[iklan]

KECERDASAN MUSIK

Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang.
Telah di teliti di 17 negara terhadap kemampuan anak didik usia 14 tahun dalam bidang sains. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa anak dari negara Belanda, Jepang dan Hongaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Saat di teliti lebih mendalam ternyata ketiga negara ini memasukkan unsur ini ke dalam kurikulum mereka. Selain itu musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir. Belajar dengan menggunakan musik yang tepat akan sangat membantu kita dalam meningkatkan daya ingat.

MUSIK :
dapat memainkan alat musik.
dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada.
biasanya dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja.
sering mendengarkan musik. bahkan kadang kala menghadiri konser musik. suka -bahkan butuh- mendengarkan lagu sambil bekerja.
mengikuti irama musik dengan baik dan tanpa sadar mengetuk-ngetukkan jari mengikuti irama lagu itu.
dapat membedakan suara berbagai alat musik yang berbeda.
Lagu iklan sering muncul dalam pikiran (sering diingat).
tidak dapat membayangkan hidup tanpa musik. menemukan bahwa musik membangkitkan suatu emosi dan kenangan atau gambaran saat mendengarkan musik itu.
sering bersiul atau mengeluarkan suara "hmm...hmmm" mengikuti irama lagu.
sering menggunakan irama untuk mengingat sesuatu, misalnya nomor telepon.

1. Kecerdasan linguistik
2. Kecerdasan logik matematik
3. Kecerdasan visual dan spasial
4. Kecerdasan musik
5. Kecerdasan interpersonal
6. Kecerdasan intrapersonal
7. Kecerdasan kinestetik
8. Kecerdasan naturalis 

Delapan jenis kecerdasan menurut teori kecerdasan majemuk Howard Gardner adalah:
Kecerdasan linguistik: kemampuan memahami bahasa, menggunakan bahasa secara efektif dalam komunikasi, dan memahami struktur bahasa.
Kecerdasan logika matematik: kemampuan memecahkan masalah dan melakukan operasi matematika, berpikir logis dan analitis, serta mengenali pola-pola.
Kecerdasan visual dan spasial: kemampuan untuk memahami ruang dan bentuk, serta kemampuan untuk menggambar, membuat desain, atau melakukan pemetaan.
Kecerdasan musik: kemampuan untuk mengenali nada, irama, dan keharmonisan suara. Orang yang memiliki kecerdasan musik biasanya sangat sensitif terhadap suara dan mampu mengekspresikan diri melalui musik.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE