Ciri-Ciri Utama Sejarah

 nike-air-max-90-sepatu-olahraga-murah.html
Mempelajari sejarah berarti membiasakan diri untuk berpikir secara historis dan kritis. Cara berpikir sejarah berbeda dengan cara berpikir ilmu pengetahuan alam yang saintis. Berpikir secara historis tentu akan terus berhubungan dengan masa lampau, sedangkan dalam berpikir saintis kita tak dituntut untuk menengok masa lalu.
Kita bisa menulis, misalnya, sejarah hidup (biografi) Blaise Pascal dalam sebuah buku. Dalam buku itu kita membahas mengenai masa kecil Pascal, masa sekolah, kuliah, hingga ia menemukan rumus fisikanya yang terkenal. Kita pun bisa menghubungkan kehidupan pribadinya dengan keadaan zaman yang dihadapinya, yaitu zaman pencerahan Eropa. Namun, kita tak membahas masalah rumus dan praktik laboratoriumnya secara detail. Pembahasan detail tentang teori-teori dan hukum-hukum Pascal tentu akan dibahas pada ilmu sains (fisika), tidak dalam ilmu sejarah.
Berikut ini adalah ciri-ciri umum dalam dunia sejarah, yaitu bahwa:
(a) Peristiwa sejarah itu abadi, tetap dikenang oleh generasi selanjutnya; misalnya peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
(b) Peristiwa sejarah itu unik, hanya terjadi satu kali seumur hidup, tak pernah terulang secara persis untuk kedua kalinya; Oleh karena itulah tidak akan pernah ada peristiwa sejarah yang berulang. Setiap peristiwa akan berbeda dengan peristiwa sebelumnya, mungkin saja peristiwanya sama tetapi pelaku, waktu, dan tempatnya akan berbeda
(c) Peristiwa sejarah itu penting karena memiliki arti dan makna terhadap kehidupan khalayak ramai dan memiliki pengaruh besar dalam perjalanan manusia yang menjalaninya, misalnya peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, walaupun berlangsung singkat, namun dianggap sebagai peristiwa bersejarah karena pengaruhnya yang besar terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
1. Batasan Sejarah
Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah


Mimpi yang terbeli (Contoh Prosa)


http://www.berkado.com/2015/10/tips-beli-catokan-rambut.html

Mimpi yang terbeli
Saya jadi ingat bagaimana ketika massa kecil ibu saya sering bertanya ke saya.

Dani, besuk kalau sudah besar mau jadi apa?. Dengan konyolnya saya pun menjawab saya ingin jadi dokter ibuk. Biar bisa suntik orang cus cus cus. Tapi seiring berjalannya waktu saya lebih memilih menjad politikus, biar terlihat keren karena berpikir untuk mensejahterahkan masyarakat :).

Lebih konyol lagi teman saya, ketika orang tuanya bertanya dia pun menjawab. Saya ingin jadi raja, biar bisa berlaku semaunya. Hehehehe, kalau sudah besar seperti ini seolah semua impian itu omong kosong yah :)
Saya masih ingat betul, bagaimana saya ketika SD. Saya begitu semangat belajar, saya begitu termotivasi untuk mendalami setiap materi yang diberikan bapak-ibu guru. Jadi Anda semua jangan kaget jika melihat raport saya sewaktu SD. Semuanya angka 9 loh, hehehe. Jadi sedikit pamer
Waktu berjalan, SMP dan SMA pun sudah saya lalui. Namun ketika sudah kuliah, ada beberapa pertanyaan dalam benak saya.

Dimana impian yang dulu sewaktu saya kecil sudah saya bangun, dimana impian-impian teman-teman saya dulu. Semuanya musnah, mimpi yang sudah kami bangun dihancurkan sendiri oleh orang tua dan para guru kami.
Suatu hari aku dan teman-teman pernah berkunjung ke Sekolah Dasar tempat kami menempah ilmu dulu, saat itu kami berencana sharing masalah masa depan. Kebetulan saya sendiri ambil FISIP. Namun ketika saya tanya ke guru mereka bilangnya, sehabis lulus langsung bisnis buku saja, kamu cetak buku-buku pelajaran terus kamu kirim ke sekolah-sekolah dasar, nanti ibu bantu kok. Saya jadi berpikir dan heran, apa hubungannya FISIK sama percetakan buku.
Ketika saya tanya kedua orang tua jawabannya juga begitu, mending ikuti saran guru kamu saja. Belajar bisnis percetakan buku biar uangnya banyak.

Saat itu saya jad berpikir, bukankah mereka yang membangun mimpi saya, bukankah mereka yang menyuruh saya untuk bermimpi, bukankah mereka yang mendukung saya untuk selalu bermimpi.
Tapi kenapa justru mereka sendiri yang menghancurkan mimpi saya lantaran takut saya tidak punya materi ketika menjalani hidup di dunia ini.

Ironi memang, tapi itulah dunia mimpi dan dunia pendidikan di Indonesia. Semuanya salah kaprah dan tidak mendukung. Terimakasih

Created By DANI CAMARA

Posting oleh Blogger ke Dani Camara pada 4/24/2013 06:47:00 PM

Tujuan Program Adiwiyata

http://www.berkado.com/2015/08/kursi-rotan-sesuai-desain-anda.html
Tujuan program adiwiyata adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut ber tanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan. Kegiatan utama diarahkan pada terwu judnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan nor ma-norma dasar antara lain; kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, keju juran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup, dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran, serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara teren cana dan terus menerus secara konperehensif.


       Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) secara khusus memiliki 5 tujuan. Pertama, Kesadaran. Ini untuk membantu peserta didik mem pero leh sebuah kesadaran dan kepekaan terhadap  lingkungan dan berbagai per masalahannya, membangun kemampuan untuk merasakan dan membe dakan diantara stimulus, mengulah, menyaring dan memperluas pandangan-pan dangan dan menggunakan dalam berbagai   konteks. Kedua, Pengetahuan. Dimaksudkan membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah pengertian mendasar tentang bagaimana fungsi lingkungan , bagaimana orang berinte raksi dengan lingkungan, dan  bagimana timbulnya isu-isu dan masalah berkaitan dengan lingkungan dan bagaimana cara penyelesainnya. Ketiga.  Sikap. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh seperangkat  nilai dan perasaan-perasaan kepedulaian, motivasi dan komitmen terhadap ling kungan. Keempat, Keterampilan. Membantu peserta didik memperoleh kete rampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki perma salahan lingkungan dan berkontribusi untuk pemecahan masalah tersebut. Kelima,  Partisipasi. Dimaksudkan  untuk membantu peserta didik mempe roleh pengalaman dalam menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dan keterrampilan dalam pengambilan keputusan, tindakan-tindakan positif yang mengarah pada pemecahan isu-isu dan permasalah lingkungan.
Pendidikan Lingkungan Hidup PLH) dan peranannya dalam membentuk manusia yang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan ada lah suatu keniscayaan, Dalam pengertian  Pendidikan Lingkungan Hidup PLH) terdapat unsur pendidikan. Sementara  pendidikan memiliki pengertian suatu proses yang dapat mengubah perilaku seseorang untuk lebih bersikap dan memiliki tata laku dan berakhlak dan cerdas melalui upaya pengajaran dan latihan. Dalam konteks ini, memiliki sikap dan tata laku yang berakhlak dan cerdas dalam memanfaatkan dan mengelola lingkungan.

Sering dunia dan orang di sekitar kita memperlakukan kita dengan tidak adil


http://www.berkado.com/2015/01/tas-gk0243-tas-murah-import-grosir.html


Sering dunia dan orang di sekitar kita memperlakukan kita dengan tidak adil

Satu dunia ini yang kita tempati bersama
sering memperlakukan setiap kita dengan tidak sama
sering juga tidak adil kepada kita
lalu apakah kita bisa menerima
dengan tabah dan lapang dada
___________________
.
sore itu aku mencari udang di saluran sawah
tidak begitu lama aku sudah mendapat udang
dalam jumlah yang banyak
aku jual mendapat uang empat ribu rupiah
uang yang sangat banyak
karena untuk membayar spp hanya enam ratus rupiah
tidak lama setelah mendapatkan uang
seorang teman bercerita
pada hari itu juga
sudah beberapa tempat di sungai dan saluran sawah
ia selusuri untuk mencari ikan dan udang
tapi hanya sedikit udang yang dia dapat
waktu itu aku juga tidak mengerti mengapa dunia tidak adil
aku sebentar saja, hanya satu tempat, mendapat udang lebih banyak
jauh lebih banyak
dari yang didapat teman dari tempat dan waktu yang lebih banyak
.
Orang di sekitar kita pun terkadang tidak adil pada kita
aku ingat dulu sering mendapat perlakuan yang tidak adil
dengan mata dan telingaku sendiri aku melihat
temanku dimarahi dengan keras karena tidak memakai kaos kaki
oleh bu guru
tidak lama kemudian bu guru itu melihat aku
sama, tidak menggunakan kaos kaki juga
tanpa aku duga bu guru sama sekali tidak marah padaku
ya bu guru yang baik pun terkadang tidak adil
.
Aku juga masih ingat
saat masih sekolah, di sekolah
ketika pak guru memberikan tes tanya jawab
aku dipilihkan soal yang lebih mudah
karena sedang tidak konsentrasi
soal yang mudah pun aku tidak bisa menjawab
sedangkan teman yang gilirannya setelah aku
diberi soal yang lebih sulit dan lebih panjang
dan kebetulan teman itu mampu menjawab dengan benar
namun setelah aku melirik daftar nilai yang dibuat oleh pak guru
ternyata nilaiku sama dengan nilai teman yang bisa menjawab itu
hmmm.. ya.. pak guru yang baik pun terkadang tidak adil

Fungsi Serai berkhasiat untuk kesehatan

http://www.jayasteel.com/2015/04/jual-wiremesh-murah.html

Tersedia serai (biasanya untuk soto, dll bahan masakan)
Harga : Gratis
Syarat : secukupnya, Ambil sendiri
Jl. Awikoen Madya no 5, Gresik (-)
(Tersedia juga daun sirih, daun pandan, daun pisang, blimbong wolo : semua gratis syarat secukupnya)
IKLAN :
Tersedia serai (biasanya untuk soto, dll bahan masakan)
Harga : Gratis
Syarat : secukupnya, Ambil sendiri
Jl. Awikoen Madya no 5, Gresik (-)
(Tersedia juga daun sirih, daun pandan, daun pisang, blimbing wuluh : semua gratis syarat secukupnya)

Historiyono Kusdaryanto 
berbagi, makasih

Historiyono Kusdaryanto 
Di kalangan para ibu rumah tangga, Sereh atau disebut dengan Serai sudah sangat familiar karena menjadi salah satu bahan penting untuk memasak. Penggunaan Serai atau Sereh ini biasanya untuk mengharumkan makanan dan sebagai penyedap rasa. Pertanyannya, apakah hanya itu manfaat dari Serai ini?
Serai atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia.
Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik.
Selain itu, kandungan analgesik dalam Serai juga dapat berperan untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot maupun nyeri sendi. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dan juga meredakan bau badan.
Dalam Serai, ada banyak kandungan senyawa seperti geranil butirat, lomonen, eugenol, metileugenol, geranial yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.
Untuk lebih jelasnya, terkait fungsi Serai yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, berikut merupakan penjabarannya.

• Serai mencegah penyakit kanker….

Manfaat Pepaya: Buah, Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, dan Kulit


Jahit Online


Entah karena apa, salah satu pohon pepaya yang kemarin-kemarin banyak sekali buahnya dan besar-besar, tadi tumbang.

Tetangga yang memberikan informasi.
“Iya Bu, diambil saja daunnya” jawab istriku saat Bu Sum berniat meminta daun pepaya itu.
“Sekalian buahnya Bu” saya menimpali.
Mungkin ada teman-teman yang bisa menambahkan manfaat daun pepaya dan pepaya muda.
“Inggih Bu, dipendet mawon”
Entah karena apa, salah satu pohon pepaya yang kemarin-kemarin banyak sekali buahnya dan besar-besar, tadi tumbang.

Tetangga yang memberikan informasi.
“Iya Bu, diambil saja daunnya” jawab istriku saat Bu Sum berniat meminta daun pepaya itu.
“Sekalian buahnya Bu” saya menimpali.
Mungkin ada teman-teman yang bisa menambahkan manfaat daun pepaya dan pepaya muda.
Dhewieta Sukandi 
di buat oseng daun pepaya dicampur ikan teri dengan sensasi pedas sanggat mantap…
Billa Salsa 
Pepaya muda’a bsa jd lalapan yg insya allah manfaat’a untuk mnyuburkan ASI..

Afandi Kusuma 
Buah pepaya yang sudah mateng, diberikan ke saya.
Kecil, jadi saya bagikan fotonya saja ya.
Afandi Kusuma 
Buah pepaya muda dan daun pepaya
Afandi Kusuma 
buah pepaya muda
Historiyono Kusdaryanto 
Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya

1. Melunakkan Daging
Jika ingin memasak daging sebaiknya gunakan daun pepaya dagingnya menjadi empuk dan enak saat dikunyah. Caranya, hancurkan daun pepaya yang masih basah dan campurkan ke dalam daging yang telah diiris-iris, tapi jangan terlalu banyak karna rasa pahit dari daun pepaya tersebut bisa membuat daging menjadi tidak enak dimakan.

[ baca SELENGKAPNYA ]

Gerak Air Laut Di Samudera Atlantik

1) Di sebelah utara khatulistiwa

(a)
Arus Khatulistiwa Utara, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan dan didorong angin pasat timur laut.
(b)
depo-air-minum-isi-ulang-paket-cantik-dan-lengkapArus Teluk Gulfstream, merupakan arus menyimpang yang segera diperkuat oleh dorongan angin besar dan merupakan arus panas. Arus khatulistiwa utara (ditambah dengan sebagian arus khatulistiwa selatan) semula masuk ke Laut Karibia terus ke Teluk Mexiko dan keluar dari teluk ini melalui Selat Florida(sebagai Arus Florida). Arus Florida yang segera bercampur dengan Arus Antillen merupakan arus besar yang mengalir di sepanjang pantai timur Amerika Serikat ke arah Timur. Arus inilah yang disebut arus teluk sebab sebagian dari arus ini keluar dari teluk Meksiko.
(c)
Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur, merupakan arus dingin yang mengalir dari laut Kutub Utara ke selatan menyusur pantai timur Tanah Hijau. Arus ini didorong oleh angin timur (yang berasal dari daerah kutub).
(d)
Arus Labrador, berasal dari laut Kutub Utara yang mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini didorong oleh angin timur dan merupakan arus dingin, yang pada umumnya membawa “gunung es” yang ikut dihanyutkan.
(e)
Arus Canari, merupakan arus menyimpang dan termasuk arus dingin. Arus ini merupakan lanjutan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya setelah pengaruh daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusur pantai barat Afrika Utara.

2) Gerak Air Laut Di sebelah selatan khatulistiwa
(a)
Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat, sejajar dengan garis khatulistiwa. Sebagian dari arus ini masuk ke utara (yang bersama-sama dengan arus Khatulistiwa Utara ke Laut Karibia) sedangkan yang sebagian lagi membelok ke selatan. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.
(b)
Arus Brazilia, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai timur Amerika Selatan (khususnya Brazilia). Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus panas.
(c)
Arus Benguela, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat, yang mengalir ke arah utara menyusuri pantai barat Afrika Selatan. Arus ini merupakan arus dingin, yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.
(d)
Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur (pada lintang 30o – 40oLS) sejajar dengan garis ekuator. Arus ini didorong oleh angin barat dan merupakan arus dingin.

Selengkapnya tentang LAUT DAN PESISIR

Memukul Bola dalam Permainan Kasti

Memukul adalah satu keterampilan yang harus dikuasai pemain kasti. Setiap pemain harus bisa memukul bola dengan berbagai cara. Pukullah bola sejauhjauhnya agar regu penjaga sulit atau tidak bisa menangkapnya.
depo-air-minum-isi-ulang-paket-lengkap-dan-istimewa
Sebelum belajar memukul bola, cara memegang alat pemukul harus diperhatikan. Cara memegang alat pemukul yang benar adalah sebagai berikut.
• Condongkan badan ke arah pemukul.
• Buka kedua kaki selebar bahu.
• Pegang dengan tangan kanan, tarik kayu pemukul ke belakang sampai bahu.
• Beri tanda arah bola yang diinginkan dengan tangan kiri.
• Perhatikan bola dan pukullah.
• Gerakkan pemukul dilakukan dengan kekuatan gerakan badan dan tangan kanan.

Berlatihlah cara memegang kayu pemukul dengan tepat agar menghasilkan arah dan kekuatan yang diinginkan. Apabila telah menguasainya, berlatihlah cara memukul berikut agar kita bisa menguasai permainan.

1) Pukulan Melambung
Teknik pukulan ini digunakan untuk menghasilkan arah bola yang melambung jauh. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
• Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
• Serongkan tangan pemegang pemukul 45 derajat ke bawah.
• Lihatlah arah datangnya bola.
• Pukullah bola sekuat-kuatnya dengan mengayun tangan pemukul mencapai samping kiri atas.

2) Pukulan Mendatar
Teknik pukulan ini digunakan jika kita menginginkan gerak bola sangat cepat, melesat ke depan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
• Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
• Posisikan pemukul agar sejajar dengan bahu.
• Tangan kiri meminta arah bola mendatar.
• Lihatlah arah datangnya bola.
• Pukullah bola sekuat-kuatnya dengan mengayun pemukul secara mendatar.

3) Pukulan Merendah
Teknik pukulan ini digunakan bila kita menginginkan arah jalannya bola yang cepat dan memantul ke tanah. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
• Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. • Tarik tangan pemegang pemukul ke belakang atas.
• Lihatlah arah datangnya bola.
• Pukullah bola dengan mengayunkan pemukul dari atas ke arah bawah.
Memukul Bola dalam Permainan Kasti
(Disalin dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas V)

Latihan Soal IPA SD untuk menghadapi ulangan dan ujian

Contoh soal IPA untuk SD.
depo-air-minum-isi-ulang-paket-lengkap-dan-istimewa

Kerjakanlah di buku tugasmu!

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

1. Kekuatan bahan dipengaruhi oleh …
penyusunnya
a. kelenturan               c. kekerasan
b. kekakuan               d. bahan baku

2. Kelompok struktur penyusun tali temali, yaitu ….
a. pilinan, anyaman, lurus
b. serat, benang, tambang
c. serat, untaian, anyaman
d. serat, untaian, gelombang

3. Kekuatan sebuah tali ditunjukkan oleh …
maksimal yang mampu ditanggung oleh tali tersebut.
a. pilinan               c. untaian
b. anyaman               d. tegangan

4. Perubahan wujud air dapat terjadi karena ….
a. peragian               c. pemanasan
b. perkaratan               d. pembakaran

5. Benda yang dapat mengalami perkaratan adalah ….
a. buku               c. gelas
b. besi               d. keramik

6. Perubahan yang dapat kembali ke bentuk semula adalah ….
a. perkaratan               c. pembakaran
b. pembekuan               d. pembusukan

7. Perubahan wujud zat yang terjadi secara alami adalah ….
a. pembakaran sampah
b. pembakaran hutan
c. pembusukan buah
d. pembuatan tempe

8. Perubahan bentuk kertas setelah dibakar disebut perubahan ….
a. fisika               c. bentuk
b. kimia               d. biologi

9. Manfaat tepung terigu dicampur air dalam proses pembuatan kue adalah ….
a. menjadi bagus               c. mudah dibentuk
b. mudah dibawa               d. mudah dimakan

10. Contoh perubahan kimia adalah ….
a. kertas dibakar
b. besi dipanaskan
c. kaca dipanaskan
d. baja dipanaskan

11. Bahan yang berasal dari serat alami adalah ….
a. nilon               c. polister
b. plastik               d. kain wol

12. Bahan yang dibuat dari bahan minyak bumi adalah ….
a. nilon               c. linen
b. katun               d kanvas

13. Di bawah ini merupakan contoh kain yang terbuat dari serat alami, kecuali ….
a. sutra               c. katun
b. kanvas               d. polister

14. Tumbuhan di bawah ini sering digunakan sebagai bahan pembuat kertas, kecuali ….
a. pinus               c. cemara
b. kapas               d. kelapa

15. Beberapa contoh di bawah ini adalah serat alam, kecuali ….
a. serat wol               c. serat sutra
b. serat ijuk               d. serat sintetis

16. Serat nilon, serat baja, serat polister, dan serat karet merupakan contoh serat ….
a. alami
b. lemah
c. sintetis
d. tambang

17. Kain katun terbuat dari serat ….
a. wol
b. kapas
c. sutra
d. sintetis

18. Pakaian yang terbuat dari bahan wol cocok untuk kawasan bersuhu ….
a. panas
b. dingin
c. sedang
d. khatulistiwa

19. Buku terbuat dari bahan ….
a. kain               c. kertas
b. serat               d. benang

20. Benang jahit, benang kasur, dan benang sulam tersusun dari serat ….
a. wol               c. sutra
b. nilon               d. kapas

21. kekuatan benang yang paling kuat dimiliki oleh ….
a. benang jahit               c. benang sulam
b. benang nilon               d. benang kasur

22. Bahan yang paling kuat terbuat dari serat ….
a. alami               c. sutra
b. katun               d. sintetis

23. Kelenturan pada karet dapat berubah karena pengaruh di bawah ini, kecuali ….
a. panas
b. bensin
c. minyak
d. pendinginan

24. Karena pengaruh udara dan panas, pakaianmu dapat mengalami perubahan ….
a. bau
b. bentuk
c. warna
d. wujud

25. Perubahan bentuk, warna, kekerasan, kelenturan, dan bau dapat terjadi karena peristiwa ….
a. pendinginan
b. penyubliman
c. pembakaran
d. pencampuran

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!
1. Kain wol terbuat dari serat….
2. Kain katun terbuat dari serat….
3. Kekuatan benang dipengaruhi oleh….
4. Pakaian yang cocok atau nyaman dipakai di daerah yang bersuhu panas adalah….
5. Pakaian yang terbuat dari bahan kapas cocok untuk kawasan yang bersuhu….
6. Pakaian yang terbuat dari bahan wol cocok untuk kawasan yang bersuhu….
7. Benang nilon, benang polister, dan akrilik terbuat dari bahan….
8. Benang sutra terbuat dari bahan….
9. Jenis benang yang dibuat dari bahan batu bara ialah….
10. Serat yang berbahan baku minyak bumi dan batu bara disebut ….
11. Perubahan wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat disebut….
12. Kertas yang dibakar akan mengalami perubahan yang bersifat….
13. Perubahan zat yang bersifat tetap dan dapat menghasilkan zat baru disebut perubahan….
14. Perubahan zat karena pengaruh jasad renik atau mikroba disebut perubahan….
15. Perubahan es menjadi air dan air dapat menjadi es kembali, disebut perubahan….
16. Air yang dipanaskan akan menjadi uap. Peristiwa ini dinamakan….
17. Besi akan memuai bila terkena….
18. Perubahan sifat benda dapat disebabkan karena….
19. Benda dapat mengalami perubahan….
20. Buah tomat yang dibiarkan terus-menerus di tempat terbuka akan menjadi….

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Mengapa kain yang terbuat dari bahan wol sangat cocok dipakai di daerah dingin? Jelaskan!
2. Mengapa orang di daerah tropis memakai pakaian tipis yang terbuat dari bahan kapas?
3. Kekuatan benang dapat dipengaruhi oleh faktor apa?
4. Sebutkan tiga (3) jenis benang yang berasal dari bahan alami!
5. Sebutkan tiga (3) jenis benang yang berasal dari bahan sintetis (buatan)!
6. Apakah yang dimaksud dengan perubahan kimia?
7. Apakah yang dimaksud dengan perubahan fisika?
8. Sebutkan 5 (lima) contoh perubahan zat yang sifatnya sementara!
9. Sebutkan 4 (empat) contoh perubahan zat yang sifatnya tetap!
10. Sebutkan 6 (enam) macam perubahan yang dapat terjadi pada benda!
. 

Contoh Surat untuk Kakak OSIS, kakak Kelas, Adik kelas, Kagum, benci, CINTA


Berikut adalah contoh surat untuk kakak osis yang bisa dijadikan rujukan ketika diberi tugas untuk membuat yang seperti itu.
Surat benci :
Assalamualaikum wr.wb
Maaf sebelumnya kak. Sebenarnya saya tidak bermaksud menyinggung kakak tapi ini saya lakukan karena memang ada tugas membuat surat benci.
Abaya Dongker Kak , kakak tau gak sih dari awal pertama mos kakak nyebelin banget , abisnya kakak galak , rese lagi , udah gitu ngasih tugas banyek banget , jahat ! udah gitu salah sedikit dihukum . emang enak ?! HUH
hmmp.. . moga moga abis ini kakak gak nyebelin kayak yang aku kira de haha. Yaudah dulu yak bye :)
Wassalamualaikum wr. wb.
Surat kagum :
Assalamualaikum wr.wb
Semoga kakak dalam keadaan sehat selalu . amiiin
Brsama surat ini aku ingin menyampaikan rasa senang dan bangga mmiliki kakak senior sperti kakak. Smenjak prtama msuk ke sekolah ini dan mengikuti MOS, aku mmprhatikan kakak scara diam-diam krena takut kalau ktahuan kakak akan marah.
Aku kagum dng sikap kakak yg slalu bisa mmberi contoh kpd murid-murid baru, sperti aku yg masih blum tahu apa-apa. Memang kdang kakak suka marah dan membentak-bentak, tapi aku tahu itu hnya cara kakak  melatih kedisiplinan kami, dan aku perhatikan sbnarnya kakak  tuh orangnya baik banget dan perhatian.
Sekian dulu surat dariku kak :) , semoga kakak tidak marah dengan isi suratku ini
Salam
Wassalamualaikum wr. wb.
Pencarian lain yang sejenis adalah dengan menggunakan kalimat
surat untuk kakak osis
surat untuk kakak kelas
surat untuk kaka osis
surat untuk osis
surat buat kakak osis
contoh surat buat kakak osis
surat terima kasih untuk kakak osis
contoh surat simpati untuk kakak kelas
surat ucapan terima kasih untuk kakak osis
surat terima kasih untuk osis
contoh surat untuk kakak kelas
contoh surat persahabatan untuk kakak osis
surat persahabatan untuk kakak osis
contoh surat untuk kaka osis
contoh surat pribadi untuk kakak osis
contoh surat penggemar
surat untuk kaka kelas
kumpulan puisi untuk kakak osis
surat ucapan terima kasih untuk kakak mos
surat simpati untuk kakak kelas
surat sahabat untuk kakak osis
contoh surat simpati untuk osis

Contoh lain
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu . kakak
Sbnarnya sya malu menulis surat ini. Tapi sya mencoba untuk menuliskan ap yg ada dipikiran saya. Menurut ku kakak mmpnyai kepribadian yg baik. Kakak slalu tersenyum, snyuman kakak slalu mmbuat kami para junior mnjadi tentram. saya suka kpd kakak .Tutur kata kakak jg enak di dengar telinga, mmbuat kami mnjadi nyaman mengobrol dgn kakak. Kakak jg selalu baik kpd kami, kakak tdk prnah memarahi kami, sperti yg dilakukan oleh senior lain. Kakak slalu sabar mengahadapi kami, terima kasih atas smua hal yg kakak ajari kpd kami. Mngkin itu hal sepele bagi kakak, tapi bagi kami itu sngat brarti.Smoga kta bsa mnjadi senior dan junior yg kompak dan berprestasi.Kami Mohon bantuannya untuk membimbing kami
Terimakasih.
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatu

Satu lagi contoh
Semoga Kakak2 Semua Sukses teruss….
Dan Untuk Ketua OSIS Saya Ingin Jadi Seperti Kakak
Bisa Menjadi Ketua OSIS yg bijaksana dan baik
Dan Untuk Kakak OSIS Semua….
Terimakasih ………..

Ini juga bisa sebagai contoh
Assalamualaikum wr.wb
Semoga kakak tambah cantik , pinter dan sehat selalu . amiiin
Brsama surat ini aku ingin menyampaikan rasa senang dan bangga mmiliki kakak senior sperti kakak. Smenjak prtama msuk ke sekolah ini dan mengikuti MOS, aku mmprhatikan kakak scara diam-diam krena takut kalau ktahuan kakak akan marah.
Aku kagum dng sikap kakak yg slalu bisa mmberi contoh kpd murid-murid baru, sperti aku yg masih blum tahu apa-apa. Memang kdang kakak suka marah dan membentak-bentak, tapi aku tahu itu hnya cara kakak  melatih kedisiplinan kami, dan aku perhatikan sbnarnya kakak  tuh orangnya baik banget dan perhatian.
Sekian dulu surat dariku kak :) , semoga kakak tidak marah dengan isi suratku ini
Salam
Wassalamualaikum wr. wb.

Ini lagi
apa kabar kak,?
Semoga dalam keadaan sehat selalu dalam membimbing  aku MOS.
namaku………..adik kelasmu yang cantik dan imut.
kakak yang cantik  dan baik hati aku kagum semangat kakak dalam membimbing aku melewati hari-hari MOS ini.tak kenal lelah walaupun keringat dan berjatuhan,hebat banget,aku ingin seperti kakak semangat dalam mengemban tugas.
Selain itu kakak juga selalu tersenyum ramah dan nggak terlalu galak,itu yang bikin aku gembira dan selalu ikut kegiatan MOS ini.jadi nggak ngerasa ketakutan.
Kakak yang manis dan imut aku buat surat ini mengucapkan rasa terima kasihku yang luar biasa kepada kakak. Good Luck kakak,,!!!!!!!Tetap semangat!!!!!

Ditambah lagi contohnya:
Dear kakak OSIS
apa kabar kak??
      semoga dalam keadaan sehat selalu dalam membimbing aku MOS. Namaku Faiz, adek kelasmu yang berkulit item, walaupun item tapi tetep manis dan ganteng lho kak… hehehe :-)
kalau aku dah dewasa nanti, dah nggak bau kencur gitu… kakak pasti akan terpikat dengan aku… hihihi
      kakak yang cantik dan baik hati aku kagum dengan semangat kakak dalam membimbing aku melewati hari-hari MOS ini, tak kenal lelah walaupun keringat dah berjatuhan, hebat banget! aku ingin seperti kakak semangat dalam mengemban tugas.
       selain itu kakak juga selalu tersenyum ramah dan nggak terlalu galak, itu bikin aku gembira dan slow ikut kegiatan MOS ini. jadi nggak bikin ketakutan…
       kakak yang manis imut-imut aku buat surat ini untuk mengucapkan rasa terima kasihku yang luar biasa banyaknya kepada kakak. untuk selanjutnya aku berharap kakak bisa jadi kakak yang baik untukku, begitupun aku akan jadi adek yang baik untuk kakak.

Contoh Surat Cinta Untuk Kakak OSIS Untuk Kakak OSIS yang baik hati,
Apa kabar, Kak? Aku harap sih Kakak saat ini sedang baik kesehatannya agar bisa membaca surat ku ini hingga selesai.
Kak, namaku (….). Aku menulis surat ini bukan hanya karena tugas semata tapi juga sebagai rasa dan ungkapan terimakasihku kepada Kakak.
Selama mengikuti kegiatan MOS di sekolah ini, aku memang terkadang merasa lelah dan suntuk. Tapi, sikah ramah dari Kakak setidaknya bisa mengurangi rasa lelah dan suntuk itu. Ditambah senyuman Kakak yang bisa memberikan spirit bagiku.
Di sisi lain, sikap tegas dan disiplin Kakak tidak membuat saya tegang, gentar atau takut. Tapi, malah menjadikan semangat kembali membara agar bisa menjadi murid yang sebaik mungkin.
“Jangan menyayangi seseorang seperti bunga, karena bunga mati kala musim berganti. Sayangilah mereka seperti sungai, karena sungai mengalir selamanya.”
Sekian surat pendek dari saya. Maaf kalau kata-kata dan tulisan saya jelek dan kurang berkenan di hati ya, Kak.
Salam,

Contoh Surat Cinta Untuk Kakak Kelas
Kepada yang kukagumi,
N
Entah luapan rasa apa yang harus kutulis di secarik kertas ini
Diriku tak bisa menuangkannya walaupun hanya setetes rasa hati
Tiada yang bisa mewakili diri yang sedang gundah dengan cinta ini
Jujur.. saat ku pertama melihatmu, aku tertarik dan terpesona denganmu
Kulihat pandangan pertama betapa indah dirimu dan cantik rupamu
Semua perasaan dihati ini terjadi karena begitu indahnya kau dimataku
Tapi entahlah tiba-tiba muncul dihatiku apakah pantas aku mendampingimu.
Kau bagaikan bidadari jelita dengan lirik mata yang penuh arti
Sedangkan aku hanya pria biasa yang hanya mampu tuk mengagumimu
Tapi saat ini kuberanikan diri tuk meluapkan isi hati ini
Aku nyatakan bahwa aku mencintaimu
Dan terserah apa katamu
Yang pasti ku menyayangimu
Kuharap kau membalas sepucuk suratku ini
Dengan berita yang menyejukan hati
Dapat menjawab semua gelisah hati selama ini
Kutunggu jawabanmu.. wahai kekasih hati..
Yang selalu mengagumimu,
A

Surat Cinta untuk Adik kelas
Salam sayang Dinda Z,
Aku harap Kau sedang gembira saat ini. Tidak seperti kemarin, kulihat Kau seperti sedang sedih. Kalau Kau gembira, aku yakin surat ini dapat Kau baca dengan hati yang lapang pula.
Dewi, aku ingin mengatakan sebuah kejujuran kepadamu. Aku menaruh hati padamu, Wi. Sudah lama. Kalau dihitung-hitung, sejak kita jadi teman sekelas lah awal mulanya.
Aku tidak bohong, Wi. Mungkin Kau tidak sadar. Akan tetapi, aku selalu memperhatikanmu secara diam-diam. Aku takut Kau sudah punya pacar. Tapi, setelah sekian lama aku perhatikan, Kau sepertinya tidap punya pacar. Karen itulah aku kirim surat ini kepadamu.
Wi, sampai saat ini aku belum pernah punya pacar. Aku juga belum pernah mengutarakan perasaanku pada cewek yang lain. Ini adalah yang pertama buatku. Makanya, aku merasa perlu untuk mengumpulkan keberanian untuk sekian lama sejak kali pertama hatiku tunduk padamu.
Dewi, aku ingin menjadi pacarmu. Aku harap Kau bersedia menerimaku. Aku janji akan menjadi cowok yang setia bagimu.
Aku tahu Kau tentu butuh waktu untuk menimbang-nimbang perasaanmu. Aku akan mennati jawabmu seminggu atau dua minggu. Kalau sebulan lagi atau lebih, aku takut tak kuasa lagi menahan diri untuk mencurahkan perasaan tulusku padamu.
Tolong balas surat ini, Wi. Apa pun jawaban yang akan Kau berikan.
Dari yang menyayangimu,
Y

Contoh surat yang lain bisa dilihat disini
 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |