Kang Dasrip (Contoh Cerpen)


Kang Dasrip kecewa dan agak bingung. Anaknya, Daroji, yang belum sembuh karena dikhitan kemarin, kini sudah mulai menagih. Sebelum hajat khitanan ini, ia memang berjanji kepada anaknya akan membelikan radio merek Philips seperti kepunyaan Wak Haji Kolik. Tapi mana bisa. Perhitungannya ternyata meleset. Ia bukannya mendapat laba dengan hajat ini, malah rugi. Undangan-undangan itu ternyata banyak yang kurang ajar
Coba pikir. Perhitungan Kang Dasrip sebenarnya bisa dibilang matang. Ia keluarkan biaya sedikit mungkin untuk hajat khitanan anaknya ini. Ia tidak bikin tarop di depan rumahnya karena akan menghabiskan banyak bambu dan sesek, melainkan cukup membuka gedek bagian depan rumahnya. Dengan demikian, beranda dan ruang depan rumahnya menjadi tersambung dan bisa dijadikan tempat upacara khitanan. Ia tidak pakai acara macem-macem. Cukup panggil calak, tukang khitan, dengan bayaran dua ribu rupiah. Kemudian tak usah nanggap wayang atau ketoprak, ludruk. Dengan nanggap tip, maka lagu-lagu dangdut atau kasidahan atau apa saja bisa asal ada kasetnya.
Semua biayanya cukup tiga ribu rupiah, untuk waktu sehari semalam penuh.
Biaya yang tak bisa dielakkan banyaknya ialah untuk suguhan, makan, minuman, dan jajan-jajan serta rokok. Yang diundang tak usah banyak-banyak. Cukup kerabat-kerabat dekat tetapi terutama orang-orang yang dulu pernah mengundangnya ketika berhajat. Kang Dasrip punya catatan berapa banyak ia memberi beras atau uang ketika ia pergi buwuh ke undangan-undangan dulu itu. Jadi berdasarkan jumlah buwuhnya itu, pada acara khitanan anaknya ini, ia yakin pasti memperoleh jumlah yang sama. Bahkan bisa lebih banyak.

Tetapi ternyata mereka banyak yang kurang ajar. Yang dulu ia buwuhi Rp200 sekarang cuma ngasih Rp100. Yang dulu ia kasih beras sekilo, sekarang hanya mbuwuhi setengah kilo.
Bahkan ada yang lebih laknat lagi, datang tanpa bawa apa-apa padahal ikut makan minum. Apa tak kurang ajar. Kang Dasrip misuh-misuh. Ia kira-kira lima belas ribu  rupiah. Gagallah ia membelikan radio buat anaknya. Sedangkan si Daroji sudah merengek-rengek.
“Sudahlah, Kang. Tak usah bingung. Kita nunggu sewan tebu sawah kita saja untuk membeli radio itu,” Kata istri Kang Dasrip.
“Kau kira berapa sewan untuk sawah kita?” Kang Dasrip malah kelihatan semakin berang. “Mereka seenaknya sendiri memberi sewa sawah kita untuk ditanami tebu. Ngomongnya saja tebu rakyat! Tapi nyatanya malah memaksa-maksa kita dan tebunya juga punya pabrik! Punya pemerintah!”
Istrinya tak berani membantah. Tapi Kang Dasrip sendiri toh hanya bisa bingung.
“Biarlah nanti aku yang ngomongi Daroji,” kata istrinya
“Ngomong apa! Dia anak kecil!”
“Ya disuruh sabar.”
Kang Dasrip tertawa kecut, ”Sabar sampai kapan?”
“Kita kan bisa usaha.”
“Usaha apa?”
“Soal sewa tebu misalnya, kau kan bisa minta Pak Lurah untuk menaikkan harga sewanya.”
Tawa Kang Dasrip mengeras. “Kau kira lurah kita pahlawan, ya! Dia itu takut sama atasannya. Atasannya itu ada main sama yang ngurus tebu itu. Dan lagi lurah kita pasti juga dapat apaapa.
Dia sudah punya sawah berhektar-hektar, pajak-pajak dari kita tak tahu larinya ke mana, uang pembangunan desa sedikit sekali kita lihat hasilnya, tapi belum pernah merasa puas, dia masih merasa kurang kaya....!”
“Jadi bagaimana?” istrinya nampak sedih.
“Ya, bagaimana! Memangnya bagaimana!” jawab Kang Dasrip.
Tapi ternyata Kang Dasrip punya rencana diam-diam. Ia mengambil sisa-sisa surat undangan, kertas cetakan yang dibelinya di toko dan tinggal mengisi nama yang diundang. Di bagian belakangnya yang kosong ia pergunakan untuk menulis surat. Ternyata ditujukan kepada para undangan yang kurang ajar itu. “Saya dulu mbuwuhi Saudara Rp200 kok sekarang Saudara hanya mengasih Rp100” tulisnya “saya dulu mbuwuhi .....kok sekarang .....” demikian ia tulis sampai 23 surat.
Ketika surat itu selesai diantarnya, ributlah orang desa. Ada yang tertawa, ada yang memaki-maki, yang jelas surat itu dengan cepat menjadi bahan gunjingan bahkan ternyat ada juga yang dikirim ke undangan dari sebelah desa. “Memalukan desa kita!”
Kecam mereka.

Dan akhirnya Kang Dasrip memang tak menikmati apa-apa dari tindakan kebingungannya itu kecuali nama yang memalukan.
Bahkan lebih dari itu, di tengah malam, ia gelisah karena genting rumahnya ada yang melempari berkali-kali. Kang Dasrip naik pitam. Ia keluar rumah dan hendak berlari mengejar pelaku-pelakunya.
Tapi tentu saja ini sia-sia. Malam amat pekat dan lingkungan begitu rimbun untuk ditembus. akhirnya ia masuk kembali dan terengah-engah di kursi. Istrinya ketakutan. Tapi Kang Dasrip berusaha meredakannya. “Mereka itu undangan-undangan yang kurang ajar!” katanya.
Paginya Kang Dasrip berpamitan kepada Daroji akan ke kota untuk beli radio hingga bersukacitalah anak itu. Tapi siangnya Kang Dasrip datang dengan wajah sendu. “Radionya dicopet di pasar, Nak...!” ujarnya. Daroji Menangis. Selesai.

Sumber: kumpulan cerpen Yang Terhormat Nama Saya, oleh Emha Ainun Najib.

Daftar ISI urut Abjad

Ketika kita berkunjung ke blog yang memiliki banyak konten, mungkin pernah mengalami kesulitan mencari artikel yang tepat. Nah, disinilah pentingnya sebuah daftar isi!

Daftar isi pada blog membantu kita untuk menemukan artikel yang ingin kita baca dengan cepat dan mudah. Tanpa daftar isi, kita harus melakukan scrolling yang panjang dan mencari artikel yang tepat secara manual. Gimana kalau blog tersebut memiliki banyak artikel? Kita mungkin akan merasa lelah dan bosan hanya mencari artikel yang kita inginkan.

Selain membantu pembaca, daftar isi juga dapat meningkatkan kepercayaan dan profesionalitas blog kita. Dengan menyediakan daftar isi yang terstruktur, kita menunjukkan bahwa kita adalah blogger yang profesional dan peduli dengan kebutuhan pembaca.

Loading....
...

Ketika daftar isi telah disediakan dengan baik, kita juga dapat mengecek apakah kita telah menulis artikel yang relevan dan lengkap tentang topik tertentu. Ini bisa membantu kita untuk memperbaiki atau menambah artikel yang mungkin kurang dalam topik tertentu.

Terakhir, sebuah daftar isi yang baik dapat membantu kita untuk meningkatkan lalu lintas blog kita. Dengan menyediakan daftar isi yang terstruktur dan terorganisir dengan baik, mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah memahami struktur blog kita dan membantu meningkatkan peringkat SEO blog kita.

Jadi, pentingnya daftar isi pada blog tidak bisa diabaikan. Dengan menyediakan daftar isi yang baik, kita dapat membantu pembaca untuk menemukan artikel dengan mudah, meningkatkan kepercayaan dan profesionalitas blog kita, memperbaiki atau menambah artikel yang kurang, serta meningkatkan peringkat SEO blog kita. Yuk, sediakan daftar isi yang baik untuk blog kita!

Daftar Isi berdasar Label

Sebuah website yang sukses tidak hanya berisi konten yang berkualitas, tetapi juga harus mudah dinavigasi dan dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung. Salah satu elemen penting yang membantu dalam mencapai tujuan ini adalah daftar isi yang lengkap dan terstruktur.

Sebuah daftar isi yang baik membantu pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah. Dalam website yang memiliki banyak halaman atau konten, daftar isi dapat membantu pengunjung untuk menemukan artikel yang tepat tanpa harus melakukan pencarian yang lama.

Tidak hanya membantu pengunjung, sebuah daftar isi yang baik juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan navigasi yang mudah dan terstruktur. Sebuah daftar isi yang teratur dapat membantu pengunjung untuk memahami struktur dan topik yang disajikan dalam website dengan cepat.

Selain itu, daftar isi juga memainkan peran penting dalam SEO website. Mesin pencari seperti Google lebih suka website yang memiliki daftar isi yang terstruktur karena dapat membantu mereka untuk memahami struktur dan topik yang disajikan dalam website. Hal ini dapat membantu website untuk meningkatkan peringkat SEO mereka dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.

Dalam kesimpulannya, daftar isi yang lengkap dan terstruktur adalah elemen penting dalam website yang sukses. Daftar isi membantu pengunjung untuk menemukan informasi dengan cepat dan mudah, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membantu SEO website. Oleh karena itu, penting bagi pemilik website untuk menyediakan daftar isi yang baik dan teratur bagi pengunjung mereka.

...
Sitemap_Simple.xml Menampilkan Sitemap_Simple.xml.

...

Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sifat Benda

Pernahkah kamu memerhatikan ibumu ketika memasak air? Air dimasak sampai mendidih. Apakah sifat-sifat air sebelum dan sesudah mendidih ada perubahan? Jika kamu memasukkan bahan makanan ke dalam lemari es, apakah makanan tersebut berubah sifat-sifatnya?

Dalam kehidupan sehari-hari, perubahan sifat benda dapat disebabkan oleh pemanasan, pendi nginan, atau pembakaran. Apakah benda yang mengalami pemanasan, pendinginan, atau pembakaran akan berubah sifat?

1. Pemanasan
Ketika Ibumu memasak air, air tersebut mengalami peningkatan suhu. Air yang asalnya dingin berubah menjadi panas. Setelah itu, air mendidih. Ketika mendidih, uap air akan keluar dari panci. Salah satu sifat air adalah jika air dipanaskan, suhunya akan meningkat atau panas.
Jadi, benda jika dipanaskan akan berubah sifatnya.

2. Pendinginan
Air yang dimasukkan ke dalam ruang pembeku (freezer) dalam lemari es, akan membeku. Salah satu sifat air jika didinginkan sampai suhu nol derajat celsius lama-kelamaan suhunya akan menurun. Air tersebut berubah men jadi es batu.

3. Pembakaran
Pernahkah kamu memerhatikan orang membakar sampah? Apakah sampah yang dibakar itu berubah sifatnya? Kertas yang dibakar menjadi hancur dan berubah warna menjadi hitam. Sampah plastik yang dibakar juga akan berubah sifatnya. Semua benda yang dibakar akan mengeluarkan bau kurang enak. Jadi, benda yang dibakar akan mengalami perubahan sifat benda, yaitu hancur dan warnanya berubah, serta mengeluarkan bau.

Benda yang mengalami perubahan ada yang kembali ke sifat semula, ada yang tidak kembali ke sifat semula. Benda yang dapat kembali ke sifat semula perubahan-nya bersifat sementara. Contohnya, air yang membeku.
Jika air tersebut mencair sifat air akan kembali seperti semula. Coba kamu cari contoh lainnya. Benda yang tidak dapat kembali ke bentuk semula berarti perubahannya bersifat tetap. Contohnya, kayu yang dibakar akan berubah menjadi arang.
------------

• Setiap bahan memiliki sifat yang berbeda-beda.
• Jenis dan sifat bahan terdiri dari:
a. Serat. Bahan serat berasal dari tumbuhan, minyak, dan mineral.
b. Kertas, terbuat dari kapas. Kertas bersifat mudah terbakar.
c. Benang, merupakan gulungan dari berbagai serat. Benang bersifat lentur dan tidak mudah putus.
d. Kain. Bahan kain berasal dari tumbuhan atau hewan. Kain bersifat lembut.
e. Tali terbuat dari serat yang dipilin. Tali bersifat tidak halus dan lentur.
• Faktor penyebab perubahan sifat benda adalah pemanasan, pendinginan, dan pembakaran.
• Benda dikatakan mengalami perubahan sifat jika bentuk, warna, dan baunya berubah.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Kegiatan Ekonomi

Semua sumber daya alam bermanfaat bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dinamakan kegiatan ekonomi. Manusia melakukan berbagai jenis usaha dalam memanfaatkan sumber daya alam. Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi secara langsung. Namun ada pula sumber daya alam yang harus diolah terlebih dahulu. Maka dilakukanlah usaha pengolahan atau produksi. Seperti usaha mengolah sawah dan kebun, usaha kerajinan dan industri. Selain itu agar sumber daya alam dan  hasil pengolahannya dapat tersebar di berbagai tempat dilakukan upaya distribusi. Usaha ini dinamakan usaha perdagangan.

Untuk lebih lengkapnya tentang bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam, marilah kita ikuti penjelasan berikut:
1. Bentuk Kegiatan Ekonomi
Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam antara lain:

a. Pertanian
Usaha pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. Bentuk usaha pertanian dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni sawah, tegal dan ladang.
1) Sawah
Sawah merupakan bentuk pertanian pada lahan basah.  Hasil utama pertanian pada lahan basah adalah padi.
Negara kita termasuk negara penghasil beras, bahkan pernah mengekspor beras.
Namun sebaliknya sekarang kita justru mengim-por beras dari luar negeri. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan  yang terus meningkat serta hasil pertanian yang menurun. Tahukah kamu mengapa hasil pertanian kita menurun? Antara lain adalah karena sistem pengolahan yang belum modern dan semakin sempitnya lahan untuk pemukiman dan pabrik.
Sebab lain adalah banyaknya penduduk desa yang memilih pergi mengadu nasib di kota daripada menjadi petani di desa.
2) Tegal
Tegal merupakan bentuk pertanian pada lahan kering. Tegal tidak terlalu membutuhkan air. Biasanya hanya mengandalkan air hujan. Hasil  pertanian tegal antara lain tebu, nanas, jagung, ubi dan singkong. Tebu merupakan bahan baku pembuatan gula. Sedangkan singkong merupakan bahan baku pembuatan tepung tapioka.
3) Ladang
Ladang merupakan bentuk pertanian yang dibuat dengan membuka hutan. Hutan ditebang dan dibakar, kemudian ditanami. Ladang ada yang dibuat berpindah-pindah. Ladang seperti ini jika dibuat dalam area yang luas dapat menyebabkan kerusakan hutan. Hasil ladang antara lain singkong, gandum dan sayuran.

b. Perkebunan
Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran rendah dan perkebunan di dataran tinggi. Di atas sudah disebutkan contoh hasil perke-bunan. Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar kedua di dunia. Selain itu dalam hal rempah-rempah, sejak dahulu Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.
Contoh rempah-rempah adalah lada dan pala. Dapatkah kamu menyebutkan contoh rempahrempah yang lain?

c. Perikanan
Bentuk usaha perikanan dibedakan menjadi dua, yakni perikanan laut dan perikanan darat. Perikanan laut merupakan bentuk usaha menangkap ikan di laut. Hasil perikanan laut antara lain bandeng, tongkol, cumi-cumi, bawal dan udang.
Wilayah negara kita dua pertiganya adalah laut. Laut di negara kita kaya akan ikan. Namun banyak diantaranya ditangkap oleh nelayan ilegal dari luar negeri. Hal ini disebabkan kurangnya sistem pengamanan yang kesulitan menangani luasnya wilayah laut di negara kita.

Perikanan darat merupakan bentuk perikanan dengan menangkap atau memelihara ikan selain di laut. Misalnya di sungai, empang atau kolam dan di aquarium. Hasil perikanan darat antara lain mujaer, mas, koi dan lele. Hasil perikanan darat selain untuk kebutuhan pangan juga digunakan untuk hiasan. Banyak ikan yang karena bentuknya yang indah dipelihara orang sebagai ikan hias. Contohnya adalah louhan, arwana dan mas koi. Harga ikan-ikan hias ini bisa mencapai jutaan rupiah.

d. Peternakan
Usaha peternakan merupakan usaha memelihara hewan untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Usaha peternakan di Indonesia masih banyak yang menggunakan cara-cara tradisional. Berdasarkan hewan yang diternakkan, usaha peternakan dibedakan menjadi tiga, yaitu:
- Ternak hewan besar
Hewan yang termasuk hewan ternak besar antara lain sapi, kuda dan kerbau.
- Ternak hewan kecil
Hewan yang termasuk hewan ternak kecil antara lain kambing, kelinci dan babi.
- Ternak hewan unggas
Hewan yang termasuk uggas antara lain ayam, itik dan angsa. Hasil dari usaha peternakan antara lain daging, telur dan susu. Dapatkah kamu menyebutkan hasil ternak lainnya?

e. Kerajinan
Kerajian merupakan usaha membuat suatu barang dengan ketrampilan tertentu. Orang yang melakukan usaha kerajinan disebut perajin. Banyak bahan-bahan yang sebelumnya tidak begitu berguna jika berada di tangan
yang terampil berubah menjadi barang yang lebih berguna dan menarik. Bahan-bahan yang sering digunakan antara lain daun pandan, bambu, tanah liat, batu dan barang-barang bekas. Hasil kerajinan antara lain gerabah, tikar, tas dan barang-barang bernilai seni seperti patung dan souvenir.

f. Perdagangan
Usaha perdagangan merupakan usaha mengambil keuntungan dari menjual barang. Para pedagang mendapat keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli. Usaha perdagangan meliputi perdagangan bahan mentah dan barang jadi.
Pedagang ada yang membuka usahanya di pasar, di pinggir jalan, di depan rumah atau dengan berkeliling.
Saat ini ada pula perdagangan yang dilakukan tanpa bertatap muka. Pedagang dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Sebagai contoh adalah perdagangan lewat internet. Bagaimana cara melakukannya? Perdagangan lewat internet, transaksi jual beli dilakukan di internet. Barang
dan uang didapatkan melalui pengiriman. Namun perdagangan seperti ini harus hati-hati sebab sangat rawan penipuan.

g. Perindustrian
Perindustrian merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Usaha perindustrian ada yang dilakukan dalam skala kecil, sedang dan besar. Industri besar biasanya dilakukan dengan membuat pabrik. Hasil industri antara lain kain, makanan instan, minuman kaleng, gula, kabel, ban dan sebagainya. Ada pula industri yang disebut insdustri berat.
Industri berat menghasilkan barang-barang seperti galangan kapal, pesawat dan lokomotif kereta api.

h. Jasa
Jasa merupakan bentuk usaha ekonomi yang memberikan pelayanan baik tenaga, pikiran maupun keahlian tertentu. Contohnya antara lain tukang becak, sopir, guru, dokter, dan kuli bangunan. Usaha di bidang jasa baik  secara langsung maupun tidak juga dipengaruhi sumber daya alam di suatu daerah. Seperti sopir truk, adakalanya dibutuhkan untuk mengangkut sumber daya alam dari desa ke kota untuk dijual.

i. Pertambangan
Pertambangan merupakan usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Usaha pertambangan ada yang dilakukan dengan peralatan sederhana. Contohnya adalah penambang pasir. Namun banyak usaha pertambangan yang harus dilakukan dengan peralatan berat dan canggih. Misalnya pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi dan emas.
Negara kita merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi. Minyak bumi berasal dari makhuk hidup yang mati jutaan tahun yang lalu. Untuk mendapatkan minyak bumi harus dilakukan pengeboran ke dalam bumi. Setelah itu akan diperoleh minyak yang masih mentah yang bercampur dengan lumpur. Setelah dilakukan penyulingan barulah didapatkan minyak bumi.

2. Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi




Potensi Sosial Budaya

Potensi sosial budaya merupakan potensi yang terdapat di kehidupan masyarakat. Berbagai jenis kesenian daerah dan adat istiadat merupakan  contoh potensi sosial budaya.

a. Kesenian daerah
Bentuk-bentuk kesenian yang dapat menjadi potensi suatu daerah antara lain:

1) Seni tari tradisional
Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas dan unik.
Contohnya Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Kecak dari Bali dan Tari Nelayan dari Maluku.

2) Seni pertunjukan
Seni pertunjukan disebut juga dengan seni pentas. Drama, wayang serta teater merupakan contoh seni pertunjukan. Contoh seni pertunjukan di Indonesia adalah Wayang Golek (Jawa Barat), Lenong (Betawi), dan Ogoh-ogoh (Bali)


3) Seni musik tradisional
Seni musik tradisional meliputi lagu dan alat musik tradisional. Contoh lagu daerah antara lain Lagu Apuse (Papua), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Kicir-kicir (Jakarta) dan Soleram (Riau)

4) Seni rupa
Seni rupa terdiri dari berbagai bentuk, yaitu seni pahat, seni patung dan seni ukir. Daerah di Indonesia yang terkenal dengan seni pahat dan patung antara lain adalah daerah Bali. Sedangkan seni ukir yang terkenal adalah Jepara.

b. Tradisi atau adat istiadat
Tradisi atau adat istiadat merupakan kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun oleh suatu masyarakat. Contoh tradisi yang dapat menjadi potensi daerah antara lain tradisi gotong royong dan upacara adat.

Butik BUSANA MUSLIMAH (Cerpen)


Berikut cerita tentang busana muslimah yang tidak biasa seperti diartikan orang sebagai jenis pakaian yang banyak dikembangkan di Indonesia, melainkan tentang busanamuslimah yang lain namun mengandung busana muslim itu sendiri juga. 
Di kota yang semakin berkembang seperti saat ini, banyak wanita yang beralih pekerjaan dari ibu rumah tangga menjadi pebisnis, ada yang berbisnis mie batangan sampai ke besi batangan, ada yang berbisnis dengan lembutnya kapas sampai bergelut dengan kasarnya batu bara.
Yang paling super adalah seorang ibu, sekaligus pebisnis ternama. Namanya sangat singkat Lj. Ia sering disebut seperti itu. Mungkin beberapa orang akan tersinggung kalau dipanggil nama inisial seperti GH, JY, KI. Sudah seperti tersangka di sebuah kasus pidana saja hehehe. Tapi Lj malah bangga bila semua orang memanggilnya seperti itu.
Dulu…..
 
Sejak pertama menikah, suaminya pun tak tahu nama sebenarnya, merasa penasaran apa kepanjangan Lj, suaminya membombardir pertanyaan kepada istrinya setiap pagi.
Merasa sangat terganggu akhirnya ia katakan apa kepanjangan Lj. Seperti yang wanita itu duga, suaminya langsung tertawa tanpa henti mendengar nama itu. Dan sampai sekarang tak lagi mengungkit mengenai nama istrinya yang antik.
Lama menikah, Lj dan suaminya belum juga dikaruniai anak. Dua tahun berlalu, akhirnya Lj memutuskan membuka butik sendiri. Karena sudah ada ilmu dari SMK dan kursus profesional di beberapa desainer ternama.
5 tahun
Berlalu….
Dan Lj menjadi pmbisnis yang sangat terkenal, busana muslim yang ia ciptakan dipakai semua orang di seluruh dunia, Busana muslim dengan gaya simple atau gaya yang sangat elegant.
Tapi ada yang masih mengganjal dalam diri Lj, kapan kah ia memiliki anak?
Suaminya yang bekerja sebagai dosen pun juga menginginkan istrinya istirahat dan fokus dengan making a baby ^_____^
Dan akhirnya Lj memutuskan untuk libur selama 4 bulan, untuk menikmati kejayaan bisnisnya dan making a baby bersama suaminya.
Empat bulan berada di negeri orang dan menikmati hari tanpa aktifitas penimbul stress, akhirnya Lj mengandung juga.
Lama menunggu, akhirnya Lj melahirkan dengan operasi caesar, dan satu persatu anak yang Lj tunggu pun terlahir dengan sehat.
Setelah sadar, Lj sangat terkejut karena ternyata 5 anak yang ada di kandungannya dan semuanya kembar identik, lucu-lucu, ia memikirkan kalau 5 anak dengan nama yang berbeda-beda ia akan semakin bingung, apalagi ia juga harus mengurus rumah tangga, butik dan berbagai cabang bisnisnya. 
Dengan sangat cepat ia berkata pada suaminya “ Kita beri nama Bu Sana Mus Lim ah saja… jadi aku bisa ingat dan tidak repot kalau memanggil mereka” dengan cepat pula sang suami setuju “iya bagus… aku setuju”

Akhirnya mereka mencari nama sambungan untuk anak-anak mereka dengan dasar nama panggilan Busana Muslimah
Budi Hartono
Sananu Imam
Mussa Hadirman
Limma Purwanti
Ahna Setyianingsih

Itulah nama anak-anak Lj, dari bayi, balita, masa sekolah, hingga dewasa. Ibu mereka, Lj hanya memanggil satu kali saja bila ingin mengumpulkan mereka semua “BUSANAMUSLIMAH~~!! Kesini anak-anakku” dan mereka semua akan datang dengan posisi menghormati ibunya.
Hanya ada satu kejadian yang tidak mengenakan hati anak-anaknya, saat itu usaha butik Busana Muslim Lj diambang kebangkrutan karena ulah partner kerja yang curang. Dan terpaksa menjual keliling busana yang berkualitas itu, 
Sang ibu berteriak “Busana Muslimah~~~!! Dijual dijual~~~!! Busana muslimah
Dan semua anaknya merangkul ibunya, “Ibu jangan jual kami…. Kami akan mencari uang untuk ibu….”
Hahahahaha…..
Tapi itu masa lalu… Sekarang Lj bersama suami dan anak-anaknya BUSANA MUSLIMAH hidup bahagia menjadi pebisnis ternama.

Oleh Ayuna Kusuma (27-01-2012)

Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan

1. Alat Pencernaan Manusia
Mengapa kita perlu makan? Tubuh kita memerlukan makanan untuk pertumbuhan dan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti sekolah, belajar, dan bermain, tubuhmu memerlukan makanan bergizi. Agar makanan  yang bergizi dapat diserap oleh tubuhmu dengan baik, alat pencernaanmu harus dalam keadaan sehat. Di dalam alat pencernaan itulah zat-zat makanan diolah terlebih dahulu, kemudian diserap oleh tubuhmu.
Untuk lebih jelasnya, pelajarilah alat-alat pencernaan manusia serta hubungannya dengan makanan dan kesehatan berikut ini.
     
Proses pencernaan terdiri atas pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi.

a. Pencernaan secara mekanik
Pencernaan mekanik terjadi di rongga mulut, yaitu penghancuran makanan oleh gigi yang dibantu lidah.

b. Pencernaan secara kimiawi
Pencernaan kimiawi terjadi di dalam rongga mulut, usus, dan lambung dengan bantuan enzim. Enzim adalah suatu zat kimia yang membantu proses pencernaan.
Proses pencernaan makanan dalam tubuh kita terjadi di dalam alat pencernaan. Tahukah kamu
alat-alat pencernaan yang ada di dalam tubuhmu? Mengamati susunan alat pencernaan makanan pada manusia. Alat pencernaan pada manusia terdiri atas rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus ha lus, usus besar, dan anus.

a. Rongga Mulut
Proses pencernaan pertama kali terjadi di dalam rongga mulut. Di dalam rongga mulut, makanan di kunyah dan dihancurkan oleh gigi, dibantu oleh lidah. Dalam rongga mulut juga ada enzim yang membantu pencernaan yaitu enzim amilase. Gigi manusia terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.
1) Gigi seri berbentuk pahat berfungsi untuk menceng
keram dan memotong makanan.
2) Gigi taring berbentuk lancip dan runcing, berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan.
3) Gigi geraham berbentuk rata bergerigi, berfungsiuntuk mengunyah makanan.

Gigi terdiri atas tiga bagian, yaitu mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Bagian paling luar mahkota gigi dilapisi oleh email. Di bagian dalam mahkota gigi terdapat tulang gigi dan pulpa. Di dalam pulpa terdapat banyak pembuluh darah dan saraf. Bagian akar gigi tertanam dalam tulang rahang yang ditutupi oleh gusi.
Jumlah gigi anak-anak dan gigi orang dewasa berbeda. Pada anak-anak, gigi berjumlah 20 buah  yang terdiri atas 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Gigi orang dewasa berjumlah 32. Masing-masing 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi geraham.

Lidah juga membantu pencernaan makanan di dalam mulut. Dengan adanya lidah, kita dapat mengecap rasa manis, asin, asam, dan pahit. Lidah berfungsi dalam membantu proses menelan dan pencampuran makanan dalam mulut.
Mengapa ketika kamu mengunyah nasi, lama-kelamaan akan terasa manis? Di dalam mulut terdapat enzim untuk membantu pencernaan. Enzim tersebut dihasilkan oleh kelenjar ludah. Enzimnya disebut amilase. Enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula.
b. Kerongkongan
Setelah dicerna di dalam mulut, makanan akan masuk
ke dalam kerongkongan. Makanan didorong oleh otot kerongkongan menuju lambung. Gerakan otot ini disebut gerak peristaltik.
Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan terdorong hingga masuk ke lambung.

Di pangkal leher, terdapat dua saluran, yaitu batang tenggorok dan kerongkongan. Batang tenggorok merupakan saluran pernapasan, sedangkan kerongkongan merupakan saluran makanan. Kedua saluran ini dipisahkan oleh sebuah katup. Jika kamu sedang makan, katup akan menutup. Ketika kamu bernapas, katup akan terbuka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan
berbicara ketika sedang makan. Jika kamu berbicara ketika makan, saluran pernapasan terbuka. Apabila makanan masuk ke tenggorokan, kamu dapat tersedak.

c. Lambung
Dari kerongkongan, makanan masuk ke lambung. Di dalam lambung, makanan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim yang disebut pepsin. Pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang menyebabkan lambung menjadi asam.
Asam klorida dihasilkan oleh dinding lambung. Asam klorida berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan mengaktifkan pep sin. Ketika proses pencernaan terjadi di lambung, otot-otot dinding lambung berkontraksi. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam  klorida. Secara bertahap, makanan akan menjadi berbentuk bubur. Kemudian, makanan yang telah mengalami pencernaan akan bergerak sedikit demi sedikit ke dalam usus halus.


d. Usus Halus
Usus halus merupakan tempat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus halus terdapat dua proses pencernaan, yaitu pencernaan secara kimiawi dan proses penyerapan sari makanan. Di dalam usus
dua belas jari, terjadi pencernaan makanan dengan bantuan getah pankreas. Getah pankreas dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Getah pankreas mengandung enzim-enzim, seperti enzim amilase, enzim tripsin, dan enzim lipase.

Usus kosong terdapat di antara usus dua belas jari dan usus penyerapan. Di dalam usus kosong terjadi pula proses pencernaan secara kimiawi. Usus kosong memiliki dinding yang dapat menghasilkan getah pencernaan.
Usus penyerapan adalah tempat penyerapan sari-sari makanan. Sari makanan adalah makanan yang telah dicerna secara sempurna. Di dalam usus penyerapan terdapat bagian yang di sebut vili. Vili banyak mengandung pembuluh darah. Vili inilah yang dapat menyerap sari-sari makanan.

e. Usus Besar
Setelah melewati usus halus, sisa makanan masuk ke usus besar. Usus besar terbagi atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun.

Di dalam usus besar, sisa makanan mengalami pembusukan. Pembusukan ini dibantu oleh bakteri Escherichia coli. Air dan garam mineral dari sisa makanan tersebut, akan diserap oleh usus kembali. Setelah itu, sisa makanan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk tinja (feses).

Makanan yang Mudah Dicerna dan Tidak Mudah Dicerna
Makanan yang Baik untuk Kesehatan
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan


Menteri Industri Perdagangan no.115/mpp/kpp/2/1998.
Sembilan bahan pokok (sembako)
1. Beras
2. Gula pasir
3. Minyak goreng dan margarine
4. Daging sapi dan ayam
5. telur
6. Susu
7. Jagung
8. Minyak tanah
9. Garam beriodium

Modal Koperasi

Usaha koperasi dilakukan bersama dan dibangun dengan modal bersama. Dengan demikian diharapkan koperasi akan lebih maju dibandingkan dengan badan usaha lain. Dari manakah modal koperasi diperoleh? Menurut Undang-Undang Perkoperasian modal koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman.

1. Modal sendiri
Modal sendiri dapat berasal dari:
a. Simpanan pokok
Simpanan pokok adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Jumlah simpanan pokok setiap anggota adalah sama besar. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota.
b. Simpanan wajib
Simpanan wajib adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan anggota dalam jangka waktu tertentu. Biasanya dibayar tiap bulan. Jumlah simpanan wajib tidak harus sama untuk tiap anggota. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota.
c. Simpanan sukarela
Simpana sukarela merupakan simpanan yang jumlah dan waktu pembayarannya tidak ditentukan. Simpanan sukarela dapat diambil anggota sewaktu-waktu.
d. Dana cadangan
Dana cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil Usaha (SHU). Dana cadangan berfungsi untuk memupuk modal sendiri dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan.
e. Dana hibah.
Dana hibah adalah dana pemberian dari orang atau lembaga lain kepada koperasi.
2. Modal pinjaman
Modal pinjaman dapat berasal dari:
a. anggota
b. koperasi lain
c. bank
d. sumber lain yang sah

Selengkapnya .... 

Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Manusia selalu menginginkan agar hidupnya bahagia dan sejahtera. Kesejahteraan akan tercapai, apabila kita dapat memenuhi kebutuhan hidup. Apakah kebutuhan manusia itu hanya makan dan minum? Tentu saja tidak. Manusia  terdiri dari unsur jasmani dan rohani sehingga kebutuhan kedua unsur tersebut harus terpenuhi secara seimbang.

Kaitannya dengan upaya memenuhi kebutuhan hidup tersebut, kita dapat memenuhinya melalui usaha sendiri atau usaha bersama. Usaha bersama terasa lebih ringan daripada usaha sendiri. Mengapa? Sebab setiap usaha apabila dilakukan secara bersama-sama (berkelompok) akan terasa lebih mudah, lebih cepat, dan lebih berhasil. Ingat pepatah, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Dalam usaha bersama setiap anggota kelompok dapat saling melengkapi. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga dapat saling menutupi dan saling membantu.
Usaha bersama yang bagaimanakah yang paling sesuai kita kembangkan di negara kita? Dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat (1) tertulis “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan”. Pasal ini mengandung pengertian bahwa usaha bersama yang sesuai di negara kita adalah usaha yang didasarkan pada asas kekeluargaan. Bentuk usaha apakah yang berdasarkan asas kekeluargaan? Bentuk usaha tersebut adalah koperasi.
Ayo belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan koperasi, seperti arti, tujuan, manfaat dan modal koperasi. Selain itu juga akan mengenal macam-macam koperasi serta mengetahui peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Arti, Tujuan dan Manfaat Koperasi
1. Pengertian koperasi
2. Tujuan dan manfaat koperasi

Lambang Koperasi

Modal Koperasi

Kelengkapan dan Kegiatan Koperasi

D. Macam-Macam Koperasi


Bapak Koperasi Indonesia
Tahukah kamu siapa bapak koperasi Indonesia? Beliau adalah Drs. Muhammad Hatta. Muhammad Hatta adalah wakil presiden pertama Indonesia. Karena kesetiaannya dalam mengembangkan koperasi di Indonesia, Drs. Muhammad Hatta mendapat anugerah gelar sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Pemikiran Drs. Muhammad Hatta tentang koperasi dituangkan dalam buku yang berjudul Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho
Di Surabaya terdapat salah satu peninggalan sejarah berupa masjid yang unik. Masjid tersebut bernama Masjid Cheng Ho. Keunikan masjid  ini terletak pada bentuk dan warnanya yang mirip Pagoda atau Kelenteng. Masjid ini didirikan oleh Laksamana Cheng Ho (Zheng He), seorang utusan Cina (Dinasti Ming).
Laksamana Cheng Ho adalah seorang Cina Muslim. Laksamana Cheng Ho memimpin ekspedisi Cina ke wilayah nusantara pada tahun 1400-an Masehi.

Jantung

Di manakah letak jantungmu? Jantungmu terletak di bagian kiri rongga dadamu. Ukuran jantung sangat kecil. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar satu kepal tangan orang dewasa.
Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi (kanan dan kiri) dan bilik (kanan dan kiri). Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memiliki otot yang tebal dan kuat. Otot yang tebal berkaitan dengan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Bagaimana darah dapat beredar ke seluruh tubuh? Darah dapat beredar melalui sistem peredaran darah.

Darah beredar di dalam tubuh melalui dua sistem peredaran darah, yaitu

a. Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung menuju paru-paru, kemudian kembali lagi ke jantung. Darah yang menuju paru-paru mengandung karbon dioksida, sedangkan darah yang kembali ke jantung mengandung banyak oksigen.

b. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.

Kunci Jawaban dari Latihan Soal IPA SD Kelas 5

Berikut adalah sebagian jawaban dari latihan soal yang ada di:
https://bukuprku.blogspot.com/2012/01/latihan-soal-ipa-sd-kelas-5-untuk.html

A
2. Kita bernapas untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
5. Ikan lele


2. Makanan yang sulit dicerna: serat (selulosa).
Makanan yang mudah dicerna: nasi dan roti.
4. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

C
2. Darah mengandung sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah.
4. Darah berfungsi menghantarkan zat-zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.
Peredaran darah berfungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh,


D. Pilihan Ganda
2. c
4. d
6. b
8. c
10. d
12. c
14. a

E. Isian
2. Kulit dan paru-paru
4. Amilase
6. Protein
8. Resipien universal
10. Tekanan darah tinggi

F. Uraian
2. Kecebong bernapas dengan insang yang terletak di luar tubuhnya. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru dan permukaan kulitnya.
4. Organ peredaran darah manusia terdiri dari:
a. pembuluh darah berfungsi sebagai saluran yang dilalui darah.
Pembuluh darah ada 3, yaitu pembuluh nadi untuk mengalirkan darah yang keluar dari jantung, pembuluh
balik untuk mengalirkan darah yang masuk ke jantung, dan pembuluh kapiler sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.
b. Jantung berfungsi untuk memompa darah sehingga darah dapat beredar ke seluruh tubuh.
Bab 2

G. Pilihan Ganda
2. a
4. b
6. a
8. c
10. d
12. a
14. a

Alur, Sudut Pandang, dan Amanat Cerita Pendek

Setiap orang yang mengikuti sebuah tayangan cerita, baik film atau sinetron, biasanya enggan ketinggalan, meskipun hanya satu episode. Karena cerita, baik dalam bentuk film, sinetron, maupun cerpen, dibuat atas jalinan peristiwa yang saling bersambungan. Jadi, kalau ketinggalan satu episode, berarti jalan cerita akan terputus.

1. Alur atau Plot
Sebagaimana yang dibicarakan di atas, alur atau plot adalah jalinan peristiwa yang sambung-menyambung membentuk sebuah cerita. Biasanya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita itu saling berhubungan dengan hubungan sebab-akibat. Alur cerita terdiri atas tahapan-tahapan cerita dari awal hingga akhir cerita. Jumlah dan penahapan alur setiap cerita tidak selalu sama.

Secara umum, tahapan alur sebagai berikut.
a. Tahap perkenalan atau pengantar
Pemaparan untuk membantu pembaca mengenali tokoh dan tempat sehingga pembaca terbantu untuk mengikuti jalan cerita.
b. Tahap penampilan masalah
Pada tahapan ini, mulai terjadi konflik antarpelaku cerita.
c. Tahap puncak ketegangan
Konflik yang terjadi tak terkendali sehingga terjadi penggawatan atau mencapai puncak yang mengkhawatirkan.
d. Tahap ketegangan menurun
Konflik yang terjadi mulai dapat diatasi.
e. Tahap peleraian atau penyelesaian
Konflik terselesaikan dan terjadi ending (simpulan cerita).


2. Sudut Pandang
Dalam menuturkan ceritanya, seorang pengarang cerita dapat mengambil posisi seolah-olah sebagai pelaku utama yang menceritakan diri sendiri atau bisa juga seperti seorang pengamat yang melihat sebuah peristiwa lalu menceritakan apa yang dilihatnya. Ciri untuk mengenali jenis sudut pandang adalah pemakaian kata ganti. Adapun kedua jenis sudut pandang itu adalah sebagai berikut.

a. Sudut pandang orang pertama
Pengarang mengambil posisi sebagai pelaku utama. Biasanya ditandai dengan pemakaian kata ganti orang pertama: aku atau saya.

Contoh:
Aku tidak tahu untuk apa Daud seperti menguntit. Apakah tampilanku tampak sangar sehingga merupakan satu kehormatan bagi seorang anak untuk dapat berdekatan denganku.
Sumber: cerpen “Di Puncak Cartansz Piramid” karya Sinta Yudisia Wisudanti, dalam kumpulan cerpen Selaksa Rindu Dinda, Gema Insani, 2004.

b. Sudut pandang orang ketiga
Pengarang mengambil posisi sebagai pengamat yang menceritakan segala hal yang dilihatnya. Biasanya ditandai dengan pemakaian kata ganti orang ketiga: ia, dia, nya.

Contoh:
Waktu terus bergulir. Lelaki itu sebentar-sebentar melirik arlojinya. Pukul tujuh lima menit. Dia semakin gelisah. Lift yang dimasukinya berjalan sangat perlahan. Tiap lantai berhenti. Orang keluar masuk. ........................
Sumber: cerpen “Lelaki Pencari Tuhan” oleh Yulhasni, Majalah Alkisah November 2003.

3. Amanat
Dalam setiap cerita, pengarang selalu mencoba untuk menyampaikan pesan kepada para pembacanya. Pesan itu terbungkus dalam bentuk intisari cerita yang dapat dipetik sebagai pelajaran untuk menambah kekayaan batin pembaca. Amanat harus disimpulkan sendiri oleh pembaca karena tidak tersirat dalam cerita.

Bermain Sambil Belajar

Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini/ Anggani Sudono/PT Gramedia/2000/149+viii halaman.

Buku ini ditulis untuk konsumsi "guru". Guru yang dimaksud meliputi orang tua, pendidik di suatu lembaga pendidikan (sekolah/formal), calon pendidik formal, dan pengasuh di TPA.

Buku yang terdiri atas tujuh bab ini menguraikan tentang:
(1) pengertian bermain dalam pendidikan anak,
(2) berbagai sumber belajar dan alat permainan,
(3) pengelolaan sumber belajar dan penggunaan alat permainan,
(4) pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar dan alat permainan sesuai perkembangan anak,
(5) pembuatan alat permainan dan sumber belajar,
(6) berbagai kegiatan, alat permainan dan sumber belajar di daerah perkotaan, pedesaan, dan daerah pantai, serta
(7) evaluasi alat permainaan, sumber belajar, dan beberapa cara penilaian pada waktu anak bermain. Melalui buku ini, "guru" dipandu untuk mengerti dan menyelenggarakan kegiatan bermain sebagai upaya pembelajaran anak usia dini (3,6 tahun). Penulis menguraikan berbagai alat permainan sebagai sumber belajar.

Alat permainan yang telah disesuaikan dengan lingkungan siswa ini selain dapat dibeli juga dapat dibuat sendiri berdasarkan petunjuk yang diuraikan secara jelas.
Pemilihan dan pemanfaatan permainan dimaksudkan untuk mengembangkan: emosi dan sosial anak, motorik halus, motorik kasar, kemampuan berbahasa, persepsi peglihatan (pengamatan dan ingatan), persepsi pendengaran, dan keterampilan berpikir anak. Penulis juga menguraikan tentang pemilihan dan pemanfaatan sumber belajar, yaitu lingkungan terdekat dengan anak, ruang sumber belajar, media cetak, dan perpustakaan. Evaluasi alat permainan, sumber belajar dan beberapa cara penilaian evaluasi saat anak bermain. Itu semua sangat membantu "guru" untuk mengetahui hasil belajar anak melalui permainan.
Jika semua kegiatan permainan ini diterapkan pada anak usia dini dalam kegiatan belajar mengenal angka, huruf, warna, dan sosialisasi dengan teman-temannya niscaya hal ini dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilannya.
Buku ini sangat menarik dan memang perlu untuk membantu "guru" dan anak usia dini dalam meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan tingkat berpikirnya. (Riil Ellys)

Sumber: Buletin Pusat Perbukuan, Depdiknas Vol. VIII Th 2003

Struktur Organisasi Pemerintahan Kota dan Provinsi

Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi, dan daerah provinsi dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota mempunyai pemerintahan yang diatur dengan undang-undang.


Struktur Organisasi Pemerintahan Kota


Pemerintahan kota terdiri atas pemerintah kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota. Pemerintah kota terdiri atas walikota dan perangkatnya. Perangkat daerah kota terdiri atas sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan.

Di Indonesia, walikota adalah kepala daerah untuk daerah Kota. Seorang walikota sejajar dengan bupati, yakni kepala daerah untukdaerah kabupaten. Pada dasarnya, walikota memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD kota. Walikota dipilih dalam satu paket pasangan dengan wakil walikota melalui pilkada.



Struktur Organisasi Pemerintahan Provinsi



Pemerintahan provinsi terdiri atas pemerintah provinsi dan DPRD provinsi. Pemerintah provinsi terdiri atas kepala daerah provinsi yaitu gubernur dan perangkat daerah provinsi. Perangkat daerah provinsi terdiri atas sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dinas daerah, lembaga teknis daerah.

Gubernur adalah kepala daerah untuk daerah provinsi. Gubernur memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah  berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD. Gubernur dan wakil gubernur dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat di provinsi setempat sehingga dalam hal ini gubernur bertanggung jawab kepada rakyat. Selain sebagai kepala daerah, gubernur juga berkedudukan sebagai wakil pemerintah di wilayah provinsi yang bersangkutan. Dalam hal ini gubernur bertanggung jawab kepada presiden.
Gubernur bukanlah atasan bupati atau walikota, tetapi hanya sebatas membina, mengawasi, dan mengoordinasi penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota.



Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten

Pemerintahan kabupaten terdiri atas pemerintah kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten. Pemerintah kabupaten terdiri atas bupati dan perangkatnya. Perangkat daerah kabupaten terdiri atas sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan.




a. Bupati
Pada dasarnya, bupati memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD kabupaten. Bupati dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat di kabupaten setempat. Bupati merupakan jabatan politis (karena diusulkan oleh partai politik).

b. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

c. Sekretariat Daerah
Sekretariat daerah dipimpin oleh sekretaris daerah. Tugas sekretaris daerah adalah membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

d. Sekretariat DPRD
Tugas sekretariat DPRD antara lain:
1) Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan DPRD.
2) Menyelenggarakan administrasi keuangan DPRD.
3) Mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.
4) Menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan
DPRD dalam pelaksanaan fungsinya sesuai kemampuan daerah.

e. Polisi Pamong Praja
Tugas polisi pamong praja adalah memelihara ketenteraman dan ketertiban umum serta merupakan penegak peraturan daerah.

f. Kecamatan
Kecamatan merupakan bagian dari wilayah kabupaten. Kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Wilayah kecamatan terdiri atas beberapa desa/kelurahan.



g. Kelurahan
Wilayah kelurahan terdapat di daerah kota. Kelurahan adalah wilayah kerja lurah. Kelurahan merupakan perangkat kabupaten/kota di bawah kecamatan.

h. Dinas Daerah
Dinas daerah adalah unsur pelaksana otonomi daerah yang dipimpin oleh kepala dinas. Kepala dinas diangkat dan diberhentikan oleh kepala daerah. Contoh dinas daerah antara lain dinas pendidikan, dinas pekerjaan umum, dinas kesehatan, dinas pendapatan daerah, dan sebagainya.

i. Lembaga Teknis Daerah
Lembaga teknis daerah merupakan unsur pendukung tugas kepala daerah dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah yang sifatnya spesifik yang berbentuk badan, kantor, atau rumah sakit umum daerah.
Berikut ini contoh lain struktur organisasi pemerintahan kabupaten.


Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Provinsi

Provinsi adalah nama sebuah pembagian wilayah administratif di bawah wilayah nasional. Kata ini merupakan kata pungutan dari bahasa Belanda provincie yang berasal dari bahasa Latin dan pertama kalinya digunakan di kekaisaran Romawi. Mereka membagi wilayah kekuasaan mereka atas provincie.
Dalam pembagian administratif, Indonesia terdiri atas 33 provinsi yang masing-masing provinsi dikepalai oleh seorang gubernur. Masing-masing provinsi dibagi atas kabupaten dan kota. Sebelum tahun 2000 Indonesia memiliki 27 provinsi. Namun, setelah pada masa reformasi, banyak provinsi yang dimekarkan menjadi dua bagian yang rata-rata provinsi mempunyai luas daerah yang cukup besar. Pemekaran bertujuan agar mendapatkan efisiensi dalam penerapan pemerataan pembangunan.Pembagian wilayah pemerintahan contohnya Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi dalam 4 kabupaten yaitu Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Gunung Kidul, serta 1 kota yaitu Yogyakarta.
Gubernur dan wakil gubernur dipilih langsung oleh penduduk provinsi melalui pemilihan umum kepala daerah. Gubernur memiliki kedudukan ganda, maksudnya adalah gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah provinsi dan gubernur sebagai kepala daerah otonom. Dalam kedudukannya sebagai wakil pemerintah pusat, gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Sedangkan gubernur dalam kedudukannya sebagai kepala daerah otonom bertanggung jawab kepada rakyat melalui DPRD provinsi.


Gubernur memiliki tugas dan wewenang antara lain:
a. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota.
b. Koordinasi penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah provinsi dan kabupaten/kota.
c. Koordinasi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas pembantuan di daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Pendanaan tugas dan wewenang gubernur dibebankan kepada APBN. Kedudukan keuangan gubernur diatur dalam peraturan pemerintah. Tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang gubernur diatur juga dalam peraturan pemerintah. Gubernur dalam menjalankan tugasnya mempunyai kewajiban antara lain:
a. Mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Memegang teguh Pancasila dan UUD 1945.
c. Menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.
d. Meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat.
e. Memelihara keamanan, ketertiban, dan ketenteraman masyarakat.
f. Bersama dengan DPRD provinsi membuat peraturan daerah.
g. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD provinsi.

Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah provinsi merupakan urusan dalam skala provinsi yang meliputi:
a. Perencanaan dan pengendalian pembangunan.
b. Perencanaan, pemanfaatan, dan pengawasan tata ruang.
c. Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.
d. Penyediaan sarana dan prasarana umum.
e. Penanganan bidang kesehatan.
f. Penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial.
g. Penanggulangan masalah sosial lintas kabupaten/kota.
h. Pelayanan bidang ketenagakerjaan lintas kabupaten/kota.
i. Fasilitas pengembangan koperasi, usaha kecil, dan menengah termasuk lintas kabupaten/kota.

j. Pengendalian lingkungan hidup.

k. Pelayanan pertanahan termasuk lintas kabupaten/kota.
l. Pelayanan kependudukan dan catatan sipil.
m. Pelayanan administrasi umum pemerintahan.
n. Pelayanan administrasi penanaman modal termasuk lintas kabupaten/kota.
o. Penyelenggaraan pelayanan dasar lainnya yang belum dapat dilaksanakan oleh kabupaten/kota.
p. Urusan wajib lainnya yang diamanatkan oleh peraturan perundangundangan.

Urusan pemerintahan provinsi yang bersifat pilihan meliputi urusan pemerintahan yang secara nyata ada dan berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan.
Dalam provinsi terdapat DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Dalam menjalankan tugasnya DPRD mempunyai fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Fungsi legislasi adalah legislasi daerah yang merupakan fungsi DPRD provinsi untuk membentuk peraturan daerah provinsi bersama dengan gubernur. fungsi anggaran adalah fungsi DPRD provinsi bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
Sedangkan fungsi pengawasan adalah fungsi DPRD provinsi untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang, peraturan daerah, dan keputusan gubernur, serta kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. DPRD provinsi mempunyai tugas dan wewenang antara lain:
a. Membentuk perda yang dibahas dengan gubernur.
b. Membahas dan menyetujui rancangan perda tentang APBD bersama dengan gubernur.



Pergeseran Makna Menyempit

Perhatikan kalimat berikut ini!
Sebagai seorang penulis, NH Dini sangat konsisten menjaga mutu tulisannya.


Kata penulis dalam kalimat tersebut mengalami pergeseran makna menyempit, yaitu pergesaran makna dengan arti baru yang lebih sempit cakupan maknanya daripada arti dasarnya.
Kata penulis dalam arti dasarnya adalah setiap orang yang menulis, sedangkan dalam kalimat di atas kata penulis berarti seorang pengarang.



Contoh:
sarjana

Ernawati telah diwisuda sebagai sarjana seni musik dari ISI Yogyakarta.

sarjana = lulusan S1 dari perguruan tinggi

Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Kabupaten/ Kota

Lembaga-lembaga yang ada dalam pemerintahan kabupaten/kota antara lain:


a. Bupati/walikota, adalah kepala daerah. Bupati adalah pimpinan pemerintahan kabupaten, sedangkan walikota adalah pimpinan pemerintahan kota. Dalam menjalankan tugasnya bupati dan walikota dibantu oleh wakil bupati dan wakil walikota.

b. DPRD, adalah mitra kerja dari bupati/walikota. Dalam menjalankan tugasnya, DPRD disebut sebagai lembaga legislatif. DPRD kabupaten/kota mempunyai tugas mengawasi jalannya pemerintahan di kabupaten/kota. Selain DPRD juga bertugas untuk membuat peraturan daerah dan menetapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBD).

c. Kepolisian resort (polres), merupakan lembaga kepolisian yang berada di tingkat kabupaten/kota. Polres dipimpin oleh seorang kepala kepolisian resort yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kabupaten/kota.

d. Komando distrik militer (kodim), adalah lembaga militer yang berada di tingkat kabupaten/kota. Dipimpin oleh komandan distrik militer (dandim). Kodim bertugas menjaga keutuhan wilayah kabupaten/kota dari ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar wilayah kabupaten/kota.

e. Pengadilan negeri, merupakan lembaga peradilan yang berada di tingkat kabupaten/kota. Pengadilan negeri adalah tempat untuk mengadili perkara dan tempat orang mencari keadilan. Pengadilan negeri merupakan pengadilan tingkat pertama. Pengadilan negeri dipimpin oleh seorang hakim.

f. Kejaksaan negeri, merupakan lembaga kejaksaan yang berada di tingkat kabupaten/kota. Kejaksaan negeri dipimpin oleh seorang jaksa. Jaksa bertugas menuntut perkara.

Dari Buku Sekolah

Peta, Atlas, dan Globe

Pernahkah kamu melihat peta atau globe di ruang kelasmu? Apakah kamu memiliki atlas? Peta, atlas, dan globe dapat dijadikan alat bantu untuk mempelajari bentuk-bentuk permukaan Bumi.

a. Peta
Bentuk permukaan Bumi dapat digambarkan dalam sebuah peta. Peta adalah gambar dua dimensi suatu tempat di permukaan Bumi. Peta harus memiliki sim bol, arah mata angin, skala, dan petunjuk.

b. Atlas
Atlas adalah buku kumpulan peta-peta. Kamu dapat melihat sebuah atlas yang menunjukkan peta kota-kota di dunia.

c. Globe
Globe adalah peta dunia yang digambarkan pada benda bulat seperti bola.

(2) Latihan Soal IPA SD kelas 5, untuk menghadapi ujian nasional dari bank soal

A. Pilihlah jawaban yang benar.
1. Lapisan permukaan bumi yang sering kita pijak adalah ....
a. tanah
b. rumput
c. batu
d. kebun

2. Berikut ini, yang tidak termasuk lapisan tanah adalah ....
a. lapisan atas
b. lapisan tengah
c. lapisan batuan induk
d. tebing

3. Tanah humus adalah tanah yang ....
a. sukar menyerap air
b. kurang baik untuk lahan pertanian
c. butiran tanahnya halus
d. berasal dari pelapukan sisa hewan atau tumbuhan

4. Proses pengikisan tanah disebut ....
a. reboisasi
b. terasering
c. erosi
d. sengkedan

5. Batuan akan berubah menjadi tanah setelah mengalami proses ....
a. pengeringan
b. pelapukan
c. pembekuan
d. pemanasan

6. Daratan yang sangat luas di permukaan bumi adalah ....
a. benua
b. gunung
c. dataran tinggi
d. dataran rendah

7. Jurang yang sangat dalam di dalam laut disebut ....
a. bukit laut
b. gunung laut
c. lereng
d. palung laut

8. Bagian dari lautan yang menjorok ke daratan adalah ....
a. tanjung
b. teluk
c. pantai
d. samudra

9. Bentuk permukaan bumi yang dibuat dalam bidang datar disebut ....
a. globe                 c. atlas
b. peta                 d. katalog

10. Air yang menguap berubah menjadi awan. Setelah mengalami  proses pendinginan, awan ini berubah menjadi butir-butir air. Peristiwa ini disebut ....
a. menyublim
b. menguap
c. membeku
d. tidak ada jawaban yang benar

11. Tiruan bola bumi yang mirip dengan bentuk bumi yang sebenarnya disebut ....
a. globe                 c. atlas
b. peta                 d. katalog

12. Kegiatan manusia yang menyebabkan daur air terganggu adalah, kecuali ....
a. penebangan pohon secara liar
b. penutupan jalan dengan beton
c. penanaman kembali hutan yang gundul
d. tidak ada jawaban yang benar

13. Jenis tanah baik untuk per tanian adalah ....
a. tanah lempung
b. tanah liat
c. tanah pasir
d. tanah vulkanik

14. Untuk mencegah terjadinya erosi, pada lahan miring harus dilakukan ....
a. pencangkulan
b. terasering
c. reboisasi
d. semua jawaban benar

15. Tindakan berikut merupakan upaya menghemat air adalah ....
a. membiarkan ember diisi air hingga tumpah
b. mencuci mobil langsung dari kran
c. menggunakan air sepuasnya
d. ketika menyiram bunga, yang disiram hanya tanah di sekitar ta namannya

B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Lapisan tanah yang terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan batuan dan air adalah ....
2. Tanah berasal dari sisa hewan dan tumbuhan yang membusuk adalah ....
3. Terkikisnya tanah di pesisir pantai oleh air laut disebut ....
4. Tanah yang cocok untuk membuat kerajinan tangan seperti pot bunga adalah ....
5. Hasil pemotretan pesawat Apolo menunjukkan bahwa bumi berbentuk ....
6. Tanah yang tinggi, bentuknya menyerupai kerucut disebut ....
7. Kumpulan peta dalam bentuk buku disebut ....
8. Daur air akan terus terjadi selama ada ....
9. Bagian daratan yang menjorok ke laut disebut ....
10. Di Lembang, tanahnya subur untuk menanam sayuran karena jenis tanahnya adalah ....


C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Bagiamana proses pembentukan tanah?
2. Sebutkan ciri-ciri tanah vulkanik.
3. Bagaimana terjadinya daur air? Jelaskan.
4. Upaya apa yang harus dilakukan untuk menghemat air?
5. Apa saja kegiatan manusia yang memengaruhi daur air?

D. Pilihlah jawaban yang benar.
1. Benda berikut yang tidak dapat ditarik oleh magnet adalah ....
a. paku                 c. kertas
b. jarum                 d. logam besi

2. Tertariknya suatu logam oleh logam lain adalah contoh ....
a. magnet                 c. gesek
b. pegas                 d. gravitasi

3. Benda yang dilempar ke atas akan jatuh kembali ke tanah karena ....
a. dipengaruhi gravitasi bumi
b. ditarik magnet bumi
c. benda memiliki berat
d. benda berbentuk padat

4. Sekrup merupakan contoh pesawat seder hana berbentuk ....
a. pengungkit            c. roda
b. bidang miring        d. katrol

5. Benda yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri disebut ....
a. benda bening
b. benda gelap
c. sumber cahaya
d. cermin

6. Pensil yang disimpan di dalam gelas yang berisi air terlihat bengkok. Ini menunjukkan .....
a. cahaya merambat lurus
b. cahaya menembus benda bening
c. cahaya dapat dipantulkan
d. cahaya dapat dibiaskan

7. Penderita rabun jauh tidak bisa melihat jelas benda yang jauh karena ....
a. bayangan benda jatuh di depan retina
b. bayangan benda jatuh di belakang retina
c. bentuk benda kecil
d. letak benda melebihi jarak pandang

8. Bagian mata berfungsi untuk menyampaikan informasi ke otak ada lah ....
a. pupil                 c. otot mata
b. iris                   d. saraf mata

9. Alat optik yang digunakan untuk melihat bakteri yang berukuran kecil
adalah ....
a. lup                            c. teleskop
b. mikroskop                 d. periskop

10. Yang termasuk benda gelap adalah ....
a. kaca                    c. air ledeng
b. plastik                 d. bola

11. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah ....
a. lebih kecil dari aslinya
b. sama besar dengan aslinya
c. lebih terang dari aslinya
d. lebih besar dari aslinya

12. Periskop yang kamu buat terbuat dari kardus dan ....
a. satu buah cermin datar
b. dua buah cermin datar
c. tiga buah cermin datar
d. empat buah cermin datar

13. Kerugian akibat kebakaran hutan, kecuali ....
a. hutan gundul
b. rusaknya perumahan penduduk
c. polusi udara
d. matinya hewan

14. Bagian laut yang memisahkan dua daratan yang berdekatan disebut ....
a. tanjung              c. teluk
b. selat                 d. benua

17. Bagian dari kamera yang memiliki fungsi sama dengan iris mata adalah ....
a. diafragma                        c. lensa
b. film                                 d. cermin

19. Bencana alam akibat kelalaian memelihara
daur air, antara lain ....
a. kekeringan
b. kebakaran hutan
c. gempa Bumi
d. serangan hama tumbuhan

20. Keuntungan katrol tetap sebagai alat untuk mempermudah kerja adalah ....
a. arah gaya dapat diubah
b. beban menjadi lebih ringan
c. beban lebih mudah diangkat
d. gaya yang digunakan kecil

21. Pemantulan sempurna terjadi jika ca haya mengenai ....
a. dinding penghalang yang halus atau rata
b. dinding penghalang yang kasar
c. dinding tembok
d. dinding meja

23. Faktor yang memengaruhi gaya gravitasi adalah ....
a. bentuk benda
b. warna benda
c. berat benda
d. jenis benda

24. Jendela umumnya menggunakan kaca karena kaca merupakan benda yang ....
a. dapat ditembus cahaya
b. memberikan keindahan
c. mudah didapat dan murah harganya
d. mudah dipakai dan tahan lama

25. Baju yang dipakai berwarna hijau karena ....
a. benda tersebut menyerap warna hijau saja
b. benda tersebut memantulkan semua cahaya
c. semua warna cahaya diserap oleh benda itu
d. benda tersebut hanya memantulkan
cahaya hijau saja

26. Tanah kebun banyak mengandung ....
a. humus
b. pasir
c. lempung
d. sisa-sisa tumbuhan

27. Peristiwa pembentukan tanah dari batuan disebut ....
a. pelapukan
b. pembakaran
c. pendinginan
d. pengikisan

28. Tanah yang berasal dari material akibat gunung meletus adalah ....
a. tanah humus
b. tanah liat
c. tanah vulkanik
d. tanah gembur

29. Kandungan uap air pada awan akan diubah menjadi hujan jika terjadi proses ....
a. penguapan
b. pemanasan
c. penurunan
d. pendinginan

30. Penutupan permukaan tanah dengan bahan yang tidak menyerap air seharusnya dihindari, karena dapat menyebabkan ....
a. daerah resapan air akan terganggu
b. tanah tidak dapat dimanfaatkan
c. air tidak dapat dimanfaatkan
d. air hujan tidak mengganggu sumur

E. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan disebut ....
2. Benda bisa bergerak karena adanya ....
3. Benda akan bergerak lebih ... di permukaan yang kasar.
4. Bagian dari pengungkit yang terletak antara titik beban dan titik tumpu disebut ....
5. Cahaya dapat merambat lurus jika melewati ....
6. Kemampuan menebal dan memipih pada lensa mata disebut ....
7. Penderita astigmatisma dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa ....
8. Alat yang digunakan untuk meneliti benda-benda di luar angkasa adalah ....
9. Pot bunga merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari ....
10. Tanah terbentuk dari ... yang sudah melapuk.
11. Lapisan tanah yang terdiri atas batuan yang padat disebut ....
12. Sampah yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang telah mati disebut ....
13. Untuk mencegah pengikisan tanah oleh ombak di pesisir pantai, biasanya dilakukan penanaman ....
14. Warna biru pada peta menunjukkan ....
15. Kebakaran hutan akan menyebabkan tanah menjadi ....

F. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Apa yang dimaksud dengan gaya?
2. Apa saja pengaruh yang ditimbulkan oleh gaya?
3. Apa yag dimaksud dengan pesawat sederhana?
4. Jelaskan sifat-sifat cahaya yang kamu ketahui.
5. Apa yang kamu ketahui tentang periskop?
6. Bagaimana proses terjadinya pembentukan tanah?
7. Apa yang dimaksud dengan benua? sebutkan nama-nama benua yang kamu ketahui.
8. Coba jelaskan terjadinya daur air.
9. Apa saja kegiatan-kegiatan manusia yang memengaruhi daur air?
10. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghemat air?

G. Pilihlah jawaban yang benar.
2. Organ pernapasan yang berfungsi sebagai penghubung antara hidung dan paru-paru ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1                 c. 3             
b. 2                 d. 4

3. Hewan yang bernapas dengan paruparu dan pundi-pundi udara adalah ....
a. ikan                   c. katak
b. cacing               d. burung

4. Organ pencernaan yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan adalah ....
a. rongga mulut                 c. usus halus
b. lambung                       d. usus besar

5. Proses pencernaan di lambung dibantu oleh enzim ....
a. pepsin                  c. amilase
b. tripsin                 d. lipase

6. Kekurangan yodium pada makanan dapat menyebabkan penyakit ....
a. kwashiorkor
b. gondok
c. busung lapar
d. diare

7. Jantung terdiri atas ... ruang.
a. satu                 c. tiga
b. dua                 d. empat

8. Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan karena tumbuhan memiliki ....
a. plastida
b. epidermis
c. zat hijau daun
d. akar

9. Zat hijau daun disebut juga ....
a. kloroplas                 c. stomata
b. klorofil                    d. xilem

10. Tumbuhan bawang menyimpan cadangan makanan pada ....
a. batang                 c. daun
b. akar                   d. buah

11. Bunglon akan sulit diamati jika berada di pohon karena ....
a. ukurannya sama dengan pohon
b. bentuknya sama dengan pohon
c. ekornya seperti batang pohon
d. warna tubuhnya sama dengan pohon

12. Tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara ....
a. warna bunga menarik
b. menghasilkan kelenjar madu
c. bunganya harum
d. batangnya tebal berongga

13. Kemampuan beradaptasi pada bunglon adalah ....
a. memutuskan ekornya
b. berubah warna tubuh sesuai lingkungan
c. mengeluarkan tinta hitam
d. memiliki duri

14. Kain yang bahannya terbuat dari bulu domba adalah ....
a. kain wol
b. kain katun
c. kain sutra
d. kain famatex

15. Jarum kompas selalu mengarah ke utara dan ke selatan karena ....
a. jarum kompas adalah magnet
b. terbuat dari baja
c. terdapat pegas di dalam kompas
d. dipengaruhi gaya gravitasi

16. Pesawat sederhana berikut merupakan contoh pengungkit adalah ....
a. kapak                  c. eskalator
b. sekrup                 d. sekop

17. Untuk mempermudah mengambil air dari sumur, sebaiknya menggunakan pesawat sederhana jenis ....
a. pengungkit                     c. roda
b. bidang miring                 d. katrol

18. Dasar kolam kelihatan dangkal. Ini menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ....
a. merambat lurus
b. menembus benda bening
c. dapat dipantulkan
d. dapat dibiaskan

19. Sifat bayangan pada kamera adalah ....
a. tegak diperkecil
b. tegak diperbesar
c. terbalik diperbesar
d. terbalik diperkecil

20. Tanah terbentuk dari batuan yang mengalami proses ....
a. sedimentasi
b. pelapukan
c. pembakaran
d. penggemburan

21. Tanah yang digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah adalah ....
a. tanah humus
b. tanah liat
c. tanah berpasir
d. tanah vulkanik

22. Berdasarkan hasil pemotretan pesawat Apollo pada tanggal 17 Desember 1972, bumi berbentuk ....
a. bulat seperti bola
b. bulat lonjong
c. datar
d. bulat dan pepat di kutubnya

23. Bencana yang terjadi karena daur air terganggu adalah ....
a. kekeringan
b. kebakaran hutan
c. gempa Bumi
d. serangan hama tumbuhan

24. Kegiatan berikut yang bertujuan mencegah banjir adalah ....
a. membuat tanggul
b. membuang sampah di selokan
c. membakar sampah
d. menanam padi

25. Faktor yang memengaruhi gaya gravitasi adalah ....
a. bentuk benda                 c. berat benda
b. warna benda                  d. jenis benda

26. Jendela umumnya menggunakan kaca karena kaca merupakan benda yang ....
a. dapat ditembus cahaya
b. memberikan keindahan
c. mudah didapat dan murah harganya
d. mudah dipakai dan tahan lama

27. Baju yang dipakai berwarna merah karena ....
a. benda tersebut menyerap warna merah saja
b. benda tersebut memantulkan semua cahaya
c. semua warna cahaya diserap oleh benda itu
d. benda tersebut hanya memantulkan cahaya merah saja

28. Tanah kebun banyak mengandung ....
a. humus
b. pasir
c. lempung
d. sisa-sisa tumbuhan

29. Alat pengukur gempa adalah ....
a. motor listrik
b. dinamo meter
c. seismograf
d. termometer

30. Kegiatan manusia yang bertujuan untuk mencegah tanah longsor adalah ....
a. membuat tanggul
b. membuang sampah di selokan
c. membakar sampah
d. menanam pohon

H. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Sebelum masuk ke lambung, makanan harus melalui saluran pencernaan, yaitu ....
2. Zat mineral yang dapat membantu pembentukkan tulang adalah ....
3. Kentang merupakan makanan yang banyak mengandung ....
4. Jika pembuluh darah mengalami penyempitan akan mengakibatkan ....
5. Zat yang dihasilkan dari proses fotosintesis adalah ....
6. Burung pipit merupakan hewan pemakan ....
7. Ketika menebang bambu, harus berhati-hati karena dapat menyebabkan gatal yang diakibatkan oleh ....
8. Padi menyimpan cadangan makanan dalam ....
9. Kayu yang dibakar akan berubah bentuk menjadi ... yang berwarna ....
10. Sesuatu yang menyebabkan benda bergerak disebut ....
11. Alat pengukur gaya disebut ....
12. Gunting termasuk pesawat sederhana jenis ....
13. Alat optik yang digunakan oleh kapal selam untuk mengamati daerah di permukaan laut adalah ....
14. Warna cokelat pada peta menunjukkan ....
15. Air tidak akan habis karena mengalami ....

I. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Sebutkan organ pernapasan pada manusia.
2. Jelaskan fungsi usus besar dalam proses pencernaan pada manusia.
3. Sebutkan 2 gangguan yang terjadi pada alat peredaran darah manusia.
4. Bagaimana terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan?
5. Jika kamu membakar sampah, perubahan apa saja yang terjadi pada sampah?
6. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan oleh gaya yang dilakukan terhadap suatu benda?
7. Apa perbedaan antara pemantulan teratur dan pemantulan baur?
8. Sebutkan 2 sifat yang dimiliki oleh cahaya.
9. Apa manfaat air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan?
10. Tuliskan faktor-faktor yang memengaruhi daur air.


IKLAN
 

Properti Syariah



Pasang Depot Air Minum Isi Ulang


.
Besi Beton + Wiremesh Murah


© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur |