[iklan]

Menulis Teks Pidato

Beberapa model berpidato, yakni berpidato dengan membaca teks, berpidato tanpa teks, berpidato dengan garis besar atau kerangka naskah, atau berpidato secara mendadak tanpa persiapan. Model apa pun, tentu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Tak ada model yang dikatakan paling baik dibanding model yang lain.
Model pidato yang dipilih tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pidato. Pidato kenegaraan seorang presiden misalnya, akan lebih baik jika disampaikan dengan naskah lengkap. Karena selain memuat hal yang penting naskah pidato itu juga bisa menjadi bukti sejarah dan diarsipkan. Pada pembelajaran bagian ini, kalian akan berlatih untuk menulis teks pidato sesuai dengan maksud dan tujuan pidato.
Berapa pertimbangan dalam menyusun teks pidato sebagai berikut.

1. Maksud dan tujuan pidato
Sebelum teks pidato dibuat sebaiknya diketahui lebih dulu maksud dan tujuan pidato. Pidato biasanya memiliki maksud-maksud antara lain: menjelaskan, meyakinkan, menghibur, membujuk, menasihati dll. Hal ini penting agar teks yang disusun dapat sesuai dengan tujuan yang dimaksud.

2. Pendengar pidato
Menganalisa calon pendengar pidato juga termasuk unsur pertimbangan penulisan teks pidato, terutama akan mempengaruhi pemakaian kata-kata yang sesuai dengan tingkat pemikiran pendengar pidato. Harapannya hal-hal yang disampaikan dalam pidato dapat terserap secara maksimal oleh pendengar.

3. Tema pidato
Semua tentu sepakat bahwa tema pidato penting untuk diketahui. Tema akan mengikat segala gerak teks pidato yang kita susun. Tujuannya, agar tidak keluar dari tema yang sudah ditetapkan.
Setelah unsur-unsur tadi dapat dipahami, barulah kita mulai menulis teks pidato. Pada awalnya mulailah dengan terlebih dulu merencanakannya melalui kerangka teks. Kerangka teks pidato pada umumnya terdiri hal-hal berikut.
a. Pembukaan, meliputi: salam pembuka, ungkapan syukur.
b. Isi, meliputi: inti masalah, ilustrasi atau contoh dan penjelasan.
c. Penutup, meliputi: simpulan, harapan dan penutup.


IKLAN
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE