[iklan]

Sejarah Kelahiran Daerah

Betul sekali! Setiap daerah memiliki sejarah yang menarik untuk dipelajari. Biasanya, sejarah ini berkaitan dengan peristiwa penting yang terjadi di masa lampau. Sejarah kelahiran suatu daerah bisa melibatkan berbagai faktor seperti adanya suku bangsa, budaya, perang, ekonomi, dan politik.

Sebagai contoh, kota Jakarta memiliki sejarah kelahiran yang panjang. Pada awalnya, Jakarta dikenal sebagai Sunda Kelapa yang merupakan pelabuhan penting di wilayah barat Pulau Jawa. Pada masa itu, Sunda Kelapa menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan hasil bumi lainnya. Pada tahun 1527, Sunda Kelapa diambil alih oleh pasukan Fatahillah yang berasal dari Kerajaan Demak. Setelah itu, Sunda Kelapa berganti nama menjadi Jayakarta.

Pada tahun 1619, VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) mendirikan kota Batavia di atas tanah bekas Jayakarta. Batavia kemudian menjadi pusat pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Setelah kemerdekaan Indonesia, Batavia berganti nama menjadi Jakarta, dan kini menjadi ibu kota negara Indonesia.

Itulah sekelumit sejarah kelahiran kota Jakarta. Tidak hanya Jakarta, setiap daerah di Indonesia memiliki sejarah yang unik dan menarik untuk dipelajari.

Setiap tempat atau setiap daerah pasti memiliki sejarah kelahiran atau berdirinya. Pada bagian ini kamu akan diajak untuk mengetahui sejarah kelahiran daerah kamu. Bagaimana cara kita mengetahuinya?
Untuk mengetahuinya kamu harus mencari sumber yang dapat dipercaya.

Sumber itu baik dari orang lain (sumber lisan), tulisan, ataupun dari benda-benda bersejarah yang menunjukkan berdirinya daerahmu. Berikut ini merupakan salah satu contoh sejarah kelahiran suatu tempat, yakni sejarah  berdirinya Kota Jakarta

Lahirnya Kota Jakarta

Jakarta berasal dari kata "Jayakarta" yang berarti kota kemenangan. Pada abad ke-5, kawasan ini merupakan pusat perdagangan yang ramai dikunjungi oleh pedagang dari berbagai negara. Pada masa kolonial, kawasan ini dikuasai oleh VOC dan dijadikan pusat perdagangan rempah-rempah. Pada tahun 1942, Jakarta diduduki oleh Jepang dan menjadi pusat pemerintahan Hindia Timur Jepang. Setelah Indonesia merdeka, Jakarta menjadi ibu kota negara dan terus berkembang menjadi kota metropolitan yang modern hingga saat ini.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE