[iklan]

Daratan dan Lautan


Pernahkah kamu melihat laut? Di manakah kamu pernah melihat laut tersebut? Adakah laut tersebut
di sekitar tempat tinggalmu? Jika kamu perhatikan, sebelum menuju ke laut, ada bagian di pinggir laut
yang disebut pantai. Pantai terdiri dari batu kerikil atau pasir. Pantai merupakan tempat bertemunya laut
dan darat.

a. Daratan
Daratan adalah tanah yang luas. Sepertiga bumi merupakan daratan. Per mukaan daratan ada yang tergenang air dan ada yang kering. Bagian daratan yang kering adalah padang pasir, dataran rendah, dataran tinggi, gunung, dan pegunungan. Adapun, bagian daratan yang tergenang air misalnya rawa, danau, dan sungai. Berikut ini meru pakan bentuk-bentuk permukaan dari daratan.


1) Benua

Benua adalah daratan yang sangat luas di permukaan bumi.

2) Gunung
Gunung adalah bagian tanah yang menonjol tinggi, bentuknya menyerupai kerucut. Gunung terdiri atas puncak yang dibatasi oleh lereng. Lereng adalah sisi gunung yang berbentuk landai atau miring.

3) Pegunungan
Pegunungan adalah rangkaian gunung yang bersambung.

4) Bukit
Bukit adalah bagian tanah yang menonjol seperti gunung, tapi tidak lebih tinggi dari gunung.
4) Dataran tinggi adalah bagian permukaan bumi yang agak datar dan terdapat di daerah pegunungan. Misalnya, Dieng, Bukittinggi, kota Bandung.

5) Dataran rendah adalah bagian permukaan bumi yang agak datar. Mi salnya, dataran rendah pantai utara Jawa dan da taran rendah pantai Timur Sumatra.

6) Lembah adalah daerah dataran rendah di antara bukit-bukit. Lembah biasanya dialiri sungai.
Masih adakah bentuk-bentuk permukaan daratan yang dapat kamu temukan? Coba kamu diskusikan dengan temanmu.

b. Lautan
Lautan adalah kumpulan air asin, dalam jumlah yang banyak dan luas. Lautan menggenangi dan membagi daratan atas benua dan pulau. Sekitar 2/3 Bumi merupakan lautan. Permukaan dasar laut pun tidak rata. Di dasar laut terdapat bukit laut dan gunung laut. Jurang yang sangat dalam di dalam laut disebut palung laut.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE