulullah SAW.
C.    melakukan taubat nasuha atas segala perilaku yang menyimpang.
D.    selalu shalat malam dan berdoa kepada Allah di waktu pagi dan petang.
E.    meyakini dengan sepenuh hati bahwa Nabi Muhammad utusan Allah SWT.

66.    Kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT mengandung petunjuk dan pedoman hidup bagi umatnya. Oleh karena itu pemahaman terhadap Al-Qur’an akan terus berkembang sesuai dengan perkembanangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan kebenarannya semakin nampak apabila Al-Qur’an... .
A.    dibahas secara ilmiah dan konstekstual sesuai perkembangan jaman.
B.    disesuaikan dengan pemahaman umat manusia.
C.    menurut penafsiran para ulama salaf.
D.    mengacu penafsiran para ulama alaf.
E.    penafsiran yang telah ada saat ini.

67.    Kitab-kitab Allah SWT berfungsi menuntun manusia dalam meyakini keberadaan Allah SWT dan segala hal yang terkait dengan kehidupan dunia dan akhirat. Berikut ini yang tidak termasuk hikmah beriman kepada kitab-kitab  Allah  SWT adalah ... .
A.    muncul perasaan sombong dan terlalu percaya diri.
B.    mampu mensyukuri segala karunia  Allah SWT.
C.    menghilangkan keluh kesah dan gelisah.
D.    memperoleh ketenangan hati dan jiwa.
E.    mendapat syafaat di padang mahsyar.

68.    Diantara tanda-tanda  hari kiamat adalah matahari  terbit dari arah barat dan terbenam di ufuk timur, kejahatan merajalela dan ilmu agama sudah tidak dianggap penting lagi. Kedatangan hari kiamat ini merupakan kepastian dan tidak ada yang bisa menghindarinya. Pernyataan di bawah ini yang mencerminkan perilaku beriman kepada hari Akhir adalah ...
A.    tidak sepenuhnya yakin akan adanya alam barzah setelah kematian.
B.    tidak perlu beramal shaleh  karena jika mati,  tidak ada kehidupan.
C.    hidup dijalani secara bebas, sebagai warga negara yang merdeka.
D.    berbuat kebaikan itu pasti ada ukuran dan ada batas-batasnya.
E.    memperbanyak kebaikan kelak akan mendapatkan balasannya.

69.    Setiap muslim harus meyakini Al Qur’an sebagai pedoman hidup, karena Al Qur’an mengatur segala permasalahan yang dihadapi manusia di dunia baik dalam kehidupan individu maupun dalam kehidupan sosial. Di bawah ini contoh perilaku hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT adalah … .
A.    senantiasa optimis dalam menghadapi kehidupan di dunia
B.    berdiam di masjid karena ingin selalu membaca Al Qur'an
C.    yakin permasalahan di dunia terkandung dalam Al Qur'an
D.    bersikap pesimis dalam menghadapi kehidupan
E.    bersikap apatis terhadap masalah yang dihadapi

70.    Sejak lahir Hamidah tunawicara sehingga ia sulit berkomunikasi dengan orang lain. Namun demikian ia menerima semua ketetapan Allah SWT dengan lapang dada. Perilaku yang ditampilkan oleh Hamidah termasuk… .
A.    Takwa kepada Allah SWT.
B.    Husnudzon kepada Allah SWT.
C.    Tawakal atas ketetapan Allah SWT.
D.    Ikhlas menerima qadar Allah SWT.
E.    Sabar menerima cobaan dari Allah SWT.
 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |