[iklan]

Sikap Positif Terhadap Pahlawan Bangsa

Para pahlawan merupakan orang yang telah berjasa besar bagi bangsa dan negara kita. Mereka berjuang dengan penuh semangat dan tekad untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mempunyai sikap positif terhadap pahlawan dan menghargai jasa mereka.

Salah satu cara menghargai jasa para pahlawan adalah dengan mengabadikan foto dan nama mereka pada mata uang, nama jalan, bandara, atau rumah sakit. Kita juga bisa membuat monumen atau patung pahlawan sebagai bentuk penghormatan atas jasanya. Selain itu, memberikan gelar dan tanda jasa pada para pahlawan juga menjadi cara untuk menghargai mereka.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan hal-hal yang positif. Kita bisa menjadikan kemerdekaan sebagai ajang untuk memajukan bangsa dan negara kita dengan cara yang baik. Dengan cara ini, kita turut mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mati-matian untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Jasa para pahlawan bangsa bagi bangsa kita sangatlah besar. Mereka telah berjuang sepenuh jiwa raga untuk bangsa kita. Banyak di antara mereka yang gugur pada saat berjuang membela bangsa. Cita-cita mereka hanya satu, yakni terbebas dari belenggu penjajah. Mereka tidak sedikitpun mengharapkan imbalan. Oleh karena itu jasa para pahlawan bangsa kita haruslah kita hargai dengan jiwa besar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. 

Bagaimana cara kita menghargai jasa para pahlawan bangsa kita? Berikut ini adalah beberapa contoh cara menghargai jasa para pahlawan bangsa:
1. Mengabadikan foto dan nama pahlawan pada mata uang, nama jalan, bandara dan rumah sakit
2. Membuatkan monumen suatu peristiwa penting atau patung pahlawan.
3. Memberikan gelar dan tanda jasa
4. Mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan hal-hal yang positif
5. Meneladani sikap dan perjuangan para pahlawan
6. Mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Tuhan Di antara cara menghargai jasa para pahlawan bangsa, yang paling penting adalah meneladani sikap dan perjuangannya. Jasa para pahlawan memang harus dikenang. Namun dikenang saja tidaklah cukup. Karena perjuangan belumlah selesai. Para pahlawan bangsa yang telah gugur tentu akan bangga bila perjuangan mereka diteruskan oleh generasi saat ini.
Agar dapat meneruskan perjuangan mereka, kita pun harus meneladani sikap kepahlawanan dan patriotisme mereka dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE