[iklan]

Struktur dan Fungsi Alat Indera (Lidah dan Kulit)



Struktur dan Fungsi Alat Indera Pengecap (Lidah)
 Mari kita pelajari lidah kita! Perhatikan lidah kita lewat kaca cermin atau lidah teman kita! Lidah terletak di dalam rongga mulut. Lidah dapat digerakan karena tersusun atas otot-otot yang dapat diperintah (otot lurik). Permukaan lidah bagian atas diselaputi oleh selaput yang banyak memiliki tonjolan-tonjolan kecil yang disbeut puting pegecap (papilla). Pada bagian samping dari puting pengecap terdapat indera pengecap. Terutama pada puting yang bentuknya seperti jamur, bawah kecil atas membesar.






Struktur dan Fungsi Alat Indera Peraba (Kulit)
 
Mari kita pelajari kulit kita! Perhatikan kulitmu atau kulit temanmu! Kulit berwarna coklat sawo matang, kuning, atau hitam karena ada pigmen melanin. Kulit tersusun atas beberapa lapisan yaitu lapisan kulit luar dan dalam (ari). Pada lapisan kulit terdapat indera perasa. Kelenjar keringat. Kulit memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
1. Reseptor rangsang sentuhan dari lingkungan sekitar.
2. Mencegah penguapan air dari dalam tubuh.
3. Perlindungan dari sinar ultra violet (UV) karena mengandung pigmen hitam yang disebut melanin.
4. pengaturan suhu tubuh karena memiliki pembuluh darah kulit arteriovenosa shunt (hubungan arteri vena secara langsung).

5. Ekskresi limbah metabolisme melalui kelenjar keringat Reseptor pada kulit.
 Pada lapisan dalam kulit terdapat berbagai jenis penerima rangsang (reseptor). Letak reseptor pada kulit tersebar dan tidak merata antara bagian satu dengan lainnya.
 Pada kulit punggung tangan memiliki reseptor lebih banyak daripada telapak tangan. Jenis-jenis reseptor pada kulit antara lain sebagai berikut:
1. Reseptor untuk menerima rangsang tekanan.
2. Reseptor untuk menerima rangsang panas.
3. Reseptor untuk menerima rangsang nyeri.
4. Reseptor untuk menerima rangsang sentuhan.
5. Reseptor untuk menerima rangsang dingin.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE