Berani BERWIRAUSAHA : Karakteristik Kewirausahaan

Nah, gini nih, ekonomi suatu negara tuh bisa maju dan berkembang gara-gara sektor bisnis yang didukung sama kreativitas warganya. Contohnya Singapura dan Jepang, mereka tuh negara yang berhasil dongkrak perekonomiannya bukan karena nggali sumber daya alam, tapi lebih ke sektor ekonominya sendiri. Nah, sektor bisnis kedua negara ini tumbuh dan maju gara-gara jiwa wirausaha yang kuat dari penduduknya.


Terus, coba deh liat China, yang sekarang jadi kekuatan ekonomi baru dunia. Mereka tuh banyak mengandalkan usaha kecil dan menengah yang dilakukan sama rakyatnya sendiri. Nggak cuma bergantung sama perusahaan besar kayak di Singapura dan Jepang.

Lanjut ke Indonesia, negara kita kan punya banyak banget sumber daya alam, dari tambang sampe pertanian, ditambah lagi jumlah penduduknya yang banyak. Nah, dari situ kita bisa banget mengembangkan usaha skala kecil dan menengah. Sumber daya alam jadi bahan buat produknya, sementara jumlah penduduk jadi pasar yang besar. Kalo dua hal itu ketemu, bakal lahirlah jenis-jenis usaha yang kreatif. Nah, jenis-jenis usaha itu lahir dari kreativitas dan semangat berwirausaha penduduknya.

Makanya, penting banget buat ngebiasain semangat berwirausaha ke seluruh penduduk Indonesia, biar kita nggak cuma jadi bangsa konsumen, tapi juga bisa jadi pemain ekonomi. Nah, buat mewujudkannya, kita perlu mengembangkan semangat berani berwirausaha. Tulisan ini tuh hadir buat ngasih pengetahuan dan nyemangatin semangat berwirausaha. Pertama, kita kasih penjelasan dan sejarah tentang wirausaha. Kedua, kita ngertiin karakteristik wirausaha, dan juga pelajaran dari kesuksesan dan kegagalan dalam berwirausaha. 

Pengertian dan Sejarah BERWIRAUSAHA

Ngomongin jadi wirausaha tuh prosesnya kaya gini, guys. Pertama, kamu harus bisa ngebayangin visi atau tujuan yang kamu pengen capai. Visi itu bisa berarti ide baru, peluang usaha yang menjanjikan, atau cara yang lebih keren buat ngelakuin sesuatu. Nah, abis itu, kamu harus mulai ngejalanin tujuan itu dengan ngerintisin dan ngembangin ide-ide kamu.

Hasil akhir dari proses wirausaha ini ya bisnis baru yang lahir di tengah kondisi yang penuh risiko atau ketidakpastian. Makanya, istilah "wira" dari wirausaha ini sebenernya maksudnya ksatria, pejuang, pahlawan, atau orang-orang yang berani banget. Terus "usaha" artinya kerja keras buat ngelakuin sesuatu.

Kata wirausaha sebenernya itu bahasa Indonesianya kata entrepreneurship dalam bahasa Inggris, guys. Asal muasal kata entrepreneurship ini dari bahasa Perancis, lho, yakni "entreprende" yang artinya petualang, pencipta, dan pengelola usaha. Istilah ini pertama kali dikenalin sama Richard Cantillon pada tahun 1755. Tapi, istilahnya jadi makin terkenal setelah J.B Say, seorang ahli ekonomi, pake istilah ini buat ngambarkan orang-orang pengusaha yang bisa ngerubah sumber daya ekonomi dari yang rendah produktivitasnya ke yang tinggi dan bisa hasilin untung banyak.

Pokoknya, wirausaha itu adalah cara buat nyampurin kreativitas dan inovasi buat bikin usaha baru. Selama prosesnya itu ada usaha yang diupayain, nanti bakal tercipta bisnis baru di tengah situasi yang penuh risiko dan ketidakpastian. Makanya, setiap ahli atau sumber acuan bisa punya pendapat yang beda-beda tentang arti wirausaha, tergantung dari sudut pandang dan fokus yang mereka punya.

Ada beberapa ahli yang ngasih defenisi kewirausahaan yang beda-beda, nih. Misalnya, Richard Cantillon (1775), dia bilang kewirausahaan itu bekerja sendiri alias self-employment. Jadi, seorang wirausahawan itu beli barang sekarang dengan harga tertentu, terus jual lagi di masa depan dengan harga yang nggak pasti. Nah, defenisi ini lebih fokus ke cara seseorang ngadepin risiko atau ketidakpastian, bro.

Tapi beda lagi nih sama ahli lainnya, ada Penrose (1963). Dia bilang kegiatan kewirausahaan itu meliputi ngedeteksi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Jadi intinya, wirausaha itu ngerti banget caranya nemuin peluang bisnis di tengah kondisi perekonomian.

Ada beberapa ahli lagi yang ngasih defenisi kewirausahaan yang keren-keren, guys. Harvey Leibenstein (1968, 1979), dia bilang kewirausahaan itu meliputi kegiatan buat menciptain atau ngelaksanain perusahaan saat pasar-pasar belum terbentuk atau belum jelas diidentifikasi, atau komponen fungsi produksinya masih belum diketahui sepenuhnya. Jadi, dalam defenisi ini, perannya wirausahawan itu penting banget buat ngadepin ketidakpastian di pasar yang masih berubah-ubah.

Terus ada juga Frank Knight (1921), dia bilang wirausahawan tuh usahanya buat ngeprediksi dan ngerespon perubahan di pasar. Nah, defenisi ini lebih fokus ke peran wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian dan dinamika pasar yang terus berubah. Wirausahawan harus bisa ngelakuin fungsi manajerial dasar kayak ngarahin dan mengawasin.

Gak ketinggalan, ada Peter Drucker juga. Dia bilang kewirausahaan itu kemampuan buat menciptain sesuatu yang baru dan beda. Jadi, kreativitas itu menjadi bagian penting dalam wirausaha, guys. Wirausahawan harus bisa bikin ide-ide baru yang bikin perbedaan.

Jadi, gitu deh defenisi-defenisi kewirausahaan dari para ahli ini. Semuanya punya sudut pandang dan penekanan yang berbeda-beda, tapi intinya semua setuju bahwa wirausaha itu tentang menciptain sesuatu yang baru, ngadepin risiko dan ketidakpastian, dan berani berinovasi di tengah perubahan.

Jadi, bisa disimpulin nih bahwa wirausaha itu adalah kemampuan yang dimiliki seseorang buat bisa liat dan nilaiin peluang bisnis, kumpulin sumber daya yang dibutuhin, dan ambil tindakan yang tepat buat dapetin keuntungan dan sukses.

Wirausaha sebenernya udah dikenal sejak lama, dari jaman Richard Castillon pada tahun 1755. Di beberapa negara juga ada istilah-istilah lain buat wirausaha, misalnya di Belanda disebut ondememer, di Jerman disebut unternehmer. Pendidikan wirausaha mulai digalakkan sejak 1950-an di beberapa negara kayak Eropa, Amerika, dan Kanada. Bahkan, sejak 1970-an udah banyak universitas yang ngajarin wirausaha atau manajemen usaha kecil.

Di tahun 1980-an, hampir 500 sekolah di Amerika Serikat udah ngebantu edukasi wirausaha. Tapi di Indonesia, pendidikan wirausaha masih terbatas di beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu aja. Tapi seiring perkembangan dan tantangan zaman, kayak krisis ekonomi misalnya, pemahaman tentang wirausaha, baik lewat pendidikan formal maupun pelatihan di semua kalangan masyarakat, udah mulai berkembang. Semuanya buat ngebantu perkembangan wirausaha yang lebih baik lagi, bro.

Di jaman sekarang, wirausaha itu memang butuh kreativitas, bro! Kreativitas itu penting banget buat bisa baca peluang dan pasar. Wirausaha yang sukses tuh bisa ubah peluang jadi pasar, meskipun dalam skala usaha yang kecil dan menengah. Mereka tuh kayak inovator yang bisa ngeimplementasikan perubahan di pasar lewat kombinasi-kombinasi baru.

Ada pendapat dari Joseph Schumpeter (1934) yang nyambung banget sama ini. Dia bilang kalo wirausahawan tuh bisa ngelakuin kombinasi baru dalam beberapa bentuk, bro.
Pertama, mereka bisa ngenalin produk baru atau produk dengan kualitas baru.
Kedua, mereka bisa ngenalin metode produksi baru.
Ketiga, mereka bisa buka pasar baru alias new market.
Keempat, mereka bisa dapetin sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru.
Terakhir, mereka bisa jalankan organisasi baru di industri tertentu.

Jadi, itulah nih ciri-ciri wirausaha yang sukses, mereka tuh berani inovatif dan bisa ngelakuin kombinasi baru buat bikin perubahan di pasar. Asik banget kan? Semoga semuanya bisa jadi wirausaha yang kreatif dan sukses seperti mereka!

Yak, orang yang jadi wirausaha itu namanya wirausahawan. Tapi ada satu pertanyaan nih, kenapa sih wirausahawan ini berpikir beda dari orang pada umumnya? Mereka punya motivasi, panggilan jiwa, persepsi, dan emosi yang terhubung banget sama nilai-nilai, sikap, dan perilaku manusia yang unggul. Salah satu contoh wirausahawan sukses di Indonesia yang bisa kita lihat adalah Bob Sadino.

Kisah hidup Bob Sadino


Kisah hidup Bob Sadino itu bisa jadi inspirasi buat kita yang pengusaha di Indonesia. Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari dia buat nambah wawasan kita tentang orang yang fenomenal ini, bro.

1. Bro, Bob Sadino tuh punya sifat yang ramah dan periang banget sama semua orang. Si Bob ini lahir di Tanjung Karang, kota Lampung, pada tanggal 9 Maret 1933, loh. Gak nyangka kan kalo pebisnis sukses kayak dia cuma lulusan SMA aja.

Bob Sadino tuh anak bungsu dari lima bersaudara di keluarga yang punya harta lumayan. Pas dia masih 19 tahun, orangtuanya meninggal dan ninggalin harta warisan ke dia. Kakak-kakaknya udah mapan, jadi mereka saranin buat warisin kekayaan keluarga ke Bob Sadino yang waktu itu masih butuh duit buat hidup.

Karena Bob Sadino merasa punya banyak harta waktu masih muda, dia putusin buat jalan-jalan keliling dunia. Tapi ternyata, perjalanan itu ngabisin setengah harta yang dia punya, bro. Setelah keliling dunia, dia numpang tinggal di Belanda selama 9 tahun dan kerja di Djakarta Lylod di Amsterdam.

Beruntungnya, karena sifatnya yang ramah dan periang, dia gampang banget dapet kerjaan di sana. Dia dapet beberapa kesempatan kerja yang bagus. Di Belanda, Bob Sadino kenalan sama wanita Indonesia yang namanya Saelami Soejoed yang juga tinggal di sana. Akhirnya, setelah kenalan itu, mereka saling suka dan akhirnya menikah.

Dengan punya sifat yang ramah dan periang, kita jadi pribadi yang gampang banget disukai orang, bro. Kesempatan baik bakal dateng dengan senang hati buat kita. Sifat Bob Sadino ini yang bikin dia disukai sama temen-temennya dan gampang dapet kesempatan kerja di mana pun.

2. Bro, ada cerita menarik nih tentang Bob Sadino yang bikin kita bisa belajar dari kehidupannya. Jadi, pada tahun 1967, Bob Sadino sama keluarganya memutuskan buat balik ke Indonesia. Gak cuma itu, dia bawa dua mobil Mercedes-nya juga buat dibawa pulang ke tanah air. Tapi, karena harus ngurus kebutuhan keluarganya, Bob Sadino putusin buat jual satu mobilnya dan beli tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Sisanya dipake buat biaya hidup keluarganya.

Waktu dia baru balik ke Indonesia, Bob Sadino nyari kerja jadi karyawan di PT Unilever Indonesia. Tapi pas kerja sebagai karyawan, dia ngerasa ada yang kurang dari hidupnya, yaitu kebebasan. Karena keinginannya kuat banget buat punya kebebasan, Bob Sadino nekat resign dari kerjanya dan memutuskan buat buka usaha sendiri. Usaha pertama yang dia coba itu jasa penyewaan mobil. Dia manfaatin mobil Mercedes-nya buat disewain, dan dia sendiri jadi supirnya.

Tuh, Bob Sadino langsung ngejalanin niat dan keinginannya dengan cepat. Meskipun dia gak tau apa yang bakal terjadi selanjutnya, tapi tindakan yang dia ambil bawa dia ke arah masa depan yang cerah. Kalo aja dia tetep kerja jadi karyawan di perusahaan itu, gak tentu dia bakal dapet keberuntungan yang dia rasain sekarang.

3. Ada cerita menarik lagi nih tentang Bob Sadino yang bisa jadi inspirasi buat kita. Suatu hari, mobil kesayangan Bob Sadino mengalami kecelakaan parah dan rusak berat. Biaya perbaikannya mahal banget, jadi Bob Sadino akhirnya memutuskan buat berhenti dari bisnis jasa sewa mobilnya.

Tapi suatu hari, seorang sahabatnya yang namanya Sri Mulyono Herlambang ngasih saran ke Bob Sadino buat coba beternak ayam. Sahabatnya itu bahkan kasih Bob Sadino 50 ekor ayam ras. Ternyata, dari pengalaman beternak ayam itu, Bob Sadino kepikiran kalo ayam aja bisa berjuang dengan keras buat bertahan hidup, mestinya manusia juga bisa lebih baik lagi buat berjuang. Dari pemikiran itu, Bob Sadino dapet inspirasi yang kuat buat mengembangkan bisnisnya.

Gak nyangka ya, dari saran dan pendapat orang lain, Bob Sadino bisa dapet inspirasi besar yang membantu dia maju dalam bisnisnya. Ini nih yang menunjukkan kalo kita harus terbuka buat dengerin pendapat dan saran dari orang lain. Siapa tahu, dari situ ada ide-ide brilian yang bisa bikin kita sukses juga.

Kesempatan emas datang karena Bob Sadino punya sikap yang rendah hati dan mau dengerin pendapat orang lain. Nah, ini nih yang bikin Bob Sadino milih jalan yang beda dan akhirnya sukses. Gak jarang, pendapat orang lain atau saran dari sahabat yang baik bisa jadi kunci buat sukses kita juga. Makanya, kita harus punya sifat rendah hati dan mau dengerin saran dari orang lain. Siapa tahu, dari situ justru dapet peluang besar yang membawa kita menuju keberhasilan yang kita impikan. Jadi, jangan pernah meremehkan pendapat orang lain, ya!

4. Wah, nih ceritanya Bob Sadino bener-bener punya hati yang tulus dalam melayani orang lain. Gimana enggak, dia sama istri mulai jualan telur dari ayam rasnya ke komplek perumahan sekitar. Tapi tau gak, sering banget Bob Sadino dan istri kena cacian dan hinaan dari penghuni komplek. Tapi tau gak, itu gak bikin semangat Bob Sadino patah buat terus usaha dan berkembang.

Setiap kejadian yang dia alamin, Bob Sadino belajar satu hal penting dalam bisnis: pelayanan yang terbaik buat konsumen. Dia punya sikap yang luwes dan sabar dalam ngelayanin konsumen, dan itulah yang bikin bisnisnya makin banyak pelanggan yang datang. Nah, hal ini juga jadi bagian penting dalam karakter seorang wirausahawan yang sukses, lho. Sampe akhirnya Bob Sadino bisa bangun swalayan sendiri yang dinamain Kem Chicks.

Jadi, pelajaran dari Bob Sadino ini adalah kita harus punya hati yang tulus dalam melayani orang lain. Gak peduli gimana perlakuan orang ke kita, yang penting kita tetep ngasih pelayanan yang terbaik. Siapa tahu, kayak Bob Sadino, usaha kita bakal makin maju dan sukses banget!

5. Wah, usaha Bob Sadino semakin berkembang, nih! Dia udah mulai ekspansi ke bidang agrobisnis dengan menanam sayur-sayuran di kebunnya buat memenuhi kebutuhan pelanggan. Bahkan, buat jadi pemasok besar, Bob Sadino juga udah mulai bekerja sama sama petani-petani di daerah buat nyuplaiin sayur-sayuran yang dia butuhin. Jadilah bisnisnya makin maju dengan berdirinya Kem Food yang nyediain beragam sayur-sayuran dan daging.

Bob Sadino punya keyakinan yang kuat tentang filosofi kesuksesan, dia bilang sukses gak bisa didapetin dengan gampang kayak membalikin telapak tangan. Kesuksesan itu harus melalui proses yang harus hadepin kegagalan berulang-ulang. Uang gak jadi nomor satu, yang penting itu kemauan, komitmen, dan kemampuan cari peluang. Dia, istri, dan keluarganya ngerasain tekanan dan tantangan berat dalam perjuangin usaha biar makin maju.

Intinya, buat meraih kesuksesan, kita harus siap hadepin rintangan dan kegagalan yang datang. Jangan takut buat berjuang, karena uang bukan satu-satunya hal yang penting. Kemauan, komitmen, dan kemampuan liat peluang itu yang harus kita punya. Kita harus bisa kayak Bob Sadino, terus maju, terus berjuang, sampe usaha kita makin berkembang dan sukses!

Moga-moga empat motivasi sukses dari perjalanan hidup dan usaha Bob Sadino bisa bikin kita jadi manusia yang lebih keren. Biar bisa jadi besar, kita harus lewatin jalan yang panjang dan ngalamin kegagalan-kegagalan yang gak sedikit. Gak ada sukses instan, semuanya harus dibayar dengan perjuangan dan tekad yang gak bisa goyah. (Sumber cerita : (https://www.akun.biz/tips-bisnis/motivasi-sukses-usaha-bob-sadino/)


Kisah Ibu Hebat Sukses Bisnis Kreatif dengan Modal Pas-pasan

(Ditulis ulang dari tulisan Netty L. Sandiana) : Kisah Seorang Ibu Sukses Usaha Kreatif dengan Modal Kecil

Dulu nggak pernah terpikir oleh Rizky Elsany (33 tahun), seorang ibu dengan anak balita, bahwa usaha kecil-kecilan yang dia mulai sejak tahun 2009 bakal berkembang pesat seperti sekarang. Semua berawal dari keinginannya untuk bantu sahabat dekatnya yang udah memulai usaha makanan ringan dengan modal kecil. Sayangnya, bisnis makanan beku temannya itu belum berjalan dengan lancar karena kurangnya tenaga penjualan yang handal buat jualan produk-produk bisnis kecil itu. Nah, dari situlah Rizky Elsany mulai beraksi dari rumah tanpa modal, dia rela bantu temannya jadi distributor makanan beku murah dengan bantuan suaminya, Hendra Andiarto.

Namun, lama-lama kerjasama antara Rizky (dengan bantuan suaminya) dan temannya nggak berjalan mulus. Produksi makanan ringan yang seharusnya tanggung jawab temannya sering terlambat dan kualitasnya juga menurun, bikin ribet buat para pelanggan yang udah pesan duluan. Biar nggak kecewain pelanggan, Rizky (setelah dengar saran dari suaminya) memutuskan untuk keluar dari kerjasama bisnis yang nggak menguntungkan itu. Lagi pula, saat itu dia juga lagi hamil besar anak pertama, jadi dia lebih fokus buat persiapan lahiran.

Nih, ceritanya singkat aja ya. Jadi, setelah anaknya udah berusia 10 bulan, suaminya ngajak Rizky buat coba lagi bisnis yang dulunya sukses banget, yang mereka berdua udah pernah jalani bareng temannya. Rizky setuju buat mulai lagi usaha rumahan dengan modal kecil tapi untung besar yang dulu udah pernah dia coba.

Tapi bedanya kali ini, mereka berdua ngurusin bisnis makanan itu sendiri. Pakai nama website RumahNugget.com, Rizky fokus ke usaha kecil tapi untung gede ini dengan bikin nugget dari ikan. Kan biasanya nugget tuh dibikin dari daging ayam, nah Rizky bedain dengan bikin nugget ikan. Ini peluang bisnis yang bagus karena di pasaran masih jarang ada nugget ikan.

Walau modalnya cuma kurang dari 1 juta waktu itu, Rizky nggak patah semangat buat nyobain usaha kuliner ini. Kebetulan dapur buat bikin nugget udah ada dari waktu nikah dulu. Juga tempat kemasan nugget juga udah ada, bekas waktu Rizky kerja sambilan sama temannya. Dia mantap aja buat produksi nugget ikan sendiri karena ngeliat peluang bisnis makanan yang bagus buat jualan nugget ikan buatannya.

Kesuksesan bisnis makanan ringan modal kecilnya mulai terbuka waktu Rizky berhasil dapet sertifikasi halal dan izin edar dari BPOM di Bekasi. Itu langkah awal keberhasilan bisnis makanan ringan yang dia rintis dengan modal nggak lebih dari 1 juta. Sekarang, usaha rumahan modal kecil untung besar milik Rizky udah punya beberapa karyawan, dan semuanya ibu-ibu yang juga tetangganya. Mereka bantuin Rizky produksi nugget ikan di rumah. Karyawan-karyawannya ini jadi tulang punggung bisnis makanan ringan modal kecil miliknya. Rizky sendiri yang ngawasin kualitas produknya. Buat pemasaran, mereka pake online lewat website, Twitter, dan BBM, jadi pelanggan-pelanggan mulai kenal dan pesen produk bisnis makanan online mereka.

Jadi, intinya, bisnis makanan seperti yang Rizky lakuin nggak harus punya modal gede. Kunci sukses bisnis distributor makanan ini, buat ibu-ibu PNS, karyawan, wanita karir, mahasiswa, atau siapa aja, tergantung seberapa jeli mereka liat peluang bisnis kecil tapi untung gede. Dengan sedikit kreativitas, bisa menciptain peluang usaha yang berpotensi untung besar. Bisnis makanan paling laku modal sejutaan yang dijalani Rizky, sebagai ibu rumah tangga, jadi bukti bahwa jangan pernah nyerah cari peluang usaha sampingan tanpa modal gede.


PANTANG MUNDUR

Karakteristik Kewirausahaan (Ciri-ciri Seorang Wirausahawan)

The Entrepreneur

Nah, ceritanya begini nih. Kalo mau jadi wirausahawan sukses, ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki. Ini dia karakteristik-karakteristiknya:

1. Punya Motivasi Tinggi buat Berprestasi

Wirausahawan itu selalu punya prinsip bahwa apa yang dia lakuin tuh harus yang terbaik buat hasil yang maksimal. Jadi nggak sembarangan aja ngelakuin sesuatu, meskipun orang lain juga bisa. Prestasi itu yang bikin hasil kerjanya beda dari orang lain yang nggak punya jiwa wirausaha.

2. Punya Visi ke Masa Depan

Wirausahawan juga harus punya pandangan ke depan. Visi seorang wirausahawan itu bisa jadi indikator sukses atau nggaknya dia. Coba liat contohnya nih. Sony Sugema, tokoh wirausahawan sukses di bidang bimbingan belajar, bisa nangkep peluang-peluang di masa depan dengan prinsip "The Fastest Solution" yang awalnya nggak langsung dipercaya, tapi setelah dicoba, jadi tenar dimana-mana. Terus ada Akio Morita, pendiri dan pemilik Sony Corp., dia ciptain "Walkman" berdasarkan visinya ke masa depan, impian dia buat bikin tape recorder yang bisa dipake pake headphones dan ukurannya kecil biar gampang dibawa kemana-mana.

3. Punya Kreativitas Tinggi

Biasanya wirausahawan tuh punya daya kreativitas dan inovasi yang beda dari yang lain. Mereka bisa kepikiran hal-hal yang belum kepikiran sama orang lain dan bisa jadiin inovasinya itu diminati orang. Contohnya, pas menjelang tahun 2000, ada sekelompok orang yang kaya banget gara-gara jualan "the millennium bug". Puluhan juta dolar berputar di industri komputer dan teknologi cuma gara-gara ide ini. Ada perangkat lunak baru, jasa konsultasi teknologi komputer, sampe industri hiburan di Hollywood yang sukses banget berkat ide ini.

Jadi, intinya buat jadi wirausahawan sukses, harus punya motivasi tinggi buat berprestasi, visi ke masa depan yang jelas, dan kreativitas yang nggak ada duanya. Dengan karakteristik-karakteristik ini, siapa aja bisa jadi wirausahawan yang sukses!

Ini dia masih ada lagi karakteristik wirausahawan yang harus kamu punya buat sukses:

4. Kreatif Banget

Wirausahawan harus cepet banget nyerapin mimpi-mimpinya jadi ide-ide keren buat bikin bisnisnya maju. Impian dan tujuan hidup itu kayak dasar dari hidup dan bisnis kita. Nah, inovasi tuh bisa dianggep kayak tiang-tiang yang ngejaga dasar hidup dan bisnis kita tetep kuat, biar nggak goyah kalo lagi dihadepin sama kesulitan atau tantangan. Impian aja nggak cukup. Impian harus selalu didukung sama inovasi yang nggak berhenti, jadi dasar hidup dan bisnis kita tuh kuat banget, meskipun lagi dihadepin badai masalah atau tantangan. Setiap dasar baru yang dibangun harus didukung sama tiang-tiang buat bikin kerangka pengembangan, terus diikuti sama manajemen produk, manajemen pelanggan, manajemen keuangan, pengendalian sistem, dan lain-lain. Inovasi itu kayak kreativitas yang dijadiin nyata dan nunjukin nilai tambah dari sumber daya yang kita punya.

5. Komitmen Banget sama Kerjaan

Menurut Sony Sugema, ada tiga hal penting yang harus dimiliki sama wirausahawan sukses: impian, kerja keras, dan ilmu. Ilmu sama kerja keras tanpa impian itu kayak kapal yang berlayar tapi nggak tau arahnya mau kemana. Impian sama ilmu tanpa kerja keras itu kayak orang pertapa aja. Impian sama kerja keras tanpa ilmu itu kayak kapal yang berlayar tapi nggak ada nahkodanya, nggak jelas mau kemana. Banyak orang berhenti di tengah-tengah sukses dan kegagalan. Tapi seorang wirausahawan harus punya komitmen yang kuat sama kerjaannya, karena kalo nggak, hasil semua yang udah dirintis bakal berantakan.

6. Bertanggung Jawab

Ide dan tindakan wirausahawan nggak bisa lepas dari tanggung jawab. Makanya, komitmen itu penting banget dalam kerjaan, biar bisa bikin tanggung jawab. Orang yang bertanggung jawab tuh ciri-cirinya disiplin, komitmen tinggi, serius, jujur, berdedikasi tinggi, dan konsisten. Contohnya, pegawai di bagian keuangan yang males-malesan bikin laporan rutin tepat waktu, itu bisa bikin susah ukur kinerja perusahaan. Terus pengusaha yang ngakali laporan keuangan buat ngindarin bayar pajak sesuai peraturan, itu nggak bertanggung jawab.

Jadi, kalo mau jadi wirausahawan sukses, harus kreatif banget, punya komitmen tinggi sama kerjaan, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakuin. Pokoknya, jangan pernah nyerah dan terus semangat, ya!

Nah, ini dia karakteristik wirausahawan yang penting banget, ada lagi ya:

7. Jago Mandiri

Orang yang jago mandiri tuh orang yang nggak suka tergantung sama orang lain, malah dia udah ngeluarin seluruh tenaga dan usahanya sendiri. Intinya, dia pandai banget memanfaatin potensi dirinya sendiri tanpa harus disuruh-suruh sama orang lain. Kalo mau jadi wirausahawan mandiri, harus punya modal yang beragam. Ada tiga jenis modal utama yang harus ada:

a. Modal dalam diri sendiri, kayak keahlian, keterampilan, kemampuan analisis, resiko, atau visi jauh ke depan.

b. Modal dari luar, kayak uang yang cukup buat modal usaha dan biaya kerja, jaringan sosial, dan saluran permintaan dan penawaran.

c. Faktor X, kayak kesempatan dan keberuntungan.

Calon wirausahawan harus bener-bener mikirin apakah ketiga modal ini ada atau nggak. Kalo modal-modal ini bisa dipenuhin, dia bakal optimis dan berharap impian dia bisa jadi kenyataan.

8. Berani Hadapi Risiko

Wirausahawan harus berani hadapi risiko. Semakin besar risiko yang dihadepin, semakin besar peluang buat dapet untung. Berani ngambil risiko yang udah dihitung-hitung sebelumnya tuh kuncinya dalam dunia usaha, karena hasil yang didapet sebanding sama risiko yang diambil.

Risiko yang udah dihitung dengan baik bakal memberi kemungkinan sukses yang lebih besar. Nah, ini bedanya wirausahawan sama manajer. Wirausahawan lebih dibutuhin di awal perusahaan, sementara manajer diperlukan buat ngatur perusahaan. Intinya, tugas manajer itu berani ngambil keputusan buat suksesin pengelolaan sumber daya, sedangkan tugas wirausahawan itu berani ambil risiko buat dapet peluang.

9. Selalu Cari Peluang

Wirausahawan sejati tuh bisa ngeliat sesuatu dari berbagai sudut pandang sekaligus. Bahkan dia bisa ngelakuin beberapa hal sekaligus dalam satu waktu. Kemampuan kayak gitu itu yang bikin dia jago ngadepin masalah-masalah di perusahaannya. Semakin tinggi kemampuan wirausahawan buat ngurusin banyak tugas sekaligus, semakin besar peluang buat jadi sumber daya yang bisa dimanfaatin. Wirausahawan selalu belajar, belajar, dan belajar.

Kalo kita berfikir kreatif, sebenernya masih banyak misteri yang harus kita pecahin sendiri di kehidupan ini, melalui pengalaman dan terus nyari kebenaran yang nggak berhenti. Artinya, setiap hal yang terjadi dalam hidup itu bagian dari proses alamiah yang bantu kita buat belajar, berubah, dan tumbuh jadi lebih baik.


Ini dia, nilai-nilai kewirausahaan yang penting banget: Nilai-nitai Hakiki Kewirausahaan

Nilai-nilai Sejati Kewirausahaan

Nilai-nilai kewirausahaan di atas itu kayak sistem nilai yang bawaan dari para manajer juga. Kayak yang diungkapin sama Andreas A. Danandjaja (1986) dan Sidharta Poespadibrata (1993), dalam sistem nilai manajer itu ada dua kelompok nilai, yaitu: (1) nilai-nilai pribadi (2) nilai-nilai kelompok atau organisasi. Nah, dalam nilai-nilai pribadi ini ada empat jenis nilai, nih: (1) nilai praktis yang utama, (2) nilai moral yang utama, (3) nilai efektif yang utama, dan (4) nilai-nilai baru. Nah, dalam nilai praktis yang utama ini ada beberapa unsur, kayak perencanaan, prestasi, produktivitas, keahlian, kreativitas, kerjasama, dan peluang. Terus, dalam nilai moral yang utama ini ada unsur-unsur keyakinan, jaminan, martabat, pribadi, kehormatan, dan ketaatan.

Dalam dunia kewirausahaan, nilai praktis yang utama itu keliatan dari karakter, jiwa, dan tingkah lakunya. Misalnya, selalu kerja keras, tegas, fokus ke prestasi, berani ambil risiko, kreatif, inovatif, kerja berkualitas, komitmen, dan bisa cari peluang. Terus, nilai moral yang utama itu meliputi keyakinan atau percaya diri, kehormatan, kerjasama, jujur, jadi contoh yang baik, dan keutamaan.

Jadi, nilai-nilai kewirausahaan ini penting banget buat suksesin usaha kita. Kita harus punya watak, jiwa, dan prilaku yang ngejalanin nilai-nilai itu.

Nih, nilai-nilai kewirausahaan yang penting banget:

Menurut Sujuti Jahya (1997), nilai-nilai kewirausahaan itu bisa dibagi ke dalam dua dimensi nilai yang saling berpasangan, loh:

• Nilai-nilai yang fokusnya materi dan nonmateri.

• Nilai-nilai yang fokusnya kemajuan dan kebiasaan.

Penerapan nilai-nilai ini tergantung banget pada fokus dan tujuan masing-masing pengusaha.

Dari ciri-ciri di atas, ada beberapa nilai yang hakiki banget dalam kewirausahaan, nih:

1. Percaya Diri

Percaya diri itu kombinasi sikap dan keyakinan kita dalam menghadapi tugas atau pekerjaan (Soesarsono Wijandi 1988: 33). Jadi, ini tentang sikap dan keyakinan kita buat memulai, ngelakuin, dan menyelesaikan tugas atau tantangan yang dihadapi. Percaya diri itu punya nilai-nilai keyakinan, optimisme, individualisme, dan ketidaktergantungan. Orang yang percaya diri cenderung yakin sama kemampuannya buat mencapai kesuksesan (Zimmerer). Percaya diri itu berasal dari dalam diri kita sendiri, relatif, dinamis, dan banyak dipengaruhi oleh kemampuan kita buat memulai, ngelakuin, dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Orang yang percaya diri punya kemampuan buat menyelesaikan tugas secara sistematis, efektif, dan efisien. Percaya diri juga keliatan dari ketenangan, ketekunan, semangat, dan kekokohan dalam melakukan pekerjaan.

2. Fokus pada Tugas dan Hasil

Orang yang selalu ngutamain tugas dan hasil adalah orang yang ngutamain nilai-nilai prestasi, penghasilan, ketekunan, kerja keras, punya motivasi tinggi, energik, dan punya inisiatif. Inisiatif artinya selalu mau cari dan mulai sesuatu. Buat mulai, kita perlu niat dan tekad yang kuat serta semangat yang besar. Kalau berhasil atau sukses sekali, sukses berikutnya pasti datang, jadi usaha kita semakin maju dan berkembang. Dalam kewirausahaan, peluang itu cuma bisa didapetin kalau ada inisiatif. Perilaku inisiatif ini biasanya didapetin dari pelatihan dan pengalaman bertahun-tahun, dan pengembangannya butuh disiplin, berpikir kreatif, dan semangat.

3. Berani Ambil Risiko

Niat dan kemampuan buat ambil risiko itu salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Pengusaha yang nggak mau ambil risiko bakal susah buat memulai atau punya inisiatif. Menurut Angelita S. Bajaro, pengusaha yang berani tanggung risiko itu orang yang mau jadi pemenang dan menang dengan cara yang baik. Pengusaha suka banget sama usaha-usaha yang menantang buat mencapai kesuksesan atau kegagalan, daripada usaha yang kurang menantang. Jadi, pengusaha nggak suka risiko yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Risiko yang terlalu rendah bakal ngasih kesuksesan yang relatif rendah. Kalau risiko terlalu tinggi, kesuksesan tinggi tapi kegagalannya juga tinggi. Makanya, pengusaha lebih suka risiko yang seimbang (moderat). Jadi, keberanian buat ambil risiko itu jadi nilai penting dalam kewirausahaan, tapi risiko yang diambil harus realistis. Kita bakal puas banget kalau berhasil ngerjain tugas-tugas kita dengan cara yang realistis.

Jadi, itu dia nilai-nilai kewirausahaan yang harus kita pegang buat sukses di bisnis. Kita harus punya kepercayaan diri, fokus pada tugas dan hasil, dan berani ambil risiko dengan bijak.

Nih, nilai-nilai kewirausahaan yang lain:

4. Jiwa Kepemimpinan

Pengusaha sukses selalu punya sifat kepemimpinan, jadi mereka mau jadi yang paling keren, yang paling maju, dan paling mencolok. Mereka pake kreativitas dan inovasi buat nampilin produk dan jasa mereka lebih cepat, lebih awal, dan langsung ada di pasaran. Mereka selalu tampilin barang dan jasa baru, jadi pelopor dalam proses produksi atau pemasaran. Mereka juga selalu manfaatin perbedaan sebagai nilai tambah. Makanya, perbedaan itu jadi sumber pembaruan buat menciptain nilai. Mereka mau bergaul buat cari peluang dan terbuka buat kritik serta saran yang bisa dijadikan peluang. Karya dan ide yang beda-beda itu dilihat sebagai sesuatu yang baru dan dijadikan peluang. Banyak hasil karya pengusaha yang beda-beda dan dianggap baru, kayak komputer, mobil, minuman, dan makanan.

5. Fokus ke Masa Depan

Orang yang fokus ke masa depan itu orang yang punya visi ke masa depan. Karena punya pandangan yang jauh ke depan, mereka selalu berusaha buat berkarya dan berinovasi. Kuncinya adalah kemampuan buat menciptain sesuatu yang baru dan beda dari yang udah ada sekarang. Meskipun ada risiko, mereka tetep kuat buat cari peluang dan tantangan demi memperbarui masa depan. Pandangan yang jauh ke depan bikin pengusaha nggak cepet puas dengan karya dan ide yang udah ada sekarang. Makanya, mereka selalu siap buat cari peluang.

6. Keorisinilan: Kreativitas dan Inovasi

Nilai-nilai inovatif, kreatif, dan fleksibilitas itu bagian dari keorisinilan seseorang. Pengusaha yang inovatif itu orang yang kreatif dan yakin kalo ada cara-cara baru yang lebih baik. Mereka nggak pernah puas dengan cara-cara yang udah ada, meskipun udah bagus. Selalu ada imajinasi dalam pekerjaan mereka. Mereka selalu mau tampil beda atau manfaatin perbedaan. Menurut Theodore Levitt dari Harvard, inovasi dan kreativitas itu lebih ke arah berpikir dan mencari hal baru. Kreativitas itu kemampuan buat menciptain gagasan baru dan nemuin cara baru buat ngeliat masalah dan peluang yang ada. Sedangkan inovasi itu kemampuan buat menerapkan solusi kreatif buat masalah dan peluang yang ada, buat nambah kehidupan masyarakat. Jadi, kreativitas itu bikin gagasan baru, sedangkan inovasi itu ngelakuin sesuatu yang baru. Karena itu, menurut Levitt, kewirausahaan itu tentang berpikir dan bertindak sesuatu yang baru atau punya pendapat baru. Menurut Soeparman Soemahamidjaja, kewirausahaan itu kemampuan buat menciptain sesuatu yang baru dan beda.


Keberhasilan dan Kegagalan Wirausahawan

Yuk kita simak deh, kita sering denger cerita tentang wirausahawan yang gagal, usahanya hancur dan akhirnya bangkrut. Ada yang gagal dan nggak bisa bangkit lagi, sampe-sampe hidupnya jadi bingung. Tapi ada juga wirausahawan sejati yang bisa melakukan introspeksi, mengevaluasi diri, dan analisis pasar. Mereka bisa bangkit lagi dengan usaha baru atau strategi baru. Dan akhirnya bisa sukses lagi.

Wirausahawan yang sukses artinya mereka punya kemampuan buat lewatin dan atasin kegagalan satu demi satu tanpa kehilangan semangat. Sukses, setiap orang pasti pengen sukses. Nggak ada satu pun orang di dunia ini yang mau jadi gagal terus.

Ciri-ciri wirausahawan sukses

Yuk, kita lihat ciri-ciri wirausahawan sukses yang biasanya ada:

1. Motivasi Tinggi untuk Berprestasi

Wirausahawan selalu punya prinsip bahwa apa yang mereka lakukan harus menghasilkan nilai maksimal. Mereka nggak sembarangan dalam menjalankan usaha, meskipun ada orang lain yang bisa melakukannya. Nilai dan prestasi adalah yang membedakan hasil karya mereka sebagai wirausahawan dengan orang lain yang nggak punya semangat berwirausaha.

2. Fokus ke Masa Depan

Sukses itu adalah proses, bukan tujuan akhir. Apa yang kita kejar, impikan, dan cita-citakan harus memenuhi beberapa syarat nih:

a. Spesifik, artinya jelas dan spesifik tentang apa yang kita ingin capai.

b. Terukur, artinya bisa dihitung atau diukur, berapa banyak atau seberapa besar yang ingin kita raih.

c. Tercapai, artinya harus bisa dicapai, jangan cuma khayalan yang nggak mungkin bisa kita capai dengan kemampuan kita.

d. Realistis, artinya berdasarkan pada kenyataan yang ada, harus sesuai dengan kondisi sekarang baik kemampuan maupun kebutuhannya.

e. Waktu yang terencana, artinya punya target waktu, misalnya berapa lama dan kapan harus dicapai. Semua kegiatan harus punya batasan waktu sampai pencapaian.

Wirausahawan juga harus punya pandangan ke masa depan. Keberhasilan atau kegagalan wirausahawan bisa dilihat dari perspektif ke depan.

3. Kreativitas yang Tinggi

Wirausahawan umumnya punya kemampuan kreasi dan inovasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang bukan wirausahawan. Mereka bisa memikirkan hal-hal yang belum terpikirkan oleh orang lain dan menghasilkan inovasi yang dibutuhkan pasar. Orang yang kreatif biasanya selalu punya imajinasi dan mimpi untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.

Yuk, kita bahas ciri-ciri wirausahawan sukses yang lain:

4. Penuh Inovasi

Seorang wirausahawan harus langsung mengubah mimpi-mimpinya menjadi inovasi untuk mengembangkan bisnis. Inovasi itu adalah kreativitas yang diwujudkan menjadi sesuatu yang bisa kita terapkan dan memberikan nilai tambah dari sumber daya yang kita punya. Jadi, untuk selalu bisa inovatif, kita perlu punya kecerdasan kreatif. Caranya adalah dengan sering-sering berlatih berpikir agar bisa menggali sumber kreativitas dan insting bisnis.

5. Bertanggung Jawab

Ide dan tingkah laku seorang wirausahawan nggak bisa lepas dari tanggung jawab dan tuntutan. Indikator atau tanda orang yang bertanggung jawab adalah:

a. Disiplin

b. Komitmen yang kuat

c. Kerja keras dengan sungguh-sungguh

d. Nggak suka bohong (jujur)

e. Punya dedikasi tinggi

f. Konsisten

g. Selalu mencari peluang

Mencari peluang itu nggak cuma menunggu aja, tapi wirausahawan harus menciptakannya sendiri. Caranya adalah dengan menciptakan sesuatu yang baru dan lebih baik, serta mudah digunakan. Makanya, ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang. Setiap hal yang terjadi dalam hidup adalah bagian dari proses alami yang membantu kita belajar, berubah, dan tumbuh menjadi lebih baik.

Seperti yang udah kita simak dari awal, sering banget diceritain tentang kegagalan dalam berwirausaha. Tapi sebagian orang menganggap bahwa kegagalan itu adalah awal dari kesuksesan. Dan kalau seseorang menyerah setelah gagal, berarti dia belum tahu bahwa kesuksesan itu sudah dekat banget. Dua kalimat ini seharusnya bisa bikin kita sadar untuk nggak pernah menyerah.

Karakteristik kegagalan dalam kewirausahaan

Yuk, kita bahas karakteristik kegagalan dalam kewirausahaan. Ini dia yang perlu kita perhatikan:

1. Kurang Modal

Nggak semua kegagalan disebabkan oleh kurangnya modal, tapi banyak banget kegagalan yang disebabkan karena dana yang kurang. Modal itu memang penting banget buat memulai bisnis.

2. Kurang Pengalaman di Bidang Bisnis

Nah, kalau nggak punya pengalaman di bidang bisnis, lebih baik serahkan jabatan itu ke ahlinya. Artinya, tempatkan orang yang punya keahlian di posisi yang sesuai.

3. Kurang Perencanaan yang Matang

Dalam dunia wirausaha, kita harus merencanakan segala sesuatu dengan matang sebelum memulai. Tanpa perencanaan yang tepat, peluang kegagalan jadi makin besar.

4. Minat yang Tidak Cocok dengan Bidang Usaha

Ini terkait dengan yang udah dijelasin di poin kedua tadi, yaitu tempatkan orang di posisi yang sesuai. Nah, termasuk di situ, kita harus tempatkan orang sesuai dengan minat dan bakatnya supaya usaha atau pekerjaan yang dijalankan bisa jadi teman baik dan bisa ditekuni dengan baik.

Jadi, itulah karakteristik kegagalan dalam kewirausahaan yang perlu kita cermati. Semoga bisa jadi pelajaran buat kita supaya nggak mengalami kegagalan yang sama.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis bisa gagal. Ini dia beberapa di antaranya:

1. Kurang tekun dan mudah putus asa. Sebagai wirausaha, kita harus rajin, tekun, sabar, dan jangan mudah menyerah.

2. Kurang konsisten dan teliti.

3. Kurangnya pengawasan dan kontrol.

4. Masalah kemacetan yang sering terjadi dan menghambat kelancaran bisnis.

5. Pelayanan yang kurang baik kepada pelanggan.

6. Ketidakjujuran dan kurang tangkas dalam mengatasi masalah.

7. Kurang inisiatif dan kurang kreatif dalam menghadapi perubahan.

8. Salah memilih bidang usaha yang tidak sesuai.

9. Memandang perusahaan sebagai badan sosial, padahal dalam berbisnis, kita harus mempertimbangkan keuntungan.

10. Banyaknya penyimpangan dan pelanggaran yang dilakukan.

11. Sulit menyesuaikan dengan selera konsumen.

12. Sulit membedakan antara harta pribadi dan harta perusahaan.

13. Mengambil kredit tanpa pertimbangan yang matang.

14. Memulai usaha tanpa pengalaman dan bergantung pada pinjaman modal.

15. Terlalu banyak piutang yang tidak pasti pembayarannya.

16. Salah menghitung harga pokok. Dalam berbisnis, kita harus bisa menghitung berapa biaya yang dikeluarkan.

Sekarang, setelah kita menyelesaikan pelajran ini, kita sudah memahami tentang wirausaha, sejarahnya, ciri-ciri wirausahawan, serta keberhasilan dan kegagalan dalam berbisnis.

RANGKUMAN

Yuk, kita rangkum materi ini dengan santai sambil mengingat materi yang telah kita pelajari:

1. Kewirausahaan itu padanan kata dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris artinya kayak jadi pengusaha yang kreatif dan berani berpetualang. Kata entrepreneurship berawal dari bahasa Perancis, 'entreprende', yang artinya petualang, pencipta, dan pengelola usaha gitu.

2. Jadi, kewirausahaan itu kayak cara buat ngeluarin ide kreatif dan inovatif yang diolah lewat usaha kita sendiri.

3. Buat jadi wirausahawan yang sukses, kita harus punya sifat yang tangguh dan selalu berinovasi.

4. Dalam dunia wirausaha, ada faktor yang bisa bikin kita sukses atau gagal, jadi penting banget buat kita tahu tentang itu.

Nah, gitu deh rangkuman materinya. Semoga bisa bantu kamu lebih paham tentang kewirausahaan!

 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |