Gaya Gesekan

Amatilah sepatu dan sandal yang kamu gunakan setiap hari! Benda-benda tersebut selalu bergesekan dengan jalan yang kita lalui. Dengan adanya gesekan itu menyebabkan sepatu dan sandal kita tidak tergelincir ketika digunakan untuk berjalan. Gesekan terjadi jika dua permukaan benda saling bersentuhan. Gaya gesekan adalah hambatan yang terjadi jika dua permukaan benda saling bersentuhan. 

1. Pengaruh Kasar dan Halusnya Permukaan terhadap Gerak Benda

Bagaimana cara mengetahui pengaruh kasar dan halusnya permukaan terhadap gerak suatu benda? Permukaan benda-benda di sekitar kita berbeda-beda, antara lain kasar, licin, bergelombang, atau datar. Gerak sebuah benda pada permukaan kasar dan halus pasti berbeda. Hal ini disebabkan gaya yang dihasilkan dipengaruhi oleh keadaan permukaan yang bersentuhan dengan benda. Gerak benda di permukaan yang halus lebih cepat dan teratur dibandingkan dengan gerak benda di atas permukaan kasar. 

2. Memperkecil dan Memperbesar Gaya Gesekan

Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk memperbesar atau memperkecil gaya gesekan? Gaya gesekan dapat diperkecil dengan cara memperhalus atau melicinkan permukaan benda. Gaya gesekan dapat diperbesar dengan cara memperkasar dan memperbesar permukaan benda yang bergesekan. Semakin halus bidang yang bergesekan, maka semakin kecil pula gaya gesekannya dan sebaliknya jika semakin kasar dan luas bidang yang bergesekan, maka semakin besar pula gaya gesekannya. 

 

 

Ban mobil atau kendaraan roda dua dibuat kasar agar tidak selip saat digunakan, ini merupakan cara untuk memperbesar gaya gesekan. Sedangkan pada kendaraan bermotor digunakan oli untuk mencegah mesin kendaraan aus saat digunakan, ini merupakan cara untuk memperkecil gaya gesekan. 

3. Kegunaan dan Kerugian Gaya Gesekan

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu dapat mengetahui gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan, yaitu: 

a. Keuntungan Gaya Gesekan

1) Gaya gesekan antara kaki dengan lantai atau permukaan jalan menjadikan orang dapat berjalan. Jika jalan licin (gesekan sangat kecil) kita akan tergelincir.
2) Gaya gesekan pada rem, misalnya rem cakram (piringan) ataupun rem tromol digunakan untuk memperlambat laju sepeda motor ataupun mobil.
3) Gaya gesekan yang kasar antara ban (dibuat bergerigi) dengan permukaan jalan menyebabkan kendaraan tidak tergelincir (selip) saat jalan basah. 

b. Kerugian Gaya Gesekan

1) Gaya gesekan antara ban dengan jalan akan mengakibatkan ban cepat halus (aus).
2) Gaya gesekan antara udara dengan mobil akan mengakibatkan mobil tidak dapat bergerak dengan kelajuan yang tinggi.
3) Gesekan antara kopling dengan bagian mesin akan menimbulkan panas yang berlebihan sehingga mesin akan cepat aus (rusak). 

Selengkapnya tentang Gaya dan Pengaruhnyaserta Pesawat Sederhana

Terkait

Posting Komentar

 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |