[iklan]

Definisi Tentang Atom



Atom
 Jika unsur kita potong kecil, dan dihaluskan maka suatu saat kita akan mendapatkan bagian (partikel) yang terkecil, dan sudah tidak tampak oleh mata kita, bagian terkecil dari sebuah dikenal dengan istilah atom.

 Walaupun tidak terlihat oleh mata kita, namun keberadaan atom sudah terbukti. Untuk mempermudah kita analogikan dengan kejadian berikut ini. Jika kita melemparkan sebuah kelereng ke lapangan sepak bola, tentu kita sulit melihat kelereng tersebut. Suatu saat kita dapat melihat adanya kelereng tersebut, ketika ada kilauan yang tampak oleh mata kita akibat kelereng memantukan cahaya matahari. Dengan kata lain keberadaan kelereng diketahui karena adanya sifat dimana kelereng dapat memantulkan cahaya.
 Demikian pula dengan atom, dengan kemajuan teknologi sifat atau ciri khas atom diketahui, sehingga atom dapat ditemukan. Saat ini telah ditemukan mikroskop elektron, dengan mikroskop ini kita dapat mengamati atom. Sebuah inti atom memiliki ukuran sekitar 1 Fermi. Pengertian atom sebagai partikel terkecil yang tidak dapat dipecah lagi, pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli filsafat Yunani Leukippos dan Deumokritus yang hidup pada abad ke-4 sebelum Masehi (400 – 370 SM).

 Pendapat Leukippos dan Deumokritus selanjutnya dikembangkan oleh John Dalton, pada tahun 1805 mengajukan teori menyatakan bahwa :
1. Setiap materi tersusun atas partikel terkecil yang disebut atom.
2. Atom tidak dapat dipecah lagi menjadi partikel yang lebih kecil dengan sifat yang sama.
3. Atom-atom dari unsur tertentu mempunyai sifat
dan massa yang identik. Unsur-unsur yang berbeda memiliki atom-atom yang massanya berbeda.
 Selanjutnya para ilmuan melanjutkan penelitian yang terfokus pada massa atom. Hasil penelitian terakhir menunjukan bahwa setiap unsur terdapat dalam beberapa bentuk isotop, dan hanya atom isotop yang sama yang identik.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE