[iklan]

Lambang Koperasi

Lambang koperasi adalah simbol yang digunakan untuk mewakili nilai dan prinsip dasar dari koperasi. Simbol tersebut terdiri dari beberapa elemen, yaitu rantai, gigi roda, padi dan kapas, timbangan, bintang, dan perisai.

Rantai melambangkan persahabatan yang erat antara anggota koperasi. Seperti rantai yang terdiri dari beberapa mata rantai yang saling terhubung, anggota koperasi juga saling terhubung dan bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Gigi roda melambangkan usaha yang terus menerus. Seperti gigi roda yang terus berputar dan menggerakkan kendaraan, koperasi juga harus terus berusaha dan berkembang agar dapat memberikan manfaat yang lebih bagi anggotanya.

Padi dan kapas melambangkan kemakmuran yang diusahakan dan harus dicapai oleh koperasi. Seperti padi dan kapas yang merupakan sumber kehidupan dan kekayaan negara, koperasi juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui usaha yang dilakukannya.

Timbangan melambangkan keadilan sosial. Seperti timbangan yang berfungsi untuk memastikan keadilan dalam pemberian hak, koperasi juga harus mampu memberikan keadilan sosial bagi seluruh anggotanya.

Bintang dan perisai melambangkan Pancasila, yaitu ideologi negara Indonesia yang menjadi dasar dari pembentukan koperasi. Sebagai organisasi yang berasal dari masyarakat, koperasi harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatannya.

Lambang Koperasi


Koperasi memiliki lambang yang mempunyai arti dan makna sebagai berikut :
1. Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh.
2. Gigi roda melambangkan usaha karya yang terus menerus.
3. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran yang diusahakan dan yang harus dicapai oleh koperasi.
4. Timbangan melambangkan keadilan sosial.
5. Bintang dan perisai melambangkan Pancasila.
6. Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan berkepribadian Indonesia yang kokoh dan berakar.
7. Tulisan Koperasi Indonesia melambangkan kepribadian Koperasi Rakyat Indonesia.
8. Merah putih melambangkan sifat nasional koperasi.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE